KASKUS

Forum Disuksi Untuk Fistula Ani

Apa Yang Dimaksud Dengan Fistula Ani?

Fistula Ani adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan kelainan saluran dengan pembukaan internal pada saluran anus yang meluas dan terbuka pada kulit di dekat anus. Akibatnya, permukaan kulit di sekitar anus dapat terlihat sebagai suatu lubang, yang menyebabkan nyeri dan perdarahan seiring dengan pergerakan usus. Gejala lain yang mungkin timbul seperti demam dan rasa gatal di sekitar anus. Fistula ani kebanyakan merupakan komplikasi dari abses anus, suatu kondisi yang ditandai dengan terkumpulnya nanah dalam anus. Ada dua tipe utama fistula ani: Fistula Intersfingter dan Fistula Transsfingter. Pada fistula intersfingter, saluran yang terinfeksi tersebut melintasi sfingter ani interna (cincin otot polos yang tidak dapat dikendalikan, yang menjaga anus tetap tertutup) dan terbuka pada permukaan kulit di sebelah anus. Pada fistula transsfingter, saluran fistula melewati baik sfingter interna maupun eksterna (cincin otot yang dapat dikendalikan, yang menjaga anus tetap tertutup) dan terbuka pada permukaan kulit di sebelah anus. Meskipun fistula ani bukan merupakan kondisi yang mengancam jiwa, hal ini dapat menyebabkan komplikasi yang memalukan, seperti inkontinensia et alvi, yang akan mengakibatkan hilangnya kemampuan untuk mengontrol buang air besar. Karena fistula ani tidak dapat disembuhkan tanpa perawatan, pembedahan selalu diperlukan untuk menangani kondisi ini.

Apa Saja Gejala-Gejala Fistula Ani?

Tanda dan gejala Fistula Ani yang mungkin timbul:

Darah di dalam tinja
Demam
Gatal-gatal di sekitar anus
Merasakan ketidaknyamanan atau kegelisahan (malaise atau rasa tidak enak badan)
Nanah berbau busuk di sekitar anus
Rasa sakit di sekitar daerah dubur yang memburuk ketika duduk
Rasa sakit selama buang air besar



Apa Yang Menyebabkan Fistula Ani?

Penyebab Fistula Ani adalah:

Bisul di dekat anus
Menderita Abses Anus


Apa Yang Dapat Meningkatkan Resiko Fistula Ani?


Risiko terjangkit Fistula Ani meningkat bila Anda:

Adalah seorang laki-laki
Berusia antara 20 hingga 40 tahun
Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
Sedang menderita Divertikulitis
Sedang menderita Klamidia
Sedang menderita Kolitis Ulseratif
Sedang menderita Tuberkulosis
Telah didiagnosa mengidap Irritable Bowel Syndrome
Telah didiagnosa mengidap Kanker Rektum
Telah didiagnosa mengidap Penyakit Crohn
Telah didiagnosa mengidap Sifilis


Komplikasi Apa Saja Yang Bisa Disebabkan Oleh Fistula Ani?


Fistula Ani dapat menyebabkan komplikasi sebagai berikutnya:

Dapat menyebabkan kekambuhan atau berulangnya Fistula Ani
Mungkin memiliki resiko yang lebih tinggi untuk Inkontinensia Usus


Bagaimana Cara Untuk Mencegah Fistula Ani?



Fistula Ani dapat dicegah bila Anda:

Hindari seks anal
Jangan memasukkan benda asing ke dalam anus



Perawatan Apa Saja Yang Tersedia Untuk Fistula Ani?

