KASKUS

Video [KOMUNITAS] *SKYDIVING/Terjun Payung* ++Extreme Sport++

*SKYDIVING/Terjun Payung*

Olahraga terjun payung merupakan cabang olah raga udara yang sangat digemari masyarakat karena sifatnya yang menantang. Sudah lama manusia ingin melakukan penerjunan, namun tidak dapat dilaksanakan karena pada waktu itu belum ada peralatan yang memadai. Baru pada tahun 1617, Fausto Veranzio menjadi manusia pertama yang melakukan penerjunan dari sebuah menara di Venesia, Italia dan mendarat dengan selamat mempergunakan alat yang mirip parasut. Sedangkan penerjunan dari suatu benda terbang, baru dapat dilaksanakan untuk pertama kalinya pada tahun 1797, yaitu oleh Andre Jacques Garnerin di Paris, Perancis dari sebuah balon udara. Leslie Irvin yang diselamatkan oleh parasut dalam suatu kecelakaan di Inggris, merasa berhutang budi pada perlengkapan itu. Sejak peristiwa yang terjadi pada tahun 1919 itu, dia membaktikan seluruh sisa hidupnya untuk mengembangkan dan menyempurnakan teknologi dan sistem parasut.

Namun terjun payung sebagai suatu olahraga, baru diperkenalkan di Indonesia untuk pertama kali pada tahun 1962 oleh Mladen Milicevic (Mica), seorang Yugoslavia, yang pada waktu itu diperbantukan di Sekolah Para Komando TNI AD di Batujajar. Sejak itu, terjun payung berkembang menjadi sebuah olahraga yang semakin digemari. Perkumpulan terjun payung pertama adalah AVES didirikan di Bandung oleh para mahasiswa ITB bersama wartawan Trisnoyuwono pada tanggal 29 Juli 1969. Dan sejak itu olahraga terjun payung terus berkembang di seluruh tanah air. Pada tanggal17 Januari 1972, klub-klub terjun payung yang terdapat di Indonesia (62 klub) sepakat untuk bergabung dalam induk organisasi FASI.

Cabang olahraga inipun tak bisa terlepas dari kemajuan teknologi, yang mampu menciptakan peralatan-peralatan baru yang semakin hari semakin canggih. Penggunaan peralatan-peralatan baru tersebut oleh para atlet memungkinkan dilakukannya manuver-manuver baru di udara yang sulit dilakukan dengan peralatan jenis lama. Bahkan dengan menggunakan peralatan-peralatan baru tersebut mampu dipecahkan rekor-rekor baru dalam berbagai nomor perlombaan.




Cabang olahraga terjun payung memperlombakan berbagai nomor antara lain ketepatan mendarat, kerjasama di udara, kerjasama antar kanopi dan free style. Nomor-nomor lain adalah formation skydiving dan skysurfing. Jenis parasut yang digunakan dalam perlombaan terjun payung misalnya jenis DC-5 untuk ketepatan mendarat, PD-150 untuk kerjasama di udara. Prestasi tingkat nasional yang pernah dicapai adalah dalam kelas kerjasama di udara sebanyak 23 peterjun yang dibukukan di Bali disela-sela Kejuaraan Dunia Terjun Payung 1989.

Berbagai perlombaan cabang olahraga terjun payung yang pernah diselenggarakan baik tingkat nasional maupun internasional, meliputi:


1. Kejuaraan Terjun Payung Dunia XIII di Itali tahun 1976. Diikuti para peserta dari Amerika, Uni Sovyet, Jerman Timur, Polandia, Perancis, Bulgaria, Cekoslovakia, Kanada, Hungaria, Inggris, Finlandia, Swiss, Italia, Jerman Barat, Australia, Austria, Norwegia, Denmark, Afrika Selatan, Turki, Meksiko, Indonesia, Jepang, Belanda, Peru, Swedia, Panama, Chili.
2. Kejuaraan Terjun Payung Asean I di Bandung tanggal 3 - 16 Juli 1976, diikuti oleh Indonesia, Malaysia, Singapura, Muangthai, Philipina.
3. HUT KOPASSUS ke-45 tanggal 17 April 1977. Berhasil dilakukan pemecahan rekor Kerjasama Antar Parasut sebanyak 17 peterjun.
4. PON IX 24 Juli - 2 Agustus 1977 di Jakarta dengan peserta Sumut, DKI, DIY, Jabar, Jatim.
5. Kejuaraan Terjun Payung Asean II di Quezon City, Philipina tanggal13 Maret – 8 April 1979. Peserta: Indonesia, Malaysia, Singapura, Muangthai, Philipina.
6. Kejuaraan Terjun Payung Asean III di Seletar, Singapura tanggal 1 - 10 Pebruari 1979. Peserta: Indonesia, Singapura, Muangthai, Philipina.
7. Kejuaraan Terjun Payung Internasional di Ipoh, Malaysia tanggal 28 Juni - 5 Juli 1980. Peserta: Indonesia, Malaysia, Singapura, Muangthai, Philipina, Australia, Taiwan dan Selandia.
8. PON X 19-30 Desember 1981 di Bogor. Peserta: Sumut, DKI, DIY, Jabar, Jatim, Aceh, Jateng, Sulut.
9. Kejuaraan Terjun Payung Asean IV di Malaca, Malaysia tanggal 4 - 14 Juni 1981. Peserta : Indonesia, Malaysia, Singapura, Muangthai, Philipina, Brunei dan Taiwan.
10. Kejuaraan Antar Terjun Payung Perguruan Tinggi se Indonesia di Bandung tanggal 1 - 4 Agustus 1982. Peserta: 12 Perguruan Tinggi (Univ. Mahadira, UGM, UNS, Unbra, UKI, UPN, ITB, Unpad, Univ. Sam Ratulangi, Usakti, PTIK)
11. Kejuaraan Terjun Payung Asean V di Lephuri, Muangthai tanggal 30 Maret 10 April 1982. Peserta: Indonesia, Malaysia, Singapura, Muangthai, Philipina, Brunei, Cina dan Korea Selatan.
12. Kejuaraan Terjun Payung Malaysia Ter buka III di Malaca, Malaysia tanggal 11 - 21 Desember 1982.Peserta: Indone sia, Malaysia, Brunei, Singapura.
13. Kejuaraan Terjun Payung Malaysia Terbuka III di Malaca, Malaysia tanggal 30 Mei - 3 Juni 1983. Peserta: Indonesia, Malaysia, Hongkong, dan Singapura.
14. Kejuaraan Terjun Payung Asean VI di Bogor tanggal 5 - 12 Nopember 1983. Peserta: Indonesia, Malaysia, Brunei, Australia dan Internasional.
15. PON XI 1985. Peserta: DKI, DIY, Jabar, Jatim, Aceh, Jateng, Sulut, Sumsel, Kalbar, Sulsel.
16. Kejuaraan Terjun Payung Malaysia Terbuka di Malaca, Malaysia tanggal 20 28 September 1987. Peserta: Indonesia, Malaysia, Brunei, Muangthai, dan Singapura.
17. PON XII 1989. Peserta: DKI, DIY, Jabar, Jatim, Aceh, Jateng, Sulut, Sumsel, Kalbar, Sulsel.
18. Kejuaraan Dunia Terjun Payung 1991.
19. Elevation New Year Bali Boogie 2003, tanggal 28 Desember 2002 - 1 Januari 2003.
20. Internasional Open Parachuting Championship I, Manado 2005.
21. Internasional Open Parachuting Championship II, Manado 2007.
22. PON XVII 2008.
23. Indonesia Merdeka Open ASIANIA Parachuting Championship, Solo 2010.






Indonesia akan gelar kejuaraan terjun payung internasional hari kemerdekaan ri di so

INDONESIA AKAN GELAR KEJUARAAN TERJUN PAYUNG 2010 INTERNASIONAL
HARI KEMERDEKAAN RI DI SOLO JAWA TENGAH.



