Tanya Tips dan Tanya Trik Nyetir Mobil Matic di segala medan jalan

Para Suhu2 sekalian,

Ane masih awam soal nyetir mobil matic, karna belajar nyetir pake mobil manual dan lama nyetir mobil manual.Sekarang ane bawa mobil matic nih, cuman masih belum mahir banget.

Ane mau nanya gan:
1.Kalo mobil matic sedang macet dalam tanjakan curam, apakah kita hanya injak gas-rem-gas-rem aja, atau ada trik lain?

2. Kalo nyetir mobil manual di tanjakan, kita kan bisa menggunakan cara injak setengah saja pedal kopling supaya mobil ga mundur, kalau di matic, ada trik yang sama dengan setengah kopling ini ga? atau hanya mengandalkan rem saja?

Minta tolong di share juga pengalaman para suhu2 agan2 sekalian yang udah malang melintang di dunia mobil matic ke ane yang masih bau kencur ini soal matic

Quote:Original Posted By gungrifon2
Para Suhu2 sekalian,

Ane masih awam soal nyetir mobil matic, karna belajar nyetir pake mobil manual dan lama nyetir mobil manual.Sekarang ane bawa mobil matic nih, cuman masih belum mahir banget.

Ane mau nanya gan:
1.Kalo mobil matic sedang macet dalam tanjakan curam, apakah kita hanya injak gas-rem-gas-rem aja, atau ada trik lain?

2. Kalo nyetir mobil manual di tanjakan, kita kan bisa menggunakan cara injak setengah saja pedal kopling supaya mobil ga mundur, kalau di matic, ada trik yang sama dengan setengah kopling ini ga? atau hanya mengandalkan rem saja?

Minta tolong di share juga pengalaman para suhu2 agan2 sekalian yang udah malang melintang di dunia mobil matic ke ane yang masih bau kencur ini soal matic



1. iya.

2. gak ada. cuma modal gas rem.

semuanya berdasarkan kebiasaan gw.
soalnya dari dulu belajar matic, jalan ya jalan biasa, panteng di D
tanjakan dalemin gasnya
turunan direm

ngga tau yah kalo ada cara lain
Quote:Original Posted By Ch_Z
1. iya.

2. gak ada. cuma modal gas rem.

semuanya berdasarkan kebiasaan gw.
soalnya dari dulu belajar matic, jalan ya jalan biasa, panteng di D
tanjakan dalemin gasnya
turunan direm

ngga tau yah kalo ada cara lain


Kalo lagi macet banget di tanjakan yang curam berarti harus cepet pindah antara gas dan rem bolak balik gitu ya gan...
mungkin perlu banyak pengalaman dijalan ya buat ane supaya mahir nya
Quote:Original Posted By gungrifon2
Para Suhu2 sekalian,

Ane masih awam soal nyetir mobil matic, karna belajar nyetir pake mobil manual dan lama nyetir mobil manual.Sekarang ane bawa mobil matic nih, cuman masih belum mahir banget.

Ane mau nanya gan:
1.Kalo mobil matic sedang macet dalam tanjakan curam, apakah kita hanya injak gas-rem-gas-rem aja, atau ada trik lain?

2. Kalo nyetir mobil manual di tanjakan, kita kan bisa menggunakan cara injak setengah saja pedal kopling supaya mobil ga mundur, kalau di matic, ada trik yang sama dengan setengah kopling ini ga? atau hanya mengandalkan rem saja?

Minta tolong di share juga pengalaman para suhu2 agan2 sekalian yang udah malang melintang di dunia mobil matic ke ane yang masih bau kencur ini soal matic




trik lain, pindahin ke N, tarik rem tangan. di mobil yg persneling nya garis lurus, dari D ke N bisa dipindahin tanpa harus mencet tombol tuas. jadi tinggal dorong tuasnya dari D ke N, 1 step. kalo mau jalan, tinggal tarik tuas nya dari N ke D, lepas rem tangan, gas

soalnya dengan posisi di D, tapi mobil gak jalan (kita injak rem), sama aja kyk setengah kopling. byk energi yg ketahan/kebuang, boros bensin, kampas rem loh. selain itu kaki ga pegel krn nginjak rem terus

Quote:Original Posted By gungrifon2
Kalo lagi macet banget di tanjakan yang curam berarti harus cepet pindah antara gas dan rem bolak balik gitu ya gan...
mungkin perlu banyak pengalaman dijalan ya buat ane supaya mahir nya

pake bantuan rem tangan kan jg bisa
Quote:Original Posted By gungrifon2
Kalo lagi macet banget di tanjakan yang curam berarti harus cepet pindah antara gas dan rem bolak balik gitu ya gan...
mungkin perlu banyak pengalaman dijalan ya buat ane supaya mahir nya


Quote:Original Posted By Karakura.Blue
pake bantuan rem tangan kan jg bisa




betoul... mo manual, rem tangan jangan lupa.

matic

Berhenti: rem-rem tangan-pindah N (klo gw sukanya tetep injek rem, mo matik mo manual)

Jalan: Rem Kaki-pindahin ke D, or D3, or D2-gas sambil nurunin rem tangan

sama aja konsepnya ma mobil manual..
makasih gan, ane ngerti sekarang, ternyata sama aja prinsipnya ama manual..

btw gan, mobil matic itu bisa di start pas transmisi di N atau harus di pindah ke P dulu baru bisa di start?
Trus semua mobil matic itu apakah ga bisa dicabut kunci kontaknya jika transmisi tidak sedang di P? kalau transmisi di N, kunci kontak bisa dicabut ga?
Quote:Original Posted By gungrifon2
makasih gan, ane ngerti sekarang, ternyata sama aja prinsipnya ama manual..

btw gan, mobil matic itu bisa di start pas transmisi di N atau harus di pindah ke P dulu baru bisa di start?
Trus semua mobil matic itu apakah ga bisa dicabut kunci kontaknya jika transmisi tidak sedang di P? kalau transmisi di N, kunci kontak bisa dicabut ga?


bisa pake shift lock

tips dari ane

D1 = enak buat jalanan macet mepet2x
D2 = enak buat salip2xan di dalkot
D3 = buat bante2x di tol
D = nyante mode sama buat ngirit bensin aktifin 4 sama 5

mobil ane CRV K24 btw
Quote:Original Posted By gungrifon2
makasih gan, ane ngerti sekarang, ternyata sama aja prinsipnya ama manual..

btw gan, mobil matic itu bisa di start pas transmisi di N atau harus di pindah ke P dulu baru bisa di start?
Trus semua mobil matic itu apakah ga bisa dicabut kunci kontaknya jika transmisi tidak sedang di P? kalau transmisi di N, kunci kontak bisa dicabut ga?


Start bisa dari N, ga perlu ke P dulu.

Rata2 mobil matic baru, bisa dicabut di N. Caranya arahin dulu ke P, cabut Kunci kontaknya, trus colok shift locknya (biasanya colok pake kuncinya), geser ke N. beres deh, jadi bisa parkir paralel...
Quote:Original Posted By gungrifon2
Para Suhu2 sekalian,

Ane masih awam soal nyetir mobil matic, karna belajar nyetir pake mobil manual dan lama nyetir mobil manual.Sekarang ane bawa mobil matic nih, cuman masih belum mahir banget.

Ane mau nanya gan:
1.Kalo mobil matic sedang macet dalam tanjakan curam, apakah kita hanya injak gas-rem-gas-rem aja, atau ada trik lain?


tergantung orangnya ya: klo gw si:

1. injek rem pake kaki kiri, gas kaki kanan jadi kasi gas dulu dah berasa maju baru lepas rem kaki kiri

2. atau ya gantiin aja pake rem tangan

JANGAN pernah dibiarin di D doang tanpa rem, terus klo masih mundur dikasi gas dikit = mirip setengah kopling = lama2 JEBOL gw pernah tu disetirin yg kaya gitu gw kasi tau eh malah ga percaya tau d apa kabarnya tu mobil sekarang

Quote:


2. Kalo nyetir mobil manual di tanjakan, kita kan bisa menggunakan cara injak setengah saja pedal kopling supaya mobil ga mundur, kalau di matic, ada trik yang sama dengan setengah kopling ini ga? atau hanya mengandalkan rem saja?


ga bisa gan
Quote:Original Posted By gungrifon2
makasih gan, ane ngerti sekarang, ternyata sama aja prinsipnya ama manual..

btw gan, mobil matic itu bisa di start pas transmisi di N atau harus di pindah ke P dulu baru bisa di start?
Trus semua mobil matic itu apakah ga bisa dicabut kunci kontaknya jika transmisi tidak sedang di P? kalau transmisi di N, kunci kontak bisa dicabut ga?


tergantung mobilnya gan ada yg bisa ada yg ngga. tapi rata2 mobil matik keluaran baru AFAIK cuman mau start di posisi P = safety, ada juga yg cuman bisa idup klo di P dan injek rem. gitu juga cabut kunci: cuman mau di P. klo mau di paralel si biasa di P dulu, terus cabut kunci, geser ke N pake shift lock
kalo ane macet bentaran posisi tetep di d

mainin gas sama rem aja

kalo lama baru di bantu sama rem tangan gan

nih sy ada trik utk mobil matic:
1.Top speed bgs: masukin gigi berurut seperti halnya mobil manual, mulai dari D2, masuk top speed D1. Sesuai RPM tertentu (feeling ntar lama2 dpt).
2.Tanjakan: pantengin gigi D2 aja, kalo ga kuat baru masukin L. Utk menjaga gearbox ga terlalu panas.
3.Berhenti lampu merah: stay pada gigi N aja, kalo mobil ga bergerak ga perlu rem tangan. Knp? Krn utk menjaga kampas rem biar ga terlalu panas.
4.Parkir: stay di gigi P, itu sama aja udah pake rem tangan, jd rem tangan ga perlu di tarik.
5.Macet: kalo padat merayap alias masih jalan, pantengin di gigi D2 aja. Kalo jalan padat jalan dikit2 bgt sih pantengin gigi L. Gunanya utk mengirit bensin.

Kira2 gitu lah biar nyaman bawa matic tanpa berdosa. Jd siapa bilang matic kalah dibanding manual? Blm tentu gan hehe..


skalian nitip ya makasih byk

JUAL MOBIL: Honda Civic Ferio VTEC 96 AT Hitam, hrg kaskus 70jt aja, BU cek TKP!
Quote:[spoiler=""].[/spoiler]
Kalo berhenti di tanjakan yg agak curam, pake hand brake kemudian gear pindahin ke 1. Nanti kalo udah jalan lancar pindahin lagi ke D.
kalok bawa metik versi gw:
1. parkir cukup masuk P ga perlu tarik rem tangan, karena transmisinya iuda ngunci jadi serasa uda pakek rem tangan, kecuali kalok elu parkir di tanjakan ato turunan, meningan itu rem tangan dipakek. kalo enggak, ngapain semua mobil dikasi rem tangan cb? kalok pararel, gw masukin ke P, teken shift lock, geser ke N. itu mubil uda bisa didorong maju mundur. kalok start, gw selalu di P n injek rem. buat antisisapi mubil ngeloyor
2. kalok macet, kalok macetnya ga parah yak gw diemin aja di D, kalok uda berhenti total, gw geser ke N, tarik rem tangan.
3. kalok lagi nanjak, kalok torsi mobilnya uda ga kuat, gw oper ke D3 (overdrive OFF), kalok ga kuat lagi baru oper ke 2. ini juga berlaku saat lagi nyalip. kalok gw pake 1 cuma kalok di jalanan semi-off road yang bener" rusak n ga manusiawi kalok masi pakek 2.
4. kalok nanjak macet, masuk N, tarik rem tangan. kalok jalan geser lagi ke D, injek rem, lepas rem tangan, basically the same as manual.
5. kalok lagi ngebet kebelet berak gw takan aja di D3 karena mobil gw cuma 4 speed. toh D3.na bisa masuk 195 kpj
6. kalok lagi nyantai, stay cool dengan max speed @ 80 kpj pakek D.

oia mobil yang gw pake X.Trail T30
kalo mau maticnya pas nanjak lebih enteng kerjanya, terutama lagi macet, sih pake rem tangan ama gigi masuk 1/L aja.. ga mesti di D..

hmm, yg agan lakukan buat mobil manual sih agak salah ya, jgn di tahan gitu bro, abis koplingnya, mending pake rem tangan, begitu mau jalan baru di gas sambil lepas kopling..
Quote:Original Posted By mricky
[CENTER]
nih sy ada trik utk mobil matic:
1.Top speed bgs: masukin gigi berurut seperti halnya mobil manual, mulai dari D2, masuk top speed D1. Sesuai RPM tertentu (feeling ntar lama2 dpt).

klo transmisi dan mesin fit boleh ni tapi klo ga bisa

Quote:
2.Tanjakan: pantengin gigi D2 aja, kalo ga kuat baru masukin L. Utk menjaga gearbox ga terlalu panas.


justru gearbox makin panas klo terus2an gitu mungkin maksudnya: biar tetep dapet power karena gigi ga naik2 ditahan di gigi tersebut aja/

Quote:
3.Berhenti lampu merah: stay pada gigi N aja, kalo mobil ga bergerak ga perlu rem tangan. Knp? Krn utk menjaga kampas rem biar ga terlalu panas.


rem tangan is a must, kenapa? temen gw pernah kejadian: masuk n ga injek rem, terus ambil barang di jok sebelah, ketoel lah itu shifter ke D, alhasil nyundul mobil depan atau pas lagi sial, disenggol dari belakang, kedorong ke depan nyundul yg didepan

kloo injek rem terus2an ya emang riskan panas, makanya pake rem tangan lebih safe

Quote:
4.Parkir: stay di gigi P, itu sama aja udah pake rem tangan, jd rem tangan ga perlu di tarik.


sapa bilang? baca lagi buku manualnya

malah daripada P doang, mendingan di N + hand brake

P itu malah engage gear.


Quote:Original Posted By T1pt2p
Kalo berhenti di tanjakan yg agak curam, pake hand brake kemudian gear pindahin ke 1. Nanti kalo udah jalan lancar pindahin lagi ke D.


jangan pernah masuk gigi terus ditahan pake rem tangan gini, riskan kalah rem tangannya karena beban yg diterima makin besar, apalagi dah nanjak gitu

baikan netral bantu rem dan rem tangan, pas mau maju masukin gigi dulu, kasi gas, klo dah berasa bergerak maju baru lepas rem tangannya.

Quote:Original Posted By vulvychint
kalok bawa metik versi gw:
1. parkir cukup masuk P ga perlu tarik rem tangan, karena transmisinya iuda ngunci jadi serasa uda pakek rem tangan, kecuali kalok elu parkir di tanjakan ato turunan, meningan itu rem tangan dipakek. kalo enggak, ngapain semua mobil dikasi rem tangan cb? kalok pararel, gw masukin ke P, teken shift lock, geser ke N. itu mubil uda bisa didorong maju mundur. kalok start, gw selalu di P n injek rem. buat antisisapi mubil ngeloyor


ini salah, baca lagi buku manualnya.

P itu justru masuk gigi. betul didorong juga ga akan gerak tapi yg nahan mobil berarti cuman gearbox

N yg ga masuk gigi = kaya mobil manual.

jadi gunanya P apa? safety. karena mobil ga cuman ditahan rem tangan tapi juga gearbox.

Quote:
2. kalok macet, kalok macetnya ga parah yak gw diemin aja di D, kalok uda berhenti total, gw geser ke N, tarik rem tangan.


agree,.

Quote:
3. kalok lagi nanjak, kalok torsi mobilnya uda ga kuat, gw oper ke D3 (overdrive OFF), kalok ga kuat lagi baru oper ke 2. ini juga berlaku saat lagi nyalip. kalok gw pake 1 cuma kalok di jalanan semi-off road yang bener" rusak n ga manusiawi kalok masi pakek 2.

sama jgua

Quote:
4. kalok nanjak macet, masuk N, tarik rem tangan. kalok jalan geser lagi ke D, injek rem, lepas rem tangan, basically the same as manual.

sama lagi
Quote:
5. kalok lagi ngebet kebelet berak gw takan aja di D3 karena mobil gw cuma 4 speed. toh D3.na bisa masuk 195 kpj
6. kalok lagi nyantai, stay cool dengan max speed @ 80 kpj pakek D.

oia mobil yang gw pake X.Trail T30




Quote:Original Posted By JDM.VTEC
kalo mau maticnya pas nanjak lebih enteng kerjanya, terutama lagi macet, sih pake rem tangan ama gigi masuk 1/L aja.. ga mesti di D..

hand brakenya riskan kenapa2 karena bebannya kedobel2 mendingan tetep di N sama bantu rem dan hand brake.
Quote:Original Posted By kunaskun
klo transmisi dan mesin fit boleh ni tapi klo ga bisa



justru gearbox makin panas klo terus2an gitu mungkin maksudnya: biar tetep dapet power karena gigi ga naik2 ditahan di gigi tersebut aja/



sapa bilang? baca lagi buku manualnya

malah daripada P doang, mendingan di N + hand brake

P itu malah engage gear.



ini salah, baca lagi buku manualnya.

P itu justru masuk gigi. betul didorong juga ga akan gerak tapi yg nahan mobil berarti cuman gearbox

N yg ga masuk gigi = kaya mobil manual.

jadi gunanya P apa? safety. karena mobil ga cuman ditahan rem tangan tapi juga gearbox.



agree,.




kalo menurut gua sih emang tujuannya matik bukan untuk kebut2an sih, kenceng juga, tapi akselerasi bukan tujuan utamanya... paling yang sering geser2 demi topsepit cepet jebol girboksnya... gas ajalah itu mobil nggak usah terlalu sibuk sendiri juga kitanya, orang tujuannya juga kan mobil matik supaya kita lebih fokus ke jalan... untuk apa beli mobil matik kalo tabiat kita masih seperti kala membawa mobil manual... pindah pilihan transmisi juga berarti mengubah driving style kita...

anggapan mobil matik nggak bisa nanjak itu juga salah besar, gas aja itu mobil naik kok dia, yang mobil matik nggak bisa lakukan di tanjakan cuma menanjak secepat mobil bertransmisi manual kok...

kalo P itu masuk gigi ya nggak bakal bisa start dong om, mestinya buku matik sih, kan mobilnya matik, kalo mobilnya manual baru itu namanya buku manual...
P itu seinget ane ada apalah bagian yang ngunci as roda, tapi posisi gear tetep netral...

mobil matik juga seandainya posisi tongkat nggak netral selain di P kalo mesin mati masih bisa didorong2 kok... tapi apalah sesuatu dalam girboksnya ada yang jadi aus... ane pernah stream dinas babe shiftlock selenoidnya terkilir apa keserimpet kali ya bahasanya nggak taulah pas emak yang bawa, nah lupa kan, gua matiin mesinnya, nggak bisa start lagi kan tuh, yang gua lupa lagi posisinya masih melintang di jalan... eh akhirnya didorong aja gitu dengan bantuan penduduk setempat maju mundur maju mundur sampe bisa minggir...

kalo lagi macet iya lebih aman di N aja terserah kalo kuat ngerem ya rem aja kalo pegel ya rem tangan aja, yang penting ketika berenti rem mesti diaplikasikan, selain resiko ketoel kayak di atas, kan nggak tau juga kalo apes ketubruk dari belakang mobil kita, kalo bisa pencetan lock di tongkat perseneling nggak usah dipencet, riskan kebablasan gesernya sampe R, barangkali sedang emosi jiwa kitanya ato terlalu semangat, ato lagi apes...
gan, kalo main gas-rem-gas-rem aja di mobil matic apa kampas rem nya ga cepet habis ya?

terus ane pernah denger, katanya transmisi 2 dan 1 itu ada engine break nya ya? yang dimaksud engine break ini apakah sedikit membantu menahan mobil untuk mundur pada saat berhenti di tanjakan gitu?
Quote:Original Posted By gungrifon2
gan, kalo main gas-rem-gas-rem aja di mobil matic apa kampas rem nya ga cepet habis ya?

terus ane pernah denger, katanya transmisi 2 dan 1 itu ada engine break nya ya? yang dimaksud engine break ini apakah sedikit membantu menahan mobil untuk mundur pada saat berhenti di tanjakan gitu?


yaudah kalo nggak mau kampas remnya cepat habis ya gas saja terus, nggak usah direm... emang kodratnya juga kampas rem matik cepat habis om, coba absen dulu siapa pemakai matik yang sudah ganti kampas rem depan oem dan kampas penggantinya tahan jarang lebih dari 40rb kilo, saya ngacung...

terus untuk yang engine brake, tergantung tingkat teknologi transmisinya om... kalo yang udah pake ect ato apalah yang sejenis, tendensinya saat lepas gas di turunan memang menimbulkan efek engine brake...

nah yang harus dipahami dulu itu konsep engine brakenya sendiri di mobil bertransmisi manual, jadi begini secara awam aja ya, ane juga awam soalnya... saat turunan, terus kita pindahkan ke posisi gigi yang lebih rendah, perputaran roda tertahan oleh kecepatan maks gigi yang bersangkutan dan putaran mesin yang mencoba untuk balik ke posisi idle, sementara kalo dinaikin giginya berlaku efek sebaliknya, momentum perputaran roda malah jadi memboost putaran mesin dan ini yang sering kejadian di mobil2 yang transmisi matiknya masih jadul alias konvensional yang belum ada embel2 elektronik blablabla itu... engine brake itu sifatnya komplementer, bukan alat pengurang kecepatan mobil yang utama, boleh diharapkan tapi jangan diandalkan...

tapi ini bukan jawaban mengapa mobil matik seperti yang tidak mundur saat akan mulai berjalan di tanjakan, jawabannya sekali lagi awam ya om, saya masih awam soalnya, kenapa itu mobil nggak mundur, mobil mundur saat tanjakkan kan karena gravitasi, sementara saat posisi tongkat perseneling tidak netral dan tidak di posisi R, mobil diset untuk maju, tapi tidak cukup kuat untuk bergerak maju, harus kita gas supaya dia mau bergerak... seandainya tanjakan lebih curam mundur juga kok mobilnya... kira2 gambaran gampangnya kayak om sedang jalan di treadmill deh...

Colek Me If I'm Wrong