KASKUS

Kutilang..suara indah namun di musuhi

Burung kutilang

Status konservasi
Risiko Rendah
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:\tAnimalia
Filum:\tChordata
Kelas:\tAves
Ordo:\tPasseriformes
Famili:\tPycnonotidae
Genus:\tPycnonotus
Spesies:\tP. aurigaster

Nama binomial
Pycnonotus aurigaster
Vieillot, 1818


Cucak Kutilang atau Kutilang adalah sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Orang Sunda menyebutnya cangkurileung, orang Jawa menamainya ketilang atau genthilang, mengikuti bunyi suaranya yang khas. Dalam bahasa Inggris burung ini disebut Sooty-headed Bulbul, sementara nama ilmiahnya adalah Pycnonotus aurigaster; mengacu pada bulu-bulu di sekitar pantatnya yang berwarna jingga (Gr.: aurum emas, gaster perut).

burung yg satu ini benar2 kasihan nasipnya, semenjak ramia pemain kicau yg dilombakan..suara burung kutilang bagaikan hantu yg mengintai bagi pemilik burung2 lomba. yg mengenaskan...kutilang sering di tembaki duhhh burung yg sudah bisa adaptasi dilingkungan rumah kita..sayang klo dibikin punahh.
Padahal burung ini sangat indah dan merdu suaranya...dipagi hari dia sudah bersahutan suasana alami banget dehh klo disekitar rumah kita ada kutilang liar.

ane pernah pelihara burung in..suaranya ngk kalah seperti AK/AM/kacer, luar biasa dehh..asalkan perawatannya bener..dan berkelamin jantan. untuk yg betina juga bunyi ngerol namun tak sekeras jantan..dan biasanya yg ce monoton.selain memiliki suara yg merdu kutilang juga dikenal burung jinak dan mengerti, bahkan bisa dilepas dan mengikuti tuanya kemanapun pergi...
saking indahnya..burung kutilang pun di buatkan laguu..mungkin anda ingat akan lagunya...

*******
burung kutilang berbunyi..bersiul..siull sepanjang hari..dengan tak jemu2
***
ane sih menghimbau nihh buat pemain burung ocehan, biarkan lah kutilang hidup disekitar rumah kita, jangan di tembah di ketepel atau di musnahkan, hanya burung kutilang yg masih ada di lingkungan kita...sebagai burung berkicau....sayang kan klo punah...
biarkan kutilang itu MERDEKA...SEPERTI BANGSA KITA YG 1 HARI LAGI MERAYAKAN KEMERDEKAAN......
ane juga g ngerti kenapa kutilang kok di musuhin ama pecinta burung,..
apanya gitu yang bikin mereka keki,..
yang pasti burung ini termasuk burung yang cerdas,..
gampang banget niru suara burung yang laen :d
burungnya lucu...
wah saya pernah pelihara anakan Kutilang mpe besr jinak banget ga mw terbang jauh ninggalin sarang
jadi pengen beli lagi, tar maen Ke PB ah, Dulu cuma 5rb, ga tw sekarang berapa
itu kenapa si Cecep?diserang burung???
Kalo dibilang burung ini cerdas, gw setuju bro
gw punya pengalaman 5 tahun yang lalu pelihara burung ini, dan nggak hanya cerdas menirukan bunyi2 burung lain tapi burung kutilang ini bisa gw lepas dan balik kekandangnya sendiri...awalnya bukan disengaja gw lepas, tapi karena kandangnya terbuka dia kabur, gw pikir dia nggak bakal balik lagi tapi ternyata pas jam dia harusnya tidur dia dah ada dikandangnya lagi
semenjak itu gw selalu buka kandangnya, dan dia selalu bebas terbang kemana aja kecuali jam makan,mandi, sama tidur baru dia balik kekandang..tapi akhirnya dia mati pas lagi mandi diember orang, nggak bisa berenang dia dan gw punya niat buat pelihara jenis burung ini lagi..
kutilang juga banyak gan di hutan dekat rumah ane...bergerombol hidupnye.
mw mbesang tapi gak sempat2.hehehe...
kutilang2 ini yg bikin pagi jadi enak.. udh bunyi2 jam 6
akhirnya sepupuku mw ane ajak njaring ni burung di hutan.
Aje gile. Kutilang ini sampe mbikin sarang di pohon bambu di taman depan rumah gw. Ada 5-7 ekor. Kalau sore pulang suaranya kaaakk creet creet berisik banget .
kenari ane sampe tertutar kaak kaaak ngeekkk...

Kalau kutilang emas gimana ya suaranya(kutilang yang dadanya kuning)
Quote:Original Posted By ranks
Aje gile. Kutilang ini sampe mbikin sarang di pohon bambu di taman depan rumah gw. Ada 5-7 ekor. Kalau sore pulang suaranya kaaakk creet creet berisik banget .
kenari ane sampe tertutar kaak kaaak ngeekkk...

Kalau kutilang emas gimana ya suaranya(kutilang yang dadanya kuning)


saya punya 1 di rumah kutilang emas...bunyinya klip..klip..klip...tiiittt..tuuuiiit..klip..klip..klip...
trus bisa nembak juga sekali2..klip..klip.klip...klip...ampe panjang.suaranya mayan kenceng...bisa mancing kacer jadi ikutan bunyi juga...trus badeg banget tuh burung,mantaf deh..

yoi

yoi bos ini burung emang jinak ane juga pernah punya trus dilepasin eh begonya neh borong ga mau kabur...
hahaha..
perwatanya gampang...
asal kalo malam taro kedalam rumah...
paginya di jemur.....
Quote:Original Posted By jemsbagul
saya punya 1 di rumah kutilang emas...bunyinya klip..klip..klip...tiiittt..tuuuiiit..klip..klip..klip...
trus bisa nembak juga sekali2..klip..klip.klip...klip...ampe panjang.suaranya mayan kenceng...bisa mancing kacer jadi ikutan bunyi juga...trus badeg banget tuh burung,mantaf deh..


share pict nya gan,ane pengen lihat kek apa kutilang emas itu
Quote:Original Posted By Okutet
share pict nya gan,ane pengen lihat kek apa kutilang emas itu


sori blum s4 foto2,besok aku fotoin deh...ini cuma deskripsi aja:bagian punggung ijo agak coklat abu2 gtu,trus dada sampe pantat kuning,kepala ampe batas leher item,trus dibawah dagunya ada merahnya(kalo jantan)...trus biasanya jambul ama jenggot merahnya berdiri mirip cucak jenggot gtu...
coba cek disini gan:
http://www.bio.undip.ac.id/sbw/birdi...k_kuning02.jpg
Jadi inget anakan kutilang ku dikasih sama toko burung langganan, sayang mati terjebak ditempat minum, gak bisa keluar dengan posisi kepala tenggelam, sungguh kematian yg menggenaskan...hiks..
Quote:Original Posted By imanem
Jadi inget anakan kutilang ku dikasih sama toko burung langganan, sayang mati terjebak ditempat minum, gak bisa keluar dengan posisi kepala tenggelam, sungguh kematian yg menggenaskan...hiks..


mengenaskan.
Quote:Original Posted By jadul0kem

ane sih menghimbau nihh buat pemain burung ocehan, biarkan lah kutilang hidup disekitar rumah kita, jangan di tembah di ketepel atau di musnahkan, hanya burung kutilang yg masih ada di lingkungan kita...sebagai burung berkicau....sayang kan klo punah...
biarkan kutilang itu MERDEKA...SEPERTI BANGSA KITA YG 1 HARI LAGI MERAYAKAN KEMERDEKAAN......


agan bener2 seperti bung karno, dia pernah diberikan burung oleh rakyatnya. bung karno lantas mengajak rakyat yg memberi burung itu dan menyuruhnya melepaskan burung itu dari sangkarnya sambil berkata "burung ini ingin merdeka seperti manusia yg ingin merdeka". bung karno melarang orang2 di istana negara mengikat dan mengurung burung karena dia lebih suka melihat burung terbang dan berkicau di alam bebas.

sayang sekali klo hanya generasi kita yg cuma bisa melihat kutilang di alam bebas dan anak cucu cicit kita hanya bisa mengetahui kutilang dari kita aja. tentunya akan lebih bagus klo di sekitar kita banyak burung beraneka jenis yg bebas berkeliaran daripada mendengar kicauan burung yg diikat dan dikurung
Quote:Original Posted By fadhlier
agan bener2 seperti bung karno, dia pernah diberikan burung oleh rakyatnya. bung karno lantas mengajak rakyat yg memberi burung itu dan menyuruhnya melepaskan burung itu dari sangkarnya sambil berkata "burung ini ingin merdeka seperti manusia yg ingin merdeka". bung karno melarang orang2 di istana negara mengikat dan mengurung burung karena dia lebih suka melihat burung terbang dan berkicau di alam bebas.

sayang sekali klo hanya generasi kita yg cuma bisa melihat kutilang di alam bebas dan anak cucu cicit kita hanya bisa mengetahui kutilang dari kita aja. tentunya akan lebih bagus klo di sekitar kita banyak burung beraneka jenis yg bebas berkeliaran daripada mendengar kicauan burung yg diikat dan dikurung


setuju bro..

andai dipelihara pun burung kutilang dapat dilepas seperti ayam yg tiap jam makan / tidur di kembali kesangkarnya....
melihara kutilang pasti ada cerita dehhh.dijamin..ngk percaya coba aja....memelihara satu akan ditemani kutilang liar yg mendekat...ehehh rumah jadi ramai brooo, belum lagi klo kita pergi..dia ikutin kita dari atas sambil terbang dan siul2...seperti si ujang yg di ikutin kutilang sampai hinggap di kepalanya....
kasian emang gan, dulu disekitar rumah ane byk bgt burung kutilang sekarang dah punah dibedil sama orang2 gk bertanggung jawab, dan sekarang gk pernah kedengaran lagi nyanyiannya
Hallo Gan ane dapet anakan Crucuk ada yang mau gak?
Ane Mau kasih cuma2 nih Klo mau ambil Besok sabtu siang ya sblm jm 1 Cz lwt jm 1 ane mudik.
Lokasi Grogol Bagi yg berminat PM ane aja...