KASKUS

Index informasi carnival/sedona

Latest Update, Today May 21, 2011 at 2.36 AM

dengan maksud dan tujuan utk memudahkan dalam mengakses postingan yg berisi informasi tentang Carnival/Sedona dari halaman terdepan. sehingga memudahkan yg baru pertama kali berkunjung ke trit ini agar tidak repot menelusuri sejagat kaskus dan halaman halaman 1 sampai terakhir.

Index Informasi Kia Carnival / Sedona








Spoiler for DIY --> Yuk Kerjain Sendiri:








Silahkan mampir jika berkenan.

antara Harga Jual Kembali vs kenyamanan vs keselamatan vs brand vs kerewelan vs keamanan

Panduan memilih Mobil, jgn biarkan anda mendapat informasi yg salah
Quote:Original Posted By tuaxbowos
ya ane serius gan... ente kan nanya penyakitnya apa aje, ane jawab penyakit Carnie n Sedona itu beda2 gan tiap pemilik, makanya ane jawab "relatif" tergantung yg merawat. Tiap org yg dateng ke bengkel Carnival pasti penyakitnya relatif: ada AC nya mati, jok gak bisa mundur, Sunroof Macet, Turun Mesin, dinamo fan high/low dah modar (menimbulkan over heat), radiator bocor, ganti packing seal, kruk as bopak, cylinder head bengkok, blok mesin ancur akibat tabrakan, dll waduuuuhh klo ane tulis satu2 bisa keriting tangan ane gan


Quote:Original Posted By Valkyrjur
kalo yg umum
Bensin: Packing bocor, Air Flow Sensor rusak,
Diesel: Timing Belt putus, Power Steering berat, alternator ngadat, mesin bergetar dahsyat goyang vibrator :mahos:

yg rutin kudu diperhatiin
Bensin: gak tahu soale gak punya
Diesel: Filter Solar kotor, Nozzle Pincang, Timing Belt getas, Turbo jebol, Intercooler bocor.

yg bisa umum terjadi di semua jenis:
Angin Palsu di Radiator, Karet Boot roda depan robek, aki Tekor, Rem tangan kurang gigit, rem kurang mantep di speed 100++, Over Heat, Transmisi Matic ngawur, Sensor Check Engine "mbandel", kursi baris ke-3 dan panel interior bunyi kalo lewat jalan jelek, radiator bocor,

tuh, sama aja kan ya kayak mobil mobil Jepang ato eropa lainnya yg sekelas
catatan: semua yg disebutkan diatas bukan berarti sering terjadi, tapi hanya kebetulan kasus yg pernah dijumpai dari beberapa oknum carnival nakal, namun tidak bisa menjadi tolok ukur kerewelan carnival



Quote:Original Posted By applecare
punya ane valgas , pake premium, gelitk parah banget..
nanti coba diikutin sarannya om tuawbowos

wah pada irit2 ya, valgas ane itu 1: 4.5-5 paling irit 1 : 6 itupun jarang2




Nih gan, ada laporan pemakaian buat bikin hemat Carnival Bensin. lumayan batelPrupen juga metodenya.

Spoiler for Carnival Bensin + HCS:


Optimalisasi Konsumsi BBM Carnival Bensin
Spoiler for optimalkan BBM ValGas:



Quote:Original Posted By applecare

ini lengkpa banget bosss, mesti dijadikan "paduan membeli carnival - sedona"
nice share boss


*ane jadi pengen cobain satu2 petunjuknnya hahaha


sama sama gan sesama pemilik gajah, harus saling berbagi informasi

biarpun mungkin ada salah salah dikit :maho

tapi pasti ada juragan lain yg nambahin info yg lebih manteb
menurut gw setelah beberapa lama pake sedonce, kelemahan utama yang sangat mengganggu itu Setirnya CEKAK.. radius puter gede banget, terus terang rada sulit kalo mau puter2.. akibatnya sering mentok deh, karena sering mentok kena dah power steering. Setir kalo dibelokin langsung bunyi "gerrrrgg gerrrrgg", bawa bengkel ilang, tapi ntar 2 bulan muncul lagi. Setir juga jadi berat.. Ada solusi agan2??

