KASKUS

Thumbs up Novel Detektif

Sherlock Holmes... hmmm! Kenapa juga ya saya baru ada niatan buat nge-review-nya sekarang? Padahal saya sudah mengkoleksi dan membaca hampir seluruh novelnya sejak lama. Termasuk juga kisah-kisah petualangannya yang ditulis oleh para sherlockian (sebutan resmi untuk para fans Sherlock Holmes) alias fan-made.

Satu kata yang bisa gambarkan tentang Sherlock Holmes: awesome!

Awal mula kecintaan saya pada Sherlock Holmes adalha karena kegandrungan saya membaca komik Detective Conan pas zaman SMP. Detective Conan sekaligus pengarangnya, mangaka-sensei Aoyama Gosho, digambarkan sangat mengidolakan tokoh detektif bernama Sherlock Holmes dari novel karangan Sir Arthur Conan Doyle. berangkat dari situ timbullah rasa penasaran saya dan mulailah saya mengutak-atik Gramedia guna mencari novel tersebut.


>>koleksi novel Sherlock Holmes pertama saya ^^


Tapi ternyata perjalanannya gak mudah, Kawan. Dan beruntungnya, pas SMA, pada saat saya lagi jalan bareng cewek saya, saya melihat novel Sherlock Holmes teronggok di tumpukan buku yang diserak-serakin di atas lantai Gramedia. Hohoho... langsung saja saya membayarnya ke kasir! Cover-nya berwarna biru cerah dengan gambar seorang pria berwajah tirus memakai mantel kuno warna coklat dan tangannya membawa pipa tembakau. Novel Sherlock Holmes pertama yang saya beli itu berjudul "Memoar of Sherlock Holmes".

Lanjut, saya menemukan temen sepermainan saya sejak kecil deket rumah yang ternyata juga menggilai Sherlock Holmes. Klop dah, setiap akhir bulan saya dan dia gantian membeli novel-novel Sherlock Holmes yang lainnya di toko buku dan saling minjemin satu sama lain. A Study in Scarlet, Sign of Four, The Adventure of Sherlock Holmes, The Return of Sherlock Holmes, dst... semuanya kami lahap!

Yang saya sukai dari Sherlock Holmes adalah kemampuan analisanya yang tepat, cepat, akurat dalam menyelidiki kasus. Disebutkan pula kalo Holmes ini untuk mengetahui latar belakang seseoarang hanya dari mengamatinya sepintas saja. Ini yang kadang bikin saya terheran-heran dan berdecak kagum. "Wow! Kok ada ya karakter orang yang seperti ini?" Atau saya cuman dibego'in sama Doyle, pengarangnya, saja? Who knows! Tapi saya toh menikmatinya, hehe...

Sherlock Holmes adalah seoarang ahli deduksi yang tajam dan jenius dalam mengungkap fakta. Saya membayangkan kalo masalah-masalah koruptor di negeri ini dilimpahkan kasusnya sama Holmes, pasti kasusnya beres, hehehe...! Tapi yang saya benci darinya adalah ia akan berubah menjadi pecandu narkotik akut saat lagi gak menangani kasus untuk menenangkan syaraf-syarafnya yang tegang dan dinamis.


>>Patung Sherlock Holmes...


Anyway, inti cerita dalam novel-novel Sherlock Holmes adalah mengenai kisah-kisahnya dalam mengungkap kasus-kasus kejahatan. Juga ada cerita tentang kelihaian-kelihaiannya dalam melawan kejahatan musuh bebuyutannya, Profesor Moriarty. Gaya berceritanya yang straight, detil, tidak bertele-tele dan cerdas, diceritakan dari sudut pandang orang pertama (dalam hal ini Dr. Watson sebagai "aku") membuat saya menikmati membaca lembar demi lembar halaman novel ini.

Well (dengan gaya menopang dagu ala Sherlock Holmes ), saya acungin dua jempol buat Sir arthur Conan Doyle yang sangat bagus dan perfecto-numero uno dalam membangun ceritanya (catatan: saya membaca "A Study in Scarlet" sampe merinding dan bisa merasakan betul dendam kesumat yang dialami sang pembunuh). Untuk ukuran pengarang abad 19, saya rasa bahkan belum ada penulis Indonesia saat ini yang bisa menyamainya.

