- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
12 Solusi Mantap Atasi Kemacetan Jakarta


TS
luckysm
12 Solusi Mantap Atasi Kemacetan Jakarta
Sudah saatnya kita terbebas dari kemacetan Gan....
Kenapa? Karena kemacetan buruk bagi kesehatan, menaikan resiko terkena serangan jantung dan stroke sampai tiga kali lipat, dan negara rugi 43 Trilyun tiap tahunnya untuk kemacetan di Jakarta saja.
Bikin Monorail dan Subway?
Mimpi kale gan... pemerintah gak mau keluarin duit segitu banyak, blon ditambah trauma pemerintah akan kerusuhan yang timbul kalo lagi pembebasan tanah, atau eksekusi tanah milik pemerintah sendiri. Tau sendiri orang urban sangar2, galakan dia dari pemilik tanahnya.
Oke kita mulai dengan solusi2 yang mungkin bisa dilakukan:
1. Trafic Jam Crisis Centre
Di Jakarta emang punya Traffic Management Center Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, cuman kayanya gak berfungsi dah gan. Trafic Jam Center yang baru harus menyediakan Hotline yang bisa dihubungi pengendara untuk menginformasikan kemacetan dan minta rekomendasi rute alternatif. Gak usah sampe menyediakan streaming dari cctv, karena cuman bbrp org yang bisa menikmati teknologi ini, cukup telpon, terus ngomong dari mana mau kemana, dan minta rekomendasi rute, gitu aja....
Juga untuk melaporkan angkutan umum atau bus yang menjadi penyebab kemacetan, sehingga center ini bisa melayangkan teguran pada perusahaan angkotnya. Tiga kali mobil yang sama dapat keluhan, kirim surat rekomendsi ke polisi untukk menghentikan bus/angkot itu supaya tidak beroperasi lagi
2. Peremajaan BUS
Ganti semua bus tua dengan bus baru yang keren, supaya para pengendara mobil pindah naek bus yang nyaman, ane juga mau banget kalo naek bus kek gitu, ada AC dan Tipinya. Beli 1000 unit aja kek gini, udah ketolong banget dah gan kemacetan disini. Soal dananya? Paling pengadaan bus baru ini gak sampe 1 T, daripada bikin monorail 3T lebih hanya untuk lingkup kecil, ato kita kena rugi 43 trilyun tiap taon... pilih mana?
Busway udah gak sanggup lagi gan.... harus ada Regular Bus, dan semua Patas, PPD, diganti sama bus beginian.
3. Pembenahan Busway
Pernah ngerasain nerakanya nungguin busway dijam sibuk gak gan? Takut lantai haltenya ambrol nampung orang segitu banyak, kegerahan, didorong-dorong, kejepit, kejeblos pas mo naik, wah ane mo pingsan dah gan....! Jalannya mah emang cepet, nungguinnya bisa gak dapet2....

