KASKUS

Kalau terpaksanya cuma pake leader mono, joran harus siap terus di tangan. Begitu kumbul tenggelam dikit, gentak/kencengin dikit aja, kalo nyangkut Bawalnya, susulin gentak keras. Jarang putus karena mata kail menancap di bibirnya.
Jangan terlalu lama, karena kalau umpan tertelan sama mata kailnya, hampir bisa dipastikan putus.
Saya berkali2 mancing Bawal cuma pake leader mono 12lb, jarang putus.
Kalo mau mancing Grandernya, saya pakai umpan anakan ikan Mas yang merah.
Quote:Original Posted By godhab
ini contoh lure yang dihajar bawal............


Spoiler for pake popper 5 cm:


Spoiler for casper 2,5 cm:


Gan ... bisa di timbulin lagi fotonya... tertarik pengen coba.. ato bisa ke ipung30@yahoo.com ... thanks gan
info tambahan untuk kolam yang sering di beri pakan nasi bekas dan lauk pauk oleh empunya kolam, ikan bawal lebih responsif terhadap umpan lauk pauk, macam daging ayam goreng,kfc,daging empal,semur.....sdh sering saya coba gan
Quote:Original Posted By masmerah
Gan ... bisa di timbulin lagi fotonya... tertarik pengen coba.. ato bisa ke ipung30@yahoo.com ... thanks gan


wew kok bisa ilang itu photo ya................ntar ane kirim ke email agan ya photonya. cuma di cari dulu filenya gan.....ada backup nya nggak soalnya laptop ane lagi rusak.

nanya gan

resep jitu galatama bawal dunk, share ane gan :
Quote:Original Posted By kedot
Kolam ikan bawal air tawar (Colossoma macropomum) dapat dengan mudah kita jumpai di sekitar kita. Popularitas ikan ini memang tergolong sangat ‘benderang’ di negeri ini. Salah satu kunci kesuksesan ikan ini bahwa dia tergolong rakus dan tidak pilih-pilih makanan. Simpelnya, pemakan segala (omnivora). Apapun yang ada di dekat dia pasti disambar. Artinya makanannya gampang. Bahkan ada guyonan jika kita di dekat kolam bawal jangan sampai sandal jatuh ke kolam karena pasti akan koyak disambar bawal. Pertumbuhan ikan ini juga cepat dan ‘tahan goncangan’ jadi selain menguntungkan, para pembudidaya dan pemilik kolam dapat tidur dengan tenang karena kemungkinan rugi bisa diminimalkan. Tak heran bukan jika ikan ini menjadi begitu popular?

Lalu apa hubungannya dengan pemancing? Pertama karena ikan ini rakus dan memakan segala. Yang berarti mudah dipancing. Umpannya tidak repot dicari dan pasti dapat. Kita bisa memakai umpan yang mahal ataupun yang murah dan ya itu tadi, sandal pun jika Anda lempar ke kolam akan dia sambar. Alasan kedua tentu karena kolam bawal mudah ditemukan. Jadi kapanpun ingin mancing bawal pemancing tidak perlu menempuh perjalanan jauh. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki waktu yang sempit. Dan terakhir perlawanan ikan ini juga dapat dikategorikan lumayan.

Mancing Dengan Cara Kasting
Memang, lagi-lagi, cara mancing bawal di kolam pemancingan dengan kasting memakai minnow ataupun spoon tidak sepopuler cara mancing tradisional. Dari puluhan pemancing yang membanjiri sebuah kolam bawal di hari libur misalnya, belum tentu satu diantaranya memancing dengan artificial lure.

Tapi jika ternyata Anda adalah satu di antara sekian banyak pemancing tradisional di kolam bawal itu yang memancing dengan artificial lure Anda tak perlu berkecil hati. Karena Anda juga pasti bisa ‘memanen’ bawal di kolam itu sama seperti mereka. Apalagi cara mancing Anda lebih cool. Jadi santai saja.

Layaknya kolam pemancingan, areal paling dalam atau lubang atau drop off-nya kolam biasanya terletak di tengah-tengah kolam. Ini sebenarnya dalam rangka fair play saat mancing di kolam sehingga dimanapun posisi pemancing berdiri mereka memiliki akses yang sama terhadap wilayah konsentrasi ikan.

Sebelum memulai kasting perhatikan dahulu kondisi permukaan kolam. Jika banyak tenggakan di kolam, maka umpan minnow pun sudah cukup karena itu artinya ikan banyak naik ke dekat permukaan. Tetapi jika sedikit tenggakan mungkin anda perlu memasang spoon atau deep diver minnow karena itu artinya ikan sedang dekat dengan dasar. Minnow atau spoon yang bisa dipakai antara ukuran 3 cm sampai 5 cm. Jangan lupa perhatikan kualitas hooks yang terpasang di minnow ataupun di spoon Anda. Jika yang terlalu murahan baiknya hook diganti dengan yang cukup baik agar tidak lempeng saat disambar bawal.

