KASKUS

Cara Gambar Bagian-bagian tubuh Manusia

Langsung Aja Bro... Kumpulan Tutorial Cara gambar bagian-bagian tubuh Manusia.....

Spoiler for how to:

Spoiler for how to drawing hands:

Spoiler for how to drawing feet:


Tambahan dari bro anomanobong
Quote:Original Posted By anomanobong

Spoiler for tutorial:


Quote:Original Posted By anomanobong

Spoiler for tutorial:


Quote:Original Posted By anomanobong
Spoiler for manga-men bodies:


Quote:Original Posted By anomanobong
Spoiler for eye tutorial:


Quote:Original Posted By anomanobong
Spoiler for face drawing tutorial:


Quote:Original Posted By anomanobong
Spoiler for foot tutorial:


Quote:Original Posted By anomanobong
Spoiler for how to draw a face:


Quote:Original Posted By anomanobong
Drawing Lessons : How to Draw a Face


Quote:Original Posted By anomanobong
Drawing Lessons : How to Draw a Human Mouth in Conte Crayon


Quote:Original Posted By anomanobong
How to Draw a Realistic Eye


Quote:Original Posted By anomanobong
How to Draw a Manga Eye, Line by Line


Quote:Original Posted By anomanobong
figure drawing - how to draw figure


Quote:Original Posted By anomanobong
how to draw skulls


[QUOTE=Indro15;326983240]Menggambar foto wajah selain sebagai hobi dapat juga berguna untuk pengembangan kemampuan visual dalam menggambar sebuah objek yang realis, seperti objek manusia atau objek tiga dimensi lainnya dalam bidang dua dimensi.

Dari pengalaman penulis, ada dua macam menggambar foto wajah; yang pertama yaitu memindahkan wajah dalam foto ke bidang gambar semirip mungkin dan yang kedua memindahkan wajah dalam foto ke bidang gambar hanya dengan mengambil esensi dari wajah yang akan digambar. Pada kasus yang pertama dibutuhkan kemampuan visual yang cermat serta pengetahuan dasar mengenai anatomi wajah manusia. Sedangkan pada kasus yang kedua selain memiliki kamampuan visual dan pengetahuan anatomi wajah, juga dibutuhkan kemampuan membaca karakter dari objek.

Beberapa tips dalam menggambar foto wajah:

- untuk mempermudah proses penggambaran, sangat dianjurkan untuk membiasakan mata kita melihat objek yang akan digambar, dalam hal ini foto wajah yang akan digambar
- peletakan objek yang akan digambar juga sebaiknya berdekatan atau seolah-olah berdekatan dengan bidang gambar
- arah mata kita harus selalu berpindah-pindah dari bidang objek ke bidang gambar, seperti menciptakan pencitraan foto tersebut pada bidang gambar, sehingga memudahkan kita untuk menentukan proporsi & rana gambar

Berikut ini saya mencoba untuk berbagi sedikit tutorial sederhana membuat sketsa wajah wanita dari referensi foto.

Untuk mempermudah, maka saya mencontohkan wajah yang sudah sangat dikenali oleh para kawula muda (dan tua).

Semoga bermanfaat!


Tahap 1
Setelah terbiasa melihat objek yang akan digambar, mulailah menarik garis sketsa kerangka struktur menggunakan pensil F, H atau HB untuk membuat bidang mata kemudian diteruskan ke bidang hidung dan mulut. Setelah itu buat bidang kepala, telinga dan rambut.
Perlu diperhatikan juga lekukan pada kening, hidung dan bibir.
Bagian ini sangat penting karena menjadi nyawa dari keseluruhan sketsa.
Setelah selesai maka sketsa gambar kepala ini menjadi acuan untuk menggambar bagian tubuh lainnya. Tidak perlu menggambar keseluruhan objek seperti terlihat dalam foto, dengan cara ini bisa menambah keindahan pada gambar.
Spoiler for tahap 1:


Tahap 2
Kemudian tambahkan elemen pendukung seperti rambut, telinga, dagu & elemen lainnya sehingga membentuk kepala secara utuh, juga leher & baju sebatas bagian kerahnya saja.
Dari sini sudah cukup terlihat bahwa yang digambar adalah seorang wanita.
Spoiler for tahap 2:


