Kolam Terpal Rumah

Rangka kolam terpal knock down

Assalamualaikum,
Just idea : Rangka kolam terpal knock down
Material C zincalum untuk rangka atap baja ringan dan screwnya, Kebutuhan untuk membuat kolam ukuran 2x2x1 m seperti di foto adalah sebagai berikut :
1. 4 batang C zincalum (panjang 6 m) dengan harga ditempat saya (Pondok Gede) sekitar 75 rb sebatang total 300 rb. Untuk kolam ukuran 2x2x1 m, dipotong 2m jumlah 8 batang dan 1m 8 batang
2. Screwnya 50 buah dengan harga 175 per buah total 8750
3. Penguat samping dari kayu atau bambu kira2 50 rb
Total rangka 300 rb + 8750 + 50 rb = 358750 dibulatkan 400 rb lah (lha kok banyak bener pembulatannya?, untuk biaya tidak terduga, )
Untuk terpal kebutuhannya sekitar 4.5x4.5 m (untuk kolam 2x2x1 m), harganya tergantung kualitas terpal yang mau dipakai.
Untuk pipa pembuangan menggunakan sok drat dalam, sok drat luar dan karet ban ditengahnya untuk menjepit terpal supaya tidak bocor. Sisanya diserahkan kepada kreatifitas kita untuk mengembangkan lebih lanjut prototype kolam terpal knock down ini. Keunguulan rangka knock down ini adalah anti karat, kalo bosen tinggal lipat terpalnya, lepas screw, ikat jadi 1 simpan di gudang deh
Mudah2an berguna bagi kita semua. Amin ya Allah.
Fotonya sebagai berikut :
Rangka kolam terpal knock down





Sumber : kmce

Cara Ampuh Menilai Layak Tidaknya Usaha Perikanan

Sebelum menjalankan Usaha Budidaya Lele
Cara Ampuh Menilai Layak Tidaknya Usaha Perikanan
Usaha perikanan yang akan ditekuni oleh para calon pelaku usaha haruslah dapat menghasilkan keuntungan yang selalu meningkat dan berkelanjutan.

Nah, untuk mengetahui layak atau tidaknya sebuah usaha perikanan untuk dijalankan, Anda dapat melakukan sebuah tindakan yang biasa disebut dengan analisa usaha perikanan.

Analisa usaha bisa diartikan sebagai cara untuk mengetahui tingkat kelayakan sebuah jenis usaha.

Tindakan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa tinggikah tingkat keuntungan yang dihasilkan dan berapa lamakah waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan biaya investasi maupun titik impasnya.

Dengan mengetahui hal tersebut diatas, berbagai macam tindakan antisipasi dalam rangka untuk memperbaiki dan meningkatkan keuntungan juga dapat dilakukan apabila Anda melakukan tindakan analisa usaha ini.

Proses analisa usaha dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode atau cara. Berikut ini adalah beberapa poin yang harus dapat dihitung dan diketahui secara pasti, yaitu :

ANALISIS LABA / RUGI
Dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui besarnya keuntungan atau kerugian dari usaha perikanan yang akan dikelola. Pada dasarnya, sebuah usaha dinyatakan untung apabila nilai penerimaan lebih besar daripada total pengeluaran.
Rumus : Laba / Rugi = Penerimaan – Total Biaya ( Tetap + Variabel )

REVENUE COST RATIO ( R / C )
Dilakukan dengan tujuan untuk melihat keuntungan relatif dalam sebuah usaha perikanan yang diperoleh dalam 1 tahun terhadap biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan usaha perikanam tersebut. Pada dasarnya, sebuah usaha dikatakan layak apabila nilai R / C lebih besar daripada 1 dikarenakan hal ini menggambarkan semakin tinggi nilai R / Cnya maka tingkat keuntungan suatu usaha juga akan semakin tinggi.
Rumus : R / C = Penerimaan : Total Biaya ( Tetap + Variabel )

PAYBACK PERIOD ( PP )
Dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan semua biaya investai yang telah dikeluarkan untuk sebuah usaha perikanan.
Rumus : PP = ( Total Investasi x 1 tahun ) : Keuntungan