Piranti yang Anda butuhkan cukup yang kelas ringan. Joran kelas 1000, 2000 sudah cukup. Tali mono cukup kelas antara 6 lbs sampai 8 atau 10 lbs. Tapi tambahkan leader agak besar di ujung tali (sekitar 20 lbs) untuk menahan gigitan bawal. Jika semua piranti sudah siap di genggaman kemudian kastinglah sampai menjangkau areal ikan tersebut. Lebih baik jika bisa melewati areal itu. Tetapi karena kolam pemancingan biasanya ramai maka jangan memaksakan kasting jauh-jauh kecuali akurasi Anda sudah sangat baik. Karena jika akurasi Anda buruk dan sering menyangkut ke line orang non sport angler Anda biasanya akan diomongin atau diteriakin “Kalau mau mancing cara itu di laut saja!”. Atau yang lebih parah “Sok pamer nih.”

Kemudian setelah lure Anda menyentuh permukaan kolam, retrieve-lah ril dengan sangat pelan (untuk minnow) dan jika memakai spoon pertahankan pada kecepatan “asal tidak menyentuh dasar kolam”. Bersiaplah karena bawal pasti akan merespon umpan Anda lebih cepat dari yang Anda bayangkan. Anda tentu tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi sambaran. Gentak coy! Maka ikan pun akan pasrah tersangkut di lure Anda. Salah satu keasyikan tersendiri memancing bawal dengan artificial lure adalah ikan yang menyambar lure kita rata-rata ukurannya lebih besar dibanding yang menyambar umpan-umpan tradisional.

Menyenangkan bukan? Memang. Tetapi ini akan menjadi sulit dan menjadi acara “makan hati” jika kecepatan retrieve ril Anda terlalu cepat. Pokoknya asal jangan terlalu cepat dijamin bawal akan menyambar lure Anda dan bawal pun bisa bawa pulang sekaligus Anda akan menjadi seleb baru di pemancingan tersebut. Tentunya jangan lupa bertanya kepada pengelola kolam sebelum mancing ikan di kolam itu benar-benar ada atau tidak. Karena Anda tentu tidak mau dianggap sedang belajar melempar umpan bukan? Selamat kasting bawal.

Sumber: Iwandi


Bosen gan klo mancing di Saung Wergi Lembang dapetnya ikan bawal mulu... ane kasih cabe rawit juga disamber saking rakusnya nih ikan... hahaha
Quote:Original Posted By anakempang

klo saya ama om batank mancing, buka pintu pager sendiri...
padahal yg punya lg tidur..



hasil subuh2 buka pagar empang, GO CASTING BAWAL!!

Spoiler for Casting:

nanya umpan bawal

sori kalo salah kamar

umpan galatama bawal yg jos gandos waktu mancing malam hari apa ya???

kondisi kolam:
warna coklat kehijauan
mengalir pelan
blower tidak ada
kedalaman 1-2 meter
isi kolam : patin,bawal,mas
batas waktu : 2 jam
waktu : malam hari mulai jam 19.00 s/d 01.00

umpan yg pnah dicoba : jangkrik,susu+kuning telor,pepaya,belut kukus,nasi+kara,tempe,usus ayam
hasil : narik bawal sekali pake susu+kng telor,lainnya boncozz

peserta lain yg menang rata2 pake pelet ato roti
maturnuwun sakderengipun
makasih infonya
pengetahuan baru nih :
Quote:Original Posted By kolorcoklat
kalo kolam sendiri enak om,
subuh2 emangnya pemancingan udah pada buka ?


kalo ditempat ane, malah kolam bawal 24 jam nonstop gan, meski ikan tiap hari abis dikuras, tapi yang mancing tetep setia untuk datang,
kayanya boleh dicoba ilmunya nih
indonya gan
Quote:Original Posted By calvaria
sori kalo salah kamar

umpan galatama bawal yg jos gandos waktu mancing malam hari apa ya???

kondisi kolam:
warna coklat kehijauan
mengalir pelan
blower tidak ada
kedalaman 1-2 meter
isi kolam : patin,bawal,mas
batas waktu : 2 jam
waktu : malam hari mulai jam 19.00 s/d 01.00

umpan yg pnah dicoba : jangkrik,susu+kuning telor,pepaya,belut kukus,nasi+kara,tempe,usus ayam
hasil : narik bawal sekali pake susu+kng telor,lainnya boncozz

peserta lain yg menang rata2 pake pelet ato roti
maturnuwun sakderengipun


pake umpan jadah bakar trus di goreng ? udah belum ? atau jadah goreng aja... goreng asal biar klo di tancep di mata kail ga cepet pecah.

Spoiler for :
Agan agan jagoan mancing bawal, maap klo ane salah kamar yaa...

