nice info gan...
akuarium ane juga bermasalah ama tuh kerak n bingung banget ngebersihinnya... tapi kalau pake bahan kimia gitu ga masalah kan utk ikannya?
takutnya ikannya pada teler akibat bekas bahan kimia yang kita pake buat ngilangin keraknya
Kenapa ga coba pake pembersih kaca bro??
Quote:Original Posted By ffndywjy
nice info gan...
akuarium ane juga bermasalah ama tuh kerak n bingung banget ngebersihinnya... tapi kalau pake bahan kimia gitu ga masalah kan utk ikannya?
takutnya ikannya pada teler akibat bekas bahan kimia yang kita pake buat ngilangin keraknya



klo dah di bersihin pake bahan kimia
di usahain bilas'y pake air panas
biar bahan kimia'y ilang
Ane pake HCL gan di kombinasikan dengan digosok pake sabut cuci piring
trus abis itu di cuci lagi pake sunlight

Berhasil cuma dengan pengorbanan capek dan pegel


thanks ya agan agan sekalian atas sharingnya
semoga thread ini berguna bagi nusa dan bangsa


oiya mungkin ada banyak alternatif lain
seperti cairan titanic dan cairan2 kimia lain yang disebutkan agan2 sebelumnya, share aja dimari berhasil apa enggak cairannya


thanks gaaaaaaaan
Quote:Original Posted By Dicephalous
Ane pake HCL gan di kombinasikan dengan digosok pake sabut cuci piring
trus abis itu di cuci lagi pake sunlight

Berhasil cuma dengan pengorbanan capek dan pegel


thanks ya agan agan sekalian atas sharingnya
semoga thread ini berguna bagi nusa dan bangsa


oiya mungkin ada banyak alternatif lain
seperti cairan titanic dan cairan2 kimia lain yang disebutkan agan2 sebelumnya, share aja dimari berhasil apa enggak cairannya
thanks gaaaaaaaan



wah gan pake
NHCL??
tuh bahan kimia berbahaya gan
di usahain jangan dulu di kasih ikan gan
bisa2 ikan bukan mabok lg
tpi langsung
bye.bye
Ane pake amplas waterproof yg no 500 gan.

Tanpa harus mindahin ikan atau ngosongin aqua (ikan ane di rmh aro, oscar n golongan ikan mas).

Tp stlh di gosok2 amplas, hrs kudu musti wajib di ganti air ya gan smp air nya bening. Bisa jg di bantu filter utk beningin nya.

Di jamin kerak hilang, kaca tiada baret n kinclong sangat, serta ikan sehat wal afiat (paling sutris sebentar...) :
Thank you buat sharing infonya disini gann........
pake amplass yg paling halus
kacanya ga bakal rusak

Thumbs up obat TITANIC

coba deh pake obat TITANIC, bungkusnya biru.... ada di toko2 ikan.....buat ngilangin kerak aquarium..... disitu isinya jg ada pons n sarung tangannya, harganya sekitar 10rb-15rb

caranya:

kuras total tank-nya, lap ampe kering, jgn dalam keadaan basah, bilas pake obat di ponsnya..... gosok pelan2....... kl keraknya dalem ... gosoknya agak neken dikit.... kl udah semua bilas air bersih, lbh bagus air panas..... keringkan.... kl masih ada keraknya .... ulangi tahap diatas sampai 2-3 kali..... dijamin ky baru lagi.....

coba deh...... ga nyesel
ane pernah nyoba satu cairan bli di toko akuarium di sumenep.... lupa namanya apa...... botolnya plastik warna merah..... manjur gan.... cm kayaknya sih oabt keras.... soalnya makenya harus pake sarung tangan karet..... pas dicium baunya ancur2na T____T.....

jadi intinya cari di toko akuarium cairan penghilang kerak heheheh
pakai ini gan digosok2 ke keraknya sambil dibasahin... dijamin kerak ilang dan kaca ga gores..



murah meriah, no obat2an kimia yg dpt mebahayakan ikan atau juragan sendiri..

kalau dah berhasil kirim cendol boleh gan
yang titanic itu keras gk buat ikan ikan nya (bsa bunuh ikan nya gk)
kl ane pakai karbol yg biasa buat porslen kamar mandi, kuras total akuanya, semprot karbolnya, diemin 5 menit, gosok santai pakai sikat gigi. abis itu cuci berulang2 sampe bersih, jemur di tempat teduh.
ikutan nyimak,, soalnya akuarium ane udah butek kaca'a.. hiks-hiks
hal sepele tapi menyebalkan kalo kaca aquarium kita berkerak...
ikutan nyimak juga gan ane..
kalo cara ane gan.. ane rendem aquariumnya di cairan asam citrun gan citrunnya di warung" ada tuh harganya 500an, setelah di rendam sekitar 1 jam keraknya udah mulai lunak trs baru di sikat pake sponge halus.. di bilas lagi pake air bersih sampe bner" bersih.. 100% jadi bening gan... kalo bermanfaat kasi cendol jg gpp gan heheheh
permasalahan yang sama dengan ane

udah ane gosok pake minyak kayu putih, alkohol, bensin ttp ga pengaruh ya

mungkin langkah pertama harus ke toko ikan, pasti ada yang jual cairan gitu
hallo nitip lapak gan,kalo ada agan agan yg nyari tabung co2 murmer buat tank kesayangan bisa mampir ke lapak ane
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16374851 dan yg punya masalah dengan keong hama yg bikin bolong bolong taneman ane ada cleaning crew buat pemberantas hama tersebut http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16691002

Thanks
g ksh resep 10000% namanya kerak paling bandel juga rontok
u ketoko kimia beli cairan namanya obat kaca ilangin kerak
cara pake cairan nya 1obat kaca :4 air. tgn u harus pake sarung tanggan kedap air. kl sampe kena tuh cairan lumayan jari 2 u bisa cantengan. daripada beli yg namanya titanic. 10 ribu 1 botol kecil . gak guna di bohongin sama tuh merek
ane pake pembersih toilet gan lupa namanya tp keras amat tu obat/ ikannya musti di keluarin dan setelah selesai di kuras beberapa kali