KASKUS

Quote:Original Posted By leonov
thanks gan infonya, ane save dulu no-nya...udah denger nih kesaktian om wiwi diforum ini, nanti begitu ada waktu ane sambangin deh ke pertapakannya..


Wisi engineering dengan pimpinannya mbah Wiwi sebagai penasehat teknik Corona Indonesia Club recommended bgt asal mao ngantri aja. soalnya disana dia buka peternakan corona.

Quote:Original Posted By leonov
oh ya, sekalian mo report soal twinnie ane kemarin gan..akhirnya ditelp ma bengkel bahwa mereka buka pas tanggal 17 kemarin,langsung deh ane sambangin buat benerin tuh problem yang ane ceritain kemarin...
akhirnya solved gan!!..ternyata settingan delconya yang emang kurang pas trus buat ngejar rpm rendah dimainin deh tuh putaran sensor udara/TPS?? (Cmiiw) yang ada di Throtlle Body, dan ternyata ampe nutup abis.
sekarang twinnie ane dah seger lagi gan..tarikan juga jadi lebih responsif,cuma belum sempet cek fuel compsumtionnya aja nih abis ke bengkel kemarin...
sebelumnya sekitar 1:8,6 buat dalkot (AC) and 1:12,2 lukot (AC) jkt-bdg.


Untuk timing belt itu memang pekerjaan yg kadang2 bikin repot kl sampe meleset pasangnya bakalan berantakan deh tenaganya dan mudah2an kemaren kamu juga ganti Tensioner Bearing, Idle bearing, O ring+seal oil pump, camshaft seal, crankshaft seal. soalnya kumpul disitu semua kalo kebetulan buka timing belt mendingan ganti semua biar ngga kena ongkos kerja 2x kalo sampe salah satu seal ada yg bocor atau rusak.
Untuk delco di dalamnya memang ada seal dan itu juga bisa bocor kl udah getas sealnya, mengeser delco juga bisa membuat mesin ndut2an atau mbrebet, syukurlah kalo sekarang sudah sehat kembali. akan lebih mumpuni lagi kalo settingnya pake engine scanner dijamin anda akan merasakan dasyatnya tenaga corona.

Quote:Original Posted By leonov
next PR...kaki-kaki depan ane nih...yg bunyi klotok-klotok kalo dijalan jelek..kira2 apanya nih gan? tie rod? or ball jointnya kah? mohon pencerahannya agan-agan sekalian..thanx..


kl klotok2 pas jalanan jelek ini bisa beberapa kemungkinan bisa tie rod, ball joint, bushing arm, bushing shock absorber, suspension support, bushing stabilizer, atau link stabilizer
wkwkwkwk banyak yah kemungkinannya, soalnya bunyinya laen2 nih tapi yah mirip2 dah sama klotok2. coba dicek aja satu2 meskipun paling umum sih tie rod atau ball joint.
Quote:Original Posted By si_kiut
WaW..nice info gan..mobil abang ane corabs nih..bantu up aja..


wuihh jangan2 abangnya masuk CIC juga nih
Quote:Original Posted By sandhiez
Yth. Master2 sekalian.. Mohon pencerahan.. Pagi ini tiba2 RPM meter di dashboard saya tingkah lakunya aneh.. Waktu jalan, kadang2 dia naik seperti biasa, tapikadang2 juga gamau naik tu jarum.. Te2p aja di angka nol..
Prediksi ane sih ada kabel yg kendur.. Tapi yang mana ya? Mohon pencerahan..


Ok untuk RPM ngadat ini ada beberapa kemungkinan :
1 : kabelnya kendor
2 : kumparan signal RPM yang ada di delco rusak
3 : sirkuit RPM yang di dashboard rusak

nah tinggal cek satu2 deh yang mana yang rusak.
Quote:Original Posted By Jejeh


Ok untuk RPM ngadat ini ada beberapa kemungkinan :
1 : kabelnya kendor
2 : kumparan signal RPM yang ada di delco rusak
3 : sirkuit RPM yang di dashboard rusak

nah tinggal cek satu2 deh yang mana yang rusak.