Khan awalnya tujuan busway, supaya yang naek mobil pada pindah ke busway, ane berani jamin, yang punya mobil ogah dah naek busway kek gitu sekarang. Saran ane mending taripnya dinaekin khusus jam sibuk, membatasi penumpang, dan membenahi pelayanan dari tarip yang naik.
Tapi gimana dengan orang miskin mo naek busway? Lha liat dulu tujuannya masing2 transportasi, busway kan awalnya buat orang naik mobil pribadi pindah naek busway, supaya mobil dijalan berkurang, sebaiknya tetep fokus sama yang itu. Ini busway dibikin jadi angkutan masal, satu pil untuk segala obat sakit kemacetan jakarta.... lah gak bisa lah gan.... Gak kuat Transjakarta dikasih beban segede gitu sementara support dari pemprov kurang.
4. Shelter Hujan
Hujan=macet bagi para pengemudi dijalan. Ini bisa dikurangkan dengan membangun Shelter hujan bagi para pengemudi motor, daripada mereka bergerombol membuat kemacetan di under pass, dibawah fly over, atau jembatan. Buat distribusi saluran air, agar air tetap mengalir deras dibawah jembatan2 tersebut, agar pengendara motor tidak berlindung disitu. Yang biasanya akan menyebakan kemacetan total.
5. Anti Rush Hour Company
Perusahaan, lembaga atau sekolahan yang memiliki karyawan/siswa lebih dari 50 orang dan jam masuk/pulangnya diluar rush-hour, diberi keistimewaan seperti pemotongan pajak, dan tampilan iklan mereka secara gratis dispot-spot Trafic center (sperti point sebelumnya). Ini akan mendorong perubahan budaya kerja dari konvensional yang menghabiskan dana sangat besar, ke jaman lebih moderen, memanfaatkan sepenuhnya IT dan paperless.
6. Voucher Diskon Anti Rush Hour
Pemerintah bisa membagikan Voucher diskon potongan harga, bekerja sama dengan Taxi2 khusus atau busway. Diskon itu berlaku bila mereka naik/turun dijam-jam diluar jam sibuk dan ditempat2 niaga yang terkenal sangat padat. Supaya orang gak penting2 banget berangkat di rush hour bisa menghindari rush hour, dan juga membuat mereka males bawa mobil sendiri supaya gak tambah macet dah nih jakarta.
7. Tarif Parkir Khusus Rush Hour
Berlakukan tarif khusus parkir saat kendaraan masuk parkir pada rush hour pagi, dan keluar parkir pada rush hour sore. Umpama kendaraan masuk parkir pagi jam rush hour pagi 8.30, maka dia harus membayar langsung umpama Rp. 2000 diluar biaya parkir. Juga saat dia keluar pada rush hour sore umpama 5.30, ada tambahan Rp 2000 untuk biaya parkir. Ini juga bisa dipertimbangkan untuk diberlakukan pada tol.
8. Hilangkan Sistim Setoran Angkot
Ini sebenarnya paling sensitif, bisa bikin huru-hara dan kerusuhan. Tapi penguasaan swasta perorangan pada angkot menengah merupakan kanker bagi lalulintas di Indonesia. Ini membuat mereka demi setoran ngetem sembarangan berlama-lama, dan sudah mati rasa pada umpatan pengemudi yang kesal karena dibuat macet oleh mereka. Polisi sudah tidak mempan, karena cenderung polisi yang bertugas sama saja ditempat itu jadi sudah saling kenal.
Memberlakukan sistem gaji dan bukan setoran harus diterapkan pada juragan2 angkot ini. Agar para sopinya gak suka ngetem ngejar setoran.
9. Sertifikasi Pengemudi Angkutan
Waduh gan... parah banget dah profil para pengemudi angkot ini, abg alay, preman jalanan, mantan kriminil, dsbnya. Gak sopan dijalanan dan sama penumpangnya, bikin naek darah banget (tapi takuuut..). Berenti ditengah jalan sembarangan, menyalip dengan kencang cuma untuk kemudian berenti mendadak didepan kita... sinting....! Untuk mengemudikan angkot perlu didirikan seperti LPK(Lembaga Pelatihan Ketrampilan), dan mendapatkan sertifikasi dari LPK ini. Jangan urusan pelatihan dan sertifikasi diserahkan sama polisi, nanti mereka terlalu akrab sama polisi dan jadi gak ada takutnya. Nah polisi bisa menanyakan SPA mereka ini, dan mencabut kalau pelanggarannya mengenai tata-tertib angkutan umum seperti ngetem sembarangan. Bahakan kalau perlu DLLAJ juga punya hak utnuk mencabut SPA mereka...
Sementara SIM-nya lain lagi...itu urusan Polisi.
10. Pajak Titik Kemacetan
Mall, pasar, sekolahan, pabrik, dsbnya bisa bikin pusing 7 keliling macet disini. Jadi sarangnya angkot, kaki lima, gerombolan orang, dsbnya. Alhasil jadi macet total selamanya selalu disitu.....
Untuk beginian saran ane pemerintah menerapkan yang namanya Pajak Titik Kemacetan bagi pemilik/pengelola tempat yang suka jadi sumber kemacetan, bikin gede sekalian itu pajak. Supaya mereka mengerahkan semua sekuriti-nya untuk mengatur jalan supaya lancar, ngusirin angkot ngetem. Dengan begini polisi bisa fokus ngejarin koruptor atau kriminil, daripada ngusir2in angkot yang ngeyel....
11. Larangan Konvoi Pembesar
Mendingan negara beliin mereka helikopter dinas dah, daripada dikasih mobil dinas yang mewah. Yang kecil-kecil second harganya sama kaya beli mobil mewah sekelas Lexus, tinggal gaji pilot heli emang lumayan gede
Ini berlaku juga buat para bisnismen, dilarang pake mobil mewah, suruh beli heli aja. Suruh PTDI (Dirgantara Indonesia) produksi heli murah meriah yang banyak, daripada bikinin heli tempur sebagai senjata pembunuh yang susah lakunya... Jadi sekalian mengotimalkan produk kedirgantaraan dalam negeri. sekalian tuh kasih buat polisi, supaya mereka mudah mencapai titik2 kemacetan dan mengurai kemacetan jalan..
12. Pengetatan Pembatasan Kepemilikan Mobil
Ini paling ribet dah gan, susah2 gampang dan juga sensitif. Gak bisa dipungkirin kemacetan adalah karena jalan sudah tidak bisa menampung kapasitas mobil yang terus berkembang (juga motor
).
Ane saranin pemerintah galakin program city car, kecilin pajaknya, kalau perlu disubsidi. Mobil-mobil mini jenis ini berhasil mengatasi kemacetan di kota-kota besar eropa. Dan berlakukan mobil mini seperi ini dikecualikan dalam 3-in-1, jadi boleh sendirian melewati 3 in 1. Hal ini akan mendorong orang meninggalkan mobil2 besarnya yang menghabiskan space dan memenuh jalan, dan berganit City Car yang lebih efisien.
Ane capek banget nih bikin trit ini seharian, ....
kalau boleh bagi cendolnya gan biar ane bisa dapet ide solusi laen

