Penggemar Wayang Kulit Masuk Sini Gan

Quote:4 Juli 2013 - Ki Kasim Purwo Wasito (Klaten) - Lakon Bharatayudha - Lokasi pentas di Damaran, Gayamprit, Klaten, Jawa tengah
4 Juli 2013 - Festival Wayang & Kompetisi Dalang Muda 2013 bertempat di Taman Fatahilah, Jakarta Kota, dengan acara pukul 10.00 s.d. 20.00 bazar & pamelaran # pukul 10.00 s.d. 11.00 pembukaan # pukul 11.15 s.d 12.15 penampilan finalis SUMUT # pukul 13.00 s.d. 14.00 penampilan finalis JATIM # pukul 14.15 s.d 15.15 penampilan finalis DKI JKT # pukul 15.30 s.d. 16.30 penampilan finallis LAMPUNG # pukul 19.30 pergelaran wayang golek semalam suntuk
4 Juli 2013 - Ki Surono Gondosaputro (Sidoarjo) - Lakon Banjaran Karno - Lokasi di TBS, Surakarta, Jawa Tengah

5 Juli 2013 - Ki Wartoyo (Boyolali) - Lokasi pentas di Mojogedang, Karanganyar, Jawa Tengah
5 Juli 2013 - Ki H. Anom Suroto + Ki Bayu Aji (Sukoharjo) - Lokasi pentas di Caruban, Madiun, Jawa Timur
5 Juli 2013 - Festival Wayang & Kompetisi Dalang Muda 2013 bertempat di Taman Fatahilah, Jakarta Kota, dengan acara pukul 10.00 s.d 20.00 Bazar dan pameran # pukul 10.30 s.d. 11.30 penampilan finalis KALTIM # pukul 14.00 s.d. 15.30 Wayang Golek Bandung Ki Riswa # pukul 15.45 s.d. 16.45 penampilan finalis JABAR # pukul 16.45 s.d 18.00 Wayang Kampung Sebelah (WKS) Ki Jliteng Suparman # pukul 19.30 s.d 20.30 penampilan finalis NTB # pukul 21.00 pergelaran wayang kulit semalam suntuk gagrak Yogyakarta oleh Ki Edi Suwondo

6 Juli 2013 - Ki Wartoyo (Boyolali) - Lokasi pentas di Pacinan, Balerejo, Madiun, Jawa Timur
6 Juli 2013 - Ki H. Anom Suroto & Ki Bayu Aji (Sukoharjo) - Lokasi pentas di PEMKAB Tulungagung, Jawa Timur
6 Juli 2013 - Festival Wayang & Kompetisi dalang muda bertempat di pelataran Taman Fatahilah Jakarta Kota, dengan acara pukul 10.00 s.d. 20.00 bazar & pameran # pukul 10.00 s.d. 12.00 lomba lukis wayang anak SD # pukul 10.00 s.d. 11.00 penampilan finalis SULTENG # pukul 10.00 s.d. 12.00 wayang potehi Ki Sukar Mujiono # pukul 11.15 s.d. 12.15 penampilan finalis DIY # pukul 13.00 s.d. 14.00 penampilan finalis SUMSEL # pukul 14.00 s.d. 15.30 Wayang Bhinneka Tunggal Ika oleh Ki Bambang Ook # pukul 15.45 s.d. 17.15 penamiplan finalis JATENG # pukul 19.30 s.d. 20.30 penampilan finalis BALI # pukul 21.00 pergelaran wayang kulit semalam suntuk gagrak Jawa Timuran
6 Juli 2013 - Ki H. Manteb Soedharsono (Karanganyar) - Lokasi pentas di Lapangan Bhayangkara MABES POLRI, Jl. Trunojoyo, Jakarta Selatan

7 Juli 2013 - Festival wayang & Kompetisi dalang muda 2013 bertempat di Taman Fatahilah Jakarta Kota, dengan acara pukul 10.00 s.d. 20.00 Bazar & pameran # pukul 10.00 s.d. 12.00 pengenalan wayang oleh Ki Enthus Susmono # pukul 09.00 s.d. 12.00 Budipekerti dalam dunia wayang # pukul 13.00 s.d. 14.00 penampilan finalis RIAU # pukul 14.15 s.d. 15.15 penampilan finalis BANTEN # pukul 15.30 s.d. 16.30 Wayang golek Kebumen oleh Ki Waluyo # pukul 16.30 s.d. 18.00 wayang cenk blonk oleh Ki Kethut Mujiana # pukul 20.30 s.d. 22.00 wayang orang Asga Mangkunegaran
7 Juli 2013 - Ki Anom Dwijo Kangko, S.Sn. (Surakarta) - Lokasi di Kopen, Karang Turi, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah
7 Juli 2013 - Ki Wartoyo (Boyolali) - Lokasi pentas di Ngesong, Puhgogor, Bendosari, Sukoharjo, Jawa Tengah

