║║║ Jalan ke Malang Yuk ║║║

SELAMAT DATANG DI MALANG

"MALANG NOMINOR, SURSUM MOVEOR"



Peta Wisata Kabupaten dan Kota Malang

Peta Wisata Kota Malang

Quote:Tourist information Centres
East Java Tourist Office, Jl Jendral Basuki Rachmat 6, Malang. Tel: +62 341 323966.
Indonesian Guides Association, Jl Semeru 4, Malang. Tel: +62 341 366852.
Malang City Tourist Office, Jl Tugu 1, Malang. Tel: +62 341 327661.

Quote:AKHIR abad ke-18, Kota Malang dipilih meneer en mevrouw alias tuan dan nyonya Belanda menjadi tempat peristirahatan. Selain karena Malang merupakan kota terdekat dari perkebunan di daerah sekitarnya, kota ini memang layak menjadi tempat tetirah (peristirahatan). Letaknya pada ketinggian 440 sampai 667 meter memberi hawa sejuk dengan suhu rata-rata 24,5 derajat Celcius. Belum lagi adanya pemandangan yang indah dari Gunung Semeru, Kawi, Arjuna, dan puncak pegunungan Tengger.

Bahkan pada masa itu Malang mendapat julukan Zwitserland of Indonesia. Memiliki luas 110,06 kilometer persegi, Malang tumbuh menjadi kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Sebagai kota besar, Malang tidak terlepas dari permasalahan sosial dan lingkungan yang semakin buruk kualitasnya. Kota yang pernah dianggap mempunyai tata kota terbaik di antara kota-kota Hindia Belanda ini, kini banyak mendapat keluhan warganya, seperti kemacetan dan kesemrawutan lalulintas, suhu udara yang mulai panas, sampah yang berserakan atau lokasi pedagang kaki lima yang memenuhi alun-alun kota.

Namun, terlepas dari berbagai permasalahan tata kotanya, pariwisata Kota Malang mampu menarik perhatian tersendiri. Dari segi geografis, Malang diuntungkan oleh keindahan alam daerah sekitarnya seperti Batu dengan agrowisatanya, pemandian Selecta, Songgoriti atau situs-situs purbakala peninggalan Kerajaan Singosari. Jarak tempuh yang tidak jauh dari kota membuat para pelancong menjadikan kota ini sebagai tempat singgah dan sekaligus tempat belanja.


ADA APA AJA DI MALANG ?
Quote:~~~~~ Wisata Pantai
Spoiler for Pantai:


~~~~~ Wisata Pegunungan
Spoiler for Pegunungan:


~~~~~ Wisata Sungai dan Air Terjun
Spoiler for Sungai dan Air Terjun:


~~~~~ Wisata Candi
Spoiler for Candi:


~~~~~ Wisata Taman-Taman Rekreasi
Spoiler for Taman Rekreasi:
All About Transportation __________________

HOW TO GET THERE ?
Quote:
From Jakarta
Spoiler for Jakarta:

From Bandung
Spoiler for Bandung:

From Surabaya
Spoiler for Surabaya:


ANGKUTAN UMUM DI MALANG ?

Quote:Kota Malang memiliki 3 terminal utama yaitu:

Terminal Arjosari, berada di bagian utara kota Malang, yang merupakan transit bagi bis2 antar kota.
Terminal Landungsari, berada di bagian barat laut kota Malang, yang merupakan transit bila akan bepergian ke daerah Batu, dan luar kota seperti Jombang, Kediri, Nganjuk dan Madiun
Terminal Gadang, berada di bagian selatan kota Malang, yang merupakan transit bila akan bepergian ke pantai2 selatan Malang atau ke luar kota seperti Blitar atau Tulungagung.

Berikut ini angkutan dalam kota kota Malang:
Spoiler for Angkot:


TOUR AGENCY & CAR RENT
Quote:
Spoiler for Tour & Travel:
Penginapan di Malang


Hotel-Hotel Segala Kelas di Kota Malang sumber__
Quote:
Spoiler for Klik Saja:


Daftar Beberapa Hotel di Kota Batu sumber__
Quote:
Spoiler for Klik Saja:
reserved for kuliner updates... agak susah nih gan, bantuin dong, coz TS pemakan segala.. jadi ga tau beda makanan yg biasa aja, makanan enak sama enak banget
thread ini mirip di threadnya anak regional malang
Quote:Original Posted By kribzz
thread ini mirip di threadnya anak regional malang


buat yang penginapan, ane emang copas dari sono,, tuh ada link sumber-nya,..
thread disini lebih ke wisata-nya ane jabarin satu per-satu, di post2 berikutnya..
Pantai Balekambang



How To Get There ?
Quote:Untuk mencapai Pantai Balekambang, Anda dapat memilih jalur Malang-Gondanglegi dan kemudian dilanjutkan ke kecamatan Bantur. Dari sini perjalanan dilanjutkan hingga ke desa Srigonco. Anda tidak akan mengalami kesulitan karena di setiap ruas jalan terdapat banyak rambu penunjuk arah menuju tempat ini. Anda juga bisa melalui jalur alternatif Malang-Kepanjen, lurus sampai ke kecamatan Pagak, kemudian berbelok ke kiri ke arah kecamatan Bantur.

Balekambang Nais Inpoh
Quote:Balekambang yang merupakan pantai di selatan Pulau Jawa, terletak di kecamatan Bantur, kurang lebih 65 km ke arah selatan Kota Malang. Pantai ini memiliki bentang karang sejauh 2.000 m dengan lebar sekitar 200 m. Pasir putih di sana membentang sepanjang 800 m dan dibatasi oleh 2 tebing di kanan kirinya.

Di pantai ini terdapat 3 pulau kecil. Pulau-pulau ini terletak sekitar 100 m dari bibir pantai sehingga menimbulkan pesona yang lain dan membuatnya layak masuk dalam daftar tempat berlibur yang mengasyikkan.
Ketiga pulau kecil itu masing-masing diberi nama. Pulau-pulau kecil ini diberi nama Ismoyo, Anoman, dan Wisanggeni. Untuk sampai di pulau-pulau kecil ini, pengunjung bisa melewati jembatan selebar 1 m yang menghubungkan pantai ke Pulau Ismoyo dan Pulau Wisanggeni. Dari jembatan inilah Anda bisa dengan mudah menikmati dan menjelajahi keindahan yang ditawarkan pulau-pulau kecil itu.

Tapi sayangnya, jembatan yang utuh cuma jembatan yang menghubungkan pantai dengan Pulau Ismoyo. Di atas pulau Ismoyo inilah dibangun sebuah pura, sangat indah dan megah. Pura yang kemudian diberi nama Pura Ismoyo ini diresmikan pada Oktober 1985. Jika air sedang pasang, akan terlihat pulau yang dengan puranya yang indah mengambang di atas air. Itu pula yang membuat pantai ini kemudian diberi nama Balekambang.

Dan di pura inilah berbagai acara upacara sakral Jalanidhi Puja digelar setiap tahunnya. Masyarakat setempat juga menggelar upacara adat tahunan seperti Suroan yang banyak menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menyaksikan bahkan mengikutinya.

Sementara di kawasan pantai yang berdekatan dengan Pulau Anoman, terdapat pula hutan konversi. Namun untuk memasuki kawasan ini, pengunjung akan dikenai karcis tanda masuk lagi.

Terdapat pula failitas camping ground, kios cinderamata, rumah makan, kantor informasi, bungalow sangat sedeharna, mushola, dan pendopo. Sayangnya semua ini tidak dirawat dengan baik. Sayang ya, padahal untuk akses masuk perOrang Rp. 5.500,- dan setiap masuk MCK ada juga retribusi Rp. 500,-.


Balekambang Pictures
Quote:
Spoiler for Pantainya:

Spoiler for Pulau Ismoyo:

Spoiler for lagi:

Spoiler for lagi:
Museum Satwa Jatim Park 2




How to Get There?
Quote:Museum Satwa ini terletak di kawasan yang sangat strategis sehingga cukup mudah diakses dari segala penjuru di Kota Batu. Museum raksasa ini berlokasi di Jalan Raya Oro-oro Ombo Kecamatan/Kota Batu. Dengan nuansa indah, karena bagian depan terdapat pemandangan Gunung Arjuno, sedangkan sisi belakang Gunung Panderman.
Jika pengunjung menjalani perjalanan dari Kota Malang, lokasi yang bisa ditempuh adalah melewati Jalan Dewi Sartika (depan Pasar/Terminal) Kota Batu. Begitu menemui pertigaan, tinggal berbelok ke kiri, sehingga akan mendapatkan pintu gerbang yang bertuliskan Jatim Park 2.
Jika jalan utama itu sangat padat hingga macet, ada jalan alternative yang bisa ditempuh. Perjalanan tersebut menggunakan jalur selatan dengan melewati Buk Anyar (Krematorium), Junrejo, Oro-oro Ombo, Museum. Jika menempuh perjalana dari Kediri, bisa menggunakan jalur Jalan Suropati, Sultan Agung, Agus Salim dan mengarah ke Oro-oro Ombo.


