KASKUS

Cara menghitung Uang Pesangon apabila kita di PHK...Cekidotttt gan...

Permisi agan2 semua....
Agan2 sekalian pasti udah tau kan yang namanya PHK (Pemutusan Hubungan Kerja)...
Ane yakin, kalok semua agan2 gag mengharapkan di PHK oleh Perusahaannya...hohoho
Tapi kalok pun itu terjadi, apakah agan2 sudah tau, apa saja hak2 yang agan terima jika di PHK...
Oleh karena itu, ane membuat trit ini untuk share tentang apa saja hak2 yang agan terima kalok di PHK sesuai dengan dasar hukumnya, beserta cara menghitungnya...
Soalnya mungkin ajah neh, apabila ada temen kita yang di PHK, pasti kita tanya ke dia apa uang pesangonnya udah di bayar?
Padahal selain uang pesangon, seharusnya dapat juga yang namanya Uang Penghargaan Masa Kerja dan Uang Penggantian Hak....

Kalok ane search tadi, belom ada seh yang bikin trit gini...ini buktinya :


Tapi kalok trit ini , mohon maaf untuk kekhilafan ane yah gan...

Okay kita mulai ajah...gan...

Mengenai apa saja hak2 yang agan terima jika di PHK, diatur dalam Pasal 156 UU No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan...
Berikut ini ane kutip bunyinya gan :

(1) Dalam hal terjadi pemutusan hubungan kerja, pengusaha diwajibkan membayar uang pesangon & atau uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak yang seharusnya diterima.

(2) Perhitungan uang pesangon sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) paling sedikit sebagai berikut :
a. masa kerja kurang dari 1 tahun, 1 bulan upah;
b. masa kerja 1 tahun / lebih tetapi kurang dari 2 tahun, 2 bulan upah;
c. masa kerja 2 tahun / lebih tetapi kurang dari 3 tahun, 3 bulan upah;
d. masa kerja 3 tahun / lebih tetapi kurang dari 4 tahun, 4 bulan upah;
e. masa kerja 4 tahun / lebih tetapi kurang dari 5 tahun, 5 bulan upah;
f. masa kerja 5 tahun / lebih, tetapi kurang dari 6 tahun, 6 bulan upah;
g. masa kerja 6 tahun / lebih tetapi kurang dari 7 tahun, 7 bulan upah;
h. masa kerja 7 tahun / lebih tetapi kurang dari 8 tahun, 8 bulan upah;
i. masa kerja 8 tahun / lebih, 9 bulan upah.


(3) Perhitungan uang penghargaan masa kerja sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) ditetapkan sebagai berikut :
a. masa kerja 3 tahun / lebih tetapi kurang dari 6 tahun, 2 bulan upah;
b. masa kerja 6 tahun / lebih tetapi kurang dari 9 tahun, 3 bulan upah;
c. masa kerja 9 tahun / lebih tetapi kurang dari 12 tahun, 4 bulan upah;
d. masa kerja 12 tahun / lebih tetapi kurang dari 15 tahun, 5 bulan upah;
e. masa kerja 15 tahun / lebih tetapi kurang dari 18 tahun, 6 bulan upah;
f. masa kerja 18 tahun / lebih tetapi kurang dari 21 tahun, 7 bulan upah;
g. masa kerja 21 tahun / lebih tetapi kurang dari 24 tahun, 8 bulan upah;
h. masa kerja 24 tahun / lebih, 10 bulan upah.


(4) Uang penggantian hak yang seharusnya diterima sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) meliputi :
a. cuti tahunan yang belum diambil dan belum gugur;
b. biaya atau ongkos pulang untuk pekerja/buruh dan keluarganya ketempat dimana pekerja/buruh diterima bekerja;
c. penggantian perumahan serta pengobatan dan perawatan ditetapkan 15% (lima belas perseratus) dari uang pesangon dan/atau uang penghargaan masa kerja bagi yang memenuhi syarat;
d. hal-hal lain yang ditetapkan dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama.


Kira2 apa bisa di orak2 sendiri hitungannya gan?hehehe

Pasal 153 UU No.13 Thn 2003 menyebutkan :