13 Juli 2013 - Robi Senoaji (dalang remaja Sanggar Nirmalasari ) dan Ki Gede Kuatno (sanggar Putro Wijoyo Parwo RKM) - Lakon Wahyu Purbo sejati - Lokasi Sanggar Puspatarini Jl.Tarogong No 8 Cilandak, Jakarta Selatan
13 Juli 2013 - Ki H. Manteb Soedharsono (Karanganyar) - Lakon Suluhan (Gathotkoco Gugur) - Lokasi di Sasono Hinggil Dwi Abad Alun-alun Kidul Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat

26 Juli 2013 - Dalang Muda dari Luar Yogyakarta (pentas apresiasi) - Lakon Srikandi Mustakaweni - Lokasi di Pendapa Dinas Kebudayaan, Jl. Cendana 11 Yogyakarta - Wayangan kerjasama Paguyuban Dalang Muda Yogyakarta "Sukrakasih" & Dinas Kebudayaan DIY

27 Juli 2013 - (Belum tahu) - Lokasi di Paseban Alun-alun Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

29 Juli 2013 - Ki Reky Putut Sugiyanto - Lokasi di RSPD Klaten, Jawa Tengah - Wayangan Rutin Selasa Kliwon

9 Agustus 2013 - Ki Agus Prayitno (Ponorogo) - Lakon Wisanggeni Lair - Lokasi di Purwantoro, Wonogiri, Jawa Tengah

10 Agustus 2013 - Ki Anom Dwijo Kangko, S.Sn. (Surakarta) - Lokasi pentas di Giriwoyo, Wonogiri, Jawa Tengah
10 Agustus 2013 - Ki Radyo Harsono - Lakon Burisrowo Gugur - Lokasi di Sasono Hinggil Dwi Abad Alun-alun Kidul Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat
10 Agustus 2013 - Ki Anom Suroto & Ki Bayu Aji (Sukoharjo) - Lokasi di Desa Panggung, Kec. Barat, Magetan, Jawa Timur
10 Agustus 2013 - Ki Wartoyo (Boyolali) - Lokasi pentas di Pranggong, Andong, Boyolali, Jawa Tengah

11 Agustus 2013 - Ki Wartoyo (Boyolali) - Lokasi pentas di Kauman, Wonosegoro, Boyolali, Jawa Tengah
11 Agustus 2013 - Ki H. Anom Suroto & Ki Bayu Aji (Sukoharjo) - Lokasi pentas di Ponorogo, Jawa Timur

12 Agustus 2013 - Ki Anom Suroto & Ki Bayu AJi (Sukoharjo) - Lokasi di Timasan, Sukoharjo, Jawa Tengah - Wayangan halal bi halal KASFC
12 Agustus 2013 - Ki Wartoyo (Boyolali) - Lokasi pentas di Ngatal, Juron, Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah

13 Agustus 2013 - Ki Wartoyo (Boyolali ) - Lokasi pentas di Grinting, Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah

14 Agustus 2013 - Ki Wartoyo (Boyolali) - Lokasi pentas di Bayat (Kediaman Bp. EKo Suratin), Klaten, Jawa Tengah
14 Agustus 2013 - Ki H. Anom Suroto & Ki Bayu Aji (Sukoharjo) - Lokasi pentas di Purwodadi, Jawa Tengah

15 Agustus 2013 - Ki Wartoyo (Boyolali) - Lokasi pentas di Ngesong, Puhgogor, Sukoharjo, Jawa Tengah
15 Agustus 2013 - Ki Pamungkas Bayu Aji (Pepadi Sukoharjo) - Lakon Banjaran Salyo - Lokasi di TBS, Surakarta, Jawa Tengah