BREAK EVENT POINT ( BEP )
Dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui berapa batas nilai produksi atau besarnya volume produksi sebuah usaha perikanan untuk mencapai titik tidak untung maupun tidak rugi ( impas ). Pada dasarnya, sebuah usaha dinyatakan layak apabila nilai BEP produksi lebih besar daripada jumlah unit yang sedang diproduksi saat itu atau BEP harganya lebih kecil daripada harga yang sedang berlaku saat itu.
Rumus : BEP produksi = Total Biaya : Total Produksi, atau BEP harga = Total Biaya : Harga Penjualan

Jika Anda tidak ingin menyesal dikarenakan harus kehilangan banyak uang karena investasi yang salah atau usaha Anda bangkrut ditengah jalan, segeralah lengkapi rak buku Anda dengan buku – buku yang ada kaitannya dengan masalah keuangan.

sumber : **Lupa gan sumber nya...*
d4ws0n

siang agan2 ..
barusan ane maen dari tempat penelitian tmn ane di CV. Jumbo Bintang Lestari (JBL), salah satu pembudidaya lele skala besar yg ada di daerah ciseeng parung, Bogor ..
kebeneran ane maen di kolam pembesaran lelenya sekalian niat cari2 ilmu buat budidaya lele
numpang share foto2 aja ya, sapa tau bisa jadi acuan dan motivasi supaya usaha kita bisa berkembang seperti di JBL

kolam2nya gan (luas keseluruhan 9ha)


total sekitar 100 kolam


panen

air disedot pake pompa sedot

ikan lele dumbo konsumsi

diangkut ke tempat penampungan

ditaroh di bak untuk di sortir


salah satu pakan yg dipakai


soory kalo gambar rada burem (pake kamera hp soalnya )
ane tanya2 sih di JBL skrng lg butuh benih per bulannya total 3jt ekor (ane lupa tanya produksinya lele komsumsinya brp per bln ) tp produksi benih+suplay dari plasma masih kgk nutupin tuh yg 3jt ekor,
skrng mereka kekurangan stok bibit karena mereka lg buat 40 pembesaran baru (ane lupa di daerah mana) kali2 aja ada agan2 yg mau supply benih ke sana
sekian dulu deh gan, bsk2 ane mau maen ke bagian pembenihannya, ntar ane share di sini kalo dapet ilmu



Sumber : dawson

Lele Sangkuriang

LELE SANGKURIANG

Lele Sangkuriang adalah keturunan dari lele dumbo yang berasal dari Africa selatan dan tergolong kepada keluarga cat fish. Ada beberapa nama jenis lele yang ada di Indonesia:
  • lele Dumbo
  • lele Sangkuriang
  • lele Phyton
  • lele Lokal


Dalam perkembangannya dari tahun ke tahun, lele dumbo yang ada di Indonesia semakin menurun kualitasnya, ini diakibatkan sering terjadinya perkimpoian satu keturunan (inbreeding) untuk itu Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) memutuskan untuk melakukan pemurnian kembali. Betina keturunan kedua lele dumbo asli dari Afrika Selatan (F2) dikimpoikan dengan pejantan keturunan keenam yang lokal (F6). Bagaikan ibu mengawini anak lelakinya sendiri, sehingga anakan yang dihasilkan kemudian dinamakan Lele Sangkuriang. Melihat hal diatas bahwa lele sangkuriang adalah lele dumbo hasil pemuliaan atau peremajaan.

Dibawah ini adalah perbedaan karakter lele Sangkuriang dengan lele Dumbo


Karakter Pertumbuhan

Deskripsi / Lele Sangkuriang / Lele Dumbo

Pendederan 1 (benih umur 5-26 hari)
Pertumbuhan harian (%) / 29,26 / 20,38
Panjang standar (cm) / 3-5 / 2-3
Kelangsungan hidup (%) / >80 / >80

Pendederan 1 (benih umur 26-40 hari)
Pertumbuhan harian (%) / 13,96 / 12,18
Panjang standar (cm) / 5-8 / 3-5
Kelangsungan hidup (%) / >90 / >90

