KASKUS

Thumbs up [diskusi nasehat tips &trik]memulai usaha spbu or pom bensin,dari awal hingga mahir..




Stasiun pengisian bahan bakar adalah tempat di mana kendaraan-kendaraan dapat diisikan dengan bahan bakar. Di Indonesia, stasiun pengisian bahan bakar dikenal dengan nama SPBU (singkatan dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) dan juga pom bensin. Di Medan, SPBU disebut galon.
Stasiun pengisian bahan bakar biasanya menjual bahan bakar seperti:

* bensin
* solar
* Elpiji
* minyak tanah
Selain bahan bakar, ada pula stasiun yang juga menyediakan fasilitas pompa angin. Stasiun-stasiun yang modern di luar negeri umumnya juga dilengkapi minimarket yang buka 24 jam. Ada pula yang menyediakan fasilitas pencucian mobil.
Di beberapa negara, termasuk Indonesia, stasiun pengisian bahan bakar dijaga oleh petugas-petugas yang mengisikan bahan bakar kepada pelanggan. Pelanggan kemudian membayarkan biaya pengisian kepada petugas. Di negara-negara lainnya, misalnya di Amerika Serikat atau Eropa, pompa-pompa bensin tidak dijaga oleh petugas; pelanggan mengisi bahan bakar sendiri dan kemudian membayarnya kepada petugas di sebuah loket/counter.
[sunting] Di Indonesia Hingga pertengahan Oktober 2005, perusahaan pemerintah, Pertamina, merupakan satu-satunya perusahaan yang mendirikan SPBU di Indonesia. Pada Oktober 2005, Shell menjadi perusahaan swasta pertama yang membuka SPBU-nya di Indonesia, yang terletak di Lippo Karawaci, Tangerang. Shell menjual bahan bakar beroktan tinggi yang diimpor dari Singapura dan memasang harga yang kompetitif dengan harga milik Pertamina.
Mungkin untuk menghadapi kemungkinan datangnya pesaing, Pertamina akhir-akhir ini telah meremajakan stasiun-stasiunnya, misalnya dengan perubahan pada penampilan dan penambahan fasilitas. Selain itu, mereka kini lebih banyak membuka stasiun-stasiun milik mereka sendiri (bukan dengan sistem waralaba). Stasiun-stasiun tersebut umumnya lebih besar daripada stasiun-stasiun waralaba.
[sunting] Perusahaan-perusahaan yang mengoperasikan stasiun pengisian bahan bakar
SPBU Petronas di Malaysia.

Beberapa perusahaan yang mengoperasikan stasiun pengisian bahan bakar di dunia:

* Shell
* BP
* ExxonMobil
* Esso
* Caltex

tambahan luar :
http:// pastipas. pertamina. com / lokasi . asp
http: // www . kompas.com / kompas-cetak / 0511 / 02 / ekonomi / 2180400
. htm
http : // id . wikipedia . org / wiki / Stasiun_pengisian_bahan_bakar

Quote:Original Posted By bapakpejabat,


Pada halaman Info SPBU ini, Anda dapat membaca beberapa informasi umum mengenai SPBU, mulai dari definisi istilah, persyaratan standar PT. Pertamina untuk sarana dan prasarana, bangunan, lokasi dan perijinan umum, serta ketetapan initial fee SPBU.

SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum) merupakan prasarana umum yang disediakan oleh PT. Pertamina untuk masyarakat luas guna memenuhi kebutuhan bahan bakar. Pada umumnya SPBU menjual bahan bakar sejenis premium, solar, pertamax dan pertamax plus.
Pertamina Way & Pasti Pas

* Pertamina Way adalah program yang diluncurkan oleh PT. Pertamina dengan penerapan standar pelayanan yang terdiri dari 5 (lima) elemen, yaitu pelayanan staff yang terlatih dan bermotivasi, jaminan kualitas dan kuantitas, fasilitas dan peralatan yang terawat dengan baik, memiliki format fisik yang konsisten, dan penawaran produk dan pelayanan bernilai tambah dengan operator yang selalu menerapkan 3S (Salam, Senyum, Sapa).
* Pasti Pas adalah SPBU yang telah mendapatkan sertifikat Pasti Pas! dari auditor independen dengan jaminan pelayanan terbaik yang memenuhi standar kelas dunia. Konsumen akan mendapatkan kualitas dan kuantitas BBM yang terjamin, pelayanan yang ramah, serta fasilitas yang nyaman.

