KASKUS

nais enpoh gan...kbetulna br mau gante ole...ijin baca2 dl yak
-dopost-
Quote:Original Posted By aka3nov


yang mana juga boleh om
itu oli di range harga dan kualitas yang sama.. sama2 API SM kan mereka..
cm beda aditif paling, sama marketing gimmick aja..

asal spesifikasi oli sama yang dianjurkan di manual book cocok, boleh dan bisa dipake..

soal merk itu kembali ke owner mobil nya,, cocok2an aja, lebih percaya merk apa..
soal harga jg itu kembali lagi ke owner,, ga usah maksain pake oli seliter 200rb cm gara2 org blg bagus.. yang bagus kata orang belom tentu bener nya sebagus itu dan kita perlu


Iya gan,ane selama ini uda pake oli sesuai manual booknya.untg aja cukup pakai oli yg hrgnya 200ribuan 1 galon
Ane penasaran aja dr merk2 td apa ada terasa perbedaannya dengan range harga yg ga terlalu jau jg. sapa tau agan2 ada yg pernah bandingin jd bisa share reviewnya

Quote:Original Posted By lesmana85
Agan2, ada pernah komparasi shell hx7 vs mobil super 2000 belum? Bagi reviewnya dong...

Sama kalau kita ganti merk olie apakah perlu di flush dan ganti filter?

Sama ada trik khusus gak dr master2 disini utk bedain olie aspal or original? Katanya sekarang yg aspal uda canggih2 jg packagingnya mirip.

Thanks!


Ane selama ini pake shell HX7 gan.so far sih enak2 aja,ga tau klo yg merk lain yg SAE nya 10w40. Apa lbh mantep ya? Lagi penasaran jg ni,hehe..
gan ada yg pake total disini? ada yg tau ga bedanya total quartz 7000 future gf5 sama yg future xt?
Quote:Original Posted By levelmotorworks
umur oli itu sebetulnya sama aja, kira2 10ribu atau lebih pada oli2 "super". tapi patut diketahui yang namanya berkendara di Jakarta identik dengan yang namanya macet. nah pas macet2an itulah terjadi degradasi oli yang se parah-parahnya!

poin2 penyebab degradasi oli dari kemacetan adalah :

- kilometer-kilometer yang hilang akibat banyak stop. waktu anda macet2an odometer tidak mencatat waktu yang dihabiskan berdiam di jalanan sembari nyala mesin dan setel a/c. kalau tiap 10km btuh waktu tempuh 1 jam kalau macet, sedangkan kecepatan rata2 pengemudi dalam kota 50 km/j, jadi anda kehilangan +/-40km setiap kali kena macet 1 jam/10km.

jadi kalau sehari kena macet 1 jam, ada 40km yang tidak tercatat odometer, dikali 90hari(5000km = 3bulan), oli anda dapat bonus 3600km, jadi sebetulnya mesin anda telah jalan 8600km, (bayangkan kalau ganti di 10000! sama saja dengan 17.200!!!!)

berpikir masih ada 1400km? tunggu dulu..... jangan lupa ada faktor2 lain, yakni ;
-putaran idle pada suhu extrem! ya, waktu macet2 mobil anda ga dapet pasokan udara segar, kinerja oli akan dipakai habis2an. walaupun mesin pada putaran rendah tapi konstan jalan pada suhu maksimum yang dibatasi dan pada perputaran(pressure) oli yang seadanya. jangan lupa iklim kita tropis alias hot!

-ditambah lagi gas polusi dari kendaraan lain yang terhisap lewat filter, menjadi pembakaran yang tidak sempurna, diserap sedikit demi sedikit oleh oli(yang bikin oli item) anda dan nempel di piston dan silinder head(AKA kerak hitam!!!!)

jadi jika anda menyayangi mobil anda, nih ada sedikit saran :
- sebisa mungkin pilih rute yang macetnya paling minim, waktu tempuh sama tapi muter2, lebih baik daripada macet. abis bensin mirip2, dapet keawetan mesin dan kejelasan odometer, jgn lupa lebih "menikmati" berkendara pastinya(ngeeng!!!ngeeeeng!!!!)

-tepati jadwal ganti oli dan filternya!!! oli di 5000-7000km, filter tiap 2X ganti oli....

