KASKUS

Quote:Original Posted By gajahmabur




turbo baru jebol kalau mesin sering di gas dan dimatikan mendadak, itupun kerusakan bukan karena turbo diblok tapi karena pelumasan stop mendadak tetapi turbo masih muter terus
untuk lebih aman lagi mesin dilengkapi dgn turbo timer


Dibawah ini beberapa Forward Asked Question dr Produsen Best n WellKnown Turbo : http://www.turbobygarrett.com/turbobygarrett/faq

1.Ttg Wasgate :

Q. How does a Wastegate work?
A. A Wastegate is simply a turbine bypass valve. It works by diverting some portion of the exhaust gas around, instead of through, the turbine. This limits the amount of power that the turbine can deliver to the compressor, thereby limiting the turbo speed and boost level that the compressor provides.

- The Wastegate valve can be "internal" or "external". For internal Wastegates, the valve itself is integrated into the turbine housing and is opened by a turbo-mounted boost-referenced actuator.
-An external Wastegate is a self-contained valve and actuator unit that is completely separate from the turbocharger.
-In either case, the actuator is calibrated (or set electronically with an electronic boost controller) by internal spring pressure to begin opening the Wastegate valve at a predetermined boost level.
-When this boost level is reached, the valve will open and begin to bypass exhaust gas, preventing boost from increasing.
translate dr alenia terkahir :
-Ketika boost level tercapai, katup akan membuka dan mulai untuk mem-bypass gas buang, mencegah penigkatan Boost Level.

Turbo itu ada tipe disesuaikan dgn horse power nye.

2.ttg Adjusting/penyesuaian Boost.

Q. How can I adjust the turbo boost?
A. Adjusting the boost is straightforward. However, it depends on the type of boost controller. For a standard Wastegates actuator, simply recalibrate the actuator to open (more or less) for a given pressure. Changing the length of the rod that attaches to the Wastegates lever accomplishes this adjustment. For mechanical boost control systems, adjustments may involve changing the setting on a regulator valve(s). For electronic boost control systems, adjustments may need to be made to the vehicle's engine management system. For an external Wastegates, adjusting the boost often requires turning the adjustment screw (when equipped) to increase/decrease spring load, changing Wastegates springs, or shimming Wastegates springs.
IMPORTANT: WHILE ADJUSTING THE BOOST IS STRAIGHTFORWARD, OFTEN THIS CHANGE REQUIRES MODIFICATIONS TO THE ENGINE FUEL MANAGEMENT SYSTEM!

PENTING ketika mo naikin boost diperlukan juga modifikasi Fuel Management System salah satu mengganti Nozzle/Injector yg lebih bertenaga/besar untuk mengimbangi Increasing Adjusting Boost.

Pasti dah tau istilah AFR = Air Fuel Ratio. Rasio hrs bener percuma cuma naikin Air/Boost tetapi tdk naikin Aliran Fuel ke combustion chamber.It's only wasting your effort n money.

Smile Valgas v6 A/T 2001

Quote:Original Posted By syadin


yg terdekat dengan lokasi aja gan...

Makasih Om buat sarannya

nah ini dia yg susah.... kalau interior gajah ex luar, gak ada yg masukin gan. paling carinya lokalan yg part gajahnya di ketengin.....


nyarinya dimana ya ini?

mau curcol dikit boleh ya, ini baru pulang dari nengokin si putih. Ada beberapa PR, mohon bantuan para se-Suhu disini:
1. Rem tangan tdk berfungsi, katanya kabelnya copot dan gak bisa nemu gantinya. apa bisa dicariin di bengkel Om Heru ya? kalo boleh tau berapa duit kan?

2. wkt mesin dinyalain sih asyik aja, tp kok ada bunyi kletek2 samarrrrrr gitu... kata kawan anne itu noken as nya.. boleh tau gak ini kerusakan apa ya? bisa diperbaikin gak? bisa sembuh total kalo diganti n brp duit ya?

3. puteran arah AC di bangku tengah kanan dan belakang rusak, ganti di bengkel Om Heru bisa gak? sama dengan yg diatas berapa duit ya?