Museum Satwa Nais Inpoh
Quote:Di sini, Museum Satwa menampilkan segala hal yang berhubungan dengan seluk-beluk dunia satwa. Tampak luar museum ini mengingatkan kita pada bangunan Yunani Kuno, seperti Parthenon di Athena. Ini sebuah upaya parodik dengan meminjam image klasik Barat sebagai sebuah “ke-masalalu-an”. Bisa banyak tafsir atas hal ini, bisa sebagai jejak bahwa asal museum memang dari Barat, bisa juga sebagai sindiran bahwa kita belum bisa melepaskan diri dari bayang-bayang arsitektur Barat.
Sajian dalam Museum Satwa ini sangat beragam, di dalamnya ada sekitar 84 diorama satwa dari berbagai penjuru dunia, dari dalam negeri maupun luar negeri. Diorama ini memberi gambaran yang seakan-akan nyata tentang kehidupan satwa di habitatnya di alam liar dengan menggunakan hewan awetan murni.

Juga ada insektarium yang berisi 5000 jenis serangga yang didapatkan dari berbagai tempat seperti Peru, Papua Nugini, Kolumbia, Malaysia dan bahkan dari Pulau Madagaskar di pantai timur Afrika, tak ketinggalan juga dari hutan Indonesia. Pengunjung juga bisa menikmati fish diorama berupa diorama kehidupan bawah air. Baik kehidupan di air tawar seperti sungai, danau maupun rawa, juga di air laut di beberapa kedalaman yang berbeda-beda. Di sini pengunjung seperti dibawa di kedalaman air dan melihat langsung ikan di habitatnya.

Tak ketinggalan, terdapat diorama pemandangan alam dari berbagai tempat yang berbeda di berbagai belahan benua. Seperti diorama pemandangan alam yang berbatu, bersalju, hutan yang sedang terbakar dan lain-lain. Sajian lain yang cukup menarik adalah koleksi fosil, fosil yang dipamerkan di sini adalah fosil tiruan dari bahan fiberglass. Fosil-fosil ini akan memberi pengetahuan kepada pengunjung bagaimana bentuk fosil itu dan bagaimana para ahli satwa purbakala merekonstruksi gambaran satwa yang hidup di masa jutaan tahun yang lalu.

Museum Satwa juga dilengkapi fasilitas Teater, menyajikan film-film tentang satwa dan kehidupannya di alam liar, ditambah dengan simulasi anatomi satwa agar pengunjung bisa mengetahui seluk-beluk satwa dengan lebih baik. Jika masih kurang puas dengan penjelasan tentang satwa, para guide yang profesional siap memandu wisatawan untuk menerangkan dan memberi informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Museum Satwa ini dirancang oleh dpavilion architects dari Surabaya. Dari hasil wawancara dengan principal dpavilion, Edwin Nafarin, Museum Satwa ini merupakan tahap awal dari pengembangan Jatim Park 2, nantinya di bagian tengah akan ada pula Hotel dan Resto berbentuk pohon besar. Sedangkan di sisi paling kanan ada Secret Zoo, kebun binatang dengan konsep kontemporer. Kita tunggu saja kejutan-kejutan berikutnya di Kota Batu.


Museum Satwa Pictures
Quote:
Spoiler for Bangunan:

Spoiler for Sajian Anatomi 3 Dimensional:

Spoiler for Koleksi Fosil:

Spoiler for Fish Diorama:

Spoiler for Diorama Satwa:

Spoiler for Koleksi Kupu-Kupu:


sumber
Langsung cari tanggaaaaal... meluncuuur yuuuks!! kapan-kapan??

mantep dah malang.. ga bosen2 gw ksnaa.. trnyata masih byk tmpt keren..
nice inpo bgt gan.

masukin regional malang gan
:::
Quote:Original Posted By UTHUB
Langsung cari tanggaaaaal... meluncuuur yuuuks!! kapan-kapan??

mantep dah malang.. ga bosen2 gw ksnaa.. trnyata masih byk tmpt keren..


