KASKUS

Toyota Starlet vs Daihatsu charade Classy vs Mazda 323 Interplay

Mizi agan2 sekaskus ane minta tolong & bagi pengalamannya, ane lagi cari mobil buat sabtu minggu aja, paling sekali2 pulang kampung, dikantong cuma punya modal maksimal 30jt itupun udah termasuk biaya benerin mobil supaya kondisinya prima, maklum beli mobil yg udah berumur, meski yg jual bilang tinggal pake, tetep aja ada biaya buat benerin sampe bnr2 prima, pilihan ampir ketemu tp lagi bingung, jadi minta pencerahan dari agan2 semua tentang nih mobil yg ane pilih...

Toyota StarKo atau Daihatsu Charade Classy atau Mazda 323 Interplay.
agan2 pilih mana ane minta pencerahan tentang kelebihan dan kekurangan 2 mobil tersebut, thanks
Kalo saran ane sih sebagai pemilik modal yg mepet cari classy, ini pake interplay agak gimana gitu, empuk sih kaki2 tapi mesinya keq bebel ngangkat beban bnyak, ini mw saya jual interplay thn 91 tuker sama class keqnya lebih gampang cari spare partnya..hehe...kalo ane yg awam sih gitu..

gimana om2 senior ada jawabn yg lebih enak didenger eh salah dibaca...
saranh ane sih classy gan, starlet emg ok lah,, toyota punya, tp kecil.. dan terbatas kapasitas muatan bagasinya. dan harganya itu loh yg suka bikin ga nahan.. hhe. interplay ya realistis jg sih,, tp pasti org beranggapan ama mazda masih mikir ini dan itu,, padahal mazda mobil empuk enak. tp balik lagi nih gan ama saran ane.. mening ambil classy aja, banyak untungnya. murah tp ga murahan,bandel,irit pastinya.., spare part bejibun dmna mana,murah lg gan spare part classy. model ga begitu ketinggalan jaman. cari taun 93 keaatas, yg udah classy pro. ok gan.. selamat mencari n sukses..

:::
kelasnya jauh bener classy ama interplay...


classy itu dulu sekelas ama hyundai avega kalo sekarang, sementara interplay ya mazda 3 sekarang ato honda civic, jadi om ts udah tau kan perbandingan nya?

kalo mau cari yg berkualitas pilih interplay, sensitif di bagian kelistrikan doang sisanya termasuk murah meriah soalnya part kelas taksi bertebaran dimana2

kalo ga percaya bandingin aja sendiri naek classy, starlet ama interplay jauh lebih enak yang mana, ane jamin orang yang waras pasti bakal bilang interplay
asal dapet interplay yang sehat ya...
gan, mampir kemari gan http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=6773670
ada starlet temen ane masih mulus bgt, bener2 tinggal pake aja gan... bisa nego kok gan... hubungin temen ane aja atau pm ane juga gapapa... lagi dijual cepat soanya
kl ane sih prefer classy gan....dapetnya thn 90-an.udah pwr steering-pwr window
kl starlet duit 30jt paling dapet thn 86 yg Xl = 1000cc

kl mazda interplay..ane belum pernah punya....
Untuk duit segitu ambil Dai-Classy gan...starlet dapet tapi di bawah th.90(harga kurang rasional) mgkn karena image toyo-nya...secara keseluruhan dua mobil ini hampir sama (hatchbacknya Winner Vs Starlet)...beda imagenya aja ...tinggal kondisi mobilnya diliat gan harga mahal belum tentu lebih sehat...untuk interplay ane nga comment bisa dinilai sendiri(bisa diliat di jalan kalo ketemu interplay atau tanya2 spare partnya di pasaran)

Dengan uang segitu mending clasy gan... Bentuk udah oke...

Classy udah power windows and ps... Tapi emang sih kata bengkel mesin daihatsu ndak begitu bagus. Kau nggak dipakai harian maaah ndak masalah, kalu bujet dinaikan dikit sebenernya mending starlet tp yg kapsul....
kalo menurut ane mendingan pilih yan terbaik & dekat2 dengan budget agan, jangan terlalu memaksakan kalo udah over budget gan ..

