KASKUS



Quote:Original Posted By nuansabanyu


Iya gan, kebanyakan orang gengsi pake carry karna tuh carry banyak di samakan dengan angkutan umum
Di sini jarang banget carry lawas yg masih mulus gan, kebanyakan udah pada gak ke urus, keropos, kusam gitu.

Sekilas info gan, kalo carry di jemur atau parkir usahakan kaca di buka sebagian, karna pengalaman carry ane yg dulu bgt retak kaca nya karna kepanasan

Oke gan, ane tunggu pict nya aja nih
Thx udah nanya si ceper, 2 minggu lalu baru ane gan accu nya lumayan kena 450rb
Ini si ceper rencana nya mau ane bikin retro gan, biar makin kece kalo di bawa dan makin banyak yg suka dengan carry
Sejauh ini baru ane pasangin whitewall+long lugnut gan


Nah sama tuh Gan... Apalagi jenis minibus begini kebanyakan didaerah buat usaha, kalo pinjam bahasa sini
( belok balai ) namanya.. Tapi biasanya lebih ke jenis Futura dan Colt-T. Kalo buat kendaraan pribadi dan keluarga malah langka bener gan

Saat dipajang dan kejemur jendela selalu ane buka segaris dengan talang aer kaca dan udara tetap masuk... Retaknya malah dibody gan

Iya ane dah liat tuh fotonya si ceper.. retro mah bagus gan dan antik jadinya..
Harga aki hampir sama ama untuk carry, ane sempat beli juga 425..

Quote:Original Posted By jupanto


Wah sepertinya agan yang satu ini CRV business man toh? :ngkakaks

Emang Carry Extra 1.0-nya mau di jokul brokap gan? hehehehehe coba kalo agan di Sorong Papua-Barat ane pngen tuh lihat koleksi dagangannya. Salam kenal yah gan


Salam kenal Gan..

Ane dah liat post agan sebelumnya... Keren tuh carry angkotnya
Asli papua ya, ane ade sepupu kerja disana.. tepatnya dikota mana ane lupa gan..

Dikatakan CRV bussines nggak juga gan...
Ane seneng aja pake carry... dan extra ini sengaja tak ambil buat jual lagi..
Ane jual harga pasaran dah.... Sekitar 26 juta tahun 1990 dah ane pajang tuh di toko bagus dan berniaga...
Moga- Moga segera bisa dilepas... nih malam sebenarnya lagi nunggu yang mau minang dan tak DP in... Tapi belum keliatan juga batang hidungnya tuh peminang... Heee... Heee...


Quote:Original Posted By Alcapone_boy




Nah sama tuh Gan... Apalagi jenis minibus begini kebanyakan didaerah buat usaha, kalo pinjam bahasa sini
( belok balai ) namanya.. Tapi biasanya lebih ke jenis Futura dan Colt-T. Kalo buat kendaraan pribadi dan keluarga malah langka bener gan

Saat dipajang dan kejemur jendela selalu ane buka segaris dengan talang aer kaca dan udara tetap masuk... Retaknya malah dibody gan

Iya ane dah liat tuh fotonya si ceper.. retro mah bagus gan dan antik jadinya..
Harga aki hampir sama ama untuk carry, ane sempat beli juga 425..



Salam kenal Gan..

Ane dah liat post agan sebelumnya... Keren tuh carry angkotnya
Asli papua ya, ane ade sepupu kerja disana.. tepatnya dikota mana ane lupa gan..

Dikatakan CRV bussines nggak juga gan...
Ane seneng aja pake carry... dan extra ini sengaja tak ambil buat jual lagi..
Ane jual harga pasaran dah.... Sekitar 26 juta tahun 1990 dah ane pajang tuh di toko bagus dan berniaga...
Moga- Moga segera bisa dilepas... nih malam sebenarnya lagi nunggu yang mau minang dan tak DP in... Tapi belum keliatan juga batang hidungnya tuh peminang... Heee... Heee...