Pembesaran
Pertumbuhan harian selama 3 bulan (%) / 3,53 / 2,73
Pertumbuhan harian calon induk (%) / 0,85 / 0,62
Konversi pakan / 0,8-1 / >1

Sumber BBPBAT, 2007


Toleransi terhadap lingkungan dan penyakit

Deskripsi / Lele SANGKURIANG / Lele Dumbo
Kematangan gonad pertama (bulan) / 8 - 9 / 4 – 5
Fekunditas (butir/kg induk) / 40,000 – 60,000 / 20.000 – 30.000
Intensitas Trichodina sp. Pada pendederan di kolam (individu) / 30 – 40 / > 100
Intensitas Ichthiophthirius sp. Pada pendederan di kolam (individu) / 6.30 / 19.50

Sumber data Ceno Harimurti Adi (Perekayasa BBPBAT)

Pada dasarnya perkimpoian jauh keturunan adalah perkimpoian yang menghasilkan benih kualitas unggul dimana benih ini tidak mudah terserang hama penyakit dan cepat pertumbuhannya. bukan hanya lele sangkuriang konon lele phyton pun adalah hasil persilangan dari lele dumbo indonesia dengan lele dumbo dari Thailand.
Menurut salah satu sumber dari BBPBAT anakan dari lele sangkuriang ini hanya diperuntukan untuk calon pembesaran saja dan tidak bisa jadi induk.

Indukan lele sangkuriang hanya bisa di dapat di BBPBAT Sukabumi karena disertai dengan surat data keterangan asal ikan, dengan demikian para pelaku budidaya tidak akan was-was mengunakan indukan sangkuring karena keasliannya.

Ada beberapa kelompok mengatakan kalau lele sangkuriang sama dengan lele-lele lain, sah-sah saja sebenarnya mereka berdalih, tapi kadang lele yang dia dapatkan sebenarnya juga tidak jelas apa benar anakan lele sangkuriang atau bukan. Bila kita mau membandingkan pertumbuhan atau kualitas lele sangkuriang dengan lele jenis lain ada beberapa langkah yang harus
diperhatikan diantaranya:
  • Luas kolam dan kedalaman kolam harus sama
  • Bibit yang diperoleh harus jelas keturunannya
  • Padat tebar yang sama
  • Suhu dan ph yang sama
  • Pola makan yang sama
  • kualitas air yang sama
  • proteksi yang sama terhadap gangguan luar


bila langkah-langkah diatas di penuhi maka bisa kita berargumen kalau salah satu dari lele yang ditebar adalah bagus atau tidak. Sulit memang bila kita mau melihat perbedaan jenis lele dari segi fisik nya, namun penulis memberikan sedikit tips dalam menentukan atau memilih benih dan indukan berkualitas diantaranya:
  • Membeli indukan atau benih dari sumber yang jelas seperti dari BBPBAT, balai benih ( BBI ),
  • Pelaku usaha budidaya yang telah mempunyai sertifikasi atau telah mempunyai data asal indukan yang bisa dipertanggung jawabkan.
  • Benih atau indukan yang di peroleh harus disertakan data asal dan keturunan yang jelas.


Dari semua paparan diatas dapatlah disimpulkan bibit atau indukan yang akan kita budidayakan haruslah jelas asal dan keturunannya. Demikian sekilas mengenai lele Sangkuriang semoga bermanfaat .

Deny Rusmawan, ketua FKP2AT wilayah I Jawa Barat

Prebiotik, probiotik dan sibiotik

Definisi umum probiotik atau dikenal dengan mikroorganisme “baik” adalah preparat yang terdiri dari mikroba hidup yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia atau hewan secara oral. Mikroba hidup itu diharapkan mampu memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan manusia atau hewan dengan cara memperbaiki sifat-sifat yang dimiliki mikroba alami yang tinggal di dalam tubuh manusia atau hewan tersebut. Syarat-syarat probiotik yang baik adalah probiotik harus tetap dalam keadaan hidup, daya untuk bertahan hidup ketika melalui saluran pencernaan dan manfaat kesehatan yang dapat dibuktikan keberadaannya.

