KASKUS

7 Tempat Makan Yang Menyediakan Menu Kuno Di Jakarta

7 Tempat Makan yang menyajikan Menu Kuno – Di Jakarta
Misi, Numpang Nge-trhead ya Gan / Gan wati
ane cuma mau sering aj, tempat-2 yang menyediakan Racikan bumbu berumur ratusan tahun dan kesan jadulnya mengundang misteri.
ane cuba tampilin 7 tempat makan yang menyediakan menu kuno di Jakarta dan sekitarnya, ane sengaja bikin 7 karena ingat pristiwa G.30S/PKI (ada 7 Jenderal) juga ingat 7 lapis langit, 7 keajaiban dunia dll.


Dan ciri khas masakan restoran kuno ini adalah mereka tidak menggunakan MSG (Monosodium Glutomat) bahan yang banyak terkandung dalam penyedap buatan. Karena resep ini telah turun temurun sudah ada sebelum penyedap ditemukan, sehingga menu restoran ini, benar-benar seni kuliner yang tinggi.
Di Jakarta saja ada lebih dari 100 resto menyuguhkan menu-menu masakan tempo dulu. Suasana restoran biasanya diperkuat dengan hadirnya bangunan dan desain interior khusus mengukuhkan kesan zaman baheula. Beberapa di antaranya sengaja menempati bangunan peninggalan Belanda atau rumah tradisional. Ada juga resto yang memadukan ruang mengilat di mal dengan racikan masakan berumur ratusan tahun silam.
Pilihan tempat makan bermenu atau bersuasana kuno, adalah sebagai berikut:

1.\tChicken Master
Restoran ini menyuguhkan menu utama Ayam si Pengemis yang menjadi kesukaan raja-raja Tiongkok. Makanan hanya dimasak sesaat setelah dipesan. Makanya, restoran ini tidak melayani pembatalan pesanan. Penyedap rasa pun menjadi barang haram. Martono, pemilik Chicken Master, menjamin ayam dimasak hanya memakai tepung ayam dan kaldu ayam untuk memperkaya rasa.
”Kami mencoba menghadirkan masakan yang sehat. Selain tanpa MSG, kami juga memastikan ayam yang dimasak adalah ayam kampung agar daging tidak amis,” ucap Martono.
Alamat: Grand Indonesia West Mall, Lt. 5 Jl. M.H. Thamrin No. 1 – Jakarta Pusat.
Buka Jam: 11.00 wib s/d 20.00 wib
Telp : (021) 2375-8708
Harga :



2.\tHuize Trivelli Heritage Resto and Pattisier
Adalah tempat yang tepat untuk para penikmat hidangan original masakan Tempo Doeloe. Dalam klasiknya suasana Laan Trivelli (LAAN TRIVELLI adalah nama sebuah jalan panjang di era kolonial dahulu. Jalan yang membentang dari Jalan Abdul Muis menyeberangi Kali Tjideng dan berakhir di Jalan Batanghari-Tulang Bawang ini sekarang kita kenal dengan nama JALAN TANAH ABANG DUA.) anda dapat menikmati keunikan serta kelezatan kulinari yang dari generasi ke generasi tertulis di resep tradisi keluarga HUIZE TRIVELLI. Selain kelezatannya, semua hidangan, minuman, serta panganan di HUIZE TRIVELLI hanya dibuat dari bahan-bahan berkualitas tanpa pengawet.
Alamat : Jalan Tanah Abang Dua 108. Jakarta 10150 Tel./Fax.: 021 3865803 / 3510467
Jam Buka:
Senin s/d Jumat Jam 11.00 wib s/d 19.00
Sabtu Jam: 10.00 wib s/d 21.00 wib (minggu tutup)
Harga


3.\tRestoran Samarra
Bangunan dan pernik-pernik dari resto ini diinspirasi oleh kota tua di tepi sungai Tigris sekarang Irak, Kata Samarra diambil dari nama Ibukota adalah Ibukota Irak pada tahun 836 Masehi. Keindahan-keindahan dari Jasirah sepanjang Mesopotamia, Syriana dan Persia inilah yang berusaha ditampilkan di sini oleh Restoran ini. Tentu dengan rasa kagum yang tak terkira dan berharap agar keindahan budaya di kota tua Samarra itu akan bertahan sepanjang masa. Meski bergaya Timur Tengah, menu-menu yang disuguhkan didominasi masakan Jawa dan Bali, dengan menu andalan, Pasar Sate, Salad Lobster Dingin, Kambing Panggang Suku Bedouin, Kambing Guling Ramuan Timur Tengah, Ayam Muda Panggang Gurih dan Kare Tahu Terong
Alamat : Jl. Kebon Sirih Raya 77, Cikini, Jakarta Pusat
telp: (021) 391-8690 / 7088-3366.
Buka: setiap hari Jam 11.00 wib s/d 01.00 wib
Harga Mulai dari Rp32.000.- s/d 185.000.-

4.\tRestoran Oasis
masih di sekitar Cikini, yang menyuguhkan rijsttafel, yaitu hidangan menu set dengan bermacam jenis masakan Indonesia. Misalnya Soto buntut ala Betawi, Ayam Bakar Krawang, Rawon Kikil dengan Cak-kwe, Sate Remes ala Jawa
Alamat: Jalan Raden Saleh 47. Cikini, Jakarta Pusat.
Tel : 3150646
Buka jam :
Senin s/d Sabtu Jam 11.00 wib s/d 23.30 wib (minggu tutup)
Harga mulai : 325.000 (Set)