Gan, maksudnya kabelnya kendor tu yg mana yah?? Posisinya ada dimana??
Corabs 1.6 1993
Quote:Original Posted By Jejeh

Untuk timing belt itu memang pekerjaan yg kadang2 bikin repot kl sampe meleset pasangnya bakalan berantakan deh tenaganya dan mudah2an kemaren kamu juga ganti Tensioner Bearing, Idle bearing, O ring+seal oil pump, camshaft seal, crankshaft seal. soalnya kumpul disitu semua kalo kebetulan buka timing belt mendingan ganti semua biar ngga kena ongkos kerja 2x kalo sampe salah satu seal ada yg bocor atau rusak.
Untuk delco di dalamnya memang ada seal dan itu juga bisa bocor kl udah getas sealnya, mengeser delco juga bisa membuat mesin ndut2an atau mbrebet, syukurlah kalo sekarang sudah sehat kembali. akan lebih mumpuni lagi kalo settingnya pake engine scanner dijamin anda akan merasakan dasyatnya tenaga corona.



Nah, setting dgn engine scanner ini nih yang ane cari..mungkin bisa dapet settingan yang lebih akurat and optimal lagi..kira2 bengkel mana yang ada engine scanner ini yah gan? thx for the info.
Quote:Original Posted By sandhiez
Gan, maksudnya kabelnya kendor tu yg mana yah?? Posisinya ada dimana??
Corabs 1.6 1993


Kalo ngga salah sih ada di distributor cuman ngga tahu persis kabel yg mana yg buat signal RPM, maklum deh cuman pernah denger tp belum pernah bongkar sendiri
Quote:Original Posted By leonov
Nah, setting dgn engine scanner ini nih yang ane cari..mungkin bisa dapet settingan yang lebih akurat and optimal lagi..kira2 bengkel mana yang ada engine scanner ini yah gan? thx for the info.


Di wisi engineering pake scanner makanya akurat settingannya. Kalo sempet mampir aja kesana sekalian kenalan sama pemilik corona lainnya yg suka pada nongkrong disana. Bilang aja sama si mbah minta tolong ditune up sama setting biar standart lagi.
Quote:Original Posted By Jejeh
Di wisi engineering pake scanner makanya akurat settingannya. Kalo sempet mampir aja kesana sekalian kenalan sama pemilik corona lainnya yg suka pada nongkrong disana. Bilang aja sama si mbah minta tolong ditune up sama setting biar standart lagi.


bisa di pm-in alamat lengkapnya om, jadi kalau kebeneran lagi main didaerah situ bisa mampir, kalo telp. ntar ane terlanjur janji eh malah ga jadi lagi... kan jadi ga enak hehehe .makasih sebelumnya.
Quote:Original Posted By leonov
bisa di pm-in alamat lengkapnya om, jadi kalau kebeneran lagi main didaerah situ bisa mampir, kalo telp. ntar ane terlanjur janji eh malah ga jadi lagi... kan jadi ga enak hehehe .makasih sebelumnya.


wakakaka kl ditanya alamatnya aku nyerah deh soalnya aku kesana juga berdasarkan panduan lewat telepon. jadi cuman tahu itu daerah cinere gandul cuman nama gangnya aku ngga tahu. nanti kalo pas pengen kesana kamu telp sambil jalan aja terus minta langsung dipandu sama si mbah. soalnya aku pertama kali kesana juga begitu, dipandu terus pake telepon. nanti masuk gang terus ketemu tempat tidak meyakinkan asli bener2 tidak menyakinkan deh tempatnya soalnya dalem gang tapi begitu masuk gerbang baru deh keliatan tuh peternakan corona. langsung cari mbah wiwi orangnya ceking, tingginya sedang, kulitnya agak berwarna, dengan rambut kucel, dan dandanan lusuh. tampang sih tidak meyakinkan tapi kl udah analisa sama setting baru dah keliatan ilmunya xixixixi

tempat keramat

Quote:Original Posted By Jejeh
wakakaka kl ditanya alamatnya aku nyerah deh soalnya aku kesana juga berdasarkan panduan lewat telepon. jadi cuman tahu itu daerah cinere gandul cuman nama gangnya aku ngga tahu. nanti kalo pas pengen kesana kamu telp sambil jalan aja terus minta langsung dipandu sama si mbah. soalnya aku pertama kali kesana juga begitu, dipandu terus pake telepon. nanti masuk gang terus ketemu tempat tidak meyakinkan asli bener2 tidak menyakinkan deh tempatnya soalnya dalem gang tapi begitu masuk gerbang baru deh keliatan tuh peternakan corona. langsung cari mbah wiwi orangnya ceking, tingginya sedang, kulitnya agak berwarna, dengan rambut kucel, dan dandanan lusuh. tampang sih tidak meyakinkan tapi kl udah analisa sama setting baru dah keliatan ilmunya xixixixi