-kalau emang harus macet2an walaupun se minim2nya en mau tau jadwal yang lebih akurat, diharap pakai rumus ini nihi ;
(jumlah waktu macet/hari X kecepatan rata2 anda kalau ga macet X 90hari)+5000km = perkiraan jarak tempuh aktual mesin anda! jadi anda bisa tau interval ganti oli yang sebenarnya, walaupun rata2 ada di 5000-7000km, lebih effisien jika anda bisa tau sesuai kondisi aktual anda.... contoh ada diatas!

-pakailah oli yang berkualitas, oli2 bagus cenderung lebih tahan lama daripada oli konvensional, ketahanan extra ini berguna kalau2 anda emang "kepepet harus macet" or ga gitu bisa nepatin jadwal ganti oli lagipula tenaga dan pemakaian bensin lebih effisien.

-ingat, oli itu ibarat darah kalau buat manusia, darah kotor, darah jelek = jadi penyakit, penyakit bisa saja ga kerasa tapi tiba2 menyerang mendadak dan dor! begitu juga mesin mobil, efek mungkin perlahan dan tidak kerasa tapi tiba2 dor! jangan sampai terjadi!!!amit amit!!!!!!

tambahan :
mau sehat = butuh sedikit biaya, kalo udah ga sehat = lebih butuh biaya!banyak!!!
itu rumusan asli "mencegah lebih baik daripada mengobati"

Durasi Ganti Oli

Sebuah pertanyaan selalu muncul berapa lama durasi penggantian oli? Beberapa pemilik kendaraan selalu masih merasa ragu dengan rekomendasi BPKB (Buku Petunjuk Kendaraan Bermotor). Pemilik kendaraan dengan asumsi sendiri dan saran beberapa teknisi yang tidak mengikuti perkembangan teknologi oli, durasi pemakaian oli hanya 50% bahkan 25% dari rekomendasi BPKB. Kekhawatiran yang berlebihan bila mengikuti BPKB akan memperpendek usia mesin.