Persatuan Olahraga Dirgantara Terjun Payung PB FASI akan menyelenggarakan Kejuaraan Terjun Payung Internasional Terbuka Indonesia merdeka yang sekaligus merupakan kejuaraan Federasi Terjun Payung Asia-Oceania ASIANIA ke 13 pada tanggal 1 July hingga 10 July 2010 di Kartasura Solo Jawa Tengah.Kepastian kejuaraan tersebut menjadi kalender Federasi Terjun Payung Asia –Oceania ASIANIA setelah Bidding Indonesia diterima oleh pengurus ASIANIA pada Kejuaraan Terjun payung di Jeddah Arab Saudi 20 Februari lalu. Indonesia terpilih menyisihkan Cina dan Mesir yang juga mengajukan bidding yang sama.Ketua Federasi terjun Payung Asia Oceania ASIANIA Mubarrak Al Swallim menilai kejuaraan di Indonesia sangat penting karena aktivitas Indonesia yang positif dan strategis di Asia. Olehkarena itu diputuskan Kejuaraan Terjun Payung Internasional Terbuka Indonesia Merdeka juga menjadi kejuaraan resmi ASIANIA ke 13 dan ia akan mengerahkan 26 negara anggota ASIANIA untuk dapat berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut.
Kepala Staf TNI Angkatan Udara selaku Ketua Umum PB FASI Marsekal TNI Imam Shufaat ketika menerima laporan tentang rencana kejuaraan tersebut menyatakan mendukung penuh untuk dapat terselenggaranya kejuaraan itu dan mengharapkan selain kejuaraan dapat menghadirkan sebanyak mungkin kontingen mancanegara , supaya disiapkan pula Tim Indonesia yang terbaik yang akan didukung dalam penyiapan pelatihannya.
Kejuaraan Terjun Payung Internasional di kota Kartasura Solo itu akan mempertandingkan nomor Ketepatan Mendarat , Kerjasama di Udara formasi 4 peterjun dan Kerjasama Antar Parasut Formasi 2 Peterjun. Selain pertandingan dalam kejuaraan tersebut akan diselenggarakan juga terjun Boogie di lokasi-lokasi wisata yang akan mengundang seluruh peterjun dunia.
Ketua Pordirga Terjun Payung PB FASI Nisfu Chasbullah seusai menutup Sarasehan Nasional Terjun Payung Indonesia Sabtu 27 Februari di Wisma persada Jakarta menegaskan bahwa dengan dukungan dan dorongan para Pembina Kejuaraan Terjun Payung Internasional tersebut diharapkan dapat membangkitkan kembali pengembangan dan prestasi terjun paying Indonesia. Pordirga Terjun Payung akan segera melakukan seleksi untuk Tim Nasional dan yang akan mewakili Negara, masing-masing klub terjun payung sipil dan militer dapat mengirimkan timnya untuk katagori kejuaraan terbukanya dan terjun Boogie.Sementara itu Ketua Umum Panitia Kejuaraan Marsekal pertama Wahyudin Karnadinata menyatakan selain kejuaraan akan diselenggarakan juga seminar dan kursus wasit terjun payung internasional sertifikat Federasi olahraga dirgantara internasional atau FAI dan rangkaian kegiatan terjun promosi kejuaraan atau di berbagai kota dari mulai bulan Maret sampai tibanya kejuaraan dengan tema “Road to Kartasura “ .






INDONESIA MERDEKA INTERNATIONAL OPEN & ASIANIA 13th PARACHUTING CHAMPIONSHIP

INDONESIA MERDEKA INTERNATIONAL OPEN & ASIANIA 13th PARACHUTING CHAMPIONSHIP.
1th - 10th July 2010. Surakarta-Solo, Central Java.
Indonesia.





The competition will be conducted under the auspices of the ASIANIA Parachute Federation and the National Parachuting Association , FASI ( Federasi Aero Sport Indonesia).

Title of Event:

" 13h Asiania Parachuting Championship and Indonesian Merdeka International Open 2010 ".

Date and Place:
1) Event will take place from 1 July to 10 July 2010
2) Venue of the competition will be at Surakarta-Solo Central Java, near Yogyakarta, Indonesia.

To determine Indonesian Kemerdekaan International Open 2010 champions in:
1) Team and Individual Accuracy (Male and Female).
2) 2 Way Canopy Formation Sequential.
3) 4 Way Formation Skydiving.
4) Boogie Jump.

Judge Conference :
There will be a Technical Conference for Judges on the 29th and 30th June 2010.
All judges must attend.

Aircraft for the Events:
1) CN235 aircraft with an exit speed of 80 knots + or – 5 knots.
2) C-130 Hercules.
3) Cassa 212.
4) Helicopter with an exit speed of 80 knots + or - 5 knots.

ELIGIBILITY TO COMPETE :

1) 13th Asiania Championships :
is open to the representatives from current ASIANIA member countries.
ASIANIA membership requires that the country must be financially current with both ASIANIA and FAI memberships and all invited country that currently not a member of ASIANIA & FAI

2) Indonesian Kemerdekaan International Open 2010 :
is open to representatives from the current ASIANIA member countries and International skydiving communities.

3) “Guests” :
Any team or competitor representing a country that is not a current member of ASIANIA or the FAI may only compete as a “Guest Team” or “Guest Individual” in these events and will not be eligible to receive any official placing, nor will they be eligible to receive any awards or prizes. They will be listed as “Guest” team or Individual on the results.

4) " BOOGIE JUMP " :

Kegiatan Non Lomba ini merupakan rangkaian acara tambahan yang kita sebut Terjun Wisata ( Boogie Jump ) untuk memperkenalkan daerah tujuan wisata di Solo dan sekitarnya :

1. Kraton Mangkunegaran
Istana Kasunanan merupakan daerah wisata sejarah terkenal di Indonesia yang sudah dengan berbagai tradisinya sering dijadikan lokasi rekreasi dan sekaligus penerjunan boogie.

2. Candi Boko Piyungan Yogyakarta, Candi Prambanan, Candi Borobudur Magelang, Pantai Sundak Bantul

3. Air Terjun Tawangmanggu.
Obyek wisata alam pegunungan unggulan yang juga akan dijadikan tempat penerjunan.

4. Waduk Gajahmungkur
Wisata air dan rekreasi serta lokasi olahraga paralayang kelas dunia yang selalu dijadikan obyek penerjunan pada setiap adanya kejuaraan

5. Lokasi lainnya disekitar Solo dan Yogya dan sekitarnya yang dapat dijadikan lokasi penerjunan.

Sekretariat :
PT. PIMENTO KREASI ARTHA UTAMA
Wisma Eka Karma
Lt. 3a, Jalan Kapten Tendean No. 15 (Sebelah Trans TV)
Jakarta Selatan.12790. INDONESIA.
Phone/Fax : +62 21 7919 2823
email : indonesiaparachuting13thasiania@yahoo.com
Website : indonesiaparachuting13thasiania.com
Our website is under construcsions.

Contact Person :
1. Rama Roring
2. Resha Sri Harmanto
3. Nafti Louise
4. Dwi Waskito
5. Hendi Sys


http://www.facebook.com/home.php#!/p...?v=info&ref=mf



Skydiving challenge

SKYDIVING CHALLENGE



Program SKYDIVING CHALLENGE memang diarahkan kepada khalayak yang belum pernah melakukan kegiatan Terjun Payung dan ingin melakukannya tetapi tidak tau dimana dan bagaimana..

Program ini merupakan bagian dari kegiatan utama yaitu INDONESIA MERDEKA INTERNATIONAL OPEN & 13th ASIANIA PARACHUTING CHAMPIONSHIP 2010 yang merupakan Kejuaraan International Open dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia serta menjadi Tuan rumah bagi Kejuaraan Terjun Payung Asia - Oceania yang ke-13 yang merupakan kalender kegiatan tahunan Kejuaraan Terjun Payung negara-negara ASIA & OCEANIA, tercatat hingga saat ini sudah 41 Negara yang menyatakan akan ikut serta dan 21 Team dari dalam negeri termasuk Team Nasional.

Akan ada banyak kegiatan"side event" selama 10 hari Kejuaraan dimana salah satunya adalah SKYDIVING CHALLENGE :


*. Accelerated FreeFall "stage 1" ( Rp. 5.000.000,- ).
-. Merasakan dan mempelajari bagaimana caranya terbang, dan akan didampingi oleh jumpmaster bersertifikasi Internasional.

*. Tandem Jump. ( Rp 4.000.000,- )
-. Merasakan serunya olahraga terjun payung, terbang bersama tandem master yang bersertifikasi Internasional,


Harga yang tercantum diatas sudah termasuk penginapan (Twinshare) selama 2 Malam di Lorin Resort-solo (Hotel Bintang 5) serta 3 kali makan, Biaya Shuttle, Biaya Jump Master/Instructor, Pesawat untuk Terjun, Perlengkapan, Foto udara saat terjun, Ground Training, Asuransi Jiwa, Unlimited Mineral Water, Softdrink/Beer Voucher, Party Free Entry & Welcome Drink (Sky Divers Party), Merchandize, Polo shirt, Sertifikat, Discussion session (1st day - upon arrival), Pemeriksaan Kesehatan.