16 Agustus 2013 - Ki Wartoyo (Boyolali) - Lokasi pentas di Gumiwang, Wuryantoro, Wonogiri, Jawa Tengah

17 Agustus 2013 - Ki Yoyok Risdianto (Lumajang) - Lakon Babat Wanamarta - Lokasi di Taman Budaya Jawa Timur, Jl. Genteng Kali 85 Surabaya, Jawa Timur
17 Agustus 2013 - Ki Wartoyo (Boyolali) - Lokasi pentas di Pandanan, Getasan, Salatiga, Jawa Tengah
17 Agustus 2013 - Ki H. Anom Suroto & Ki Bayu Aji (Sukoharjo) - Lokasi pentas di Rejotangan, Tulungagung, Jawa Timur

18 Agustus 2013 - Ki Wartoyo (Boyolali) - Lokasi pentas di Tangkil, Mojorejo, Sukoharjo, Jawa Tengah

19 Agustus 2013 - Ki Anom Dwijo Kangko, S.Sn. (Surakarta) - Lokasi pentas di Desa Sidokare, Rejoso, Nganjuk, Jawa Timur

24 Agustus 2013 - Handika Afgan (dalang bocah Sanggar Nirmalasari ) dan Ki Purwanto (sanggar Anggraeni ) - Lakon Wahyu Senopati - Lokasi Sanggar Margi Kusumo Arum Jl. Mesjid Darusalam Kedaung Ciputat, Tangerang Selatan
24 Agustus 2013 - Ki Warseno Slank (Sukoharjo) - Lakon Begawan Ciptoning - Lokasi pentas di Kantor pusat UTP, Balekambang, Surakarta, Jawa Tengah - Wayangan Dies Natalies 33
24 Agustus 2013 - Ki Wartoyo (Boyolali) - Lokasi pentas di Hotel Kusuma Madya, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

25 Agustus 2013 - Ki Wartoyo (Boyolali) - Lokasi pentas di Rejosari, Simo, Boyolali, Jawa Tengah

26 Agustus 2013 - Ki Wartoyo (Boyolali) - Lokasi pentas di Onto-Onto, Tawang, Susukan, Semarang, Jawa Tengah

28 Agustus 2013 - Ki Wartoyo (Boyolali) - Lokasi pentas di Tiron 08, Madiun, Jawa Timur

30 Agustus 2013 - Ki H. Anom Suroto + Ki Bayu Aji (Sukoharjo) - Lokasi di Pemkab Klaten, Jawa Tengah
30 Agustus 2013 - Brian Bramastyo (dalang remaja Sanggar Nirmalasari ) dan Ki Purwono (sanggar Taruna Budaya) - Lakon Gatutkoco Winisudo - Lokasi Sanggar Anggraeni Jl.Swadaya I No 36 Kp Jawa Pejaten Psr Minggu, Jakarta Selatan
30 Agustus 2013 - Ki Utoro Wijayanto - Lakon Petruk Dadi Ratu - Lokasi di Pendapa Dinas Kebudayaan, Jl. Cendana 11 Yogyakarta - Wayangan kerjasama Paguyuban Dalang Muda Yogyakarta "Sukrakasih" & Dinas Kebudayaan DIY

31 Agustus 2013 - Ki H. Anom Suroto & Ki Bayu Aji (Sukoharjo) - Lokasi pentas di Komplek DPR RI, Senayan, Jakarta
31 Agustus 2013 - Ki Purbo Asmoro, S.Kar., M.Hum. (Surakarta) - Lokasi pentas di Marakash Square, Pondok Ungu Permai, Bekasi Utara, Jawa Barat
31 Agustus 2013 - Ki Anom Dwijo Kangko, S.Sn. (Surakarta) - Lokasi pentas di Widodaren, Ngawi, Jawa Timur
31 Agustus 2013 - Ki Wartoyo (Boyolali) - Lokasi pentas di Kenteng, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah
Quote:2 September 2013 - Ki Sirlair - Lokasi di RSPD Klaten, Jawa Tengah - Wayangan Rutin Selasa Kliwon

6 September 2013 - Ki Wartoyo (Boyolali) - Lokasi pentas di Mento, Wonogiri, Jawa Tengah

7 September 2013 - Ki Dwi Priyanggono (Pasuruan) - Lakon Romoyekti - Lokasi di Taman Budaya Jawa Timur, Jl. Genteng Kali 85 SUrabaya, Jawa Timur

12 September 2013 - Ki Sri Joko Raharjo, S.Sn. (ISI Surakarta) - Lakon Banjaran Sengkuni - Lokasi di TBS, Surakarta, Jawa Tengah