Beberapa konsep durasi penggantian oli mesin.
Setiap 5000 km atau 6 bulan
Konsep ini paling banyak dipakai oleh mayoritas pemilik kendaraan dan beberapa teknisi bengkel juga sering merekomendasikan konsep ini. Dengan meningkatnya teknologi proses pembuatan oli, bila konsep ini diikuti hanya membuang uang percuma.
Berdasarkan lampu indikator oli
Beberapa kendaraan terkini dilengkapi indikator penggantian oli. Pada saat ganti oli, modul akan di-reset oleh bengkel. Sejauh yang saya ketahui, konsep kerja indikator ini berdasarkan jarak tempuh kendaraan yang menghitung mundur sesuai dengan setelan pabrik, yang menyala bila perhitungan mencapai 0 km.
Indikator akan tepat bila kendaraan beroperasi pada kondisi normal dan dioperasian secara teratur. Pada kendaraan dioperasikan pada kondisi ekstrim, pedoman berdasarkan lampu ini tidak berlaku.
Idealnya indikator menyala bila batasan parameter kritis oli terlewati. Bila konsep batasan parameter oli dapat diaplikasikan pada kendaraan, diperoleh benefit penghematan oli dan maintenance cost.
Berdasarkan analisa used oil
Secara berkala tiap menempuh jarak tertentu, oli dianalisa laboratorium untuk uji parameter kritis. Bila parameter terlewati, oli diganti. Konsep ini sulit diaplikasikan pada kendaraan pribadi, biaya analisa yang dikeluarkan hampir sama dengan ganti oli baru. Konsep lebih tepat diaplikasikan pada armada kendaraan banyak seperti taxi dan kendaraan rental dengan merek, tipe mesin dan tahun pembuatan sama. Pada interval tertentu oli diambil sample secara acak, hasil analisa oli dapat dipakai untuk menentukan penggantian oli.
Keuntungan dari analisa laboratorium, dapat mengidentifikasi masalah mesin, sehingga dapat mencegah kerusakan mesin lebih parah.
Persamaan ini mengakomodasi beberapa aspek :
• TBN (Total Base Number) tinggi mencerminkan kemampuan oli untuk bekerja lebih lama.
• Daya dalam satuan Net HP, mesin berdaya besar bekerja lebih berat.
• Isi silinder dalam satuan inchi kubik.
• Konsumsi BBM dalam satuan mile pergallon (mpg), kendaraan yang lebih hemat mencerminkan beban yang lebih ringan.
• Kapasitas oli, kapasitas oli yang lebih besar akan mendistribusikan beban lebih merata.
Persamaan tersebut memprediksi berapa km diganti, asumsi kendaraan dipakai pada kondisi stabil, dan laju penurunan angkan TBN dianggap linear. Konsep ini tidak berlaku pada kendaraan yang pemakaiannya tidak teratur dan jarang dipakai.
Persamaan ini mengakomodasi aspek-aspek :
• Total konsumsi oli, termasuk adanya topping up kerena berkurangnya oli selama durasi pemakaian.
• TBN target rekomendasi Blackstone Labs = 2 mg KOH/gr.
• Diameter silinder yang mencerminkan volume mesin.
• Laju penurunan TBN
Pembuktian Konsep Kublin Method, Paradise Garage Method, dan Heidebrecht Method
Untuk membuktikan apakah konsep-konsep diatas dapat diaplikasikan dengan kondisi sesungguhnya, Amerika telah melakukan uji coba dengan 3 target jarak tempuh 9.660 km, 19.320 km, 28.980 km. Tiap target yang dicapai, oli dianalisa dan dilakukan perhitungan jarak tempuh teoritis.
1. Oli baru :
• Analisa laboratorium oli baru yang di uji mempunyai TBN = 8,0 mgKOH/gr.
• Garansi pembuat oli, mampu menempuh jarak sejauh 28.980 km.
• Jarak tempuh teoritis formula Kublin sejauh 26.680 km.
2. Setelah memempuh jarak 9.660 km.
• Jarak tempuh teoritis rumusan Paradise Garage sejauh 13.710 km.
• Jarak tempuh teoritis rumusan Heidebrecht sejauh 16.704 km.
3. Setelah menempuh jarak 19.320 km.
• Jarak tempuh teoritis rumusan Paradise Garage sejauh 24.559 km.
• Jarak tempuh teoritis rumusan Heidebrecht sejauh 16.704 km.
4. Setelah menempuh jarak 28.980 km.
• Jarak tempuh teoritis rumusan Paradise Garage sejauh 37.085 km.
• Jarak tempuh teoritis rumusan Heidebrecht sejauh 27.839 km.
Dari uji coba tersebut, tingkat akurasi konsep Kublin dan Heidebrecht mendekati realisasi km sebenarnya.
Kesimpulan :
1. Tingkat akurasi konsep Kublin dan Heidebrecht mendekati realisasi km sebenarnya.
2. Oli modern (oli sintetik dan semi sintetik) pada umumnya mempunyai TBN >8,0 mgKOH/gr, secara teoritis mampu melayani kendaraan sampai 28.000 km.
3. Memperpanjang durasi penggantian oli minimum 10.000 km sesuai BPKB, baru menggunakan 30% dari seluruh potensi oli.
4. Konsep penggantian oli tiap 5000 km sudah tidak realistis, selain membuang uang sia-sia, kita harus peduli lingkungan, limbah oli merupakan limbah B3.


WAMH MANTEP NEH IMFORMASINYA GAN, TERUS TERANG ANE MSIH NEWBIE TTG OLI MOBIL, SDKT DAPAET PENCERAHAN..
Quote:Original Posted By rudie caem
Agan2 mau nanya ni, klo dr merk yg sama2 pny SAE 10w40 dr
1. shell helix hx7
2. castrol magnatec
3. mobil super 2000
4. motul multigrade plus
Dari merk2 tsb mending pake yg mana? Dr segi kualitas dan efek di mobil lbh bgs mana?

Thx





Quote:Original Posted By lesmana85
Agan2, ada pernah komparasi shell hx7 vs mobil super 2000 belum? Bagi reviewnya dong...

Sama kalau kita ganti merk olie apakah perlu di flush dan ganti filter?

Sama ada trik khusus gak dr master2 disini utk bedain olie aspal or original? Katanya sekarang yg aspal uda canggih2 jg packagingnya mirip.