5.\tRestoran Warong Shanghai Blue 1920
Berlokasi di daerah Kebon Sirih – Jakarta Pusat yang dibangun untuk mengenang Warong Shanghai Sunda Kelapa dan pendirinya seorang perempuan Betawi, Empok Siti Djaenab. Empok Siti seumur hidupnya mengabdikan diri mengembangkan tempat makan itu bersama suaminya yang keturunan China. Mudah ditebak, di resto ini masakan China dan Indonesia, yaitu Betawi, Jawa, bermacam mi, dan masakan vegetarian, menjadi sajian utama.
Alamat: Kebon Sirih Raya 79, Jakarta telp: (021) 391-8690 / (021) 7088-3366
Buka: setiap hari Jam 11.00 wib s/d 01.00 wib
Harga mulai dari Rp 80.000 s/d 300.000.-


6.\tSego Pring
Indonesia dari jaman dahulu memang sudah terkenal dan sekaligus menjadi pusat makanan berbasis Bambu, sebut saja Lemang dari Sumatra Barat, Nasi Jaha dari Sulawesi Utara dan Kue Putu Bambu Khas Medan. Dan satu lagi menu yang hampir punah adalah Sego Pring (Sego = Nasi, Pring = Bambu), dinamakan demikian, karena memang nasi-nya dimasak didalam bambu, masakan kuno ini sudah susah ditemukan dijaman sekarang, walaupun di kota asal-nya, Jogjakarta. Namun jangan kuatir, bagi anda yang ingin menikmati santapan lezat ini, Anda dapat langsung meluncur ke lokasi yang tepatnya berada di Emperan kaki lima pasar bintaro sektor 2. anda dapat menikmati menu-menu Istimewah seperti ayam goreng dan bebek goreng kremes khas Jogjakarta, ayam bakar, bebek bebek bakar, belut goreng dan belut bakar, Udang dan aneka ikan goreng dan Bakar. Untuk minum-nya tersedia beras kencur, kuncit asam, Teh dan Jeruk. Sedangkan untuk air putih, setiap pengunjung yang datang akan dikasih (gratis) Air Kendi, benar-benar mencerminkan suasana Jogjakarta tempo doeloe.
Alamat: di Futsal Camp: JL. R.E. Martadinata No. 19, Ciputat - Tangerang.
Telp. 021-71.474.373
Buka setiap hari Jam: 10.00 wib s/d 22:00 wib
Harga mulai dari Rp. 6.000.- s/d 15.000.-


7.\tRestoran Es Krim Italia Ragusa
Es krim Jl. Veteran memang beda, bedanya adalah di Ragusa di pertahankan resep es krim sejak 75 tahun lalu, mulai dari susu, buah-buahan dan pelangkap lainnya di pilih bahan yg baik sehingga menjadikan Es krim Ragusa ini memiliki cita rasa sendiri.
Alamat: Jl. Veteran I No.10 Jakarta Pusat
Buka setiap hari Jam: 10.00 wib s/d 20:00 wib
Harga mulai Dari Rp 8.000.- s/d Rp.35.000.-


demikian dulu ya gan..kalo ane salah jangan di ya gan, ane jadi mudahan ane dapat
mantab, ane pernah makan ragusa doank gan, enak
keren... nice info gan

Boleh Dicoba

wah kalo gitu, wajib di coba tuch gan..! apa lagi Resto No. 1, unik banget..! ayam-nya dimasak didalam tanah liat. ntar kalo kita mau makan, tanah liat-nya dipecahin..! hehehe tapi harganya lumayan..! kalo mau enak tapi mur-mer ya no 2 atau 6 gan..! tapi kalo gak mau yg berat2 ya no. 7..
mluncur ke TKP nya biar ga nyasar liat sini ya gan.... Peta Jalan
Satu lagi Gan... Restaurant Trio... Masakan nya Top banget dah... suasananya juga masih zaman tempo dulu. Berdirinya dari tahun 1947.... (lama amat ya)....... jadi laper.... hehehe
Kalo ane favorit-nya di Eat and Eat Mal Kelapa Gading 5.
Lumayan kerasa suasana tempo dulu-nya
Makanan yg dijual juga mayoritas tradisional.
Fast food gak dijual di sini.
Tapi buat temen-temen yg memperhatikan kehalalan kurang recommended.
Soale piring antara yg pake pork ama yg non pork gak dibedain.
pernah ane gan nyobain ragusa, deket mesjid istiqal
enak gan...
kayaknya menarik tempat itu. hashashas
ragusa tempat hang out terpaporit gua

mantab tenan spaghetii ya
Baru no 7 doank yg gw pernah incipin
nah kl yg ragussa tuh bner oldies gan
baru baca nih review... meluncur dl deh k nomor 7. hehehe...
yang chicken master harganya berapaan ya .. kok ga ditulis ?
ragusa kek gimana sih gan?


Nitip lapak ya gan
Rahasia dibalik label NON MSG [Yang pengen sehat masuk]
Nice Info. . .
mau info gan huize trivelli udh pindah tempat....nanti kl pas g lewat g liatin deh alamt barunya
Satu-satunya tempat yang ane tau cuma Ragusa, tapi belom pernah nyobain es nya juga
Kalo bisa, tambahin gambar resto n beberapa makanan yang disajikan di situ gan...
kalau di Oasis, seorang makan aja bisa habis juta-an Rp. tuch gan ....
wah,, walo menu nya tempo doeloe tp keliatannya harganya modern ya gan
×