KASKUS

Betta fighters Breeders masuk!!

Buat para peternak cupang adu (Betta fighters) mari sharing tip dan trik cara ternak dan pembesaran agar menghasilkan cupang aduan berkualitas agar bisa bersaing dengan cupang aduan asal Ipoh dan Thailand!








settingan kolam....

soal kolam pembesaran kalo dimedan dan bagan memang rata2 kolam tanah, tapi jeleknya kolam tanah ikannya cepet ngempos..

biar gak gampang ngempos kedalaman kolam cukup kisaran 50-80 cm. untuk lebarnya 2x3m sangat cukup.


Uploaded with ImageShack.us

lalu taburin daun apu-apu sampai menutupi 90% permukaan kolam.


Uploaded with ImageShack.us

jangan sering diganggu kolam tsb, cuma saat waktu makan pagi dan sore hari boleh kita ganggu, karena ikan cuma fokus makan. kalo diganggu diwaktu bukan jam makan, ane jamin lama2 yang besar sering kejar2 yang berukuran kecil.


Uploaded with ImageShack.us
kalo yang menggunakan kolam semen, ane saranin didasar kolam, pertama lapisin dulu dengan adonan semen biasa plus aquaproof, setelah itu dilapisin campuran semen + zat kapur + dan tanah liat setebal 5cm. setelah lapisan kedua kering, lapisin lagi dengan semen biasa. ada juga beberapa kawan melapisi didasar dan samping dinding kolam. ukuran kolam ane selalu prefer agar lebih melebar, daripada kedalam. it's up to you bro
BARISAN PERTAMA UNTUK MENGHASILKAN CUPANG BERKUALITAS ADALAH

1. INDUKAN JANTAN DAN BETINA HARUS MERUPAKAN TURUNAN JUARA. Tidak masalah itu indukan lokal, medan, bagan, bogor, atau import, pastikan Indukan yang akan kita gunakan berasal dari darah juara.

Cara mengetahui dan mendapatkan indukan kualitas unggul
- Saudara jantan selubuk yang lain memiliki persentase kemenangan minimal 70%
- Gigi tajam, pukulan keras, sisik tubuh kuat dan punya mental baja.
- Membeli langsung dari peternak yang terpercaya
- Membeli melalui relasi terpercaya

2. PAKAN ALAMI SEPERTI KUTU AIR DAN JENTIK NYAMUK HARUS TERSEDIA.

Karena Pakan alami seperti Kutu air memiliki kandungan gizi yang seimbang yang akan membantu secara optimal perkembangan cupang disaat pembesaran.

kalau kesulitan untuk kutu air diwaktu pemijahan, agan bisa gunakan artemia dan liquifry untuk stimulasi mahluk mikro infusoria!
ini sedikit gambaran menetaskan artemia


Uploaded with ImageShack.us


DILARANG

Pemberian pakan cacing sutra atau cacing darah secara berjangka panjang akan berpengaruh negativ untuk kualitas cupang. Pakan alami dengan kandungan lemak yang tinggi akan beresiko pada kualitas sisik, kualitas bertarung dan ring bibir.





Uploaded with ImageShack.us
3. AIR BERKUALITAS AKAN MENINGKATKAN KESEHATAN CUPANG DAN CUPANG AKAN TUMBUH BESAR DENGAN MAKSIMAL
.

Cupang hidup di air dengan tinggkat kesadahan 8-10'' HD, atau setara dengan CaCo3 sebanyak 120 ppm/l air. Dan cupang sangat suka hidup dalam air dengan pH normal, yaitu sekitar 6,5-7.

Tidak semua sumber air dapat digunakan untuk memelihara cupang. maka sebelum digunakan air harus diolah lebih dahulu.

AIR PAM / LEDENG

Air pam memiliki kandungan klorin tinggi, maka untuk menetralisir kadungan tsb, dengan cara melarutkan kalium tiosulfat (K2S2O3) sebanyak 2 g dalam 30 liter air. lalu air diaerasi selama 12 jam untuk meningkatkan kandungan oksigen terlarut.

