Quote:Original Posted By Striker
gan, numpang nanya gan
gw dan 2 temen ane lagi coba jajal bikin usaha salon (jasa) di skitar tangerang..
salon ini sblmnya ada di sekitar jakarta selatan atas nama perorangan (temen ane)
karena ngeliat ada peluang di daerah tangerang, gw be3 dgn tmn ane pengen coba buka.. nah setelah bangunan udah siap buka
hari ini pihak oknum satpol pp ada yg dateng nanyain surat2 smacem siup, domisili, dll.. surat2 sbnrnya ada (surat2 milik salon cabang sebelumnya) tp pas ga bawa
nah yg ane mau tanya :

1. apa perusahaan jasa perlu tetep perlu SIUP?
2. lalu apa setiap bentuk cabang usaha yang beda domisili perlu bikin surat2 dan perijinan lagi?


terima kasih gan


1. Semua usaha pasti harus ada ijin usaha. Ini bisa ditanyakan di kotamadya/ kabupaten terdekat.... kl udah kek gitu mending diurus sendiri gan. Biar ga diperes.

2. Ya, setiap cabang juga wajib memiliki ijin masing2. Krn ijin terkait lokasi usaha gan.

SIUP

bro, gw usaha sembako gitu, kalo ngurus SIUP kan butuh SKDU, itu di SKDUnya kategorinya apa ya bro?? mohon bantuannya bro
Quote:Original Posted By prologernet
bro, gw usaha sembako gitu, kalo ngurus SIUP kan butuh SKDU, itu di SKDUnya kategorinya apa ya bro?? mohon bantuannya bro


Setahu ane SKDU atau SIUP itu setara. Jadi urus SIUP atau SKDU. Jadi SKDU bukan syarat SIUP.

Dan setahu ane SKDU itu ijin 1 jenis, jadi ga perlu pilih kategori. Kl emang perlu pilih kategori pilih aja perdagangan.
wah menarik nh. belum bisa baca semua halaman. cane ctrld dl gan
ijin nyimak gan. insya Allah sebentar lagi usaha ane butuh SIUP... Amiiin
Masta...kl ga punya IMB gmn ya ...apa tetap bisa ngurus SIUP,SITU,TDP ??
ga tau owner nya ga bikin atau ilang
gan kalau buat CV berarti butuh 2npwp ya?

- npwp pribadi
- npwp perusahaan

kena biaya brp tuh buat npwpnya?
Quote:Original Posted By Kay.Colins23
Masta...kl ga punya IMB gmn ya ...apa tetap bisa ngurus SIUP,SITU,TDP ??
ga tau owner nya ga bikin atau ilang


Kalau sewa menyewa bisa diganti dengan surat perjanjian sewa menyewa. Jadi tanpa IMB.
Quote:Original Posted By Monster.Sundul2
gan kalau buat CV berarti butuh 2npwp ya?

- npwp pribadi
- npwp perusahaan

kena biaya brp tuh buat npwpnya?


Betul gan, Agan kena 2 npwp.
Biaya buat npwp gratis gan. Tp harus rutin buat laporan utk 2 npwp
Quote:Original Posted By hendrawanks1
Setahu ane SKDU atau SIUP itu setara. Jadi urus SIUP atau SKDU. Jadi SKDU bukan syarat SIUP.

Dan setahu ane SKDU itu ijin 1 jenis, jadi ga perlu pilih kategori. Kl emang perlu pilih kategori pilih aja perdagangan.

Ijin nyimak,,
sekalian nanya

masgan klo sudah ada SKDU / SKU berarti sudah
ndak perlu buat SIUP lagi donk yeaa,,

Bedanya SKDU sama SIUP itu apa sih ?
prosedurnya panjang dan ribet juga ya tapi kalau gak gini gimana juga mau buat usaha . toh ntar kedepannya juga baik untuk kita s
Gan mau tanya, ane juga ada warnet kecil nih, tp ane sekarang lagi pengen ngembangin bisnis perdagangan ane gan. Ane butuh juga siup, berhubungan perdagangan ane aktifitasnya impor barang.
nah tapi ane pengen bikin siup nya perorangan aja, menurut agan gimana?
ada masukan gan?
Quote:Original Posted By hendrawanks1
Kalau sewa menyewa bisa diganti dengan surat perjanjian sewa menyewa. Jadi tanpa IMB.


Thnx masta atas info nya ...btw ... kl untuk biaya pengurusan SIUP,SITU,TDP,BPW/ITUP .. kira2 brpan ya Masta ... biar ada gmbran gt hrg nya jd ntar ga di mahal2in sama petugas nya ,
Quote:Original Posted By cancer47
Ijin nyimak,,
sekalian nanya

masgan klo sudah ada SKDU / SKU berarti sudah
ndak perlu buat SIUP lagi donk yeaa,,

Bedanya SKDU sama SIUP itu apa sih ?