Prebiotik didefinisikan sebagai ingredien yang tidak dapat dicerna yang meng-hasilkan pengaruh menguntungkan terhadap inang dengan cara menstimulir secara selektif pertumbuhan satu atau lebih sejumlah mikroba terbatas pada saluran pencernaan sehingga dapat meningkatkan kesehatan inang. Suatu ingredien pangan dapat diklasifikasikan sebagai prebiotik bila memenuhi persyaratan berikut; Pertama, tidak terhidrolisis atau terserap pada saluran pencernaan bagian atas; Kedua, secara selektif dapat menstimulir pertumbuhan bakteri yang menguntungkan pada kolon; dan ketiga, dapat menekan pertumbuhan bakteri patogen, sehingga secara sistemik dapat meningkatkan kesehatan.

Sinbiotik (Eubiotik) adalah kombinasi probiotik dan prebiotik. Penambahan mikroorganisme hidup (probiotik) dan substrat (prebiotik) untuk pertumbuhan bakteri misalnya fructooligosaccharide (FOS) dengan bifidobacterium atau lactitol dengan lactobacillus. Keuntungan dari kombinasi ini adalah meningkatkan daya tahan hidup bakteri probiotik oleh karena substrat yang spesifik telah tersedia untuk fermentasi sehingga tubuh mendapat manfaat yang lebih sempurna dari kombinasi ini.

jadi bila diringkas

Prebiotik = Adalah sumber energi alami untuk bakteri sehat
Probiotik = Adalah strain tertentu dari bakteri sehat
Sinbiotik = kombinasi probiotik dan prebiotik
Mohon Dikoreksi gan
nah jadi jangan salah membedakan gan PRO DAN PRE DAN SIN, semoga membantu

Foto





Sumber : blitztitus

Lele Phyton

Mendengar nama Phyton bayangan kita tertuju pada jenis ular yang bisa mencapai ukuran yang sangat besar dan mungkin menakutkan bagi sebagian orang. Akan tetapi jika melihat Lele Phyton, bentuknya jauh berbeda dengan ular phyton.

Secara fisik Lele Phyton tidak terlalu jauh berbeda dengan Lele jenis lain seperti Lele Dumbo, Lele Sangkuriang dan Ikan Lele Lainnya. Bentuk fisik Lele Phyton mempunyai mulut kecil, kumis panjang, kepala kecil, sedangkan badannya bulat dan panjang. Secara genetik Lele Phyton merupakan hasil persilangan antara Lele Thailand dengan Lele Afrika yang dikembangkan di Pandegelang, Banten.

Ihwal kelahiran jenis Lele Phyton ini dikembangkan oleh tim persilangan lele yang diberi nama Sinar Kehidupan Abadi (SKA) berlokasi di Desa Banyumundu, Kecamatan Cimanuk, tahun 1997. Tim SKA sendiri yang terdiri dari Wawan Setyawan, Aji Satria Perambah Jati, Teja Swarna Jati, Raja Jati Sonar Baskara, dan Uwak Bayu. Persilangan ini dilakukan karena penyebaran Benih lele dumbo yang berkembang saat itu sudah mulai menurun kualitasnya dan tidak jelas secara genetik.

Peluang usaha budi daya lele yang luas karena permintaan yang terus meningkat membuat bisnis ini banyak diminati orang. Sukses usaha budidaya ikan lele dumbo dalam skala besar-besaran telah mengakibatkan terjadinya penurunan kualitas benih lele dumbo yang ada di pembudidaya. Ini karena tidak adanya pengelolaan induk yang baik sehingga terjadi perkimpoian sekerabat (inbreeding). Kelahiran Lele Phyton dan Sangkuriang menjadi jawaban untuk mengatasi permasalahan tersebut.


KEUNGGULAN LELE PHYTON

Setelah melakukan serangkaian upaya uji kelayakan, tim SKA akhirnya menemukan Lele Phyton mampu bertahan dalam suhu yang diperlakukan berada di titik ekstrim panas maupun dingin.

Selain itu Lele phyton juga memiliki pertumbuhan yang cukup cepat,dari ukuran benih 7-8 cm membutuhkan waktu 50 sampai 55 hari pemeliharaan untuk mencapai ukuran konsumsi. Sementara pemeliharaan ukuran benih 9-10 cm hanya butuh waktu 40-45 hari hingga mencapai masa panen. Untuk sementara ini penyebaran benih Lele Phyton memang masih sangat terbatas, belum semua daerah terjangkau oleh Lele ini.

