KASKUS

Cool [KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!



atlit anggar dari manapun.!!ayo masuk..saling diskusi, tukar informasi, dan sharing ttg anggar..!! klo ada yg berminat jual senjata atau peralatan anggar jg boleh.

Thread Rule:
diantara kaskuser di trit ini dilarang :
-pasang iklan yg lain..kalau mo jual senjata anggar gpp.
-ngejer posting, jd hanya mnyampah posting yg ga penting.
-SARA
- mengejek sesama kaskuser di trit ini.




Definisi Olah Raga Keren satu ini menurut Wikipedia :


Anggar adalah seni budaya olahraga ketangkasan dengan senjata yang menekankan pada teknik kemampuan seperti memotong, menusuk atau menangkis senjata lawan dengan menggunakan keterampilan dalam memanfaatkan kelincahan tangan. Dalam artian lebih spesifik, anggaran adalah satu satu cabang olahraga yang diajarkan di sekolah - sekolah Eropa pada masa lalu dalam melatih keahlian dalam menggunakan senjata tajam yang akhirnya menjadi salah satu olahraga resmi di Olimpiade.

Etimologi kata "anggar" dalam bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Perancis "en garde", artinya dalam Bahasa Indonesia berarti "bersiap". Kata "en garde" digunakan sebelum permainan anggar dimulai, untuk memberi perintah "bersiap" kepada pemain. Dalam bahasa Perancis sendiri anggar disebut sebagai escrime. Walaupun kita menganggap anggar sebagai permainan yang menghibur, sebagai senjata, sebagai sarana pendidikan atau pun olahraga, ternyata anggar mempunyai perjalanan sejarah yang cukup panjang. Kemampuan teknis, catatan pencapaian yang cukup panjang, di luar hal - hal tersebut adalah nilai - nilai yang terkandung dalam permainan anggar sendiri hingga kini masih diajarkan melalui praktik olahraga itu sendiri.

Jika sejarah mengenai anggar ditelusuri, kita akan mengacu pada penggunaan pedang. Sejak dahulu kala, pedang diciptakan sebagai alat untuk melindungi diri. Manusia menggunakan kekuatan dan ketangkasannya, memilih bahan dan alat, meningkatkan ketrampilannya dengan menggunakan kepandaiannya. Semua itu merupakan latar belakang permainan anggar.

Anggar merupakan salah satu dari sedikit olahraga yang mengakui profesionalisme sebelum tahun 1980an. Bahkan pada peraturan - peraturan awal Olimpiade yang ditulis oleh Baron Pierre de Coubertin (presiden kedua dari International Olympic Committee), dengan jelas menyatakan bahwa pemain anggar profesional yang disebut dengan Masters diperbolehkan untuk ikut bertanding.

Anggar dipertandingkan pada ajang Olimpiade untuk pertama kalinya pada tahun 1896. Merupakan salah satu dari sedikit cabang olahraga yang menjadi program tetap dalam pelaksanaan Olimpiade.

Sejarah Anggar di Indonesia:
Sejarah Masuknya Anggar ke Indonesia

Pada zaman penjajahan Belanda di Indonesia, para tentara Kerajaan Belanda membawa serta olahraga anggar masuk ke Indonesia. Pada saat itu terdapat dus macam tujuan permainan anggar, yaitu untuk berkelahi dan olahraga.

Kemampuan bermain anggar untuk berkelahi diwajibkan bagi setiap tentara Hindia Belanda (KNIL) dengan menggunakan kelewang (pedang) atau sangkur. Sedangkan, permainan anggar untuk olahraga dipersilakan bagi para bintara, perwira, serta mahasiswa.

Tokoh-tokoh militer bangsa Indonesia yang mempunya keahlian bermain anggar pada waktu itu antara lain adalah Drh.Singgih, Soeparman, Maryono, Setu, Warsimin, Paimin Salekan, Atmo Soewirjo, J. Sengkey, Suratman, Mantiri, C.H. Kuron, Mangangantung, dan Soekarno.

Untuk dapat meningkatkan kemampuan bermain anggar maupun olahraga lainnya, KNIL mendirikan sekolah olahraga militer. Sekolah olahraga militer tersebut didirikan guna untuk mendidik para guru anggar, guru renang, dan guru olahraga lainnya. Lembaga pendidikan militer tersebut didirikan di Bandung dan Magelang.

Pada masa penjajahan Jepang, tidak ada informasi yang masuk tentang perkembangan olahraga anggar di Indonesia. Dalam masa perang kemerdekaan, banyak guru anggar yang berasal dari mantan instruktur militer Belanda yang menjadi instruktur di Akademi Militer Yogyakarta. Mereka mengajarkan cara bermain anggar, baik untuk olahraga maupun berkelahi dengan menggunakan sangkur.