kalo misal oddyssey kan meskipun bongsor dan ban gede, tapi ga cekak setirnya. Coba agan perhatikan, mobil2 besar lain misal oddyssey, kalo lagi didongkrak, keliatan deh ban depannya miring keluar, ga tegak lurus dengan lantai. itu kenapa kok mobil2 itu ga cekak..

rencana mau ganti ke diesel carnival singapore, jadi diesel manual. Cuma masi ngumpulin dana.
Quote:Original Posted By syadin
di pamulang dua gan, adanya sebelah kiri jalan klo dari BSD coba kontek aja dulu ke bengkel atau HPnya gan.


hem...nggak taunya deket rumah sy toh... rumah sy di villa dago tol sarua. makasih pak...
Quote:Original Posted By Valkyrjur
dengan maksud dan tujuan utk memudahkan dalam mengakses postingan yg berisi informasi tentang Carnival/Sedona dari halaman terdepan. sehingga memudahkan yg baru pertama kali berkunjung ke trit ini agar tidak repot menelusuri sejagat kaskus dan halaman halaman 1 sampai terakhir.

mohon bantuannya agan agan yg sempat dapat posting di Page One, khususnya agan TuaxBowos selaku TS, agar bagian dibawah ini sekiranya sudi utk di quote dan di letakkan di postingan agan yg ada di Pekiwan.

Index Informasi Kia Carnival / Sedona

Ulasan Kia Carnival / Sedona

Test Konsumsi BBM Carnival Diesel

Laporan lapangan Konsumsi BBM Sedona Diesel luar kota Jarak Jauh

Sumber Referensi Spesifikasi teknis Carnival

Milis CSOC --> carnival-sedona-indonesia@yahoogroups.com

Bikin Irit Carnival Bensin dgn HCS with Laporan perjalanan Mudik

AYO Berkenalan dengan Turbo. cara kerja dan tips perawatannya. [Carnival /Sedona Diesel]

Rangkuman se-jagat kaskus Testimoni Pengguna Kia Carnival/Sedona part 1

Rangkuman sejagat kaskus Testimoni Pengguna Kia Carnival/Sedona part 2

Rangkuman sejagat kaskus Testimoni Pengguna Kia Carnival/Sedona Part 3

sementara ini dulu, indexing dari halaman pertama hingga akhir di trit ini ane lanjut lain waktu.


postingan agan valkyrjur bener2 bermanfaat, mencitrakan agan valkyrjur sangat mencintai mobilnya..
Ane sangat berminat sama mobil ini buat keluarga gan terutama yang diesel..
tapi mungkin masih 3 tahunan ke depan..

Pokoknya klo uda dapet ane bakal pake seumur hidup..
tiap 10 tahun ane cat ulang lagi.. semoga selama ane hidup partnya terus diproduksi..
Sy ada sedikit trik utk mengoptimalkan konsumsi bbm carnival biar nggak boros - boros amat. ini bisa dilakukan diy kok :

- Bersihkan MAf sensor ( yg dideket saringan udara ) dibersihkan dgn cara di celupkan ke dalam wadah yg berisi bensin sambil digoyang - goyang dikit. sekalian jg bersihkan filter udara.

- bersihkan trotle body dgn carburator cleaner. copot dulu trotle bodinya ( gampang kok ) , kemudian semua bagian trotle body & sensor yg ada dibersihkan

- Kabel busi. Ukur semua hambatan yg ada di kabel busi dgn multitester. Hambatan kabel busi karnival seharusnya tdk boleh lebih dari 16 KOhm per 1 meter kabel. Kalau udah lebih dari itu seharusnya diganti. kalau nggak mau ganti bisa diakalin dgn memotong kabel tsb kemudian disambung dgn kabel listrik yg besar ( spt kabel busi motor ). yg penting hambatannya tdk boleh lebih dr yg ditentukan.

- Bersihkan oksigen sensor yg ada di saluran knalpot ( ada 2 buah ), cuma utk sensor ini nyopotnya agak susah

Semoga bermanfaat
Quote:Original Posted By Valkyrjur
tes kondisi mesin:
-. coba agan dengerin suaranya mesinnya pas posisi idle di 800-850 RPM, mulus gak suara dieselnya,

-. coba sambil duduk di kursi supir, perhatiin setirnya sama rasain getarannya, harus bergetar lembut dan santai, jgn berguncang kayak vibrat*r

-. buka kap mesin, terus posisi gigi di "N", gas sampe 2000-2200RPM ditahan ya, trus coba tengok ke ruang mesin bagian depan supir, kedengeran suara "nguiiinggg" kayak peluit gitu gak. terus gas lagi sampe 3000RPM, coba dengerin dari dalem kursi supir, kedengeran suara "Nguiiiing" juga gak dari bawah dashboard supir. kalo kedengeran suara Peluit "NGGGUIIIIINNG" berarti turbonya "jalan".