Quote:Original Posted By UTHUB
:::



ayook uthub kita ke malang.. :mahos :mahos
minggu depan thub yok,

haha, gw mau pulkam si, bukan ngetrip,,


beres deh, ntar klo kesana kalo gw pas di malang, gw siap jadi guide gratis+penginapan seadanya gratis


Quote:Original Posted By RaLStoNe
nice inpo bgt gan.

masukin regional malang gan


disini aja gan, disana udah ada yang mewakili, ane bisa kalo ngurusin banyak thread..
Quote:Original Posted By Mr.Pym


ayook uthub kita ke malang.. :mahos :mahos
minggu depan thub yok,

haha, gw mau pulkam si, bukan ngetrip,,


beres deh, ntar klo kesana kalo gw pas di malang, gw siap jadi guide gratis+penginapan seadanya gratis


disini aja gan, disana udah ada yang mewakili, ane bisa kalo ngurusin banyak thread..


kalo ada tulung minta cp yg nyewain rumah atawa villa yg murah an. Jangan yg mahal2 ya

gw tadinya mau ke malang bulan juni, tapi kalian ngajak ke buniayu & curug seceng juni juga, jdnya gw undur dah ke juli
Quote:Original Posted By Raushin
kalo ada tulung minta cp yg nyewain rumah atawa villa yg murah an. Jangan yg mahal2 ya

gw tadinya mau ke malang bulan juni, tapi kalian ngajak ke buniayu & curug seceng juni juga, jdnya gw undur dah ke juli


mau ke malang lagi bil? mau kmana aja?
ehh, loe mau tinggal dimana? batu/malang? barangen brapa orang?

Kalo di batu gw punya 2-3 temen yg nyewain villa di batu, tapi itu yg mahal mulai dari 600rb per malam (tapi emang gedhe2 sih), ini biasa dibuat rombongan satu kelas pas SMA dulu.
Tapi kalo rombongan lo cuman dikit kontak ke 085646764111 aja, namanya bagus, dia yg biasa nyariin villa2/kamar sewa di batu di regional malang..

Kalo di kota malangnya, yg nyewain villa keknya ga ada deh/jarang banget, di hotel palingan.

btw, qt ke buniayu juli lho, awal juli (tgl 3-4).
Quote:Original Posted By Mr.Pym


mau ke malang lagi bil? mau kmana aja?
ehh, loe mau tinggal dimana? batu/malang? barangen brapa orang?

Kalo di batu gw punya 2-3 temen yg nyewain villa di batu, tapi itu yg mahal mulai dari 600rb per malam (tapi emang gedhe2 sih), ini biasa dibuat rombongan satu kelas pas SMA dulu.
Tapi kalo rombongan lo cuman dikit kontak ke 085646764111 aja, namanya bagus, dia yg biasa nyariin villa2/kamar sewa di batu di regional malang..

Kalo di kota malangnya, yg nyewain villa keknya ga ada deh/jarang banget, di hotel palingan.

btw, qt ke buniayu juli lho, awal juli (tgl 3-4).


mahal juga ya, itu 600rb buat 2hari 1 malem khan ? Gw bawa orang paling banyak 14 sih,

rencananya mau ke madakaripura, bale kambang, ama ke sempu lg
Quote:Original Posted By Raushin
mahal juga ya, itu 600rb buat 2hari 1 khan ? Gw bawa orang paling banyak 14 sih,

rencananya mau ke madakaripura, bale kambang, ama ke sempu lg


iya, maksudnya 2hri 1mlm. Itu yang punya temen gw 600, bisa muat 30-40 orang kalo mau ,, kalo yang agak2 kecil coba call aja ke no tadi,.
Tapi kalo itin lo ga ada yang ke batu, mending nginep di malangnya aja, di wisma2 atau mess tentara gitu kan bisa kena murah, drpd villa batu, tapi gw ga punya CP-nya, klo loe mau,, minggu depan, pas gw pulkan, gw cariin.
Quote:Original Posted By Mr.Pym


iya, maksudnya 2hri 1mlm. Itu yang punya temen gw 600, bisa muat 30-40 orang kalo mau ,, kalo yang agak2 kecil coba call aja ke no tadi,.
Tapi kalo itin lo ga ada yang ke batu, mending nginep di malangnya aja, di wisma2 atau mess tentara gitu kan bisa kena murah, drpd villa batu, tapi gw ga punya CP-nya, klo loe mau,, minggu depan, pas gw pulkan, gw cariin.


rencananya pengen ke bns juga sih
kalo yg mess tentara ato wisma kenanya berapa duid an?

tolong ya an kalo ga ngerepotin
TFS yah dek...

semoga kakak kakak dikaskus travell ini bisa menikmati Indahnya Malang

gw pribadi sih.. terpesona dengan taman lampion BNS .. dan p. sempu nya

Quote:Original Posted By Raushin
rencananya pengen ke bns juga sih
kalo yg mess tentara ato wisma kenanya berapa duid an?

tolong ya an kalo ga ngerepotin


Insyaallah
tapi jgn tergantung gw, lu juga nyari bil..