Di Daerah asalnya Pandegelang, benih Lele Phyton ada dua jenis ukuran yang dijual yaitu ukuran 7-8 cm seharga Rp 150,- perekor dan ukuran 9-10 cm seharga Rp 175,- perekor.(Galeriukm).

Pemberian Pakan

Instalasi Pembenihan dan Pembesaran

pembenihan

benih siap tebar[

kolam pembesaran




Sumber : kuyaterbang

update status pembesaran lele

update status pembesaran lele


lelematipeliharadibakmanditanpasinarmatahari



kolamtanpapengomposan2hari


Sumber : stevehayden

Ciri-ciri Indukan Jantan-Betina

tanda2 untuk yang betina:

1.perut yg membesar karna telur..karna ada juga betina yg perutnya besar gara2 banyak lemaknya...(akan berbeda saat di tekan pakai jari)

2.di deket lubang itu membentuk bundaran berwarna merah/pink

nb:jika di lubang sudah ada telur yg keluar dan berwarna hitam..itu juga pertanda kalau dia sudah matang..

tanda2 jantan yang matang:

1. seperti ada tonjolan berbentuk "penis" di dekat lubang yang berwarna merah/pink..


gambar di bawah ini sebagai ilustrasinya:





Sumber : Abdi Karuhun

Manfaat Kunyit dan Bawang putih

MANFAATKAN KUNYIT DAN BAWANG PUTIH.

METODE
Penelitian ini dilaksanakan selama 45 hari dari tanggal 17 Maret 2008 – 4 Mei 2008 di Balai Benih Ikan (BBI) Sungailiat, Kabupaten Bangka, Prop. Kep. Bangka Belitung. Hewan uji berupa benih ikan lele dengan ukuran panjang 3–5 cm dengan jumlah total 120 ekor. Wadah budidaya yang digunakan adalah akuarium ukuran 40 cm x 40 cm x 30 cm.
Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 2 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan tersebut antara lain perlakuan A (kontrol) yakni pakan tanpa tambahan ekstrak kunyit dan bawang putih; dan perlakuan B, pakan dengan tambahan ekstrak kunyit dan bawang putih. Pada perlakuan B, ramuan diperoleh dengan cara menghaluskan kunyit dan bawang putih dengan perbandingan berat 1:2 dan ditambahkan sedikit air. Dari ramuan tersebut, kemudian diperas dengan kain halus untuk mendapatkan ekstraknya. Ekstrak yang didapat tadi kemudian dicampurkan dengan pakan yang akan diberikan ke benih ikan lele dumbo. Perbandingan berat pakan dan ekstrak yang digunakan adalah 2:1. Pakan diberikan tiga kali sehari yakni pada pukul 06.00, 15.00, dan 20.00 WIB. Dalam satu hari jumlah pakan yang diberikan adalah 20% dari total bobot tubuh per akuarium.
Data-data yang diperoleh adalah data pertumbuhan benih lele setiap 9 hari sekali dan data pengamatan kualitas air setiap hari setiap pukul 06.00, 11.00, dan 15.00 WIB. Jumlah ikan yang disampling adalah 26.6% dari jumlah ikan per wadah budidaya atau 4 ekor dari 15 ekor per akuarium. Data-data yang telah diperoleh selanjutnya akan diolah secara deskriptif atau kualitatif dan disajikan dalam bentuk tabel, gambar, serta grafik. Data yang dapat dianalisis secara kuantitatif (biasanya yang berupa angka-angka) dianalisis sesuai dengan perhitungan yang telah ada berdasarkan literatur. Data yang dianalisis secara kuantitatif adalah data teknis yang perhitungannya ditunjukkan pada tabel 3.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Ikan lele dumbo yang diuji ditebar pada tanggal 19 Maret 2008 dengan kepadatan tebar 125 ekor/m2 atau 15 ekor per akuarium. Ikan uji untuk perlakuan kontrol rata-rata lebih panjang dan berat pada awal penebaran, namun sejak sampling pertama atau sembilan hari setelah penebaran terlihat bahwa ikan lele pada perlakuan B lebih panjang dan berat daripada kontrol. Panjang dan bobot rata-rata hewan uji pada saat penebaran, sampling, dan waktu panen dapat dilihat pada tabel 4.
Tabel 4. Data hasil Sampling
No\tTanggal sampling\tPanjang rata-rata (cm)\tBobot rata-rata (gram)
\t\tA\tB\tA\tB
1\t19 Maret 2008\t4,25\t3,7\t0,82\t0,71
2\t28 Maret 2008\t5,1\t5,5\t1,28\t1,63
3\t06 April 2008\t6\t6,58\t1,9\t2,51
4\t15 April 2008\t6,96\t7,7\t2,95\t3,33
5\t24 April 2008\t8,34\t8,49\t4,69\t5,43
6\t04 Mei 2008\t9,02\t10,69\t4,97\t6,84


