KASKUS

[share] Perawatan Burung Kicau Agar Cepat Bunyi dan Siap Lomba

tuk para agan2 semua, barang kali mempunyai kiat-kiat agar burung kicauan dirumah dapat cepet bunyi dan siap di ikutkan ajang lomba, mohon kesedian untuk menurunkan ilmunya disiniya, smg bisa berguna bagi para pemula. thks para juragan..salam kicau.
mohon masukan untuk perawatan kacer agar bisa maksimal, masalahnya ane ada kacer bunyi jarang cuma ngeplong2 aja itupun jarang banget, tapi klo di adau dia mau main asik dan goyang2 ekornya, sambil begar dan anti bangong jika ketemu sesama kacer, yg menjadi kendala..jika mendengar kretekan MB kok jadi bagong ya,
pertanyaan gmn menyembuhkannya?
perawatan :
jakrik 5-5
kroto 1 x seminggu
mandi 2 x seminggu
jemur sabtu minggu aja
krodong malam

mohon masukannya ya gan
Quote:Original Posted By jadul0kem
mohon masukan untuk perawatan kacer agar bisa maksimal, masalahnya ane ada kacer bunyi jarang cuma ngeplong2 aja itupun jarang banget, tapi klo di adau dia mau main asik dan goyang2 ekornya, sambil begar dan anti bangong jika ketemu sesama kacer, yg menjadi kendala..jika mendengar kretekan MB kok jadi bagong ya,
pertanyaan gmn menyembuhkannya?
perawatan :
jakrik 5-5
kroto 1 x seminggu
mandi 2 x seminggu
jemur sabtu minggu aja
krodong malam

mohon masukannya ya gan


coba jemur rutin tiap pagi,trus hbs jemur angin2 bentar lalu mandi,setelah kering diangin2 trus krodong ampe sore..
sore buka krodong angin2 bentar,kalo sempet jemur oke juga,trus malam mandi lagi,angin2 trus krodong...
seminggu sekali dimandikan pasir(caranya berikan kotak bekas eskrim diisi pasir lembut yang kering,masukan kedalam kandangnya)
trus jauhkan dari murai,jangan sampai lihat sama sekali...
kacer tipe burung susah untuk lomba gan,mending murai aja...
Quote:Original Posted By jemsbagul
coba jemur rutin tiap pagi,trus hbs jemur angin2 bentar lalu mandi,setelah kering diangin2 trus krodong ampe sore..
sore buka krodong angin2 bentar,kalo sempet jemur oke juga,trus malam mandi lagi,angin2 trus krodong...
seminggu sekali dimandikan pasir(caranya berikan kotak bekas eskrim diisi pasir lembut yang kering,masukan kedalam kandangnya)
trus jauhkan dari murai,jangan sampai lihat sama sekali...
kacer tipe burung susah untuk lomba gan,mending murai aja...


itu dia om, ane ngk ada waktu jemur kecuali sabtu dan minggu.

saran kacer type burung susah untuk lomba akan saya pertimbangkan...mending fokus ke muarai saja ya om... thks saran
Quote:Original Posted By jadul0kem
itu dia om, ane ngk ada waktu jemur kecuali sabtu dan minggu.

saran kacer type burung susah untuk lomba akan saya pertimbangkan...mending fokus ke muarai saja ya om... thks saran


iya mas,soalnya faktor kacer mbagong itu memang sifat dasar dari kacer,sebagus apapun seekor kacer pasti akan mbagong...nah untuk menekan sifat itu perlu kerjakeras ekstra dan rawatan yang benar2 teliti supaya semua setingan mandi,EF,buah,jemur,minum,mandi pasir,krodong,umbaran,dll harus benar2 pas dengan karakter kacer agan...nah disitulah tingkat kesulitan terbesarnya menurut saya...sedangkan untuk murai yang paling penting di awal adalah memilih bahan untuk lombanya,kriteria paling utama adalah mental,kalo masalah suara,isian,stamina dll bisa dilatih gan,tapi mental itu udah bawaan lahir burungnya,tipe burung lapangan atau rumahan...nah saran saya kalo mau beli bahan murai untuk lomba mending cari yang sudah bunyi saja(sudah dirawat orang dari MH sampai bunyi) trus coba di trek sama murai lain yang sudah jadi,kalo dia mau fight ambil gan....itu aja,makanya saya lebih suka ke murai gan...sekedar share aja sih ini,bukan menggurui loh...
cara ternak burung cicak ijo gimana gan..?
Quote:Original Posted By awasjingawas
cara ternak burung cicak ijo gimana gan..?