4. Pintu2 aman, gak ada bunyi macem macem waktu jalan di gelombangan

5. ac dingin ...

6. dibawa ngebut trs ngerem jg stabil

7. apa lg yg mesti ane siapin kalo jd minang si Putih ya? maksudnya, kira2 berapa duit total buat ngerapihin yg td diatas itu...


mohon pencerahannya Suhus
maklum ibu beranak 4 budget terbatas bangetttt.. tapi sampe ngimpi2 ngangon gajah putih ke garasi rumah

matursuwun sebelumnya
Quote:Original Posted By MerryEkaroza
nyarinya dimana ya ini?

mau curcol dikit boleh ya, ini baru pulang dari nengokin si putih. Ada beberapa PR, mohon bantuan para se-Suhu disini:
1. Rem tangan tdk berfungsi, katanya kabelnya copot dan gak bisa nemu gantinya. apa bisa dicariin di bengkel Om Heru ya? kalo boleh tau berapa duit kan?

kalo kabel / sling rem tangan mesti bawa contoh dan pakai no rangka. bengkel mas heru juga tetep pesen/cari di toko part/beres. biasanya indent juga.


2. wkt mesin dinyalain sih asyik aja, tp kok ada bunyi kletek2 samarrrrrr gitu... kata kawan anne itu noken as nya.. boleh tau gak ini kerusakan apa ya? bisa diperbaikin gak? bisa sembuh total kalo diganti n brp duit ya?

kemungkinan sih itu HLA-nya, bisa diperbaiki, budget unknown (sblm analisa lbh lanjut)

3. puteran arah AC di bangku tengah kanan dan belakang rusak, ganti di bengkel Om Heru bisa gak? sama dengan yg diatas berapa duit ya?

bisa di ganti. mesti pesen ke beres/toko part (indent).

4. Pintu2 aman, gak ada bunyi macem macem waktu jalan di gelombangan

5. ac dingin ...

6. dibawa ngebut trs ngerem jg stabil

7. apa lg yg mesti ane siapin kalo jd minang si Putih ya? maksudnya, kira2 berapa duit total buat ngerapihin yg td diatas itu...

biasanya kalo baru minang gajah, siapkan budget sekitar 10jt-an, apabila history nya gak jelas/gak ada. tapi itupun blm tentu semua terpakai. tergantung masing2 kondisi dapetnya.
btw si putih ini tanpa sunroof yah??. kebanyakan kalo warna putih asli dari authorized dealer itu minusnya : tanpa sunroof, tanpa airbag, tanpa roofrack, tanpa spoiler blkg, dan kadang transmisi manual.


lokasi di mana nih tant?? siapa tahu ada RR CSOC sekitaran lokasi tempat tinggal yg bisa bantu/nemenin buat check si putih.

mohon pencerahannya Suhus
maklum ibu beranak 4 budget terbatas bangetttt.. tapi sampe ngimpi2 ngangon gajah putih ke garasi rumah

mantaaaaf.... ... di CSOC juga ada bbrp pilot gajah wanita.

matursuwun sebelumnya

Thumbs up 

lokasi di Taman Harapan Indah Om.. Bekasi

Bener kata Om, yg ga ada:
SUnfoof
airbag
roofrack
spoiler belakang
history service jg ga ada
spion gak lipet

menurut Om PR nya berat ga, trs brp lama kudu diopname nya?
Quote:Original Posted By MerryEkaroza
lokasi di Taman Harapan Indah Om.. Bekasi

Bener kata Om, yg ga ada:
SUnfoof
airbag
roofrack
spoiler belakang
history service jg ga ada
spion gak lipet

menurut Om PR nya berat ga, trs brp lama kudu diopname nya?


Ooooh ... di HI... ada member csoc tuh di sana, dan kebetulan mobilnya juga mau di jual.

kalau dari report nya tante merry kebanyakan cuma indent part aja. untuk kasus bunyi di mesin kan belum pasti penyebabnya apa??

