hiiikkksss gambar g muncuulll kenapa ya...padahal mau bgt belajar nih...
alhasil ninggalin jejak dulu dah ah...
Quote:Original Posted By Indro15
Menggambar foto wajah selain sebagai hobi dapat juga berguna untuk pengembangan kemampuan visual dalam menggambar sebuah objek yang realis, seperti objek manusia atau objek tiga dimensi lainnya dalam bidang dua dimensi.

Dari pengalaman penulis, ada dua macam menggambar foto wajah; yang pertama yaitu memindahkan wajah dalam foto ke bidang gambar semirip mungkin dan yang kedua memindahkan wajah dalam foto ke bidang gambar hanya dengan mengambil esensi dari wajah yang akan digambar. Pada kasus yang pertama dibutuhkan kemampuan visual yang cermat serta pengetahuan dasar mengenai anatomi wajah manusia. Sedangkan pada kasus yang kedua selain memiliki kamampuan visual dan pengetahuan anatomi wajah, juga dibutuhkan kemampuan membaca karakter dari objek.

Beberapa tips dalam menggambar foto wajah:

- untuk mempermudah proses penggambaran, sangat dianjurkan untuk membiasakan mata kita melihat objek yang akan digambar, dalam hal ini foto wajah yang akan digambar
- peletakan objek yang akan digambar juga sebaiknya berdekatan atau seolah-olah berdekatan dengan bidang gambar
- arah mata kita harus selalu berpindah-pindah dari bidang objek ke bidang gambar, seperti menciptakan pencitraan foto tersebut pada bidang gambar, sehingga memudahkan kita untuk menentukan proporsi & rana gambar

Berikut ini saya mencoba untuk berbagi sedikit tutorial sederhana membuat sketsa wajah wanita dari referensi foto.

Untuk mempermudah, maka saya mencontohkan wajah yang sudah sangat dikenali oleh para kawula muda (dan tua).

Semoga bermanfaat!


Tahap 1
Setelah terbiasa melihat objek yang akan digambar, mulailah menarik garis sketsa kerangka struktur menggunakan pensil F, H atau HB untuk membuat bidang mata kemudian diteruskan ke bidang hidung dan mulut. Setelah itu buat bidang kepala, telinga dan rambut.
Perlu diperhatikan juga lekukan pada kening, hidung dan bibir.
Bagian ini sangat penting karena menjadi nyawa dari keseluruhan sketsa.
Setelah selesai maka sketsa gambar kepala ini menjadi acuan untuk menggambar bagian tubuh lainnya. Tidak perlu menggambar keseluruhan objek seperti terlihat dalam foto, dengan cara ini bisa menambah keindahan pada gambar.
Spoiler for tahap 1:


Tahap 2
Kemudian tambahkan elemen pendukung seperti rambut, telinga, dagu & elemen lainnya sehingga membentuk kepala secara utuh, juga leher & baju sebatas bagian kerahnya saja.
Dari sini sudah cukup terlihat bahwa yang digambar adalah seorang wanita.
Spoiler for tahap 2:


Tahap 3
Pertegas garis-garis sketsa yang sudah ada menggunakan pensil 2B, sehingga objek yang tergambar mulai terlihat bentuknya. Seperti biasa mulailah dari mata, karena bentuk mata adalah kunci keberhasilan dari seluruh proses. Pada tahap ini, memori kita terhadap wajah asli sang objek (bukan dalam foto) sangat dibutuhkan. Diantaranya memori mengenai lekukan-lekukan wajahnya dan beberapa ekspresi wajahnya. Hapus garis-garis sketsa & struktur yang tidak diperlukan apabila mengganggu.
Spoiler for tahap 3:


Tahap 4
Sekarang masuk tahapan yang cukup serius... memunculkan identitas si objek sketsa ini.
Seperti yang sudah saya utarakan di awal materi, bagian wajah adalah yang terpenting sebagai nyawa dari keseluruhan sketsa.
Setelah selesai mempertegas garis sketsa, maka mulailah memberi arsiran sesuai pencahayaan, dimulai dari mata. Cukup dengan arsiran kasar mengunakan pensil 2B, jangan terlalu runcing atau terlalu tumpul. Berikan karakter garis pada bidang-bidang tertentu; seperti pipi, hidung, telinga dan lainnya. Pada tahap ini gambar akan terlihat seperti komik.
Terlihat pada sketsa, sudah mulai dipastikan bahwa yang saya sketsa adalah bukan Sandra Dewi apalagi Dewi Sandra... jangan bilang ini Luna Maya...
Spoiler for tahap 4:


Tahap 5
Tahap terakhir adalah eksekusi... ehm penyelesaian. Tahap pemberian arsir untuk menampilkan tekstur dan kedalaman objek serta memperkuat lagi ekspresi yang ingin kita munculkan.
Sentuhan akhir menggunakan pensil mulai dari HB hingga 6B (menggunakan HB dan 2B sudah cukup). Pertegas lagi garis-garis tepi serta garis-garis karakter menggunakan pensil 2B runcing. Rapatkan arsiran menggunakan pensil HB tumpul, kemudian timpa dengan pensil 2B tumpul. Untuk menambah hasil yang lebih realis, Anda bisa menggosok hasil arsiran dengan lembut menggunakan tortillon/ndusel, ujung jari, kapas atau penghapus.
Dan jangan lupa, untuk semakin memperindah sketsa kalian, bubuhkan tandatangan di manapun sesuka hati.
Spoiler for tahap 5:


Menggambar wajah dengan trik seperti ini dapat diselesaikan dalam waktu 30 menit.