coba aja gan pake sangkar gantung dan beri gelodok tempurung kelapa,

siapkan betina jantan yg super gacor dan betina yg jinak, jangan langsung di satukan tapi biarkan jejer selama 1 minggu ..coba campurkan di keramba saat mandi..klo tak berkelahi ..coba disatukan, klo masih tarung pisahkan lagi..

ef, kasih yg cukup, selamat mencoba
gan ane jg mo tanya nih
ane punya anis merah usia dewasa
untuk perawatan sekarang :
pagi jangkrik 1 ekor
mandi jemur
sore jangkrik 1 ekor
mandi malam jam 10
seminggu ane kasi kroto 2x , cacing 2x ( selang seling )

trus yang mao ane tanyakan :
kenapa anis merah suka nempel2 paruhnya ke ruji sangkar , kata temen over birahi , trus kalo liat sesama anis merah mala bisa lebih parah kaya mau berantem gt .

thank's gan
Quote:Original Posted By menyun168
gan ane jg mo tanya nih
ane punya anis merah usia dewasa
untuk perawatan sekarang :
pagi jangkrik 1 ekor
mandi jemur
sore jangkrik 1 ekor
mandi malam jam 10
seminggu ane kasi kroto 2x , cacing 2x ( selang seling )

trus yang mao ane tanyakan :
kenapa anis merah suka nempel2 paruhnya ke ruji sangkar , kata temen over birahi , trus kalo liat sesama anis merah mala bisa lebih parah kaya mau berantem gt .

thank's gan


benar itu kondisi AM OB, MB tua memang riskan dengan gejala ini, tapi jangan kuatir pasti ada obatnya asal kita telaten ngerawatnya,
pertanyaan saya apakah AM ente sudah rajin bunyi? atau teler?

perawatan Am ob versi ane ya bro.
1.perwatan ente bisa diteruskan, tapi coba hilangkan dulu kroto dan cacing dari menu harian.
2. kasih pepaya aja tiap hari jangan ganti2
3. tempel agak lama dengan AM ce, klo perlu 1-2 hari biarkan aja dengan segala reaksinya. setelah itu pisahkan, perawatan tetap seperti semula.
4 lepas kerodong kecuali malam (nyamuk) klo dirumah ente steril nyamuk buka aja.
5. embunkan rutin, mandi coba di kasih biar puas dia, 1-2 jam biarkan dikeramba.
6. penjemuran rutin.
7 jauhkan dari AM trotol.

smg dalam waktu kurang dari 2 minggu AM birahinya berkurang.
Quote:Original Posted By menyun168
gan ane jg mo tanya nih
ane punya anis merah usia dewasa
untuk perawatan sekarang :
pagi jangkrik 1 ekor
mandi jemur
sore jangkrik 1 ekor
mandi malam jam 10
seminggu ane kasi kroto 2x , cacing 2x ( selang seling )

trus yang mao ane tanyakan :
kenapa anis merah suka nempel2 paruhnya ke ruji sangkar , kata temen over birahi , trus kalo liat sesama anis merah mala bisa lebih parah kaya mau berantem gt .

thank's gan




ane coba kasih saran yaach gan...
bener tuh AM agan over birahi..

perawatan AM versi ane..
pagi jam 5 buka krodong
jam 7 burung dimandikan kramba hingga puas..
setelah itu angin-angin kan sebentar, lalu jemur..
batas jemur sampe jam 8
ato kalo dirasa udah kering angkat
beri buah pisang ato pepaya.
untuk sementara stop pemberian Ef..
sore jg burung dimandikan
dan malam mandi jg sama seperti kebiasaan agan...
1x seminggu ganti air dalam kramba dengan pasir..
biarkan burung kipu(mandi pasir)

Nb: selama perawatan hindari bertemu dng burung sejenis ato suara burung sejenis
mungkin segini dulu saran dari saya..
semoga cepat stabi lg Am nya
Quote:Original Posted By jadul0kem
mohon masukan untuk perawatan kacer agar bisa maksimal, masalahnya ane ada kacer bunyi jarang cuma ngeplong2 aja itupun jarang banget, tapi klo di adau dia mau main asik dan goyang2 ekornya, sambil begar dan anti bangong jika ketemu sesama kacer, yg menjadi kendala..jika mendengar kretekan MB kok jadi bagong ya,
pertanyaan gmn menyembuhkannya?
perawatan :
jakrik 5-5
kroto 1 x seminggu
mandi 2 x seminggu
jemur sabtu minggu aja
krodong malam

mohon masukannya ya gan


itu si gampang2 susah gan....
nanti ane buatin treednya ya bedasarkan pengalaman ane.....
izin mau kasih tau nih gan... siapa tau mau ikutan...