Check
Quote:Original Posted By rhobymurpramada
Makasih sarannya Bro WheelBeast dan Bro Syadin, ane pantau dulu si gajah. apa mash DEMAM ga.. semoga aja sdh sehat wal afiat dan ga demam lagi.. mayan juga kalo swap engine nih..


gak berminat masuk csoc gan?? dijamin bakal makin mudah dan murah piara gajahnya. lebih banyak bahasan di milist member gan....

salam - csoc445
Quote:Original Posted By syadin


sedikit nambahin..buat kabel rem..sama seperti saya pernah tanya2 ke mas heru..dan bener katanya indent dan pesen sesuai no rangka..

alhasil sy indent kurang lebih 2 minggu...harganya 295rb utk sebelah kanan belakang...tp pas di tarik rem tangannya..malah yg sebelah kiri yg kurang mengunci padahal kampas rem kiri dan kanan masih OK OK alias tebel2..

usut punya usut ternyata beres di cibubur kota wisata tempat ane ganti menyarankan kalo ganti kiri dan kanan..kalo ganti sebelah aja biasa nya yg lancar yg baru aja yaaa ebelah kanan..yg kiri nya jd berasa kurang selancar yg kanan meski udah di bersihin dan di setel ...

tp sekarang valgas ane udah punya rem tangan heheh...


dari pada dr kemaren rem tangan cuma ban belakng kiri yg mengunci yg kanan alias berputar bebaaaaaassss..ehheh



kpn nih CSOC mau kopdar di daerah jakarta..jd pengen ketmu2 ama suhu2 sekalian nih..


tks
doedy
B 8017 BT
VALGAS silver met./ cibubur jambore
Quote:Original Posted By syadin
gak berminat masuk csoc gan?? dijamin bakal makin mudah dan murah piara gajahnya. lebih banyak bahasan di milist member gan....

salam - csoc445


gan , minta saran dong..ada masalah ngk sih kalo head unit kita ganti dengan monitor ...katanya jarang instalasi audio yg berani bongkar2 valgas..takut koslet nih..
Quote:Original Posted By anthony.lie
dear bro gajahmabur,

many thanks atas penjelasannya..sebagai info, saat ini saya coba ganjal dengan ring dengan tebal 1,5mm (kira2 ya...yg pasti tidak akan sampai 2mm). apakah aman? yg saya rasakan setelah mengganjalnya, mesin menjadi lebih bertenaga diputaran rpm bawah.
pertanyaan saya, suara bersuit ketika turbo bekerja menjadi agak kecil sedikit. apakah memang demikian?

apakah tanda2 bilamana actuator akan rusak selain "mesin mendadak lebih bertenaga"? let say di cek sama montir..

mohon sarannya

salam diesel
anthony


shim 3 mm cuma menaikkan boost sekitar 0,1 Bar,
jika cuma pakai 1-2 mm hasilnya akan lebih kecil lagi, tidak terlalu signifikan mungkin ada sedikit tambahan torsi saja dan asap makin tipis

actuator rusak paling gampang dicek dng mencabut selang yang ke body blower (keong turbo yg berwarna putih) dan ditiup kalau ngemposs berarti sudah bocor
Quote:Original Posted By MerryEkaroza
lokasi di Taman Harapan Indah Om.. Bekasi

Bener kata Om, yg ga ada:
SUnfoof
airbag
roofrack
spoiler belakang
history service jg ga ada
spion gak lipet

menurut Om PR nya berat ga, trs brp lama kudu diopname nya?




saran lho..mending ambil yg ada sunroof nya ..itu yg bikin keren lho ...mbl jarang2 yg ada sunroof..mengangkat nilai pasti kita duduk di dalem gajah ..ihih

Smile 

Quote:Original Posted By WheelBeast
coba pertimbangkan ini.

Begitu Boost naik = EGT naik pula.

Wastegate diganjal -> boost naik tdk sesuai standard -> EGT naik pula tdk sesuai standard valdies.

EGT yang tdk terkontrol berdasarkan pengalaman di 806 HDi efek bs nangis darah -> klep patah/hilang, Melted Piston/seher retak, ada yg lebih parah lg enigne ambrol blok engine retak.

itu just experience RR 806.