Thanks gan buat komennya ttg angkot ane. Ane sih lahir di Sorong Papua-Barat gan tp sdh dari SMA merantau di jogja...kebetulan aja neh lagi pulkam n kebagian tugas ngurusin angkot ma kakak...maklum dari dolo kala keluarga ane hidupnya dari angkot gan bahkan buat biaya sekolah juga dari hasil angkot..jadi krn ortu sdh 'sepuh' sekarang bisnis angkot (walo cuma sisa 1 dari 6 biji dulunya) diambil alih ....xixixixixixi

Wuih Carry thn 90 msh bisa laku 26jeti? ckckckckckc...pasti istimewa yah gan? harga segitu emang di daerah mana gan?
Quote:Original Posted By Donkbo


Sedikit bantu.

Pada mobil agan masih ada Komponen pendukung nya atau tidak?

Besi kaitan yang ada di Drum Brake, seperti di gambar No 9. apakah masih ada?

Di atas gardan ada cabang dan tempat kabel Rem tangan, yang dari ban dan dari handel di depan. tepatnya di sasis mobil.
Saya mau kasih Foto tapi belum ada Kamera nya gan, pahal kemarin saya baru service rem tangan dan semua karet piston rem. rem di setel ulang. alhasil tanjakan bisa di atasi.
kalau agan mau cari bisa di Youtube dan Google skemanya cari caranya aja tapi belum tentu mobil carry. coba yang mendekati.
ketiknya jangan rem tangan melainkan "parking brake lever".


Rem Tangan angkot ane akhirnya berhasil dipasang gan. Kebetulan ada angkot laen (sejenis, Carry 1.0) yang masuk bengkelnya teman ane dan kebetulan juga instalasi kabel2 rem tangannya msh bercokol komplit di kolong. Hanya saja ada 2 komponen yang kurang yaitu per dan pen buat penyambung antara kabel belakang ( tepat di atas gardan) dan kabel yang menuju ke depan.
Untung aja di Sorong ada pengepul barang rongsok dan kebetulan ada chasis angkotnya, setelah ane perhatikan ternyata pen dan per-nya belum dilepas. Akhirnya ane minta aja tuh pen dan pernya Gratisss...tissss...tisssss. FYI, di Sorong T4 ane, ada pengepul barang rongsok spesialis bangkai2 mobil gan. Selama proses mendandani angkot, ane selalu rajin hunting ke sono dan alhasil bnyk nemu bbrp spareparts spt per daun buat ganti yang sdh tipis, caliper cakram roda depan hingga kabel body yang msh komplit. Yah itung2 bbrp parts bisa buat cadangan angkot ane gitu.

Quote:Original Posted By KotoAmatsukami
gan numpang tanya nih soal carry futura 1,5 soalnya mau beli baru

1. futura 1,5 yang terbaru saat ini apa sudah injeksi?
2. beban muatan maksimal brp kg ya? klo misalnya ane muatin maksimal 1500kg bisa patah ga chasisnya soalnya ane muatin paling banyak sekitar 1300 s/d 1500 kg rata-rata 1400 kg
3. konsumsi bensinya berapa liternya untuk 1 km nya?
4. kekurangannya apa ya?


Gan, tadi waktu dibengkel ane sempat nanya bbrp org yang punya Carry Pick Up kata mrk memang gak rekomen kalo ngangkut muatan dgn tonase sampai 1500kg. Sedikit saran mrk, kalo mau dipaksain, sebaiknya per daun-nya aja ditambah spy lbh tinggi. Kalo bawaan carry 1 set=5 bh coba aja di tambah 2 lagi jadi totalnya 7bh. Otomatis anting2 per-nya juga kudu ditambah.

Atau kalo gak mau repot, agan beli aja Mega Carry PickUp. Cek di sini aja gan Mega Carry GC415V
Quote:Original Posted By Alcapone_boy




Nah sama tuh Gan... Apalagi jenis minibus begini kebanyakan didaerah buat usaha, kalo pinjam bahasa sini
( belok balai ) namanya.. Tapi biasanya lebih ke jenis Futura dan Colt-T. Kalo buat kendaraan pribadi dan keluarga malah langka bener gan

Saat dipajang dan kejemur jendela selalu ane buka segaris dengan talang aer kaca dan udara tetap masuk... Retaknya malah dibody gan

Iya ane dah liat tuh fotonya si ceper.. retro mah bagus gan dan antik jadinya..
Harga aki hampir sama ama untuk carry, ane sempat beli juga 425..



