KASKUS

Pencinta Ayam Kalkun / Turkey Masuk Sini...

Hallo Gan......

Mau Tanya Nih, Kira2 Anak Kaskus Ada Yang Suka Dengan Ayam Kalkun Gak Yaa...?? Kebetulan Baru2 ini Gw Mulai Melihara Dan Ternak Ayam Kalkun....
Ternyata Seru Juga, Selain Indah Bulunya, Besar Badannya Ternyata Hatinya Juga Baik Loh....Gak Galak ato Matok Juinak Banget Daah....hehe

Oiya, Yang Mau Bagi2 Pengalaman Ternak / Melihara Ayam Kalkun Bisa Loh Sharing Disini.....Atau Yang Mau Tampilin Foto Koleksi Kalkunnya Juga Boleh.......

Okeh Di Tunggu....


Salam....
Kalkun / Turkey
Kalkun atau ayam kalkun adalah sebutan untuk dua spesies burung berukuran besar dari ordo Galliformes genus Meleagris.

Kalkun betina lebih kecil dan warna bulu kurang berwarna-warni dibandingkan kalkun jantan. Sewaktu berada di alam bebas, kalkun mudah dikenali dari rentang sayapnya yang mencapai 1,5-1,8 meter.

Spesies kalkun asal Amerika Utara disebut M. gallopavo sedangkan kalkun asal Amerika Tengah disebut M. ocellata.

Kalkun hasil domestikasi yang diternakkan untuk diambil dagingnya berasal dari spesies M. gallopavo yang juga dikenal sebagai kalkun liar (Wild Turkey). Sedangkan spesies M. ocellata kemungkinan adalah hasil domestikasi suku Maya. Ada orang yang berpendapat kalkun yang diternakkan untuk diambil dagingnya berasal dari kalkun suku Maya. Alasannya kalkun suku Maya lebih penurut dari kalkun liar asal Amerika Utara, tapi teori ini tidak didukung bukti morfologis. Kalkun hasil domestikasi mempunyai pial (bagian bergelambir di bawah paruh) sebagai bukti bahwa kalkun negeri berasal dari kalkun liar M. gallopavo. Kalkun M. ocellata yang dipelihara orang Maya tidak memiliki pial.

Kalkun liar merupakan hewan buruan di Amerika Utara, tapi tidak seperti kalkun negeri, kalkun liar gesit dan pandai terbang.

Beberapa Contoh Variasi Warna Dari Bulu Ayam Kalkun :

1. Standart Turkey ( Warna Standart Kalkun)




2. Black Turkey ( Warna Full Hitam )



3. White Turkey ( Full Putih )




4. Black n White Turkey ( Hitam Putih )




5. Red Turkey ( Warna Merah Coklatan )




6. Lavender Turkey ( Warna Abu2 Kebiruan )






Salam.........
Quote:Original Posted By adhitew
Salam.........


Salam Kalkun Gan..Iya, sekarang kalkun selain sebagai binatang pedaging juga merupakan hewan hias bagi para hobbiest karena keindahan bulunya dan sifatnya yang menyenangkan bila dilihat. Untuk share foto ada banyak gan saya punya dan beberapa artikel tentang kalkun bisa dilihat di sini http://akhmadkhairudin.com (mohon ijin nitip link)

Gambar kalkun saya kurang lebih seperti ini: :maho:maho:maho
Pejantan Itam


Pejantan putih batik


daging kalkun yang sudah di sembelih
Ikut nyimak deh, baru mau coba pelihara nih,,buat peternak/pemelihara kalkun share donk plus minus nya ttg kalkun
Thx
akhirnya ada yang bikin thread tentang ayam kalkun..
syiip..
tolong di posting juga deskripsi, caresheet dan info penting lainnya mengenai kalkun..ada planing ternak nih, tapi nunggu kosong dulu.
Quote:Original Posted By hammeth
Salam Kalkun Gan..Iya, sekarang kalkun selain sebagai binatang pedaging juga merupakan hewan hias bagi para hobbiest karena keindahan bulunya dan sifatnya yang menyenangkan bila dilihat. Untuk share foto ada banyak gan saya punya dan beberapa artikel tentang kalkun bisa dilihat di sini http://akhmadkhairudin.com (mohon ijin nitip link)

Gambar kalkun saya kurang lebih seperti ini: :maho:maho:maho
Pejantan Itam


Pejantan putih batik


daging kalkun yang sudah di sembelih


weiss.....mantabb gan kalkunnya......

sudah ada brp ekor?
kalo sy baru ada 7 ekor doang nih.....hehe

nanti foto tak masukan........
Quote:Original Posted By dayat11
Ikut nyimak deh, baru mau coba pelihara nih,,buat peternak/pemelihara kalkun share donk plus minus nya ttg kalkun
Thx


Keuntungan Melihara Ayam Kalkun:
1. Peternak Kalkun Masih Jarang
2. Obat Penghilang Stress
3. Tempramentnya kalem, Lembut dan juinak
4. Mudah Dipeliharanya
5. Tidak Gampang Sakit
6. Harga Jual Tinggi
7. Dagingnya Tebal (bisa buat lauk utk satu keluarga besar)
8. Banyak Peminatnya Baik Dalam dan Luar Negeri
9. Dapat Dijadikan Klangenan Krn Berbulu Indah

Minusnya Ada Juga seh.......

cuma satu, boros makannya.............kalkun kalo udah doyan makan, wuihh kuat bener...kayak gilingan padi, makannya kagak mau berhenti......giling terus.......

