sore gan.. ban depan ane kiri kanan agak botak.. ane liat yg lama merknya brigestone 175/70/R13

barusan tanya-tanya dapet harga

- brigestone 465k
- archiles 335k
- dunlop 345k

pas tanya merk GT si penjual ga nyaranin soalnya kata dia GT terlalu keras.. bagusan mana ya archilles ama dunlop gan ??
Quote:Original Posted By r34k51
sore gan.. ban depan ane kiri kanan agak botak.. ane liat yg lama merknya brigestone 175/70/R13

barusan tanya-tanya dapet harga

- brigestone 465k
- archiles 335k
- dunlop 345k

pas tanya merk GT si penjual ga nyaranin soalnya kata dia GT terlalu keras.. bagusan mana ya archilles ama dunlop gan ??


kalo ditanya kualitas ane vote dunlop gan, soalnya ane pake, yaah lumayan ngegrip lahh
Quote:Original Posted By Airtaz
memang gan harganya itu bikin kantong cekak, tapi kuat banget jadi ane ga ngerasa rugi. apalagi buat bus. heheh...

tapi ane bingung neh, gerobakz ane susah banget staternya. padahal baru kemarin dipake langsung tekor....\t trus ane coba ganti aki seharga 600-700ribu kalo gak salah, cuma ga ada perubahan. butuh solusi neh....\t
estimasi ane sih : ada listrik yang bocor, ga tau kepake buat apa... cara nyelidikinnya bingung...\t


coba bantu ya.. utk cek apakah ada listrik yg jalan trus: kabel di kutub + aki dilepas, kemudian coba di laga/dekatin dikit2 ke + aki, kalo ada percikan api berarti benar ada konsumsi listrik. (kunci kontak dlm posisi OFF ya gan.. )

akinya apa udah dicek beneran tekor? susah hidup mungkin bisa jadi masalah di delco juga.. seperti kasus mobil ane..

Quote:Original Posted By r34k51
sore gan.. ban depan ane kiri kanan agak botak.. ane liat yg lama merknya brigestone 175/70/R13

barusan tanya-tanya dapet harga

- brigestone 465k
- archiles 335k
- dunlop 345k

pas tanya merk GT si penjual ga nyaranin soalnya kata dia GT terlalu keras.. bagusan mana ya archilles ama dunlop gan ??


punya ane depan pake gajah tunggal (GT=gajah tunggal, bener gak ya )
belakang pake bridstone..
kalo dibandingin, depan sudah babak belur (karena gak di sporing langsung dilibas luar kota ), yg belakang BS masih sehat walafiat, bunga juga masih dalam..
Quote:Original Posted By Airtaz
memang gan harganya itu bikin kantong cekak, tapi kuat banget jadi ane ga ngerasa rugi. apalagi buat bus. heheh...

tapi ane bingung neh, gerobakz ane susah banget staternya. padahal baru kemarin dipake langsung tekor....\t trus ane coba ganti aki seharga 600-700ribu kalo gak salah, cuma ga ada perubahan. butuh solusi neh....\t
estimasi ane sih : ada listrik yang bocor, ga tau kepake buat apa... cara nyelidikinnya bingung...\t



Coba bantu jawab yah gan.
Sambil nunggu suhu yg lewat.
Klo masalah susah starter pas mesin dingin coba agan rubah lagi settingan karbunya.
Biasanya settingan buat bensin masih kurang boros.
Dan klo udah berhasil nyala agan setting lagi delconya.
"Klo gak salah rada kekanan dikit." biar mesin bisa T.O.P idlenya dan mengurangi getaran mesin.
Pake Feeling So Good gan pas nyetting Delco. z

Klo kemaren udah dipake zebranya tapi aki enggak ngisi coba agan cek
IC Regulatornya klo gak salah tempatnya ada di bawah aki.
Karena IC Regulator itu berfungsi untuk mengcash aki disaat mobil keadaan hidup.
"ane dah cari2 halaman yg waktu ituh ngebahas IC kok gak ada yah?"
Klo tips ngecek kebocoran ada di ane gan

Klo ini tips mencegah aki drop.
Klo ada rencana mobil agan gak dipake selama 1 minggu kedepan agan lepas aja kubu + aki.
Fungsinya agar tidak ada arus listrik yg liar yg masuk ke aki.
Dan bisa membuat umur aki lebih awet.

