KASKUS

Thumbs up Mengintip Proses Pembuatan Senapan M16 (+pic)

Quote:Rate Dulu Gan

Spoiler for no repost:


.. HOT THREAD PERTAMAX ANE GAN ..
TERIMA KASIH BUAT ADMIN, CO-ADMIN, MOMOD, DAN SELURUH TEMEN2 KASKUSER
Spoiler for pertamax:


Quote:
Quote:
M16 Riffle atau Rifle atau senapan kaliber 5,56 mm, M16 merupakan sebutan militer Amerika Serikat untuk senjata 15 AR. Colt membeli hak atas-AR 15 dari ArmaLite dan saat ini menggunakan sebutan hanya untuk versi semi-otomatis dari senapan M16 Riffle. M16 Riffle dapat menghasilkan efek shock hidrostatik yaitu efek ketika dampak peluru pada kecepatan tinggi terkena dalam jaringan tubuh sehingga menyebabkan fragmentasi dan kecepatan transfer energi
Quote:Sejarah M16 Riffle
M16 Riffle digunakan untuk perang hutan di Vietnam Selatan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat pada tahun 1963, dan menjadi senjata standar Amerika Serikat dan menggantikan senapan M14 saat Perang Vietnam pada tahun 1969.
Tentara AS menggunakan senjata M14 pada saat di Conus , Eropa , dan Korea Selatan hingga tahun 1970. Namun saatejak Perang Vietnam, senjata Riffle M16 telah menjadi senjata utama infanteri senapan dari militer AS. Dengan variannya, telah digunakan oleh 15 negara NATO. M16 Riffle sekarang diganti dengan karabin M4 series pada tahun 2010.


Quote:Foto Pabrik Pembuatan M16 Riffle

Spoiler for 1:


M16 (Senapan lebih formal, Kaliber 5,56 mm, M16) adalah sebutan militer Amerika Serikat untuk AR-15 senapan. Colt membeli hak untuk AR-15 dari ArmaLite dan saat ini menggunakan bahwa penunjukan hanya untuk semi-otomatis versi senapan. M16 senapan yang menembakkan peluru 5.56x45mm dan dapat menghasilkan melukai dan hidrostatik besar efek kejutan ketika peluru dampak pada kecepatan tinggi dan patek dalam jaringan menyebabkan fragmentasi dan kecepatan transfer energi. [3] [4] [5] Namun, efek terminal dapat menjadi tidak mengesankan ketika peluru gagal yaw atau fragmen dalam jaringan.

The M16 masuk layanan Angkatan Darat Amerika Serikat sebagai M16A1 dan dikerahkan untuk perang hutan di Vietnam Selatan pada tahun 1963, [6] menjadi senapan standar Amerika Serikat dalam Perang Vietnam dengan 1969; [7] menggantikan senapan M14 dalam peran tersebut. Angkatan Darat Amerika Serikat mempertahankan M14 di Conus, Eropa, dan Korea Selatan sampai 1970. Sejak Perang Vietnam, keluarga senapan M16 telah menjadi senapan infanteri utama dari militer AS. Dengan varian, telah digunakan oleh

15 negara NATO, dan senjata api yang paling diproduksi dalam kaliber.


Spoiler for 2:


M16 adalah senapan serbu buatan Amerika Serikat. M16 menggunakan peluru 5.56 x 45 mm NATO. Senapan ini digunakan sebagai senapan serbu utama yang di pakai infanteri Amerika Serikat sejak 1967. M16 juga dipakai oleh 15 negara NATO lainnya, dan merupakan senapan berkaliber 5.56 mm yang paling banyak diproduksi.

Spoiler for 3:


M16 adalah senapan serbu yang ringan, berkaliber 5.56 mm, air-cooled, beroperasi dengan sistem gas, menggunakan magazen, dan menggunakan bolt berputar. M16 dibuat dari besi, alumunium, dan plastik komposit.