Walau Bagaimana Pun...Tetep Seneng Rasanya Kalo Liat Ayam Kalkun Kita Berhasil Tumbuh Menjadi Ayam Yang Besar dan Berbulu Indah..........
ente punya brapa ekor gan?beli bibitnya darimana?harganya?
PM ya
ternak kalkun terbesar di indonesia sepertinya ada di sumatra ya?
oh ya, ukuran kandangnya gimana tuh?

Quote:Kalkun tergolong jenis unggas yang dalam perkembanganya tidak sepesat ayam. Namun, akhir-akhir ini kalkun mulai diperhitungkan untuk diternakkan dengan mulai disajikanya daging kalkun sebagai salah satu menu pada pesta-pesta.

Di Amerika, ada banyak bangsa kalkun, tetapi yang terpenting ada 5 jenis, sebagai berikut:

1. Kalkun broad breasted white, merupakan bangsa kalkun yang bulunya berwarna putih. Bobot badan betina antara 6,5-60 butir per musim.

2. Kalkun broad breasted bronze, karakteristiknya hampir sama dengan kalkun broad breasted white, tetapi mempunyai bronze pada ekor dan sayap.


3. Kalkun american mammoth bronze, karakteristiknya hampir sama dengan 2 bangsa diatas, tetapi ototnya berwarna putih dengan ukuran badan lebih kecil, bobot betina sekitar 4,5 kg dan jantan sekitar 6,5 kg. Produksi telur tinggi, yaitu 100-120 butir/tahun.

4. Kalkun belsville, dadanya kurang berkembang.

5. Kalkun whyte hybrid, merupakan hibrid dari berbagai bangsa yang disilangkan.


Pemilihan bibit kalkun sama dengan ayam ras, yaitu dipilih berdasarkan kemampuan produksi dari tetuanya. Selain itu, seleksi individu berdasarkan morfologinya juga perlu diperhatikan.

Secara umum perkandangan kalkun sama dengan perkandangan ayam. Hanya saja, hal yang perlu diperhatikan bahwa kalkun mempunyai bobot badan yang lebih besar dibandingkan ayam sehingga kepadatan kandang dikurangi. Kebutuhan kepadatan kandang sekitar 0,28-0,47 per ekor pada kalkun umur 8 minggu. Jika kandang yang digunakan berlantai panggung, kekuatan dasar kandang perlu diperhatikan.

Tatalaksana pemeliharaan kalkun sama dengan ayam. Kalkun mulai berproduksi setelah30 minggu dari dewasa kelamin tercapai. Selama 25 minggu, kalkun dapat memproduksi 88-93 butir. Pemberian pakan pada kalkun hampir sama dengan ayam. Kebutuhan protein dalam pakan untuk kalkun masa starter (0-8 minggu) sekitar 26-28%, sedangkan saat grower (8-24 minggu) sekitar 14-22%.

Read more: http://centralunggas.blogspot.com/20...#ixzz1CXxH88Wb

Reproduksi aseksual

Kalkun diketahui mempunyai kemampuan unik dalam melakukan reproduksi aseksual. Walaupun tidak ada kalkun pejantan, kalkun betina bisa menghasilkan telur yang fertil. Anak kalkun yang dihasilkan sering sakit-sakitan dan hampir selalu jantan. Perilaku ini bisa mengganggu proses inkubasi telur di peternakan kalkun.[1]
Quote:Original Posted By Okutet
ente punya brapa ekor gan?beli bibitnya darimana?harganya?
PM ya
ternak kalkun terbesar di indonesia sepertinya ada di sumatra ya?
oh ya, ukuran kandangnya gimana tuh?


Reproduksi aseksual

Kalkun diketahui mempunyai kemampuan unik dalam melakukan reproduksi aseksual. Walaupun tidak ada kalkun pejantan, kalkun betina bisa menghasilkan telur yang fertil. Anak kalkun yang dihasilkan sering sakit-sakitan dan hampir selalu jantan. Perilaku ini bisa mengganggu proses inkubasi telur di peternakan kalkun.[1]


Kalkun ane baru ada 7 ekoran gan........
1 betina dalam proses pengeraman 12 butir telornya.....
mudah2an jadi semua....hehe

utk bibit ane juga masih perlu, blom ada yg di jual, mungkin ada agan lain yg bisa bantu, boleh kasih info ke sini......

mudah2an aja dgn adanya forum ini banyak breader kalkun yg mampir....