Iya gan carry sebagai mobil keluarga udah jarang benerr nerr nerrr
Kelamaan kena panas ya gan jadi retak tuh cat, tapi kok mobil baru di deler lebih keseringan di jemur dan cat nya gak rusak ya gan

Iya nih gan, sekarang untuk eksterior ane stop dulu masang aksesoris, lagi fokus coverin jok si ceper gan, tuh jok udah kusam + ada yg sobek juga
Quote:Original Posted By nuansabanyu


Iya gan carry sebagai mobil keluarga udah jarang benerr nerr nerrr
Kelamaan kena panas ya gan jadi retak tuh cat, tapi kok mobil baru di deler lebih keseringan di jemur dan cat nya gak rusak ya gan

Iya nih gan, sekarang untuk eksterior ane stop dulu masang aksesoris, lagi fokus coverin jok si ceper gan, tuh jok udah kusam + ada yg sobek juga


Sebelum berangkat ke bengkel ngaskus bentar achhhh

Menurut ane, cat retak bukan karna dijemur dipanas kok gan. Kalo kelamaan dijemur dipanas efeknya lebih ke warna cat yang cepat kusam aja.

Menurut ane neh, kalo carry kita retak catnya karena pada saat jalan, bodynya selalu bergerak kiri-kanan (saat tdk ada muatan) dan (atas-bawah saat muatan penuh) ditambah lagi carry itu mobil niaga gan yang tiap hari harus banting tulang nyari duit buat pemiliknya jadi wajar aja catnya gampang retak. Belum lagi kondisi jalannya gan. Tahu sendiri khan gan kalo di Indonesia jalannya gak 100% mulus banget.

Sebagai contoh,ane perhatikan angkot2 Carry Futura di Sorong Papua Barat yang baru berumur setahun aja catnya sdh retak kok.

remQuote:Original Posted By jupanto


Rem Tangan angkot ane akhirnya berhasil dipasang gan. Kebetulan ada angkot laen (sejenis, Carry 1.0) yang masuk bengkelnya teman ane dan kebetulan juga instalasi kabel2 rem tangannya msh bercokol komplit di kolong. Hanya saja ada 2 komponen yang kurang yaitu per dan pen buat penyambung antara kabel belakang ( tepat di atas gardan) dan kabel yang menuju ke depan.
Untung aja di Sorong ada pengepul barang rongsok dan kebetulan ada chasis angkotnya, setelah ane perhatikan ternyata pen dan per-nya belum dilepas. Akhirnya ane minta aja tuh pen dan pernya Gratisss...tissss...tisssss. FYI, di Sorong T4 ane, ada pengepul barang rongsok spesialis bangkai2 mobil gan. Selama proses mendandani angkot, ane selalu rajin hunting ke sono dan alhasil bnyk nemu bbrp spareparts spt per daun buat ganti yang sdh tipis, caliper cakram roda depan hingga kabel body yang msh komplit. Yah itung2 bbrp parts bisa buat cadangan angkot ane gitu.



Mega Carry GC415V


Maaf sekali saya belum bisa share fotonya. Tapi sudah bisa di pasang tuh rem tangan, kreatif dan Hebat bisa dapet gratisan

jujur setiap ane kerja buka langsung lihat kaskus carry mania.
perkembangan nya dari newbie yang komen dan master carry.

sekedar Info yang mau offroad dengan carry mania, yang mau bikin carry manianya 4X4, saya pernah main ke bengkel bengkel daerah koja, Jakarta Utara. dia pernah buat Suzuki APV untuk perkebunan sawit di daerah Kalimantan jadi 4X4, Mengunakan pengerak punyanya Vitara, saya tanya Carry bisa ga? di bilang Bisa, Gw tanya lagi, Berapa Biayanya? 30jt an, Gw bilang bisa dapet Caryy lagi ,
orang bengkel ini biasa restorasi Jeep dan Katana. Gw tanya lagi ini untuk restorasi total semua berapa ya, sasis ama body di lepas dan di Cat ulang dan tidak mengunakan dempul lagi (mobil Kaleng) berapa? kurang-lebih 50 jt. gw bilang " gila ya orang yang punya mobil", memang Hobby mahal, tapi tu orang bengkel bilang, Ini bukan hobby tapi emang orang kebelinger, kebanyakan duit.

