KASKUS

Quote:Original Posted By H4RRI

yang ditutup ma karet gan..merk denso..sy baru ganti 2 bulan lalu..klo di bogor kena 120 rb ma pasang...mungkin klo beli sendiri ke toko parts lebih murah


yg ditutup karet yah..sy agak lupa sih

sy di jakarta ganti di bengkel AC harganya 50rb.
Halo oom,

saya punya apv gen 1, kondisi sekarang power window tengah kanan kiri tdk berfungsi (rusak switchnya), trus handle pintu tengah sebelah kiri rusak,(gabisa dibuka dri luar). mohon saran dan pencerahnnya, saya rencana mau betulin sendiri, bongkar sendiri, ada tutor atau tuntunan nya gak ya?

oia, sekalian ama harga part yg harus diganti ya oom.

abis baca2 di pejwan, dapet wejangan buat benerin double blower ama foglamp yg uda pada loyo.


thanks ya oom.
Quote:Original Posted By H4RRI

yang ditutup ma karet gan..merk denso..sy baru ganti 2 bulan lalu..klo di bogor kena 120 rb ma pasang...mungkin klo beli sendiri ke toko parts lebih murah


itu khan ada beberapa Relay, coba relaynya saling ditukar2 aja... jadi biar diketahui yg rusak relaynya yg mana...
Quote:Original Posted By vilori
Halo oom,

saya punya apv gen 1, kondisi sekarang power window tengah kanan kiri tdk berfungsi (rusak switchnya), trus handle pintu tengah sebelah kiri rusak,(gabisa dibuka dri luar). mohon saran dan pencerahnnya, saya rencana mau betulin sendiri, bongkar sendiri, ada tutor atau tuntunan nya gak ya?

oia, sekalian ama harga part yg harus diganti ya oom.

abis baca2 di pejwan, dapet wejangan buat benerin double blower ama foglamp yg uda pada loyo.
punya ane malah yang auto gan!katanya kalau ganti yang orisinil 600 ribuan
punya ane malah yang auto gan,k


thanks ya oom.

punya ane malah yang auto gan!katanya kalau ganti yang orisinil 600 ribuan
Quote:Original Posted By Vanjune

punya ane malah yang auto gan!katanya kalau ganti yang orisinil 600 ribuan


cukup mahal memang tapi itu resiko part slow moving sih.

kalo ragu sama reparasi switch atau males pake part non resmi ya apa boleh buat.

Jangan Dibuka! AWAS RACUN SAUDARA2

http://otomotif.kompas.com/read/2013...perasi.Hidung.
Quote:Original Posted By grahani
http://otomotif.kompas.com/read/2013...perasi.Hidung.


wah, apv naek kelas

all new apv asliii racunnnnn
Quote:Original Posted By grahani
http://otomotif.kompas.com/read/2013...perasi.Hidung.

Beneran nich APV mau jadi kaya gini??

Mengganti electric motor kipas apv

Baru sempet posting lagi, padahal sudah dipersiapkan dari lama

Sedikit share pengalaman ane:
Selama 8 tahun memiliki mobil apv tipe A 2005 sudah 2 kali mengganti e-motor.