hehehe oke deh om, berarti aku simpen bae2 aja nomor saktinya...kalo main kedaerah situ baru aku telp...
sekedar masukan karena disini pada pake id yang susah di kira kira gimana kalo untuk member Corona Indonesia Club (CIC ) nyantumin no anggotanya
Ada artikel Corona nih:
http://otomotifnet.com/otoweb/index....obursa%20Mobil

Nih isinya:
Spoiler for Artikel tentang Corona:
Hadir.....nih
Quote:Original Posted By leonov
Bantu up dan bantu Rate!
Mantap nih akhirnya ada juga thread khusus Corona di kaskus...
Daftar gan..
Ane ST171 standard 1988
sekalian mohon pencerahannya untuk masalah twinnie ane..
ceritanya gini..
kasus 1. karena sudah pegang nih mobil selama 3 thn lebih dan belum pernah ganti timing belt, ane jadi was-was juga nih dengan kondisi timing belt sekarang, jadi kemarin memutuskan untuk ganti timing belt dan janjian dengan bengkel umum langganan biasa tempat ane tune up, (just info: beli timing belt ori 360rb, tensioner 170rb, ongkos pasang 150rb) dan ternyata memang timing belt lama sudah kendur dan retak2.
setelah sang montir bergelut bongkar pasang timing belt (ternyata lumayan berat juga ya bongkar pasang timing belt itu..)
kasus 2. kebetulan distributor delco juga rembes oli, sekalian minta dibenerin juga deh, pas dibongkar ternyata seal as yang rembes dan montir ga berani bongkar karena itu kerjaan sensitif katanya ya udah daripada ada apa apa ane suruh pasang lagi.

nah ketika dua kerjaan itu selesai, hari emang udah sore banget udah gelap malah, jadinya semua serba keburu-buru termasuk ane ga sempet ngecek ini itu, jadi langsung bayar dan cabut buru-buru, kira-kira baru jalan 1km dari bengkel, ada yang aneh sama corona ane, setiap masuk gigi dari netral ke 1, 1 ke 2, 2 ke 3 (ga sempet coba diatas gigi 3 karena kondisi jalan gak memungkinkan) dan digas buat akselerasi mesin ndut-ndutan...tapi begitu rpm udah agak tinggi >2200 mesin sudah smooth lagi, begitu pindah gigi ndut-ndutan lagi..
Mohon pencerahannya agan-agan, kenapa corona kesayangan ane ini apakah karena settingan timing beltnya ga pas atau karena delconya yang diutak atik... T_T.
langsung malam itu telp bengkelnya dan katanya suruh dibawa balik aja besoknya, tapi belum sempet ane balikin karena harus kerja hari ini dan besok karena tanggal merah bengkelnya tutup..
mohon masukannya..sebelum ane balik ke bengkel lagi..atau kalau ada bengkel spesialis corona di infoin ke ane gan..rumah ane dibekasi gan..tapi kalau ada yang recommended biar agak jauh juga ane usaha jabanin deh, soalnya ini mobil udah klop bgt ma ane..nyaman and gak pernah ngerepotin mo dibawa keluar kota or ikutan macet2an dijakarta, baru kali ini aja dia ngajak becanda and minta thr lebih..
makasih banyak kalo ada yang bisa bantuin ane kasi pencerahan.
and pengen banget bisa ngumpul bareng sesepuh-sesepuh disini..



salam,
leo.


Ane sedikit bantu gan, waktu itu twinie ane juga mengalami hal yang sama pada RPM rendah sekitar 2000 mesin ndut ndutan, tapi pas di RPM rada tinggi mesin normal.. Coba ente check Pompa bensinya gan, kemungkinan pompa bensinnya nyedotnya lemah (minta di ganti).. klo bisa skalian bersiin filter bensinya..