Penanganan dan pengobatan Fistula Ani dapat berbeda tergantung pada kondisi pasien dan penyakit yang dideritanya. Pilihan pengobatan adalah:

Fistulotomi
Lem Fibrin
Ligasi Saluran Fistula Intersphincterik
Ostomi
Penempatan Seton
Sumbat Bioprostetik



sumber tulisan

Ane rubah tritnya untuk informasi, selebihnya share yak
Penulispun sampai saat ini bekum menemui solusi untuk penyakit yang satu ini

ayu semua share biar kita semua sembuh, aamiin
susah jg gan klo minta alternatif lain.

fistula itu sebenernya luka lecet biasa, cuma krn 1 n lain masalah bisa bikin perbaikan jaringan barunya terganggu, krn sembelit contohnya.

operasinya gampang kok, cuma dijait aja fistulanya.
tapi ane bigung nih, kok gak dijait????

klo mau yang alami, caranya sih ribet2 amat, yang pasti jangan sembelit, pake wc jongkok, lebih dianjurkan oleh WHO. kemudian kebutuhan vit n mineral harus terpenuhi, terutama vit C.

tapi tetap bakal lama....
ane bingung nih gan,aduh,oprasi g ada dwit,kira2 harganya brapa ya gan
Quote:Original Posted By Giacomo
susah jg gan klo minta alternatif lain.

fistula itu sebenernya luka lecet biasa, cuma krn 1 n lain masalah bisa bikin perbaikan jaringan barunya terganggu, krn sembelit contohnya.

operasinya gampang kok, cuma dijait aja fistulanya.
tapi ane bigung nih, kok gak dijait????

klo mau yang alami, caranya sih ribet2 amat, yang pasti jangan sembelit, pake wc jongkok, lebih dianjurkan oleh WHO. kemudian kebutuhan vit n mineral harus terpenuhi, terutama vit C.

tapi tetap bakal lama....




ente dapet darimana tuh sumbernya??
baru gw denger sekarang kalo fistula bisa dijait......
itu dari yang ane plajari slama kuliah gan....
klo mau info yang lbh byk bs dibaca di buku2 kdokteran...
^

jangan asal ngomong bos.
tunjukin buku apa yg bilang fistula dijait,

kalo bisa scan bukunya,
kalo cuma jawaban "seinget gw.. bla bla..bla" itu namanya sesat


@TS , jawaban dokter anda yg pertama sudah benar , kalau masih ragu carilah second opinion ke dokter bedah lain .
Quote:Original Posted By aufclarunk
kmaren paman ke dokter,ini penyakit udah 3 tahun gan,paman di nyatakn terkena fistula ani,dan dokter menganjurkan untuk operasi,tapi kata dokter ntar kalo operasi g di jahit di biarin aja,padahal tu luka di tempat vital(maaf;pantat),dan parahnya lagi katanya ni penyakit bisa muncul lagi walaupun udah abis,aduh kasihan,bisa2 pantat paman ane ilang di operasi,ada yg tahu cara lain selain operasi g gan,atau pengobatan sendiri.tolong masukannya,
thanks


fistulanya di foto fistulography dulu
dicari fistulanya sedalam apa, trus masi di kulit aja atau udah tembus ke saluran pencernaan

lalu baru dioperasi kecil buat diperbaiki sesuai dengan jenis dan dalam fistulanya
gw kena fistula dah 1tahun
lu foto dulu tuh daerah na
kyk gw vistula na ga dalam, cm di bagian kulit
kali gw milih operasi, tp stlh beberapa bulan kumat lg
akhir na gw pk obat herbal dr dokter kenalan yg emg skaligus pembuat obat herbal
nanah na cm kluar dikit n dah ga bau
tiap hari di daerah lubang na gw tutup pake kassa spya ga kena kolor
ini penyakit ga mungkin sembuh gan, lbh tepat na sih sulit


dalam kasus yg ekstrim, fistula dalem na bs ampe saluran pembuangan, klo yg separah ini pasti yg kluar sedikit nanah n darah bejibun, klo yg gini mw ga mw operasi
klo kasus gw krna dangkal, ga ad sakit2na....cm ganggu aj ad kluar2 sedikit nanah
tp klo kasus na kyk gw, mending ga ush operasi gan
minum obat biar kering n ga bau aj....trus tambal pk kassa tiap hari biar ga bocor
Quote:Original Posted By aufclarunk
kmaren paman ke dokter,ini penyakit udah 3 tahun gan,paman di nyatakn terkena fistula ani,dan dokter menganjurkan untuk operasi,tapi kata dokter ntar kalo operasi g di jahit di biarin aja,padahal tu luka di tempat vital(maaf;pantat),dan parahnya lagi katanya ni penyakit bisa muncul lagi walaupun udah abis,aduh kasihan,bisa2 pantat paman ane ilang di operasi,ada yg tahu cara lain selain operasi g gan,atau pengobatan sendiri.tolong masukannya,
thanks



maksudnya fistula perianal kali gan...