14 September 2013 - Ki Cermo Sutedjo - Lakon Karna Tanding - Lokasi di Sasono Hinggil Dwi Abad Alun-alun Kidul Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat
14 September 2013 - Robi Jaya Nugraha (dalang remaja Sanggar Nirmalasari ) dan Ki Sriyono (sanggar Warseno Laras ) - Lakon Wisanggeni Lahir - Lokasi Sanggar Taruna Budaya, Ciledug, Tangerang

27 September 2013 - Ki Geter Pramudji Widodo - Lakon Dewa Ruci - Lokasi di Pendapa Dinas Kebudayaan, Jl. Cendana 11 Yogyakarta - Wayangan kerjasama Paguyuban Dalang Muda Yogyakarta "Sukrakasih" & Dinas Kebudayaan DIY

28 September 2013 - Ki Hartono (Kec. Badegan) - Lokasi di Paseban Alun-alun Kabupaten Ponorog, Jawa Timur

04 Oktober 2013 - Farhan Maulana (dalang bocah Sanggar Nirmalasari ) dan Ki Purwanto (sanggar Jawa Jawi Java) - Lakon Kikis Tunggorono - Lokasi Sanggar Anggraeni Jl.Swadaya I No 36 Kp Jawa Pejaten Psr Minggu, Jakarta Selatan

7 Oktober 2013 - Ki Joko Santoso - Lokasi di RSPD Klaten, Jawa Tengah - Wayangan Rutin Selasa Klaten

12 Oktober 2013 - Dhias (dalang bocah Sanggar Nirmalasari ) dan Ki Sugeng Purwanto (sanggar Laras Madu ) - Lakon Rabine Irawan - Lokasi Sanggar Nirmalasari Jl. Ismaya Gg Wayang Cinere, Jakarta Selatan
12 Oktober 2013 - Ki Cermo Jaya - Lakon Rubuhan (Duryudono Gugur) - Lokasi di Sasono Hinggil Dwi Abad Alun-alun Kidul Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat

17 Oktober 2012 - Ki Harsono (Pepadi Purworejo) - Lakon Banjaran Harjuno - Lokasi di TBS, Surakarta, Jawa Tengah

25 Oktober 2013 - Ki Sugeng Cermo Guno - Lakon Wahyu Mahkuthoromo - Lokasi di Pendapa Dinas Kebudayaan, Jl. Cendana 11 Yogyakarta - Wayangan kerjasama Paguyuban Dalang Muda Yogyakarta "Sukrakasih" & Dinas Kebudayaan DIY

26 Oktober 2013 - Ki Syamsudin (Kec. Mlarak) - Lokasi di Paseban Alun-alun Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

2 Nopember 2013 - Ki Anom Surono - Lakon Brubuh Alengka - Lokasi di Taman Budaya Jawa Timur, Jl. Genteng Kali 85 Surabaya, Jawa Timur
9 Nopember 2013 - Ki Seno Nugroho - Lakon Lahiripun Parikesit - Lokasi di Sasono Hinggil Dwi Abad Alun-alun Kidul Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat

11 Nopember 2013 - Ki Jalu Tomo Pandoyo - Lokasi di RSPD Klaten, Jawa Tengah - Wayangan Rutin Selasa Kliwon

14 Nopember 2013 - Ki H. Manteb Soedharsono (Karanganyar) - Lakon Kresna Dadi Ratu - Lokasi pentas di Cepuri, Parangkusumo, Yogyakarta

16 Nopember 2013 - Huda Kresna Murti (dalang remaja Sanggar Nirmalasari ) dan Ki Katimo Widagdo (sanggar Margi Kusumo Arum) - Lakon Wahyu Makutoromo - Lokasi Sanggar Warseno Laras Parkos Kedaung, Ciputat, Tangerang Selatan

21 Nopember 2013 - Ki Anom Surono (Pepadi Tegal) - Lakon Banjaran Salyo - Lokasi di TBS, Surakarta, Jawa Tengah

29 Nopember 2013 - Ki Supriyono Cermo Harjo Priyono - Lakon Pandhu Swargo - Lokasi di Pendapa Dinas Kebudayaan, Jl. Cendana 11 Yogyakarta - Wayangan kerjasama Paguyuban Dalang Muda Yogyakarta "Sukrakasih" & Dinas Kebudayaan DIY