-. btw, turbonya yg diganti standar valdis gak? takutnya nanti diganti sama yg bukan standar ato gak sama dgn spesifikasi valdies. kalo gak salah turbo carnival pake merek IHI, tapi gak inget seri-nya apa.

-. fan belt, asal baru, coba tanyain ada bukti pembelian gak. ato diliat aja, biasanya fan belt kalo masih baru ada garis garis berwarna gitu di karetnya (CMIIW).

-. coba aja ditanyain bukti bukti pembelian sama pemasangan part part yg baru. biar yakin dan pasti kalo itu baru, bukan sekedar diservis.

-. audio looks good, tapi nyambung gak tuh tombol tombol kontrol di stir ke Head Unit. ntar tombol next, pause, play, scan-nya gak bisa dipake lagi. kan percuma

-. ac oke dingin, terus dicoba switch utk AC belakang di dashboard di puter ke posisi "R", terus di switch AC di atas kursi baris kedua sebelah kiri di puter 1, 2,3 harus terasa perubahannya, sama kalo dimatiin, mati gak ac-nya. terus kalo kontrol switch AC belakang yg di dashboard di set ke "O", switch yg di belakang kalo di puter ke 1,2,3 harusnya gak bisa nyala (bisa diputer tapi gak ngaruh).

-. udah di test belum eletrik jendela paling belakang dari tombol yg disebelah tombol sunroof, sama dari tombol di kursi baris ke tiga? udah di test fitur heaternya?
termasuk fitur intermittent wipernya, coba di set 1,5, 10 detik interval wipernya.

-. ngatur ngatur sudut kaca spionnya udah jalan belum gan?

-. kilometer 160rbuan berarti mobilnya aktif dipakai, pertanda itu mobil diurus dan dirawat dgn baik dan cukup teruji handal dilapangan karena sudah mencapai lebih dari 100rb. hati hati kalo beli mobil kilometer rendah, takutnya ternyata malah banyak part yg udah haus tapi gak ketahuan karena jarang dipakai.

-. coba nyalain lampu sen, terus perhatiin lampu kecil yg diatas lampu sen depan itu ikut nyala gak sesuai dgn posisi sen mana yg dinyalain. fungsinya buat nerangin sudut kalo malam hari.

-. tes transmisi, kalo manual masuk giginya susah gak? kalo susah, kampas kopling minta ganti tuh. kalo matic, ngeden gak? kalo iya, perlu service tuh. terus coba di dari posisi diam, di bejek gas dalem dalem, kalo terasa nyentak kayak pengen loncat berarti masih oke tuh.

-. setir coba di belok belokin sampe patah mentok terus kurangin dikit dan tahan sebentar, ada suara bunyi gak? terus berat gak setirnya?

-. coba longok ke bawah roda depan, kan ada karet tuh di sambungan as roda depan ke axle apa itu namanya, nah keliatan kotor beroli gak? kalo iya, udah robek tuh, minta ganti.

-. terus apapun kondisi jalannya, macetnya, dan nanjaknya, dinginnya, jarum temperatur harusnya tetap stabil di kondisi 1/4.

-. coba lewat jalan keriting dan berguncang, dashboard sama panel interior ada yg bunyi gak? kedengeran bunyi gak dari kursi baris ke-3? bagusnya sih gak ada bunyi, tapi kalopun ada, masih okelah buat dibenerin, yg penting mesin sama elektrikal prima, sisanya nego aja buat benerin yg kurang kurang.

so far, kalo harga itu Valdies dibawah 75juta, hati hati gan, pengalaman ane pernah ditawarin yg 71jt, ternyata ada apa apanya tuh. kecuali harganya di atas 85jt, bisa jadi kondisi prima. ane juga dapetnya valdies 87jt dari 89jt, setelah nyalamin salesnya 200rb, bisa turun 2jt hehehe .

