KASKUS

RC Helicopter Electric Collective-Pitch CCPM / 6-Channel

In the beginning there was word ....

MEMPERHATIKAN :
1.Tingkat kemakmuran Negara Republik Indonesia yang semakin baik mengakibatkan adanya penambahan kebutuhan primer kaskuser menjadi sandang-pangan-papan-sembako-aeromodelling
2.Teknologi elektromekanika dan miniaturisasi yang berkembang pesat akhir-akhir ini menyebabkan ketersediaan dan harga perangkat yang menggunakan teknologi tersebut semakin terjangkau.
3.Imbasnya juga terasa pada perangkat Radio-Controlled Helicopter, terutama yang menggunakan daya penggerak elektrik ; Pilihan merk, kit dan sparepart saat ini sudah bejibun.
4.Sehingga hobby Aeromodelling terutama RC-Helicopter baik 4-channel maupun 6-channel yang beberapa tahun silam masih merupakan hobby ekslusif dan simbol status, sekarang sudah bisa dinikmati kalangan luas dan/atau dengan modal cekak.

MENIMBANG :
1.Sebab informasi adalah hak asasi : indoleaks.org
2.Banyak rekan-rekan yang memiliki aspirasi untuk memiliki dan/atau merakit sendiri RC Heli CP/6-channel.
3.Informasi yang obyektif dan komprehensip perihal RC Heli CP/6-ch, terutama RC-Heli rakitan di forum lokal dirasa TS masih terbatas.
4.Informasi dari seller atau hobbyshop yang berkecimpung di RC Heli CP/6-ch sayangnya kadang-2 kurang obyektif ( wajar dong, namanya saja orang jualan )
5.Informasi yang tersedia di forum-2 luar negeri sangat banyak, tapi masih banyak rekan-rekan yang terkendala keterbatasan bahasa.
6.Ada kepuasan tersendiri bila bisa merakit RC Heli CP dibanding membeli jadi.

MEMUTUSKAN :
1.Bikin thread khusus membahas RC Helicopter Electric Collective-Pitch CCPM / 6-Channel. Now you're at the top of food chain
2.Berbagi informasi : dimana beli helicopter/komponennya ; bagaimana merakitnya ; bagaimana setup-nya ; bagaimana karakteristik terbangnya ; bagaimana perawatan dan penanganan kerusakannya, dst-dst.

MENAMBAHKAN :
1. Berhubung pengetahuan TS hal RC Heli CP Elektrik juga masih nol besar dan modal nekad doang, urun-rembug rekan-2 sesama hobbyist dan tukang oprek sangat-sangat diharapkan.
2. Pls no junk, no 'selamat pagi/siang/sore' dan sejenisnya. Mari kita bikin trit ini tetap langsing tapi bermutu gan
3. Pls jangan tabrak-lari juga gan, cuma tanya2 & begitu ketemu jawaban/solusi yg pas dari rekan2 trus ngilang. Share, don't keep for yourself.
4. http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=7138029

And the saga begin ….

Spoiler for racun:


yg nongkrong pade di sini : http://www.kaskus.co.id/misc.php?do=...sted&t=6315063

Lokasi mabur bareng
  1. Puri Cinere, Jakarta Selatan - googlemaps - Sabtu-Minggu jam 7 pagi sampe 1 siang
    Spoiler for foto gerombolan jun-2011:

  2. Modern Hill, Pondok Cabe - googlemaps - Minggu jam 8 pagi sampe 1 siang
  3. Rawa Badak, Jakarta Utara - Sabtu
    Spoiler for foto thx to agan aichu:

  4. PWAC Cibubur - Sabtu pagi, cp Mas IsMail / Pa Hari Raldy
    Spoiler for foto thx to agan aichu:

  5. Cikeas - All day tp weekend rame. (klo ini lebih baik jd member,,tp sepadan banget sm fasilitasnya,,ane betah banget dimari, review lapangan ada di yutub, hehe) cp, Capt. Abi
    Spoiler for foto thx to agan aichu:

  6. JAC Halim, Jakarta - All day, weekend rame.
    Spoiler for foto thx to agan aichu:

  7. Bintaro Sektor 9 Tangerang, silaken tanya agan levpardede http://www.kaskus.co.id/show_post/50...23000102/6997/
  8. Lapangan Sofball, Way Halim - Bandar Lampung
  9. Villa Mutiara Gading II cp oom Tono master pesawat ex GAC - Galaxy Bekasi Barat
  10. Lapangan Helipad+sepak bola, Perumahan Pertamina Bumi Patra, Indramayu
  11. Lapangan Bola Perumahan Graha Cinere, JakSel/Depok - googlemaps (ga pas sih, tp skitar situlah, ga tau knapa petanya ga bisa pas) - tp ga rutin, biasanya cuma kalo genk puri cinere perlu tempat utk take off-landing aja...
  12. Lapangan Taman Tekno BSD google maps (belum ada group yang main disana cuma mantab banget buat main aeromodelling tempatnya luas banget)
  13. di jogja : lapangan pandowo sleman, lapangan janabadra ato runway gading wonosari : silakan tanya2 agan dianug. (update 2012.11) Lokasi lainnya di Agro Blok O. (Adisucipto Aeromodelling Club), belakang kampus STTA, yang main heli juga udah lumayan banyak , CP agan therapture
  14. kulonprogo : lapangan nanggulan, silakan kontak2 http://gaero.org/forum/viewtopic.php...=12178&start=0 ato grup conang di facebook
  15. genk om latif / id the_lath : direct quote Lokasi di lapangan gusuran Jl. Permata, Halim (dekat kantor BKKBN). Biasanya kita main minggu dari pagi jam 8 sampai jam 2, karena jam 2 keatas dipakai buat latihan bola
  16. Isen Mulang Aeromodeling Club (IMAC) Palangka Raya, silaken cek http://www.kaskus.co.id/show_post/00...62146054/6969/
  17. .... mohon tambahan rekan2


bwt yang mau main bareng ato sekedar nonton di lokasi di atas silakan tanya2 agan iniASELI, AichuPriatna, bryfico, DARE DEVIL, & purpirlo


E V E N T

update : http://old.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=4103

Align FunFly 2012 : http://old.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=6887

proviciat om aichu


Update by suhu Aichu @12.10
Quote:Original Posted By AichuPriatna
smoga tahun depan makin banyak lg yg bs mewakili Indonesia di ajang R/C helicopter...

1. Aichu
[url]


2. Agus Lie
[url]


3. Eddy Suprayitno
[url]



http://www.rcheliresource.com/nggall...ly-with-tareq/
http://vimeo.com/32546504/

Frequently Asked Question / FAQ

1.Apa itu RC Helicopter ?
Replika Helicopter dalam skala sepersekian dari aslinya, memiliki sumber tenaga sendiri sehingga bisa terbang dengan karakteristik layaknya helicopter sungguhan, dan dikendalikan dilakukan dari jarak jauh oleh sang pilot menggunakan Radio-Controlled Remote. Helicopter baik sungguhan maupun RC bisa terbang karena ada putaran baling-baling utama (mainblade) yang menghasilkan daya angkat (lift). Variasi sudut (pitch) mainblade dan/atau kecepatan putaran mainblade akan menentukan besaran dan arah daya angkat yang dihasilkan. Mainblade tersebut bisa diatur kemiringannya sehingga heli bisa bergerak maju-mundur dan bergeser kiri-kanan. Untuk mengimbangi torsi akibat putaran mainblade, digunakan tailblade pada heli single-blade kebanyakan atau upper mainblade pada heli coaxial (mis. Kamov Ka-50, Sikorsky X-250), atau tandem mainblade (mis. V-22 Osprey, CH-47 Chinook) yang putarannya berlawanan arah dengan mainblade utama.