Bayangkan ini: zaman dulu, seting London abad 19, belum ada mobil--kemana-mana naik kereta kuda, belum ada TV, Doyle menggambarkan cerita dalam novelnya begitu hidup, begitu mengalir, detil-detilnya, kasus-kasus yang ditangani Holmes begitu unik dan menggelitik, deduksi dan fakta beradu dalam narasi, karakter-karakter aristokrat serta penjahat kelas teri yang berdalih, di-mix jadi satu dan divisualisasikan menjadi 'TV' dalam kepala kita. Rasanya bener-bener gress... dan gimanaaaa...--what can I say? Cukup sudah untuk membuat orang-orang di seantero negeri (pada waktu itu) terinvasi wabah sherlockian, begitu menggilai dan memuja Sherlock Holmes.

Dan sampe saat ini, novel-novel Sherlock Holmes terus digemari dan menambah deretan penggemar baru...

Sherlock Holmes adalah tokoh detektif rekaan yang terkenal, fenomenal dan legendaris.

Oh ya, dalam petualangan-petualangannya Sherlock Holmes selalu ditemani sama partner sekaligus sahabat setianya, Dr. John H. Watson. Awal pertama kali mereka bertemu adalah saat Holmes tengah mencari teman sekamar untuk berbagi uang sewa menyewa sebuah kamar kos di Baker Street 221 B (baca di "A Study in Sacrlet). Saking fenomenalnya tokoh Sherlock Holmes, bahkan tempat ini sekarang 'dikeramatkan' sebagai Museum Sherlock Holmes. Karena... pssst!--sebagian percaya dan menganggap bahwa Holmes bener-bener pernah tinggal dan hidup di tempat ini.


>>Baker Street 221 B: alamat paling terkenal di seluruh dunia...


Ck ck ck...! Bener-bener suatu pencapaian luar biasa, kalo menurut saya, untuk sebuah karakter dalam karya fiksi. Kalo untuk sekarang sih, karakter fiksi yang paling fenomenal dan megang di abad 21 ini adalah si penyihir Harry Potter, hehe... Liat aja, semua orang di dunia membicarakan tentangnya!

Terkait hal ini, saya penah menayakan sebuah pertanyaan pada posting suatu blog:
"Kenapa kedua karakter fiksi fenomenal di atas dilahirkan dari tangan dingin pengarang Inggris?"

Selanjutnya disambung pertanyaan bodoh:
"Memangnya pengarang Inggris makan apa ya?"

Tidak ada jawaban pasti dan memuaskan saya mengenai hal ini. Apa kamu bisa menjawabnya? Share disini...

NB:
Sebenernya gak hanya Sherlock Holmes dan Harry Potter saja tokoh novel yang terkenal dari pengarang Inggris. Masih ada Hercule Poirot-nya Agatha Christie (saya gak suka ceritanya yang bertele-tele, but I like Miss Marple!). Kalo mau yang klasik ada Romeo & Juliet-nya William Shakespeare. Dan jangan lupakan pula JRR. Tolkien dengan para hobbit-nya, Frodo Baggins dkk, dalam The Lord of The Ring Trilogy...

sumber : http://glory2go.multiply.com

Quote:Sumbangan bacaan buat mengenal lebih dekat sosok Sherlock Holmes dari agan roy7andika:
E-book Sherlock Holmes Bahasa Indonesia: bukan hasil scan (format DJVU)

Quote:Sumbangan bacaan lagi dari agan esaka:
E-book Sherlock Holmes dalam format format installer *.jar

(artinya bisa dibuka di hape berbasis java enable)

Quote:Review novel detektif lainnya:
The Tokyo Zodiac Murders
The Girl With The Dragon Tattoo

*silakan yang lain kalau mau nambahin

Quote:Trit novel detektif Agatha Christie:
Agatha Christie's Detective
Quote:Original Posted By SaintOClock

emg keren bgt gan Sherlock Holmes..


welcome to the club, gan
ehem. kayanya pernah ketemu di GRi nih .. hehehhe
Quote:Original Posted By bukumoo123
ehem. kayanya pernah ketemu di GRi nih .. hehehhe


yo'i

wahh, anak GRI jg y...
Wah, kebalikan dari TS, ane malah lebih suka ngikutin Agatha Christie daripada Sherlock Holmes Ente bacanya yang Miss Marple yak? Kalo yang itu emang alurnya rada lambat gan

Buku Sherlock Holmes yang uda ane baca, hmm, baru A Study in Scarlet doank sih (sekaligus buku pertamanya kan ), sama beberapa kasus pendeknya juga. Somehow, penyelesaian kasusnya kerasa absurd gitu. Ato anenya yang lemot kali ye, jadi ga bisa ngikutin cara berpikirnya Holmes