Thumbs up 

malem gan & Suhu 2 ....

Zebra ane 1,3 body astrea , mo tanya kalo mau ganti lampu depan & belakang yang krtistal & sein-nya putih ada ga ya biar mobil ''nampak segar'' ... ato bisa pake lampu punya mobil laen ?
(pernah liat sih di ganti punya kijang krista tp kebannyakan angkot yang pake ..)

kasih saranya .......
Matur Nuwun
gan ane mau nanya, kalo zebra tuh yang sudah injection yg tipe apa dan mulai tahun brp? thanks yah gan
Quote:Original Posted By musthard
gan ane mau nanya, kalo zebra tuh yang sudah injection yg tipe apa dan mulai tahun brp? thanks yah gan


1995 – 1999
Untuk tipe keluaran tahun ini ada tipe standar 1300cc (ZL-9 1.3), velk standar, platina dan ada tipe supervan 1600cc yg pake CDI, ac single, velg racing dan jok beda, lampu depan belakang sama…semua pake karburator san masih dipanggil Zebra Espass.

2000 – 2002
Tipe keluaran tahun ini mulai tipe ZL standar 1300cc, standar, ZX 1600 cc velg racing….ac single. ZSX 1600cc velg racing, jok beda, ac double blower, tahun 2002 ada yg pake injection, terutama tipe ZX dan ZSX…Semua sudah CDI dan lampu depan delakang sama dgn tahun sebelumnya.. .Mulai dipanggil Zebra saja.Tipe ZSX 1.5 merupakan tipe yang paling keren, menggunakan injeksi, pelek alloy, ac dobel.

2003-2007
Untuk tahun ini tersedia mulai tipe ZL extra 1300cc ac single sama seperti tahun sebelumnya dan lampu rem berubah total. ZX dan ZSX 1500cc sama seperti tahun sebelumnya cuma beda lampu belakang dan bumper belakang. Ada tipe ZX9 extra yg pake 1300 dan 1500 cc dan jok tengah bukan jok captain seat. Kalo yg paling enak, dan kalo ada bujet, ambil yg ZSX tahun
termuda dan memang mobilnya mangstab.

source from : 2brk.wordpress.com/tag/tipe-daihatsu-espas-zebra
Quote:Original Posted By hermance
coba bantu ya.. utk cek apakah ada listrik yg jalan trus: kabel di kutub + aki dilepas, kemudian coba di laga/dekatin dikit2 ke + aki, kalo ada percikan api berarti benar ada konsumsi listrik. (kunci kontak dlm posisi OFF ya gan.. )

akinya apa udah dicek beneran tekor? susah hidup mungkin bisa jadi masalah di delco juga.. seperti kasus mobil ane..


thanks ya mas bro, sebenarnya ane udah coba saran mas bro dan memang ada percikan listrik. prediksi ane sih sepertinya ada kabel yang saling sambung, nah itu susah banget nyarinya\t
\t:SATU DI ANTARA SERIBU KABEL\t:

Quote:Original Posted By trio020
Coba bantu jawab yah gan.
Sambil nunggu suhu yg lewat.
Klo masalah susah starter pas mesin dingin coba agan rubah lagi settingan karbunya.
Biasanya settingan buat bensin masih kurang boros.
Dan klo udah berhasil nyala agan setting lagi delconya.
"Klo gak salah rada kekanan dikit." biar mesin bisa T.O.P idlenya dan mengurangi getaran mesin.
Pake Feeling So Good gan pas nyetting Delco. z