Babeh ane baru aj buka pemancingan ikan bawal kiloan, tapi yg bikin ane aneh gan, stiap hr sbtu minggu pas yg mancing rame, tapi yg narik dikit....giliran yg mancing dikit ky hr snin or slasa, yg narik jadi banyak....ane kasian ama pemancingan yg sbtu minggu jadinya gan, pada kecewa karena narikny cuma dikit....caranya biar bawal itu galak gmna ya gan....

Owh iya, Lokasi Empang Ane d Komplek Pertamina Pondok Ranji Gan.... dket stasiun pondok ranji, ancer ancer paling gampang, dr perempatan lampu merah bintaro plaza, ke kanan, ke arah kampung utan ciputat....lurus aj, lewatin rel kreta stasiun...smpe ketemu alfa mart yg ad tukang becak ny, itu komplek pertamina gaan....masuk dikit lg, udah kliatan pemancingan ane...tanya aj pemancingan bawal depan mesjid....klo agan agan ad yg berminat mampir n bilang tau dr kaskus ane ksh diskon d gan....tapi jgn lupa ksh masukan ke empang ane yaaa....pagemana cara ny biar empang Babeh ane lumayan maju....

Matur Nuhun Gaann.... tararenkyu.....malu
kalo ane di daerah ciledug, kalo GT an pake bawal kail no 7, jadi gak gampang bengkok atau patah dan gak kekecilan juga kalo pas naik babon. umpanya ane pake ati ayam mentah atau bakwan di potong kecil2. umpannya di selipin di ujung mata kail aja.

nah kalo dah gitu...siap2 dah mandi lumpur gara2 joran nyebur, sama nyari kang pijet gara2 tangan kesemutan
Salam kenal Masbroo,
Makasi untuk infonya.Ane dah hampir setahun mancing GT bawal kadang dari siang ampe malam hari.untuk umpan disebagian empang juga ada peraturannya mengingat bawal bersifat pemakan segalanya.kalo Ane selama ini make umpan kacang mede sama ongol-ongol.make ongol-ongol lemparan diusahakan disatu titik biar bomman ga menyebar kemana-mana.kadang saat ikan ngedrop makan,Ane lebih milih lempar umpan deket 0,5 ampe 2 meter (ngedek) pake kacang mede,asal jangan lupa bering dikendorin biar ada jeda saat ikan makan dan joran ga nyemplung saat kita bengong tapi lebih save joran dipegang kalo ngedek.
Ane biasa mancing di GT Bawal Eretan sebelah Danau Cipondoh,make nama lapak Gagak II.
Salam kenal semuanya...

sekedar sharing aja gan, ane pernah nyoba, pelet yang sudah di alusin/ yg tinggal pake, itu ane celupin kuning telor bebek,
umpan ini sering bikin ane gak enak ati ama tetangga kanan-kiri di kolam.. soalnya beberapa kali ane coba, blum lama tuh umpan nyemplung, dah di samber bawal, sementara tetangga kanak-kiri gak di colek2,,

sekali waktu, pernah juga ane coba tuh pelet ane campurin udang basi yg dah di alusin/di tumbuk/blender, ini juga manjur gan...
tapi bau udangnya gak nahan... manggil laler ijo...
oh ya klo menurut ane umpan mancing buat bawal di kolam bahri duren sawit pake umpan amis gan 1 bungkus djempol amis spesial+2kuning telor bebek+1kaleng pacific queen sama air hangat dikit hasil dateng pagi jam 6.30 langsung di samper tuh sama bawal tapi karena ane iketnya salah di kili-kili jadi putus mulu
pernah pake umpan djempol amis premium+crystal, 2kuning telor bebek, 1 kaleng pacific queen hasil boncos pas ane cium ga amis ..
jadi kesimpulannya mungkin bawal menyukai yang amis dibandingkan yang wangi CMIIW
Quote:Original Posted By keringat
oh ya klo menurut ane umpan mancing buat bawal di kolam bahri duren sawit pake umpan amis gan 1 bungkus djempol amis spesial+2kuning telor bebek+1kaleng pacific queen sama air hangat dikit hasil dateng pagi jam 6.30 langsung di samper tuh sama bawal tapi karena ane iketnya salah di kili-kili jadi putus mulu
pernah pake umpan djempol amis premium+crystal, 2kuning telor bebek, 1 kaleng pacific queen hasil boncos pas ane cium ga amis ..
jadi kesimpulannya mungkin bawal menyukai yang amis dibandingkan yang wangi CMIIW


kpn kpn klo ane dah plng dari bandung kita mancing harian bawal di dket rumah ane,,tapi kita berangkat subuh biar dpt tempat yg ajib ikannya....
ane br mo mancing gan... thx infonya ya...
Quote:Original Posted By nalasadewa
kpn kpn klo ane dah plng dari bandung kita mancing harian bawal di dket rumah ane,,tapi kita berangkat subuh biar dpt tempat yg ajib ikannya....


okey gan ane tunggu mumpung masih libur kuliah