Quote:Original Posted By BaksoAbeL
TFS yah dek...

semoga kakak kakak dikaskus travell ini bisa menikmati Indahnya Malang

gw pribadi sih.. terpesona dengan taman lampion BNS .. dan p. sempu nya



Dek???? Iya deh Om..

btw, nih gw kasi tntang BNS.. cekidot
Batu Night Spectacular (BNS)




How To Get There ?
Quote:Begitu anda sampai di Kota Batu, ambillah percabangan dimana terdapat papan arah menuju Kediri. Dari percabangan ini, anda akan melewati Terminal Kota Batu dan Pasar Besar Batu. Jalan ini adalah jalan yang menghubungkan Batu dengan Pujon dan Pare. Teruslah menelusuri jalan ini hingga percabangan yang dekat Bank Danamon. Belok ke percabangan ke arah kiri itu dan terus hingga jalan bercabang lagi menjadi bentuk huruf Y. Ambil cabang Y ke arah kiri, maka anda akan bertemu dengan Jatim Park. Nah, tidak jauh dari Jatim Park ini, anda akan bertemu dengan Batu Night Spectacular di sebelah kiri jalan. Gampang banget!

BNS Nais Inpoh
Quote:Menginap di saat berwisata di kota Batu saat ini dipastikan terasa beda. Malam hari Anda bisa menikmati suguhan waktu liburan paling spektakuler di Jawa Timur di Batu Night Spectacular (BNS). Obyek rekreasi yang berlokasi di Desa Oro-oro Ombo ini menyajikan aneka wahana yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga Anda. Ada puluhan wahana yang tidak akan bisa Anda lupakan setelah menikmatinya seperti gallery hantu, slalom test, sepeda udara tertinggi, lampion garden dan trampoline. Di obyek wisataBNS ini Anda juga bisa menguji adrenalin dengan mencoba beberapa wahana menarik, seperti drag race, mouse coaster, dan beberapa permainan lain. Banyak juga wahana yang khusus disediakan untuk anak-anak seperti kids zone yang terdiri dari 25 macam.

Selain berbagai wahana menarik, keunikan BNS Batu juga didukung letaknya yang sangat strategis di daratan tinggi. Dari obyek wisata malam ini Anda bisa menikmati pemandangan malam kota Malang dan sekitarnya dengan lebih sempurna. Gemerlap lampu di kawasan Malang Raya malam hari akan mengiringi suasana konkow Anda di beberapa kafe yang tersedia. BNS Batu juga menyiapkan beberapa wahana unik yang rugi kalau dilewatkan seperti lampion garden, gallery hantu, cinema empat dimensi, circuit go kart terpanjang, layar sepanjang 50 meter di area food court, dan air mancur menari.

Usai menikmati beragam wahana yang tersedia di areal seluas 3 ribu meter persegi ini, silakan Anda menuju night market, ada ratusan kursi bejajar yang disediakan bagi pengunjung di areal foor court. Ada banyak pilihan menu minuman maupaun makanan di area ini. Tinggal pilih minuman dingin atau panas. Begitu halnya makanan. Banyak menu yang bisa dipilih sesuia selera. Kenikmatan di food court bukan hanya pada menu makanan atau minumanya. Tapi, juga sajian yang dibeerikan saat pengunjung menikmati makanan maupun minuman. Ditengah-tengah menikmati hidangan, manajemen BNS Batu akan menyajikan show time. Ada panggung musik yang menghadirkan musik-musik terbaru.

Yang tak kalah menarik, saat show time ini adalah sajian dancing fontain (air mancur menari). Konsentrasi pengunjung pada makanan maupun minuman dijamin buyar. Tarian air mancur diiringi permainan lampu warna-warni itu mampu memaksa mata pengunjung tertuju ke liukan air. Air mancur itu terlihat cukup lihai menari mengikuti lantunan lagu. Dari lagu instrumental, pop rock, hingga dangdut koplo. Puas menyaksikan tarian air mancur, pengujung masih disuguhi dengan pertunjukkan outer journey (keliling angkasa luar) lewat laser show di layar raksasa. Pertunjukkan outer journey ini memberi sensasi tersendiri bagi pengunjung. Dengan layar 50 meter di atas kita, pengunjung serasa diajak keliling angkasa. Kadang pulu, kita dikagetkan dengan helicopter animasi yang seakan berjalan di atas kita. Seru abissss !!!


BNS Pictures
Quote:
Spoiler for BNS:

Spoiler for BNS:

Spoiler for BNS:

Spoiler for BNS:

Spoiler for BNS: