KASKUS

Thumbs up Uniknya Ponpes perut bumi "al-maghribi"

Quote:Suka yang unik dan menarik gan???
satu lagi keunikan yang ada di Indonesia, lihat yuk...

Pondok pesantren (ponpes) umumnya berdiri di atas permukaan bumi. Namun, di Tuban, Jawa Timur, terdapat ponpes yang berada di dalam gua. Ponpes Perut Bumi Al Magribi, namanya.

Ponpes Al Magribi beralamat di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban. Luasnya 3 hektare. Tapi jangan bayangkan situasi ponpes muram. Sebaliknya, indah. Berbagai macam cahaya lampu akan menyambut siapa saja yang akan memasuki ponpes.

Dinding gua juga dipenuhi tulisan kaligrafi. Layaknya ponpes lainnya, Ponpes Al Magribi pun dilengkapi ruang salat, mengaji, pertemuan, dan asrama santri.

Kiai Subkhan, pendiri Ponpes Al Magribi, mengatakan, ponpes dibangun pada 2002. Awalnya lokasi ponpes adalah tempat pembuangan sampah. Konon, gua ini diyakini bekas petilasan atau jejak dari Syech Maulana Magribi saat memberikan dakwah kepada santrinya.

Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for perut bumi:


Spoiler for video:


sumber
sumber

Quote:Semoga trit ini bermanfaat
Terima kasih gan atas perhatiannya jangan lupa:
Spoiler for bintang lima:

Koment itu wajib gan!!!


Spoiler for The Real Hot Tread Hunter:


Lihat trit sederhana ane yang lainnya disini
wah gak kebayang gan, gimana lembabnya disitu,.
but nice inpo..
Wow...
Ponpes yang unik sekali, memanfaatkan struktur alamiah sebagai tempat belajar.

ijin nyimak gan
Quote:Original Posted By Blue.Miaaw
ijin nyimak gan

yang lain udah komeng agan gak komeng juga????
Quote:Original Posted By DIKA-plok
wah gak kebayang gan, gimana lembabnya disitu,.
but nice inpo..

kayaknya sih enggak tuh gan..

Quote:Original Posted By oranye.jingga
Wow...
Ponpes yang unik sekali, memanfaatkan struktur alamiah sebagai tempat belajar.


unik ya gan...
kok ane jadi inget kuil shaolin ya
teteup sereum gan ....mudah2an tdk disalah gunakan mengingat tempatnya tertutup gitu ...mudah2an.....
dulunya tempat pembuangan sampah?
sekarang jadi keren gitu ya...
waw ... kapan gw bisa kesitu ya ...
Quote:Original Posted By LaLabi
kok ane jadi inget kuil shaolin ya

kuil saolin adanya lebih sering di tempat yang tinggi kali gan..

Quote:Original Posted By oposalak
teteup sereum gan ....mudah2an tdk disalah gunakan mengingat tempatnya tertutup gitu ...mudah2an.....

mudah2 gak gan ...

Quote:Original Posted By Ryuta23
dulunya tempat pembuangan sampah?
sekarang jadi keren gitu ya...

perubahan yang mantap dan unik ya gan
ada unsur kejawennya juga ya gan.. kok ada tulisan jawanya..
Quote:Original Posted By Keluwing
ada unsur kejawennya juga ya gan.. kok ada tulisan jawanya..

wah ane kurang ngerti yang begituan ane kagum aja gan
mantab......
Quote:Original Posted By simply_boy
mantab......

thanks gan dah mampir..
wow sungguh keren gan
itu bawah tanah gan ? kok sepi amat ya.. santri2nya kemana itu ?
Quote:Original Posted By drakulic
itu bawah tanah gan ? kok sepi amat ya.. santri2nya kemana itu ?

lihat videonya gan....
unik gan bangunannya. banyak tumbuhannya di sekitarnya juga jadi sejuk dilihatnya
Quote:Original Posted By himura77
unik gan bangunannya. banyak tumbuhannya di sekitarnya juga jadi sejuk dilihatnya

iya gan ane tertarik sama ide nya aja gan bener2 unik
×