Tahap 3
Pertegas garis-garis sketsa yang sudah ada menggunakan pensil 2B, sehingga objek yang tergambar mulai terlihat bentuknya. Seperti biasa mulailah dari mata, karena bentuk mata adalah kunci keberhasilan dari seluruh proses. Pada tahap ini, memori kita terhadap wajah asli sang objek (bukan dalam foto) sangat dibutuhkan. Diantaranya memori mengenai lekukan-lekukan wajahnya dan beberapa ekspresi wajahnya. Hapus garis-garis sketsa & struktur yang tidak diperlukan apabila mengganggu.
Spoiler for tahap 3:


Tahap 4
Sekarang masuk tahapan yang cukup serius... memunculkan identitas si objek sketsa ini.
Seperti yang sudah saya utarakan di awal materi, bagian wajah adalah yang terpenting sebagai nyawa dari keseluruhan sketsa.
Setelah selesai mempertegas garis sketsa, maka mulailah memberi arsiran sesuai pencahayaan, dimulai dari mata. Cukup dengan arsiran kasar mengunakan pensil 2B, jangan terlalu runcing atau terlalu tumpul. Berikan karakter garis pada bidang-bidang tertentu; seperti pipi, hidung, telinga dan lainnya. Pada tahap ini gambar akan terlihat seperti komik.
Terlihat pada sketsa, sudah mulai dipastikan bahwa yang saya sketsa adalah bukan Sandra Dewi apalagi Dewi Sandra... jangan bilang ini Luna Maya...
Spoiler for tahap 4:


Tahap 5
Tahap terakhir adalah eksekusi... ehm penyelesaian. Tahap pemberian arsir untuk menampilkan tekstur dan kedalaman objek serta memperkuat lagi ekspresi yang ingin kita munculkan.
Sentuhan akhir menggunakan pensil mulai dari HB hingga 6B (menggunakan HB dan 2B sudah cukup). Pertegas lagi garis-garis tepi serta garis-garis karakter menggunakan pensil 2B runcing. Rapatkan arsiran menggunakan pensil HB tumpul, kemudian timpa dengan
thank banget nih atas share nya...emang dari dulu ane lemah di gambar bagian tubuh
gan, ini judul ebooknya apa yah?
kalo ga sala ane pernah baca ebook mirip beginian tapi yang cartoon..
thanks kalo mo kasi tau..
ijin save as gan
mantab nih tutor anatomi tubuh manusianya
tapi ini lebih ke aliran kartun2 barat kek dc comic ya ?
nice share gan :
wah keren gan....
sangat membantu buat orang yang baru belajar desain kayak ane...
ijin sedot dulu ya gan
tengkyu gan
Beri Credit dong sama yang bikinnya, minimal pajang dibawah gambar.

http://coelasquid.deviantart.com/art...crap-104342407
copas dari deviant ya gan.. atau itu emang punya ente di deviant?.
waw gan..!! mantab boleh gan ane minta tutor buat bikin gambar waahnya gan ga..!! tahnx
Quote:Original Posted By zacks_moezt
waw gan..!! mantab boleh gan ane minta tutor buat bikin gambar waahnya gan ga..!! tahnx


ntar ane cariin deh
ribet gambar2nya gan.kalo ane sih bikin kerangka simplenya dulu baru buat bagiannya,setelah itu tebelin(gradasi garis),baru terakhir arsir(bila perlu).hehe
Quote:Original Posted By kombek1
ribet gambar2nya gan.kalo ane sih bikin kerangka simplenya dulu baru buat bagiannya,setelah itu tebelin(gradasi garis),baru terakhir arsir(bila perlu).hehe


sharing-sharing donks bro... emang banyak tekniknya sih... tergantung yang make enaknya yang mana...
nambahin...
Spoiler for tutorial:
ada lagi... masih dari deviant art
Spoiler for tutorial:
Spoiler for manga-men bodies:
Spoiler for eye tutorial:
Spoiler for face drawing tutorial:
Spoiler for foot tutorial:
Spoiler for how to draw a face:
pernah liat di DA

ato itu DA u gan?
Drawing Lessons : How to Draw a Face