Sorry teman-teman Carry Mania ane belum bisa share foto Carry Bokap ane,
karena ane pengen foto yang bagus menggunakan camera SLR di tempat Padang rumput, supaya enak di lihat dan juga di share kekurangan nya,
dan sekalian dilombain tu foto.
siapa tahu ada yang minta di fotoin juga Carry mania,
habisnya Foto-foto carry mania kaya mobil mau di jual aja.

sekalian ane mau share foto-foto carry yang ketemu di jalan yang Unik-unik.

misi agan semua..
mau nanya nih...ane punya carry pickup tahun 2008..sudah 2 kali ini bermasalah dgn aki-nya..yg pertama tuh sekitar setahun yg lalu, sempat kehabisan air aki utk 1 cell-nya..setelah di isi air aki bisa di stater lagi tuh..tp beberapa hari kemudian air aki sdh habis lagi..malah beberapa cell yg kering...di isi air aki lagi..bisa di stater lagi..tp beberapa hari kemudian, sekitar 5 hari gitu..gak bisa di stater lagi nih carry..di cek ternyata air aki-nya kering lagi beberapa cell. Setelah di isi air lagi ternyata tetep gak bisa di stater, carry di bawa ke toko aki..dicek tegangan dan arus-nya sudah rusak katanya..akhirnya beli aki baru 475rb.

Dan sekarang, sekitar setahun setelah ganti aki..kejadian serupa terulang.
Kira2 kenapa ya gan air aki gampang sekali habis, padahal pemakaian wajar, jalan rata, gak pernah angkut berat..paling2 angkut 1 buah kulkas ukuran sedang, sehari jalan sekitar 100 km dan paling banter 150 km.

Mohon masukan dari agan2 semua disini, masa' tiap tahun harus ganti aki..
Terimakasih

*tambahan : carry ane 1.5 gak pake AC/Tape
Quote:Original Posted By jupanto

Menurut ane sih kalo masalah peredam mendingan di DIY aja gan alias masang sendiri gak susah kok untuk mobil carry. Nyopot joknya khan gampang gan. Hanya butuh kemauan dan ketelitian aja, menurut ane.
Nah kalo mau nyopot plafon itu yang kudu ekstra hati2 karena aslinya semua carry, jok plafon langsung di tempel ma spons tipis dan juga ada beberapa besi yang melintang sbg pegangan jok plafonnya gan.


ntu dia gan..klo plafon mikir dah kalo mw dikerjauin sendiri.. klo gak rapi kan sia-sia
Quote:Original Posted By Donkbo
rem

Maaf sekali saya belum bisa share fotonya. Tapi sudah bisa di pasang tuh rem tangan, kreatif dan Hebat bisa dapet gratisan

jujur setiap ane kerja buka langsung lihat kaskus carry mania.
perkembangan nya dari newbie yang komen dan master carry.

sekedar Info yang mau offroad dengan carry mania, yang mau bikin carry manianya 4X4, saya pernah main ke bengkel bengkel daerah koja, Jakarta Utara. dia pernah buat Suzuki APV untuk perkebunan sawit di daerah Kalimantan jadi 4X4, Mengunakan pengerak punyanya Vitara, saya tanya Carry bisa ga? di bilang Bisa, Gw tanya lagi, Berapa Biayanya? 30jt an, Gw bilang bisa dapet Caryy lagi ,
orang bengkel ini biasa restorasi Jeep dan Katana. Gw tanya lagi ini untuk restorasi total semua berapa ya, sasis ama body di lepas dan di Cat ulang dan tidak mengunakan dempul lagi (mobil Kaleng) berapa? kurang-lebih 50 jt. gw bilang " gila ya orang yang punya mobil", memang Hobby mahal, tapi tu orang bengkel bilang, Ini bukan hobby tapi emang orang kebelinger, kebanyakan duit.

Sorry teman-teman Carry Mania ane belum bisa share foto Carry Bokap ane,
karena ane pengen foto yang bagus menggunakan camera SLR di tempat Padang rumput, supaya enak di lihat dan juga di share kekurangan nya,
dan sekalian dilombain tu foto.
siapa tahu ada yang minta di fotoin juga Carry mania,
habisnya Foto-foto carry mania kaya mobil mau di jual aja.

sekalian ane mau share foto-foto carry yang ketemu di jalan yang Unik-unik

Salam kenal gan...gak perlu sebagus itu kalee...namanya juga CRV mobil niaga...asal diphoto seadanya aja gpp kok, yang penting diusahakan eksterior dan interior-nya tampak jelas. Toh teman2 disini sangat menghargai apapun visual CRV yang di share...