Ada lg yg hrs dipertimbangkan, kaki bs gak disekolahin contoh jika kite cruising di tol bs gak kite nahan kaki supaya gak gebeberan terus.klo gegeberan trus egt naik gak terkontrol coz di valdies indikator EGT gak ada.seharusnye egt dah s/d suhu maksimal kite hrs menurunkan laju valdies tuk nurunkan EGT.


dear bro WheelBeast,

boleh tau diganjal berapa tebal Wastegate nya di RR 806?

many thanks

salam
anthony
Quote:Original Posted By syadin


gak berminat masuk csoc gan?? dijamin bakal makin mudah dan murah piara gajahnya. lebih banyak bahasan di milist member gan....

salam - csoc445


Minat gan, kemarin sudah donlod formulirnya. tinggal kirim berkas formulir dan transfer uangnya. semoga minggu ini sudah bisa gabung dgn CSOC.
Quote:Original Posted By doedymhura

kpn nih CSOC mau kopdar di daerah jakarta..jd pengen ketmu2 ama suhu2 sekalian nih..

tks
doedy
B 8017 BT
VALGAS silver met./ cibubur jambore


untuk bulan ramadhan ini kumpul2/kumbar di kurangi gan...
biasanya diadakan baksos atau bukber aja. dan minggu depan rencananya akan ada baksos ke pandeglang (konvoi) dilanjut bukber.
kalau mau ikutan monggo, untuk informasi selanjutnya insya Allah saya akan infokan


Quote:Original Posted By doedymhura
gan , minta saran dong..ada masalah ngk sih kalo head unit kita ganti dengan monitor ...katanya jarang instalasi audio yg berani bongkar2 valgas..takut koslet nih..


saya sudah pakai HU aftermarket gan. yg berani bongkar2 banyak gan, yg ngerti dan hati2 yg langka. dan saya pasang sendiri gan (cari aman).

yg penting saat penyambungan wiring HU itu bener2 kenceng gak asal tempel.
dan hindarkan jumper2 yg gak perlu/asal2an.

salam - csoc 445

BakSos CSOC chapter jabodetabek

Alhamdulillah selagi masih di bulan Ramadhan, bulan yg baik untuk berbuat amal sekaligus mengasah hati dan kepedulian serta berbagi kebahagiaan kepada mereka yang kurang mampu.

CSOC chapter Jabodetabek, berencana akan mengadakan bhakti sosial dengan memberikan bantuan ke rumah yatim/ pondok pesantren di Pandeglang, dan pontren yg akan dikunjungi adalah Pondok Pesantren Yayasan Ibad Abdulrahman di Pandeglang yg memiliki santri sekitar 300-an, dan sebanyak 120 org siswa diantaranya adalah anak yatim tak mampu. Usia mereka antara usia anak kelas 1 - 3 SMP. (info lebih detil nya ttg pontren ini silahkan tanya2 ke om Didi 267)

RR CSOC lintas chapter, jika ingin memberikan bantuan/ infaq dan sedekah, silahkan:
- menyumbang dana dgn transfer ke rekening khusus bhaksos BCA a/c: 0351 2389 83 a/n Margiyono dan atau
- memberikan barang2 yg dibutuhkan anak yatim seperti: alat2 kebersihan spt sabun/ shampo, handuk, baju/ sarung dan lain lain.

Kegiatan bhaksos ini, insya Allah akan diadakan pd tanggal 4 Agustus 2012.

Teknisnya:
- kita touring/konvoi menuju lokasi (jgn lupa bawa rakom ya...)
- kita menyalurkan bantuan (jgn lupa transfer dana dan atau bawa barang2 yg diperlukan utk para anak yatim)
- kita akan buka puasa bersama di rumah makan jgn lupa bawa uangnya...ha..ha..ha.. . (detilnya rumah makan ini bisa tanya2 ke om AES 133 yg akan survey Senin/ Selasa ini)

So, silahkan bergabung di meeting point km 62 tol jkt - merak sekitar jam 12-an ya....

Yang ingin bergabung pd acara ini, mhn daftar ya, untuk memudahkan panitia booking tempat di rumah makan-nya....

CP dan info :
H. Endang Priyanto (081385731000)
Quote:Original Posted By WheelBeast
coba pertimbangkan ini.

Begitu Boost naik = EGT naik pula.