Sarana dan Prasarana Standar yang Wajib dimiliki Oleh Setiap SPBU

* Sarana pemadam kebakaran:
o Sesuai dengan pedoman PT. Pertamina.
* Sarana lindungan lingkungan:
o Instalasi pengolahan limbah.
o Instalasi oil catcher dan well catcher:
+ Saluran yang digunakan untuk mengalirkan minyak yang tercecer di area SPBU kedalam tempat penampungan.
o Instalasi sumur pantau:
+ Sumur pantau dibutuhkan untuk memantau tingkat polusi terhadap air tanah di sekitar bangunan SPBU yang disebabkan oleh kegiatan usaha SPBU.
o Saluran bangunan/drainase sesuai dengan pedoman PT. Pertamina.
* Sistem Keamanan:
o Memiliki pipa ventilasi tangki pendam;
o Memiliki ground point/strip tahan karat;
o Memiliki dinding pembatas/pagar pengaman;
o Terdapat rambu-rambu tanda peringatan.
* Sistem Pencahayaan:
o SPBU memiliki lampu penerangan yang menerangi seluruh area dan jalur pengisian BBM;
o Papan penunjuk SPBU sebaiknya berlampu agar keberadaan SPBU mudah dilihat oleh pengendara.
* Peralatan dan kelengkapan filling BBM sesuai dengan standar PT. Pertamina berupa:
o Tangki pendam;
o Pompa;
o Pulau pompa.
* Duiker, dibutuhkan sebagai saluran air umum di depan bangunan SPBU
* Sensor api dan perangkat Pemadam kebakaran
* Lambang PT. Pertamina
* Generator
* Racun Api
* Fasilitas umum:
o Toilet;
o Mushola;
o Lahan parkir.
* Instalasi listrik dan air yang memadai
* Rambu-rambu standar PT. Pertamina:
o Dilarang merokok;
o Dilarang menggunakan telepon seluler;
o Jagalah kebersihan;
o Tata cara penggunaan alat pemadam kebakaran.
Pelaksanaan Operasional SPBU

* Pelaksanaan operasional SPBU harus sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure) PT. Pertamina.
* Perekrutan dan pengadaan karyawan adalah tanggung jawab pemohon, dan para pekerja diwajibkan bekerja sesuai dengan etika kerja standar PT. Pertamina.

kembali keatas


Bangunan SPBU Berdasarkan Standar PT. Pertamina:

* Desain bangunan harus disesuaikan dengan karakter lingkungan sekitar (contoh: letak pintu masuk, pintu keluar, dan lain-lain);
* Elemen bangunan yang adaptif terhadap iklim dan lingkungan (sirip penangkal sinar matahari, jendela yang menjorok kedalam, dan penggunaan material dan tekstur yang tepat);
* Desain bangunan SPBU harus disesuaikan dengan bangunan di lingkungan sekitar yang dominan;
* Arsitektur bangunan sarana pendukung harus terintegrasi dengan bangunan utama;
* Seluruh fasade bangunan harus mengekspresikan detail dan karakter arsitektur yang konsisten;
* Variasi bentuk dan garis atap yang menarik;
* Bangunan harus adaptif terhadap panas matahari dan pantulan sinar matahari dengan merancang sirip penangkal sinar matahari dan jalur pejalan kaki/ trotoar yang tertutup dengan atap;
* Bangunan dibagi-bagi menjadi komponen yang berskala lebih kecil untuk menghindari bentuk massa yang terlalu besar;
* Panduan untuk kanopi adalah sebagai berikut:
o Integrasi antara kanopi tempat pompa bensin dan bangunan diperbolehkan;
o Ketinggian ambang kanopi dihitung dari titik terendah kanopi tidak lebih dari 13’9’’. Ketinggian keseluruhan kanopi tidak lebih dari 17’;
o Ceiling kanopi tidak harus menggunakan bahan yang bertekstur atau flat, tidak diperbolehkan menggunakan material yang mengkilat atau bisa memantulkan cahaya;
o Tidak diperbolehkan menggunakan lampu tabung pada warna logo perusahaan.
* Panduan untuk pump island adalah sebagai berikut:
o Pump island ini terdiri dari fuel dispenser, refuse container, alat pembayaran otomatis, bollard pengaman, dan peralatan lainnya;
o Desain pump island harus terintergrasi dengan struktur lainnya dalam lokasi, yaitu dengan menggunakan warna, material dan detail arsitektur yang harmonis
o Minimalisasi warna dari komponen-komponen pump island, termasuk dispenser, bollard dan lain-lain.
* Sirkulasi/jalur masuk dan keluar:
o Jalan keluar masuk mudah untuk berbelok ke tempat pompa dan ke tempat antrian dekat pompa, mudah pula untuk berbelok pada saat keluar dari tempat pompa tanpa terhalang apa-apa dan jarak pandang yang baik bagi pengemudi pada saat kembali memasuki jalan raya;
o Pintu masuk dan keluar dari SPBU tidak boleh saling bersilangan;
o Jumlah lajur masuk minimum 2 (dua) lajur;
o Lajur keluar minimum 3 (tiga) lajur atau sama dengan lajur pengisian BBM;
o Lebar pintu masuk dan keluar minimal 6 m.