(1) Pengusaha dilarang melakukan pemutusan hubungan kerja dengan alasan :
a. pekerja berhalangan masuk kerja karena sakit menurut keterangan dokter selama waktu tidak melampaui 12 bulan secara terus-menerus;
b. pekerja berhalangan menjalankan pekerjaannya karena memenuhi kewajiban terhadap negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan yang berlaku;
c. pekerja menjalankan ibadah yang diperintahkan agamanya;
d. pekerja menikah;
e. pekerja perempuan hamil, melahirkan, gugur kandungan, atau menyusui bayinya;
f. pekerja mempunyai pertalian darah dan/atau ikatan perkimpoian dengan pekerja/buruh lainnya di dalam satu perusahaan, kecuali telah diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahan, atau perjanjian kerja bersama;
g. pekerja mendirikan, menjadi anggota dan/atau pengurus serikat pekerja, pekerja melakukan kegiatan serikat pekerja di luar jam kerja, atau di dalam jam kerja atas kesepakatan pengusaha, atau berdasarkan ketentuan yang diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama;
h. pekerja yang mengadukan pengusaha kepada yang berwajib mengenai perbuatan pengusaha yang melakukan tindak pidana kejahatan;
i. karena perbedaan paham, agama, aliran politik, suku, warna kulit, golongan, jenis kelamin, kondisi fisik, atau status perkimpoian;
j. pekerja dalam keadaan cacat tetap, sakit akibat kecelakaan kerja, atau sakit karena hubungan kerja yang menurut surat keterangan dokter yang jangka waktu penyembuhannya belum dapat dipastikan.


(2) Pemutusan hubungan kerja yang dilakukan dengan alasan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) batal demi hukum dan pengusaha wajib mempekerjakan kembali pekerja yang bersangkutan.

Jadi kalok ada agan2 yang di PHK karena alasan2 di atas, itu batal demi hukum gan...

NB :
1. Upah yang dimaksud dalam Pasal ini adalah Gaji Pokok dan segala tunjangan2 yang bersifat tetap...
2. Hak2 di atas ini tidak akan diterima oleh karyawan yang di PHK jika PHK tersebut terjadi apabila karyawan di PHK karena melakukan suatu pelanggaran yang berat...

Hmmm semoga trit ini berguna buat agan...

Kalok emang berkenan, mohon hibahkanlah ane hehehe
Tapi kalok repost ato kurang berkenan, jangan dikasi yah gan...hohoho

Oh iya...ane juga buka sessions tanya jawab kok di trit ini, jadi kalok agan2 yang ingin bertanya tentang pesangon, silahkan agan tanya melalui postingan disini, ntar ane akan bantu menjawabnya,,,hehehe


Mohon di rate juga yah gan biar

Maen2 ke trit ane yang laen juga gan...
Cara menghitung uang lembur bagi agan2 yang sering diinstruksikan lembur

Hal2 yang agan perlu tau dalam bekerja, sesuai dengan dasar hukumnya...


Terima kasih...


Stop Global Warming...
klo di kantor ane malah dibiarkan aja, maksudnya si karyawan yg mengundurkan diri sendiri, jd gak dapet pesangon deh...

thx infonya gan...
Quote:Original Posted By pusrof


jiahhh neh agan cuma nge junk doank...hohoho
Quote:Original Posted By cascus_24
klo di kantor ane malah dibiarkan aja, maksudnya si karyawan yg mengundurkan diri sendiri, jd gak dapet pesangon deh...

thx infonya gan...


hmmm kalok yang mengundurkan diri emang gag dapet apa2 gan, kecuali uang pisah kalok emang diatur dalam peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama gitu...
kalok ada pertanyaan mengenai trit ini, bisa ditanyakan kok agan2...
kalo karyawan kontrak ga dapet pesangon yah ?!
klw bisa jgn deh di PHK
Quote:Original Posted By tasa
kalo karyawan kontrak ga dapet pesangon yah ?!


iyah karena adanya sistem outsourcing itu gan makanya gag dapet...hohoho
tapi biasanya kan habis di kontrak, perusahaan itu mengangkat karyawan sebagai staf tetapnya....
Quote:Original Posted By MIYUsan
klw bisa jgn deh di PHK


memang harusnya seperti itu kok gan...

Pasal 151 Ayat 1 UU No.13 Thn 2003 menyebutkan :
"Pengusaha, pekerja/buruh, serikat pekerja/serikat buruh, dan pemerintah, dengan segala upaya harus mengusahakan agar jangan terjadi pemutusan hubungan kerja".

tapi kalok emang lagi apes trus kita di PHK, trit tentang perhitungan ini bisa jadi bekal kita agar hak2 kita gag dikurangin oleh perusahaan gan...
bagaimana gan kalau kita ingin di phk tetapi bisa dapat pesangaon ?
karena saya ingin di phk,tetapi perusahaan tidak mau phk saya.
ada cara gan agar PHK bisa terjadi dan pesangon dapat ?
Quote:Original Posted By rudimentholic
iyah karena adanya sistem outsourcing itu gan makanya gag dapet...hohoho
tapi biasanya kan habis di kontrak, perusahaan itu mengangkat karyawan sebagai staf tetapnya....


kalo ga salah sesuai UU juga (lupa UU no berapa) karyawan yg dikontrak 3x berturut-turut, harus di angkat menjadi karyawan ?! betul ga gan ?!