masih banyak sebenarnya ide dan solusi...
tapi tempat gak cukup...
Kunjungin juga trit2 ane yang laen gan :
Kenapa? Karena kemacetan buruk bagi kesehatan, menaikan resiko terkena serangan jantung dan stroke sampai tiga kali lipat, dan negara rugi 43 Trilyun tiap tahunnya untuk kemacetan di Jakarta saja.
Bikin Monorail dan Subway?
Mimpi kale gan... pemerintah gak mau keluarin duit segitu banyak, blon ditambah trauma pemerintah akan kerusuhan yang timbul kalo lagi pembebasan tanah, atau eksekusi tanah milik pemerintah sendiri. Tau sendiri orang urban sangar2, galakan dia dari pemilik tanahnya.
Oke kita mulai dengan solusi2 yang mungkin bisa dilakukan:
1. Trafic Jam Crisis Centre
Di Jakarta emang punya Traffic Management Center Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, cuman kayanya gak berfungsi dah gan. Trafic Jam Center yang baru harus menyediakan Hotline yang bisa dihubungi pengendara untuk menginformasikan kemacetan dan minta rekomendasi rute alternatif. Gak usah sampe menyediakan streaming dari cctv, karena cuman bbrp org yang bisa menikmati teknologi ini, cukup telpon, terus ngomong dari mana mau kemana, dan minta rekomendasi rute, gitu aja....
Juga untuk melaporkan angkutan umum atau bus yang menjadi penyebab kemacetan, sehingga center ini bisa melayangkan teguran pada perusahaan angkotnya. Tiga kali mobil yang sama dapat keluhan, kirim surat rekomendsi ke polisi untukk menghentikan bus/angkot itu supaya tidak beroperasi lagi

Spoiler for contoh Jakarta Trafic Center:
2. Peremajaan BUS
Ganti semua bus tua dengan bus baru yang keren, supaya para pengendara mobil pindah naek bus yang nyaman, ane juga mau banget kalo naek bus kek gitu, ada AC dan Tipinya. Beli 1000 unit aja kek gini, udah ketolong banget dah gan kemacetan disini. Soal dananya? Paling pengadaan bus baru ini gak sampe 1 T, daripada bikin monorail 3T lebih hanya untuk lingkup kecil, ato kita kena rugi 43 trilyun tiap taon... pilih mana?