SKDU yang mengeluarkan kec/ kelurahan lebih mudah. SIUP dikeluarkan pemkab/pemkot. Nah pilih SKDU/ SIUP tergantung kebutuhan gan.

Misal mau pinjam uang di bank/ koperasi ? minta syarat SIUP/ SKDU
Mau ikut program UKM di dinas koperasi ? mintanya ijin apa

Jadi disesuaikan kebutuhan ajah
Quote:Original Posted By anandawira
prosedurnya panjang dan ribet juga ya tapi kalau gak gini gimana juga mau buat usaha . toh ntar kedepannya juga baik untuk kita s


Ente bikin usaha dulu aja gan, ga usah mikir ijin dulu. Ntar kl usaha dah jalan dan menghasilkan banyak lama, syukur2 karyawan udah banyak. Suruh aja karyawan yg ngurus, ......heheheheh

Dibuat gampang ajah gan.....smoga sukses bisnisnya gan
Quote:Original Posted By gie27yo
Gan mau tanya, ane juga ada warnet kecil nih, tp ane sekarang lagi pengen ngembangin bisnis perdagangan ane gan. Ane butuh juga siup, berhubungan perdagangan ane aktifitasnya impor barang.
nah tapi ane pengen bikin siup nya perorangan aja, menurut agan gimana?
ada masukan gan?


Ente bikin SIUP aja perorangan. Kl usaha warna ijinnya beda gan, krn jasa (bukan perdangan), keknya warnet ijin di dinas informasi (bwhan depkominfo).

SIUP dibuat kl dibutuhkan aja gan. Kalau blm mendesak, ya pake ijin kakak / tetangga/ saudara .....yg penting usaha jalan dl gan.
Quote:Original Posted By Kay.Colins23
Thnx masta atas info nya ...btw ... kl untuk biaya pengurusan SIUP,SITU,TDP,BPW/ITUP .. kira2 brpan ya Masta ... biar ada gmbran gt hrg nya jd ntar ga di mahal2in sama petugas nya ,


Biaya tergantung :
1. Kelas jalan tempat usaha
2. Luas tempat usaha
3. Alat produksi
4. Fasilitas tempat usaha
dll....jadi variabel banget gan
Alo bro,

mau nanya, saya KTP jakarta, tapi berencana mau buka toko di surabaya.

Saya cek di website surabaya, syarat2 SIUP nya seperti di bawah:
a. 1 lembar fotocopy KTP pemilik usaha atau Direktur.

b. 1 lembar fotocopy NPWP badan hukum dan badan usaha.

c. Surat pernyataan dari pemohon tentang lokasi usaha perusahaan bermaterai Rp 6000, khusus untuk badan hukum atau usaha harus menggunakan kop surat dan stempel resmi perusahaan.

d. 1 berkas fotocopy Akte Pendirian dan perubahaannya yang disahkan PN setempat (untuk perusahaan berbentuk CV) dan ditambah SK MENKUM & HAM (untuk perusahaan berbentuk PT).

e. 2 lembar pas foto berwarna terbaru pemilik perusahaan ukuran 3x4 (kualitas cetak foto lab).

f. SIUP asli/lama jika mengajukan permohonan perpanjangan surat izin.


Mau nanya; untuk yg point B apakah di perlukan? Karena hanya toko kecil.
Untuk point C dan D; apakah di perlukan juga? jika iya, bikin nya dimana yah?

Selain di atas; apa ada lagi persyaratan yg harus di penuhi?

Mohon bantuan nya..
Gan tolong masukannya dong,
rumah sy yg dijadiin tempat usaha kecil2an sm istri didatengin satpol PP kemaren. usahanya pake kompie n printer desktop A4 biasa. jualan online. jd di bagian luar rumah, dibikin ky kantor kecil buat kerja. ngga buka toko.
trus diminta surat domisili n UUG, ud dkasi liat kalo tempat kerjanya n usahanya kecil doang, tetep akhirnya dikasi surat panggilan untuk dateng ke kantor walikota, ruang kerja kasi pengendalian tempat usaha satpol PP, utk "membicarakan keberadaan kegiatan usaha saudara" mengenai ijin tempat usaha berdasarkan UUG pd alamat rmh sy.
surat pertama sy cuekin, lha cuma kerja pake kompie n printer biasa, masa musti pake surat ijin gangguan. bbrp hari stl tanggal panggilan yg sy cuekin, dateng lagi surat undangan pertama.
gimana yah enaknya, sy cuekin aja terus, apa datengin?
kalo datengin ud pasti UUD lah
ad yg pernah punya pengalaman? sharing dong
thx
kalo bikin kost kostan pake siup dan npwp juga ?