Kurva pertumbuhan ikan lele pada perlakuan B tampak lebih baik daripada kontrol. Dengan bobot awal lebih ringan 0,12 gram daripada perlakuan kontrol, ikan lele pada perlakuan tumbuh cepat dan melebihi bobot ikan lele kontrol sejak sampling pertama sampai pada waktu panen dengan selisih rata-rata berat akhir 1,87 gram. Setelah diolah dengan menggunakan program Microsoft Excel didapatkan kurva perlakuan kontrol memiliki persamaan y = 0,0639x2 + 0,4676x + 0,162 dan perlakuan B memiliki persamaan y = 0,1309x2 + 0,3086x + 0,343. Dari persamaan tersebut dapat dihitung perkiraan waktu panen budidaya ikan lele dumbo dalam akuarium. Pada perlakuan B, estimasi waktu panen pada ukuran bobot 120 gram adalah 4 bulan 19 hari sedangkan pada perlakuan kontrol adalah 6 bulan. Berdasarkan hasil perhitungan estimasi waktu panen tersebut dapat dilihat bahwa pertumbuhan ikan lele dumbo dengan perlakuan B lebih baik daripada kontrol.
Pertumbuhan yang cepat ini juga menyebabkan pakan termanfaatkan secara optimal. Dengan jumlah pemberian pakan yang sama dan bobot akhir yang lebih baik, dapat dilihat secara sekilas bahwa pada perlakuan B pakan yang diubah menjadi daging lebih banyak daripada kontrol sehingga FCR-nya lebih rendah. Dari perhitungan berdasarkan rumus Alauddin (2005), didapatkan FCR kontrol 2:1 dan pada perlakuan B 1,33:1 atau 33,5% lebih hemat dalam penggunaan pakan daripada kontrol.
Serupa dengan pertumbuhan bobot, pada pengamatan panjang ikan lele dumbo juga memperlihatkan perbedaan yang berarti. Pada awal penebaran hewan uji lele dengan perlakuan kontrol sedikit lebih panjang daripada lele dengan perlakuan B yakni 4,25 cm berbanding 3,7 cm namun pada waktu panen ikan lele pada perlakuan B tumbuh lebih baik menjadi 10,69 cm berbanding 9,02 cm.
Sintasan ikan lele pada perlakuan B lebih baik daripada kontrol yakni 98,33% berbanding 86,67%. Dari data ini dapat disimpulkan ternyata pemberian ekstrak kunyit dan bawang putih berpengaruh terhadap daya tahan dan adaptasi ikan lele. Hal ini disebabkan oleh bahan aktif yang terdapat pada dua bahan tersebut yang berfungsi sebagai antibiotik alami dan meningkatkan daya tahan tubuh.


Sumber : bakat1

Contoh Tester Tool

Amoniak


Oksigen


PH

Instalasi Pembenihan Bintang Porno








Sumber :bintangporno

Foto

Bibit


Sortir





calon biang



lagi trainingin karyawan baru


air yang akan ditreatment
rumah baruku,,,

Teknik budidaya pembesaran lele ala Abah Nasrudin

Kebetulan tread ini baru mulai waktu ane ambil cuti, jadi ada waktu untuk sharing pengalaman yang ane punya.