kondisi Intercooler sama radiator udah ganti baru, dan banyak part part lain udah baru, interior rapih, semua switch elektrik jalan, transmisi oke. lancarlah mantap, padahal lagi itu ane saingan ama 3 orang lain, salah satunya ada pejabat polisi juga hehehe. bahkan setelah ane bayar, ada yg langsung nelpon mau cash hari itu juga karena sebelumnya udah test dan cek

*selamat berburu GaDies gan


wah thx bgt bro info-nya. Ane jd mo cobain satu2 nih valdies yg ane taksir. mdh2an dpt yg bagus ky sampean. Thx pisan

Share Problem yg pernah terjadi di Carnival/Sedona






Spoiler for Thermostat:


Spoiler for Aki bermasalah dan Alternator:


Spoiler for Interior Bunyi:


Spoiler for Campur Aduk:


Spoiler for Transmisi AT/MT:


Spoiler for Kaki kaki:

TIPS BELI SEKEN Carnival/Sedona

Spoiler for Tips 1:


Spoiler for Tips 2:


Spoiler for Tips 3:

Daftar Bengkel Rujukan dan Biaya Servis Umum

Spoiler for General Check Up:


Spoiler for AC gak Dingin/Bunyi Desis/dll:


Spoiler for Alternator:



Spoiler for Timing Belt:




Tips Part Vital yg perlu disiapkan utk berjaga-jaga saat perjalanan jauh

Quote:Original Posted By echoo69
Tidak ada salahnya untuk simpan spare part dibagasi untuk situasi urgent ketika perjalanan luar kota.

1. V Belt panjang untuk carnival diesel
2. Bearing roda depan
3. Pompa bensin untuk carnival bensin
4. Slang radiator


Note : silahkan bagi yang lain yang akan menambahkan, nanti akan saya update dilist.


ane tambahin ya:
5. Botol Aqua 1,5 Liter di potong bagian bawahnya. utk buang angin sekaligus ngisi air radiator, cara makenya begini gan :mahos:

Spoiler for Cara Pake Alat Vital:


6. Bantal, Bantal Guling, + kasur angin ato lipet jika memungkinkan. biar bisa kayak gini :mahos:

7. Alat Buat Jumper Aki

menunggu tambahan dari yg lain utk di rangkum disini :mahos:
Halo agan2 master gajah.., mau nanya nih penunjukan kecepatan speedometer gajah ane kalo dibanding dengan penunjukan kecepatan di GPS ane kok selisih jauh ya, padahal kalo dipasang di corolla atau mazda ane bisa pas, gak ada selisih. Sebagai contoh saat kecepatan di speedometer 100 kmh, di GPS cuma 90 kmh. Kenapa bisa gitu yah, lalu kata temen ane yang pakai hyundai atoz problemnya sama juga. Apa mobil2 korea penunjukan meternya agak beda dengan standardnya ya.. Mohon share pengalamannya. Thanks.
Quote:Original Posted By coroxaxus
Halo agan2 master gajah.., mau nanya nih penunjukan kecepatan speedometer gajah ane kalo dibanding dengan penunjukan kecepatan di GPS ane kok selisih jauh ya, padahal kalo dipasang di corolla atau mazda ane bisa pas, gak ada selisih. Sebagai contoh saat kecepatan di speedometer 100 kmh, di GPS cuma 90 kmh. Kenapa bisa gitu yah, lalu kata temen ane yang pakai hyundai atoz problemnya sama juga. Apa mobil2 korea penunjukan meternya agak beda dengan standardnya ya.. Mohon share pengalamannya. Thanks.


coba gan buka ini Index Informasi Kia Carnival Sedona

terus buka bagian Tips-tips., terus klik bagian Ngitung Ukuran ban dan speed Actual

monggo dijelajahi yg lain lainnya

saya usahakan selalu update info terbaru di situ secara periodik :O

nanti bingunnya dimana, baru kita bahas rame rame
Sekedar share saja,
Sy pribadi make carnival kurang lebih baru 2 taun ini setelah dapet lungsuran dari Mbah Kakung sy (pemake dr baru). ValGas 01 AT km 78000 ongoing...
Setelah dapat masukan dari mekanik dan post di thread komunitas serta di milis, baru 4-5 bulan yll sy ganti packing head setelah 10 tahun mempertahankan packing original bawaan carnie (bukan karena rusak/nyebrang).
Baru sekitar sebulan yll ada keluhan sedikit, tentang rpm yg selalu naik berbarengan dgn tidak mau pindah gigi. ini penyakit nongol-nya kadang2..pernah di inepin di BeRes utk scan diag ampe 2 hari, gak ketauan juga..
Setelah konsult sana-sini, ada 3 penyebab ~» Airflow, HiAC dan TPS (throtle positioning sensor). Karena cuma 3 sensor itu yg berpengaruh ama tingkat tinggi-rendahnya RPM. Ganti HiAc sudah, masih kumat. Ganti airflow cuma bertahan 3 hari,abis itu kumat lagi..dan pada akhir-nya TPS saya ganti, setelah muter2 sentra onderdil jaksel gak dapet, akhirnya sy mutusin inden 3 hari via BeRes (padahal kt mekanik,ini sensor paling jarang rusak), dan baru tadi sore sy dapet barangnya.
Mudah2an ini yg terakhir, soalnya kalo masih terjadi juga, solusi terakhir musti urut kabel.. :
Quote:Original Posted By juragangelo
Sekedar share saja,
Sy pribadi make carnival kurang lebih baru 2 taun ini setelah dapet lungsuran dari Mbah Kakung sy (pemake dr baru). ValGas 01 AT km 78000 ongoing...
Setelah dapat masukan dari mekanik dan post di thread komunitas serta di milis, baru 4-5 bulan yll sy ganti packing head setelah 10 tahun mempertahankan packing original bawaan carnie (bukan karena rusak/nyebrang).
Baru sekitar sebulan yll ada keluhan sedikit, tentang rpm yg selalu naik berbarengan dgn tidak mau pindah gigi. ini penyakit nongol-nya kadang2..pernah di inepin di BeRes utk scan diag ampe 2 hari, gak ketauan juga..
Setelah konsult sana-sini, ada 3 penyebab ~» Airflow, HiAC dan TPS (throtle positioning sensor). Karena cuma 3 sensor itu yg berpengaruh ama tingkat tinggi-rendahnya RPM. Ganti HiAc sudah, masih kumat. Ganti airflow cuma bertahan 3 hari,abis itu kumat lagi..dan pada akhir-nya TPS saya ganti, setelah muter2 sentra onderdil jaksel gak dapet, akhirnya sy mutusin inden 3 hari via BeRes (padahal kt mekanik,ini sensor paling jarang rusak), dan baru tadi sore sy dapet barangnya.
Mudah2an ini yg terakhir, soalnya kalo masih terjadi juga, solusi terakhir musti urut kabel.. :


sip gan, nanti kalau udah solved masalahnya. share dimarih ya solusinya. biar kita kita bisa belajar dari pengalaman juragan
Quote:Original Posted By Valkyrjur
coba gan buka ini Index Informasi Kia Carnival Sedona

terus buka bagian Tips-tips., terus klik bagian Ngitung Ukuran ban dan speed Actual

monggo dijelajahi yg lain lainnya

saya usahakan selalu update info terbaru di situ secara periodik :O

nanti bingunnya dimana, baru kita bahas rame rame


Thanks gan atas linknya sangat bermanfaat, sebenarnya ukuran ban and velg ane sih masih standard pabriknya, belum diganti2 karena nggak ada duwit buat ganti yang lebih keren.. hehehe..
Ada lagi boss Valkyrjur, gajah ane senin kemarin tiba2 mati, ane pikir gejalanya seperti kehabisan BBM, padahal solar di tangki masih setengah, lalu gw pikir 'masuk angin' makanya ane pompa2 tuh tapi tetep nggak mau nyala, mana dorongnya (berdua ama istri) beraaat banget lagi.. hhm.. lalu gw start2 sampai aki nyaris tekor.., gw panggil mekanik, setelah check katanya solenoid solarnya mati, lalu diganti sementara yang non-ori, karena carinya waktu itu susah, setelah itu hidup tapi sekarang suara kayak peluit-nya (turbo) kalo pas jalan nggak bunyi, padahal biasanya kalo digas di RPM 2000-an langsung aktif (nggak tahu harusnya gimana.. apakah kondisi RPM 2000 turbo nyala itu kondisi normal?) Mohon pencerahannya gan..
Quote:Original Posted By coroxaxus
Thanks gan atas linknya sangat bermanfaat, sebenarnya ukuran ban and velg ane sih masih standard pabriknya, belum diganti2 karena nggak ada duwit buat ganti yang lebih keren.. hehehe..
Ada lagi boss Valkyrjur, gajah ane senin kemarin tiba2 mati, ane pikir gejalanya seperti kehabisan BBM, padahal solar di tangki masih setengah, lalu gw pikir 'masuk angin' makanya ane pompa2 tuh tapi tetep nggak mau nyala, mana dorongnya (berdua ama istri) beraaat banget lagi.. hhm.. lalu gw start2 sampai aki nyaris tekor.., gw panggil mekanik, setelah check katanya solenoid solarnya mati, lalu diganti sementara yang non-ori, karena carinya waktu itu susah, setelah itu hidup tapi sekarang suara kayak peluit-nya (turbo) kalo pas jalan nggak bunyi, padahal biasanya kalo digas di RPM 2000-an langsung aktif (nggak tahu harusnya gimana.. apakah kondisi RPM 2000 turbo nyala itu kondisi normal?) Mohon pencerahannya gan..


Turbo dan injection pump mestinya gak ada hubungannya gan, posisinya saja terpisah jauh, kalau utak atik injection pump(sollenoide) pastinya gak akan nyentuh turbo, paling paling hose keluaran dari intercooler yang masuk ke intake manifold. Memang di rpm 2000 pressure yg dihasilkan turbo mulai signifikan karena flow gas buang debitnya sudah cukup besar (sebetulnya turbo mulai spooling di sekitar 1500 rpm). Kalau ada suara desis nyaring di rpm 2000 saya justru curiga ada kebocoran (saya pernah punya pengalaman hose clamp selang pendek dari intercooler ke intake manifold kendor akibatnya ada sedikit bocor shg mendesis saat 2000 rpm keatas)
mungkin waktu menggganti sollenoide, intercooler, intake manifold beserta hosenya diturunin dan waktu dipasang lagi semua jadi lebih rapat shg suara peluit malah hilang.
kalau Turbo tidak bekerja/rusak mesin akan terasa sangat loyo dan keluar asap hitam spt cumi.
Kalau tenaga tetap normal, asap bersih dan di 2000 rpm tarikan tetap nendang anggap saja turbo baik2 saja, toh kita tak pernah tahu kapan persisnya turbo ngeboost kecuali dipasang pressure gauge!
Quote:Original Posted By gajahmabur
Turbo dan injection pump mestinya gak ada hubungannya gan, posisinya saja terpisah jauh, kalau utak atik injection pump(sollenoide) pastinya gak akan nyentuh turbo, paling paling hose keluaran dari intercooler yang masuk ke intake manifold. Memang di rpm 2000 pressure yg dihasilkan turbo mulai signifikan karena flow gas buang debitnya sudah cukup besar (sebetulnya turbo mulai spooling di sekitar 1500 rpm). Kalau ada suara desis nyaring di rpm 2000 saya justru curiga ada kebocoran (saya pernah punya pengalaman hose clamp selang pendek dari intercooler ke intake manifold kendor akibatnya ada sedikit bocor shg mendesis saat 2000 rpm keatas)
mungkin waktu menggganti sollenoide, intercooler, intake manifold beserta hosenya diturunin dan waktu dipasang lagi semua jadi lebih rapat shg suara peluit malah hilang.
kalau Turbo tidak bekerja/rusak mesin akan terasa sangat loyo dan keluar asap hitam spt cumi.
Kalau tenaga tetap normal, asap bersih dan di 2000 rpm tarikan tetap nendang anggap saja turbo baik2 saja, toh kita tak pernah tahu kapan persisnya turbo ngeboost kecuali dipasang pressure gauge!




ada sedikit tambahan:
pada intake manifold ada selang kecil yg terhubung ke bagian atas injection pump yg disebut turbo kompensator,
fungsinya sbb: didalam komponen turbo kompensator injection pump ada membran yang digerakkan oleh tekanan, saat tekanan turbo naik membran ini akan menggerakkan semacam spuyer tambahan sehingga supply bahan bakar akan ditambahkan sesuai naiknya tekanan turbo. Komponen ini bisa di adjust dengan kunci torx T27 dan kunci 13
Maaf uda kepencet duluan. Liat next post aja.
×