Thanks!


diantara ke 4 diatas dan 2 diatas, jelas HX7 menang..dia sintetik sndirian, yg 3 laennya ngaku semi sintetik, dan 1 mineral (motul multigrade plus) jelas beda kelas masbro
Quote:Original Posted By denny ismail
diantara ke 4 diatas dan 2 diatas, jelas HX7 menang..dia sintetik sndirian, yg 3 laennya ngaku semi sintetik, dan 1 mineral (motul multigrade plus) jelas beda kelas masbro


hx7 bukan nya kelas nya sama kayak castrol magnatec 10w-40 ya om?
masih synthetic blend, alias masih semi syn?

cmiiw

soale seinget gw hx7 harga nya malah lebih murah dari pada magnatec.

ASK

permisi gan,, abrusan baca trid dari awal tidak ada bahas oli kia carnival dan renault clio.
KIA Carnival Diesel matic oli mesin saya isi 6,5 liter SHELL RIMULA ganti/ 3000 km bersamaan juga ganti filter olinya karena dipake touring. yang saya bingung rekan rekan carnival sedona ada yang bilang isi dengan 5 liter saja maks 6 liter meditran SX. berhubung buku manual saya hilang dan sekarang malah kliatan rembes oli di seal atas n kalter apa karena salah pilih oli ya.. ?

sekalian nanya untuk renault clio 1400 c 16v manual tahun 2002 oli mesin yang direkomendasikan merk apa, tipe apa, isi berapa liter klo sekalian ganti filternya dan ganti di km berapa. ?? FYI daerah tempat tinggal saya tidak ada macet, jadi clio sering dipake ngebut , buku manual juga hilang thanks gan
Quote:Original Posted By Dr.Apituley
permisi gan,, abrusan baca trid dari awal tidak ada bahas oli kia carnival dan renault clio.
KIA Carnival Diesel matic oli mesin saya isi 6,5 liter SHELL RIMULA ganti/ 3000 km bersamaan juga ganti filter olinya karena dipake touring. yang saya bingung rekan rekan carnival sedona ada yang bilang isi dengan 5 liter saja maks 6 liter meditran SX. berhubung buku manual saya hilang dan sekarang malah kliatan rembes oli di seal atas n kalter apa karena salah pilih oli ya.. ?

sekalian nanya untuk renault clio 1400 c 16v manual tahun 2002 oli mesin yang direkomendasikan merk apa, tipe apa, isi berapa liter klo sekalian ganti filternya dan ganti di km berapa. ?? FYI daerah tempat tinggal saya tidak ada macet, jadi clio sering dipake ngebut , buku manual juga hilang thanks gan


untuk Carnival Diesel
Total(dry engine) 7,1 liter
Oil pan 5,6 liter
Oil filter 0,63 liter
API Service CD, SAE 10W-30
sumber: buku manual KIA Carnival/Sedona
jadi klo ngisi oli mesin tanpa ganti filter 5,6 liter + filter 6,23 liter
kl setelah turun mesin 7,1 liter

untuk renault clio blm ada info gan
Quote:Original Posted By gene00
untuk Carnival Diesel
Total(dry engine) 7,1 liter
Oil pan 5,6 liter
Oil filter 0,63 liter
API Service CD, SAE 10W-30
sumber: buku manual KIA Carnival/Sedona
jadi klo ngisi oli mesin tanpa ganti filter 5,6 liter + filter 6,23 liter
kl setelah turun mesin 7,1 liter

untuk renault clio blm ada info gan



Wuih mantap banget nih komplit datanya
Quote:Original Posted By aka3nov


hx7 bukan nya kelas nya sama kayak castrol magnatec 10w-40 ya om?
masih synthetic blend, alias masih semi syn?

cmiiw

soale seinget gw hx7 harga nya malah lebih murah dari pada magnatec.
iya hx7 'syn technology'

jargon label
http://www.shell.co.id/home/content/...hx7_index.html
--dopost--
Quote:Original Posted By rudie caem
Agan2 mau nanya ni, klo dr merk yg sama2 pny SAE 10w40 dr
1. shell helix hx7
2. castrol magnatec
3. mobil super 2000
4. motul multigrade plus
Dari merk2 tsb mending pake yg mana? Dr segi kualitas dan efek di mobil lbh bgs mana?

Thx


mau bantuin share pengalaman gan...
kebetulan sy suka ganti2 oli dan kebtulan juga pernah coba ke4 nya di atas pd 1 mobil : inova diesel a/t 2010.

