Quote:Original Posted By Innocent87
ane d rumpin gan!ayoklah kt saling sharing2,,agan kayoyoh jg posisi d parung dah..ane rencana jg mo bkunjung k kandang dy!hehe..


kapan nih maen ke kandang agan, kandang ane d blitar....

PM PM aja ya gan
Quote:Original Posted By anggara13
Wuihhh...Makin rame aja ne milis..Keren..keren...Maju terus para Pendekar Dunia per-Bebek-an Indonesia..

Ane juga mau share ne Gan..Ane udah jalan ternak bebek jantan, sekarang bebek Ane umur 1 Bulan dengan berat rata2 850 gram (650 - 1100 gram)..Bebek yang ane pelihara 1000 ekor, tapi sekarang tinggal 900 ekor..Di sini ane mau sharing..

Bebek ane kebanyakan mati pada waktu umur 1-2 minggu..Tapi Ane g mau Suudzon sama supplier DOD ato supplier Pakan..Sebenernya pengaruh terbesar dari kematian massal bebek yang diternakkan adalah Manajemen Pemeliharaan yang kita terapkan, khususnya pada periode starter..Dari hasil analisa sederhana saya, kematian massal bebek yang dipelihara disebabkan oleh hal-hal sbb :

1. Inkonsistensi terpenuhinya kebutuhan suhu yang ideal bagi DOD..Idealnya suhu kandang usia 0-1 minggu = 34-36 derajat Celcius, 1-2 minggu = 32-34 derajat Celcius..2-3 minggu 28-30 derajad Celcius..Inkonsistensi dapat menyebabkan DOD kedinginan dan kehilangan panas tubuhnya sehingga menghambat proses pertumbuhan-nya..Solusinya, bisa dengan menggunakan indukan pemanas dengan bahan bakar Listrik, Gas atau Batu Bara..Selain itu Kandang Starter dikondisikan agar DOD tidak terkena angin secara langsung (Solusinya dengan memasang terpal di sekeliling kandang)

2. Kepadatan populasi dalam kandang (Kasus ini adalah penyebab terbesar kematian bebek-bebek Ane)..Idealnya dalam satu kandang jumlah maksimal diisi dengan 100 ekor dengan maksimal toleransi 150 ekor..Lebih dari 150 akan menyebabkan kompetisi (makan) yang tidak sehat dan bebek cenderung untuk selalu bersama-sama, rawan saling injak yang dapat menyebabkan kematian..

Standar kepadatan populasi/m2 yaitu; Usia 0-1 minggu = 100-50ekor/m2, 1-2 minggu = 50-25 ekor/m2, 2-3 minggu = 25-20 ekor/m2, 3-4 minggu = 20-15 ekor/m2, 4minggu-panen = 15-10 ekor/m2 (Data ini hasil analisa saya sendiri)..Sangat disarankan untuk selalu mengecek kondisi kepadatan kandang, kalau sudah terlihat sesak, segera kurangi kepadatannya dengan cara perlebar kandang..

3. Manajemen Sanitasi dan Sirkulasi Udara dalam Kandang (Kasus ini dapat menyebabkan Bebek terkena penyakit Pernafasan jika tidak dikelola dengan baik)..Pada masa starter kandang diselimuti oleh terpal, hal ini mengakibatkan sirkulasi udara kurang lancar..Solusinya, Lakukan buka tutup terpal dengan mempertimbangkan kondisi cuaca..Siang hari ketika suhu udara panas, terpal bisa dibuka..Cara membuka terpal dilakukan secara bertahap..Terpal dibuka 1/3 bagian dari bagian atas atau bawah, beberapa hari selanjutnya bisa diperbesar bagian yang dibuka..Sangat disarankan untuk mengecek kondisi di dalam kandang dengan cara memasukinya, kalau Kita merasa tidak nyaman (Bau, Lembab dan Pengab) berarti bebek yang kita pelihara juga merasa tidak nyaman..Segera perbaiki kondisi lingkungan dalam kandang.

4. Manajemen Pakan (Kasus ini dapat menyebabkan pertumbuhan yang tidak seragam dan kompetisi yang tidak adil jika tidak dikelola dengan baik)...Pergunakan tempat pakan dengan jumlah yang cukup, tempat pakan terlalu sedikit mengakibatkan tidak semua bebek bisa makan secara bersamaan, akibatnya bebek yang kalah berkompetisi akan kekurangan asupan nutrisi pakan sehingga pertumbuhannya menjadi lebih lambat..Solusinya, lakukan seleksi secara berkala..Pisahkan bebek yang kalah pertumbuhannya di kandang khusus agar dapat mengejar pertumbuhannya..Oya, usahakan minuman selalu tersedia..Tempat makan dan minum juga harus dalam keadaan bersih setiap hari..Tempat makan dan minum yang kotor adalah media yang baik untuk bakteri penyakit..

