KASKUS

[ask] penetasan telur ayam kate

agan2 senior yg makin cakep aje
ane sedikit bingung nih gan
bgini ceritanya
ane baru pertama kalinya pelihara ayam kate
kmren hari minggu ane beli ayam kate sepasang
eh tiba2 pada hari itu jg ga taunye pas jam 6 an ayamnya bertelur
walaupun cm baru 1 sih
tp hari ini keluar telurnya 1 lg jadi 2 deh
nah yg ane bingung nih gan
knapa yah kok si biang ga pernah ngeremin telurnya
karena ane baru pertama kalinya pelihara ayam kate
dikepala terbesit deh tuh pertanyaan2 yg bkin ane bingung

nah dan sekarang ane minta ke agan2 skalian
tolong dong kasih pencerahan ke ane ttg hal itu smua
gimana caranya supaya telur itu netas
sedangkan si biang ga mo ngeremin telurnya sendiri
mohon kepada agan2 senior
tlg share ke ane dong ttg ilmunya :

Grin Ayam Kate

Mo Share ni gan...
Ayam Kate ato Ayam mana pun dia ada masanya gan klo mo ngeremin telornya.
pan dia baru punya dua telor tuh, kemungkinan dia masih mo bertelor lagi, ntar klo dia dah banyak telornya 5 ampe 10 bijian lah(kira kira...) si biang bakalan brenti bertelor n molai ngeremin telornya ampe netes. Nah klo telornya dah banyak tp masih kg di eremin...BIsa di eremin pake lampu kok yg lima wat lah.

ntu pengalaman ane seh gan.....klo ada yg lebih akurat inponya sok atuh di bagi lah....


ni ayam kate ane yg baru netes, umur 3 hari.

Quote:Original Posted By only110v
Mo Share ni gan...
Ayam Kate ato Ayam mana pun dia ada masanya gan klo mo ngeremin telornya.
pan dia baru punya dua telor tuh, kemungkinan dia masih mo bertelor lagi, ntar klo dia dah banyak telornya 5 ampe 10 bijian lah(kira kira...) si biang bakalan brenti bertelor n molai ngeremin telornya ampe netes. Nah klo telornya dah banyak tp masih kg di eremin...BIsa di eremin pake lampu kok yg lima wat lah.

ntu pengalaman ane seh gan.....klo ada yg lebih akurat inponya sok atuh di bagi lah....


ni ayam kate ane yg baru netes, umur 3 hari.



tengyu buat inponya gan :
kira2 kalo nanti pake lampu bohlam 5 watt itu butuh berapa bohlam ya gan?
iya tuh kasih info cara tetesin telor pake lampu yang akurat n komplit.......
meisal : jarak lampu ke telor brapa cm dan ampe brapa lama kira2 sampe telor menetas....
kekekeke.............
Quote:Original Posted By dendeng2sapi
iya tuh kasih info cara tetesin telor pake lampu yang akurat n komplit.......
meisal : jarak lampu ke telor brapa cm dan ampe brapa lama kira2 sampe telor menetas....
kekekeke.............


iy nih gan
ane gj lg mantau jawaban dari agan2 buat share ilmunya

Talking Ayam Kate

Quote:Original Posted By dendeng2sapi
iya tuh kasih info cara tetesin telor pake lampu yang akurat n komplit.......
meisal : jarak lampu ke telor brapa cm dan ampe brapa lama kira2 sampe telor menetas....
kekekeke.............