Klo kemaren udah dipake zebranya tapi aki enggak ngisi coba agan cek
IC Regulatornya klo gak salah tempatnya ada di bawah aki.
Karena IC Regulator itu berfungsi untuk mengcash aki disaat mobil keadaan hidup.
"ane dah cari2 halaman yg waktu ituh ngebahas IC kok gak ada yah?"
Klo tips ngecek kebocoran ada di ane gan

Klo ini tips mencegah aki drop.
Klo ada rencana mobil agan gak dipake selama 1 minggu kedepan agan lepas aja kubu + aki.
Fungsinya agar tidak ada arus listrik yg liar yg masuk ke aki.
Dan bisa membuat umur aki lebih awet.


karbu juga aneh mas bro, \t karbunya memang sudah banjir sebelum mas bro menyarankan itu, padahal ga disetting banjir. Akibatnya staternya tetap susah meski aki sudah disetrum. Akhirnya ane seka aja bensin yang ngocor (jadi kayak ngelap ingus). ane udah 2 kali servis karbu berturut2 tapi tetap error. duuh BBM tambah boros deh...

Quote:Original Posted By anandika2009
malem gan & Suhu 2 ....

Zebra ane 1,3 body astrea , mo tanya kalo mau ganti lampu depan & belakang yang krtistal & sein-nya putih ada ga ya biar mobil ''nampak segar'' ... ato bisa pake lampu punya mobil laen ?
(pernah liat sih di ganti punya kijang krista tp kebannyakan angkot yang pake ..)

kasih saranya .......
Matur Nuwun


body astrea yang lampu depan kotak bukan mas bro? kalo memang iya, sebenarnya cukup banyak pilihan, kalo ga salah ane pasang universal diamond cut tapi ane lupa mereknya. kalo belakang bisa pake altezzanya kijang super ato pake susu keri 1.0 versi injeksi. kalo ane pake versi variasi zebranya, kebetulan ada di toko favorit ane...
duit masih blom cukup buat ganti ban, jadi sementara bertahan dl ama ban depan yg agak botak sisi luarnya hihihihi

mo laporan ah..

kmaren malem nyempetin mampir ke shop n drive krn dapet fasilitas cek aki gratis abis beli aki gs yang MF kapan hari..

pas di cek ama teknisinya ternyata proses pengisian aki pada saat ac single + lampu nyala aja (radiotape/mp3, ac double dll kondisi mati) cuman 12v lebih dikit baik kondisi stationer or kisaran 2000 rpm) padahal normalnya di kisaran 13v - 14v..

hasil analisanya : terjadi kebocoran arus krn kabel dah usang or alternator dah lemah

saran :
- ngurutin kabel cari sumber kebocoran arus
- dibawa ke tukang alternator untuk cek n serpis alternator

mohon masukannya suhu n para agan supaya mobil ane bisa sehat lg
Quote:Original Posted By Airtaz
thanks ya mas bro, sebenarnya ane udah coba saran mas bro dan memang ada percikan listrik. prediksi ane sih sepertinya ada kabel yang saling sambung, nah itu susah banget nyarinya\t
\t:SATU DI ANTARA SERIBU KABEL\t:



karbu juga aneh mas bro, \t karbunya memang sudah banjir sebelum mas bro menyarankan itu, padahal ga disetting banjir. Akibatnya staternya tetap susah meski aki sudah disetrum. Akhirnya ane seka aja bensin yang ngocor (jadi kayak ngelap ingus). ane udah 2 kali servis karbu berturut2 tapi tetap error. duuh BBM tambah boros deh...



body astrea yang lampu depan kotak bukan mas bro? kalo memang iya, sebenarnya cukup banyak pilihan, kalo ga salah ane pasang universal diamond cut tapi ane lupa mereknya. kalo belakang bisa pake altezzanya kijang super ato pake susu keri 1.0 versi injeksi. kalo ane pake versi variasi zebranya, kebetulan ada di toko favorit ane...