AIR SUMUR

Sementara air sumur galian mengandung H2S dan CO2, jadi air sumur cukup diendapkan dan diaerasi selama 20 jam.

Air yang penuh kadar mineral, pH dan DH yang sesuai dan suhu yang stabil akan mempercepat perkembangan sisik dan ketajaman gigi.

Menurut saya Kualitas cupang adu terbagi dalam 2 elemen. Yaitu Kualitas alamiah dan kualitas Non alamiah berdasarkan hasil kerja.



Kualitas alamiah adalah kualitas yang secara konsisten akan hadir berdasarkan garis darah dan genetika sebuah keturunan.

Kualitas alamiah yang akan hampir pasti diwariskan secara identik adalah :
1.PUKULAN
2.HATI


1.PUKULAN

Ada sedikit Perbedaan sebuah pukulan yang mematikan dengan pukulan keras. perbandingannya adalah pukulan yang keras hanya akan terlihat keras namun pukulan yang mematikan terlihat jauh lebih menarik dari sekadar hanya keras, tapi daya dorongan pukulan tersebut menjadi nilai tambahan.
kita bisa membedakan pukulan keras tombak seperti mencubit atau menyisik dengan pukulan keras tombak seperti mendorong atau menusuk. Dampak kerusakan secara kasat mata pada pukulan yang pertama lebih menjanjikan, namun dampak kerusakan sesungguhnya boleh dialamatkan kepada pukulan yang kedua.

sebaliknya ketika kita mendapatkan sebuah pukulan tombak seperti menusuk dan mendorong namun kekuatan yang dilepaskan tidak terlalu keras maka hal tersebut juga akan menjadi sia-sia. jadi sangat bijak jika kita lebih selektif dalam memilih indukan yang hendak dikimpoikan.

Seperti halnya didalam pertandingan MMA atau tinju. Perbedaan petinju Manny Pacquiao dengan Manuel Marquez adalah Pacquiao memiliki sengatan yang lebih mematikan dari Marquez, padahal Marquez juga memiliki pukulan yang sangat keras yang sering mengkanvaskan lawan-lawannya. Ketika dua pukulan itu bertemu kita bisa melihat Pacquiao selalu memaksakan lawannya untuk selalu mundur dan bertahan.



Lalu lebih menarik lagi jika membahas dan membandingkan cupang adu dengan para petarung K-1. Ada setidaknya 4 petarung K-1 yang memiliki kekuatan tinju yang keras dan mematikan, Yaitu Jerome Le banner, Francisco Filho, Mike Bernardo dan Mighty Moo. Ke 4 petarung ini sering mengkanvaskan lawannya dengan tinju yang super keras. Mike Bernardo menurut saya petarung yang memiliki pukulan paling menyengat dan keras.
sementara Jerome Le Banner, Filho dan Minghty Moo memiliki pukulan yang super keras. ketika ke 4 pemilik tinju super ini bertemu, maka tidak ada yang akan meladeni pukulan-pukulan Mike Bernardo dalam jangkauan jarak dekat. Alternatif yang dilakukan untuk mengalahkan Bernardo adalah dengan memainkan tendangan-tendangan rendah jarak jauh. Hasilnya Bernardo kerap kalah bila lawan memainkan strategy low kick.

Itu hanya sebuah contoh dari dunia MMA, kalau mau dibandingkan kepada cupang kurang lebih ada sedikit kesamaan dan perbedaan. Tapi yang saya ingin tekankan bahwa pukulan mematikan dalam cupang adu adalah elemen yang sangat penting yang akan memberi pengaruh besar pada hasil pertarungan. Semakin keras dan menyengat, semakin mematikan pukulan cupang tersebut.

2.HATI

Adalah warisan yang selalu diharapkan semua peternak seperti halnya saya dan kawan-kawan yang lain. Agar cupang kita menghasilkan cupang dengan mentalitas bertanding berhati baja hanya bisa didapat dengan perkimpoian dua indukan dengan garis turunan yang jelas, yaitu keturunan berhati baja, Setidaknya garis ini telah terbentuk lebih dari 5 keturunan. Hal ini secara alami berdampak kepada kualitas hati.