Dalam Pekan Olahraga Nasional pertama yang diselenggarakan pada tahun 1948 di Solo, olahraga anggar mulai diperkenalkan serta dieksibisikan oleh para guru anggar mantan instruktur militer Belanda tersebut.

Setelah penyerahan kedaulatan Negara Republik Indonesia, para guru anggar yang tersebar di tanah air mulai mengembangkan olahraga anggar dengan cara mendirikan perkumpulan-perkumpulan anggar di beberapa daerah. Seperti di Sumatera Utara, Jakarta, Bandung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, dan di Sulawesi Selatan.

Perkumpulan anggar di ibukota kita, Jakarta, didirikan oleh Kasimin Atmosoewirjo, Soekarno, dan Drh. Singgih. Di awal tahun 1950, Kasimin Atmosoewirjo mulai mengembangkan olahraga anggar di Jakarta bersama dengan puteranya yang bernama Suratmin.

Perjuangan para guru anggar yang telah merintis olahraga anggar di tanah air selanjutnya dikembangkan oleh para penerus. Baik oleh murid, anak, maupun cucu, sehingga pada saat ini olahraga anggar dapat terus berkembang di berbagai provinsi di Indonesia.

Setelah penyerahan kedaulatan Indonesia oleh pihak Belanda, permainan anggar mulai diajarkan di sekolah olahraga maupun perguruan tinggi olahraga. Di lingkungan akademi militer dan polisi juga sempat diajarkan cara bermain anggar, namun pada akhirnya kurang berkembang.

Dalam perkembangan selanjutnya, olahraga anggar mulai dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional kedua yang diselenggarakan pada tahun 1951 di Jakarta. Setelah itu olahraga anggar selalu dipertandingkan dalam setiap Pekan Olahraga Nasional hingga sekarang.

Senjata Anggar:
Anggar yang dipertandingkan pada olimpiade memainkan tiga nomor, yang dinamakan berdasarkan senjatanya:

* Floret (foil): Pedang yang berbentuk langsing, lentur dan ringan, ujungnya datar atau bulat, tumpul dan berpegas. Bila ditusukkan dapat naik/turun, beratny 500 gram (5 ons). Pelindung tangan yang terdapat pada floret lebih kecil dibandingkan dengan Degen dan Sabel. Ujungnya untuk menusuk dan bagian bawah pedang untuk menangkis dan menekan.

untuk sasaran pada senjata Floret


* Sabel (sabre): Pedang yang berbentuk segitiga dan sudutnya tidak tajam, seperti parang kecil, semakin keatas semakin pipih dan ujungnya ditekuk hingga tidak meruncing, beratnya 500 gram. Pelindungan penuh menutupi tangan sampai pangkal tangkai. Bagian atas pedang untuk memarang dan bagian bawah untuk menangkis, serta ujungnya untuk menusuk.

Untuk sasaran pada senjata Sabel :


* Degen (epée): Pedang berbentuk segitiga dan berparit, pada pangkalnya tebal dan samping keujung kecil, agak kaku. Ujungnya datar dan berpegas dengan pelindung tangan besar, beratnya 750-770 gram. Bagian bawah pedang untuk menangkis dan ujungnya untuk menusuk.

Untuk sasaran pada senjata Degen :


Line, yaitu pembagian posisi tubuh pemain anggar



Jenis Grip atau pegangan pada pedang anggar ada dua jenis (hanya dipakai dipedang Floret dan Degen saja), yaitu :

* Pistol Grip


* French Grip



Video:
Permainan Foil putra:



Permainan Sabre putra :



Permainan Epee Putra :



Kalau suka sama infonya jangan lupa kasih rate yah..!! cendol jg boleh

saya gilang dari anggar Jabar..tergabung dlm klub kota bandung.
klo ada yg mau tanya2 ttg anggar dibandung gmn2..silahkan.