========================================================

mohon di share gan, ane pengin usaha spbu nih, kira kira apa yang di perlukan, trus butuh uang berapa,,,dan luar dalam mengenai spbu, silahkan....
Quote:Original Posted By bapakpejabat,

Persyaratan Umum Perijinan SPBU

Di bawah ini adalah persyaratan umum perijinan SPBU yang harus dipebuhi calon mitra setelah calon mitra dinyatakan lolos proses verifikasi seleksi online ini.

Persyaratan Permohonan Ijin Baru

* Persyaratan permohonan ijin SPBU sebagai berikut:
1. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik/pimpinan badan usaha;
2. Biodata perusahaan/akta pendirian perusahaan (untuk badan usaha);
3. Lay out bangunan SPBU dan konfigurasi SPBU yang akan dibangun;
4. Peta lokasi skala 1:10.000 atau lebih besar, dan peta topografi/rupa bumi skala 1:25.000 yang memperlihatkan titik lokasi rencana pendirian SPBU;
5. Data kapasitas penyimpanan dan perkiraan penyaluran BBM;
6. Data inventarisasi perlatan dan fasilitas yang dipergunakan;
7. Rekomendasai dari penyedia BBM yang ditunjuk/diakui oleh Pemerintah dilampiri dengan salinan/copy kontrak;
8. Foto copy ijin peruntukan penggunaan tanah (IPPT) sesuai dengan skala kegiatan;
9. Foto copy ijin gangguan (HO);
10. Foto copy Ijin Mendirikan Bangunan (IMB);
11. Bukti pengesahan meter pompa SPBU dari instansi yang berwenang;
12. Foto copy ijin timbun tangki dari instansi yang berwenang;
13. Dokumen pengelolaan lingkungan hidup sesuai dengan skala kegiatan.
14. Fotokopi surat izin pembangunan SPBU dari Jasamarga (khusus bagi pendaftar yang memiliki lokasi di jalan tol).
15. Nama Kelurahan di sertifikat tanah harus sesuai dengan lokasi pendirian SPBU yang didaftarkan.

Hasil verifikasi kemudian menjadi bahan rekomendasi untuk persetujuan pendirian SPBU/SPPBE

Bentuk Kerjasama yang di Tawarkan

1. DODO (Dealer Owned Dealer Operated)
SPBU DODO PT. Pertamina adalah SPBU milik swasta, baik lahan, investasi, maupun operasionalnya.
2. CODO (Company Owned Dealer Operated)
SPBU CODO PT. Pertamina merupakan SPBU sebagai bentuk kerjasama antara PT. Pertamina dengan pihak-pihak tertentu. Antara lain kerjasama pemanfaatan lahan milik perusahaan ataupun individu untuk di bangun SPBU PT. Pertamina.

