KASKUS

[BUKU BARU]Biografi Letjen TNI (kehormatan) Bambang Sugeng



Buku “Panglima Bambang Sugeng Panglima Komando Pertempuran Merebut Ibu Kota Djogja kembali 1949 dan Seorang Diplomat” yang disusun oleh Edi Hartanto hari ini diluncurkan dalam launching buku yang digelar di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (14/4).

Buku yang mengisahkan tentang kiprah Letjen TNI (Hor) Bambang Sugeng dalam perang kemerdekaan terutama perannya dalam Serangan Umum 1 Maret 1949 hingga jabatan terakhirnya di militer sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) periode 1952-1955 ditulis oleh Edi Hartanto bekerja sama dengan Dinas Sejarah Angkatan Darat (Disjarahad) dan Dinas Pembinaan Mental Angkatan Darat (Disbintalad).

Hadir dalam peluncuran Buku tersebut antara lain mantan Wakil Presiden Jenderal TNI (Purm) Try Soetrisno, mantan Kasad Jenderal (Purn) Tyasno Sudarto serta para Purnawirawan TNI dari Legiun Veteran Indonesia (LVRI).

Terbit dalam format Biografi, buku setebal 321 halaman tersebut mengisahkan perjalanan kehidupan Letjen TNI (Hor) Bambang Sugeng sebagai prajurit dan negarawan. Sebagai Prajurit Ia mencapai Puncak karienya sebagai Kasad. Setelah menyelesaaikan pengabdian keprajuritannya Iapun mengabdikan dirinya sebagai seorang diplomat yang ditugaskan menjadi duta besar Indonesia di Vatikan, Jepang dan Brasil.

Kasad Jenderal TNI George Toisutta dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Sejarah Angkatan Darat (Kadisjarahad) Brigjen TNI Marsono mengatakan, Sejarah mencatat bahwa Letnan Jenderal TNI Bambang Sugeng telah memberikan sebagian besar pengabdiannya di bidang keprajuritan, dengan puncak kariernya sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat. Di dalam pemerintahan beliau juga aktif sebagai diplomat dan beberapa kali dipercaya oleh Negara untuk menjabat Duta Besar RI di Vatikan, Jepang dan Brazil mulai periode tahun 1956 sampai dengan tahun 1967.

Ditambahkan Kasad, Sejak awal pengabdiannya sebagai prajurit pejuang, sampai dengan akhir pengabdiannya di bidang pemerintahan, bahkan sampai masa Purna Bhaktinya, Letjen TNI (Hor) Bambang Sugeng senantiasa memegang teguh prinsip-prinsip perjuangan yang diorientasikan semata-mata untuk memajukan ketentaraan serta kepentingan Bangsa dan Negara. Kesemuanya itu mencerminkan kuatnya nilai-nilai patriotisme dan kejuangan, sekaligus kenegarawanan beliau sebagai prajurit, pemimpin dan tokoh yang kredibel.

Pemrakarsa terbitnya buku “Panglima Bambang Sugeng” ini adalah Hashim Djojohadikusumo beserta keluarga Besar Pejuang mantan Kasad Bambang Sugeng. (Dispenad)

sumber:http://www.tniad.mil.id/1berita.php?...20100414164013

-----------------------------------

Boleh dicari di toko buku nih,krn sangat jarang bangsa ini mempunyai buku biografi pahlawannya sendiri yang bener2 komplit

baru pertamax kali ane liat trit yg ga ada yg nanggapi sama sekali...
Quote:Original Posted By Global Hawk UAV

baru pertamax kali ane liat trit yg ga ada yg nanggapi sama sekali...


mungkin kalo ada yg bahas Bambang Utoyo juga bakal bernasib sama...
kyknya cocok bgt gan, kalau dibuat serial tv siapa tahu bisa nyaingi Band Of Brother sama The Pacific gan
Quote:Original Posted By Global Hawk UAV

baru pertamax kali ane liat trit yg ga ada yg nanggapi sama sekali...


Kira-2 harganya berapaan ya, trus agan sendiri udah sempet nyari bukunya

blon ?
Quote:Original Posted By Global Hawk UAV

baru pertamax kali ane liat trit yg ga ada yg nanggapi sama sekali...


Mang aneh bos??! namanya juga info....ngga penting deh koment lo !
coba cari ah, buku hario kecik belum abis gw baca tapi
ane mah udh dapet gan, orang penulisnya aja temen bokap ane..
dulu tetangga ane, tapi sekarang udh pindah ke tempatnya chris john (banjar negara)..
Yang namanya bambang emang :

ngacier agh ............. (((
Beliau ini yg suka menggambar kartun Mat Karyo di harian suara karya itu bukan..??
siiip dah ..
PDF-nya Gan... Ane Termasuk Silent Reader...



Posted with kaskusBetaQR
Quote:Original Posted By typhoonbringer
coba cari ah, buku hario kecik belum abis gw baca tapi


Ente cari aja dulu buku itu, Pun. Nah, buku Hario Keciknya ane baca aja dulu. Bijimane?
menurut saya beliau ini termasuk salah satu pahlawan yang terlupakan. kiprah Bambang Sugeng dalam era perjuangan sangat besar namun nama beliau tak pernah ada dalam buku2 pelajaran sejarah dari sd sampai tingkat universitas, aneh bukan. berikut ini beberapa andil beliau yang penting :

- beliau adalah wakil dari Panglima Besar Soedirman (banyak yg nggak tahu kan)
- beliau adalah penggagas serangan umum 1 maret, dan memerintahkan kepada suharto untuk melaksanakannya (beliau atasan pak harto)
- beliau yang membuat piagam persatuan angkatan darat yang berhasil menyatukan AD yang waktu itu sedang dilanda krisis kepemimpinan dan terpecah belah.
- beliau orang yang pertama kali menyusun sistim administrasi penomoran anggota TNI (NRP) dan NRB beliau adalah NRP pertama di TNI yaitu NRP:00001
- beliau ditawari menjadi panglima TNI menolak dan menyarankan AH Nasution yang notabene adalah anak buahnya yang akhirnya menjadi panglima. (tidak gila jabatan gan)
- beliau selalu hidup sederhana dan tak pernah mau menerima pemberian fasilitas
- dan masih banyak lagi......

bagaimana pribadi sepenting ini dalam era perjuangan RI kok tidak masuk dalam buku sejarah sama sekali ? dan itulah sebabnya agan2 sekalian jarang atau bahkan tak pernah mendengar namanya.
@ atas : History is written by the victor

btw baru kali ini saya lihat thread ini, bukunya masih banyak di toko buku kah ?
Wah , kebetulan saya sudah beli bukunya di Gramedia harganya 70 ribu ..
Covernya kaya gini neeh

Memuat sambutan Presiden RI, Menkopolhukam, Menhan, Panglima TNI dan Kasad . Isinya antara lain : Panglima Bambang Sugeng arsitek Serangan Umum 1 Maret 1949, Wakil 1 Panglima Besar Sudirman, Kasad Pemersatu Angkatan Darat Republik Indonesia, Kasad NRP Pertama 10001 (Nomor urut pertama di Republik ini), Penanda tangan berdirinya Akademi Militer di Indonesia, Penanda tangan berdirinya SSKAD (SESKOAD) Sekolah Komando Angkatan Darat RI. Satu-satunya Buku Sejarah Biografi yang pantas mendapat Rekor Dunia .

Buruan beli gan ! Sebelum kehabisan di Toko Buku Gramedia 70 rb. Agar kita menghargai Jasa pahlawan yg sebenarnya. Pokoknyaa Keren dah Bukunyaa

Waktu Peluncuran
Spoiler for Gambar 1:

Spoiler for Gambar 2:

Spoiler for Gambar 3:

Spoiler for Gambar 4:
Quote:Original Posted By DisKonekted


- beliau orang yang pertama kali menyusun sistim administrasi penomoran anggota TNI (NRP) dan NRB beliau adalah NRP pertama di TNI yaitu NRP:10001



Betul, Om.
Itu NRP pertama untuk AD. Karena kebetulan pada saat itu beliau menjabat KSAD.
Untuk AL, NRP pertama adalah KSAL Laksamana Madya (L) R. Soebijakto dengan NRP: 1/P
Untuk AU, NRP pertama adalah KSAU Laksamana Madya (U) R. Suryadi Suryadharma dengan NRP: 460001
Karena waktu itu "Bapaknya anak-anak" mengaku sebagai penggagas sekaligus pelaksana dari pada Serangan umum 1 Maret, Maka sosok Bambang Sugeng sebagai penggagas sesungguhnya harus di sembunyiken...

Akhirnya muncul juga buku tentang beliau.
Quote:Original Posted By StipenHoaxing
Karena waktu itu "Bapaknya anak-anak" mengaku sebagai penggagas sekaligus pelaksana dari pada Serangan umum 1 Maret, Maka sosok Bambang Sugeng sebagai penggagas sesungguhnya harus di sembunyiken...

Akhirnya muncul juga buku tentang beliau.


yang mengherankan, pada iklim sekarang ini nama beliau belum juga muncul di buku2 pelajaran sejarah kemerdekaan indonesia......
inilah identitas busuk bapak pembangunan indonesia,
merebut dan mengakui hasil kerja keras orang lain...
gara2 orang tsb bangsa kita tidak bisa maju...
ada pelajaran yang bisa diambil sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga, hukum karma akan berlaku....
saya berharap ada revisi dui buku sejarah nasional indonesia....
semoga dosa2 bapak (alm) Letjen Tni Kehormatan Bambang Sugeng diampuni oleh ALLAH SWT.....
×