Mungkin ente bisa kasi rekomendasi buku Sherlock Holmes yang seru? Ane rada penasaran juga sih sama detektif satu ini, soalnya masuk 3 besar detektif terkenal sedunia kan

>> Anak GRI juga? Salam kenal yak
Baru baca kumpulan cerita pendek: petualangan, kembalinya sherlock holmes, memoar, koleksi kasus.
Quote:Original Posted By Amaryl

Mungkin ente bisa kasi rekomendasi buku Sherlock Holmes yang seru? Ane rada penasaran juga sih sama detektif satu ini, soalnya masuk 3 besar detektif terkenal sedunia kan

>> Anak GRI juga? Salam kenal yak


yg memoar of sherlock holmes menarik, kumpulan cerita2 pendek kasus holmes

trs ada cerita yg ttg gambar orang menari itu... ane lupa di buku yg mana

@agan empatsembilan:
baca yg a study in scarlett bagus gan, ditulis dari dua sudut pandang
ujung2 nya agan bakal simpati sama pembunuh nya
Quote:Original Posted By glory2go


yg memoar of sherlock holmes menarik, kumpulan cerita2 pendek kasus holmes

trs ada cerita yg ttg gambar orang menari itu... ane lupa di buku yg mana

@agan empatsembilan:
baca yg a study in scarlett bagus gan, ditulis dari dua sudut pandang
ujung2 nya agan bakal simpati sama pembunuh nya


Gambar orang menari ada di Kembalinya Sherlock Holmes.

Study in scarlet baru baca sebagian. Cuma dapat ebooknya jadi agak males
Quote:Original Posted By glory2go
NB:
Sebenernya gak hanya Sherlock Holmes dan Harry Potter saja tokoh novel yang terkenal dari pengarang Inggris. Masih ada Hercule Poirot-nya Agatha Christie (saya gak suka ceritanya yang bertele-tele, but I like Miss Marple!). Kalo mau yang klasik ada Romeo & Juliet-nya William Shakespeare. Dan jangan lupakan pula JRR. Tolkien dengan para hobbit-nya, Frodo Baggins dkk, dalam The Lord of The Ring Trilogy...

>>Sumber : http://glory2go.multiply.com


hampir udah pernah baca semua, tapi ga komplit. nyaris sependapat dengan TS, hercule poirot itu kadang-kadang... terasa ga rugi kalo dibaca langsung bagian akhirnya...

buat ane sendiri memang masih misteri kenapa Harry bisa terkenal (soalnya ane tau pertama kali dari film)
mungkin selain sama-sama dari pengarang Inggris, SH dan HP mungkin mengajarkan berbagai istilah baru (menciptakan tren genre baru pada waktu itu, dg gaya penulisan baru), menggambarkan cerita dengan kondisi detil seakan-akan tokoh-tokohnya "hidup" dan ada di suatu tempat di dunia ini.
(ane pernah dengar kalo banyak yang percaya HP bukan tokoh rekaan) seolah-olah pengarangnya bertemu, berbicara dan hidup dengan tokoh itu.

tapi mungkin ini cuma pikiran ane aja...
ini cerita ber-seri yang paling ganteng menurut ane gan

holmes memang luar biasa,apalagi profesor moriarty-nya

walaupun agak jadul tapi tetep bisa mengaduk hati pembacanya

Nothelc House

Quote:Original Posted By empatsembilan

Study in scarlet baru baca sebagian. Cuma dapat ebooknya jadi agak males


kalo saya dari dulu gak pernah selesai baca novel lewat ebook, bawaannya mata ane sepet

mending baca bukunya langsung sambil tiduran jg gak masalah, mw baca dari halaman terakhir yg kita baca jg mudah soalnya kalo di ebook hrs nginget2 dulu terakhir baca yg mana

soalnya gak ada pembatas kompie :

Quote:Original Posted By Flow-er-n
buat ane sendiri memang masih misteri kenapa Harry bisa terkenal (soalnya ane tau pertama kali dari film)
mungkin selain sama-sama dari pengarang Inggris, SH dan HP mungkin mengajarkan berbagai istilah baru (menciptakan tren genre baru pada waktu itu, dg gaya penulisan baru), menggambarkan cerita dengan kondisi detil seakan-akan tokoh-tokohnya "hidup" dan ada di suatu tempat di dunia ini.
(ane pernah dengar kalo banyak yang percaya HP bukan tokoh rekaan) seolah-olah pengarangnya bertemu, berbicara dan hidup dengan tokoh itu.

tapi mungkin ini cuma pikiran ane aja...