Agan agan...masukan baru neh...
Jarak lampu ke telornya kurang lebih 15 ampe 20 cm. trus lampu lima wattnya yg bohlam kecil ya....jgn yg besar soalnya beda di panasnya.
anggap telor ditaro dalam kardus bekas indomi(dasar kardus pake alas ya!!!), butuh 2 bohlam kecil 5 watt biar suhunya merata. ni lampu di pasang di ujung kiri ma ujung kanan.
Nah sebelum telor di masukin, lampu harus di biarin nyala kurang lebih 30 menitan lah biar suhu dalam dus anget...klo dah anget baru telor masuk dus.
nahh ini yg kadang bikin gw males neh....selama 18 hari pertama telor mesti di bolak balik tuh...biar kena panasnya rata. sehari min 8 kali dah. di hari ke 19 uda kg usah di balik lg ampe netes di hari ke 21.

nah gitu yg udah ane praktekin gan....

mudah mudahan ne impo ada mangpaatnyah yah....


mau nambahin, ayam kate akan mulai mengerami telurnya ketika dia sudah berhenti masa bertelurnya dan masuk masa pengeraman.. kalo ayam kate bertelur, ambil telurnya (pake sarung tangan plastik) taruh di tempat yang aman, lalu beri nomor dengan spidol yang tanpa aroma.. sisakan satu telur di tempat semula agar si induk ayam bakal bertelur lagi di tempat yang sama..

ayam kate bisa bertelur sampai 20an butir, waktu itu ayam kate gw bertelur sampe 24 butir sebelum akhirnya mengerami.. nah, pada waktu mengerami, ketika si induk sedang keluar sarang dan cari makan, masukkan telur yang udah disimpan sebelumnya secukupnya ke sarang (misalnya 7-8 sesuai besar si induk).. jangan terlalu banyak karena ayam kate itu kecil.. masukkan yang bernomor terakhir2, jangan yang nomor awal.. oh ya, sebelumnya telur dicek dulu dengan cara digoyang2kan (dikocok perlahan).. apabila telur padat, berarti telurnya bagus, apabila terasa ada yang bergerak di dalamnya, berarti telur sudah busuk.. segera buang..

telur2 sisanya, seperti yang udah dijelaskan di atas oleh kaskuser lain, dimasukkan ke dalam kardus yang udah dialasi kain dan diberi lampu agar hangat.. pendapat gw pribadi, dibolak baliknya ga usah 8x sehari gapapa, balik2 aja pas sarapan, makan siang, dan malem2.. oleh karena panas dari bohlam lebih stabil dan kontinu, kemungkinan besar anak2 ayam akan menetas sebelum 21 hari (pengalaman gw kemarin 17 hari udah netes).. bisa langsung diberi dedak yang dicampur air.. selanjutnya sesuai pembiakkan ayam biasa..

semoga membantu..
tengyu buat inpo dari agan only110v dan agan NQ45
Quote:Original Posted By NQ45
mau nambahin, ayam kate akan mulai mengerami telurnya ketika dia sudah berhenti masa bertelurnya dan masuk masa pengeraman.. kalo ayam kate bertelur, ambil telurnya (pake sarung tangan plastik) taruh di tempat yang aman, lalu beri nomor dengan spidol yang tanpa aroma.. sisakan satu telur di tempat semula agar si induk ayam bakal bertelur lagi di tempat yang sama..

ayam kate bisa bertelur sampai 20an butir, waktu itu ayam kate gw bertelur sampe 24 butir sebelum akhirnya mengerami.. nah, pada waktu mengerami, ketika si induk sedang keluar sarang dan cari makan, masukkan telur yang udah disimpan sebelumnya secukupnya ke sarang (misalnya 7-8 sesuai besar si induk).. jangan terlalu banyak karena ayam kate itu kecil.. masukkan yang bernomor terakhir2, jangan yang nomor awal.. oh ya, sebelumnya telur dicek dulu dengan cara digoyang2kan (dikocok perlahan).. apabila telur padat, berarti telurnya bagus, apabila terasa ada yang bergerak di dalamnya, berarti telur sudah busuk.. segera buang..

telur2 sisanya, seperti yang udah dijelaskan di atas oleh kaskuser lain, dimasukkan ke dalam kardus yang udah dialasi kain dan diberi lampu agar hangat.. pendapat gw pribadi, dibolak baliknya ga usah 8x sehari gapapa, balik2 aja pas sarapan, makan siang, dan malem2.. oleh karena panas dari bohlam lebih stabil dan kontinu, kemungkinan besar anak2 ayam akan menetas sebelum 21 hari (pengalaman gw kemarin 17 hari udah netes).. bisa langsung diberi dedak yang dicampur air.. selanjutnya sesuai pembiakkan ayam biasa..

semoga membantu..


untuk masa berapa hari yah gan telur di penampungan sebelum dieremin oleh induknya?
Quote:Original Posted By aw4nx
untuk masa berapa hari yah gan telur di penampungan sebelum dieremin oleh induknya?


ayamnya akan bertelur rata2 sehari satu butir, kalo dia bertelur sampe 20 butir maka dia akan mulai lgs mengerami di hari ke-20nya.. tempat penyimpanan telurnya yang bersih dan jangan di kulkas ya..
Quote:Original Posted By NQ45
ayamnya akan bertelur rata2 sehari satu butir, kalo dia bertelur sampe 20 butir maka dia akan mulai lgs mengerami di hari ke-20nya.. tempat penyimpanan telurnya yang bersih dan jangan di kulkas ya..


ok gan tengyu, hari ini ud ad 3 telur dan ane akan tunggu smpe di induk mo mengerami telurnya

nice info bro,...
btw ada pertanyaan mengganggu nih,..
selama masa bertelur, apa ayam kate selalu di kimpoi ama pejantannya??
misalkan cuman sekali di kimpoi ma pejantannya gimana bro???
apa semua telur akan menetas???
Quote:Original Posted By triambodo
nice info bro,...
btw ada pertanyaan mengganggu nih,..
selama masa bertelur, apa ayam kate selalu di kimpoi ama pejantannya??
misalkan cuman sekali di kimpoi ma pejantannya gimana bro???
apa semua telur akan menetas???


usahain setiap hari dikimpoi, soalnya ga bakal netes lah telur kalo ga dibuahin.. masa reproduksi aseksual?

caranya gampang kok.. ayam kate ente dikandangin ga? nah setiap pagi sampe sore, kalo bisa jantan dan betinanya dilepas barengan di halaman, biar mereka berjemur, main2 dan cari cacing/semut sendiri.. nanti mereka bakal kimpoi kok tiap hari.. kalo ga bisa dilepas sampe sore, lepas setiap pagi sampe jam 10an di tempat yang kena sinar matahari, insyaallah bakal kimpoi.. malem2 masukkin kandang aja biar aman dari tikus dan kucing..

goodluck..
nambah satu ilmu lg dari agan NQ45

wah kira2xx brapa ya gan hrga 1 pang kate??
pengen ikut pelihara nich....
susah gak pelihara ayam ini di banding dengan ayam yg lain??
Quote:Original Posted By andand
wah kira2xx brapa ya gan hrga 1 pang kate??
pengen ikut pelihara nich....
susah gak pelihara ayam ini di banding dengan ayam yg lain??


harga ayam kate biasa sekitar 200rb-an/spasang
bagus om...
tadi baru beli anakan ayam kate 5 ekor
bagus om...
tadi baru beli anakan ayam kate 5 ekor
yang dua ekor anakan jari kakinya 5 ..
anakan ayam kate unik,,,,
ayam kate gw yang betina udah 2 kali mulai ngeremin 6 (ereman kedua) dan 7 (pertama ngerem) telor.. yang ereman pertamax malah telornya gagal semua.. padahal udah lama banget dieremin, pas dicek ama bokap katanya gagal, hasilnya tu telor dibuang2in.. pas ngeremin yang kedua ( 6 telor) si betina malah wafat.. kena penyakit macem kayak pilek, tp g bersin2.. cuma tenggrokan keisi sama lendir2 lengket putih.. bertahan dalam keadaan sakit sekitar 5 hari sampai akhirnya wafat..

skrg tinggal si jantan deh..

gw mo tanya, idealnya dia ngerem brp lama, trus kalo diliat dari atas, knp telor2nya pada gagal netes ya??
×