Waduh... Bensinnya sampe ngerembes ke luar gan?
Mudah2an ada suhu yg bisa jawab.
Coz ane gak ngerti klo masalahnya kaya gitu.
Duduk dulu ah...
Nungguin penjelasan dari suhu.

Bener sekali gan zebra astrea ada yg lampu depannya kotak ada juga yg udah nyambung lampu depannya.
Nah... Klo lampu belakangnya diganti apakah gak beda gan dudukan breaketnya?
Klo ganti lampu belakang kisaran harganya berapa gan?
Coz ane juga kepengen ganti biar zeby ane terlihat lebih seger.

Quote:Original Posted By r34k51
duit masih blom cukup buat ganti ban, jadi sementara bertahan dl ama ban depan yg agak botak sisi luarnya hihihihi

mo laporan ah..

kmaren malem nyempetin mampir ke shop n drive krn dapet fasilitas cek aki gratis abis beli aki gs yang MF kapan hari..

pas di cek ama teknisinya ternyata proses pengisian aki pada saat ac single + lampu nyala aja (radiotape/mp3, ac double dll kondisi mati) cuman 12v lebih dikit baik kondisi stationer or kisaran 2000 rpm) padahal normalnya di kisaran 13v - 14v..

hasil analisanya : terjadi kebocoran arus krn kabel dah usang or alternator dah lemah

saran :
- ngurutin kabel cari sumber kebocoran arus
- dibawa ke tukang alternator untuk cek n serpis alternator

mohon masukannya suhu n para agan supaya mobil ane bisa sehat lg


Sedikit info gan.
Harga buat ngurutin kabel dari depan sampe belakang bisa sampe 1,5jt bisa kurang bisa lebih tergantung toko.
Tp itu sekalian dengan mengganti semua kabel2 body dari depan mobil sampe belakang mobil.
* Curhatan tetangga ane yg pernah ngurut kabel body.
Sekalian nanya ah... Alternator itu bukannya salah satu komponen yg ada di dalam aki yah?


zebra ane kok jadi makin susah distarter ya sehabis pakai AC?? padahal coil sudah ganti lagi pake denso harga 300k. apa CDI nya kurang bagus ya? (CDI nya buatan taiwan )
tanya gan...(nanya terus ga pernah bantuin jawab )

sabtu kemarin pas bw espass ane keluar stir kerasa agak berat gan...ah mgkn karna kurang angin aja (dugaan ane gtu gan,tp blm ta cb tambah angin )..

trus td pagi keluar lg makin terasa stir tambah berat,rasanya klo belok ky kurang halus gtu...trus ta cb tambah angin..(4 roda tp tekanan ga tau diisi aja ma tukang ban)...cb jalan lg kok masih terasa meski dah bkurang beratnya...

msh penasaran ta cb tambah angin lg yg ban depan...trus dcek ma tukang ban ktnya tekanannya 34...(ban ane 195/65R14)

ane minta tambahin lg...akhirnya mpe 40 tekanannya

cb bw jalan lg dah lumayan ringan stirnya...cm msh krasa dikit ky ga smooth klo gerakin stir/ban...

karena ane msh nubie neh gan jd khawatir terus klo da yg aneh ma boil ane...

mohon pencerahan gan...THANX banget
Quote:Original Posted By barox47
tanya gan...(nanya terus ga pernah bantuin jawab )

sabtu kemarin pas bw espass ane keluar stir kerasa agak berat gan...ah mgkn karna kurang angin aja (dugaan ane gtu gan,tp blm ta cb tambah angin )..

trus td pagi keluar lg makin terasa stir tambah berat,rasanya klo belok ky kurang halus gtu...trus ta cb tambah angin..(4 roda tp tekanan ga tau diisi aja ma tukang ban)...cb jalan lg kok masih terasa meski dah bkurang beratnya...

