Star beda CT scan dengan MRI

tolong infonya buat yang tau, selain radiasi apa lagi beda CT scan dengan MRI. kok di indonesia MRI kurang dikenal.
lupa, sekalian dong, ada yang tau enggak tarif MRI dan CTscan. trus rumah sakit yang memberikan layanan MRI dimana aja?
Quote:Original Posted By chaerani.
tolong infonya buat yang tau, selain radiasi apa lagi beda CT scan dengan MRI. kok di indonesia MRI kurang dikenal.


Om google aja tanyain gan, banyak banget, untuk apa dulu nih?agan ngapain disuruh CT atau MRI?

Quote:Original Posted By chaerani.
lupa, sekalian dong, ada yang tau enggak tarif MRI dan CTscan. trus rumah sakit yang memberikan layanan MRI dimana aja?


108 tanya no telp RS terdekat trs telpon tanyain, biasanya mereka dengan bahagia kan mengiformasikan harganya.
biasnaya sih tergantung dokternya kan,pengen liat apanya?

secara garis besar sih, CT paling bagus buat liat jaringan keras (misal tulang), kalo MRI buat jaringan lunak (misal otot, ligamen, etc).

biaya tergantung RS masing2. kalo di tempat gw sih sekitar 500-700an kalo ga salah.

Cool 

Quote:Original Posted By adesinyo
mereka dengan bahagia kan mengiformasikan harganya.

wkwkwk

Quote:Original Posted By arcobaleno
biasnaya sih tergantung dokternya kan,pengen liat apanya?

secara garis besar sih, CT paling bagus buat liat jaringan keras (misal tulang), kalo MRI buat jaringan lunak (misal otot, ligamen, etc).


betul pisan

Quote:Original Posted By chaerani.
tolong infonya buat yang tau, selain radiasi apa lagi beda CT scan dengan MRI. kok di indonesia MRI kurang dikenal.

bedanya lagi CTscan pemeriksaan nya lebi cepet,
MRI lebi lama n ga bole gerak (katanya di dalem ful musik lo...wkwkwk)

CMIIW, maap banged klo yang di dalem kurung salah.. hehe
Quote:Original Posted By LumintU.sHOp
katanya di dalem ful musik lo...wkwkwk


o,iya toh???
baru tau ane...
nambahin..
CT menggunakan X-Ray (radiasi lebih besar)
MRI menggunakan medan magnet (tanpa radiasi, atau bisa diabaikan)

CT dan MRI dipakai sesuai kebutuhan.. tergantung dokternya..
Beda ct scan dan mri:
Ct scan:
Menggunakan sinar x ray
Resiko radiasi tp tetap dilihat kalo ada indikasi ya tetap dikerjakan
Lebih baik untuk menilai tulang
Pemeriksaan thorak/dada juga lebih baik dgn ct scan
Lebih cepat waktu pemeriksaan tgt generasi dan merk,
saat ini di Indo umumnya pakai yg gen 3, 64 slices (walau ada beberapa RS yg pakai di atas itu
64 slices sdh cukup karena makin tinggi maka radiasi juga makin besar
Kecuali mau periksa jantung atau vaskular memang baik pakai yg lebih tinggi
Harga umumnya relatif murah dibanding MRI tp tgt jenis pemeriksaan dan RSnya juga


MRI
Menggunakan magnet
Tidak ada radiasi x ray
Baik untuk menilai jaringan lunak
Harga lebih mahal tgt jenis pemeriksaan dan RS
Waktu lebih lama pasien harus diam dan tidak boleh bergerak dalam waktu lama
Suka ga betah
Memang ada musiknya soalnya kan nunggu lama lebih baik lg kalo pasien tidur

Itu sekilas info aja tetap konsultasi dgn dokter anda
CT SCAN
-ada radiasi sinar
-lebih ke jaringan keras (tulang)

MRI
-ga ada radiasi sinar, soalnya pake pantulan gelombang magnet
-lebih ke jaringan lunak (gusi, daging, jeroan, dll )
setelah melihat beberapa penjabaran...
baru tau ane perbedaan nya

klo tuk radiasi dr CT, ntu pengaruh bahaya nya ke tubuh apa y??
Quote:Original Posted By doctor.whyhow
Beda ct scan dan mri:
Ct scan:
Menggunakan sinar x ray
Resiko radiasi tp tetap dilihat kalo ada indikasi ya tetap dikerjakan
Lebih baik untuk menilai tulang
Pemeriksaan thorak/dada juga lebih baik dgn ct scan
Lebih cepat waktu pemeriksaan tgt generasi dan merk,
saat ini di Indo umumnya pakai yg gen 3, 64 slices (walau ada beberapa RS yg pakai di atas itu
64 slices sdh cukup karena makin tinggi maka radiasi juga makin besar
Kecuali mau periksa jantung atau vaskular memang baik pakai yg lebih tinggi
Harga umumnya relatif murah dibanding MRI tp tgt jenis pemeriksaan dan RSnya juga


MRI
Menggunakan magnet
Tidak ada radiasi x ray
Baik untuk menilai jaringan lunak
Harga lebih mahal tgt jenis pemeriksaan dan RS
Waktu lebih lama pasien harus diam dan tidak boleh bergerak dalam waktu lama
Suka ga betah
Memang ada musiknya soalnya kan nunggu lama lebih baik lg kalo pasien tidur

Itu sekilas info aja tetap konsultasi dgn dokter anda


tttg radiasi ct scan blm tntu smakin tinggi jumlah slice smakin tinggi radiasi,,itu trgntung pemeriksaany..klo pake sstem helicle emg tinggi coz dia ngluarin sinar-x secra kontinyu,klo yg satune lg ane lupa,gak trlalu banyak coz sinar-x yg kluar gak kontinyu..dan msh bnyk lg perbedaan c scan dan MRI.
klo dijabarin disini gak bakal cukup,mending cari d mbah prog google aj..
setahu ane MRI adalah trobosan terbaru dengan memanfaatkan medan magnet, biaya mri rumah sakit memang lebih mahal.