2.Apa maksudnya 3-channel, 4-channel, 6-channel dst ?
Menandakan jumlah kanal sinyal yang dikirimkan dari remote ke helicopter. Heli kelas Toys / mainan umumnya menggunakan sinyal 3-channel, yaitu untuk menggerakkan elevator (naik-turun), rudder (belok kiri-kanan) dan throttle/gas. Ada juga yang sudah menggunakan sinyal 4-channel, yaitu untuk fungsi aileron (miring kiri-kanan). Untuk helicopter 6-channel collective pitch electric, digunakan 3 kanal untuk cyclic, 1 untuk rudder, 1 untuk throttle dan 1 untuk pengaturan gyro.

3.Mahal ya main RC Heli Hobby?
Tergantung, berdasar kelas ukuran heli, sumber tenaganya (electric, gasoline, nitro), mereknya (ada Align, E-sky, Walkera, Skyartech, Tarot, CopterX, SJM, HK, dan masih banyak lagi), teknologinya (flybar, flybarless, jumlah main blade, dll). Yang terakhir tapi tidak bisa diremehkan adalah cara mainnya (hati-hati vs. pecicilan). RC Heli CCPM kelas trainer 250/450 sudah bisa diperoleh dengan budget ~2juta rupiah.

4.Bedanya toys dan hobby ?
Kalo cuma buat fun & resiko kecil = toys. Kalo sudah buat kompetisi cari duit, ngejar performance & manuver-2 ekstrem naik kelas jadi hobby. Heli 6-ch/ccpm kalo diperlakukan seperti toys akan membahayakan, bisa menyebabkan luka2 fatal bahkan kematian.
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=1327
http://www.eflightwiki.com/eflightwi...27t_.22Toys.22
ato bisa juga definisi gini : kalo colok batre langsung mabrur = toys ; kalo settingnya senin~jumat, terbang sabtu doang dan minggu repair crash, itu = hobby

5.Apa itu RC Heli Collective Pitch (CP) ?
Pada heli Collective Pitch (CP) sudut / pitch baling2 utama bisa diatur untuk menentukan besaran dan arah daya angkat / lift ; daya angkat diperoleh dari kombinasi kecepatan putaran baling2 utama dan pitch-nya. Pada heli Fixed Pitch (FP), sudut baling2 sudah disetel mati / fix ; variasi daya angkat didapatkan hanya dengan mengatur kecepatan putaran baling2 utama.

6a.Apa itu CCPM ?
Cyclic Collective/Pitch Mixing (disingkat jadi CCPM) adalah mekanisme rotor head dengan metoda kombinasi (mixing) 3 servo yang menggerakkan swashplate untuk menghasilkan gerakan aileron, elevator dan pitch. Sebelum metoda CCPM populer, untuk menggerakkan aileron, elevator dan pitch dibutuhkan mekanisme penggerak sendiri2 sehingga konstruksi mekanik rotor head menjadi kompleks. Dengan metoda CCPM, proses mixing diambil alih oleh mikroprosessor di TX sehingga konstruksi mekanik rotor head bisa disederhanakan.

6b.Apa itu FBL
FBL alias FlyBarLess, flybar mekanik yang fungsinya melunakkan / dampening reaksi eksternal & internal thd pergerakan rotordisc, sekarang digantikan oleh flybar elektronik berupa modul FBL. Jadi fungsi flybar tetap ada, hanya tidak berupa komponen mekanik lagi. Keuntungannya : mekanik rotorhead lebih simpel sehingga maintenance lebih mudah dan waktu terbang bertambah (karena drag akibat komponen2 mekanik flybar sekarang berkurang).

7.Kenapa kok Heli Collective-Pitch dibilang heli 6-channel ?
Karena untuk bisa bermanuver dengan leluasa heli CP membutuhkan minimal 5 channel sinyal dari TX untuk pengendalian (1) aileron, (2) elevator, (3) blade pitch, (4) rudder dan (5) throttle. 1 channel sisanya buat pengaturan gyro.

8.Apa maksudnya kelas 250, 450, 500, dst-dst ?
Copas dari rcgroups aja ya :
jasmine2501 Sep 01, 2009, 06:48 PM
This comes from an old tradition that didn't even make sense when it was a new tradition...

A lot of times you'll hear of a "Speed 400" model, or motor... or speed 300 or whatever. Well, turns out this didn't mean a whole lot in terms of actual electric motor power output, but it meant the motor would be a certain size - diameter only.

So... it used be, a 400-class "whatever" was a "whatever" that would fly on a motor of a particular diameter, but this said nothing about the power output, only that the motor would fit. So in general, 300-class uses a 300-size motor, 400-class uses a 400-size, etc... but as you know, bigger is better... so some joker at Align decided their helicopter was a 450, even though it's exactly the same size as the rest of the 400 class. Point is... these numbers used to actually refer to the size of the motor. Truth of the matter today, is that the numbers still mean something in terms of defining rough size classes, but the number does not represent an actual measurement of anything any more.

100-class - super-micros are sometimes called 100s (Blade mSR, Walkera 4G3 or whatever)
200-class - 200mm blades (Gaui 200, Trex 250)
300-class - 250mm blades (Blade CP, Axe CP)
400-class - 325mm blades (Trex 450, Blade 400, Mini-titan)
500-class - 425mm blades (Trex 500, Protos 500)
600-class - 600mm blades (Trex 600 electric/nitro)
700-class - 700mm blades (Trex 700)

At 700-size, it's equivalent to a .90-size nitro... so that's another measurement you'll see sometimes - the size of the nitro motor... so, Raptor 50, Raptor 30, etc...

It's marketing dude... you should be used to it... like, what is the 280 in Nissan 280Z? What is the 3000 in Mitsubishi 3000GT. Nothing, that's what it is


9.Apa syaratnya mau main heli CP ?
Memiliki muscle memory, yaitu reaksi reflex kita dalam menggerakkan stik remote untuk mengendalikan heli. Muscle memory ini hanya bisa dimunculkan dengan berlatih heli 4-channel atau 6-channel single-blade. Belajar menggunakan RC heli coaxial atau 3ch tidak memadai.

10.Kalo belajar menggunakan Simulator Komputer, bisa gak ?
Ibaratnya agan mau belajar naik motor, latihannya dengan cara main GranPrix di Timezone. Sampe ubanan ato habis koin sekarung tetap gak bakal bisa naik motor gan Jalan satu-satunya ya latihan pake motor beneran. Simulator dipake setelah tahap hover lulus, buat belajar orientasi & manuver.

11.Berarti musti punya RC Heli dulu dong ?
Ya mau gak mau. Tapi gak perlu RC Heli mahal-2. Saat TS membuat thread ini harga NineEagles SoloPro atau Xieda 9958 sudah lumayan terjangkau. Itu RC Heli FP 4-channel sudah cukup buat melatih muscle memory, pengenalan komponen RC Heli serta manuver-manuver dasar seperti hover, side-in, nose-in, circuit, etc-etc.

12.Halah istilah apa lagi itu hover, side-in, nose-in, circuit ?
Capedeh nerangin lagi. Baca-2x dulu neh http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=5177400

13.Katanya RC heli rakitan jelek ?
Bohong itu. Tergantung pilihan kit, komponen penunjang dan proses perakitannya / skill tukang rakit. Pastikan juga ketersediaan spareparts di pasaran, karena heli 6ch tidak bisa dipisahkan dengan sparepart, kecuali klo itu heli cuma agan pajang di bufet doang

14.Trus milih komponen dan proses merakitnya gimana ?
Baca ini trit dari awal sampe akhir & jangan sungkan2 bertanya.

15. Dimana belanja heli, kit, sparepart yang reputable ?
Silakan PM/kontak ke agan freddy / akasia-hobby, agan k182, agan kukumon, agan tekR, agan bang_said, agan the_lath, agan 370, pak ishady, agan levpardede, agan G2AS, [url]www.e-hely.com[/url], [url]www.heliku.com[/url], [url]www.jogja-aeromodelling.com[/url]. Di hongkong/RRC atau via internet ada hobbyking.com, myrcmart.com, miracle-mart.com, hobby-wing.com, ehirobo.com, flying-hobby.com, infinity-hobby.com, himodel.com, rc711.com. Harus banyak browsing jalan-2x ke lapak-2x ybs untuk banding harga & spek.
Ini juga bisa masuk spart ya :-D http://www.kaskus.co.id/show_post/50...d7/6994/tshirt

16. Wah syerem kalo impor dari LN kena pajaknya gede dan/ato aturannya gimana?
Orang bijak taat pajak. Hanya yang harus dicermati memang pengenaan klasifikasi pajak oleh beacukai terhadap barang yang kita beli. Kit/spart aeromodelling dikenai klasifikasi 9503.00.41.00 yang besarnya 15% nilai barang, hanya kadang2 karena ketidaktahuan petugas customs malah dikenai klasifikasi 9503.00.99.00 yang besarnya 27.5%. Untuk klarifikasi ke customs (kalo pajak dirasa kebesaran) agan harus menyiapkan invoice resmi dan print-out spek & harga barang dari website lapaknya.

17. Kumpulan link penting :
http://www.rcheliwiki.com/
http://www.rcgroups.com/forums/showt....php?t=1111511
...

Learn to Fly RC Helis ; About LiPo battery

Kompilasi dari Radd's School

Coba amati proses dede bayi dulu belajar jalan, nah step2 main heli bisa dianalogikan seperti itu :

  • merangkak : cari lokasi dng lantai halus/licin macam di garasi ato lapangan badminton. Bikin kotak bujursangkar pake kapur ukuran 2x panjang heli dan taruh heli di tengah2, posisi buntut menghadap kita. heli diberi throttle sampai mencapai V1 kalo istilah di pesawat beneran, yaitu saat skid heli sudah terasa enteng tapi tidak terangkat dari tanah. Kita harus bisa mempertahankan heli tetap berada di dalam bujursangkar dengan mainin stik cyclic dan rudder (kiri-kanan & maju-mundur) sambil memainkan stik throttle agar heli tetap berada di V1 dan buntut tetap menghadap kita, (tail-in istilahna). Untuk heli singleblade kecil yang cenderung miring ke kiri saat spin-up, harus diberi counter stik aile ke kanan supaya heli tidak terguling
  • berdiri : kalo sudah lancar step diatas (biasanya sih setelah 5-10 batre), naikkan throttle heli pelan2 sampai skid terangkat dari tanah setinggi 5-10cm sambil mempertahankan heli tetap berada di dalam bujursangkar dan orientasi tail-in. Klo heli lari keluar kotak, matikan heli & bawa ke tengah2 kotak lagi. Step 1 & 2 ini istilahnya buat memunculkan 'muscle memory' atau reflex jempol kita mencounter stik.
  • berjalan : kalo sudah lancar hover di dalam kotak sampai 1 batre habis tanpa mendarat ato keluar kotak, coba mainkan stik agar heli bergeser pelan2 maju-mundur kiri-kanan. Orientasi heli tetap tail-in. Ini tujuannya buat 'membaca' karakteristik gerakan heli. Bahkan master2 heli 3D pun tetap tidak akan melewatkan step ini saat pertama start heli yang belum mereka kuasai.
  • berlari : Kalo kita sudah menguasai karakteristik heli & reflex jempol sudah muncul, silakan mulai belajar orientasi side-in (heli menghadap menyamping dari pilot) , patroli (heli jalan2 kiri-kanan dengan orientasi hidung menghadap arah terbang ato side-in, bukan bergeser ato tail-in), circle (heli mengitari pilot dengan orientasi side-in). Sudah tinggal 1 langkah ke 3D


Kalo agan2 tertib mengikuti step2 diatas, ditambah maintenance, preflight & postflight tertib, dijamin bakal ngirit biaya parts/crash plus lancar main heli, gak peduli 3-ch ato 30-ch

Sekilas LiPo battery :

Coba kita kupas spek battery LiPo buat RC Heli 450 Zippy Flightmax 2200mAh 3S1P 20C dengan spek di website ybs sebagai berikut :
  • Capacity: 2200mAh = battery memiliki kapasitas penyimpanan arus sebesar 2200mAh / 2,2Ah
  • Voltage: 3S1P / 3 Cell / 11.1v = battery tersusun dari 3 sel LiPo di jalur serial (3S) kemudian dirangkai dalam 1 jalur paralel (1P) ; voltase nominal 1 sel adalah 3,7v sehingga voltase nominal total menjadi 3 sel x 3,7v = 11,1v.
  • Discharge: 20C Constant / 25-30C Burst = batre bisa dengan aman discharge / menyetor arus sebesar (20 x 2,2Ah) = 44Amper secara konstan, dan bisa menyetor arus sebesar max. (30 x 2,2Ah) = 66Amper dalam waktu singkat, sekitar max. 5detik. Kalau dipaksa lebih dari itu dijamin batre bakal meleduk
  • Weight: 180g (including wire, plug & shrink wrap)
  • Dimensions: 102x37x24mm = perhatikan berat & ukuran batre karena hubungannya dengan keseimbangan wahana nantinya ; oleh pembuat wahana tentunya sudah ditetapkan berapa kisaran berat batre sehingga tidak mempengaruhi keseimbangan (hubungannya dengan Center-of-Gravity), serta ukurannya agar bisa masuk di canopy / battery tray
  • Balance Plug: JST-XH = jenis konektor charge bawaan batre, sesuaikan dengan konektor di charger
  • Discharge wire: 8cm high strand count soft silicon wire. 12AWG
  • Discharge plug: XT60 = jenis konektor discharge bawaan batre, sesuaikan dengan konektor di wahana


masih ada spek yang perlu diperhatikan sebenarnya, yaitu Charge Capacity atau kapasitas arus pengisian/cas. Misalnrya tertera di stiker yang menempel di bodi batre ybs Charge Capacity = 2C, berarti batre ybs bisa dicas dengan arus sebesar 2 x 2,2Ah = 4,4Amper. Tetapi makin besar arus cas akan mempersingkat usia pakai batre ; rekan2 menganjurkan arus cas optimal sebesar 1C (berarti = 1 x 2,2Ah = ~ 2Amper untuk contoh batre diatas)
Penggunaan charger yang baik adalah sangat disarankan mengingat karakteristik batre LiPo yg 'rese', adanya fungsi balancer wajib terutama untuk batre dengan jumlah sel banyak dan jalur seri/paralel lebih dari 1. Charger/balancer yang baik (charger digital) akan memiliki kemampuan balancing dan independent cell charging ; sederhananya bisa mengisi arus dengan optimal sekaligus menjamin keawetan & usia pakai batre.

Masih bingung tentang jalur serial / paralel ?
Di jalur serial, voltase total = voltase 1 batre x jumlah batre sedangkan kapasitas arus total = sebesar kapasitas 1 batre. Misalnya di remot yang didayai oleh 8 batre NiCd/NiMh size AA 1,2v - 2200mAh, maka voltase di pin battery holder (pin dari wadah batre ke remot) adalah sebesar 1,2v x 8 = 9,6v , sedangkan kapasitas arus = 2200mAh
Di jalur paralel, voltase total = voltase 1 batre sedangkan kapasitas arus total = kapasitas arus 1 batre x jumlah batre. Misalnya saat agan menjumper aki mobil yang gak bisa stater, voltase yang masuk ke motor stater tetap 12volt tetapi arus menjadi lipat duanya.

Pantangan2 dalam menghandle batre LiPo :
  • hanya gunakan charger khusus LiPo. Penggunaan charger yang tidak sesuai akan menyebabkan penyingkatan usia, kerusakan batre dan/atau bahaya seperti ledakan dan kebakaran.
  • pastikan bahwa pengaturan batre saat charging (jumlah sel, kapasitas arus charge) sudah sesuai dengan spesifikasi dan rekomendasi dari batre dan charger.
  • cek kondisi fisik batre sebelum charge atau discharge ; kebocoran sel batre, kerusakan kabel atau konektor bisa mengakibatkan ledakan dan kebakaran.
  • gunakan wadah khusus dan jauhkan dari benda2 mudah terbakar saat melakukan charge batre
  • jangan melakukan charge setelah pemakaian sebelum batre mencapai suhu ruangan.
  • tegangan batre tidak boleh turun dibawah 3,0volt atau sel-sel batre akan rusak dan tidak akan bisa digunakan lagi. Selalu aktifkan fasilitas cut-off di ESC wahana.
  • jangan menyimpan batre untuk jangka waktu lama dalam kondisi terisi penuh ; lakukan discharge sampai voltase sel di kisaran 3,8volt. Simpan batre di tempat bersuhu sejuk.
  • http://www.rcgroups.com/forums/showt...d.php?t=209187

CCPM Untuk Rakyat

Combo Trainer CCPM class450 versi Kaskuser @ Jan-2012 :
salah satu kombinasi combo yg digunakan oleh TS dan rekan2 untuk belajar rakit-setting-mabur
KIT : HK450GT ~$48
SERVO CYCLIC : (x3) HXT900 , HKSCM9-6 or Corona DS-929MG/DS-939MG total ~$18
SERVO RUDDER : Corona DS-929MG or HK-15158 digital servo
GYRO : Assan GA-250 (reflash!) or Tarot-550 or CX-3X1000 ~$40
ESC : Turnigy AE-45A or HK BlueSeries 40A or Hobbyking YEP -> recommended by master levpardede
MOTOR : KD KA450H or Turnigy 2215 (recommend)
PINION : 13T pinion gear
TX/RX : Turnigy 9x TX-RX + backlit LCD
BATTERY : ZIPPY Flightmax 2200mAh 3S1P 25C or Turnigy 2200mAh 40C (recommend)
spare/replacement parts : : belt, swashplate v2 Tarot/Alz, mainblade composite HK, tailboom, tailassy metal, tailservo mount metal
mohon koreksi, info tambahan & masukan lainnya dari rekan2, terutama yg sudah sukses rakit

Upgrade HK450GT untuk 3D oleh agan skyreaper
beliau menulis sbb :
Sekedar informasi bang krn saya jg pake HK450GT dan yg sdh sy ganti krn bermasalah( menurut saya) :
  • spindle sy ganti pake align
  • main shaft sy ganti pake copterx v2
  • one way bearing dol,sy ganti punya alz
  • bearing main shaft,bearing main rotor(trust bearingnya pada protol) saya ganti pake bearing 693zz
  • yg 84zz dan 74zz jg ganti pake alz krn sering goyang,karet dumpernya jg ganti punya tarot
  • swashplate nya terlalu kendor,sy ganti pake swash platenya alz pro,
  • tail gear assemblynya sy ganti pake alz krn bearingnya soak
  • tail beltnya sy ganti pake align tail super
  • tail linkage rodnya terlalu panjang( mepet ke tail boom mountnya)sy ganti pake alz sport
  • tail rotor shaftnya gampang bengkok sy ganti pake alz
  • tail pitch assembly kurang lancar geraknya,sy ganti pake alz sport
    bearing tail rotor cepat goyang,sy ganti punya alz

utk swash plate,tail pitch,linkage rod sy ganti krn nekad aja krn heli maunya kekiri trus dan hasilnya heli malah anteng terus sampe sekarang

Tips & Tricks
Idealnya tentu memilih heli, radio dan parts dengan brands yang sudah teruji, mengingat patokan utama main ccpm adalah performance dan safety. Belajar juga lebih baik & cepat pintar dng barang bagus ketimbang barang rikiplik (-> debatable ...). Tapi kalau 'saklek' dengan patokan tsb, kapan kebeli itu heli buat yg gajinya masih UMR (TS ). Disini coba sy rangkum pengalaman & input dari sy & rekan2 utk memilih parts murah & mods supaya ga terlalu murahan
  • untuk pengguna kit clone kw 'bottomfeeder' macam hk, cx, rcx etc2, gunakan replacement/upgrade parts yg kw-nya minimal setingkat diatasnya macam alz, tarot. Meskipun presisi parts hampir ga beda , tapi Material dan QC lebih baik.
  • kalau anda memutuskan merakit sendiri, jangan khawatir menggunakan kit bottomfeeder. Banyak yang melupakan bahwa rc-heli-ccpm merupakan 'sum of the parts' , bukan 1 unit toys utuh (makanya soal brand ini banyak jadi pertanyaan rekan2 yang baru naik dari 3ch/4ch rtf ke 6ch-ccpm) ; silakan diganti sendiri parts2 mana yg lemah untuk memperbaiki performanya.
  • apa bedanya servo digital murah dng mahal? Selain kualitas material (motor, mosfet, potensio, gear) yg berpengaruh pd performa & keawetan servo, juga karakteristik software & elektrikal. Servo digital murah macam DS-929MG & HKSCM9 tidak memiliki overcurrent/overload protection (binding=motor hangus), resolusi relatip rendah (lebih riskan wag), gir juga lebih cepat aus. Worthed ga dipake ? Worthed klo bwt nubi belajar (pake servo murah, klo sdh crash 1000x baru ngomong servo mahal ), terbang scale & klinong2 doang, gak pantes klo bwt 3D.
  • jangan memberi sinyal digital ke servo digital-70Hz macam clone9257; gunakan sinyal analog. Meskipun prosesornya mampu memproses sinyal digital, tapi fet & motor kurang reliable sehingga bakal fail.
  • plastic or metal rotorhead? Untuk nubi/belajar & terbang santai ga masalah pake plastic head ; bahkan di kit rikiplik pun materialnya sudah memakai engineering plastic macam ABS/PET sehingga malah lebih aman/awet bila terjadi crash/bladestrike ketimbang parts metal.
  • lah trus apa keunggulannya metal parts ? Lebih presisi dan lebih tahan aus karena perlakuan 'hardened metal' (ini kita ngomong metalhead min. kw1, bukan kw hk/cx/rcx loh ) sehingga mengurangi resiko sloop.
  • apa syarat remot bwt main ccpm ? Min 6 channel, ada fungsi mixing dan sebaiknya ada expo.
  • di kampung susah cari grease khusus heli ? Pakai chainlube sepedamotor yg sudah mengandung teflon.
  • pilih ESC yang sudah menggunakan BEC switching (batre lebih awet) dan ada fasilitas super-softstart (safety dan mekanik lebih awet).
  • gyro GA-250 dari assan memiliki kualitas hardware yg tergolong paling baik di kisaran gyro murmer, sayang softwarenya rikiplik. Agan bisa flashing mod software menggunakan firmware bikinan cruzado [url]freecode4ga250.blogspot.com[/url].
  • FBL module CX-3X1000 menggunakan bodi metal sehingga riskan terjadi short/static dengan jeroan sirkuit. Agan perlu bongkar itu modul, kemudian lapisi PCB dengan isolasi untuk menghindari persentuhan dengan case.
  • buntut ga mau ngunci/wag/drift? Jangan lansung memvonis gyro/servo ; bisa disebabkan ball-link terlalu dekat/jauh dari as gir servo, ada slop di tailassy, belt longgar / ada gigi yg ompong, linkage-rod rudder bengkok etc2
  • setelah pake modul FBL, cyclic dengan servo digital murmer kok wag ? Servo murmer resolusinya ga sehalus servo premium, untuk mengatasinya jarak ball-link ke as gir servo diperdekat (misal u/ servo DS929MG di heli 450 memakai jarak 8mm).
  • pasang fuselage bikin motor overheat : naikkan nilai TC, mengingat heli yang tambah berat membutuhkan daya angkat lebih thx to agan skyreaper & agan the_lath

input utk tambahan content & koreksi dari rekan2 ditunggu ...

Let's Built Our First RC Heli !!

Untuk heli clone t-rex 250 disini : http://old.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=1010 (prosedur rakit 99% sama dng kelas 450sport)
untuk t-rex 500 by agan levpardede disini : http://old.kaskus.co.id/showpost.php...3&postcount=11

Pesan dari hobbyking.com :
KIT : Mainframe HK-450MT CCPM 3D Alloy Barebone Kit (Align T-Rex Comp.) $36.29
SERVO : (x4) HXT900 9g / 1.6kg / .12sec Micro Servo $2.69
GYRO : HH Gyro Hobbyking 401B AVCS Digital Head Lock Gyro $12.79
ESC : Hobbyking SS Series 25-30A ESC $8.00
MOTOR : KD KA400H 3500kv brushles Heli Motor $10.60
PINION : HK450V2 Pinion Gear 3.17mm 11T/13T (Align part # HZ052 - H45059) $1.09
TX/RX : Hobbyking 2.4Ghz 6Ch Tx & Rx V2 (Mode 2) $22.99
BLADE : 450 class Fiberglass Main Blade 325mm $3.19
BATTERY : ZIPPY Flightmax 2200mAh 3S1P 20C $8.99
XT60 Connectors Male/Female (5 pairs) $3.16 : konektor battery ke ESC.

Total biaya berikut ongkir + cukai sekitar 1,6jt (kurs 1US$ = Rp 9200,-)

Ini perlu juga :
Turnigy-3S Turnigy balancer & Charger 2S-3S $4.49
FS-L001 Hobby King 2.4Ghz 6Ch Tx USB Cable for Win2000/XP $2.99

Alat-alat bantu merakit & setup :
TL-242 Threadlock $0.99 untuk mengunci sekrup-2x setelah terpasang.
KDS-3022 R/C Helicopter Pitch Gauge $1.11 untuk menyetel sudut main blade.
PP Vernier Caliper set 80mm & 150mm $0.99 untuk ukur-2x.
TR_PC TURNIGY BESC Programming Card $6.95 : kalo malas setting ESC pake stik di remot.
Obeng set, cari di toko sparepart HP, ato yg sip klo saran om levpardede pake bikinan CPV_racing dari miracle-mart.
Solder, timah, sedotan timah, multimeter, tang jepit, pinset, cutter.
Manual Align T-Rex 450SE http://www.trextuning.com/Trex%20450...E%20Manual.pdf + video-2x dari youtube untuk panduan merakitnya


Links :
http://www.rcindia.org/helis/hk-450-...t-build-thread
http://www.rcgroups.com/forums/showt...d.php?t=976255
http://www.rcgroups.com/forums/showt....php?t=1335980
http://www.youtube.com/watch?v=GkLSdT3BZZg

Proses Rakit :

Step-2 gw buat merakit (masih mark-1, jadi harap maklum kalo masih ada yang salah2 ).
Sebaiknya Proses merakit dipisah-2x menjadi 3 bagian :
- bagian 1 : merakit Mainframe Unit yang terdiri dari main frame, servo cyclic, rotor head assembly.
- bagian 2 : merakit Tail Unit : tail boom, rudder servo, linkage, tail assembly, stabilizer.
- bagian 3 : merangkai elektrikal : motor, ESC, receiver, gyro, bottom frame + skid landing.

Siapkan alat2 yang diperlukan (obeng, kunci-L 1,5mm, bor listrik mata 1,5mm, tang jepit, pinset, threadlock hijau/biru, container2 kecil untuk sekrup2, kaliper/sigmat, penggaris, RG80 lubricant, solder, timah, selongsong bakar, selotip, doubletape).
Siapkan manual T-rex 450SE V2.
Sebaiknya foto2 dulu kelompok-2x parts yang datang dalam kemasannya, untuk referensi dalam merakit nantinya.
Selalu menyimpan sekrup2 di wadah yang berlainan dan sebaiknya diberi label !!
Lebih baik kalo beli screw-set align, karena screws bawaannya jelek / lunak banget.
Kencangkan sekrup2 secukupnya, jangan pakai torsi (cukup terasa kencang) kecuali kalo pakai sekrup align boleh pakai torsi sedikit. Beri threadlock secukupnya di sekrup yang mengunci parts metal, jangan di sekrup yang ketemu parts plastik.

HARI 1 : merakit mainframe
- lepas FRAME MOUNTING BOLT bagian paling atas-depan supaya bisa memasukkan servo cyclic.
- lepas dulu MOTOR MOUNT.
- kendorkan secukupnya 8 sekrup TAIL BOOM MOUNT (hal.8), gak usah sampai lepas.
- pasang CANOPY MOUNTING BOLT (hal.10), setelah sebelumnya dibikin alur sekrup dulu di bolt ybs.
- Pasang PLASTIC NUT buat dudukan servo cyclic. Posisinya lihat foto.
- Pasang 3 bj SERVO CYCLIC dengan posisi & orientasi sesuai manual hal.14. Lihat foto.
- beri nomor kabel-2x servo cyclic sesuai channel RX. Servo depan-kanan = CH1, servo depan-kiri = CH6, servo belakang = CH2.
- Siapkan SERVO ARM, bor lubangnya dengan bor mata 1,5mm untuk bisa memasang SERVO HORN. Gw pasang horn di lubang no.2 dari luar.
- pasang kembali frame mounting bolt atas-depan.
- pasang ROTOR HEAD ASSEMBLY. Sebelumnya lumasi dulu bearing atas & bawah dudukan mainshaft. Hati-2x linkage jangan sampai bengkok.
- pasang ANTI ROTATION BRACKET (hal.10).
- pasang MAIN GEAR (hal.13), pastikan JESUS PIN terpasang dengan kencang.
- Pasang BATTERY MOUNTING PLATE (hal.8)
- susun kabel-2x servo menggunakan cable-tie agar tidak sampai tersangkut ke parts yang bergerak seperti gear, linkage dll. Tidak perlu rapi-2x, nanti setelah finish baru dirapikan benar-2x.

Spoiler for servo terpasang ::

Spoiler for plastic nut untuk dudukan servo (lihat manual Align T-Rex 450SA) ::


HARI 2 : merakit tail unit
- pasang TAIL CONTROL GUIDE 2pcs dan HORIZONTAL STABILIZER + STABILIZER MOUNT + TAIL BOOM BRACE END 2pcs ke TAIL BOOM (hal.12). Gak usah disekrup kenceng2 dulu.
Pasang TAIL SERVO MOUNT 2pcs, terserah menghadap ke kiri atau kanan & sekrupkan alakadarnya.
- Siapkan Tail Rotor Assembly, urai & cek kondisi belt-nya.Masukkan Belt ke Tail boom menggunakan stick kuning yang disediakan, atau bisa pake bantuan benang/rafia. Cek juga gerakan swashplate dan mekaniknya apakah sudah lancar. Lumasi bila perlu.
- Setelah belt masuk, pasang Tail Rotor Assembly ke Tail Boom. Pasang VERTICAL STABILIZER dan sekrupkan alakadarnya.
- Pasang tail boom yang sudah terangkai tadi ke Tail Boom Mount di mainframe (pastikan sekrup-2x tail boom mount ke mainframe sudah dikendorkan). Perhatikan coakan yang ada di tail boom bagian depan harus masuk dengan pas ke tail boom mount.
- Pasangkan belt ke TAIL DRIVE GEAR ASSEMBLY. Jangan sampai terbalik !! Cek arah putaran blade : mainblade searah jam (CW), tailblade berlawanan (CCW). Tarik maju-mundur boom sampai didapat kekencangan belt yang dikehendaki. Putar-2x main gear sambil memperhatikan belt & tailblade, kalau-2x belt terpuntir atau selip. Kalau belt terpuntir rotasi gear terasa tersendat-sendat.
- Siapkan RUDDER CONTROL ROD dan BALL LINK 2 pcs, rangkai lebih dahulu untuk membuat ulir di dalam ball link, kemudian lepas kembali kedua ball link tersebut (yang sudah terbentuk ulir di dalamnya).
- Pasang RUDDER CONTROL ROD ke tail boom, pasang Ball Link di bagian belakang dan kaitkan ke LINKAGE BALL Tail Rotor Assembly. Pasang Ball Link bagian depan. Disarankan ball link masuk sekitar 4-5 ulir ke dalam rod.
- Siapkan Servo Rudder, pasang terlebih dahulu Ball Linkage ke servo arm.
- Pasang servo rudder ke dudukan.
- Pasang ball link depan ke servo horn. Nanti setelah servo diinisialisasi dengan RX supaya bergerak ke posisi 0 barulah servo horn dipasang ke servo.

HARI 3 : merangkai elektrikal
wiring diagram : (credit belongs to castle creation) :


- Siapkan selongsong bakar 3mm & 4mm , potong2 secukupnya.
- Siapkan BOTTOM FRAME, landing skid jangan dipasang dulu.
- Solder BULLET CONNECTOR 3.5mm FEMALE ke ESC, yg MALE di motor. Pastikan solderan matang (ciri2 penampakannya mengkilat dan halus). Setelah disolder dan dingin baru masukkan selongsong bakar ke kabel-2s ybs.
- Solder T-CONNECTOR ato XT-60 FEMALE ke ESC, tergantung batre yg dipake. Hati2 jangan sampai kebalik polaritas (+) dan (-) !!
- Kalau ESC programmable, program terlebih dahulu (dengan programming card) sebelum dipasang ke kit. Pastikan Soft-start aktif.
- Pasang ESC ke sisi bawah BOTTOM FRAME dengan doubletape + cabletie. Sebaiknya di bagian depan sehingga koneksi ke batre tidak terlalu jauh.
- Pasang kabel-2 servo , gyro dan ESC ke RX. Awas kabel motor jangan disambung dulu !! Sambungkan batre ke ESC, lakukan proses binding antara TX-RX (kalo binding belum di-set) dan pastikan alokasi channel sudah betul mengikuti manual radio. Cek servo2 & gyro apakah berfungsi dengan baik.
- Cabut batre, pasang kabel ESC-motor. Selongsong bakar jangan dipanasi dulu, siapa tahu kabel2 ESC-motor terbalik. Biasanya kabel tengah motor = kabel tengah ESC, tinggal yang ujung-2nya (A dan C) yang dibalik.
- Konek batre RX, beri throttle sedikit dan pastikan arah putaran motor benar. Kalo belum, tukar koneksi A-C ESC-motor.
- Kalo sudah OK, pasang RX ke sisi atas BOTTOM FRAME dengan doubletape + cabletie. Rangkai kabel2 serapih & seaman mungkin.
- Pasang BOTTOM FRAME ke MAINFRAME, pasang LANDING SKID.
- Pasang GYRO ke dudukan dengan doubletape. Pastikan saklar penentu jenis servo (ANALOG atau DIGITAL) dan arah putaran servo (REV-NORMAL) sudah di-set dengan benar.
SETTING RADIO :

Di sini contoh setting TX Turnigy 9x bwt heli CCPM 6ch (asumsi RX sudah binding dengan TX dan terpasang di heli CCPM, ch.1= servo cyclic-depan-kanan, ch.2 = servo cyclic-belakang, ch.3 = esc, ch.4 = gyro, ch.5 = gyro.gain, ch.6 = servo cyclic-depan-kiri, ch.9 = bec)


  1. Jenis heli : heli 3-1 (ccpm 120°)
  2. reverse menyesuaikan jenis servo. Di clone250 gw pakai HXT900 semua nor kecuali rud (servo rudder), gea (switch gear) dan pit (servo cyclic kiri-depan)
  3. thr/cv : nor=0-40-65-85-100, id1=100-80-65-80-100, id2=100-80-65-80-100.
  4. pit/cv : nor=50-63-75-87-100, id1=30-40-50-75-100, id2=0-25-50-75-100
  5. subtrim : menyesuaikan, prinsipnya diatur agar servo arm sebisa mungkin tegak lurus thd mainshaft.
  6. e.point : semua 100
  7. thr.hold : state=ACT, hold.pos=0
  8. aux.ch : ch5=hov.pit (setel gyro dng pot kiri-atas), ch6=pit.trim (setel pitch dng pot kiri-depan)
  9. swash.afr : 45-60-60 (untuk heli ccpm 120°) kemudian disetel menyesuaikan kondisi heli.
  10. d/r : saat off posisi d/r di 100 dan exp di 0 ; saat on posisi d/r di 70~60 dan exp di 30 supaya reaksi heli lebih 'empuk' / jinak.
  11. trim : semua 001
  12. revo.cv : gak diutak-atik, semua 50
  13. fail.saf : gak aktif
  14. hov.thr : gak aktif
  15. hov.pit : gak aktif
  16. trainer : gak aktif
  17. timer : diisi sesuai lama terbang 1 batre. Nanti di menit terakhir alarm akan berbunyi untuk mengingatkan kita.
  18. Gyrosens : gw pake gyro GA-250 + servo HKSCM9 diisi : state=ACT, uprate.nor=25, dnrate.avc=25, model=GY. Nilai gain uprate & dnrate dicoba2 supaya tercapai kondisi buntut tidak drifting (kekecilan) & hampir wagging (kebesaran). Sebaiknya ada wagging sedikit klo pake gyro/servo murmer.
  19. ato bisa juga gyro gain menggunakan fungsi gear (ch.5), nanti nilai servo limit atas dan bawah diisi sesuai gain yang dikehendaki di mode HH dan RATE.
  20. stn.trim default (state=INH)
  21. pro.123 default gak diapa2in



Sedangkan untuk FlySky T6A dan kloningannya macam HK-T6 sbb (thanx to agan tekR) kimpoi dengan clone align 450pro berikut settingnya:

ENDPOINT:
ch1 = 100% 100%
ch2 = 100% 100%
ch3 = 100% 100%
ch4 = 100% 100%
ch5 = 100% 100%
ch6 = 100% 100%

REVERSE: (menyesuaikan servo di heli)

SUBTRIM: (menyesuaikan servo di heli)

DR ON DR OFF
ch1 100 ch1 100
ch2 100 ch2 100
ch3 100 ch3 100

MODE
model 2

TYPE
heli-120

T.curv
NOR / ID
EP0 = 0% / 100%
EP1 = 25% / 85%
EP2 = 50% / 75%
EP3 = 75% / 85%
EP4 = 100% / 100%

Pitch.Curv
NOR / ID
EP0 = 35% / 0%
EP1 = 50% / 25%
EP2 = 66% / 50%
EP3 = 82% / 75%
EP4 = 100% / 100%

SWASH AFR
ch1 = 100%
ch2 = 100%
ch3 = 100%

MIX1 = vrB ch5 100% 100% ON
MIX2 = ch4 ch4 100% 100% ON
MIX3 = ch1 ch1 100% 100% OFF

switch A = ThroCut

switch B = NOR/ID

VR(A) = pitch adjust

VR(B) = NULL

u/ T. curve dan P. curve menyesuaikan keinginan si pilot.


SETTING GYRO :

Contoh memakai gyro HK-401B :
  • Pastikan gyro sudah terpasang dengan baik di tailblade holder dan aman dari resiko tersambar blade & flybar (kalau sudah beres setup sebaiknya dipasang di sisi bawah tailblade holder). Kabel-kabel dari/ke gyro jangan ada yang ketarik untuk menghindari rambatan vibrasi heli naik ke gyro.
  • Sebaiknya lakukan juga mod di jeroan gyro menggunakan spon untuk mengurangi vibrasi masuk ke PCB gyro.
  • Geser switch jenis servo sesuai servo yang dipakai, apakah analog atau digital
  • Atur nilai DELAY. Untuk servo digital nilai delay=0, untuk servo analog nilai delay=20 atau lebih besar, silakan dicoba2
  • Nyalakan heli, set gyro ke RATE mode (lampu led mati), atur2 posisi servo rudder dan/atau panjang linkage rod sehingga posisi rotor arm tailblade tepat di tengah2 as.
  • Atur nilai LIMIT sehingga rotor arm tailblade bisa bergerak ke ujung2 as tanpa terjadi binding, kemudian kurangi nilai limit tersebut sehingga ada speleng rotor arm tailblade kira2 1mm di ujung2 as.
  • lakukan bench test untuk menentukan posisi switch REVERSE di gyro dan TX.
  • lakukan hover dengan gyro pada mode AVCS (lampu led nyala).
  • Kalau terjadi drifting, cek lagi posisi rotor arm tailblade apakah sudah tepat di tengah2. Kalau sudah betul, besarkan nilai gain dari TX sampai nilai dimana mulai terjadi wagging
  • kalau terjadi wagging, kecilkan nilai gain dari TX
  • Coba mainkan throttle, kalau buntut terbanting coba cek lagi apakah belt kendor , posisi umbrella gear torque shaft tidak pas atau ada giginya yang stripping.


KENDALA SETTING GYRO / RUDDER SERVO :
hasil kompilasi postingan teman2
  • buntut muntir2 : pastikan arah putaran tailblade sudah benar -> RTFM , gak ada sloop di tailblade & tailassy, torquegear gak stripping, kekencangan belt cukup.
  • buntut drifting ke satu sisi : pastikan gyro sudah bekerja di HH/AVCS mode, vibrasi heli tidak naik ke gyro, posisi tailrotor hub sudah benar2 senter, setelan limit sudah mencapai ujung2 as tailrotor tanpa terjadi binding, gain gyro sudah cukup tinggi, setelan delay sudah benar (0 untuk digital dan nilai yang lebih besar untuk analog, silakan dicoba2 pasnya ).
  • buntut hunting (goyang kiri-kanan saat diberi input rudder sebelum akhirnya berhenti di posisi yg dikehendaki) : gain gyro terlalu rendah, servo kurang cepat, ball-link di servo arm terlalu keluar
  • buntut wagging (godeg) : gain terlalu tinggi, servo kurang cepat dan/atau ball-link terlalu luar
  • tail-lost saat pitch-pump : servo kurang cepat dan/atau ball-link terlalu dalam, gain gyro terlalu rendah.


Harus lihat juga ini thx to agan borixx : http://old.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=1764

thanks to agan iniASELI

CARA SETTING GYRO ASSAN GA-250


pertama2, set gyro sens di tx 9x:
  • STATE : ACT
  • UPRATE : AVCS - nilai nya brapa aja ga masalah...
  • DOWNRATE : NOR - nilai nya brapa aja ga masalah...
  • MODEL : GY


untuk setting jenis/frekuensi servo:
  • lepas kabel servo yg dari gyro
  • nyalakan rx/heli, swaktu lampu gyro masih kedip2, arahin stik rudder ke kanan/kiri trus toggle switch GEAR (yg ada di kanan atas TX) 6X...
  • kalo lampu gyro udah kedip2 warna merah, tinggal pilih frekuensi servo pake stik rudder ke kanan ato kiri... utk kode lampu nya baca di manual gyro...
  • kalo udah dipilih frekuensi yg bener buat servo, cabut batre/matikan rx/heli... dia otomatis nge-save...
    jangan lupa pasang lagi kabel servo yg td dilepas...!!


untuk setting REVERSE dan LIMIT:
  • nyalakan rx/heli, stelah lampu gyro selesai kedip2, arahin stik rudder ke kanan/kiri trus toggle switch GEAR (yg ada di kanan atas TX) 6X...
  • kalo lampunya udah ngedip biru merah, brarti udah masuk menu utk settingan SERVO DIRECTION (DIR)... pilih NOR/REV pake stik rudder sesuai rakitan masing2...
    settingan DIR di TX yg benar adalah kalo diliat dari belakang heli/tail in, stik rudder di arahkan ke KIRI, tail rotor pitch slidernya geser ke KANAN dan sebaliknya...!!
    settingan DIR di GYRO yg benar adalah kalo diliat dari belakang heli/tail in, TAIL heli diputar ke KIRI, tail rotor pitch slidernya geser ke KANAN dan sebaliknya...!!

  • kalo DIR udah disetting, toggle switch GEAR 2x utk ke menu travel limit kiri... set max travel limit pake stik rudder sampe hampir binding....
  • kalo udah, toggle lagi switch GEAR 2x utk ke menu travel limit kanan... cara setting nya kaya yg kiri...
  • kalo semuanya udah di set, toggle switch GEAR 6x utk ngesave setingan...


stelah smuanya beres, baru masukkan nilai/angka gyro sens/gain yg bener...
HATI-HATI!! di TX Turnigy 9X, tulisan NOR sama AVCS kebalik
NOR = HEADING HOLD
AVCS = RATE

kalo ane pake nya (kalo heli lagi sehat) UPRATE = NOR 80 (HH) - DOWNRATE = NOR 90-95 (HH), heli 450 PRO, servo INO-LAB 261HB posisi ball link +-7mm dari tengah arm, pitch slider pake fuel tube mod...
DOWNRATE utk mode NORMAL sama IDLE1, UPRATE utk IDLE2...

skalian masukan:
kalo heli kondisinya lg fit (minim vibrasi), ane saran kan masang gyro nya pake dobel tape/foam pad yg tipis aja yg bawaan nya kit... jangan pake yg tebel bawaan gyro, apalagi pake metal plate-nya...
setelah trial and error, ternyata pake foam pad tipis bounce dan tail loss nya lebih sedikit dibanding foam pad tebel...

Prosedur aman main RC helicopter CCPM

Guidelines main RC Helicopter 6-channel
thanks to agan yoyoncm (ada sedikit editing om ) :


1. Setiap kali Anda hendak memainkan helikopter Anda, entah itu heli nitro, Gasser atau listrik, pertama-tama lakukan pengecekan kekencangan baling-baling. Jika baling-baling terlepas dalam penerbangan, karena faktor kecepatan putaran dan berat jenis baling-baling bisa terlempar lebih dari 100 meter, oleh karena itu selalu pastikan mur / baut baling-baling berada dalam posisi kekencangan yang mencukupi.

2. Jarak aman antara Anda dengan helicopter Anda minimal 5 - 10 meter. Dan jangan pernah menerbangkan helicopter terarah pada diri Anda di luar jarak aman tersebut. Demikian pula, jangan terbang di sekitar orang lain atau hewan peliharaan di dalam jarak aman tersebut. Baling-baling berputar lebih dari 250 mil per jam dan serat karbon yang berputar pada kecepatan tersebut dapat menimbulkan kerusakan serius dan bahkan kematian.

3. Selalu lakukanlah tindakan melepaskan sambungan baterei dari helikopter atau motor sebelum mencoba untuk melakukan setting apapun pada heli Anda.

5. Lakukanlah pre-flight check / pengecekan sebelum Anda menerbangkan helikopter rc untuk memastikan semuanya berada dalam keadaan baik. Pastikan mur, baut dan sekrup yang ketat, hubungan tidak longgar, dan baterai terisi dengan cukup.

6. Sedapat mungkin jangan menerbangkan helikopter rc dengan sendirian dan selalu bawalah ponsel atau sarana komunikasi lainnya yang tersedia.

7. Jangan menerbangkan helicopter dekat pohon, kabel listrik atau hambatan lainnya.

8. Gunakan akal sehat.

9. Sedapat mungkin hindarkanlah helikopter rc anda terbang dekat heli lain untuk menghindari terjadinya benturan atau kontak dan kecelakaan yang fatal.

10. Jangan menerbangkan helicopter rc berbahan bakar di dalam ruangan. Asapnya beracun dan tidak baik untuk kesehatan Anda.

11. Untuk menjaga keselamatan Anda dan orang lain serta untuk menghindari pengeluaran yang lebih besar, ada baiknya Anda mencoba dulu manuver baru di simulator sebelum Anda mempraktekkan pada helikopter rc yang sesungguhnya.

12. Saat menerbangkan helikopter rc pada cuaca berangin, selalu usahakan terbang melawan angin sehingga hembusan angin tidak mengarahkan helicopter ke arah Anda. Lebih baik lagi, jangan menerbangkan helicopter rc bila angin terasa berhembus sangat kencang.

13. Jangan melakukan pengaturan pada radio saat helicopter rc Anda sedang berputar / terbang.

14. Hindari menerbangkan helikopter RC di dekat kepala. Sebab jika ada bagian helikopter yang longgar atau terjadi kesalahan ( baik dari sisi mekatronika atau kesalahan manusiawi) bisa membahayakan Anda.

15. Jika Anda ingin secara manual memperlambat putaran baling-baling dengan tangan, gunakan telapak tangan Anda, dan perhatikanlah jarak jari Anda serta jagalah jangan sampai ada bagian pakaian Anda yang terkena bagian dari baling-baling helikopter Anda.

16. Ketika berjalan menuju heli anda, pastikan bahwa saklar throttle pada remote terus aktif.

17. Jika memungkinkan selalu aktifkan Program pengaturan failsafe ke receiver Anda dari remote control Anda.

18. Jika Anda seorang pemula atau baru belajar helikopter rc, pastikan bahwa seorang pilot yang lebih berpengalaman telah memeriksa helikopter Anda dan mengecek setup radio Anda sebelum Anda penerbangan helicopter Anda untuk pertama kalinya.

19. Jangan pernah menerbangkan helicopter rc di dalam ruangan yang tidak memenuhi syarat untuk menerbangkan helicopter rc. Anda harus mengetahui dengan pasti bahaya yang mungkin terjadi karena sebuah kesalahan mekanikal atau kesalahan jempol dalam ruangan yang kurang memenuhi syarat.

Kalibrasi Turnigy/Flysky 9x
Thanks to agan theRapture


Seiring berjalannya waktu, potensio di remote akan aus, perlu kalibrasi ulang.

Quote:Original Posted By TheRapture

mungkin cara kalibrasinya aja yang beda , klo itu spertinya buat masuk pengaturan setting ESC.

panjang nih, kasih tau gk ya...

Spoiler for Kalibrasi:


Sukses untuk dibukanya trit khusus heli 6ch...

Ijin mantau dulu ambil belajar dari uflys Dan CB100...
Numpang nyimak sekalian MEJENG DI PAGE 1 om...Di speed up om tutorial Heli 6 CHnya....
selamat menikmati
hobby aeromodelling, khususnya heli ccpm.
deleted...
Berarti kalo HK 450 sekitar 1,6jt
HK250 sekitar 1jt-1,2jt kali yaa...

Jadi pengen ngerakit nih..
Quote:Original Posted By levpardede
kalo di manual book align yg dirakit pertama'' rangka dulu gan baru blok atas bawah di centerkan ke rangka, di baut dulu tapi asal kunci aja tuk cari center dgn memasukan main shaft


Mainframe ternyata sudah pre-assembly, begitu juga dengan tail rotor unit & main rotor unit.

Isi paking HK450MT-nyah :

(1) mainframe + sekrup2, (2) main rotor preassy, paddle + sekrup2, (3) tail rotor preassy, fin, belt, tail blade + sekrup2, (4) tailboom, flybar, stabilizer + sekrup2, (5) skid landing + sekrup2, (6) dudukan blade, cabletie + sekrup2, (7) komponen kecil seperti mur, lupa namanya. Masing2 dikemas di plastik tersendiri.

Mainframe-nyah :


Gak dikasi canopy + mainblade Kalo kit HK450 yang seharga $27,... (frame fiberglass) malah dikasi.
Quote:Original Posted By exbly
Berarti kalo HK 450 sekitar 1,6jt
HK250 sekitar 1jt-1,2jt kali yaa...

Jadi pengen ngerakit nih..


Sepertinya sih sama aja gan habisnya. Malah mungkin lebih mahal karena tingkat presisi komponen2 harus lebih tinggi, kemudian headspeed (rpm main rotor) juga lebih tinggi dari heli klas 400+ , vibrasi yang dihasilkan lebih besar sehingga proses perakitan lebih critical.
Kalo di rcgroups katanya dengan basis kit Tarot 250 bagus. Coba ente tanya2 ke agan jayuz77 / akasia-hobby.
Quote:Original Posted By rs_hdx
Sepertinya sih sama aja gan habisnya. Malah mungkin lebih mahal karena tingkat presisi komponen2 harus lebih tinggi, kemudian headspeed (rpm main rotor) juga lebih tinggi dari heli klas 400+ , vibrasi yang dihasilkan lebih besar sehingga proses perakitan lebih critical.
Kalo di rcgroups katanya dengan basis kit Tarot 250 bagus. Coba ente tanya2 ke agan jayuz77 / akasia-hobby.


menuju TKP, tapi om freddy nya lagi terbang rame2 di rawa badak
Kalo pesannya sklgs tx futaba dan rx nya, cocok gak sama hk450 ini?
Kasih lihat penampakqn tx yg ini donk oom.
sip mmg dah di asembly tapi mesti dibuka ulang:
gini nih kata align dude: ''for original manufactory package, if the product is already assembled by factory, please check again if screws are firmly secured and applied with some glue''
dari yg pernah saya baca'' sih kira'' 50% belum di thread lock, malah ada yg spindle shaftnya kering tidak ada greasenya @ trex 550 fbl
tempo hari main sama agan jayuzz malah dapet ilmu kalo lingkage ball pake threadlock yg merah krn gk perlu dibuka'' juga
Quote:Original Posted By levpardede
sip mmg dah di asembly tapi mesti dibuka ulang:
gini nih kata align dude: ''for original manufactory package, if the product is already assembled by factory, please check again if screws are firmly secured and applied with some glue''
...
tempo hari main sama agan jayuzz malah dapet ilmu kalo lingkage ball pake threadlock yg merah krn gk perlu dibuka'' juga

Siap ndan, akan dimasukkan ke kurikulum pejwan
Quote:Original Posted By godegkoplok
Kalo pesannya sklgs tx futaba dan rx nya, cocok gak sama hk450 ini?
Kasih lihat penampakqn tx yg ini donk oom.


yang ini yah ???



http://www.hobbyking.com/hobbyking/s...idProduct=9642

jelas cocok dong

Tapi kalo gw mah prefer yang ini, lebih canggih (dan murah) , modulnya juga bisa diupgrade dengan JR-compatible:



http://www.hobbyking.com/hobbyking/s...idProduct=8991
agan kok gk pesen rudder servo,charger,sama colokan remote ke komputer?nih ane lg nyoba di hobbyking cek harga,tapi ane binggung rudder servo ukurannya brp gram?
trus colokan dari batre ke esc beda yah jadi beli lagi connector XT60?
trus custem declarationnya di isi brp persen?kok pajaknya kita sih yang tentuin?itu bukannya bisa pilih yang GIFT jadi gk kena pajak yah?soalnya baca2 klo gift gk kena pajak,,gk ap2 yah nanyanya kebannyakan,,hehe
×