KASKUS

Kacer (copsychus saularis)

Memilih Kacer yang Bagus & Perawatannya





1.\tMemilih Anakan Kacer & Membedakan AK Jantan – Betina
Untuk mendapatkan AK yang berkelamin jantan, ada beberapa kriteria yang bisa dijadikan patokan. Pertama, pilihlah AK yang matanya besar dan menonjol. Patokan kedua adalah dengan mengamati cara AK berdiri. Pilih yang berdiri dengan tegak. Ketiga, carilah AK yang bentuk paruhnya tebal dan lancip seperti bentuk buah belimbing (AK seperti ini diyakini mempunyai suara yang keras). Keempat, sebaiknya cari body AK yang bentuknya panjang. dan bentuk kepala datar (papak). Kelima, warna bulu. AK yang berkelamin jantan diyakini mempunyai warna yang lebih tegas dan gelap dibanding warna bulu pada betina. Terakhir, kalau kita sudah terbiasa melihat dan membandingkan AK jantan dengan AK betina, maka akan terlihat dengan jelas bahwa body AK betina cenderung bulat (dari bagian antara leher dengan dada hingga perut membentuk huruf “C”) sedangkan AK jantan lebih rata. Satu hal lagi berdasarkan pengalaman saya, carilah AK yang warna bulu putih dikedua pipinya lebih sedikit. AK seperti ini biasanya mental tempurnya lebih bagus. Semua criteria diatas hanya berlaku untuk AK yang belum bunyi, baik ngeriwik maupun ngeplong.

2.\tTips Dasar Perawatan Burung

\tBagi yang sering online di web [url]www.kicaumania.org[/url] tentu tidak asing dengan pertanyaan berikut jika ada burung rekannya yang moncer di arena lomba, “share dong perawatannya”. Lantas rekan yang burungnya moncer pun membeberkan “rahasia” perawatan burungnya hingga bisa berjaya di arena lomba. Syukur kalau ada yang menjelaskannya secara detail. Yang sering terjadi adalah jawaban klasik berupa mandi, jemur dan pemberian EF (Extra Fooding) secara teratur
\tPertanyaannya, apakah dengan dibongkarnya rahasia perawatan sang juara lantas burung kita bisa ikut-ikutan moncer jika rahasia tersebut diterapkan ke “jagoan” kita? Jawabannya bisa ya bisa tidak. Mengapa demikian? Jawabannya adalah setiap burung mempunyai karakter, suara, gaya, dan tingkat kecerdasan yang berbeda. Sepertinya hampir semua penghobi burung sudah mengetahui akan hal tersebut. Lantas, kira-kira perawatan seperti apa yang cocok untuk jagoan kita supaya bisa moncer dilapangan ? Faktor apa saja yang menjadi penentu? Sedikit tips berikut mungkin bisa berguna dalam memelihara burung sehingga diharapkan kita memiliki dasar dalam merawat “jagoan” kita.

3.\tTips Bila Kacer Anda Terlalu Birahi
\tMenurut para pakar Burung Kacer bahwa Kacer yang terlalu birahi akan mengurangi penampilannya ketika di lomba. Ciri-ciri Kacer yang terlalu birahi yaitu sering bergerak ke samping sangkar sambil mematuki sangkar atau biasanya bertingkah tapi tidak mengoceh sama sekali.

Pada burung Kacer yang terlalu birahi jangan diberikan extra fooding jangkrik karena pemberian kroto saja sudah dirasakan cukup. Kroto banyak mengandung protein atau zat yang meningkatkan hormon progesteron dan estrogen yaitu hormon dalam tubuh yang mampu memacu birahi burung tersebut.

Tips untuk mengurangi birahi pada Kacer kesayangan Anda yaitu dengan merubah pola perawatan terutama dalam hal pemberian pakan. Cobalah tips ini : Mulai hari senin sampai dengan hari jum’at berilah voer yang berkualitas merk boleh apa saja. Kemudian menjelang lomba berika menu khusus yaitu kroto. Jika penampilannya masih tetap membandel cukup dibalik saja yaitu : senin hingga jum’at berikan kroto secukupnya kemudian menjelang lomba atau latihan berilah voer berkualitas. Biasanya cara ini cukup manjur dan sudah banyak terbukti oleh para mania kacer.