30 Nopember 2013 - Ki Sentho Yitno Carito (Kec. Slahung) - Lokasi di Paseban Alun-alun Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

7 Desember 2013 - Ki Agus Prayitno (Ponorogo) - Lakon Wisanggeni Krido- Lokasi di Taman Budaya Jawa Timur, Jl. Genteng Kali 85 SUrabaya, Jawa Timur

13 Desember 2013 - M.Fikri Kuncoro (dalang cilik Sanggar Nirmalasari ) dan Ki Sriyono Warseno (sanggar warseno laras ) - Lakon Begawan Kilat Buwono - Lokasi Sanggar Anggraeni Jl.Swadaya I No 36 Kp Jawa Pejaten Psr Minggu, Jakarta Selatan

14 Desember 2013 - Ki Hadi Widodo - Lakon Jumenengan Parikesit - Lokasi di Sasono Hinggil Dwi Abad Alun-alun Kidul Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat

16 Desember 2013 - Ki Joko Waluyo - Lokasi RSPD Klaten, Jawa Tengah - Wayangan Rutin Selasa Kliwon

21 Desember 2013 - Galih Triatmojo (dalang remaja Sanggar Nirmalasari ) dan Nyi Kenuk Sri Surani (sanggar Anggraeni ) - Lakon Surtikanti Suryatmojo - Lokasi Sanggar Cokro Laras Gg Sabar Perumahan Arco Sawangan, Depok, Jawa Barat

26 Desember 2013 - Ki Suryadi Suryajaya ( Pepadi Demak) - Lakon Banjaran Gathotkaca - Lokasi di TBS, Surakarta, Jawa Tengah

27 Desember 2013 - Ki Suharno, S.Sn. - Lakon Kalimasada Kajarwa - Lokasi di Pendapa Dinas Kebudayaan, Jl. Cendana 11 Yogyakarta - Wayangan kerjasama Paguyuban Dalang Muda Yogyakarta "Sukrakasih" & Dinas Kebudayaan DIY

28 Desember 2013 - Ki Yatno Gondo Darsono (Kec. Kauman) - Lokasi di Paseban Alun-alun Kabupaten Ponorogo, Jawa Tengah

Sumber:
--== Reserved ==--
saya cuma menyimak ya mbah
arang bisa dapet info tentang pagelaran wayang kulit
Quote:Original Posted By prabuanom
saya cuma menyimak ya mbah
arang bisa dapet info tentang pagelaran wayang kulit


Terima kasih dah mampir mbah.
Maksud saya bikin trit ini gar kita semua bisa share. Jadi kalo ada yang memiliki info mengenai pagelaran wayang kulit, mohon di-share di sini agar bagi yang berminat bisa menonton
Semula saya berpikir kalo lakon Kresno Kridho Broto sama dengan Noroyono Kridho Broto. Tetapi sesampainya disana, ternyata yang dimaksud Kresno Kridho Broto oleh Pak Manteb adalah Kresno Gugah yang dilanjutkan dengan Kresno Duto.
Akan tetapi, saya sedikit kecewa karena ternyata cerita bagaimana matinya Antareja gak disampaikan. Apa karena itu acara ulang tahun ya.... :maho

Info tambahan:
Tanggal 23 Juli saya dengar ada lagi pagelaran wayang kulit oleh Ki Manteb Soedarsono di Gedung PLN Pusat (Sekitar Blok M). Saya mendengarnya dari obrolan orang2. Jikalau ada yang bisa memberikan kepastian, tolong di post di sini ya.....

Tks.
Quote:Original Posted By my.suhadi
Terima kasih dah mampir mbah.
Maksud saya bikin trit ini gar kita semua bisa share. Jadi kalo ada yang memiliki info mengenai pagelaran wayang kulit, mohon di-share di sini agar bagi yang berminat bisa menonton
Semula saya berpikir kalo lakon Kresno Kridho Broto sama dengan Noroyono Kridho Broto. Tetapi sesampainya disana, ternyata yang dimaksud Kresno Kridho Broto oleh Pak Manteb adalah Kresno Gugah yang dilanjutkan dengan Kresno Duto.
Akan tetapi, saya sedikit kecewa karena ternyata cerita bagaimana matinya Antareja gak disampaikan. Apa karena itu acara ulang tahun ya.... :maho

Info tambahan:
Tanggal 23 Juli saya dengar ada lagi pagelaran wayang kulit oleh Ki Manteb Soedarsono di Gedung PLN Pusat (Sekitar Blok M). Saya mendengarnya dari obrolan orang2. Jikalau ada yang bisa memberikan kepastian, tolong di post di sini ya.....