1. kalo menurut saya shell biasa2 aja. Ga ada istimewanya...
2. castrol magnatec sedikit lbh agresif di awal pemakaian...tarikan sdk lbh enak, cenderung sedikit lbh boros.
3. mobil super cenderung lbh halus suara mesinnya, tp tarikan berat, lbh boros, tetapi suara mesin halus bahkan sampai 3500km ...kalau yg lain 2500-3000km udah kasar.
4. motul sangat halus di awal penggantian, ttp penurunannya sgt terasa...di km4000 ke atas sgt kasar

kalo boleh saya tambah bbrp merk :
5. total quartz 7000 : sangat halus di awal dan cenderung lbh irit. ttp menjadi boros di km 4000 ke atas...( paling murah harganya )
6. Repsol multivalvulas sangat agresif, tarian jauh lbh moncer, sangat bertenaga. skrg masih jalan 2000km jd lom tahu perubahan di km 4000 ke atas.
7. idemitsu...nothing spesial...spt shell helix
8.fk masimmo diesel dash...tarikan yahud, sedikit kalah kalah ama repsol, tp di atas yg lain...10% lbh boros dibanding yg lain...

semua yg saya coba rata2 sekelas gan...semi syn ( syn technology )
mohon maaf jk tidak berkenan, cm report pemakaian yg saya alami...tdk ada niat u menyinggung atau melecehkan merk2 tertentu...

thanks
Quote:Original Posted By who_dave29
mau bantuin share pengalaman gan...
kebetulan sy suka ganti2 oli dan kebtulan juga pernah coba ke4 nya di atas pd 1 mobil : inova diesel a/t 2010.

1. kalo menurut saya shell biasa2 aja. Ga ada istimewanya...
2. castrol magnatec sedikit lbh agresif di awal pemakaian...tarikan sdk lbh enak, cenderung sedikit lbh boros.
3. mobil super cenderung lbh halus suara mesinnya, tp tarikan berat, lbh boros, tetapi suara mesin halus bahkan sampai 3500km ...kalau yg lain 2500-3000km udah kasar.
4. motul sangat halus di awal penggantian, ttp penurunannya sgt terasa...di km4000 ke atas sgt kasar

kalo boleh saya tambah bbrp merk :
5. total quartz 7000 : sangat halus di awal dan cenderung lbh irit. ttp menjadi boros di km 4000 ke atas...( paling murah harganya )
6. Repsol multivalvulas sangat agresif, tarian jauh lbh moncer, sangat bertenaga. skrg masih jalan 2000km jd lom tahu perubahan di km 4000 ke atas.
7. idemitsu...nothing spesial...spt shell helix
8.fk masimmo diesel dash...tarikan yahud, sedikit kalah kalah ama repsol, tp di atas yg lain...10% lbh boros dibanding yg lain...

semua yg saya coba rata2 sekelas gan...semi syn ( syn technology )
mohon maaf jk tidak berkenan, cm report pemakaian yg saya alami...tdk ada niat u menyinggung atau melecehkan merk2 tertentu...

thanks


menurut ane share agan ga menyinggung kok
itu kan sumbernya dari pengalaman agan pake oli itu di innova diesel a/t 2010
mungkin kl dari pengalaman agan2 yg lain pasti ada perbedaan
Quote:Original Posted By denny ismail



diantara ke 4 diatas dan 2 diatas, jelas HX7 menang..dia sintetik sndirian, yg 3 laennya ngaku semi sintetik, dan 1 mineral (motul multigrade plus) jelas beda kelas masbro


Wah yg motul msh mineral ya ternyata..

Quote:Original Posted By denny ismail
iya hx7 'syn technology'

jargon label
http://www.shell.co.id/home/content/...hx7_index.html


Tynata cm jargon teknologi nya aja y,bkn oli nya yg syn

Quote:Original Posted By who_dave29


mau bantuin share pengalaman gan...
kebetulan sy suka ganti2 oli dan kebtulan juga pernah coba ke4 nya di atas pd 1 mobil : inova diesel a/t 2010.