sekalian titip LOMBA BURUNG BERKICAU TINGKAT NASIONAL
kalau MB perlu diumbar ga sih untuk naikin stamina?
MB ku agak kegemukan nih, gimana ya caranya biar langsing??
intinya..rajin mandiin+jemur aj gan..tiap hari kalo perlu
itu merupakan kebiasaan burung di alamnya
Quote:Original Posted By cropper
kalau MB perlu diumbar ga sih untuk naikin stamina?
MB ku agak kegemukan nih, gimana ya caranya biar langsing??


rawatan versi ane gan,pagi buka krodong,trus biarkan penyesuaian dulu 15mn sambil kasi jangkrik 5,trus jemur 15mnt,trus masuk keramba mandi,setelah puas mandi lalu jemur kenceng tanpa makan(tp minum dikasi) maksimal sampai jam11(disesuaikan dengan kekuatan burung dulu di awal,lama2 juga kuat kok)...
setelah jemur dinginkan 1jm di t4 teduh,masukan makanan lagi&beri kroto 1sdm lalu krodong sampai sore(boleh sambil dimaster)
sore(jm 5an) buka krodong,kasi jangkrik 5,kalo ga hujan pas magrib mandi keramba lagi,setelah mandi dibiarin dulu 1-2jm lalu krodong sampe pagi...kalo hujan ya setelah jangkrik habis ga usah mandi langsung krodong lagi sampe pagi...
lakukan rutin tiap hari,mudah2an dalam 1-3bln udah bisa jadi burung kualitas lapangan...
Quote:Original Posted By cropper
kalau MB perlu diumbar ga sih untuk naikin stamina?
MB ku agak kegemukan nih, gimana ya caranya biar langsing??


sebenarnya sih perlu gan, tapi klo agan ngk punya kandang umbar ganti sangkar dengan yg no 1 trus kasih satu tangkringan aja yg bawah..mandi pagi, ef sesuai kebiasaan agan kasih, gantung deh diteras ...nah pasti sehabis itu dia didis sambil lompat2 naik turun biarkan aja sesuakanya klo dah mata hari muncul agan jemur deh tuh MB sesuai kuatnya dia ya gan jangan dipaksakan bertahap, maklum MB termasuk ngk tahan panas, kecuali MB terlatih...setelah itu angin2kan diteras rumah selama 2 jam...klo agan ada waktu masukan keramba lagi,,jangan di semprot ..biarkan dia mandi sendiri klo mau.
gantung lagi di teras rumah jangan dijemur..setelah kering kerodong....sore buka kembali..kasih ef...malam kerdong lagi...lihat hasilnya dalam seminggu..semoga berubah.

menu ef
jangkrik 6/7 p/s
2/2 uh p/s
kroto 1 sdt pagi aja
Quote:Original Posted By jadul0kem
tuk para agan2 semua, barang kali mempunyai kiat-kiat agar burung kicauan dirumah dapat cepet bunyi dan siap di ikutkan ajang lomba, mohon kesedian untuk menurunkan ilmunya disiniya, smg bisa berguna bagi para pemula. thks para juragan..salam kicau.


menurut ane tergantung karakter burung nya gan, burung sejenis blom tentu sama perawatan dan pola pakan nya ,..bisa2 nya kita mengamati kebiasaan nya,..

mandi, jemur, extra fooding wajid, tinggal di sesuaikan saja dgn karakter burung nya,..

____________________
MB serak biasanya berapa lama untuk sembuh,MB punya saya serak gara2 kesalahan jemur,dijemur lama dibawah terik matahari tanpa air minum, mohon infonya gan
Quote:Original Posted By novanbhineka
MB serak biasanya berapa lama untuk sembuh,MB punya saya serak gara2 kesalahan jemur,dijemur lama dibawah terik matahari tanpa air minum, mohon infonya gan


coba terapi diberi minum larutan penyegar cap k*ki t*ga dulu gan selama 1 minggu...trus voer copot ganti kroto(tapi krotonya dipilihin yang putih2nya aja)..trus jemurnya cukup 30mnt-1jm saja gan tiap hari...mandi juga rutin seperti biasa...mudah2an bisa moncer lagi..
kelas berat semua burungnya....