Tapi kyknya ada modus kalo karyawan mo diperpanjang yg ke-3 kalinya, akan disuruh ngelamar lagi. Yup, nglamar ulang lengkap dgn pake CV dan kawan-kawannya, jadi seakan-akan jadi karyawan baru lagi tapi muka lama ...

itu kata temen ane yeh ...
Quote:Original Posted By dianarose
bagaimana gan kalau kita ingin di phk tetapi bisa dapat pesangaon ?
karena saya ingin di phk,tetapi perusahaan tidak mau phk saya.
ada cara gan agar PHK bisa terjadi dan pesangon dapat ?


kalok menurut dasar hukum nya...
karyawan yang mengundurkan diri tuw gag dapet uang pesangon dan uang penghargaan masa kerja...
tetapi dapet uang penggantian hak (cekidot di penjelasan ane gan)...

dasar hukumnya adalah Pasal 162 Ayat 1 UU No.13 Thn 2003 yang bunyinya :
"Pekerja/buruh yang mengundurkan diri atas kemauan sendiri, memperoleh uang
penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (4)".
nais info gan....

ijin copas...
wah,,,kejam juga namanya PHK,,
Quote:Original Posted By tasa
kalo ga salah sesuai UU juga (lupa UU no berapa) karyawan yg dikontrak 3x berturut-turut, harus di angkat menjadi karyawan ?! betul ga gan ?!

Tapi kyknya ada modus kalo karyawan mo diperpanjang yg ke-3 kalinya, akan disuruh ngelamar lagi. Yup, nglamar ulang lengkap dgn pake CV dan kawan-kawannya, jadi seakan-akan jadi karyawan baru lagi tapi muka lama ...

itu kata temen ane yeh ...


selama ane kuliah, dan selama ane baca UU, belom ada UU ataupun aturan laennya yang mewajibkan perusahaan untuk mengangkat karyawan kontrak menjadi karyawan tetap apabila setelah di kontrak 3x berturut turut...CMIIW

pemerintah tidak membuat suatu aturan yang mewajibkan perusahaan menjadi karyawan tetap karena pemerintah juga memikirkan perusahaan yang sektor kerjanya musiman gitu gan, yang saat ada kerjaan, baru hidup perusahaannya, jadi gag harus mempunyai banyak staf tetap gituh...

tetapi pemerintah mengimbau juga kepada perusahaan agar setidaknya mengangkat staf kontrak menjadi staf tetap agar tidak terjadi PHK...

susah juga menjadi pemerintah gan soalnya harus menyeimbangkan kepentingan perusahaan dengan karyawan,hehehe

kalok kata temen agan itu, menurut ane, bukan modus seh gan, tetapi itu salah satu cara perusahaan yang belom sanggup mengangkat karyawan kontraknya menjadi karyawan tetap, tetapi di sisi lain perusahaan juga gag mau mem PHK karyawan2 tersebut, jadi digunakanlah cara melamar kerja kembali....

semoga jawaban ane bisa agan terima,hehehe
Quote:Original Posted By herry.yan
nais info gan....

ijin copas...


semoga trit ane bisa menambah info buat agan...
silahkan di copas....hehehe

mohon di rate gan...
Quote:Original Posted By dr.sapi
wah,,,kejam juga namanya PHK,,


iyah gan, PHK tuw emang gag mengenakkan bagi semua pihak...hohoho
mohon di rate gan...
Quote:Original Posted By rudimentholic
selama ane kuliah, dan selama ane baca UU, belom ada UU ataupun aturan laennya yang mewajibkan perusahaan untuk mengangkat karyawan kontrak menjadi karyawan tetap apabila setelah di kontrak 3x berturut turut...CMIIW

pemerintah tidak membuat suatu aturan yang mewajibkan perusahaan menjadi karyawan tetap karena pemerintah juga memikirkan perusahaan yang sektor kerjanya musiman gitu gan, yang saat ada kerjaan, baru hidup perusahaannya, jadi gag harus mempunyai banyak staf tetap gituh...

tetapi pemerintah mengimbau juga kepada perusahaan agar setidaknya mengangkat staf kontrak menjadi staf tetap agar tidak terjadi PHK...

susah juga menjadi pemerintah gan soalnya harus menyeimbangkan kepentingan perusahaan dengan karyawan,hehehe

kalok kata temen agan itu, menurut ane, bukan modus seh gan, tetapi itu salah satu cara perusahaan yang belom sanggup mengangkat karyawan kontraknya menjadi karyawan tetap, tetapi di sisi lain perusahaan juga gag mau mem PHK karyawan2 tersebut, jadi digunakanlah cara melamar kerja kembali....

semoga jawaban ane bisa agan terima,hehehe


Thanx gan atas pencerahannya ...
emang cuma bisa terima nasib ajah kalo jadi karyawan kontrak.
Kalo cuma menghimbau aja sih sulit, yg di wajibkan aja blum tentu dilaksanain !
kenyataannya selama ini gan, susah di proses,,,
ane uda kerja 2 taon lebih, n awal puasa kmaren d PHK, cuma dapet pesangon sebulan gaji....
×