msh penasaran ta cb tambah angin lg yg ban depan...trus dcek ma tukang ban ktnya tekanannya 34...(ban ane 195/65R14)

ane minta tambahin lg...akhirnya mpe 40 tekanannya

cb bw jalan lg dah lumayan ringan stirnya...cm msh krasa dikit ky ga smooth klo gerakin stir/ban...

karena ane msh nubie neh gan jd khawatir terus klo da yg aneh ma boil ane...

mohon pencerahan gan...THANX banget


kalo pengalaman ane punya mobil pertamax, jadi kagak ngerti sporing2. dipake juga setaon lebih baru dicoba2 sporing, eh ternyata hasilnya muter stir jd enteng banget.seperti udah pake power steering..
Quote:Original Posted By hermance
zebra ane kok jadi makin susah distarter ya sehabis pakai AC?? padahal coil sudah ganti lagi pake denso harga 300k. apa CDI nya kurang bagus ya? (CDI nya buatan taiwan )



blowernya single apa double?
fan kondensornya ada berapa?
thermostat AC berfungsi nggak? (thermostat AC = pengatur suhu dingin sebelah switch blower)

kalo menurut ane konsumsi arus buat AC terlalu tinggi, atau bisa juga kapasitas ampere di alternator/regulator nya kurang.

atau bisa juga masalah thermostat/pengatur suhu tidak berkerja. seharusnya pada suhu yg di inginkan sudah tercapai, kopling kompresor akan mati dan kipas kondensor ikut mati juga.

coba di setting rpm mesin min 1000rpm bila ac nyala, supaya putaran alternator menghasilkan ampere yg dibutuhkan
Quote:Original Posted By barox47
tanya gan...(nanya terus ga pernah bantuin jawab )

sabtu kemarin pas bw espass ane keluar stir kerasa agak berat gan...ah mgkn karna kurang angin aja (dugaan ane gtu gan,tp blm ta cb tambah angin )..

trus td pagi keluar lg makin terasa stir tambah berat,rasanya klo belok ky kurang halus gtu...trus ta cb tambah angin..(4 roda tp tekanan ga tau diisi aja ma tukang ban)...cb jalan lg kok masih terasa meski dah bkurang beratnya...

msh penasaran ta cb tambah angin lg yg ban depan...trus dcek ma tukang ban ktnya tekanannya 34...(ban ane 195/65R14)

ane minta tambahin lg...akhirnya mpe 40 tekanannya

cb bw jalan lg dah lumayan ringan stirnya...cm msh krasa dikit ky ga smooth klo gerakin stir/ban...

karena ane msh nubie neh gan jd khawatir terus klo da yg aneh ma boil ane...

mohon pencerahan gan...THANX banget



kalo profile ban 195/65R14 sepertinya terlalu lebar telapaknya gan... kalo R14 tebal 65 masih sesuai...... saran pake profile 165/60/R14
Quote:Original Posted By hermance
kalo pengalaman ane punya mobil pertamax, jadi kagak ngerti sporing2. dipake juga setaon lebih baru dicoba2 sporing, eh ternyata hasilnya muter stir jd enteng banget.seperti udah pake power steering..


thanx gan sarannya...boleh dcoba neh

Quote:Original Posted By boypenjelajah
kalo profile ban 195/65R14 sepertinya terlalu lebar telapaknya gan... kalo R14 tebal 65 masih sesuai...... saran pake profile 165/60/R14


maksih gan...tp masa ganti ban gan...
Quote:Original Posted By trio020

Sedikit info gan.
Harga buat ngurutin kabel dari depan sampe belakang bisa sampe 1,5jt bisa kurang bisa lebih tergantung toko.
Tp itu sekalian dengan mengganti semua kabel2 body dari depan mobil sampe belakang mobil.