Tks.


mungkin takutnya malah akan membuat suatu hal yg tidak mengenakan mbah. tapi setahu saya memang setelah kresna duta biasanya langsung mahabharata mbah, tidak ada kisah gugurnya antaredja. kisah gugurnya antaredja baru dibahas jika memang lakonya itu. apa karena gugurnya antaredja adalah kisah carangan ya mbah?
Quote:Original Posted By prabuanom
mungkin takutnya malah akan membuat suatu hal yg tidak mengenakan mbah. tapi setahu saya memang setelah kresna duta biasanya langsung mahabharata mbah, tidak ada kisah gugurnya antaredja. kisah gugurnya antaredja baru dibahas jika memang lakonya itu. apa karena gugurnya antaredja adalah kisah carangan ya mbah?


Maksudnya BharatYudha ya mbah?
Ya mungkin karena antareja sendiri tokoh tidak resmi, jadi agak di anak tirikan. Tapi kan cerita di kresna gugah jadi agak gak nyambung. Soalnya waktu sri kresna ke suralaya untuk "mencuri" pepakem barathayudha, weda jitabsara, kan masih terganjal sama kondisi baladewa dan antareja yg belum termuat.
Jadi agak aneh, kalo penyelesaian untuk baladewa diceritain, yang mana ujung2nya dia disuruh matirta di grojogan sewu, sedangkan penyelesaian untuk antareja gak ada kelanjutannya.
Quote:Original Posted By my.suhadi
Maksudnya BharatYudha ya mbah?
Ya mungkin karena antareja sendiri tokoh tidak resmi, jadi agak di anak tirikan. Tapi kan cerita di kresna gugah jadi agak gak nyambung. Soalnya waktu sri kresna ke suralaya untuk "mencuri" pepakem barathayudha, weda jitabsara, kan masih terganjal sama kondisi baladewa dan antareja yg belum termuat.
Jadi agak aneh, kalo penyelesaian untuk baladewa diceritain, yang mana ujung2nya dia disuruh matirta di grojogan sewu, sedangkan penyelesaian untuk antareja gak ada kelanjutannya.


iya mbah, ooo itu yg ceritanya jd kumbang atau kupu yang menyenggol mangsi itu?kalo yg ini dicuri?. hem iya om bharatayudha maaf salah. hem aneh juga hehehee . tp dalam pencurian itu diceritakan bahwa memang kresna mencuri pepakem itu untuk menyelamatkan kakaknya baladewa?
Kawulo amung nderek mawon.
Gpp kan gan.

Mangap , kulo Newbie.
Maturnuwon.

www.e-wayang.org

Gan, ini kami mewakili tim e-wayang. e-wayang itu membuat wayang pakai pendekatan digital, tetapi masih ada pahatan, sunggingan, dan memainkan wayang menggunakan media digital.



mohon masukannya gan...

terima kasih ..


bagi yang mau pesan poster, mug, kaos wayang dari gambar2 di e-wayang juga dipersilahkan email ke dalang@e-wayang.org

Poster e-wayang

Tambahan contoh poster gan ..


kalo mau hadir nih gan....
Wayang rebo legen (sebulan sekali)
di rumah Ki Anom Suroto
di sana berkumpul puluhan dalang senior dan yunior
yang sudah terkenal maupun yang tidak dikenal
para pelawak, pesinden, mahasiswa maupun praktisi seni
pokoknya komplit.........
Quote:Original Posted By mbah soero
kalo mau hadir nih gan....
Wayang rebo legen (sebulan sekali)
di rumah Ki Anom Suroto
di sana berkumpul puluhan dalang senior dan yunior
yang sudah terkenal maupun yang tidak dikenal
para pelawak, pesinden, mahasiswa maupun praktisi seni
pokoknya komplit.........


alamatnya di solo ya mbah?
wisanggeni penebus pendhawa ?? wrekudara penebus pendhawa mas, dia yg mbebasin dewi madrim sama prabu pandu bener nggak mbah ?
Quote:Original Posted By prabuanom
iya mbah, ooo itu yg ceritanya jd kumbang atau kupu yang menyenggol mangsi itu?kalo yg ini dicuri?. hem iya om bharatayudha maaf salah. hem aneh juga hehehee . tp dalam pencurian itu diceritakan bahwa memang kresna mencuri pepakem itu untuk menyelamatkan kakaknya baladewa?