Hati baja identik dengan mental pantang mundur, namun saya pastikan apapun bisa terjadi didalam cupang adu. kadang kala kita mengetahui cupang dengan hati baja sekalipun pernah menyerah.
Kualitas berdasarkan hasil kerja atau juga bisa disebut Kualitas non alamiah, mencakup :

1.GIGI
2.GAYA BERTARUNG
3.STRUKTUR
4.SISIK
5.STAMINA


1.GIGI

Gigi cupang bukan hanya sekadar tajam dan panjang. Namun intinya seberapa kuatanya gigi tajam itu bertahan. menurut pandangan saya merupakan proses non alami yang terbentuk lewat pola hidup cupang selama pembesaran.
Adapun nutrisi yang lengkap dan suplai pakan yang benar akan memberikan pertumbuhan gigi yang kuat dan sempurna. Genetik secara garis besar hanya akan mempengaruhi ketajaman gigi keturunan tersebut, namun kekuatan dan panjang gigi adalah proses non alamiah.

2.GAYA BERTARUNG

Semua bisa menciptakan gaya tarung sesuai keinginan. Semuanya diawali dengan prototype cupang itu sendiri. tidak percaya?
Ini cara mencetak hasil cupang gaya baling tombak.
Gunakan Jantan bertipe cepat dan aggresif berkepala oval, bertipe ring bibir betok (tidak ada spesifikasi terhadap gaya pukulannya, artinya bebas apapun gaya pukulannya) lalu dikimpoikan dengan betina bertubuh bulat panjang, gaya tarung semi-aggresif dan ring bibir bertipe ring sepat.
Hasilnya akan memiliki gaya tarung super aggresif dengan pukulan baling tombak yang dilancarkan bertubi-tubi kearah lawan.

3.STRUKTUR

Seorang insinyur selalu memperhitungkan dan merancang dengan cermat pondasi bangunan yang akan dibangun. perencanaan dan perhitungan yang tepat akan menghasilkan struktur bangunan yang baik dan kokoh sesuai harapannya.
Seperti halnya Cupang memiliki Struktur tubuh yang perkembangannya dipengaruhi garis turunan kedua Indukan, pola pakan, kualitas air dan kondisi kehidupan dikolam.
Bila peternak mengawinkan kedua Indukan yang memiliki struktur berbadan lebar, bermulut lebar dan berkepala besar. sama juga dia telah memberikan pondasi dan warisan yang pasti akan ditemui pada hasil perkimpoian tersebut. Namun hal tersebut bisa saja menjadi sia-sia bila perlakuan dan perawatan terhadap hasil keturunan tidak baik, pola pakan yang buruk dan kualitas air tidak terjaga.
bisa jadi kita menemukan cupang yang memiliki kepala besar namun kondisi tubuhnya memprihatinkan. seperti kurus kurang gizi. bahkan tubuhnya sama sekali tidak lebar. lalu kondisi seluruh sirip seperti kriting dan menyusut, tidak kokoh dan lebar dampak akibat kualitas air yang tidak terjaga.

4.SISIK

Selain faktor genetik dan umur, peningkatan Kekuatan sisik dapat didukung secara non alamiah. Saya mau mengatakan bahwa banyak sekali cara agar meningkatkan kekuatan sisik menjadi lebih baik. tapi secara umum penggunaan vitamin dan obat-obatan adalah hal yang paling mudah dilakukan.
Saat berumur 1.5, anak cupang dapat diberikan racikan obat yang mengandung bahan aktif CaCo3 dan Vitamin B1,B2,B6, B12, kalsium laktat, pantetonat dan zat besi. Semua itu sangat penting dalam proses pembentukan kekuatan sisik. yang semuanya dilarutkan kedalam air kolam pembesaran, sesaat sebelum anak cupang dimasukan kedalam kolam. Ulangi kembali hal tersebut setiap 1 bulan sekali.

5.STAMINA

Seorang teman saya melatih stamina seekor anjing pitbull yang berusia sangat muda. Berlari disebuah lapangan besar berkeliling sampai beberapa puluh kali putaran, sambil sang pitbull mengejar sebuah mobil kontrol yang diikat dengan segumpal makanan kesukaan pitbull tersebut. walau begitu saat itu sang pitbull tidak terus menerus mengejar mobil kontrol tersebut karena kelelahan.
Sampai Pitbull tersebut menginjak usia Dewasa, saya kembali melihatnya berlatih dengan cara yang sama, namun kali ini pitbull itu berlari tanpa henti dan bahkan lebih cepat dari yang saya duga. Namun itu hanya salah satu dari banyak latihan extrem yang teman saya lakukan bersama anjingnya. sampai akhirnya dalam sebuah undangan privasi komunitas illegal, Pitbull tersebut bisa mengalahkan beberapa anak babi hutan dan menjadi
salah satu Pitbull yang paling memiliki daya tahan terkuat dalam komunitas tersebut. Itu hanyalah sebuah contoh, dimana ada progress yang terjadi pada pitbull tersebut. semuanya dimulai dari saat pitbull tersebut berusia sangat muda.
Begitu halnya dengan cupang, space kolam yang besar akan memberikan latihan instan kepada cupang sejak dini. kebiasaan tersebut akan menjadi modal yang bagus untuk mempersingkat persiapan menuju arena pertarungan yang keras. Dengan kolam 200x300x50cm, atau bisa lebih dari itu, cupang akan terbentuk sebagai cupang yang rajin, sehat dan berstamina panjang. Berbeda dengan si cupang malas akibat pembesaran disebuah kolam yang sempit dan menyesakan. jadi.. berikan rumah yang besar untuk cupang anda.
Pemijahan Cupang

Proses breeding cupang/betta menurut sebagian hobiis adalah proses yang cukup menyulitkan sehingga banyak juga kalangan hobiis yang lebih mengandalkan ikan hasil pembelian ketimbang hasil breeding sendiri. Sebenarnya, proses pemijahan betta merupakan proses yang sederhana, memang untuk mendapatkan hasil yang optimal diperlukan ketelatenan, ini yang jarang dimiliki kebanyakan hobiis. Secara ringkas, BettaPlus coba menyajikan urutan proses tersebut sebagai berikut:

1Siapkan pasangan atau beberapa pasang cupang yang hendak dipijahkan.

2Beri makan pasangan tersebut 2 kali sehari dengan pakan hidup atau beku seperti jentik nyamuk/cuk, kutu air, atau blood worm. Berdasarkan pengalaman beberapa rekan breeder, disarankan untuk menhindari pemberian cacing rambut pada ikan betina khususnya yang akan dipijahkan, karena berdasarkan pengalaman seringkali menyebabkan ikan betina sulit bertelur.

3Tempatkan jantan dan betina dalam wadah yang berdampingan atau masukkan betina kedalam botol kemudian masukkan ketempat jantan bersama botol tersebut agar mereka dapat saling melihat. Biarkan mereka diisolasi selama lebih kurang 3 hari.

Persiapkan Wadah Pemijahan

-Kita dapat menggunakan wadah berupa aquarium, gentong atau ember/baskom plastik sebagai tempat pemijahan. Disarankan untuk tidak menggunakan tempat yang terlalu lebar.

-Isi dengan air yang telah diendapkan dengan kedalaman antara 10 s/d 15 Cm. (4 s/d 5 inches). Ini dimaksudkan agar suhu air didasar tidak terlalu dingin, memudahkan si jantan merawat telur dan burayak yang jatuh dari busa. Suhu yang dibutuhkan antara 21 hingga 31 derajad Celcius, untuk pemijahan idealnya adalah 25 derajad Celcius.

-Siapkan media pijah (substrat) bisa berupa tanaman air, daun ketapang kering, potongan styrofoam atau serabut rafia atau lembaran plastik bening tempat si jantan membuat busa/sarang untuk meletakkan telur.

Biasanya sering menggunakan plastik bening dengan pertimbangan karena bisa memonitor telur dengan melihat dari bagian atas, tidak membusuk, tidak tenggelam dan relatif lebih bersih. Ukuran plastik cukup 10×15 cm. atau 10×10 cm. saja. Penjodohan Dan Pemijahan. Pada indukan jantan yang matang warna siripnya terlihat lebih cerah dan pada induk betina perutnya terlihat membuncit dan secara transparan kita dapat melihat telur pada saluran pengeluarannya.
Proses Pemijahan

1 Masukkan jantan terlebih dahulu ke wadah pemijahan yang telah disiapkan dan biarkan selama 1 hari agar si jantan merasa nyaman ditempat baru tersebut.

2 Masukkan betina dalam botol secara perlahan kedalam wadah pemijahan. Ini dimaksudkan agar si betina tidak mengganggu jantannya membangun sarang dan agar mereka saling memandang dan melihat apakah mereka “berjodoh” satu dengan yang lainnya.

3 Dalam tempo antara 2 hingga 8 jam si jantan akan membangun busa pada substrat yang akan digunakan sebagai tempat bercumbu dan bulan madunya. Sarang dibuat oleh sijantan dengan cara mengambil gelembung udara dari permukaan dan melepaskannya dibawah permukaan daun atau tanaman air yang mengapung dipermukaan air. Apabila betina tertarik dengan sijantan dan siap untuk dikimpoikan dapat dilihat pada tanda berbentuk vertical melintang ditubuhnya dengan warna gelap. Tapi jangan terburu-buru untuk mencampur keduanya, biarkan pada tempatnya masing-masing selama 1 hingga 2 hari.

4 Lepaskan betina pada sore keesokan harinya.

5 Si jantan akan segera mendekati dan merayu si betina sambil mengembangkan sirip-siripnya seperti layaknya hendak bertarung. Ini merupakan hal yang lumrah dan merupakan naluri mereka untuk menunjukkan bahwa mereka sangat kuat dan akan menghasilkan anak-anak yang juga kuat agar dapat survive di alam bebas.

6 Pada saat pemijahan tubuh si jantan akan melilit dan menyelubungi tubuh induk betina membentuk huruf “U” dengan ventral saling berdekatan sampai betina mengeluarkan telur yang segera dibuahi oleh sperma si jantan. Telur-telur tersebut akan berjatuhan kedasar dan segera diambil si jantan dengan mulutnya untuk diletakkan disarang busa. Proses pemijahan ini bisa berlangsung selama berjam-jam dan dengan proses yang berulang-ulang, dan merupakan ritual yang sangat menarik untuk dilihat.

7 Aktifitas pemijahan berakhir dengan tanda-tanda si jantan mengusir betina agar menjauh dari sarang busa.

8 Setelah aktifitas pemijahan selesai segera angkat induk betina dan letakkan di aquarium pengobatan dengan diberikan metylene blue/pomate untuk pengobatan luka-luka akibat pemijahan, dan dapat dikimpoikan lagi setelah 3-4 minggu. Selanjutnya tugas menjaga telur dan merawat bayi diambil alih oleh si jantan.

9 Apabila selama 3 hari si jantan tidak membuat sarang busa atau si betina tidak mau bertelur segera angkat dan gantikan dengan pasangan berikutnya.

10 Ulangi proses diatas dengan pasangan-pasangan berikutnya

11 Telur-telur yang fertile akan menetas setelah 24 jam pada suhu berkisar 25 derajat Celcius. Dan 2 hari kemudian akan terlihat burayak seukuran jarum dengan warna kehitaman.

12 Bila burayak telah dapat berenang bebas indukan jantan dapat segera diangkat dan tempatkan pada aquarium pengobatan/karantina. Setelah 7 hari indukan jantan telah siap untuk dikimpoikan lagi. Perlu dicatat bahwa Betta atau Cupang tidak akan pernah mau kimpoi dengan pasangan yang bukan pilihannya, jadi kita tidak dapat memaksa si jantan untuk mengawini betina pilihan kita, pun sebaliknya kita tidak bisa memaksa si betina untuk menerima ajakan kimpoi si Jantan tertentu

nice info gan
weleh2...dijadiin satu gan sama cupang hias hehehe..
kan gak usa buat lagi trit baru
Quote:Original Posted By -J-
weleh2...dijadiin satu gan sama cupang hias hehehe..
kan gak usa buat lagi trit baru

gak sama gan. Tehniknya beda. Di hias gak ada pembahasan sisik, gigi dan mental tarung.



Kultur Infusoria – Alternatif Pakan Burayak Cupang

Infusoria, makhluk hidup bersel tunggal, memiliki nama infusoria yang diambil dari asal kulturnya, infusi dari sayuran (vegetable infusions) – sayuran yang dibusukkan didalam air. infusoria masuk dalam golongan paramecium. Para aquarist (penghobi ekosistem akuarium) banyak memanfaatkannya sebagai pakan burayak ikan pada masa-masa awal kelahirannya, termasuk burayak cupang.

Secara praktis, kulturnya coba kami sajikan sebagai berikut:

sediakan wadah ukuran min. 100cm X 80 cm. masukkan pasir dgn ketinggian kurang lebih 10 cm. tambahkan air dgn ketinggian 20 cm. masukkan rebusan daun selada yg direbus sampai menjadi bubur sbg media perkembang biakannya. Tambahkan pupuk kandang . Masukkan 5-7 sendok air selokan , karena pada umumnya sudah mengandung bibit infusoria terutama genangan yg berkabut. letakkan pada tempat yg tidak terkena sinar matahari langsung tetapi terbuka untuk supplay oksigen. setelah beberapa hari air akan mulai berkabut pertanda ifusoria sudah menyebar dan berkembang biak. pemberian pakan dilakukan dengan mengambil langsung air yg penuh dgn infusoria tersebut.

Jika langkah dan bahan-bahan yang digunakan pada langkah yang kami jelaskan di atas Sobat rasa sangat jorok, kultur infusoria bisa juga diterapkan dengan teknik dan bahan berikut.

Kultur infusoria dapat dilakukan dalam bak semen, baskom atau akuarium. Bahan yang di butuhkan adalah potongan jerami padi, daun selada dan kulit pisang. Dapat pula menggunakan daun selada, daun kol dan daun talas.

Bahan-bahan tersebut direbus hingga menjadi seperti bubur kemudian masukkan ke tempat yang telah di sediakan yang sudah berisi air. Selanjutnya seminggu kemudian media tersebut di tulari dengan bibit infusoria.

Bibit infusoria ini dapat di peroleh dengan mengambil beberapa sendok air comberan atau saluran air yang banyak mengandung bahan organik. Media di letakkan di tempat yagn teduh dan di beri aerasi.

Seminggu kemudian infusoria bisa di panen dan diberikan kepaada anak-anak ikan. Tanda yang tampak bila infusoria telah banyak adalah terlihat lapisan putih seperti awan mengapung di permukaan air.-

Wah...klo betta fighter ane blom prnah coba gan...taunya cm ttg yg hias..itupun cm dkit..
Quote:Original Posted By frostzoro
Wah...klo betta fighter ane blom prnah coba gan...taunya cm ttg yg hias..itupun cm dkit..


Klo mau Belajar tidak ada kata terlambat

TIPE RING BIBIR




Uploaded with ImageShack.us
Quote:Original Posted By perfecto10
Kualitas berdasarkan hasil kerja atau juga bisa disebut Kualitas non alamiah, mencakup :



4.SISIK


Saat berumur 1.5, anak cupang dapat diberikan racikan obat yang mengandung bahan aktif CaCo3 dan Vitamin B1,B2,B6, B12, kalsium laktat, pantetonat dan zat besi. Semua itu sangat penting dalam proses pembentukan kekuatan sisik. yang semuanya dilarutkan kedalam air kolam pembesaran, sesaat sebelum anak cupang dimasukan kedalam kolam. Ulangi kembali hal tersebut setiap 1 bulan sekali.





bos mau tanya?
dengan pemberian obat obatan apa gak ngebuat cupang nya jadi bengong?
bagi bagi dong dosis obat obatannya yang tepat
thanks
Quote:Original Posted By malamdingin
bos mau tanya?
dengan pemberian obat obatan apa gak ngebuat cupang nya jadi bengong?
bagi bagi dong dosis obat obatannya yang tepat
thanks


Obat dapat diberikan selama pemberiannya sesuai takaran dengan volume air, kelebihan kalsium juga tidak bagus untuk pencernaan, dan dapat mengakibatkan pertumbuhan cupang tidak maksimal.

Dosis yang saya gunakan adalah multivitamin tablet KALK sebanyak 7-10 buah untuk penampungan air kolam berukuran 150 x 200 x 50 (terserah apapun merknya) yang penting perhatikan ada terkandung vitamin yg telah saya sebutkan. lakukan rutin maka bila berhasil, dipastikan sisik dan gigi akan kuat !
kalo si bos pake kalk nya merk apa?
anakan saya baru umur 2 mingguan .
ntar akan saya coba diumur 1,5 bulan sesuai saran bos.
thanks
Quote:Original Posted By malamdingin
kalo si bos pake kalk nya merk apa?
anakan saya baru umur 2 mingguan .
ntar akan saya coba diumur 1,5 bulan sesuai saran bos.
thanks
merk apapun oke, gk ush terlalu mahal. yg penting minimal kadar Ca kisaran 500mg



TIPE RING SEPAT DAN BETOK



Uploaded with ImageShack.us
suhu nanya lagi nie
jangan bosen jawab ya

saya pernah denger dari orang peternakan
kalo untuk perkimpoian mamalia maka yang akan dominan memurunkan sifat adalah jantannya
jadi kelak anak anak nya akan dominan mengikuti sifat ke induk jantan.

kalo untuk unggas maka yang dominan adalah betinanya.

nah kalo ikan cupang menurut pengalaman suhu mana yang lebih dominan menurunkan sifat ke anak anak nya??? indukan jantan atau betina nya??

karna mungkin suatu saat kita ingin mempunyai anakan yang lebih banyak menurunkan sifat salah satu indukan.
mantap dah... kalau tidak pakai obat2an apa tidak bisa maksimal agan Perfercto?

nimbrung

ane ikut nimbrung gan
based on pengalaman gw piara cupang adu, stlh umur cupang mencapai 2 bulan saya selalu berikan makanan berupa daging udang
tp jgn terlalu sering karena akan bikin air jd bau dan sering ganti air
rata2 saya berikan 3-4 x dalam seminggu dengan dosisi sekali makan.
sedangkan sisanya diberi cuk atau kadang dicampur dengan cacing beku

so far yang saya dapatkan dengan metode ini si ikan kalau mematuk lawannya memberikan dampak kerusakan yang besar, krn gigi dari si ikan semakin berkembang krn dibiasakan untuk makan daging udang (yang lbh kenyal) dari cuk.

trus beri latihan dengan batang lidi yang ujungnya diberi plastik hitam, jadi bentuknya seperti korek api (perhatikan ujung korek api) nah kira2 dibalut segitu saja
trus dideketin, dan diajarin latihan dengan batang lidi tsb
seperti layaknya latihan tinju

sekedar sharing, mungkin cara saya melatih cupang ada yang kurang ataupun dapat memberikan dampak negatif, mohon pencerahannya dari agan2 yang sudah expert
nice farm bro , eheheheh
wah bnyk bgt prawatanx.. Tp d jmin juara y gan? Kl m cupang hias gmn? Skrng hrga cupang petarung rata2 brpaan y gan?