Oke Gan..Sementara ini dulu yang bisa Ane share..Semoga bermanfaat..Salam sukses...

NB : Bagi Agan yang berminat beli Karkas Bebek, Ane siap support..Bisa Japri di 085640115286 atau di anggara_nut@yahoo.co.id..Ane tunggu kabar baiknya..Terima kasih


mantap gan sarannya bagus bener...
kyknya uda pengalaman banget... thx sharing nya gan...



Quote:Original Posted By cinangkesley
sip-sip ane juga setuju tuhh... knapa qt ngak buat macem kelompok tani gt or koperasi.. itu ide bagus gann...
salam duniaku-ternakku


ide bagus tuh gan.. sapa yg berminat jd ketua nya??
Quote:Original Posted By bangaulona
mantap kali gan...
ga salah tuh ampe keluar dr tempat kerja? (ane jg pgn keluar dr gawe n mo ternak bebek yg banyak) sayang msh blm bisa ey... kudu ngumpulin modal yg banyak dl n klo ilmu uda tinggi baru out (doain ane gan....)
pelan2 aja gan, ane jg yakin pasti menguntungkan bisnis bebek....
kita org sama2 belajar disini gan..
disini banyak mastah2nya... tinggal lempar pertnyaan pst ada yg jawab hehehe
btw lokasi dimana gan?

salam sukses semua nya..........




utk bogor, coba ditny tuh ke agan sangdewa.. klo ngak salah dia di bogor jg gan...
kyknya org bogor banyak jg disini gan... :P




iya gan .. thanks yaa gan, seneng juga gw bisa ikut di kaskus bisa ketemu ma kalian semuanyaa... ane masih buta bgt.. tapii ane nekatt.. kapan lagii.. ane da pengen fokus n resign kerjaan ane.. da terlanjur habis bnyak gan.. buat pembangunanny.. bagii ilmu nya gan.. dri pengalaman kalian smua.. thank y for all..
Quote:Original Posted By mas_dab
lama gak berkunjung ke mari


kandang sudah jadi, tinggal nyari penghuninya.

ada contact penyedia bayah petelur daerah jogja dan sekitarnya ?

suwun



ane juga nyari bayah petelur area semarang, ane baru mau mulai juli nanti, paling 100 ekor dulu.mohon infonya ya gan..trims..

domain thersdes

Quote:Original Posted By bakuledan
ane juga nyari bayah petelur area semarang, ane baru mau mulai juli nanti, paling 100 ekor dulu.mohon infonya ya gan..trims..


ho ho masih sama belum dapet ya gan?

lagi nunggu agan superhayesekali, tapi beliau lama ndak online nih
atau ada agan yang punya link penyedia bayah petelur
Quote:Original Posted By mas_dab
ho ho masih sama belum dapet ya gan?

lagi nunggu agan superhayesekali, tapi beliau lama ndak online nih
atau ada agan yang punya link penyedia bayah petelur


yang nunggu mastah superhaye ternyata bukan ane doang..
seminggu lagi dia balik dr padang katanya gan....
Quote:Original Posted By Innocent87
ane d rumpin gan!ayoklah kt saling sharing2,,agan kayoyoh jg posisi d parung dah..ane rencana jg mo bkunjung k kandang dy!hehe..


sip, ane da komunikasi juga sam koyoyoh, nntilah kapan qt ktmu biar qt bisa saling share, klo bisa qt buat kelompok ja gan di parung, x aja dpet batuan dri pemerintah... amien
Demi Teraturnya Harga KoperBekas,mari kita samakan Harga :

Sekitar Jabodetabek :
- Kondisi Hidup : Berat min 1.2 kg = Rp. 25.000 (min)
- Karkas : Berat min 0.8 kg = Rp 30.000 (min)

Sekitar Bandung :
- Kondisi Hidup : Berat Min 1.2 kg = Rp 24.000 (min)

Untuk daerah lain (Jateng,Jatim) bisa di kondisikan & infokan di sini

Stabilkan Harga,apalagi menjelang Bulan puasa & Lebaran,
Pasti banyak pengepul2 yg borong dgn Harga murah. Tolong rekan2 kondisikan.

nb. Info ini di tujukan untuk semua (yg merasa) member KoperBekas,jika tidak merasa,silahkan anda jalan sendiri saja.