Teknik budidaya ini ane rangkum secara singkat dari pelatihan budidaya lele sangkuriang di depok (kader dari Abah Nas) beberapa waktu yang lalu, menggunakan metode yang dilakukan oleh Abah Nasruddin. Dan ditambah pengalaman pribadi ane mengikuti pola tersebut.

Parameter dasar pembesaran ikan lele yang dipakai:
  • Kolam yang dipakai kolam tembok atau terpal dengan ukuran 10m2 atau contoh 2x5meter dengan tinggi sekitar 1 meter.
  • Bibit yang dipakai adalah ukuran 7/8
  • Padat tebar 100 ekor/m2 (untuk beginner) dan maksimal 150 ekor/m2 yang sudah profi
  • Tidak dilakukan pergantian air selama masa budidaya, kecuali karena penanggulangan penyakit
  • Lele panen pada ukuran 7-8ekor/kg


Persiapan air kolam:
  • Air bisa memakai air dari sumber manasaja, dengan syarat kadar besi rendah. Kalau air PAM wajib diendapkan dulu 1-3 hari, supaya koporit menguap.
  • Isi kolam hingga ketinggian 50cm
  • Beri pupuk kandang yang sudah diletakkan di dalam karung dan diikat serta digantungkan hingga setengah karung terendam dalam air. Jumlahnya adalan 1-1,5 kg/m2 atau untuk 10m2 berkisar 10-15 kg
  • Larutkan cairan herbal sebanyak 2 sendok makan dan dilarutkan dalam 2 liter air serta ditambahkan 4 sendok makan garam dapur kemudian ditebar rata. Larutan herbal hanya bisa didapatkan di Abah Nasruddin atau kadernya saja. (Ane tidak memakai pupuk kandang dan sebagai gantinya memakai pupuk organik cair supaya lebih simple)
  • Air akan berangsur-angsur menjadi hijau terang (pengalaman hari ke 4-5 akan kelihatan hijau), setelahnya akan semakin pekat.
  • Tunggu selama 8 hari dan kemudian angkat pupuk kandang dari kolam
  • Keesokan harinya benih siap ditebar (hari ke-9). Tebar pada pagi hari <11pagi atau sore >3sore. Ane pernah tebar jam 1 siang banyak yang sekitar patilnya jadi berwarna merah. Tebar secara perlahan dengan metode aklimatisasi selama 5-10menit dan usahakan lele keluar sendiri dari wadah.


Pemilihan benih
Benih bisa dari jenis apapun: sangkuriang, dumbo atuapun phyton, asalkan sehat dengan ciri-ciri sbb:
  • gerakan ikan aktif
  • Tidak terdapat luka
  • Kumit/sungut tidak patah
  • Sekitar patil tidak berwarna kemerahan
  • tidak ada white spot / bintik putih


Pemberian pakan:
  • Setelah ditebar, lele baru diberi makan setelah 12 jam kemudian, karena untuk adaptasi dan masih banyak makanan alami di kolam.
  • Tahap pertama menggunakan 781-1 atau setara sebanyak 3kg untuk 8-10 hari. Pelet diberikan 3x sehari.
  • Setelah pakan tersebut habis, tambahkan air kolam sebanyak 10cm
  • Tahap kedua menggunakan 781-2 atau setara sebanyak 5kg untuk 8-10 hari. Pemberian pelet dinaikkan menjadi 4x sehari.
  • Setelah habis, tambahkan air kolam sebanyak 10cm.
  • Tahap ketiga menggunakan 781 atau setara sebanyak 22kg untuk 8-10 hari dan pemberian pakan 5-6kali sehari,
  • Sama dengan sebelumnya, jika pakan sudah habis, maka air kolam ditambahkan ketinggiannya sebanyak 10cm.
  • Tahap keempat dilakukan pemberian pakan sebayak 70 kg hingga panen. Dapat dilanjutkan dengan memakai 781, akan tetapi untuk mengurangi biaya produksi dapat menggunakan pakan tenggelam seperti SNL/sinta ataupun menggunakan pakan alternatif seperti sosis bs, ayam tiren, ika runcah dsb.