Price List Tools..!! Info dapet dari PB. IKASI
Sarung tangan Foil Rp 150,000.00
Sarung Tangan Sabre Rp 150,000.00
Pedang Foil complit France Grip Rp 450,000.00
Pedang Sabre Complit France Grip Rp 450,000.00
Pedang Epee Complit France Grip Rp 450,000.00
Pedang Foil complit pistol Grip Gold Rp 650,000.00
Pedang Sabre Complit pistol Grip Gold Rp 650,000.00
Pedang Epee Complit pistol Grip Gold Rp 650,000.00
Metalik Jaket Foil Rp 750,000.00
Metalik Jaket Sabre Rp 850,000.00
Mask wire Sabre Rp 50,000.00
Body Wire Epee Rp 150,000.00
Body Wire Foil Rp 150,000.00
Master fencing Suite ( baju pelatih ) Rp 1.500.000.00
Mask Foil Rp 750,000.00
Mask Sabre Rp 750,000.00
Women Chest Protektor Rp -
Favero arm (Scoring Board) -05 Rp 30,000,000.00
Almunium Piste (Landasan Bertanding) Rp 48,500,000.00

Pricelist weapon dan mask diatas adalah yang buatan Cina.jd terbilang murah krn masih dibawah 1jt. tp untuk mask dan baju walaupun sudah memenuhi standar tekanan seperti mask 350 Newton tetapi belum memiliki sertifikat FIE. jadi untuk kejuaraan open internasional belum dapat digunakan yang buatan Cina. tapi kalau kejuaraan nasional masih bisa digunakan.

dibawah ini saya kasih Price list yang sudah mendapat sertifikat FIE untuk Weapon, Mask, Handschuhe(sarung tangan) dll. yang didapat dari [url]www.allstar.de[/url] di Jerman
kalau beli di Indonesia wajar kalau lebih mahal dari harga dibawah, krn ongkir gan

Contact Allstar
Headquarter Germany

Adresse: Allstar Fecht-Center GmbH & Co.KG
Carl-Zeiss-Str. 61
D-72770 Reutlingen
Tel.: +49 (0)7121/9500-0
Tel.: +49 (0)7121/9500-75 (Export: English, Français, Espanol)
Fax: +49 (0)7121/9500-99
Email: info@allstar.de
www: [url]www.allstar.de[/url]

Geschäftszeiten / Opening hours / Horaire d'ouverture:

Montag bis Donnerstag / Monday to Thursday / lundy au jeudi
8.00 - 12.00 Uhr + 13.00 - 16.00 Uhr

Freitag / Friday / vendredi
8.00 - 13.30 Uhr

Mask Eppe/Degen

Price : without tax: 90,76EUR
including tax: 108,00EUR

Mask Foil/Floret

Price : 100,00EUR without tax
119,00EUR including tax

Mask Sabre

Price : 100,42EUR without tax
119,50EUR including tax


Price : 231,09EUR without tax
275,00EUR including tax


Combi glove (grey/red) for foil and epee, washable

Price : 20,17EUR without tax
24,00EUR including tax

Allstar sabre glove (grey/red), washable

Price : 20,17EUR without tax
24,00EUR including tax

fencing jacket FIE Athen 800 N women.

Price : 115,13EUR without tax
137,00EUR including tax


fencing jacket FIE Athen, men800N all over. With elastic inlets for perfect comfort.For all weapons.

Price : 115,13EUR without tax
137,00EUR including tax

fencing breeches FIE "Athen" women, 800N all over. With elastic inlets for perfect comfort. For all weapons.

Price : 72,27EUR without tax
86,00EUR including tax

FIE-breeches for men "Startex"800N, made of strongestfull-stretch fabric, single layer material. For all weapons.

Price : 126,05EUR without tax
150,00EUR including tax

adidas fencing shoes "d'Artagnan"phase-out model

Price : 46,22EUR without tax
55,00EUR including tax

Fencing stockings allstar "Special"

Price : 6,72EUR without tax
8,00EUR including tax

Electric foil compl. withallstar-Super blade blue,with pistol grip

Price : 54,74EUR without tax
65,14EUR including tax

Electric foil completeFIE-Maraging blade FS,with pistol grip
Price : 86,55EUR without tax
102,99EUR including tax
NB : Maraging blade merupakan blade yang sangat bagus.

Electric epee completeFIE-Maraging Super BF blue,with pistol grip

Price : 108,40EUR without tax
129,00EUR including tax

yang biasa Electric epee cpl. "Allstar",with pistol grip
Price : 51,26EUR without tax
61,00EUR including tax

Yang biasa Electric sabre cpl.allstar ECO

Price : 42,02EUR without tax
50,00EUR including tax


Electric sabre cpl.FIE Maraging blade Super "BF"
Price : 89,50EUR without tax
106,51EUR including tax

NB : Sebenarnya untuk kejuaraan kelas Dunia spt Olimpiade, kejuaraan Dunia, dll sudah menggunakan wireless jadi tidak ada lagi kabel yang menarik dibelakang pemain. tapi itu pun menggunakan recording board yang khusus dan sensor pada pedang dan masker yang khusus juga, yang harganya lebih dari yang menggunakan kabel.

berikut pricelist yang buat wireless
Sensor, cable and fixation

Price : 378,15EUR without tax
450,00EUR including tax

Recharging Unit (2 channels) "Wireless 2000"

Price : 159,66EUR without tax
190,00EUR including tax

Recharging Unit (10 channels) "Wireless 2000"

Price : 695,00EUR without tax
827,05EUR including tax

"Wireless 2000 Foil" Starter Set Complete set for one fencer for wireless foil fencing

Price : 1.000,00EUR without tax
1.190,00EUR including tax

"Wireless 2000" Sabre/Personal Equipment

Price : 1.000,00EUR without tax
1.190,00EUR including tax

Weeeewww..!! sungguh olahraga yang mahal bukan

untuk buatan lain selain allstar masih banyak lagi salah satunya http://www.leonpaul.com/ cek aja disitu. leon paul sendiri buatan Inggris
Unit 14 Garrick Industrial Centre, Irving Way, Hendon, London, NW9 6AQ
Tel: 0845 388 8132
International Tel: 0044 20 8201 7284
Fax: 0044 20 8201 7302
Email: sales@leonpaul.com
The Leon Paul Office opening hours are :
Monday to Friday 9.00am - 5.00pm
The Leon Paul Shop opening hours are :
Monday to Friday 9.00 - 5.00
Saturday 10.00 - 3.00
ikut nge-rame.in gan,,
ane Deonisius dari Blitar, Jatim.. tergabung dalam Patria Fencing Club,, tapi sayang di tinggal pelatih ane ke Beijing(beasiswa anggar,, 1 negara 1 orang)
Dulu gw sempet ikutan Anggar waktu SMP kelas 1 ..
Masih tahap latihan selama 2 bulan, setelah itu vakum hingga sekarang, masalahnya udah gak ada yang ikut lagi
akhirnya pisah sama Anggar deh ..

Selaen faktor tersebut, didukung oleh mahalnya peralatan membuat saya jadi vakum ..

btw, atas ane sama kotanya
gw juga dari Blitar kok
Quote:Original Posted By kingzxanderz94
Dulu gw sempet ikutan Anggar waktu SMP kelas 1 ..
Masih tahap latihan selama 2 bulan, setelah itu vakum hingga sekarang, masalahnya udah gak ada yang ikut lagi
akhirnya pisah sama Anggar deh ..

Selaen faktor tersebut, didukung oleh mahalnya peralatan membuat saya jadi vakum ..

btw, atas ane sama kotanya
gw juga dari Blitar kok




wduuh ko smpe vakum yah..ane jg dlu smpet mau brenti wkt SMP tp gag jd krn kayaknya anggar unik..gda olah raga yg keren gni. yaudh ane trusin drpd gag da kegiatan olah raga..ga brp lama ane diajak ikut kejurnas deh. dlu pertama kali di Sukabumi th 2002.
udh tu mpe skarang gag pernah brenti.
iyah emg alat2ntyamahal uy..tp nabung dkit N kbeli jg.
klo pas lagi kejuaraan dikasih pinjem ko sama pengcab. klo patah yaudh ga dsruh ganti, krn dipake buat latihan.
wduuh ko smpe vakum yah..ane jg dlu smpet mau brenti wkt SMP tp gag jd krn kayaknya anggar unik..gda olah raga yg keren gni. yaudh ane trusin drpd gag da kegiatan olah raga..ga brp lama ane diajak ikut kejurnas deh. dlu pertama kali di Sukabumi th 2002.
udh tu mpe skarang gag pernah brenti.
iyah emg alat2ntyamahal uy..tp nabung dkit N kbeli jg.
klo pas lagi kejuaraan dikasih pinjem ko sama pengcab. klo patah yaudh ga dsruh ganti, krn dipake buat latihan.
Quote:Original Posted By gilangoranganeh
wduuh ko smpe vakum yah..ane jg dlu smpet mau brenti wkt SMP tp gag jd krn kayaknya anggar unik..gda olah raga yg keren gni. yaudh ane trusin drpd gag da kegiatan olah raga..ga brp lama ane diajak ikut kejurnas deh. dlu pertama kali di Sukabumi th 2002.
udh tu mpe skarang gag pernah brenti.
iyah emg alat2ntyamahal uy..tp nabung dkit N kbeli jg.
klo pas lagi kejuaraan dikasih pinjem ko sama pengcab. klo patah yaudh ga dsruh ganti, krn dipake buat latihan.


sampai sekarang masih vakum,
masalahnya gak tahu dimana mau latihannya

mau tanya agan diatas gw td, maklum gw sekota

gw mikirnya ini olahraga unik, bisa untuk mempersehat diri dan melindungi diri
tp gw dulu aja pas masih nyubi dalam ginian aja disuruh beli baju sama pedangnya

sekarang masih kelas 2 SMA kok
Quote:Original Posted By kingzxanderz94
sampai sekarang masih vakum,
masalahnya gak tahu dimana mau latihannya

mau tanya agan diatas gw td, maklum gw sekota

gw mikirnya ini olahraga unik, bisa untuk mempersehat diri dan melindungi diri
tp gw dulu aja pas masih nyubi dalam ginian aja disuruh beli baju sama pedangnya

sekarang masih kelas 2 SMA kok


wah masa br nyubi udh dsuruh bli gtuannya,,

gw dlu gag gt,,yg pnting latian dasar aja dlu..klo mo tanding br deh bli bajuna,,klo snjata biasanya dipinjemin sm pengcabnya..
lumayan lha harga pedang sekitar 600rb bajunya 250rb..mahalll
sukses deh klo msh kepengen latiannya..coz olah raga yg jarang,,pemainnya msh sedikit di Indonesia. persaingannya pun bgtu

kejuaraan anggar

Saya Ahmad dari kabupaten bogor. Ada yang tau kejuaraan2 yang bakal diselenggarain ge k depan? ada yang mau latihan bareng?
Quote:Original Posted By muharria
Saya Ahmad dari kabupaten bogor. Ada yang tau kejuaraan2 yang bakal diselenggarain ge k depan? ada yang mau latihan bareng?


lha kita kmaren ketemu gag yah wkt PORDA Jabar.??
gw gilang dr kota bandung..
katanya sih ntr habis lebaran ada Kejurbar seleksi buat Kejurnas..
mungkin kejurbar bulan Oktober trs kejurnas bulan November.

udh gt jg klo gag salah Oktober bakal ada sirnas (Sirkuit Nasional)
klo boleh nanya ke agan2 sekalian.. klo mo belajar anggar dan ud lumayan berumur masih bisa gk sih? kalo ud masuk 25 tahun termasuk terlambat gk yah?

Quote:Original Posted By zilzil
klo boleh nanya ke agan2 sekalian.. klo mo belajar anggar dan ud lumayan berumur masih bisa gk sih? kalo ud masuk 25 tahun termasuk terlambat gk yah?



blm terlambat sih klo cuma buat sekedar hobi and olah raga mah..
coz butuh kekuatan dan kecepatan yg cukup bgs buat seorang peAnggar.
klo ndak biasa olah raga ntr takutnya malah sakit N pegel2 kakinya.
latihan buat kekuatan N kecepatan kaki aja minimal setaun bisa bgs.
baru udh itu latihan teknik dgn menggunakan pedang.
gk ngerti gan >.<
aduh.. baru bangun

Talking Mizz Fencing

Klo mo info anggar http://www.ikasi.or.id,

Ada anak IKASI Pontianak ngk ??
Klo mo ikutan latihan di PONTIANAK bisa ngk ???

ana dari IKASI SUMSEL

Udah lama bgt Vacuum tapi klo fisik tetap dijaga walau cuma lari2 pagi
Kalo di Bandung, tempat latihannya di mana aja ya, Gan?

Kamus Istilah Dalam Olahraga Anggar

Dalam anggar banyak istilah2 yang diapaki dalam permaianan..
baik yg dipakai wasit ataupun dalam keseharian latihan..

ini linknya gan..
kebanyakan klo ane paste dimari.

Kamus Istilah Dalam Anggar
Quote:Original Posted By chrno_seryuu
Kalo di Bandung, tempat latihannya di mana aja ya, Gan?


kalo pusatnya dikampus lama FPOK UPI yg di Cicaheum seberang Surapaticore,,trs ada di SMP N 5 yg dijalan Sumatra..trs ada lagi di GOR Kampus BSI yg di Antapani klo dulu namanya kampus ARS International School bareng sm klub Double O.
Aye sekarang domisili di Bandung, Gan..
Bisa kasih info tentang anggar ga'..??
Everything..
Aye tertarik ama ni olahraga..
Cool kayaknya..
Tapi, sayangnya aye ga' tau sama sekali tentang ni olahraga..
Thanks, Gan..
kira2 butuh budget berapa utk membeli seperangkat alat anggar ya?
wah ane pengen nyoba ntu olahraga, kyknya asik gan.
Lumayan kan, ane jarang bgt olahraga.
Tp emang anggar olahraga mahal ya gan?
×