1. kalo menurut saya shell biasa2 aja. Ga ada istimewanya...
2. castrol magnatec sedikit lbh agresif di awal pemakaian...tarikan sdk lbh enak, cenderung sedikit lbh boros.
3. mobil super cenderung lbh halus suara mesinnya, tp tarikan berat, lbh boros, tetapi suara mesin halus bahkan sampai 3500km ...kalau yg lain 2500-3000km udah kasar.
4. motul sangat halus di awal penggantian, ttp penurunannya sgt terasa...di km4000 ke atas sgt kasar

kalo boleh saya tambah bbrp merk :
5. total quartz 7000 : sangat halus di awal dan cenderung lbh irit. ttp menjadi boros di km 4000 ke atas...( paling murah harganya )
6. Repsol multivalvulas sangat agresif, tarian jauh lbh moncer, sangat bertenaga. skrg masih jalan 2000km jd lom tahu perubahan di km 4000 ke atas.
7. idemitsu...nothing spesial...spt shell helix
8.fk masimmo diesel dash...tarikan yahud, sedikit kalah kalah ama repsol, tp di atas yg lain...10% lbh boros dibanding yg lain...

semua yg saya coba rata2 sekelas gan...semi syn ( syn technology )
mohon maaf jk tidak berkenan, cm report pemakaian yg saya alami...tdk ada niat u menyinggung atau melecehkan merk2 tertentu...

thanks


Thx bgt gan reviewnya... Mantep infonya Klo repsol multivalvulas itu bisa dipake di mesin bensin jg y gan?

Ke depannya mgkn mau coba castrol magnatec dl ni buat di honda city v-tec ane
Quote:Original Posted By who_dave29


7. idemitsu...nothing spesial...spt shell helix


skrg di teko ane pake extrem eco 10w30 so far so good..enteng...... msh hydrokrack mineral, blm synth... penguapan klo ane cek terakhir sih minim..

badewey dijejaring sosial tetangga sbelah lagi ada promo tuh buy 3 get 1
Quote:Original Posted By who_dave29
mau bantuin share pengalaman gan...
kebetulan sy suka ganti2 oli dan kebtulan juga pernah coba ke4 nya di atas pd 1 mobil : inova diesel a/t 2010.

1. kalo menurut saya shell biasa2 aja. Ga ada istimewanya...
2. castrol magnatec sedikit lbh agresif di awal pemakaian...tarikan sdk lbh enak, cenderung sedikit lbh boros.
3. mobil super cenderung lbh halus suara mesinnya, tp tarikan berat, lbh boros, tetapi suara mesin halus bahkan sampai 3500km ...kalau yg lain 2500-3000km udah kasar.
4. motul sangat halus di awal penggantian, ttp penurunannya sgt terasa...di km4000 ke atas sgt kasar

kalo boleh saya tambah bbrp merk :
5. total quartz 7000 : sangat halus di awal dan cenderung lbh irit. ttp menjadi boros di km 4000 ke atas...( paling murah harganya )
6. Repsol multivalvulas sangat agresif, tarian jauh lbh moncer, sangat bertenaga. skrg masih jalan 2000km jd lom tahu perubahan di km 4000 ke atas.
7. idemitsu...nothing spesial...spt shell helix
8.fk masimmo diesel dash...tarikan yahud, sedikit kalah kalah ama repsol, tp di atas yg lain...10% lbh boros dibanding yg lain...

semua yg saya coba rata2 sekelas gan...semi syn ( syn technology )
mohon maaf jk tidak berkenan, cm report pemakaian yg saya alami...tdk ada niat u menyinggung atau melecehkan merk2 tertentu...

thanks


Iya benerr gan, justru share seperti ini yg kita perlukan,
walaupun hny berdasrkan opini, tapi kan agan perna merasakan efek dr masing2 oli tsb :
sundul trit bagus
Quote:Original Posted By gene00
untuk Carnival Diesel
Total(dry engine) 7,1 liter
Oil pan 5,6 liter
Oil filter 0,63 liter
API Service CD, SAE 10W-30
sumber: buku manual KIA Carnival/Sedona
jadi klo ngisi oli mesin tanpa ganti filter 5,6 liter + filter 6,23 liter
kl setelah turun mesin 7,1 liter

untuk renault clio blm ada info gan


makasi infonya gan.. carnival diesel shell rimula uda cukup yaa.. saya ga nuntut performa ngebut kok..
wah, bagus nih gan threadnya, bermanfaat banget buat ane yg masih newbie dan baru punya mobil. semoga aja ane jadi lebih ngerti seluk beluk mobil ane.
go go
×