Quote:Original Posted By kimprut28
misi agan semua..
mau nanya nih...ane punya carry pickup tahun 2008..sudah 2 kali ini bermasalah dgn aki-nya..yg pertama tuh sekitar setahun yg lalu, sempat kehabisan air aki utk 1 cell-nya..setelah di isi air aki bisa di stater lagi tuh..tp beberapa hari kemudian air aki sdh habis lagi..malah beberapa cell yg kering...di isi air aki lagi..bisa di stater lagi..tp beberapa hari kemudian, sekitar 5 hari gitu..gak bisa di stater lagi nih carry..di cek ternyata air aki-nya kering lagi beberapa cell. Setelah di isi air lagi ternyata tetep gak bisa di stater, carry di bawa ke toko aki..dicek tegangan dan arus-nya sudah rusak katanya..akhirnya beli aki baru 475rb.

Dan sekarang, sekitar setahun setelah ganti aki..kejadian serupa terulang.
Kira2 kenapa ya gan air aki gampang sekali habis, padahal pemakaian wajar, jalan rata, gak pernah angkut berat..paling2 angkut 1 buah kulkas ukuran sedang, sehari jalan sekitar 100 km dan paling banter 150 km.

Mohon masukan dari agan2 semua disini, masa' tiap tahun harus ganti aki..
Terimakasih

*tambahan : carry ane 1.5 gak pake AC/Tape


Ane lupa jawabannya gan tp 'mungkin' alternator' carry agan gak bekerja dgn sempurna tuh. Masalah agan sepertinya pernah ane baca dimana yah? coba searching di trit mobil laen deh kalo gak gugling aja gan. Ntar ketemu jawaban dan solusinya

Quote:Original Posted By dua69
ntu dia gan..klo plafon mikir dah kalo mw dikerjauin sendiri.. klo gak rapi kan sia-sia

Coba agan baca2 di trit Avanza-Xenia deh...ada kok tutorialnya. Mobil2 spt papanza dll malah lbh susah gan

Buat agan2 yang laen kalo mau belajar DIY, coba kunjungi blognya agan singachu Blognya sangat berguna buat ane yg nubie mslh mobil gan. Nahselama ini ane banyak belajar (dan terus belajar) dari kumpulan DIY yang dirangkum oleh beliau. Agan singachu rajin tuh merangkum bbrp tips n trik serta DIY yang didapat krn gabung di bbrp trit kendaraan Roda4 dan forum modifikasi kalo gak salah...xixixixi

Quote:Original Posted By jupanto



Menurut ane sih kalo masalah peredam mendingan di DIY aja gan alias masang sendiri gak susah kok untuk mobil carry. Nyopot joknya khan gampang gan. Hanya butuh kemauan dan ketelitian aja, menurut ane.



Kalo masang peredam tuh mendingan di atas dek atawa dibawah dek?
soalnya kerasa banget kalo abis bepergian, lantai anget banget, jadinya sy berpikiran apa peredam disimpen di bawah dek biar panas nggak nyamber ke plat body, apalagi kalo liat pelapis di bawah jok depan khan dipasangnya di bawah plat.

Kalo peredam yang agan beli itu yang aspal atao yang busa, kira kira hasilnya beda nggak karena beda harga keduanya lumayan juga..
Quote:Original Posted By kimprut28
misi agan semua..
mau nanya nih...ane punya carry pickup tahun 2008..sudah 2 kali ini bermasalah dgn aki-nya..yg pertama tuh sekitar setahun yg lalu, sempat kehabisan air aki utk 1 cell-nya..setelah di isi air aki bisa di stater lagi tuh..tp beberapa hari kemudian air aki sdh habis lagi..malah beberapa cell yg kering...di isi air aki lagi..bisa di stater lagi..tp beberapa hari kemudian, sekitar 5 hari gitu..gak bisa di stater lagi nih carry..di cek ternyata air aki-nya kering lagi beberapa cell. Setelah di isi air lagi ternyata tetep gak bisa di stater, carry di bawa ke toko aki..dicek tegangan dan arus-nya sudah rusak katanya..akhirnya beli aki baru 475rb.