Semoga membantu gan..

S
Quote:Original Posted By leonov
bisa di pm-in alamat lengkapnya om, jadi kalau kebeneran lagi main didaerah situ bisa mampir, kalo telp. ntar ane terlanjur janji eh malah ga jadi lagi... kan jadi ga enak hehehe .makasih sebelumnya.


Ane sedikit bantu nih gan
pake peta
Quote:Original Posted By Jejeh
yg ini sih malahan masalahnya sudah dijawab sama penasehat teknis Corona Club, jadi harusnya masalah sudah diidentifikasi. Dikatakan bahwa deksel = Injector dan bunyi cik cik cik itu adalah normal sesuai dengan umur injector yang sudah tua.


hehehehe iy om jejeh..
kmrn posting di kaskus n di milis
salam sesepuh...om jejeh ni kayaknya...
sambil kenalan dan join ke CIC ala kaskus ni....

tunggangan ane corona 2000 ( 1980 )

sambil nanya.... lampu oli ane nyala tapi kalo digas mati....

pertama katan orang bengkel switch olinya...uda diganti baru, nyalanya malah makin yakin, kalo digas RPM agak tinggi baru dia mati/memudar....

akhirnya katanya pompa oli nya.....yang ga nahan harga 600 rban....
gada yg cina..jadi toyota original....

nah, apa bener itu pompa oli...sebab kalo montir buka tutup oli mesin dalam keadaan nyala, olinya jalan dan naek...dicoba bandung-puncak...cipularang lancar2 aja sih gada yg meledak karena gada oli hehehehe

mohon pencerahannya ni....

Quote:Original Posted By tintheseller
salam sesepuh...om jejeh ni kayaknya...
sambil kenalan dan join ke CIC ala kaskus ni....

tunggangan ane corona 2000 ( 1980 )

sambil nanya.... lampu oli ane nyala tapi kalo digas mati....

pertama katan orang bengkel switch olinya...uda diganti baru, nyalanya malah makin yakin, kalo digas RPM agak tinggi baru dia mati/memudar....

akhirnya katanya pompa oli nya.....yang ga nahan harga 600 rban....
gada yg cina..jadi toyota original....

nah, apa bener itu pompa oli...sebab kalo montir buka tutup oli mesin dalam keadaan nyala, olinya jalan dan naek...dicoba bandung-puncak...cipularang lancar2 aja sih gada yg meledak karena gada oli hehehehe

mohon pencerahannya ni....



asumsi termurah dan mudah sebelom ganti pompa oli adalah jalur2 oli di mesin sudah banyak endapan kotoran.
cara membersihkan nya dengan memberikan cairan penguras oli om,harga nya murah ga sampe 50rb.
setelah di masukan cairan itu,mesin di nyalakan selama 15menit,oli akan berubah menjadi encer dan kotoran akan keluar,dilakukan saat akan ganti oli
kalo udah di lakukan proses flushing ini,sebaiknya filter oli juga ikut d ganti.
kalo masih seperti itu,tetep masih nyala indikator oli nya,ya brati emang pompa oli sudah usang gan.

salam corona
permisi om jejeh n para sesepuh mo tanya lagi..
twinnie sy kl belok patah ada bunyi berdecit..
apanya yak yg musti di ganti?
trims y
Quote:Original Posted By d1830dl
asumsi termurah dan mudah sebelom ganti pompa oli adalah jalur2 oli di mesin sudah banyak endapan kotoran.
cara membersihkan nya dengan memberikan cairan penguras oli om,harga nya murah ga sampe 50rb.
setelah di masukan cairan itu,mesin di nyalakan selama 15menit,oli akan berubah menjadi encer dan kotoran akan keluar,dilakukan saat akan ganti oli
kalo udah di lakukan proses flushing ini,sebaiknya filter oli juga ikut d ganti.
kalo masih seperti itu,tetep masih nyala indikator oli nya,ya brati emang pompa oli sudah usang gan.

salam corona


waduh..dikuras lagi yah.... padahal baru ganti oli hehehe.....

tapi..emang bisa yah..... oli muter normal dan membasahi mesin.. tapi lampunya nyala mati nyala mati gt ?

saya malah berharap cuma jalur kabelnya aja yg longgar hehehe

salam corona
go go