Persyaratan Lokasi SPBU

Dalam pembangunan sebuah SPBU, luas minimal lahan tergantung dari letak lahan yang akan dibangun menjadi sebuah SPBU. Apabila lahan yang akan dibangun SPBU terletak dijalan besar/utama, maka luas lahan yang harus dimiliki minimal 2500 m². Sedangkan untuk akses jalan lokal minimal 700 m².

SPBU terdiri dari 5 tipe diantaranya adalah tipe A.B.C.D dan E. dimana klasifikasi SPBU tersebut adalah sebagai berikut :
KOMPONEN \tTIPE A \tTIPE B \tTIPE C \tTIPE D \tTIPE E
Minimal Ukuran Lahan (m²) \t2500 \t1600 \t1225 \t900 \t700
Min Lebar Muka Jalan \t50 \t40 \t35 \t30 \t20
Selang \tMin. 26 \t20 – 25 \t16 - 20 \t10 - 16 \tMax 10
Kapasitas Tangki \tMin. 160 kl \tMin. 140 kl \tMin. 100 kl \tMin. 80 kl \tMin. 60 kl

kembali keatas


Initial Fee

Biaya perizinan yang dikeluarkan oleh mitra pada dasarnya adalah biaya atas hak intelektual yang dikeluarkan oleh PT. Pertamina untuk perancangan desain SPBU, biaya pemakaian logo, produk PT. Pertamina, dan biaya pendaftaran pola baru. Biaya tersebut merupakan biaya resmi PT. Pertamina. Mitra tidak dibebankan biaya lain selain biaya tersebut. Setiap aplikasi yang disetujui dikenakan biaya Initial Fee yang besarnya diatur sebagai berikut:
TYPE SPBU \tPERKIRAAN VOLUME PENJUALAN \tBESARNYA INITIAL FEE
SPBU TYPE A\t> 35 Kilo Liter\tRp. 800.000.000,00
SPBU TYPE B\t> 25 Kilo Liter dan <= 35 Kilo Liter\tRp. 650.000.000,00
SPBU TYPE C\t> 20 Kilo Liter dan <= 25 Kilo Liter\tRp. 500.000.000,00
SPBU TYPE D\t> 15 Kilo Liter dan <= 20 Kilo Liter\tRp. 350.000.000,00
SPBU TYPE E\t<= 15 Kilo Liter\tRp. 250.000.000,00



Quote:Original Posted By bapakpejabat,


\t

SPBU Pertamina PASTI PAS! adalah SPBU yang telah tersertifikasi dapat memberikan pelayanan terbaik memenuhi standard kelas dunia. Konsumen dapat mengharapkan kualitas dan kuantitas BBM yang terjamin, pelayanan yang ramah, serta fasilitas nyaman.

Kualitas dan kuantitas BBM terjamin karena SPBU PASTI PAS! menggunakan alat-alat pengukur kualitas dan kuantitas lebih akurat juga menerapkan prosedur monitoring yang lebih ketat. Untuk menjamin ketepatan takaran, SPBU melakukan test ketepatan volume secara rutin dengan batas toleransi akurasi lebih ketat dari SPBU biasa. Dinas Metrologi akan melakukan kalibrasi ulang pompa yang telah melewati batas toleransi. Untuk menjamin kualitas BBM, SPBU melakukan pengujian kualitas 3 kali lebih banyak dari SPBU biasa, juga dengan batas toleransi lebih ketat.

Konsumen akan selalu disambut oleh senyum, salam, dan sapa operator. Untuk memastikan anda mendapatkan volume yang akurat operator akan menunjukkan pada anda mesin pompa menunjukkan angka nol sebelum mulai pengisian.

PASTI PAS DAPAT DI PERCAYA
SPBU Pertamina PASTI PAS! hanya diberikan kepada SPBU yang telah mendapatkan dan dapat mempertahankan audit sertifikasi oleh auditor internasional independen.


Untuk mendapatkan sertifikasi PASTI PAS!, SPBU harus lolos audit kepatuhan standard pelayanan yang ditetapkan oleh Pertamina. Audit ini mencangkup standard pelayanan, jaminan kualitas dan kuantitas, kondisi peralatan dan fasilitas, keselarasan format fasilitas, dan penawaran produk dan pelayanan tambahan. Setelah mendapatkan sertifikat PASTI PAS!, SPBU akan tetap diaudit secara rutin. Jika tidak lolos, SPBU dapat kehilangan predikatnya sebagai SPBU PASTI PAS!

Seluruh proses sertifikasi dilakukan secara independen oleh Bureau Veritas, institusi auditor independen internasional yang memiliki pengalaman Internasional untuk melakukan audit pelayanan SPBU.

PASTI PAS dapat di kenali


Konsumen dapat mengenali SPBU PASTI PAS! melalui beberapa cara
1. Lihat logo dan sertifikat PASTI PAS!: logo akan pada kantung kiri operator sedangkan sertifikat PASTI PAS! dapat dilihat dalam kantor SPBU
2. Rasakan pelayanan operator: operator akan mengucapkan selamat pagi/siang/malam, menunjukkan angka nol, dan mengucapkan terimakasih dengan ramah
3. Temukan melalui website ini: fungsi Lokasi SPBU menyediakan daftar SPBU PASTI PAS! lengkap dengan lokasi, foto, dan deskripsi singkat produk dan pelayanan yang tersedia


sekian gan



klo beli spbu atau pom bensin bekas, gimana baiknya,,,

Thumbs up 

ati ati gan, klo beli bekas, makelarnya, ngambil untungnya, perlu di perhatiin waktu beli bekas ntu, perhitungan harganya kita beli dari luas tanah berdasar harga NJOP tanah tsb dan omset ntu spbu, trus klo ntu spbu bermasalah/pernah mencurangi pembeli, butuh waktu 2-3 tahun untuk mendapat kepercayaan konsumen...moga bantu
Quote:Original Posted By bapakpejabat




Stasiun pengisian bahan bakar adalah tempat di mana kendaraan-kendaraan dapat diisikan dengan bahan bakar. Di Indonesia, stasiun pengisian bahan bakar dikenal dengan nama SPBU (singkatan dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) dan juga pom bensin. Di Medan, SPBU disebut galon.

Stasiun pengisian bahan bakar biasanya menjual bahan bakar seperti:

* bensin
* solar
* Elpiji
* minyak tanah

Selain bahan bakar, ada pula stasiun yang juga menyediakan fasilitas pompa angin. Stasiun-stasiun yang modern di luar negeri umumnya juga dilengkapi minimarket yang buka 24 jam. Ada pula yang menyediakan fasilitas pencucian mobil.

Di beberapa negara, termasuk Indonesia, stasiun pengisian bahan bakar dijaga oleh petugas-petugas yang mengisikan bahan bakar kepada pelanggan. Pelanggan kemudian membayarkan biaya pengisian kepada petugas. Di negara-negara lainnya, misalnya di Amerika Serikat atau Eropa, pompa-pompa bensin tidak dijaga oleh petugas; pelanggan mengisi bahan bakar sendiri dan kemudian membayarnya kepada petugas di sebuah loket/counter.
[sunting] Di Indonesia

Hingga pertengahan Oktober 2005, perusahaan pemerintah, Pertamina, merupakan satu-satunya perusahaan yang mendirikan SPBU di Indonesia. Pada Oktober 2005, Shell menjadi perusahaan swasta pertama yang membuka SPBU-nya di Indonesia, yang terletak di Lippo Karawaci, Tangerang. Shell menjual bahan bakar beroktan tinggi yang diimpor dari Singapura dan memasang harga yang kompetitif dengan harga milik Pertamina.

Mungkin untuk menghadapi kemungkinan datangnya pesaing, Pertamina akhir-akhir ini telah meremajakan stasiun-stasiunnya, misalnya dengan perubahan pada penampilan dan penambahan fasilitas. Selain itu, mereka kini lebih banyak membuka stasiun-stasiun milik mereka sendiri (bukan dengan sistem waralaba). Stasiun-stasiun tersebut umumnya lebih besar daripada stasiun-stasiun waralaba.
[sunting] Perusahaan-perusahaan yang mengoperasikan stasiun pengisian bahan bakar
SPBU Petronas di Malaysia.

Beberapa perusahaan yang mengoperasikan stasiun pengisian bahan bakar di dunia:

* Shell
* BP
* ExxonMobil
* Esso
* Caltex

tambahan luar :
http:// pastipas. pertamina. com / lokasi . asp
http: // www . kompas.com / kompas-cetak / 0511 / 02 / ekonomi / 2180400
. htm
http : // id . wikipedia . org / wiki / Stasiun_pengisian_bahan_bakar


mohon di share gan, ane pengin usaha spbu nih, kira kira apa yang di perlukan, trus butuh uang berapa,,,dan luar dalam mengenai spbu, silahkan....


Kok banyak suntingnya? Ni pasti dari wikipedia g diedit dulu ya?
wah klo gni pasti modalnya gedhe ya gan ??
ckckck
kdu sukses dlu nih sblm bkin bisnis ini...


___________________________________________________

skalian mampir lapak ane gan


KAOS KEREN IRON MAN 2 MURAH !!
ENTER HERE

Talking 

nah..kalau ingin mendirikan spbu or pom bensin....yang penting ijin dulu ke bupati/walikota... kalau ijin nya bisa...disetujui... baru anda beli pompa bensinnya. jangan seperti pedagang....ya, buka toko dulu baru ajukan ijin. untuk SPBU anda harus menentukan tempat/ada tempatnya dulu, ijin ke bupati/walikota lalu buka usaha. kalau terbalik...kuatir kalau tidak diijinkan...anda akan rugi banyak nantinya.
Modal sekitar 6-10 milyar.
tempat harus sesuai dengan standar keselamatan pertamina, tidak boleh abal-abal.
Quote:Original Posted By bapakpejabat
klo beli spbu atau pom bensin bekas, gimana baiknya,,,


beli baru aja..beli bekas nanti ketinggalan jaman. pom ensin ketinggalan jaman tidak dibolehkan pertamina.

pom bekas...bentar-bentar mogok..usaha anda akan terganggu. maklum pom sudah di bekerja siang-malam.
modal gde banget tu gan...:maho:maho
kalo gak salah untuk mendirikan SPBU baru ada aturan jarak (km) dengan SPBU yang udah ada di daerah itu terlebih dahulu y gan?

Jadi maksudnya gini, ane mau bikin SPBU di Jalan X di kota A, nah di jalan X itu udah ada SPBU , nah ane kalo mau bikin SPBU baru di jalan x, jaraknya dari SPBU yang udah ada itu harus minimal ... km.

nah jaraknya itu berapa km ya gan? ada yg tau?
untuk laba bersihnya rata" bisa dapat berapa nih perbulannya?
kalo dari perbincangan salah satu customer kantor ku (dulu.. taon kemaren maksudnya) tu gini
  1. kita deposit dulu ke depo pertamina. Dulunya.. deposit dulu, trus bisa ambil BBM, sisanya dilunasi saat pengambilan berikutnya. tapi sekarang tidak, baru bisa diambil ketika udah dilunasin semua
  2. harus memiliki standar keselamatan, dan alat2 keselamatan. nah itu mahal, anggep aja sepatu untuk 1 orang sekitar 300rb, trus pemadam yg 20kg itu sekitar 20jt an, trus pemadam yg kecil2, itu udah berapa sendiri?
  3. sejak adanya pasti pas, pom bensin itu harus mengirimkan salah satu pegawainya untuk ikut 'ujian' pasti pas. kalo masalah ini saya kurang tau, mungkin yg lain ada yg bisa bantu?
  4. luas tanah untuk SPBU. pastinya harus besar dan (idealnya) tidak berhimpit2an dengan bangunan lain. selain itu, letaknya juga harus dipikirkan. ga mungkin kan kita buka SPBU di jalanan yang sempit dan kecil?
  5. pembangunan tangki untuk menyimpan bbm. wah ini sudah berapa sendiri? secara ga mungkin kan dicampur jadi 1 tangkinya
  6. retribusi ke pemkot (tapi mungkin ini ga semua) soalnya setau saya, (waktu masih di semarang) ada SPBU yang ditutup ama pemerintah gara2 tidak memberikan retribusi. sedangkan berapa retribusinya, saya kurang tau. tapi kalo liat kasus sperti itu, mestiny retribusi nya lumayan gede juga kan?

itu yg saya tau...mungkin ada yang menambahkan? yang jelas emang modalnya gede, bisa sampe 20M juga kalo mo bikin yg bagus+gede
buat apa gan? ane gada duit hahha
Nice info gan......

ijin bookmark dlu ya
Wah saya dari dulu penasaran soal ini nih... tapi ternyata modalnya gede banget yah...
Apalagi nih ketentuan2 lainnya untuk buat SPBU?
wah masa sampe 20M ya

klo perkiraan gue yg awam akan hal ini sih "cuma" dibawah 10M
-untuk pembelian lahan
-membangun spbu
-fasilitas spbu
-isi bahan bakar

Talking 

Quote:Original Posted By webgain
beli baru aja..beli bekas nanti ketinggalan jaman. pom ensin ketinggalan jaman tidak dibolehkan pertamina.

pom bekas...bentar-bentar mogok..usaha anda akan terganggu. maklum pom sudah di bekerja siang-malam.

gan, tp klo bikin baru kan gamblinG? kita gak tau laris atau enggak? sedangkan klo bekas, kita tinggal duduk terima angpao ^_^,. mohon saran gan..

Thumbs down 

Quote:Original Posted By ikmi parno
kalo gak salah untuk mendirikan SPBU baru ada aturan jarak (km) dengan SPBU yang udah ada di daerah itu terlebih dahulu y gan?

Jadi maksudnya gini, ane mau bikin SPBU di Jalan X di kota A, nah di jalan X itu udah ada SPBU , nah ane kalo mau bikin SPBU baru di jalan x, jaraknya dari SPBU yang udah ada itu harus minimal ... km.

nah jaraknya itu berapa km ya gan? ada yg tau?


dulu 10 km minimal gan atau berhadap hadapan trus jng deket deket lampu merah, tp sekarang, dah jaman reformasi, minimal 1 km , boleh buka..,sekarang, aneh dah, padahal, klo kyk gini, kurang dari 5 km, kurang performa lho spbunya...
Quote:Original Posted By imtita
kalo dari perbincangan salah satu customer kantor ku (dulu.. taon kemaren maksudnya) tu gini
  1. kita deposit dulu ke depo pertamina. Dulunya.. deposit dulu, trus bisa ambil BBM, sisanya dilunasi saat pengambilan berikutnya. tapi sekarang tidak, baru bisa diambil ketika udah dilunasin semua
  2. harus memiliki standar keselamatan, dan alat2 keselamatan. nah itu mahal, anggep aja sepatu untuk 1 orang sekitar 300rb, trus pemadam yg 20kg itu sekitar 20jt an, trus pemadam yg kecil2, itu udah berapa sendiri?
  3. sejak adanya pasti pas, pom bensin itu harus mengirimkan salah satu pegawainya untuk ikut 'ujian' pasti pas. kalo masalah ini saya kurang tau, mungkin yg lain ada yg bisa bantu?
  4. luas tanah untuk SPBU. pastinya harus besar dan (idealnya) tidak berhimpit2an dengan bangunan lain. selain itu, letaknya juga harus dipikirkan. ga mungkin kan kita buka SPBU di jalanan yang sempit dan kecil?
  5. pembangunan tangki untuk menyimpan bbm. wah ini sudah berapa sendiri? secara ga mungkin kan dicampur jadi 1 tangkinya
  6. retribusi ke pemkot (tapi mungkin ini ga semua) soalnya setau saya, (waktu masih di semarang) ada SPBU yang ditutup ama pemerintah gara2 tidak memberikan retribusi. sedangkan berapa retribusinya, saya kurang tau. tapi kalo liat kasus sperti itu, mestiny retribusi nya lumayan gede juga kan?

itu yg saya tau...mungkin ada yang menambahkan? yang jelas emang modalnya gede, bisa sampe 20M juga kalo mo bikin yg bagus+gede




Mahal amat gan. Coba ane cek di toko sebelah
Bukannya tahun ini pertamina stop pembuatan SPBU ya? Soalnya dah kepenuhan..
Denger denger gitu sih..
×