Dalam kasus seperti ini proses penjemuran tidak terlalu berpengaruh. Jadi untuk penjemuran waktunya biasa saja (tetap)

Mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menjadi masukan untuk Anda khususnya kicau mania yang memiliki burung Kacer.

4.\tMempersiapkan Kacer Untuk Lomba
\tDisamping pemberian pakan utama dan pakan tambahan seperti Voer dan Extra Fooding(jangkrik,ulat hongkong,ulat bambu), pemberian multivitamin dan mineral juga sangat penting. Vitamin dan mineral dibutuhkan dalam skala sangat kecil sekali, tetapi apabila kebutuhan akan hal ini tidak terpenuhi, akan berakibat fatal; Misalnya: gampang terserang penyakit, kelumpuhan, sakit yang berkepanjangan dan menyebabkan kelainan yang menyimpang.
\tPilihlah multivitamin dan mineral yang memang sudah di format dan dikemas khusus untuk burung.
\tBerikan dosisnya secara tepat dan bijaksana kepada burung secara rutin pada setiap interval waktu tertentu.
\tKita sering mendengar istilah "stelan" dalam pola perawatan dan pakan burung berkicau, stelan disini bisa kita analogikan seperti kita meng-adjust karburator sepeda motor milik kita. Agar karburator sepeda motor tersebut dapat berfungsi secara optimal, diperlukan pasokan bensin, pengapian pada busi dan udara pada ruang bakar yang seimbang.
\tApabila stelan ketiga unsur tadi bisa tepat dan seimbang, maka karburator tersebut akan bekerja secara optimal. Kembali kedunia burung berkicau, kita bisa mengibaratkan pakan utama dan extra fooding (EF) adalah bensin, mandi adalah udara dan pengapiannya adalah jemur dan pengumbaran. Maka dari itu, kenali dan pahamilah tipe karburator (burung milik anda) agar bisa menyetelnya menjadi optimal dengan mudah. (sumber hasil Copas)

"Agan2 yg punya burung Kacer Poci/dada putih, yuk...kita sharing informasi mengenai kacer dan segala permasalahannya.
Thx For Sharing
wow..makasih tipsnya gan..!!..btw picnya kacer koci ya..?bagus mana ma yang hitam ?
berguna bnget sharing nya, utk hrga psaran skrng anakan kira2 brp gan..
Quote:Original Posted By raiku
wow..makasih tipsnya gan..!!..btw picnya kacer koci ya..?bagus mana ma yang hitam ?


Relatif gan.. katanya kacer poci suaranya lebih variatif.. tipsnya ane juga hasil copas gan semoga bermanfaat..
Quote:Original Posted By kamver
berguna bnget sharing nya, utk hrga psaran skrng anakan kira2 brp gan..


Ane juga pemula gan...memelihara kacer, lagi ngumpulin info2 tentang burung, Harga bervariasi gan tergantung negonya aja.... ane beli bahan belum jadi yg Pertama 175k di PB Pramuka Ekor full dan yg ke 2 di kios pinggir jalan 130k lg dorong ekor, dan sekarang 22nya dah mulai rajin bunyi
Quote:Original Posted By raiku
wow..makasih tipsnya gan..!!..btw picnya kacer koci ya..?bagus mana ma yang hitam ?


kalo suara bagus yg putih gan...suara nya mantab,bising...kl yg item bagus gaya nya kl pas tarung....sekedar info gan,hehehehe
gan, ane punya kacer, persis pic yg diatas.. beli di tukang burung pinggir jalan 250k tapi dah rajin bunyi.. hehe
mau tanya nih.. kan ada kandang khusus yg buat mandiin tuh.. mandiinnya harus setiap hari ga? sama kapan waktu mandiinya..? jemur kapan ya.. hehehe
thx buat inpo nya
Quote:Original Posted By restricted.area
gan, ane punya kacer, persis pic yg diatas.. beli di tukang burung pinggir jalan 250k tapi dah rajin bunyi.. hehe
mau tanya nih.. kan ada kandang khusus yg buat mandiin tuh.. mandiinnya harus setiap hari ga? sama kapan waktu mandiinya..? jemur kapan ya.. hehehe
thx buat inpo nya


ane bantu jawab ya gan,mandiin nya tiap hari gan tp kl bisa malem biar burung nya makin jadi....jemur nya kira2 dari jam 7 sampe jam 9 aja gan....
ikutan nyimak ahh, karna ane juga punya satu dirumah, kbetulan lagi mabung...hehehe
Quote:Original Posted By coponco
ikutan nyimak ahh, karna ane juga punya satu dirumah, kbetulan lagi mabung...hehehe


di master gan,biar tmbah moncer....
Thanks atas sharingannya bro,..
BTW gimana klo kondisi kacer kita mbagong ???
adakah solusinya???
Quote:Original Posted By triambodo
Thanks atas sharingannya bro,..
BTW gimana klo kondisi kacer kita mbagong ???
adakah solusinya???