Wastegate diganjal -> boost naik tdk sesuai standard -> EGT naik pula tdk sesuai standard valdies.

EGT yang tdk terkontrol berdasarkan pengalaman di 806 HDi efek bs nangis darah -> klep patah/hilang, Melted Piston/seher retak, ada yg lebih parah lg enigne ambrol blok engine retak.

itu just experience RR 806.

Ada lg yg hrs dipertimbangkan, kaki bs gak disekolahin contoh jika kite cruising di tol bs gak kite nahan kaki supaya gak gebeberan terus.klo gegeberan trus egt naik gak terkontrol coz di valdies indikator EGT gak ada.seharusnye egt dah s/d suhu maksimal kite hrs menurunkan laju valdies tuk nurunkan EGT.



sudah dipertimbangkan masak2 gan,

mesin di lempar ke pasaran umumnya diseting 10-15% underpower dibawah spec maksimum karena berbagai pertimbangan regional, di spec maksimum pun mesin masih punya safety factor 15-20%, bahkan pada mesin jadul bisa lebih tinggi lagi
itulah kenapa mesin mass production sampai batas tertentu bisa dimodif untuk balap atau geber geberan ngedrag (don't try this at gajah)

sumber utama kenaikan EGT pada diesel utamanya disebabkan oleh rich combustion, adanya proses pembakaran yang berlebihan bahan bakar dan kekurangan oksigen begitu smoke limit terlampaui mesin bakal BUUUMM berantakan dengan spektakuler, tapi sebelumya yg pertama kali rontok/lumer adalah turbin blade pada turbo yang overheating akibat temperatur gas buang yang menyengat

turbo bost memang bisa menaikan EGT tapi hanya terjadi signifikan pada kondisi ekstrim dimana turbobost dinaikkan ekstrim (mengganti unit turbo dengan kapasitas besar), atau mematikan sama sekali wastegate actuator

di Turbo standard bawaan valdies yg imut itu, saat Waste gate actuator digeser 3 mm, yg terjadi hanya kenaikan 0.1 Bar (sudah diukur), dan hanya terjadi pada full load dan full rpm,sesuatu yang hampir tak pernah terjadi dalam waktu lama di pemakaian harian kecuali gajahnya dibawa kesirkuit Monza

Pada mesin diesel jika pada proses combustion tersedia banyak oksigen akibat yang terjadi justru penurunan temperatur pembakaran (EGT) dan penurunan pembentukan NOX (tujuan pemasangan EGR), asap makin tipis karena HC juga rendah
itu salah satu konsekwensi logis dari sedikit kenaikan turbo boost jika tanpa menaikan FLA & smoke adjuster

dimesin dgn injection mekanis spt valdies kita berfikir simple saja
asap tebal : EGT tinggi (mesin demam)
asap bening : EGT rendah (mesin adem)

itu alasan kenapa "sedikit" main main turbo boost malah lebih aman dibanding utak atik FLA atau smoke adjusment , karena "sedikit" penambahan boost tidak sesignifikan menaikkan EGT dibanding main2 seting injection pump
walaupun pengaruh ke tenaga juga gak signifikan

membandingkan Valdies dengan 806 Hdi jelas gak relevan, karena system injeksi mekanis valdies tidak ada feedback dan sensor dari mesin, berarti seting supply bbm fix sesuai setting (sesuai kita kehendaki)

pada 806 mesin bisa beradaptasi sesuai feedback yang diberikan sensor sensornya shg suply bahan bakar pun berupan sesuai laporan sensor
jika ada sensor ngawur, atau bug pada data processing, mesin bisa bubar dengan sukses karena kekenyangan dan demam tinggi
karena saat turbo tekanannya naik supply BBM pun akan dinaikan oleh sang otak elektronik, bayangkan apa yg terjadi jika ada bug pada programya

hal yang tidak mungkin terjadi pada valdies kecuali disengaja


Sebagai gajah touring valdies kurang garang untuk gaya menyetir agresif,
akibat gear ratio renggang dan top speed tinggi.
itu mindset yang mesti disadari pemiliknya, prioritas lebih ke reliability dan efisiensi dibanding performance


semakin kita mengenali dan menyelami karakter Unik si Gajah makin asyik kita membawanya ke touring panjang CSOC

salam
211

mesin dah panas (kondisi ac mati) tp tetap fan nggak muter....