Tips dalam pemberian pakan
  • Pakan dicampur terlebih dahulu dengan air matang secukupnya hingga lembab, supaya tidak melukai organ pencernaan lele dan menghindari pelet mengembang di perut yang mengakibatkan kembung. Ane campur dengan sedikit probiotik, supaya bisa lebih maksimal tercerna dan sedikit terbuang menjadi feses.
  • Usahakan pemberian pakan diatas jam 9 pagi dan dibawah jam 12 malam. Dan tunggu 1 jam untuk pemberian pakan setelah turun hujan. Dan jika terlihat akan turun hujan lebat, usahakan tidak memberi makan terlebih dahulu.
  • Usahakan jangan sampai ada pelet yang tersisa di dalam kolam, karena akan memperburuk kondisi air.


Panen
Pengalaman dari pemberi training mengatakan bahwa dari metode diatas akan diperoleh panen antara 130-140kg pada sekitar 50-60 hari setelah tebar bibit. Dengan kematian dibawah 5%.
Ane belum pengalaman sampai panen, baru 3 minggu tebar bibit.


Penyakit dan penganggulangan

Borok (luka di ekor, punggung...)
Penanggulangan:
Kuras air dasar sebanyak 1/4 bagian dan ditambahkan air baru.
Herbal 2 SDM per 1000 ekor ikan dilarutkan dengan air secukupnya dan dicampur ke pakan.(sekali saja)
Atau dengan kimia yaitu 4 kapsul Super tetra (bisa dibeli di apotek) dan ditebarkan ke kolam.(sekali saja)
Biasanya sembuh dalam 3-7 hari.


White spot (bintik putih)
Penanggulangan:
Kuras air 1/2 bagian dan isi air baru serta tambahkan herbal 1sdm dicampur dengan 2 sdm garam dan air
Atau dengan kimia yaitu 2 kapsul supertetra ditambah 1/4 sdt PK, dilarutkan ke air dan ditebar merata


Sirip merah (biasanya karena kepanasan saat memasukkan benih ke kolam)
Penanggulangan:
Sama seperti borok, tapi dosisnya hanya separoh.


Kembung
1. Karena asam lambung
Penganggulangan:
2 plastik arang dari kayu (jangan batok kelapa) dicampur herbal 2sdm dan garam 4 sdm dilarutkan dan direbus mendidih dengan air 1 liter. Masukkan hasil rebusan setelah hangat ke dalam kolam

2. Karena bakteri (kembung disekitar patil)
Penagnggulangan:
Ambil 2 ikat daun kemangi, blender larutkan ke air kemudian saring. Siramkan merata airnya ke kolam
Secara kimia memakai 1/2 sdt ENDRO


Sekian gan sharing dari ane. semoga bisa bermanfaat bagi semua.

Tips Mengatasi lele yang muntah

Umumnya memang betul bahwa lele muntah karena stres/kaget, tp perhatikan juga pakan ap yg diberikan? jangan-jangan kurang disukai gan.
Adapun persoalan-persoalan yg umum terjadi saat ini, masalah cuaca:
- Cuaca yg sering hujan membuat kondisi air kolam kurang ideal.
- Suhu air kolam turun, ini bisa membuat lele males makan.
- Intensitas cahaya matahari menurun karena mendung terus.
- Akibat lele males makan, pelet kemudian tenggelam dan membusuk, amoniak meningkat dan jadi racun.

Neh ane kasi tips biar lele nafsu makannya meningkat :
- Turunkan Volume air kira-kira 10 cm dari level permukaan air.
- Volume air yg dibuang usahakan dari dasar kolam, sekalian membuang endapan (disedot pake selang aja).
- Setelah air dibuang 10 cm, lele jangan dikasih makan 1 kali jadwal (bukan 1 hari) misal: Ane biasa ngasi pakan 5x sehari, nah setelah air dibuang 10 cm lewatkan pemberian pakan 1 jadwal (jadi 4 kali sehari) biarkan lele lapar.
- Setelah itu kembali jadwal pakan normal, dijamin lele pada rakus lg.
- Semoga membantu Gan.

Sumber : voedoe

Foto sist Elisa1986

Kolam








ini baru nebar 3000 ekor buat satu kolam terpal ukuran 2X3