Btw thx info tambahannya gan...........
Quote:Original Posted By adhitew
Kalkun ane baru ada 7 ekoran gan........
1 betina dalam proses pengeraman 12 butir telornya.....
mudah2an jadi semua....hehe

utk bibit ane juga masih perlu, blom ada yg di jual, mungkin ada agan lain yg bisa bantu, boleh kasih info ke sini......

mudah2an aja dgn adanya forum ini banyak breader kalkun yg mampir....

Btw thx info tambahannya gan...........


dulu beli dimana gan?brapaan?
boleh tuh klo telurnya menetas
cuba ente search mbah google "kalkun-indonesia" keknya itu yang paling besar.
Quote:Original Posted By Okutet
dulu beli dimana gan?brapaan?
boleh tuh klo telurnya menetas
cuba ente search mbah google "kalkun-indonesia" keknya itu yang paling besar.


Dulu ane beli kalkun di tempat kawan, peternak kecil..... di daerah temanggung juga......
iya nih, mudah2an telornya netes semua deh.....

btw td ane coba cek di kalkun-indonesia lumayan besar juga ya produksinya.....sampe ada 1000ekor kalkunnya....
Quote:Original Posted By adhitew
Dulu ane beli kalkun di tempat kawan, peternak kecil..... di daerah temanggung juga......
iya nih, mudah2an telornya netes semua deh.....

btw td ane coba cek di kalkun-indonesia lumayan besar juga ya produksinya.....sampe ada 1000ekor kalkunnya....


brapa harga ditempat temen ente itu gan?
Quote:Original Posted By Okutet
brapa harga ditempat temen ente itu gan?


Ane dulu beli waktu itu masih umur 4 bulanan 500rb sepasang, skrg udh indukan, emang pasarannya brp seh....???
nie die kalkun ane gan..........

Kalkun Betina



Kalkun Jantan



Berdua



Anak Kalkun Umur 3bln


masih sedikit.....maklum msh newbie......
Quote:Original Posted By adhitew
Ane dulu beli waktu itu masih umur 4 bulanan 500rb sepasang, skrg udh indukan, emang pasarannya brp seh....???

blum tahu..tapi di jogja ada yang jual 75k/ekor umur sebulan tapi lum tahu tempatnya, cuma lihat di iklan aja.
Quote:Original Posted By adhitew
nie die kalkun ane gan..........

Kalkun Betina



Kalkun Jantan



Berdua



Anak Kalkun Umur 3bln


masih sedikit.....maklum msh newbie......


banyak tuh, bagus yang putih, tapi kek kurus
ikut nimbrung gan ...

ane juga punya 2 ekor belinya di pasar burung pramuka jakarta kirain sepasang, ga taunya jantan semua...
harga ane beli 275rb 2 ekor umur kira2 3bulan.

mangkanya sekarang lagi nyari kalkun betina, kasian ntar kalkunnya maen hanggar :maho
wah jadi keinged ama kalkun saya yg udah di curi orang.,
hahahahaa

wah saya semster kmren dpt mata kuliah tentang kalkun gan, masih sepi yg ternak, peminatnya umumnya resto besar ato hotel.,
lumayan gan untuk bisnis sampingan,
Quote:Original Posted By pronato
wah jadi keinged ama kalkun saya yg udah di curi orang.,
hahahahaa

wah saya semster kmren dpt mata kuliah tentang kalkun gan, masih sepi yg ternak, peminatnya umumnya resto besar ato hotel.,
lumayan gan untuk bisnis sampingan,


lek peternak daerah solo utawa jogja nandi yo?
btw, harga pasaran brapa nih untuk anakan umur 1 bulan?
ni perlakuannya sama kek ayam pedaging atau ayam petelur kah(perlu vaksin, vitamin n voer ayam)?

salam kalkuner....

gini gan ane baru bikin farm yang serius buat kalkun (pengembangan kalkun putih)...ane seh bukan pemaen baru di kalkun ...tapi ini secara kecil2an ane besarkan kalkun di farm ane yang ane bangun kandang panggung sesuai dengan perlakuan ayam broiler dan ayam petelur...pakan ane juga kasih campuran hijauan konsentrat dan bekatul...khusus yang mau dijadikan indukan betina di beri berlakuan khusus juga sesudah umur 4 bulan agar terbentuk sel telur yang sempurna...tidak lupa ane juga kasih program vaksin sampai perlindungan penyakit bakterial macam coryza penyakit pilek yang menyebabkan kebengkakan pada kepala....sekian gan salam kalkuner dari ane...semangat buat peminat kalkun prospek masih cerah...
untuk mendapatkan bibit ane kemitraan dengan peternak dg sistem mutualisma...kapasitas 20 ekor per 2 minggu...
Quote:Original Posted By asuransi78
ikut nimbrung gan ...

ane juga punya 2 ekor belinya di pasar burung pramuka jakarta kirain sepasang, ga taunya jantan semua...
harga ane beli 275rb 2 ekor umur kira2 3bulan.

mangkanya sekarang lagi nyari kalkun betina, kasian ntar kalkunnya maen hanggar :maho


coba cari di barito gan....kadang ada tuh yg jual kalkun disana........

ato mau besanan.......:maho