Catatan: Tidak termasuk biaya transport ke Solo... :-)

Syarat:
1. Sehat Fisik & Mental
2. Usia diatas 21 tahun (Tidak diperlukan surat izin orang tua)
3. Usia 18 - 20 Tahun (Harus ada Izin Orang tua)
4. Registrasi dapat dilakukan melalui sekretariat atau melalui Website
(Under Construction)
5. Menandatangani Waiver Agreement
6. Membayar Biaya Registrasi seperti tercantum pada Poster.
dapat dilakukan 2 kali (saat Mendaftar dan sisanya paling lambat 2
Minggu sebelum keberangkatan.) Rekening Bank Panitia akan tercantum
pada formulir pendaftaran atau dapat langsung datang ke Sekretariat.
7. Mengikuti Rules & Regulation yang berlaku Internasional tanpa terkecuali


Sekretariat :
PT. PIMENTO KREASI ARTHA UTAMA
Wisma Eka Karma
Lt. 3a, Jalan Kapten Tendean No. 15 (Sebelah Trans TV)
Jakarta Selatan.12790. INDONESIA.
Phone/Fax : +62 21 7919 2823
email : indonesiaparachuting13thasiania@yahoo.com
Website : indonesiaparachuting13thasiania.com
Our website is under construcsions.

Contact Person :
1. Rama Roring (0817850387)
2. Resha Sri Harmanto (021-96236037)
3. Budiman Muhamad (Bugils) (021-68097595)
4. Nafti Louise (085882709116)


http://www.facebook.com/event.php?ei...9618418&ref=mf




mantep nih
waduh serem nih
gan klo untuk daerah jakarta ada tidak gan?saya pengen nyobaen terjun payung tandem gan...
Quote:Original Posted By 9000.000
mantep nih


yoi banget..tertarik buat mencoba...??



Quote:Original Posted By spyro90
waduh serem nih


justrus seramnya itu keasikannya....bagaimana qta bisa melawan rasa takut jadi kesenagan....



Quote:Original Posted By 345
gan klo untuk daerah jakarta ada tidak gan?saya pengen nyobaen terjun payung tandem gan...


justru home base qta di jakarta...hanya lg ada event aja di solo...

klo mau tandem bisa kok gan di jakarta....

qta sering latihan di lapangan terbang pondok cabe....

untuk info lebih lanjut PM ane aja gan....



wah boleh dcoba nich
Quote:Original Posted By Gh3to
wah boleh dcoba nich



silahkan saja klo mau mencoba......



Quote:Original Posted By selabung
Biasanya dulu gwe terjun dari atas jembatan



iyu mah BASE JUMP namanya bukan terjun payung gan.....



anjriit event keren nih. pengen banget ane gan nyobainnya. 4 juta ane belain dah.
Quote:Original Posted By Sibernetik
anjriit event keren nih. pengen banget ane gan nyobainnya. 4 juta ane belain dah.


dengan senang hati bro....

silahkan daftar aja...
dan kirim @mail daa diri juragan.....

indonesiaparachuting13thasiania@yahoo.com



aaaaaaaaa.....daptar gaaaannnn
harus ikutttt
dari dulu pengen ikut ginian susah banget cari infonya, tapi itu tanggal 1-9??lama banget ya gan??berat minta cutinya
Quote:Original Posted By tribbiani
aaaaaaaaa.....daptar gaaaannnn
harus ikutttt
dari dulu pengen ikut ginian susah banget cari infonya, tapi itu tanggal 1-9??lama banget ya gan??berat minta cutinya


klo ikut cuma 3hari kok gan....

ga sampai 9hari.......
daftar aja gan.....


5 juta gan yak...klo gak pake tetek bengek yg laen, cuma nyemplung, instruktur, ground training aje gmana gan? trus berapa kali nyemplung gan, takutnya nih gan, klo nyoba sekali trus asik harus dicoba saat itu juga gan, klo gak bisa kebawa mimpi ampe seminggu
daerah jakarta atau bogor sekitar gak ada ya gan? solo kejauhan.. ribet minta cuti

minta info yang di jakarta donk bos.. pm aj