Terima Kasih


Salam KoperBekas
Quote:Original Posted By sangdewa
Demi Teraturnya Harga KoperBekas,mari kita samakan Harga :

Sekitar Jabodetabek :
- Kondisi Hidup : Berat min 1.2 kg = Rp. 25.000 (min)
- Karkas : Berat min 0.8 kg = Rp 30.000 (min)

Sekitar Bandung :
- Kondisi Hidup : Berat Min 1.2 kg = Rp 24.000 (min)

Untuk daerah lain (Jateng,Jatim) bisa di kondisikan & infokan di sini

Stabilkan Harga,apalagi menjelang Bulan puasa & Lebaran,
Pasti banyak pengepul2 yg borong dgn Harga murah. Tolong rekan2 kondisikan.

nb. Info ini di tujukan untuk semua (yg merasa) member KoperBekas,jika tidak merasa,silahkan anda jalan sendiri saja.

Terima Kasih


Salam KoperBekas



melengkapi
kemaren ane ngecek
- dedak rp 1800-2ribu/kilo
-dod jantan - 3800-4ribu
-dod satu paket (betina,jantan/100ekor) - 5rb ( harga majalaya )
HARGA JATINANGOR, RANCA EKEK
- Kondisi Hidup : Berat min 1.2 kg = Rp. 27.000 (min)
- Karkas : Berat min 0.8-0.9 kg = Rp 31.000 (min)

itu harga ke warung makan bebek...
pertahankan harga,,klu bisa ditingkatin..*siap2 lebaran...
mana aja nih agan2 yg punya kandang di daerah parung bogor.. qt buat suatu kelompok tani or koprasi aja gtu gan gmn??? biar qt juga bisa saling share berbagi pengalaman.. yg terpenting bisa dapetin modal dari pemerintah..

qt succeskan dunia bebek..

bukannya ane sok pinter yaa.. tapi ane juga pengen maju gan.. pengen punya usaha sendiri.. klo qt bersama-sama kan lebih gampang menuju succesny... betul ngak?? hehehehe
Quote:Original Posted By xidal002
melengkapi
kemaren ane ngecek
- dedak rp 1800-2ribu/kilo
-dod jantan - 3800-4ribu
-dod satu paket (betina,jantan/100ekor) - 5rb ( harga majalaya )
HARGA JATINANGOR, RANCA EKEK
- Kondisi Hidup : Berat min 1.2 kg = Rp. 27.000 (min)
- Karkas : Berat min 0.8-0.9 kg = Rp 31.000 (min)

itu harga ke warung makan bebek...
pertahankan harga,,klu bisa ditingkatin..*siap2 lebaran...


tu yg jual hidup daerah mana jtnangornya gan???
tinggi amiirr hrganya ya..
Quote:Original Posted By sangdewa
Demi Teraturnya Harga KoperBekas,mari kita samakan Harga :

Sekitar Jabodetabek :
- Kondisi Hidup : Berat min 1.2 kg = Rp. 25.000 (min)
- Karkas : Berat min 0.8 kg = Rp 30.000 (min)

Sekitar Bandung :
- Kondisi Hidup : Berat Min 1.2 kg = Rp 24.000 (min)

Untuk daerah lain (Jateng,Jatim) bisa di kondisikan & infokan di sini

Stabilkan Harga,apalagi menjelang Bulan puasa & Lebaran,
Pasti banyak pengepul2 yg borong dgn Harga murah. Tolong rekan2 kondisikan.

nb. Info ini di tujukan untuk semua (yg merasa) member KoperBekas,jika tidak merasa,silahkan anda jalan sendiri saja.

Terima Kasih


Salam KoperBekas


SETUJU.......


udah lama ane gak ngasih komentar nih,
soalnya masih agak disibukkan ama harga yang makin turun di minggu terakhir ini...

analisa sementara ,
yg turut andil dlm turunnya harga jual dari peternak,
antara lain:

pertama,
supply dari pengepul di daerah luar ke jabodetabek dan bandung
solusi: peternak luar kota sebaiknya membuat standar minimum HBH (harga bebek hidup), jalin kerjasama dgn rekan peternak luar kota..

kedua,
survey harga bebek online di media internet
menjadikan kita sebagai peternak, takut untuk menentukan harga jual yg layak,
solusi: kita harus PD dalam menentukan harga jual, buat komunitas peternak lokal agar bisa berbagi info dan meningkatkan rasa percaya diri
walaupun ada yg jual murah, kita tetep jual dgn harga layak..

ketiga,
biasanya kalo pengepul udah nentuin harga tawar, kadang kita merasa bahwa itu adalah harga standar pasaran.
solusi: sering survey ke pasar langsung, atau ke restoran atau tukang pecel lele dan semisalnya.

aktivitas yg perlu kita lakukan:
pertama
kita harus sering sering menyamakan harga jual di wilayah kita sendiri, seperti yg di lakukan agan sang dewa ini
kedua
ajaklah saudara, kerabat, adik, kakak, nenek, kakek dan semua yg agan agan kenal supaya mereka bergabung dalam koperbekas...
dan agar jgn sampe ada salah seorang diantara mereka yg membuat forum KOPULBEKAS (komunitas pengepul bebek kaskus)
karena lambat laun, pasti akan "mengancam kehidupan" KOPERBEKAS



buat agan agan di parung, kalo mau ngumpul kabarin ya...
kali aje ane bisa ikut...
banyak juga peternak bebek di parung ya.. bisa bisa parung jadi kota bebek..
Quote:Original Posted By sangdewa
Demi Teraturnya Harga KoperBekas,mari kita samakan Harga :

Sekitar Jabodetabek :
- Kondisi Hidup : Berat min 1.2 kg = Rp. 25.000 (min)
- Karkas : Berat min 0.8 kg = Rp 30.000 (min)

Sekitar Bandung :
- Kondisi Hidup : Berat Min 1.2 kg = Rp 24.000 (min)

Untuk daerah lain (Jateng,Jatim) bisa di kondisikan & infokan di sini

Stabilkan Harga,apalagi menjelang Bulan puasa & Lebaran,
Pasti banyak pengepul2 yg borong dgn Harga murah. Tolong rekan2 kondisikan.

nb. Info ini di tujukan untuk semua (yg merasa) member KoperBekas,jika tidak merasa,silahkan anda jalan sendiri saja.

Terima Kasih


Salam KoperBekas


mudah mudahan kalimat yg ane warnain itu gak ada sasarannya..
benrkan gan??


peace...
Quote:Original Posted By yulius_adjie
Nama saya yudi , baru minggu kemaren pelihara 500 ekor DOD jantan (target untuk bebek pedaging)...beli anakan bebek DOD (umur 1-7 hari) perekor @3200 rupiah ....modal bikin kandang (agak mahal ,atap seng dan penutup pagar keliling dengan gedhek) 2jt udah termasuk tukang ....prediksi daya tahan kandang sampe 5 tahun .ini sudah masuk minggu pertama dan puji syukur tidak ada yg mati .

pandangan saya pelihara bebek pedaging karena mudah ngejualnya,tidak perlu pemasaran dan bahkan para pedagang langsung mampir ke kita ,ini pengalaman saya ketika pelihara menthok .

kebetulan lokasi ada di belakang rumah di jepara . ukuran kandang 10 m x 20 m,kolam penting banget untuk di buat brur ,minimal 1m x 1m .

dulu saya ragu terjun di bisnis ini ,setelah iseng iseng pelihara sepasang menthok ,yg mana sekarang jadi 20 pasang ,akhir nya saya berani pelihara bebek .
yg perlu di ingat ,usaha ternak bebek lebih bagus jika merupakan sambilan usaha di luar maincore bisnis/kerjaan anda .
Kalo masalah pakan mudah brur ....pesan bekatul , sama beli jeroan ikan yg biasanya di buang di pasar pasar ...kalo baru umur 2 minggu harus sering kasih makanan komersil (pokhand dll ) ,kalo tidak ada jeroan ? kasih tambahan makanan Tepung Ikan Kualitas Biasa dari blitar perkilo 3400 rupiah , nutrisinya bagus juga ...

Bisnis bebek ini merupakan sambilan buat saya,selain ini saya punya bisnis usaha kecil seperti warnet (bimo.net -jogja), bengkel motor (mulan motor -jepara) sama usaha terima gadai/beli kecil kecilan ....

met sukses usaha ternak bebek .....


mau tanya gan, kalo bebek pedaging emang brp bulan bisa d panen, dan laba bersih dari 500 bebek brpaan?
Quote:Original Posted By mamexz
selamat malam haye....
mau nanya nee....
da yang domisili jogja ga???
\t saya ya...
sekalian mw nanya nee....da yang tw tempat beli multivitamin merk "mineral bebek" ga??ane cman inget produsennya dari semarang....\t ya
\t makasih


ane di yogya gan,farm di purwomartani,kalasan,ane juga punya toko pakan sendiri di jalan yogya-solo Km 14 no 15 nama tokonya Gracia's Kawara gan,ada thu di toko ane mioneral bebek,main aja sekalian ntar ngobrol2.hehe.thx

info penjual

ada yang jual DOD daerah tangerang?

ato yang di parung

saya mw usaha untuk bebek pedaging
Quote:Original Posted By sangdewa
Demi Teraturnya Harga KoperBekas,mari kita samakan Harga :

Sekitar Jabodetabek :
- Kondisi Hidup : Berat min 1.2 kg = Rp. 25.000 (min)
- Karkas : Berat min 0.8 kg = Rp 30.000 (min)

Sekitar Bandung :
- Kondisi Hidup : Berat Min 1.2 kg = Rp 24.000 (min)

Untuk daerah lain (Jateng,Jatim) bisa di kondisikan & infokan di sini

Stabilkan Harga,apalagi menjelang Bulan puasa & Lebaran,
Pasti banyak pengepul2 yg borong dgn Harga murah. Tolong rekan2 kondisikan.

nb. Info ini di tujukan untuk semua (yg merasa) member KoperBekas,jika tidak merasa,silahkan anda jalan sendiri saja.

Terima Kasih


Salam KoperBekas


siyap gan......86.....:

saia aja masih nyari pembeli buat bebek karkas nich....
kmaren nyoba nawarin ke pontianak, ternyata prosedur dari bandara agak belibet......
Quote:Original Posted By vpd225

SETUJU.......


udah lama ane gak ngasih komentar nih,
soalnya masih agak disibukkan ama harga yang makin turun di minggu terakhir ini...

analisa sementara ,
yg turut andil dlm turunnya harga jual dari peternak,
antara lain:

pertama,
supply dari pengepul di daerah luar ke jabodetabek dan bandung
solusi: peternak luar kota sebaiknya membuat standar minimum HBH (harga bebek hidup), jalin kerjasama dgn rekan peternak luar kota..

kedua,
survey harga bebek online di media internet
menjadikan kita sebagai peternak, takut untuk menentukan harga jual yg layak,
solusi: kita harus PD dalam menentukan harga jual, buat komunitas peternak lokal agar bisa berbagi info dan meningkatkan rasa percaya diri
walaupun ada yg jual murah, kita tetep jual dgn harga layak..

ketiga,
biasanya kalo pengepul udah nentuin harga tawar, kadang kita merasa bahwa itu adalah harga standar pasaran.
solusi: sering survey ke pasar langsung, atau ke restoran atau tukang pecel lele dan semisalnya.


aktivitas yg perlu kita lakukan:
pertama
kita harus sering sering menyamakan harga jual di wilayah kita sendiri, seperti yg di lakukan agan sang dewa ini
kedua
ajaklah saudara, kerabat, adik, kakak, nenek, kakek dan semua yg agan agan kenal supaya mereka bergabung dalam koperbekas...
dan agar jgn sampe ada salah seorang diantara mereka yg membuat forum KOPULBEKAS (komunitas pengepul bebek kaskus)
karena lambat laun, pasti akan "mengancam kehidupan" KOPERBEKAS



buat agan agan di parung, kalo mau ngumpul kabarin ya...
kali aje ane bisa ikut...
banyak juga peternak bebek di parung ya.. bisa bisa parung jadi kota bebek..


mengenai yang ane blod gan kita di daerah sebetul nya tau kalo harga pasar segitu tp apa daya kalo tetep kita tahan kita jg rugi di pakan jd selama kita di sini blom bisa di riin minimal koperasi atau kelompok tani maka selama nya kita berdiri dan berlari sendiri, gini aja kalo mang di jabotabek atau di mana aja yang butuh pasokan bebek kita data berapa total kebutuhan nya dan berapa kapasitas produksi anak2 koper bekas jadi akan terjadi sinergi antara peternak dan pengepul "intinaya putus rantai dr pengepul ke peternak melalui mekanisme kelompok tani atau koprasi tsbt seperti petani jagung di daerah saya"

Smile 

Quote:Original Posted By xidal002
sip gan ...diterima...nuhun

btw kandang agan dimn?? mojosari atw kedu ada ga???

klu dikirim ke majalaya bisa gan>> ??brpa gan,,



salam kenal gan...

newbie pingin ternak bebek jg neh...kebetulan ane domisili di ciparay-bandung selatan...gimana progress ternaknya gan?? mudah2an bisa saling share n kasih pencerahan bt ane yg pingin mulai ternak jg neh
Gan sorry neh,ane newbie mau nanya,,,beda ga antara bebek,enthok,dan itik ? ane bingung gan,,,