Quote:Original Posted By nightjoy
saranh ane sih classy gan, starlet emg ok lah,, toyota punya, tp kecil.. dan terbatas kapasitas muatan bagasinya. dan harganya itu loh yg suka bikin ga nahan.. hhe. interplay ya realistis jg sih,, tp pasti org beranggapan ama mazda masih mikir ini dan itu,, padahal mazda mobil empuk enak. tp balik lagi nih gan ama saran ane.. mening ambil classy aja, banyak untungnya. murah tp ga murahan,bandel,irit pastinya.., spare part bejibun dmna mana,murah lg gan spare part classy. model ga begitu ketinggalan jaman. cari taun 93 keaatas, yg udah classy pro. ok gan.. selamat mencari n sukses..

:::


Gan ane mau nanya masalah mesin daihatsu, kata temen ane kalau timing belt putus bisa berakibat fatal di silender head, tapi kalau Starko kalau timing belt putus ya tinggal pasang aja. bener tidak gan? Minta Pencerahannya. Trims
Quote:Original Posted By vist


Gan ane mau nanya masalah mesin daihatsu, kata temen ane kalau timing belt putus bisa berakibat fatal di silender head, tapi kalau Starko kalau timing belt putus ya tinggal pasang aja. bener tidak gan? Minta Pencerahannya. Trims
tergantung mesinnya.... kalo mesinnya sanggup nahan kompresi gede otomatis begitu timing belt putus masih ada kemungkinan komponen lain aman & sebaliknya.

urusan putus timing belt gue sendiri pernah ngalamin waktu masih SD plesir ke denpasar (waktu bokap masih miara carry 1.0), ajaibnya putus deket bengkel resmi & mesin aman aja walo waktu itu mobil digeber di 70 kpj.

urusan ke mobil pilihan, interplay kelasnya jauh diatas starlet & classy juga ada kemungkinan beberapa part langka harganya ga sopan.

tapi dari segi performa & badak gue vote starlet kotak, lebih bagus lagi kalo dapet model akhir kondisi sangat-sangat mulus (tahun 91) mesin 1.3 liter.

alternatif lain bisa cek suzuki esteem (sedan 1.3 liter & 1.6 liter) atau amenity hatchback 5 pintu atau 3 pintu (very-very rare item).
Quote:Original Posted By vist
Gan ane mau nanya masalah mesin daihatsu, kata temen ane kalau timing belt putus bisa berakibat fatal di silender head, tapi kalau Starko kalau timing belt putus ya tinggal pasang aja. bener tidak gan? Minta Pencerahannya. Trims


bener gan
klo classy timing belt nya putus mesinnya bisa berantakan
biaya perbaikannya mahal
klo di jalan jadi was2
jadi klo g terlalu paham sama mesin mending jangan ambil dah
mana ac nya g dingin lagi
trus yang paling parah
tuh mobil sering overheat jadi suka mogok
ada yang bilang mesinnya g kuat panas sampai mesinnya bisa melengkung
itu pengamatan saya
maaf ya gan saya bukannya mau ngejelek2in classy
tapi itu keadaannya

sekarang cb mikir deh gan
emang seh classy dengan uang segitu udh dpt yang ps, pw
tapi klo mogok mulu gmn???
emang ada fungsinya ps sama pw klo mogok???
klo saya mau beli mobil
pertama yang saya liat mesin
trus kedua brand (merek)
trus ketiga bodi
baru dah keempat kelengkapan kaya ps, pw
klo saya pw g terlalu penting
paling ps
nanti klo udah ada duit lagi br bikin dah
paling 2,5 juta
bikin di botakseng biar paten

klo saran saya
memang yg paling baik pilih starko
asalkan jgn bobrok2 aja ya atau udah mati 1 tahun
ambil yang 1300 cc gan
jangan yang 1000 cc lelet
klo diajak naik ke puncak isi 5 g kuat
mesin simple dan kuat
irit
diajak macet2an pake ac juga kuat
spare part murah dan mudah
secara toyota
mau di modif apa aja keren
klo saya bilang modelnya masih bagus
bodinya everlasting
g ketinggalan jaman
saya masih sering liat di jalan
dari yang masih ori sampai yang udah di modif abis2an
jadi g perlu malu makenya

selamat berburu

ane urun rembuk dikit gan...

kebetulan ane dah pernah pake 3 merk, berikut reviewnya:

harga:
starko paling ga masuk akal. mungkin karena brand toyotanya. 30 jt paling banter taun 87 an.
paling murah itu classy, mungkin krn daihatsunya kali, tapi daihatsu kan group astra juga, sama kaya toyota.

fitur:
paling langkap itu classy, sebut aja, PS, PW, EM, Tilt steering, ada semua.
interplay juga sama, kecuali yang bekas taksi.
starko paling polos, kaga ada fitur apa2. kecuali ditambahin sama pemilik sebelumnya.

kaki2:
suspensi starko paling keras, coz dia pake palang di sok belakang, jadi soknya ga independent.
paling empuk itu interplay, tapi banyak part pendukung buat sokbreakernya. jadi kalo rusak banyak part yang harus diganti juga.

engine:
starko pake mesin yang sangat sederhana, 4 silinder 12 valve. perawatan simple2 aja, ga neko2. kompresinya rendah, jadi kalo timming belt putus piston ga akan mentok ke klep/valve, jadi mesin aman. tapi tenaganya relatif kurang. harga sparepart standart lah, cuman banyak KWnya. mo pake part asli ato KW terserah...
classy pake mesin paling "canggih" dikelasnya. 4 silinder 16 valve, high compression. jarak antar piston dengan valve dikit, jadi kalo sampe timming belt putus, amit-amit dah, piston bisa bolong. makanya gunakan timming belt asli n jangan tunggu km 50k baru ganti. harga spare part lebih murah dari toyota, klo mao KW juga buanyak, secara basic mesin HC sama dengan zebra 1.300 ato espass 1.300. powernya lumayan besar.
kelemahan mesih HC itu panas, solusinya rajin service radiator n perhatiin saluran balik dari mesin ka radiator, selangnya kecil, lebih kecil dibanding kompetitornya, dan ini rentan tersumbat.
interplay klo buat mesin udah rada susah cari sparepart, walaupun masih banyak klub2 yang punya bengkel dengan sparepart seabrek.

kabin:
urusan kenyaman dalam kabin, mazda megang banget dah, soundproof, panel2, joknya, ergonomi, pokoknya nyamaaaannnn.....
classy lumayan nyaman buat operasiin fitur2nya, ga perlu merubah posisi duduk buat operasiin apa2, cuman kabinnya kurang sounproof, jadi suara bising diluar masih masuk.
starko paling ribet. mau nyalain tape, buka kaca, benerin posisi spion, kudu ngerubah posisi badan. kaga ada praktis2nya. soundproofnya diantara classy dan interplay.

kesimpulan akhir....
dangan budget 30 jt berikut buat dandan, mending pilih classy. selain fitur dah ok, bentuk body juga ga ketinggalan zaman. tapi rajin2 tengok mesin n join aja groupnya biar tambah pinter.

thx.

Thumbs up 

Quote:Original Posted By lamav3
kebetulan ane dah pernah pake 3 merk, berikut reviewnya:

harga:
starko paling ga masuk akal. mungkin karena brand toyotanya. 30 jt paling banter taun 87 an.
paling murah itu classy, mungkin krn daihatsunya kali, tapi daihatsu kan group astra juga, sama kaya toyota.

fitur:
paling langkap itu classy, sebut aja, PS, PW, EM, Tilt steering, ada semua.
interplay juga sama, kecuali yang bekas taksi.
starko paling polos, kaga ada fitur apa2. kecuali ditambahin sama pemilik sebelumnya.

kaki2:
suspensi starko paling keras, coz dia pake palang di sok belakang, jadi soknya ga independent.
paling empuk itu interplay, tapi banyak part pendukung buat sokbreakernya. jadi kalo rusak banyak part yang harus diganti juga.