Busway udah gak sanggup lagi gan.... harus ada Regular Bus, dan semua Patas, PPD, diganti sama bus beginian.

Spoiler for bus baru:
3. Pembenahan Busway
Pernah ngerasain nerakanya nungguin busway dijam sibuk gak gan? Takut lantai haltenya ambrol nampung orang segitu banyak, kegerahan, didorong-dorong, kejepit, kejeblos pas mo naik, wah ane mo pingsan dah gan....! Jalannya mah emang cepet, nungguinnya bisa gak dapet2....

Khan awalnya tujuan busway, supaya yang naek mobil pada pindah ke busway, ane berani jamin, yang punya mobil ogah dah naek busway kek gitu sekarang. Saran ane mending taripnya dinaekin khusus jam sibuk, membatasi penumpang, dan membenahi pelayanan dari tarip yang naik.
Tapi gimana dengan orang miskin mo naek busway? Lha liat dulu tujuannya masing2 transportasi, busway kan awalnya buat orang naik mobil pribadi pindah naek busway, supaya mobil dijalan berkurang, sebaiknya tetep fokus sama yang itu. Ini busway dibikin jadi angkutan masal, satu pil untuk segala obat sakit kemacetan jakarta.... lah gak bisa lah gan.... Gak kuat Transjakarta dikasih beban segede gitu sementara support dari pemprov kurang.
4. Shelter Hujan
Hujan=macet bagi para pengemudi dijalan. Ini bisa dikurangkan dengan membangun Shelter hujan bagi para pengemudi motor, daripada mereka bergerombol membuat kemacetan di under pass, dibawah fly over, atau jembatan. Buat distribusi saluran air, agar air tetap mengalir deras dibawah jembatan2 tersebut, agar pengendara motor tidak berlindung disitu. Yang biasanya akan menyebakan kemacetan total.
5. Anti Rush Hour Company
Perusahaan, lembaga atau sekolahan yang memiliki karyawan/siswa lebih dari 50 orang dan jam masuk/pulangnya diluar rush-hour, diberi keistimewaan seperti pemotongan pajak, dan tampilan iklan mereka secara gratis dispot-spot Trafic center (sperti point sebelumnya). Ini akan mendorong perubahan budaya kerja dari konvensional yang menghabiskan dana sangat besar, ke jaman lebih moderen, memanfaatkan sepenuhnya IT dan paperless.
6. Voucher Diskon Anti Rush Hour
Pemerintah bisa membagikan Voucher diskon potongan harga, bekerja sama dengan Taxi2 khusus atau busway. Diskon itu berlaku bila mereka naik/turun dijam-jam diluar jam sibuk dan ditempat2 niaga yang terkenal sangat padat. Supaya orang gak penting2 banget berangkat di rush hour bisa menghindari rush hour, dan juga membuat mereka males bawa mobil sendiri supaya gak tambah macet dah nih jakarta.
7. Tarif Parkir Khusus Rush Hour
Berlakukan tarif khusus parkir saat kendaraan masuk parkir pada rush hour pagi, dan keluar parkir pada rush hour sore. Umpama kendaraan masuk parkir pagi jam rush hour pagi 8.30, maka dia harus membayar langsung umpama Rp. 2000 diluar biaya parkir. Juga saat dia keluar pada rush hour sore umpama 5.30, ada tambahan Rp 2000 untuk biaya parkir. Ini juga bisa dipertimbangkan untuk diberlakukan pada tol.
8. Hilangkan Sistim Setoran Angkot
Ini sebenarnya paling sensitif, bisa bikin huru-hara dan kerusuhan. Tapi penguasaan swasta perorangan pada angkot menengah merupakan kanker bagi lalulintas di Indonesia. Ini membuat mereka demi setoran ngetem sembarangan berlama-lama, dan sudah mati rasa pada umpatan pengemudi yang kesal karena dibuat macet oleh mereka. Polisi sudah tidak mempan, karena cenderung polisi yang bertugas sama saja ditempat itu jadi sudah saling kenal.
Memberlakukan sistem gaji dan bukan setoran harus diterapkan pada juragan2 angkot ini. Agar para sopinya gak suka ngetem ngejar setoran.
9. Sertifikasi Pengemudi Angkutan
Waduh gan... parah banget dah profil para pengemudi angkot ini, abg alay, preman jalanan, mantan kriminil, dsbnya. Gak sopan dijalanan dan sama penumpangnya, bikin naek darah banget (tapi takuuut..). Berenti ditengah jalan sembarangan, menyalip dengan kencang cuma untuk kemudian berenti mendadak didepan kita... sinting....! Untuk mengemudikan angkot perlu didirikan seperti LPK(Lembaga Pelatihan Ketrampilan), dan mendapatkan sertifikasi dari LPK ini. Jangan urusan pelatihan dan sertifikasi diserahkan sama polisi, nanti mereka terlalu akrab sama polisi dan jadi gak ada takutnya. Nah polisi bisa menanyakan SPA mereka ini, dan mencabut kalau pelanggarannya mengenai tata-tertib angkutan umum seperti ngetem sembarangan. Bahakan kalau perlu DLLAJ juga punya hak utnuk mencabut SPA mereka...