memang terdengar aneh, tapi begitulah adanya. tu dokter sudah dengan baik menginformasikan. dan dokternya ga mata duita cuma pengen cari duid, asal tebas komplain belakangan.

kenapa ga dijait? karena bentuk kelainannya kan kek saluran (kalau ada tembusannya) or kek sumur.

abis operasi ga dijahit agar cepet kering dan mempermudah perawatan gan. justru dengan begitu dalam tahap penyembuhan bisa lebih mudah membersihkannya.
kalo dijahit, seperti anda menutup lubang sumur secara permanen. padahal smur itu belum tentu bersih. karena lebih gampang kalo sumur itu dikuras tiap hari kalo masih terbuka.

prinsip luka dijahit tu cuma mendekatkan tepi2 jaringan yang rusak, biar nyambungngnya cepet. dan dalam metodenya tidak boleh dibiarkan ada ruang kososng di bawah jahitan tersebut, karena bisa jadi tempat berkembangbiakan kuman.

lha kalo fistula tersebut dijahit, tentunya hanya bisa dijahit muaranya, sedangkan ruang di bawahnya tetep jadi ruang kosong. malah bahaya gan.
Quote:Original Posted By Giacomo
susah jg gan klo minta alternatif lain.

fistula itu sebenernya luka lecet biasa, cuma krn 1 n lain masalah bisa bikin perbaikan jaringan barunya terganggu, krn sembelit contohnya.

operasinya gampang kok, cuma dijait aja fistulanya.
tapi ane bigung nih, kok gak dijait????

klo mau yang alami, caranya sih ribet2 amat, yang pasti jangan sembelit, pake wc jongkok, lebih dianjurkan oleh WHO. kemudian kebutuhan vit n mineral harus terpenuhi, terutama vit C.

tapi tetap bakal lama....


ini info yg salah.

fistula perianal tidak bisa dijahit, selama ini yg gw tau sih harus dioperasi, tp tidak menjamin langsung sembuh, kadang bisa muncul beberapa kali.

Gw sendiri ada fistula di tempat, yg satu operasi sekali lgs sembuh.

yang satu lagi masih tidak sembuh, lagi mau nyari pengobatan alternatif, takut operasi terus, mahal lagi.
gan ane juga kena fistula ani, dah 2x operasi sama dokter bedah umum, smp sekarang blm sembuh juga, sering keluar nanah dan darah, klo lg kumat sakit bgt keluar darah banyak bgt sampe celana w merah, w mo operasi lg cman bingung bagus'y ke dokter apa yah trus rasa'y di fistulografhi ntu bgmn? sakit bgt ga? ada yg ngasih saran di suruh ke dokter bedah digestif aja, ada juga yg bilang suruh ke dokter proktology, ane jadi bingung mo milih yg mana, pake herbal dah capek, blm ada hasil, dah ada yg sembuh blm ya disini, klo ada yg mo operasi, operasi barang w yuk nanti bulan oktober, janjian di RS mana
Quote:Original Posted By @pH3nK
gan ane juga kena fistula ani, dah 2x operasi sama dokter bedah umum, smp sekarang blm sembuh juga, sering keluar nanah dan darah, klo lg kumat sakit bgt keluar darah banyak bgt sampe celana w merah, w mo operasi lg cman bingung bagus'y ke dokter apa yah trus rasa'y di fistulografhi ntu bgmn? sakit bgt ga? ada yg ngasih saran di suruh ke dokter bedah digestif aja, ada juga yg bilang suruh ke dokter proktology, ane jadi bingung mo milih yg mana, pake herbal dah capek, blm ada hasil, dah ada yg sembuh blm ya disini, klo ada yg mo operasi, operasi barang w yuk nanti bulan oktober, janjian di RS mana

Ane takut gan dioperasi,lokasi dmn gan?
buat bang @Phenk kalau boleh tahu gan berapa biaya sekali operasi gan,,, cz ni gue juga mau operasi fistula ani tapi masih pengen tahu biaya buat operasinya,,, thanxs before...
banyak minum air putih, banyak makan serat spt buah&sayur gan
dokternya udah ngasi penjelasan dgn bener kok. fistula emang ngga dijahit biar lebih bersih dan penyembuhannya bagus. gak usah dengerin yg bilang fistula mesti dijahit...
ane juga dulu pernah ngalamin...fistalani udah pergi berobat kemana2..dokter..alternatif..tapi hasilnya belum maksimal tetap harus di operasi..akhirnya sy cari dokter dan RS unk operasi...semua dokter bilang membutuhkan waktu lama unk penyembuhannya bisa rawat inap sampai semingguan,akhirnya saya coba ke RS rajawali bandung disana dikasih penjelasan detail seperti operasi tanpa dijahit katanya kalau ada gejala lagi bisa langsung keluar dan rawat inapnya juga bentar hanya 1 malam.harganya dulu tahun 2002 sekitar 3jt an blm biaya obat dan rawat inap.dulu nama dokternya lupa lagi..kl tdk salah kepala RS nya Prof udah sepuh..sebenarnya spesialisnya bedah jantung koronel ...tp banyak nanganin masalah wasir,fistalani
sekarang penyakit itu datang lagi...ane pengennya pakai coba herbal lagi...mudah2an tidak sampai harus dioperasi lagi...
ane juga kena fistula thn 2007 akhir, 2 lubang kanan kiri, masing2 +/-2 cm dari lubang anus.
trus di operasi di husada, nginep 3 mlm, akhirnya sembuh.
cara operasinya ...seperti dikerok, fistulanya diangkat sehingga menjadi seperti buah alpukat yg sdh dikerok isi buahnya.....jadi kaya kawah. kemudian sejalan dgn waktu kawah tsb tumbuh kembali dagingnya dan menjadi rata lagi.
selama masa penembuhan itu kita hrs selalu menjaga kebersihan bekas operasi tersebut, direndam larutan pk dan di kompres obar luar.
dan juga makan obat dr dokter.
tp awal des 2010 entah knp yg sebelah kanan kena lg, diawali dgn abses.
dan skrg setelah mencari info kesana kemari, ada bbrp penderita yg bilang utk mencoba metode seton.
nah sekarang saya mncoba pengobatan metode seton tsb.
metode seton yaitu memasukkan tali / benang / karet ke dalam saluran fistula kemudian diikat kuat2 utk memotong daging secara perlahan2 sekaligus menyembuhkannya.
sampai tali itu lepas dgn sendirinya.
tp waktu penyembuhannya agak lama ...paling cepat 1 bln.
Kutipan

Analfistula adalah saluran yang terbentuk antara lubang didalam dubur dan lubang disekitar dubur.Umumnya analfistel ada dibagian belakang (paling sering) atau didepan ; jika lubang dalam fistel ada disamping maka kita harus mencari penyakit lain yang menyebabkan fistel ini misalnya M Crohn. Umumnya dimulai dengan peradangan di dalam dubur tepatnya dari kelenjar anal (krypto-glandular) didaerah linea dentata.Jika peradangan sampai kebawah kulit disekitar dubur , kulit menjadi merah , sakit dan ada benjolan,penderita biasanya merasa meriang.

Dengan bertambahnya kumpulan nanah maka rasa sakit juga akan bertambah ; keadaan ini oleh awam sering disebut bisul (abses) .Pada tahap ini pemberian antibiotika saja tidak akan dapat menyembuhkan abses ; tetapi nanah harus juga hilang Jika abses ini pecah maka gejala diatas akan hilang. Abses dapat pecah sendiri (spontan) atau harus dibedah (incisi) dalam narkose.
Setelah nanah keluar dan luka mengering , ada dua kemungkinan yaitu sembuh sama sekali atau sembuh dengan meninggalkan lubang kecil yang terus menerus mengeluarkan cairan nanah terkadang bercampur darah keadaan ini disebut analfistel.Meskipun tidak sakit tetapi akan mengganggu kehidupan sehari-hari.

Analfistula lebih banyak diderita pria daripada wanita (2:1 sampai 3:1) jadi tidak seperti analfissur dimana lebih banyak wanita yang menderita.
Anal fistula dapat terbentuk primer atau sekunder dari anal fissur yang meradang dan dapat sederhana atau susah .

Penyembuhan :
Hingga saat ini tidak ada obat yang dapat menyembuhkan anal fistula. Satu-satunya jalan yang terbaik adalah dengan operasi / tidakan.
Kemungkinan terulangnya kembali fistula selalu ada ( 20 – 30 %) tergantung juga apakah fistula itu sederhana atau susah dan letak fistula itu sendiri.
Pada fistula sederhana , dengan membelah saluran dan membersihkan dindingnya maka hampir selalu penyembuhan total dapat dicapai.Penyembuhan dapat berlangsung beberapa minggu . Penting adalah menjaga suapaya luka tidak cepat menutup.
Apakah fistula itu sederhan atau susah , sering baru diketahui waktu dilakukan operasi/tindakan.
Pada fistula yang susah , tidak mungkin saluran dibelah begitu saja karena banyak otot yang ikut terpotong dan menyebabkan inkontinensi sehingga kotoran tidak dapat ditahan. Disini ada beberapa cara pengobatan . Yang paling sering dilakukan ialah dengan memasang Seton yaitu seutas benang atau karet diikatkan melalui saluran fitula dan ditinggalkan untuk beberapa bulan sehingga terlepas sendiri. Cara lain yang lebih susah ialah adalah dengan menutup lubang dalam fistula dengan dinding usus (advancement flap), tetapi keberhasilannya tidak terlalu besar.
Cara lain yang sebenarnya relative sedrhana tetapi keberhasilannya juga masih kecil dan masih belum umum dilakukan adalah dengan menyuntikkan perekat khusus (fibrin glue) kedalam saluran fistula . Sejak kira-kira 1 tahun yang lalu ada jaringan khusus (anal Fistula Plug/ AFP) yang juga dimasukkan kedalam saluran fistula dan akan merangsang pembentukkan jaringan alamiah , AFP ini akan diserap oleh tubuh.
Oleh karena itu saya sarankan konsultasi ke dokter spesialis bedah.

Warm regards
Dr. Mulyadi Tedjapranata
Testimoni:

1.
Ini pengalaman adik saya, Felix, sekitar 4 tahun lalu saat berumur 23 tahun. Setiap hari ia merasakan sakit seperti ada bisul di dekat [maaf] lubang anusnya. 'Bisul' yang satu ini sepertinya tidak mudah ditaklukkan. Pengobatan tradisional dengan mengeluarkan nanah di dalamnya sama sekali tidak menyembuhkan. Dokter di satu rumah sakit terkenal di Medan akhirnya menyimpulkan bahwa penyakit yang dikira 'bisul' ini ternyata aslinya bernama fistula, bukan bisul biasa. Dokter menyarankan untuk dioperasi agar sembuh total.

3 bulan setelah dilakukan operasi, sang fistula tidak kunjung sembuh juga. Operasi dengan biaya yang lumayan tinggi ternyata tidak selalu membuahkan hasil yang maksimal. Sang bisul kecil masih tetap 'hidup', meski secara kasat mata sudah tidak terlihat. Sembuh diluar, masih meradang di bagian dalam. Begitulah...

Beberapa bulan kemudian keluarga mengantar Felix ke satu rumah sakit kecil di Pematang Siantar, sekitar 3 jam dari Medan. Petunjuk dari seorang teman ayah mempertemukan keluarga dengan seorang dokter turunan Jerman, yang terus terang namanya saya sudah lupa. Setelah memeriksa kondisi fistula, dokter Jerman itu dengan enteng mengatakan bahwa "Saya mengobati bukan dengan operasi, operasi pada fistula seperti ini sering gagal. Yang ini, meski masih berupa percobaan, saya jamin bisa sembuh 200 persen.". Ha! Dia yakin 200% sembuh...luar biasa...