engine:
starko pake mesin yang sangat sederhana, 4 silinder 12 valve. perawatan simple2 aja, ga neko2. kompresinya rendah, jadi kalo timming belt putus piston ga akan mentok ke klep/valve, jadi mesin aman. tapi tenaganya relatif kurang. harga sparepart standart lah, cuman banyak KWnya. mo pake part asli ato KW terserah...
classy pake mesin paling "canggih" dikelasnya. 4 silinder 16 valve, high compression. jarak antar piston dengan valve dikit, jadi kalo sampe timming belt putus, amit-amit dah, piston bisa bolong. makanya gunakan timming belt asli n jangan tunggu km 50k baru ganti. harga spare part lebih murah dari toyota, klo mao KW juga buanyak, secara basic mesin HC sama dengan zebra 1.300 ato espass 1.300. powernya lumayan besar.
kelemahan mesih HC itu panas, solusinya rajin service radiator n perhatiin saluran balik dari mesin ka radiator, selangnya kecil, lebih kecil dibanding kompetitornya, dan ini rentan tersumbat.
interplay klo buat mesin udah rada susah cari sparepart, walaupun masih banyak klub2 yang punya bengkel dengan sparepart seabrek.

kabin:
urusan kenyaman dalam kabin, mazda megang banget dah, soundproof, panel2, joknya, ergonomi, pokoknya nyamaaaannnn.....
classy lumayan nyaman buat operasiin fitur2nya, ga perlu merubah posisi duduk buat operasiin apa2, cuman kabinnya kurang sounproof, jadi suara bising diluar masih masuk.
starko paling ribet. mau nyalain tape, buka kaca, benerin posisi spion, kudu ngerubah posisi badan. kaga ada praktis2nya. soundproofnya diantara classy dan interplay.

kesimpulan akhir....
dangan budget 30 jt berikut buat dandan, mending pilih classy. selain fitur dah ok, bentuk body juga ga ketinggalan zaman. tapi rajin2 tengok mesin n join aja groupnya biar tambah pinter.

thx.


thanks untuk pencerahannya Gan
:
untuk masalah kaki2 dari ketiga tu mobil mana yang paling bandel gan?
Quote:Original Posted By lamav3
kebetulan ane dah pernah pake 3 merk, berikut reviewnya:

harga:
starko paling ga masuk akal. mungkin karena brand toyotanya. 30 jt paling banter taun 87 an.
paling murah itu classy, mungkin krn daihatsunya kali, tapi daihatsu kan group astra juga, sama kaya toyota.

fitur:
paling langkap itu classy, sebut aja, PS, PW, EM, Tilt steering, ada semua.
interplay juga sama, kecuali yang bekas taksi.
starko paling polos, kaga ada fitur apa2. kecuali ditambahin sama pemilik sebelumnya.

kaki2:
suspensi starko paling keras, coz dia pake palang di sok belakang, jadi soknya ga independent.
paling empuk itu interplay, tapi banyak part pendukung buat sokbreakernya. jadi kalo rusak banyak part yang harus diganti juga.

engine:
starko pake mesin yang sangat sederhana, 4 silinder 12 valve. perawatan simple2 aja, ga neko2. kompresinya rendah, jadi kalo timming belt putus piston ga akan mentok ke klep/valve, jadi mesin aman. tapi tenaganya relatif kurang. harga sparepart standart lah, cuman banyak KWnya. mo pake part asli ato KW terserah...
classy pake mesin paling "canggih" dikelasnya. 4 silinder 16 valve, high compression. jarak antar piston dengan valve dikit, jadi kalo sampe timming belt putus, amit-amit dah, piston bisa bolong. makanya gunakan timming belt asli n jangan tunggu km 50k baru ganti. harga spare part lebih murah dari toyota, klo mao KW juga buanyak, secara basic mesin HC sama dengan zebra 1.300 ato espass 1.300. powernya lumayan besar.
kelemahan mesih HC itu panas, solusinya rajin service radiator n perhatiin saluran balik dari mesin ka radiator, selangnya kecil, lebih kecil dibanding kompetitornya, dan ini rentan tersumbat.
interplay klo buat mesin udah rada susah cari sparepart, walaupun masih banyak klub2 yang punya bengkel dengan sparepart seabrek.