thx udh berbagi pandangan

Quote:Original Posted By kapokmukapan
walaupun agak jadul tapi tetep bisa mengaduk hati pembacanya


setubuhh!
wah,, aku juga pengagumnya Sherlock Holmes....
*dan anak GRI juga... hehehe*

Aku juga lebih suka Sherlock Holmes dari pada Hercule Poirot karena SH emang aku suka pada pandangan pertama,, buku pertamanya SH-ku yang Petualangan Sherlock Holmes....

tapi di Indonesia udah mulai ada lho,, pengarang yang menceritakan cerita model2 gitu,, seperti buku "Rahasia Meede" --iya gak sih??--
itu kan cerita misteri gitu...
Quote:Original Posted By glory2go
kalo saya dari dulu gak pernah selesai baca novel lewat ebook, bawaannya mata ane sepet

mending baca bukunya langsung sambil tiduran jg gak masalah, mw baca dari halaman terakhir yg kita baca jg mudah soalnya kalo di ebook hrs nginget2 dulu terakhir baca yg mana

soalnya gak ada pembatas kompie :


Kalo saya biasa baca ebook (cersil) di HP (file .jar)
Ga perlu pake pembatas, karena pas buka langsung ke halaman waktu terakhir dibaca
selaen sherlock holmes, jane marple, cobain hercule poirot dan trio detektif deh......:
klo ane da baca nyaris smua
petualangan sh
memoar sh
kembaliny sh
hound of baskerville
valley of fear
sign of four

smuanya bagus2, kcuali sign of four agak kurg memuaskan
lg nyari study of scarlet ga ktmu2
Quote:Original Posted By sieghart28
lg nyari study of scarlet ga ktmu2


coba cari di FJB gan sp tau ada yg mw jual
Quote:Original Posted By sieghart28


smuanya bagus2, kcuali sign of four agak kurg memuaskan
lg nyari study of scarlet ga ktmu2


kalo ebooknya ada
Quote:Original Posted By shinyworld
wah,, aku juga pengagumnya Sherlock Holmes....
*dan anak GRI juga... hehehe*

Aku juga lebih suka Sherlock Holmes dari pada Hercule Poirot karena SH emang aku suka pada pandangan pertama,, buku pertamanya SH-ku yang Petualangan Sherlock Holmes....

tapi di Indonesia udah mulai ada lho,, pengarang yang menceritakan cerita model2 gitu,, seperti buku "Rahasia Meede" --iya gak sih??--
itu kan cerita misteri gitu...


oh yang ditulis ama es ito itu yah ? :

asik juga tuh rahasia meede,tapi beda lho ama SH
i love sherlock holmes
tapi ga sepakat sama TS, ane lebih suka Poirot dibanding miss marple
ikutan nimbrung sesama penggemar sherlock...

Quote:Original Posted By shinyworld
wah,, aku juga pengagumnya Sherlock Holmes....
*dan anak GRI juga... hehehe*

Aku juga lebih suka Sherlock Holmes dari pada Hercule Poirot karena SH emang aku suka pada pandangan pertama,, buku pertamanya SH-ku yang Petualangan Sherlock Holmes....

tapi di Indonesia udah mulai ada lho,, pengarang yang menceritakan cerita model2 gitu,, seperti buku "Rahasia Meede" --iya gak sih??--
itu kan cerita misteri gitu...

bukunya es ito (rahasia meede, negara kelima) beda genre ama sherlock... lebih ke dan brown tentang konspirasi tapi ceritaiin indonesia...bisa nggugah nasionalisme kalo bacanya serius...
Quote:Original Posted By sieghart28
klo ane da baca nyaris smua
petualangan sh
memoar sh
kembaliny sh
hound of baskerville
valley of fear
sign of four

smuanya bagus2, kcuali sign of four agak kurg memuaskan
lg nyari study of scarlet ga ktmu2


hehehe... sign of four pada kurang seneng ya...padahal tu favoritnya conan di detektif conan lho...

ane study of scarlet malah dapet yang obralan 10rb an...bwt gantiin bukunya yang lama yang di ilangin temen ane...

ngomong2 ad buku tentang sherlock lain yang di terbitin di indonesia selain yang di terbitiin ama gramedia pustaka...
isinya macem2 yang berkaitan ama holmes kayak, cerita dengan tokoh sherring ford (panggemar sherlock pastinya tau donk), trus ad 10 cerita holmes favorit doyle, salah satu cerita holmes yang di jadiin naskah drama (cerita tentang permata yang ada di perut bebek kayaknya), dst... ntar kalo sempet ane kasih gambar bukunya...