Ternyata caranya cukup sederhana, seton berupa seutas benang atau karet diikat masuk ke lubang fistula keluar dari lubang [sekali lagi maaf] anus, kemudian diikat kuat-kuat. Tujuannya adalah memotong fistula secara perlahan-lahan, hari demi hari, sekaligus menyembuhkannya. Ikatan ini secara teratur diperkuat setiap 1 atau 2 hari berikutnya, sampai saatnya terlepas dengan sendirinya. Kebersihan lubang fistula harus tetap diperhatikan selama proses penyembuhan. Saat benang terlepas, itulah saat yang dinanti, artinya fistula sudah sembuh. Hm...dan sesuai dengan perkataan dokter turunan Jerman tadi, 200% sembuh total... Luar biasa.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat.

2.
saya juga hendak berbagi pengalaman mengenai fistula perianal

bulan Oktober lalu saya menjalani operasi fistula di Jakarta dgn metoda glue,tidak sampai 2 minggu setelah operasi sudah timbul kembali bisul baru, sangat membuat frustrasi!

Saya kemudian mencari dokter spesialis bedah yang lain dan menyarankan agar dioperasi ulang menggunakan metoda tradisional, dimana tract dibuka dan luka dibiarkan menutup sendiri.Dapat dibayangkan repotnya jika BAB setelah operasi.

Tidak puas, kembali saya browsing di internet, mencari metoda yang lebih naik,sampai akhirnya saya menemukan dokter di Singapore yang ahli di bidang colorectal.Setelah berkonsultasi pada bulan November, saya kembali menjalani operasi dengan metoda LIFT (ligation of intersphincteric fistula tract).Metoda ini tetap mempertahankan anal sphincter (otot di anus yg mengatur dan menahan BAB).Pada metoda tradisional ada kemungkinan otot ini terpotong. Saya masuk RS jam 2 siang, dioperasi jam 3, dan keesokan harinya jam 10 sudah boleh pulang.Luka sangat minimal,dan hasilnya so far sangat naik, tidak ada lagi timbul bisul baru.Mudah2an demikian seterusnya.Dokter mengatakan bahwa hanya perlu kembali 2 bulan lagi untuk cek up.Selain saya, ada Lagi pasien dari Indonesia yg juga dioperasi dengan cara yang sama.Ybs juga sudah dioperasi 6 bulan yang lalu tapi tidak sembuh.

mudah2an sharing ini berguna untuk rekan2 penderita fistula perianal

salam

3.
Perkenalkan saya mantan penderita fistel yg sekarang insyaalloh sembuh total.Sudah 2thn yg lalu penderitaan itu sudah berlau, awalnya penyembuhannya dilakukan di sebuah klinik di kota makassar yaitu dg cara di operasi biasa(luka bekas operasi dijahit) dan hasilnya penyakit tidak mau beranjak. Lalu sekitar 8bln kemudian dilakukan operasi ke 2 kalinya di sebuah rumah sakit umum di kota yg sama, dg cara operasi terbuka(bekas operasi dibiarkan menganga), dimana dibutuhkan perawatan yg extra telaten dari istri tercinta, dan alhamdulillah penyakit itu sembuh total.
Gan baru liat ada pembahasan mengenai fistula..

Istri ane uda kira2 3 tahun lalu kena ini penyakit ..pertama kali dikira hanya bisul aja tp setelah pemeriksaan lbh lanjut ternyata itu Fistel...kasian banget istri ane...

pernah dilakukan operasi kecil cuma untuk mecahin bisulnya aja dan abis itu keluar cairan terus setiap hari...pernah juga ketutup sendiri lobangnya tapi kemudian timbul lagi seperti bisul & dan sampe meriang istri ane nungguin bisulnya pecah..akhirnya bisa pecah dikasih obat cina namanya telor kodok...

sampe skg saya dan istri msh bingung mau berobat kemana...?? udah coba konsultasi ke dokter, ahli wasir dan sinshe tapi masih belum yakin juga dengan metode pengobatannya...

skg lagi mau coba berobat dengan SINSHE GUNAWAN ahli wasir & Fistula...
kira2 agan2 sekalian ada yg tau ga informasi mengenai SINSHE GUNAWAN...

tolong kasih tau ane ya....terima kasih
×