* Curhatan tetangga ane yg pernah ngurut kabel body.
Sekalian nanya ah... Alternator itu bukannya salah satu komponen yg ada di dalam aki yah?




iya emang pasti mahal kl ganti kabel body gan, alternator (dinamo ampere) alat buat ngisi / ngecharge aki gan

Quote:Original Posted By hermance
zebra ane kok jadi makin susah distarter ya sehabis pakai AC?? padahal coil sudah ganti lagi pake denso harga 300k. apa CDI nya kurang bagus ya? (CDI nya buatan taiwan )
kl susah starternya cuma kalo abis pake ac ada kemungkinan emang pemakaian arus buat ac tinggi.. kalo alternator kurang berfungsi maksimal, aki bisa tekor gan.. kaya mobil ane nih skrg kl nyala lampu + ac single aja (yg lain dimatiin) alternatornya ga bisa ngisi sesuai standard minimum

Quote:Original Posted By barox47
tanya gan...(nanya terus ga pernah bantuin jawab )

sabtu kemarin pas bw espass ane keluar stir kerasa agak berat gan...ah mgkn karna kurang angin aja (dugaan ane gtu gan,tp blm ta cb tambah angin )..

trus td pagi keluar lg makin terasa stir tambah berat,rasanya klo belok ky kurang halus gtu...trus ta cb tambah angin..(4 roda tp tekanan ga tau diisi aja ma tukang ban)...cb jalan lg kok masih terasa meski dah bkurang beratnya...

msh penasaran ta cb tambah angin lg yg ban depan...trus dcek ma tukang ban ktnya tekanannya 34...(ban ane 195/65R14)

ane minta tambahin lg...akhirnya mpe 40 tekanannya

cb bw jalan lg dah lumayan ringan stirnya...cm msh krasa dikit ky ga smooth klo gerakin stir/ban...

karena ane msh nubie neh gan jd khawatir terus klo da yg aneh ma boil ane...

mohon pencerahan gan...THANX banget


wuih gede bener tlapaknya.. jangan sampe kempes tuh gan.. faktor tekanan angin ban juga pengaruh ama puteran stir.. punya ane aja yg pake 175/70/R13 tekanan anginnya depan 40 blakang 45 biar ga terlalu berat muter stirnya hihihihi

pernah pengen pake power steering pas nanya di botak seng (yang katanya ahli power steering) kl mau pasang kena 3,5jt tapi dia bilang kalo espass dia ga nyaranin krn kl pake power steering jalan 50-60 kpj aja mobil bisa serasa melayang.. buset.. 50-60 kpj aja bisa melayang.. kl dibejek 100 kpj bisa- bisa terbang espass ane
Quote:Original Posted By boypenjelajah
pic alternator / dinamo ampere :



pic IC regulator :



thx infonya suhu
Quote:Original Posted By boypenjelajah
blowernya single apa double?
fan kondensornya ada berapa?
thermostat AC berfungsi nggak? (thermostat AC = pengatur suhu dingin sebelah switch blower)

kalo menurut ane konsumsi arus buat AC terlalu tinggi, atau bisa juga kapasitas ampere di alternator/regulator nya kurang.

atau bisa juga masalah thermostat/pengatur suhu tidak berkerja. seharusnya pada suhu yg di inginkan sudah tercapai, kopling kompresor akan mati dan kipas kondensor ikut mati juga.

coba di setting rpm mesin min 1000rpm bila ac nyala, supaya putaran alternator menghasilkan ampere yg dibutuhkan


AC single..fan kondensor cuma satu. thermostat masih berfungsi, masih bisa mati sendiri kalo dingin. RPM idle ane rasa2 udah tinggi..(gak ada petunjuk RPM )

Quote:Original Posted By r34k51
kl susah starternya cuma kalo abis pake ac ada kemungkinan emang pemakaian arus buat ac tinggi.. kalo alternator kurang berfungsi maksimal, aki bisa tekor gan.. kaya mobil ane nih skrg kl nyala lampu + ac single aja (yg lain dimatiin) alternatornya ga bisa ngisi sesuai standard minimum


wah, nanti ane coba lagi deh jalan tanpa AC.. makasih ya gan boy.. gan r34k51