Dan sekarang, sekitar setahun setelah ganti aki..kejadian serupa terulang.
Kira2 kenapa ya gan air aki gampang sekali habis, padahal pemakaian wajar, jalan rata, gak pernah angkut berat..paling2 angkut 1 buah kulkas ukuran sedang, sehari jalan sekitar 100 km dan paling banter 150 km.

Mohon masukan dari agan2 semua disini, masa' tiap tahun harus ganti aki..
Terimakasih

*tambahan : carry ane 1.5 gak pake AC/Tape


Ane coba jawab setau yg pernah ane baca di forum sebelah umur aki bukan hanya dari waktu tpi jg km yg di tempuh Gan, kita bandingkan dngn oli motor aja yg umum & gampang, umum nya oli motor 3ribu km atau 3 bulan pake mn yg lebih dulu di capai, klu km yg di capai lebih dulu pasti udah ga enak & oli berkurang, tpi klu waktu yg di capai lebih dulu biasa bisa lebih 1 atau 2 bulan dah terasa ga enak nya & oli jg biasanya jg berkurang
klu aki mobil standar pabrik 2-3 thn atau 30ribu km dah mulai minta ganti, klu punya Agan yg sehari 100km x 360hari/thn = 360 ribu km
wooow...fantastis Gan dah sangat hebat itu dah jauh melebihi umur aki 3 thn
Dan biasanya aki klu dah melebihi km masa aki tersebut jadi cepet panas dan otomatis air aki jadi cepat habis & mau ga mau harus ganti aki Gan
moga bisa membantu Gan
Quote:Original Posted By jupanto


Kayaknya sih daleman JetAir kipas gan cuma besarnya seberapa ane juga gak ngerti tp naga2nya sih dalemannya pakai kipas DC yang biasa di cashing komputer gan. Emang sih gan stocknya lagi habis tapi ditunggu aja, biasanya gak nyampe seminggu barangnya ada lagi kok. Kalo agan tinggal di Jakarta, mungkin ke Toko offlinenya aja gan sekalian inden.
Testi Peredam gan? Ane dah testi kok di lapaknya karena barang sih udah nyampe Sorong Papua-Barat kemaren siang cuma lom ane pasang soalnya lg benerin kabel2 dolo neh.

ane di bogor gan, belom coba2 sih keliling di toko sini, lagi ngurus dasboard, backleading sama pasang audio. susah ini mau masang audio di depan

testi pas ente dah make peredam gan, seberapa besar ngaruhnya gitu, hehehe..

Quote:Original Posted By jupanto

Menurut ane sih kalo masalah peredam mendingan di DIY aja gan alias masang sendiri gak susah kok untuk mobil carry. Nyopot joknya khan gampang gan. Hanya butuh kemauan dan ketelitian aja, menurut ane.
Nah kalo mau nyopot plafon itu yang kudu ekstra hati2 karena aslinya semua carry, jok plafon langsung di tempel ma spons tipis dan juga ada beberapa besi yang melintang sbg pegangan jok plafonnya gan.

nah adakah tutuorial buka plafon gan ? mau ada sedikit yang diganti nih
Spoiler for plafon:

Quote:Original Posted By Alcapone_boy


Salam Kenal semua...

Dah lama tak mampir dimari..
Lagi ngurusin 2 hal :
1. Ngejual Extra 1.0 yang belum nemu pembeli yang cocok
2. Mantau si Carby di bengkel karoseri

Selamat Sore...

salam kenal juga gan

itu carry ijo pnya siapa yah ? di pakein bodykit yah bumper am sampingnya ?
carry ane dipakein kek gitu kayanya jadi ganteng juga

Quote:Original Posted By nuansabanyu

Oke gan, ane tunggu pict nya aja nih
Thx udah nanya si ceper, 2 minggu lalu baru ane gan accu nya lumayan kena 450rb
Ini si ceper rencana nya mau ane bikin retro gan, biar makin kece kalo di bawa dan makin banyak yg suka dengan carry
Sejauh ini baru ane pasangin whitewall+long lugnut gan

aki apaan gan 450 ? yang basah yah
ane 3 mingguan yang lalu juga ganti aki, pake ake kering GS Astra, tker tambah sama aki lama nambahnya 420rb

Quote:Original Posted By kimprut28
misi agan semua..
mau nanya nih...ane punya carry pickup tahun 2008..sudah 2 kali ini bermasalah dgn aki-nya..yg pertama tuh sekitar setahun yg lalu, sempat kehabisan air aki utk 1 cell-nya..setelah di isi air aki bisa di stater lagi tuh..tp beberapa hari kemudian air aki sdh habis lagi..malah beberapa cell yg kering...di isi air aki lagi..bisa di stater lagi..tp beberapa hari kemudian, sekitar 5 hari gitu..gak bisa di stater lagi nih carry..di cek ternyata air aki-nya kering lagi beberapa cell. Setelah di isi air lagi ternyata tetep gak bisa di stater, carry di bawa ke toko aki..dicek tegangan dan arus-nya sudah rusak katanya..akhirnya beli aki baru 475rb.

Dan sekarang, sekitar setahun setelah ganti aki..kejadian serupa terulang.
Kira2 kenapa ya gan air aki gampang sekali habis, padahal pemakaian wajar, jalan rata, gak pernah angkut berat..paling2 angkut 1 buah kulkas ukuran sedang, sehari jalan sekitar 100 km dan paling banter 150 km.

Mohon masukan dari agan2 semua disini, masa' tiap tahun harus ganti aki..
Terimakasih

*tambahan : carry ane 1.5 gak pake AC/Tape

ga nyoba pake aki kering gan ?
ane pake aki kering karna ga usah cek2 air aki, katanya sih yang penting rajin manasin mobil kalo ga dipake bakal awet akinya
soalnya mobil timor sodara ane pake aki basah setaun soak gan, terus ganti deh dia ke aki kering merk korea gitu, bae2 aj tuh katanya..
ada yg pernah ganti engine mounting? abis diganti ape mobilnya jadi serasa mobil baru gitu?
om numpang tanya
ane lgi berencana mau beli carry tpi ane ga terlalu paham mesin
nah kira2 ada ga saran kira2 bisa tau tuh mesin masih bagus atau udh ngga
makasih
Quote:Original Posted By whr93
ada yg pernah ganti engine mounting? abis diganti ape mobilnya jadi serasa mobil baru gitu?


Engine mounting itu yang menahan blok mesin di sisi kiri dan kanan itu yah gan?

Quote:Original Posted By jupanto


Engine mounting itu yang menahan blok mesin di sisi kiri dan kanan itu yah gan?



iya gan sebagai peredam getaran mesin ke chasis/body tapi ane ga tau sisi mana aja. Belum lama ane ujian praktek sim a pake grand max, kabinnya sunyi senyap walau mesin di tengah. beda banget sama carry futura di rumah, tiap mesin dingin sama mau jalan body bergetar hebat. Apa mungkin mountingnya rusak kali ya?
Quote:Original Posted By dsmerak


Kalo masang peredam tuh mendingan di atas dek atawa dibawah dek?
soalnya kerasa banget kalo abis bepergian, lantai anget banget, jadinya sy berpikiran apa peredam disimpen di bawah dek biar panas nggak nyamber ke plat body, apalagi kalo liat pelapis di bawah jok depan khan dipasangnya di bawah plat.

Kalo peredam yang agan beli itu yang aspal atao yang busa, kira kira hasilnya beda nggak karena beda harga keduanya lumayan juga..


Maksud agan ttg dek itu yang mana yah? dek jok depan? dek lantai depan atau dek lantai tengah ampe belakang?

Perihal peredam sptnya kalo mau total sebaiknya dek lantai di beri peredam juga gan. Itu saran dari bbrp pedagang peredam dan juga user, untuk dek lantai sebaiknya dipasangin peredam 2 lapis, dasarnya pakai peredam aluminium kemudian peredam aspal (atau sebaliknya). Terserah agan aja, karena kalo mau 2 lapis dananya pasti bengkak gan...hehehehehe. Oh iya, menurut ane, peredam panas bawaan yang ada dibawah dek jok depan (Sopir dan penumpang) diganti yang baru aja. Yang lama bisa jadi sdh gak berfungsi dgn baik tuh.

Ane beli 2 jenis peredam gan, aspal dan busa aluminium. Rencananya peredam busa aluminium-nya selain buat ruang mesin juga buat plafon gan jadi kalo siang hari panas dari luar bisa diredam spy tidak terlampau berasa dalam kabin penumpang. Selain itu jg berfungsi mengurangi suara hujan yang masuk dalam kabin akibat air hujan yang mengenai pelat atap. Begitu kata para pemakai yang sudah masang, tapi ane lom bisa ngasih testi karena ane sekarang lg ngurusin kabel2 kelistrikan angkot ane plus masang grounding.

Grounding, apalagi neh? CRV Angkot aja kok masang grounding sgala?

Quote:Original Posted By whr93

iya gan sebagai peredam getaran mesin ke chasis/body tapi ane ga tau sisi mana aja. Belum lama ane ujian praktek sim a pake grand max, kabinnya sunyi senyap walau mesin di tengah. beda banget sama carry futura di rumah, tiap mesin dingin sama mau jalan body bergetar hebat. Apa mungkin mountingnya rusak kali ya?


ohhhh...kalo itu sih benar gan. Angkot CRV ane juga sdh ganti kok tapi baru sebelah karena karetnya emang sudah tipis.Kalo ane gak salah gantinya di sisi kiri (bawah jok penumpang samping supir). Setelah ane tanya2 ke supir ane dan bbrp supir lain, ausnya engine mounting karena panasnya mesin maklum angkot khan kudu kerja keras gan
Efeknya lumayan berasa kok gan walopun tidak senyaman mobil baru tentunya. Mungkin karena yang sebelah msh pakai yang lama, bisa jadi berdampak kalo mesin dihidupkan, getaran mesin msh berasa. Tapi ane sdh cukup puas kok gan. Angkot ane lebih halus suaranya dibandingkan sebelumnya
Quote:Original Posted By whr93


iya gan sebagai peredam getaran mesin ke chasis/body tapi ane ga tau sisi mana aja. Belum lama ane ujian praktek sim a pake grand max, kabinnya sunyi senyap walau mesin di tengah. beda banget sama carry futura di rumah, tiap mesin dingin sama mau jalan body bergetar hebat. Apa mungkin mountingnya rusak kali ya?


kalo ga salah ada 3 gan, dkt roda, sama belakang bagian gearbox,.. tp biasanya yg kanan kiri itu yg cpt aus, karena panas beban dan getaran yg lebih.. CMIIW
Quote:Original Posted By doditea
om numpang tanya
ane lgi berencana mau beli carry tpi ane ga terlalu paham mesin
nah kira2 ada ga saran kira2 bisa tau tuh mesin masih bagus atau udh ngga makasih


Gak perlu binun gan. Secara sederhana coba hidupkan aja mesinnya
1. Kalo start mesinnnya gampang alias langsung hidup, mesinnya sudah okay toh. Tapi......
2. Kalo suara menderunya berasa sekali alias kasar, berarti ada bbrp parts yang harus diganti tuh. Kalo halus? Jangan percaya 100%. Lihat didalam kabin mesin, kotor apa bersih? kalo kotor berarti ada oli yang bocor dari bbrp bagian (ane gak ngerti komponen yang mana...maklum nubie gan gak hapal). Kalo bersih, jgn tersenyum gan bisa aja orgnya emang rajin moles blok mesin...
3. Lihat ujung knalpotnya gan, asapnya putih atau hitam? Ada tetesan oli yang keluar dari ujung knalpot?

Jangan hanya hidupkan mesin aja gan, usahakan minta supaya jalan bbrp puluh hingga ratus meter.
Pada saat jalan diam2 aja, perhatikan:
1. Kondisi mesin normal saat perpindahan gigi?
2. Proses perpindahan gigi-nya enak atau keras?
3. Stirnya kalo dilepas lari kiri, kanan ato lurus lempeng?
4. Injak remnya gan, masih pakem atau harus dikocok?

Supaya komplit coba sekalian:
cek lampu2, terutama lampu sein, rem, foreider, intinya sistem kelistrikannya gan. Cek juga kondisi aki (level airnya), sukur2 msh ada tulisan waktu pembelian aki tsb.

Kalo banyak false dari uji kelayakan mobkas yang agan idam2-kan, kerutkan dahi agan sambil bergumam....eheemmmmmm....harganya minta AFGAN gan dgn alasan, butuh biaya untuk turun mesin total: ngakaks

Ane juga nubie kok gan, tapi karena modal nekat aja (tentunya sdh dibekali ilmu praktis dari browsing dan baca2 di forum) akhirnya dapat banyak pengalaman perihal mesin angkot CRV ane.