Kalo menurut saya sih bukan mencuri mbah, tapi menghalang-halangi agar di weda jitabsara gak ditulis antareja vs baladewa. Disamping itu, kalo kresna mau nyelametin kakaknya, berarti di sini wisnu jadi gak adil dong. Dia jadi mementingkan keluarga sendiri. Tul nggak?
Kalo menurut saya, kenapa kresna gak sependapat andaikan baladewa dan antareja depertemukan dalam pertarungan adalah agar tidak merusak makna dari perang bharatayudha itu sendiri. Perang bharatayudha kan disebut perang suci, dimana hukum karma berlaku, yang nandur bakal ngunduh, utang bakal nyaur, nggawe bakale nganggo. Nah di sini, baladewa dan antareja kan gak pernah terjadi perselisihan, pertentangan, ato apalah (bingung nyari kata2 yg pas ), jadi gak pas kalo mereka harus saling bunuh. CMIIW
Ada lagi versi lain, pepakem bharatayudha itu ditukar sama senjata2 kresna, cakra dan bunga wijayakusuma. Hal ini dimaksudkan, agar bharatayudha benar2 adil.

Quote:Original Posted By GeliGan
Kawulo amung nderek mawon.
Gpp kan gan.

Mangap , kulo Newbie.
Maturnuwon.


Monggo mas, kita sami2 belajar

Quote:Original Posted By maoneid
Gan, ini kami mewakili tim e-wayang. e-wayang itu membuat wayang pakai pendekatan digital, tetapi masih ada pahatan, sunggingan, dan memainkan wayang menggunakan media digital.

http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-..._8351083_n.jpg

mohon masukannya gan...

terima kasih ..


bagi yang mau pesan poster, mug, kaos wayang dari gambar2 di e-wayang juga dipersilahkan email ke dalang@e-wayang.org

Sembah nuwun sampun mampir

Quote:Original Posted By mbah soero
kalo mau hadir nih gan....
Wayang rebo legen (sebulan sekali)
di rumah Ki Anom Suroto
di sana berkumpul puluhan dalang senior dan yunior
yang sudah terkenal maupun yang tidak dikenal
para pelawak, pesinden, mahasiswa maupun praktisi seni
pokoknya komplit.........

Bahagia banget yg tinggal di solo
Saya di Jakarta mas

Quote:Original Posted By KiDalangNugroho
wisanggeni penebus pendhawa ?? wrekudara penebus pendhawa mas, dia yg mbebasin dewi madrim sama prabu pandu bener nggak mbah ?

Memangnya ada yg bilang wisanggeni penebus pendhawa mbah?
Btw, penebus pendhawa itu maksudnya apa?
Kalo yg dimaksud werkudara mbebasin madrim n pandu, itu memang pernah terjadi pas lakon bimo suci. Dimana werkudara madeg jadi pandhita di pertapan agokeloso setelah mendapat ilmu dari dewa ruci, dalam lakon dewa ruci ato werkudara meguru.
Quote:Original Posted By KiDalangNugroho
wisanggeni penebus pendhawa ?? wrekudara penebus pendhawa mas, dia yg mbebasin dewi madrim sama prabu pandu bener nggak mbah ?


werkudoro memang mengatanakan atau menswargikan pandu dan madrim. dalam lakon pandu swargi.

mungkin yang dimaksud adalah wisanggeni dan antasena itu yang rela berkorban sebagai tumbal untuk kemenangan pandawa dengan di "sirnakan" oleh shang hyang wenang sebelum bharatayudha terjadi
Quote:Original Posted By my.suhadi
Kalo menurut saya sih bukan mencuri mbah, tapi menghalang-halangi agar di weda jitabsara gak ditulis antareja vs baladewa. Disamping itu, kalo kresna mau nyelametin kakaknya, berarti di sini wisnu jadi gak adil dong. Dia jadi mementingkan keluarga sendiri. Tul nggak?
Kalo menurut saya, kenapa kresna gak sependapat andaikan baladewa dan antareja depertemukan dalam pertarungan adalah agar tidak merusak makna dari perang bharatayudha itu sendiri. Perang bharatayudha kan disebut perang suci, dimana hukum karma berlaku, yang nandur bakal ngunduh, utang bakal nyaur, nggawe bakale nganggo. Nah di sini, baladewa dan antareja kan gak pernah terjadi perselisihan, pertentangan, ato apalah (bingung nyari kata2 yg pas ), jadi gak pas kalo mereka harus saling bunuh. CMIIW
Ada lagi versi lain, pepakem bharatayudha itu ditukar sama senjata2 kresna, cakra dan bunga wijayakusuma. Hal ini dimaksudkan, agar bharatayudha benar2 adil.


Monggo mas, kita sami2 belajar


Sembah nuwun sampun mampir


Bahagia banget yg tinggal di solo
Saya di Jakarta mas


Memangnya ada yg bilang wisanggeni penebus pendhawa mbah?
Btw, penebus pendhawa itu maksudnya apa?
Kalo yg dimaksud werkudara mbebasin madrim n pandu, itu memang pernah terjadi pas lakon bimo suci. Dimana werkudara madeg jadi pandhita di pertapan agokeloso setelah mendapat ilmu dari dewa ruci, dalam lakon dewa ruci ato werkudara meguru.


iya mbah
sebenernya adil dan tidaknya mesti kita serahkan ke masing masing pihak yg menilai mbah. karena uniknya pewayangan memang seperti itu. masalahnya sekompleks permasalahan hidup sebenernya. bukan cuma sekedar kebaikan lawan kejahatan biasa seperti kitab kitab hitam putih jaman sekarang mbah
kebetulan rumah saya tidak jauh dari solo mungkin agan" dari solo bisa berkenan ngasih alamatnya ki anom suroto, btw ada yang tau kabarnya anaknya kie anom gak ya, pada saat kecil anaknya bayu terkenal di kalangan para dalang lebih piwaai dalam hal sabetan....


Spoiler for ini saat dalam lakon bima suci versi ki enthus:


Spoiler for Intimidasi sengkuni terhadap Durna:


kl mau audio wayang silahkan download di wayangprabu.com disana lumayn komplit

bt e-wayang'nya: webnya keren banget gan
kang Prabu: thanks banget ijo"nya..
Quote:Original Posted By my.suhadi
Maksudnya BharatYudha ya mbah?
Ya mungkin karena antareja sendiri tokoh tidak resmi, jadi agak di anak tirikan. Tapi kan cerita di kresna gugah jadi agak gak nyambung. Soalnya waktu sri kresna ke suralaya untuk "mencuri" pepakem barathayudha, weda jitabsara, kan masih terganjal sama kondisi baladewa dan antareja yg belum termuat.
Jadi agak aneh, kalo penyelesaian untuk baladewa diceritain, yang mana ujung2nya dia disuruh matirta di grojogan sewu, sedangkan penyelesaian untuk antareja gak ada kelanjutannya.


setahu saya dari buku ANTAREJA&ANTASENA yang ditulis oleh RA KOSASIH , di kalangan penggemar wayang mungkin sering terdengar cerita kresna dengan tipu muslihat melenyapkan antareja dengan cara licik(disuruh menjilat telapak kakinya sendiri dengan dalih untuk membuktikan kesaktian), dalam buku ini pengarang menyajika sudut pandang lain bagaimana kematian kedua anak Werkudara
Quote:Original Posted By terlalu16
setahu saya dari buku ANTAREJA&ANTASENA yang ditulis oleh RA KOSASIH , di kalangan penggemar wayang mungkin sering terdengar cerita kresna dengan tipu muslihat melenyapkan antareja dengan cara licik(disuruh menjilat telapak kakinya sendiri dengan dalih untuk membuktikan kesaktian), dalam buku ini pengarang menyajika sudut pandang lain bagaimana kematian kedua anak Werkudara


iya om
itu salah satu versi dari banyak versi
antasena djadi tanaman jagung
kalo versi yg saya pernah denger antasena dan wisanggeni menghadap sang hyang wenang bertanya kenapa ga boleh ikut bharatayudha. oleh sang hyang wenang dikatakan kalo mereka berdua ikut perang bukannya malah pandawa menang tapi bakal kalah. nah kalo mau pandawa menang dan mereka ikut serta maka mereka harus mau jd tumbal untuk kemenangan pandawa. ahirnya antasena dan wisanggeni menyanggupi. lalu disabda oleh hyang wenang dimana antasena dan wisanggeni kemudian mengecil sampai ahirnya hilang .