Ada empat versi utama dari M16. Yang pertama adalah M16, yang diikuti oleh M16A1, yang menggunakan peluru U.S. M193/M196. M16 ini bisa ditembakan pada pilihan semi-otomatis maupun full-otomatis. Yang kedua adalah M16A2, yang mulai dipakai sekitar tahun 1980. M16A2 menggunakan peluru M855/M856 yang didesain Belgia (dan kemudian dijadikan standar NATO 5.56 x 45 mm). M16A2 bisa menembak semi-otomatis dan burst tiga butir. Yang terakhir adalah M16A4, yang menjadi standar untuk Marinir AS pada Operasi Pembebasan Irak, menggantikan M16A2

Spoiler for 4:


Spoiler for 5:


Spoiler for 6:


Spoiler for 7:


Spoiler for 8:


Spoiler for 9:


Spoiler for 10:


Spoiler for 11:


Pada tahun 1954 perusahaan senjata Eugene Stoner, ArmaLite, ikut dalam tender pemilihan senapan penganti M1 Garand. Senapan yang mereka buat adalah senapan AR-10. AR-10 termasuk canggih kalau dibandingkan dengan senapan lain yang dites. Dengan berat 900 gram lebih ringan dari yang lain, akurasinya juga tidak kalah. Tetapi, senapan ini telat dikirim untuk pengetesan pada tahun 1956, pada saat itu, pengetesan senapan lain sudah masuk pada tahun ke-2, dan AR-10 adalah senapan baru diantara senapan-senapan yang sudah dikembangkan secara lebih dalam. Dan pada tahun 1957 dalam penegetesan, laras prototip AR-10 pecah, yang langsung mengakibatkan ditolaknya rancangan AR-10 ini. Pada akhirnya senapan yang diterima adalah rancangan T44, yang diberi nama M14. Walau begitu, ArmaLite nantinya akan mengembangkan senapan baru yang dibuat berdasarkan senapan AR-10 ini.

Quote:Adopsi M16
Spoiler for 12:


Spoiler for 13:


Pada November 1964, AD Amerika Serikat memesan 85.000 AR-15 yang dimodifikasi, dan diberi nama XM16E1, untuk percobaan. AU Amerika Serikat juga memesan 19.000 yang tidak dimodifikasi, diberi nama M16. Dan setahun kemudian AU secara resmi menerima M16 pertama.

Setelah itu AD Amerika Serikat mulai mempersenjatai infanteri dengan senapan XM16E1 (diberi nama M16), tapi senapan-senapan ini diberikan tanpa peralatan pembersihan yang memadai. Selain itu, AD Amerika Serikat juga gagal memproduksi peluru 5.56 mm yang sesuai spesifikasi pabrik, ditambah dengan dirubahnya komposisi bubuk mesiu yang digunakan. Amunisi 5.56 mm baru ini ternyata merusak isi senapan, dan karakteristik pembakarannya meningkatkan kemungkinan kemacetan M16.

Pada tahun 1966, XM16E1 sampai ke tangan tentara Amerika Serikat di Vietnam, dan mulailah muncul laporan-laporan tentang kerusakan dan kemacetan senapan M16. Walau M14 sudah memiliki laras dan kamar peluru yang dilapisi chrome, M16/XM16E1 tidak. Dengan adanya laporan-laporan tentang tentara yang mati karena kemacetan senjata, dimulailah investigasi oleh Konggres, yang hasilnya mempertanyakan kemampuan senapan dan peluru 5.56 mm.

Atas dasar investigasi itu, XM16E1 lalu dimodifikasi menjadi M16A1, yang sudah diberi lapisan chrome, dan disesuaikan dengan amunisi keluaran Angkatan Darat. Selain itu senapan-senapan baru ini juga sudah perangkat pembersihan. Angkatan Darat memesan 840.000 senapan baru ini pada tanggal 28 Februari 1967. Program pelatihan intensif juga dilakukan untuk melatih pembersihan senapan, dan sebuah buku manual berbentuk komik disebarkan ke para tentara.