Quote:Original Posted By gajahmabur


tunggu dulu sampai mesin panas cek statusnya spt dibawah ini:

-mesin dingin, AC OFF : fan semua mati
-mesin dingin, AC ON : fan AC ON, fan radiator ON Low speed
-mesin panas, AC ON/OFF : fan AC ON, fan radiator ON Hi speed



agan agan....punten.... masalahnya pd saat mesin panas dan kondisi ac dimatiin tetep ac nggak muter......

nah sy coba cabut kabel ke switch fan , langsung tuh fan dalam nyala.....

kenape ya tuh ???? mhn pencerahannya......

lis
Quote:Original Posted By otnawsil
agan agan....punten.... masalahnya pd saat mesin panas dan kondisi ac dimatiin tetep ac nggak muter......

nah sy coba cabut kabel ke switch fan , langsung tuh fan dalam nyala.....

kenape ya tuh ???? mhn pencerahannya......

lis


kemungkinan switch nya itu gan yg sudah gak normal

mungkin suheng om seki 211 bisa jelasin lebih detail.
Mau tanya juga....Kira kira jawaban logis dr berkurangnya air reservoir radiator itu apa ya?

sekedar info : waterpump ,thermostat, baru diganti semua....

apa masih karena fenomena udara palsu....jadi penuhnya radiator itu adalah FAKE......ujung ujungnya air di reservoir di sedot terus ke mesin?
mohon tanggapannya suhu (gajah sy bensin AT)


problem kecil tapi ngeselin dari kmrn lusa

antena radio naik turun nya seret ,dan berisik.....terakhir kmrn ga bs naik turun otomatis,,,,mesin antenanya doang yang jalan..

kira kira solusi terbaik apaan ya...dan dimana yang bisa benerin itu antena radio seputaran bekasi - pondok gede.....garing juga jalan ga nyalain radionya...untuk sementara sekring radio sy cabut dulu,,,biar mesin antena ga jalan terus

trims
Quote:Original Posted By syadin
kemungkinan switch nya itu gan yg sudah gak normal

mungkin suheng om seki 211 bisa jelasin lebih detail.


kalau kabel ke sensornya nya dicabut langsung muter berarti wiring & sistemnya masih normal cuma sensornya yang gak beres
Quote:Original Posted By Deska
Mau tanya juga....Kira kira jawaban logis dr berkurangnya air reservoir radiator itu apa ya?

sekedar info : waterpump ,thermostat, baru diganti semua....

apa masih karena fenomena udara palsu....jadi penuhnya radiator itu adalah FAKE......ujung ujungnya air di reservoir di sedot terus ke mesin?
mohon tanggapannya suhu (gajah sy bensin AT)


problem kecil tapi ngeselin dari kmrn lusa

antena radio naik turun nya seret ,dan berisik.....terakhir kmrn ga bs naik turun otomatis,,,,mesin antenanya doang yang jalan..

kira kira solusi terbaik apaan ya...dan dimana yang bisa benerin itu antena radio seputaran bekasi - pondok gede.....garing juga jalan ga nyalain radionya...untuk sementara sekring radio sy cabut dulu,,,biar mesin antena ga jalan terus

trims


radiator cap sudah gantikah??
kalo radiator cap sudah lemah, pada saat mesin panas air lebih mudah membludak di tabung reservoir. jadi air banyak terbuang dr tabung reservoir tsb, nah pada saat mesin dingin air di tabung reservoir kembali di sedot oleh radiator. krn sudah banyak yg terbuang, akhirnya air jadi berkurang.

kalau perlu sekalian ganti tutup tabung reservoirnya.

biar lebih puas beli di beres aja, kan bisa di test pressure-nya radiator cap tsb. krn di luaran banyak yg abal2 (pressure gak sesuai std).


antena :
itu gearnya udah jebol mas deska... solusinya ya di ganti baru. pakai punya timor aja lebih murah (kalau mau ganti)
go go
×