kabin:
urusan kenyaman dalam kabin, mazda megang banget dah, soundproof, panel2, joknya, ergonomi, pokoknya nyamaaaannnn.....
classy lumayan nyaman buat operasiin fitur2nya, ga perlu merubah posisi duduk buat operasiin apa2, cuman kabinnya kurang sounproof, jadi suara bising diluar masih masuk.
starko paling ribet. mau nyalain tape, buka kaca, benerin posisi spion, kudu ngerubah posisi badan. kaga ada praktis2nya. soundproofnya diantara classy dan interplay.

kesimpulan akhir....
dangan budget 30 jt berikut buat dandan, mending pilih classy. selain fitur dah ok, bentuk body juga ga ketinggalan zaman. tapi rajin2 tengok mesin n join aja groupnya biar tambah pinter.

thx.


Nahhh agan ini baru paling jelas dan apple to apple ngebandinginnya
yg jelas jenis mobil apapun dan merk apapun kalo dirawat dengan baik dan benar pasti awet begitu juga sebaliknya. ada yg baru 3 thn udah sering mogok ada juga yg udah 25 thn tapi nga pernah mogok
Quote:Original Posted By Tojangeng
Nahhh agan ini baru paling jelas dan apple to apple ngebandinginnya
yg jelas jenis mobil apapun dan merk apapun kalo dirawat dengan baik dan benar pasti awet begitu juga sebaliknya. ada yg baru 3 thn udah sering mogok ada juga yg udah 25 thn tapi nga pernah mogok


setujah gan.....
alhamdulillah charade ane meskipun kelahiran tahun 80 ga pernah mogok tuh.... semoga seterusnya aman2 aja.....

selamat memikirkan n berburu gan
vote pic profile ane aja gan..

btw,apa pun pilihannya.. semoga dapet yg kondisinya oke ya gan..
kalo hyundai elantra gimana ya oom,
gw jg lg hunting boil 30jeti an
Quote:Original Posted By vist
Mizi agan2 sekaskus ane minta tolong & bagi pengalamannya, ane lagi cari mobil buat sabtu minggu aja, paling sekali2 pulang kampung, dikantong cuma punya modal maksimal 30jt itupun udah termasuk biaya benerin mobil supaya kondisinya prima, maklum beli mobil yg udah berumur, meski yg jual bilang tinggal pake, tetep aja ada biaya buat benerin sampe bnr2 prima, pilihan ampir ketemu tp lagi bingung, jadi minta pencerahan dari agan2 semua tentang nih mobil yg ane pilih...

Toyota StarKo atau Daihatsu Charade Classy atau Mazda 323 Interplay.
agan2 pilih mana ane minta pencerahan tentang kelebihan dan kekurangan 2 mobil tersebut, thanks


Interplay ane taun 91 gan,

comment :
1. Mesinnya buandel banget..kagak rusak2..pernah ganti kopling doank ntu emank dah abis koplingnya..
2. Lumayan kenceng..untuk mobil setua ini masih bisa 160kph padahal ban ane dah lumayan gede VR16 195/50.
3. Untuk spare part, tergolong mudah didapat, yang orsinil agak mahal tapi KW murah, bisa juga pake sparepart ford ato hyundai gan..
4. Nyaman gan, mungkin lebih nyaman dibanding starko ama clasy.
5. Untuk taun 91, smua serba digital (speedo, tacho, Temperatur, Fuel dll), central lock, power window, powersetiring.
6. Cabin cukup lega, kalo dibandingin ama clasy ato starko. (ama soluna ajah masih lebih lega interplay.


Spoiler for my interplay:
Quote:Original Posted By Cilpo
kalo hyundai elantra gimana ya oom,
gw jg lg hunting boil 30jeti an


nyari yg bagus aga susah nih eli. lmyn boros utk 1600cc

TS: jgn pusing2 kalo antara classy/starko/interpley gmn kalo ambil kombinasinya aja charade winner / cx?? yg 1300 kenceng fitur kumplit ky classy bentuk ganteng drpd starlet. yg 1000 irit fitur ga komplit cocok dgn budjet ente 30jt bs buat bebenah. just advice, seach aja disini charade, ntar jg nemu