Spoiler for cewe ca'em:

Spoiler for cowo ganteng maut:


Sekarang neng Diandra-nya sudah jadi, mau saya ajak jalan-jalan dulu ke pantai... hmmm... atau lari dulu ke hutan, lalu ke pantai?



silakan agan2...link na dah dperbaharui untuk sementara...
http://www.kaskus.co.id/showthread.p...3897427&page=3
kasi cendol jg bole...
@bro indro ane uda masukin ke page one yah...
thanks tambahannya...

Quote:Original Posted By hans.kr
@bro indro ane uda masukin ke page one yah...
thanks tambahannya...



sami2 gan...
sebenernya itu trit ane ndiri...tapi kena pindah ma momod ksinih...

Totally Fundamental 4 @rtist

Mantab Gan gambarnya mirip ama buku yg ane punya
judulnya "Human Anatomy 4 Artist" sm "Fundamental Drawing"

Sipp..Sipp manteb Gan
Hello salam kenal...

Gan, ada yg mau share ga, biasa kan klo yg ikut psikotest ada tuh disuruh gbr org terkenal.... nah wktunya kadang mepet bgtttt ...

ada ga tutorial cara cepet, singkat namun jelas gtu, kbtulan ane suka bgt ama yg namanya Bob sadino... thanks gan
Quote:Original Posted By LightMyFire
Hello salam kenal...

Gan, ada yg mau share ga, biasa kan klo yg ikut psikotest ada tuh disuruh gbr org terkenal.... nah wktunya kadang mepet bgtttt ...

ada ga tutorial cara cepet, singkat namun jelas gtu, kbtulan ane suka bgt ama yg namanya Bob sadino... thanks gan


hubungannya gambar orang terkenal dengan psikotes apa gan??
setau ane, psikotes itu yang diliat paradigma atau cara pandang kita terhadap suatu gambar... hehehe...
mungkin ada yang mau menambahkan juga..

_salam kenal juga gan, ane nyubi juga nih di mari.

Quote:Original Posted By LightMyFire
Hello salam kenal...

Gan, ada yg mau share ga, biasa kan klo yg ikut psikotest ada tuh disuruh gbr org terkenal.... nah wktunya kadang mepet bgtttt ...

ada ga tutorial cara cepet, singkat namun jelas gtu, kbtulan ane suka bgt ama yg namanya Bob sadino... thanks gan


pelajari seluk beluk bntuk muka atw jenis pakaian atw gestur tubuh doi yg paling populer
jadiin itu point of interest si model, ga usah kejer mirip tampangnya
yg penting pas org liad... ow ini si itu!
misalkan bob sadino yg terkenalnya kopi koboi lebar, kumis & rambut berjambang putih & pipa rokonya, coba itu yg dijadiin identitasnya
Thanks gan Tutorial gambar sama pelajarannya bagus
dan sudah disusun rapih di halaman pertama ^^

ane cmn bisa ngasi
busyeeet BWK bgt gan.. di resize dong pic nya
btw,, thanks for sharing
numpang nimbrung yah..sekalian save tutorial..
hehe
meskipun udah jelas,tapi masih cukup susah juga yah
info yang amat sangat membantu bg yg ingin belajar menggambar tubuh2 manusia..
tp kok pic-nya kebesaran ya,, jd lama lodingnya,, maklum inet agak lemot..
good..
keep posting bro.. jadi inget pas ikut kelas anatomi.... udah bosen ngeliat cwe bugil mulu
anjrot, ada tekniknya... manteb gan... coba dari dulu nemu ini


ada yg mau share gambar cara bikin gambar tengkorak?
Walah.. susahnya reeek....
padahal tutore sudah jelas... emang ga bakat ane kalo yang beginian..
mantep nih...
nice share deh

sekarang skill gambar tangan ane udah jarang diasah
apa2 pakenya sotosop mulu
wah keren nih

selama ini suka kerepotan klo menggambar bagian tanghan *terutama jari* sama mata..suka beda matanya antara yg kiri sama yg kanan
dah lama ane ga pegang-pegang pensil
sekarang malah lebih sering nge-mouse
tapi tahapan tutorialnya jelas banget gan...ane mo beli buku gambar sama pensil dulu deh