ane bantu jawab (lagi) yah....hehehehe

kata org2 sih,biasa nya kurangin jangkrik nya trus mandiin nya malem...jauhin dr suara burung sejenis,maap kalo salah.
Quote:Original Posted By thedmnk
ane bantu jawab (lagi) yah....hehehehe

kata org2 sih,biasa nya kurangin jangkrik nya trus mandiin nya malem...jauhin dr suara burung sejenis,maap kalo salah.


Thanks bro jawabannya
sekarang ane masih blom piara kacer, maklum kacer yang dulu mati (
pengennya sih nyari lagi cuman kondisi dompet masih tidak memungkinkan
Quote:Original Posted By thedmnk
ane bantu jawab ya gan,mandiin nya tiap hari gan tp kl bisa malem biar burung nya makin jadi....jemur nya kira2 dari jam 7 sampe jam 9 aja gan....


Cuman nambahin aja,..
Biasanya burung kan mandi sendiri di alam liar,..
klo agan sibuk dan g sempat mandikan, mending kasih tempat aer yang besar aja,..
biar klo dia pengen mandi langsung mandi sendiri,..
g perlu capek2 kita bli kandang khusus buat mandi dan nungguin dia mandi
ini cuman saran pribadi ane yang cuman kuli dan g sempet memanjakan burung
Quote:Original Posted By triambodo
Cuman nambahin aja,..
Biasanya burung kan mandi sendiri di alam liar,..
klo agan sibuk dan g sempat mandikan, mending kasih tempat aer yang besar aja,..
biar klo dia pengen mandi langsung mandi sendiri,..
g perlu capek2 kita bli kandang khusus buat mandi dan nungguin dia mandi
ini cuman saran pribadi ane yang cuman kuli dan g sempet memanjakan burung


Setuju gan, sediain aja cepuk mandi nanti dia akan mandi sendiri dgn sedikit di semprot kebetulan kacer ane begitu karna gak ada waktu, jemurpun hanya hari libur dari pagi s/d jam 10.00 kacer nya pun tipe giras susah jinaknya
Quote:Original Posted By triambodo
Thanks atas sharingannya bro,..
BTW gimana klo kondisi kacer kita mbagong ???
adakah solusinya???


Ane tambahi ya gan coba therapy mandi pasir gan ini menurut para pakar2 kacer, tapi mbagong itu merupakan bagian dari kacer he...he...
kacer jabar sama kacer jatim bagusan mana nih. ane masih nubie jadi ga paham. takut ketepu tukang burung di pasar...
Quote:Original Posted By remake
Ane tambahi ya gan coba therapy mandi pasir gan ini menurut para pakar2 kacer, tapi mbagong itu merupakan bagian dari kacer he...he...


mandi pake pasir beneran tuh gan..??
Quote:Original Posted By thedmnk
ane bantu jawab ya gan,mandiin nya tiap hari gan tp kl bisa malem biar burung nya makin jadi....jemur nya kira2 dari jam 7 sampe jam 9 aja gan....


gan, klo mandi malem biar makin jadi apa ya maksudnya.

Quote:Original Posted By Y451R
kacer jabar sama kacer jatim bagusan mana nih. ane masih nubie jadi ga paham. takut ketepu tukang burung di pasar...


klo soal bagus ya relatif, gan, klo kacer/kc jabar setau ane sih untuk lomba2 lebih dominan, tp klo kacer jatim agak sedikit. klo dari harga kc jatim lebih mahal.

Quote:Original Posted By Y451R
mandi pake pasir beneran tuh gan..??


iya, gan, pake pasir. pake tempat mandi yg biasa dipake buat mandi keramba cuma di isi pake pasir halus, nanti si kc akan turun ke pasir, mandi pasir.
×