Quote:Desain
Spoiler for 14:


Receiver M16 terbuat dari alumunium. Laras, bolt, dan bolt carriernya terbuat dari besi. Popor dan pegangannya terbuat dari plastik. Model-model awal M16 termasuk ringan, dengan berat 2,9 kg, ini jauh lebih ringan daripada senapan-senapan tahun 1950-an dan 1960-an. Dan juga lebih ringan dari AK-47 yang beratnya sekitar 5 kg. M16A2 dan varian-varian yang lebih baru beratnya bertambah, yaitu menjadi 3,9 kg.

Model-model terbaru (M16A4) memiliki desain receiver atas 'flat-top', dilengkapi dengan Picatinny mounting rail, yang membuat pemakai bisa memasang alat bidik biasa, maupun alat bidik optik seperti teleskop dan night vision.





SUMBER
SUMBER

kaskuser yg baik selalu meninggalkan komeng



dan jika berkenan tolong di beri rate



Quote:Cendolnya Jika Berkenan


PERTAMAX HAS BEEN RESERVED




tambahan dari kaskuser :

harapan terbesar TS,,
Quote:
Quote:Original Posted By ohtidakbisa
gan ane yakin ini HT gan..
klo gak HT keterlaluan tuh
mantap gan..
keren...
pembuatannya sampai desainnya
salut ama trit agan


Quote:Original Posted By soulburst
wow calon HT nie ..kebetulan senjata favorit ane


Quote:Original Posted By pepesbebek
mantabb gan trit ente...
calon HT..


Quote:Original Posted By inggik
calon hate nih gan , congrats ya... tritnya bermutu


Quote:Original Posted By kirikkarak
widiw, lengkap n ada picnya , calon HT neh
jadi ngerti sejarah m16


Quote:Original Posted By JavierFarizi
keren bgt gan
calon HT nih ,.. ane bantu rate ya gan


Quote:Original Posted By nature.lovers
Nice thread gan,pasti jadi HT


Quote:Original Posted By michicool
wihh,,,kerenn senjata sama desainnya gan,,layak jd HT nih




mudah2'an bisa terwujud yaa gan ,,




ALHAMDULILLAH akhirnya HT ..

Terima kasih buat agan2 semua ,,
mantebh gan ! di FJB ada gak gan?

ngomong2 ane gagal PERTAMAX gara2 TS.. huh !

wuih !
bener dugaan ane..
trir ini jadi HT !

izin baca dulu gan
ane baca dulu gan
gan ane yakin ini HT gan..
klo gak HT keterlaluan tuh
mantap gan..
keren...
pembuatannya sampai desainnya
salut ama trit agan
Quote:Original Posted By viclabamba
mantebh gan ! di FJB ada gak gan?

ngomong2 ane gagal PERTAMAX gara2 TS.. huh !




hahaha ,, lain x coba lagi gan ,,

Quote:Original Posted By Van Mikaru
izin baca dulu gan

Quote:Original Posted By masEVEN
ane baca dulu gan


ok,, silahkan ,, bantu rate yaa ,, ,
wha senjata favorite ane nih
keren gan,,,

koq mirip m4a1 yg di CS ya gan??

ada yg tau bedanya ga???
Quote:Original Posted By ohtidakbisa
gan ane yakin ini HT gan..
klo gak HT keterlaluan tuh
mantap gan..
keren...
pembuatannya sampai desainnya
salut ama trit agan


Thx gan ,, mudah2'an yaa ,, blum pernah soalnya,,
Kalo d adu dengan senjata Pindad jagoan mana gan???
nyimak dulu gan
nice thread :

calon HT nih kayanya
mantab gan,,,nais share dech,,ane bantu rate full gan
pejwan di HT gan baru pertama kale nech,,,,
jadi pengen main cs nih
gmna gan cara bikin nya ane mau
keren bgt gan...
sampe ibu" kerja di sana...
kerennn.....mantab tuh !!! kok ga dijual bebas kek di amerika yak ? hehehe
mantap gan..
wuihh keren nih gan
×