10. Pajak Titik Kemacetan
Mall, pasar, sekolahan, pabrik, dsbnya bisa bikin pusing 7 keliling macet disini. Jadi sarangnya angkot, kaki lima, gerombolan orang, dsbnya. Alhasil jadi macet total selamanya selalu disitu.....

Untuk beginian saran ane pemerintah menerapkan yang namanya Pajak Titik Kemacetan bagi pemilik/pengelola tempat yang suka jadi sumber kemacetan, bikin gede sekalian itu pajak. Supaya mereka mengerahkan semua sekuriti-nya untuk mengatur jalan supaya lancar, ngusirin angkot ngetem. Dengan begini polisi bisa fokus ngejarin koruptor atau kriminil, daripada ngusir2in angkot yang ngeyel....
11. Larangan Konvoi Pembesar
Mendingan negara beliin mereka helikopter dinas dah, daripada dikasih mobil dinas yang mewah. Yang kecil-kecil second harganya sama kaya beli mobil mewah sekelas Lexus, tinggal gaji pilot heli emang lumayan gede

12. Pengetatan Pembatasan Kepemilikan Mobil
Ini paling ribet dah gan, susah2 gampang dan juga sensitif. Gak bisa dipungkirin kemacetan adalah karena jalan sudah tidak bisa menampung kapasitas mobil yang terus berkembang (juga motor

Spoiler for Perbandingan Mobil, Motor, Dan Bus:
Ane saranin pemerintah galakin program city car, kecilin pajaknya, kalau perlu disubsidi. Mobil-mobil mini jenis ini berhasil mengatasi kemacetan di kota-kota besar eropa. Dan berlakukan mobil mini seperi ini dikecualikan dalam 3-in-1, jadi boleh sendirian melewati 3 in 1. Hal ini akan mendorong orang meninggalkan mobil2 besarnya yang menghabiskan space dan memenuh jalan, dan berganit City Car yang lebih efisien.
Spoiler for city car:
Ane capek banget nih bikin trit ini seharian, ....

kalau boleh bagi cendolnya gan biar ane bisa dapet ide solusi laen


masih banyak sebenarnya ide dan solusi...

tapi tempat gak cukup...

Kunjungin juga trit2 ane yang laen gan :
Quote:
0
17K
868


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan