KASKUS

Quote:Original Posted By unnoku
LAPOR KUMENDAN....MONGTOR ANE SUDAH SEMBUH...

setelah sempet hopeless, akhirnya aku bawa ke beres kawak walaupun sempet salah bengkel* [nanti di review]

setelah di analisa scan, berikut part yg dicurigai gak berfungsi:[sorry gak sempet photo waktu scanningnya]
switch relay starter:
Spoiler for :

harga 500 ribuan

aki:
Spoiler for :

harga 393 ribu

sedikit tips: kalo mau ganti aki di beres, jangan nanya aki untuk klx 250 harganya mahalnya dua kali lipat, mending nanya yang buat klx150, ukuran, bentuk, voltase dan ampere sama persis harganya separuh lebih murah...
coba bandingin:

kiriunya klx150, kananunya klx250

brush carbon [di dalam dinamo starter]:
Spoiler for :

harga :380 ribuan

pengalaman berharga, bagi yang mengalami kasus kaya saya, asumsi saya patut dicurigain tiga part diatas,karena nyaris gak ada gejala [atau saya yg kurang tanggap], tahu tahu mesin mati trus blank. semua saling terkait, kalo aki drop pasti gak kuat starter, switch relay starter rusak mesin gak bisa start, lebih parah lagi kalo brush karbon dinamo starter sudah aus trus lengket ke anchornya, ini yang bikin cepet soak aki karena akan nyedot strum terus hingga aki overheat, kaya kasus saya aki jadi gembung, trus mungkin bisa merembet kemana mana.

*salah bengkel:
tadinya saya bawa ke beres "S" di fatmawati, sudah di bongkar,nungguin selama 2 jam, trus dia baru bilang gak ada alat scan nya...

akhirnya aku bawa ke M*T*Rave, baru bisa kedeteksi.....
FYI: kata mekanik disana, semua main dealer kawak jabodetabek sudah bisa menangani service klx250 dan cc600 yang notabene sudah injeksi karena sudah ditraining berikut software analisanya sudah dikasih. kalo sampe ada yg ngalamin kaya kasus di beres "S", ada dua kemungkinan, kalo gak mekaniknya males atau belum paham operate softwarenya, kemungkinan lain ownernya pelit/ketakutan laptopnya dibawa kabur ma mekaniknya.

setelah lama nongkrong di bengkel dapat sedikit ilmu:
jump start tanpa switch relay starter


bonus:
Spoiler for :


sekian, kumendan laporan selesai.
kalo ada yg mau review atau nambahin silahken, demi kepentingan bersama.


dikarenakan sesuatu hal ..... saya tidak sempat memakai kedua KLX250 saya dalam jangka waktu yg sangat lama.
akhirnya kemarin minggu selimut kedua klx di buka untuk ditengok, yg satu langsung jreeeng (buset dah accu bawaan pabrik 2008 sudah 3 bulan tidur masing manteb ajah) ...
nah yg satunya lagi ini (tapi pakai accu bukan aslinya) dinyalakan kontak, display normal, suara kompresi pompa normal, pas di start ...... treetetetet, ada suara kaya relay brepet di daerah bawah jok dekat accu, ..... beberapa kali coba masih sama.
teringat ingat cerita empu Unnoku punya pengalaman diatas .... gw langsung curiga accu nya lemah nih ..... saya ganti pakai accu dr motor lain .... jreeeengggg nyala normal.
ya sud ... saya kembalikan accu ke posisi semula dan coba dinyalakan dengan cara di duoroooong hahaha .... nyala. singkat kata di charge dulu dengan bawa jalan selama setengah jam .... dah rada ngisi. dua hari berikutnya di coba nyalakan lagi ... normal (tapi siap siap kudu ganti aki baru neh buat safe nya).

kesimpulan:
  • apabila accu soak pada kondisi tertentu, dia tidak kuat start dengan mengeluarkan suara treeetetetet relay. bukan suara dinamo stater pelan ngok seperti motor lain.
  • accu boleh punya ukuran sama, tapi lain merek dan harganya ... punya mutu yg berbeda pula .... yg murah gak kuat nyimpen listrik terlalu lama .... voltasenya menurun banyak selama tidur. kalau penggunaan tiap hari dipake sih gak terlalu pengaruh lah
Quote:Original Posted By big jim
berhubung kakus beta bertingkah lagi, saya gak bisa jawab PM, saya tulis disini saja, sapa tahu ada yg mau nambahin suka dan dukannya ni motor dibawa oprot



semua tergantung bro,
  • jenis medan offroad seperti apa
  • tinggi badan berapa?
  • daerah mana
  • dll


terus terang saya ambil klx250 karena satu satunya motor trail yg sesuai ukuran badan saya (182cm) yg harganya terjangkau (road legal=surat).
saya menyenangi perjalanan pedesaan yg tingkat kesulitannya tidak terlalu ekstrim. hal ini cocok untuk karakter KLX250 yg dual porpose ... karena motornya cukup badak dan suspensinya sudah mumpuni.

contoh perjalanan:
http://kaskus.co.id/thread/000000000...rackerx-250/31

kelemahan:
  • untuk medan ekstrim yg butuh dorong/tarik/angkat (ex. dari sungai) dan yg sering jatuh bangun kurang cocok karena motor berat 130kg cepat menguras tenaga.
  • perjalanan pedesaan yg sangat panjang ratusan km susah cari pertamax
  • tidak gampang di tune sana sini, walaupun tenaga standart sudah ok.


diluar itu .... saya sangat puas dengan performance ini motor ... bukan yg terhebat, tapi juga gak nyusahin (selama cocok dg kriteria diatas).

nb: saya sampai pelihara dua ... sejauh ini keadaan standart gak nyusahin


waaah terimakasih inpohnya om big jim.. berarti memang mencari medannya harus sifatnya adventure ya bukan off road... kalo ane malah tingginya pas-pasan cuma 170.. tapi beratnya kelebihan uy 83kg.. kalo pake si 150 makanya jadi ambles shockbrekernya..
Sedikit berbagi pengalaman soal nih motor :

1. Awas sering gonta ganti sekring, ntar lama2 kendor motor gampang banget matinya.

2. Klo aki mulai tekor, mendingan cepet2 diganti daripada ECU yg dibantai.

3. Ati2 kabel kunci starter, gampang gosong.

4. Klo ganti oli, mendingan sekalian ganti saringan oli. Daripada noken-as kena bantai.

5. Perhatiin cakram2, karena punya klx menurut ane cepet banget abisnya.

6. Klo dtracker, harus rada2 diawet, selama ini klo kecelakaan yg kena segitiga biasanya belah jadi 2 ditengah2nya.

7. Sering2 cek sekring, soalnya sering meleleh tp gak putus.

8. Sering ck busa filter, sekali udah brudul, injeksi kotor, biaya bersihin injektor doank 250rb.

Btw, ada yg jual wheelset ori dtracker 250?? Tanpa cakram asal ada tromol gpp...
Quote:Original Posted By big jim
dikarenakan sesuatu hal ..... saya tidak sempat memakai kedua KLX250 saya dalam jangka waktu yg sangat lama.
akhirnya kemarin minggu selimut kedua klx di buka untuk ditengok, yg satu langsung jreeeng (buset dah accu bawaan pabrik 2008 sudah 3 bulan tidur masing manteb ajah) ...
nah yg satunya lagi ini (tapi pakai accu bukan aslinya) dinyalakan kontak, display normal, suara kompresi pompa normal, pas di start ...... treetetetet, ada suara kaya relay brepet di daerah bawah jok dekat accu, ..... beberapa kali coba masih sama.
teringat ingat cerita empu Unnoku punya pengalaman diatas .... gw langsung curiga accu nya lemah nih ..... saya ganti pakai accu dr motor lain .... jreeeengggg nyala normal.
ya sud ... saya kembalikan accu ke posisi semula dan coba dinyalakan dengan cara di duoroooong hahaha .... nyala. singkat kata di charge dulu dengan bawa jalan selama setengah jam .... dah rada ngisi. dua hari berikutnya di coba nyalakan lagi ... normal (tapi siap siap kudu ganti aki baru neh buat safe nya).

kesimpulan:
  • apabila accu soak pada kondisi tertentu, dia tidak kuat start dengan mengeluarkan suara treeetetetet relay. bukan suara dinamo stater pelan ngok seperti motor lain.
  • accu boleh punya ukuran sama, tapi lain merek dan harganya ... punya mutu yg berbeda pula .... yg murah gak kuat nyimpen listrik terlalu lama .... voltasenya menurun banyak selama tidur. kalau penggunaan tiap hari dipake sih gak terlalu pengaruh lah


ane juga pernah ngalamin hal serupa nih.
saran ane, klo ada gejala diatas, jangan langsung diganti relaynya.
pertama2 cobain dulu aja pake aki sehat.
karena pengalaman ane, setelah diganti aki masalah selesai. gak ada masalah lagi.
jadi positif akinya yang udah soak.
Selamat mlm om,mw nanya donk bagusan kawasaki KLX atau D-TRACKERX?makasi
HOREEEEEEEEEE.........

gw dapet tawaran untuk balik ke kaskus lama.

kakus BETA=sucks
Quote:Original Posted By ers.perdana
Selamat mlm om,mw nanya donk bagusan kawasaki KLX atau D-TRACKERX?makasi


WADOH ... om mas bro, no Offense yah, pertanyaannya agak lucu niy .....
tapi saya akan dengan mudah menjawab SAMA BAGUSNYA, lah wong motornya kurang lebih sama kok ...

nah kalau pertanyaannya sedikit berbeda .... mis: untuk harian, untuk main tanah, untuk pacaran, untuk sekolah ..... dll, jawabannya bisa panjang

singkatnya (sudah banyak yg paham) keduanya dualpurpose (dua alam)
KLX 250 = lebih mengarah untuk jalan rusak / tanah/ adventure
D-TRACKERX = lebih mengarah untuk jalan raya / harian / dll
Quote:Original Posted By big jim


singkatnya (sudah banyak yg paham) keduanya dualpurpose (dua alam)
KLX 250 = lebih mengarah untuk jalan rusak / tanah/ adventure
D-TRACKERX = lebih mengarah untuk jalan raya / harian / dll


wayolooo...da d jelasin ma suhu jim tuh....
Quote:Original Posted By big jim
WADOH ... om mas bro, no Offense yah, pertanyaannya agak lucu niy .....
tapi saya akan dengan mudah menjawab SAMA BAGUSNYA, lah wong motornya kurang lebih sama kok ...

nah kalau pertanyaannya sedikit berbeda .... mis: untuk harian, untuk main tanah, untuk pacaran, untuk sekolah ..... dll, jawabannya bisa panjang

singkatnya (sudah banyak yg paham) keduanya dualpurpose (dua alam)
KLX 250 = lebih mengarah untuk jalan rusak / tanah/ adventure
D-TRACKERX = lebih mengarah untuk jalan raya / harian / dll


oo begitu om makasi info nya om, klo dari segi bahan bakar om?
Quote:Original Posted By ers.perdana


oo begitu om makasi info nya om, klo dari segi bahan bakar om?


sama2 aja om, yang pasti gmn cara melintir gas aja om,,, klo sering2 di pelintir ya boros yg ada.. klo bisa pake yg nonsubsidi om, klo mau lebih asik pake bensol
agan-agan mw nanya lg dong ane.. kl untuk Dtracker.. ban belakang Battlax BT92 ukuran 160 masuk g y???

tengkyu y gan
Quote:Original Posted By tezhiro
agan-agan mw nanya lg dong ane.. kl untuk Dtracker.. ban belakang Battlax BT92 ukuran 160 masuk g y???

tengkyu y gan


masuk....maksimal 160...lebih dari itu mesti ganti arm belakang....
Quote:Original Posted By unnoku
masuk....maksimal 160...lebih dari itu mesti ganti arm belakang....


ooh sip brarti ama sodaranya y.. kl tutup rantenya gmn harus dilepas g gan??
Quote:Original Posted By cent32
sama2 aja om, yang pasti gmn cara melintir gas aja om,,, klo sering2 di pelintir ya boros yg ada.. klo bisa pake yg nonsubsidi om, klo mau lebih asik pake bensol


thx bgt om buat info2 nya
Quote:Original Posted By unnoku
masuk....maksimal 160...lebih dari itu mesti ganti arm belakang....


Quote:Original Posted By tezhiro
ooh sip brarti ama sodaranya y.. kl tutup rantenya gmn harus dilepas g gan??


kok punya ane pakek 150/60 dah sisa satu dua mili doang yah ke tutup rantai yg plastik itu?
Quote:Original Posted By cent32
sama2 aja om, yang pasti gmn cara melintir gas aja om,,, klo sering2 di pelintir ya boros yg ada.. klo bisa pake yg nonsubsidi om, klo mau lebih asik pake bensol


kl pakek bensol, tar ntu klx pas lompat...susah mendaratnya gan.... kudu ada parasutnya
Quote:Original Posted By ^^eternity^^
kok punya ane pakek 150/60 dah sisa satu dua mili doang yah ke tutup rantai yg plastik itu?


harus dibuka kyknya gan tutup rantenya.. kalo si ni**a mah pke 160 kudu begituu eheheheheh
Quote:Original Posted By tezhiro
ooh sip brarti ama sodaranya y.. kl tutup rantenya gmn harus dilepas g gan??


copot boleh....enggak juga gak papa, tapi mesti di coak dikit plastik tutup rante nya..
Quote:Original Posted By Indrajati90
Sedikit berbagi pengalaman soal nih motor :

1. Awas sering gonta ganti sekring, ntar lama2 kendor motor gampang banget matinya.

2. Klo aki mulai tekor, mendingan cepet2 diganti daripada ECU yg dibantai.

3. Ati2 kabel kunci starter, gampang gosong.

4. Klo ganti oli, mendingan sekalian ganti saringan oli. Daripada noken-as kena bantai.

5. Perhatiin cakram2, karena punya klx menurut ane cepet banget abisnya.

6. Klo dtracker, harus rada2 diawet, selama ini klo kecelakaan yg kena segitiga biasanya belah jadi 2 ditengah2nya.

7. Sering2 cek sekring, soalnya sering meleleh tp gak putus.

8. Sering ck busa filter, sekali udah brudul, injeksi kotor, biaya bersihin injektor doank 250rb.

Btw, ada yg jual wheelset ori dtracker 250?? Tanpa cakram asal ada tromol gpp...


yg ke 6 kayanya gw banget tuh hahahahahaha
Quote:Original Posted By andradrum
yg ke 6 kayanya gw banget tuh hahahahahaha


waduh gan.. belah 2 delta stang?? emg kecelakaan gmna?? waduh bahaya uy.. ntar kalo lg oprud belah di gunung.. repot doong..
go go