Kasus 1 (2 tahun lalu):
Pada penggantian pertama tidak ada gejala apa2, tiba2 kipas berhenti mendadak.
Hal ini dapat dirasakan karena a/c tidak dingin. Setelah di periksa ternyata kipas mati, cek sekring ternyata putus. Setelah e-motor berhasil dikeluarkan , kemudian dibongkar, ternyata bushing tembaganya sudah oblak. Ane bawa ke tukang service kipas, cari2 bushing seperti itu tidak ada. Atas usulan si tukang service disarankan untuk mengganti menggunakan bearing sbg pengganti bushing. Ane tanya sama si tukang, apakah diganti bearing itu bakalan kuat? Dia jawab kuat. Dijamin! (ganti + ongkos rp. 130Rb ) (Panah A : bushing yang diganti bearing)
Singkat cerita elektrik motor sudah selesai terpasang kembali di apv.
Next day, Ane kebetulan ada order bawa penumpang ke Bandara Soeta (ane di Bandung), dalam perjalanan awalnya ga masalah, permasalahan baru terasa ketika di area macet, a/c tdk terasa dingin. Di cek, kipas masih berputar normal, tapi beberapa kali ganti sekring (ane bawa sekring serep dan mungkin ini tanda2nya kipas mau mati) Lepas dari macet memasuki daerah slipi, tiba2 terdengar bunyi kipas beradu terrkkkkk dan ga lama kemudian grakkkkkk. Ane berhenti dan periksa ternyata kipas lepas dari motornya! Ane berharap jalanan ke arah bandara ga macet. Tanpa ada kipas, ane paksa jalan sambil terus pantau temperatur. Akhirnya sampai di bandara dengan selamat.
Salah satu kelebihan APV adalah (menurut ane) adalah pendinginan radiator yang maksimal. Pernah ga perhatiin kalo lagi ngebut dijalan lurus, temperatur suka turun dari batas normal?
Atas dasar itulah, ane beranikan nekat pulang tanpa kipas. Ane pilih tengah malam biar tidak terjebak macet. Alhamdulillah akhirnya sampai kembali ke Bandung dengan selamat, tanpa harus berhenti berhenti untuk mendinginkan radiator. Setelah di analisa ternyata e-motor dengan bearing modifikasian itu tidak baik (rusak), e-motor menjadi panas sekali, sampai2 dudukan logam di kipas terlepas (meleleh) karena saking panasnya. Bearing modif e-motor macet tidak bisa berputar. Diputuskan untuk membeli e-motor original + kipasnya. Ternyata e-motor itu punya 2 kecepatan, kecepatan pertama untuk radiator saja(mesin jalan tanpa a/c), kecepatan ke 2 untuk a/c kalo lagi jalan.
Pantesan pas udah dimodif, kok kipasnya ga sekencang seperti biasanya...

Kasus 2:
Baru2 ini (21-4-13), tiba2 mobil setiap dimatikan suka terdengar bunyi trrrrr.., Ane buka kap depan, terdengar jelas sekali dari kipas e-motor. Ane pegang bilah kipasnya, terus di goyang2 , ternyata kipas oblak. Harus diganti supaya jangan ada masalah kedepannya. Berikut prosedur pengganti e-motor (original) :
1. Buka 2 buah baut air intake, cabut intake.
2. Buka klem selang radiator, cabut selangnya. Pekerjaan ini perlu trik dan tenaga, hati2 dengan tangan anda, tangan ane nyenggol2 dudukan dongkrak sampe lecet2.
3. Cabut sambungan kabel dari kipas.
4. Buka 2 baut pemegang radiator
5. Dorong ke arah belakang mobil, cabut dan angkat kipas beserta framenya.
6. Simpan frame kipas di bawah/meja kerja, buka 1 mur ukuran kunci 8mm di tengah2 kipas.
7. Setelah kipas terlepas, buka 3 buah baut menggunakan obeng kembang untuk melepas e-motor.
8. Ganti e-motor dengan yang baru, pasang kembali dengan urutan terbalik no.7 sampai no 1. Ketika memasang frame+kipas ke tempat radiator, harus hati2 (dan sedikit sulit) agar pas pada dudukannya. Jika pemasangan pas, maka pemasangan baut2 tidak akan mengalami kesulitan.
Setelah dibuka ternyata penyebabnya adalah as motor yg sudah aus dan tidak rata (panah B)

Quote:Original Posted By NGB


Salah satu kelebihan APV adalah (menurut ane) adalah pendinginan radiator yang maksimal. Pernah ga perhatiin kalo lagi ngebut dijalan lurus, temperatur suka turun dari batas normal?



pernah waktu itu lg hujan deras di jalan tol, temperatur APV malah turun drastis,
udah seperti kondisi pagi hari waktu mobil dinyalain. sampe serem sendiri.
Quote:Original Posted By Sop Pedes


pernah waktu itu lg hujan deras di jalan tol, temperatur APV malah turun drastis,
udah seperti kondisi pagi hari waktu mobil dinyalain. sampe serem sendiri.


Bener gan, kalo ujan temperatur malah turun.
Quote:Original Posted By grahani
http://otomotif.kompas.com/read/2013...perasi.Hidung.


Quote:Original Posted By Sop Pedes


wah, apv naek kelas



Quote:Original Posted By H4RRI
all new apv asliii racunnnnn


Quote:Original Posted By apseh_rohim

Beneran nich APV mau jadi kaya gini??


Keren ya, emang jdi kya serena, biante, nav1 klo jadi dioperasi bneran tuh hidung & body..
Skrg gw tahan dlu ganti si bantet yg udah 6 thn mnemani gara2 berita ini..
smoga aja bneran nih 2014 all new apv lahiran.. ato kali aja IIMS 2013 sapa tau dah dipajang
Quote:Original Posted By NGB
Baru sempet posting lagi, padahal sudah dipersiapkan dari lama

Sedikit share pengalaman ane:
Selama 8 tahun memiliki mobil apv tipe A 2005 sudah 2 kali mengganti e-motor.

Kasus 1 (2 tahun lalu):
Pada penggantian pertama tidak ada gejala apa2, tiba2 kipas berhenti mendadak.
Hal ini dapat dirasakan karena a/c tidak dingin. Setelah di periksa ternyata kipas mati, cek sekring ternyata putus. Setelah e-motor berhasil dikeluarkan , kemudian dibongkar, ternyata bushing tembaganya sudah oblak. Ane bawa ke tukang service kipas, cari2 bushing seperti itu tidak ada. Atas usulan si tukang service disarankan untuk mengganti menggunakan bearing sbg pengganti bushing. Ane tanya sama si tukang, apakah diganti bearing itu bakalan kuat? Dia jawab kuat. Dijamin! (ganti + ongkos rp. 130Rb ) (Panah A : bushing yang diganti bearing)
Singkat cerita elektrik motor sudah selesai terpasang kembali di apv.
Next day, Ane kebetulan ada order bawa penumpang ke Bandara Soeta (ane di Bandung), dalam perjalanan awalnya ga masalah, permasalahan baru terasa ketika di area macet, a/c tdk terasa dingin. Di cek, kipas masih berputar normal, tapi beberapa kali ganti sekring (ane bawa sekring serep dan mungkin ini tanda2nya kipas mau mati) Lepas dari macet memasuki daerah slipi, tiba2 terdengar bunyi kipas beradu terrkkkkk dan ga lama kemudian grakkkkkk. Ane berhenti dan periksa ternyata kipas lepas dari motornya! Ane berharap jalanan ke arah bandara ga macet. Tanpa ada kipas, ane paksa jalan sambil terus pantau temperatur. Akhirnya sampai di bandara dengan selamat.
Salah satu kelebihan APV adalah (menurut ane) adalah pendinginan radiator yang maksimal. Pernah ga perhatiin kalo lagi ngebut dijalan lurus, temperatur suka turun dari batas normal?
Atas dasar itulah, ane beranikan nekat pulang tanpa kipas. Ane pilih tengah malam biar tidak terjebak macet. Alhamdulillah akhirnya sampai kembali ke Bandung dengan selamat, tanpa harus berhenti berhenti untuk mendinginkan radiator. Setelah di analisa ternyata e-motor dengan bearing modifikasian itu tidak baik (rusak), e-motor menjadi panas sekali, sampai2 dudukan logam di kipas terlepas (meleleh) karena saking panasnya. Bearing modif e-motor macet tidak bisa berputar. Diputuskan untuk membeli e-motor original + kipasnya. Ternyata e-motor itu punya 2 kecepatan, kecepatan pertama untuk radiator saja(mesin jalan tanpa a/c), kecepatan ke 2 untuk a/c kalo lagi jalan.
Pantesan pas udah dimodif, kok kipasnya ga sekencang seperti biasanya...

Kasus 2:
Baru2 ini (21-4-13), tiba2 mobil setiap dimatikan suka terdengar bunyi trrrrr.., Ane buka kap depan, terdengar jelas sekali dari kipas e-motor. Ane pegang bilah kipasnya, terus di goyang2 , ternyata kipas oblak. Harus diganti supaya jangan ada masalah kedepannya. Berikut prosedur pengganti e-motor (original) :
1. Buka 2 buah baut air intake, cabut intake.
2. Buka klem selang radiator, cabut selangnya. Pekerjaan ini perlu trik dan tenaga, hati2 dengan tangan anda, tangan ane nyenggol2 dudukan dongkrak sampe lecet2.
3. Cabut sambungan kabel dari kipas.
4. Buka 2 baut pemegang radiator
5. Dorong ke arah belakang mobil, cabut dan angkat kipas beserta framenya.
6. Simpan frame kipas di bawah/meja kerja, buka 1 mur ukuran kunci 8mm di tengah2 kipas.
7. Setelah kipas terlepas, buka 3 buah baut menggunakan obeng kembang untuk melepas e-motor.
8. Ganti e-motor dengan yang baru, pasang kembali dengan urutan terbalik no.7 sampai no 1. Ketika memasang frame+kipas ke tempat radiator, harus hati2 (dan sedikit sulit) agar pas pada dudukannya. Jika pemasangan pas, maka pemasangan baut2 tidak akan mengalami kesulitan.
Setelah dibuka ternyata penyebabnya adalah as motor yg sudah aus dan tidak rata (panah B)


Mantab nich infonya
Quote:Original Posted By grahani
http://otomotif.kompas.com/read/2013...perasi.Hidung.


Quote:Original Posted By Sop Pedes


wah, apv naek kelas



Quote:Original Posted By H4RRI
all new apv asliii racunnnnn


Quote:Original Posted By apseh_rohim

Beneran nich APV mau jadi kaya gini??


bukan.... belom tentu... tapi udah ada yang jual di dealer mobil CBU pake emblem suzuki

wujud aslinya sekarang ini :



yang bikin aslinya ini :




yang ada di kompas itu model lama Serena C25
Spoiler for c25:
Quote:Original Posted By Purrfect








bukan.... belom tentu... tapi udah ada yang jual di dealer mobil CBU pake emblem suzuki

wujud aslinya sekarang ini :



yang bikin aslinya ini :




yang ada di kompas itu model lama Serena C25
Spoiler for c25:


kerjasama ato gimana gan? apa kayak apv ma mitsubi...i maven
ane kok ga keracunan ya? masih lebih demen ma SGX+ ane
Quote:Original Posted By noxoz


kerjasama ato gimana gan? apa kayak apv ma mitsubi...i maven
ane kok ga keracunan ya? masih lebih demen ma SGX+ ane


tukeran emblem... suzuki ambil dari nissan di jepang sana, ga terlalu laku yg cap suzuki.

nggak selaku model lain yg tukeran emblem kaya alto-pixo, jimny-az wagon, dll.

suzuki imej-nya kuat cuma suv & mobil kutu disana.

RACUN bekerja dengan baik :malus


nggak papa mau dikasi bodi c25 atau c26 asal harganya dibawah innopah

menurut saya lebih baik pakai C25, lungsuran, soalnya C26 khan baru diluncurkan all new serena, nissan Indonesia.

Nggak elok (juga secara harga) kalo sama2 pakai sama2 body C26
Quote:Original Posted By grahani

nggak papa mau dikasi bodi c25 atau c26 asal harganya dibawah innopah


susah... musti banyak disunat kalo kaya gitu
Quote:Original Posted By Purrfect


susah... musti banyak disunat kalo kaya gitu


khan paling nggak udah disunat 2000cc jadi 1500cc

udahlah, BAN Cadangan disunat juga nggak papa, yg beli, beli sendiri ban cadangan wkwkwkwk