KASKUS

Aqua dan kejahatan konspirasi (air aqua jauh dari bersih)

Spoiler for sejarah AQUA:


Tapi, pertanyaannya adalah, datang dari manakah air bersih yang dijual oleh Aqua sehingga sekarang manusia perlu membayar hanya untuk mendapatkan air bersih?

Quote:Kisah dari Sekitar Sumber Mata Air
Salah satu dari sekian banyak mata air yang dieksploitasi dan disedot habis-habisan oleh Aqua hingga hari ini adalah mata air Kubang yang terletak di kampung Kubang Jaya, desa Babakan Pari yang berada di kaki gunung Salak, Sukabumi bagian utara.

Sumber mata air di Kubang mulai dieksploitasi oleh Aqua sejak sekitar tahun 1992-an. Kawasan mata air Kubang yang sebelumnya merupakan kawasan pertanian, kemudian oleh Aqua diubah menjadi kawasan seperti hutan yang tidak boleh digarap oleh warga setempat. Sekeliling kawasan mata air Kubang dipagari tembok oleh Aqua dan dijaga ketat oleh petugas keamanan sewaan selama 24 jam penuh setiap harinya. Tidak ada seorang pun yang boleh memasuki kawasan tersebut tanpa surat ijin yang ditandatangani langsung oleh pimpinan kantor pusat Aqua Grup di Jakarta.

Pada awalnya air yang dieksploitasi oleh Aqua adalah air permukaan, yaitu air yang keluar secara langsung dari mata air tanpa dibor. Namun pada tahun 1994, Aqua mulai mengeksploitasi air bawah tanah dengan cara menggali jalur air dengan mesin bor bertekanan tinggi.

Sejak air di mata air Kubang disedot secara besar-besaran oleh Aqua, banyak perubahan yang dirasakan oleh warga sekitar. Yang paling terasa adalah menurunnya kualitas dan kuantitas sumber daya air di desa, dan ini berdampak buruk pada kehidupan warga desa itu sendiri. Penurunan daya dukung air ini tampak dari mulai munculnya masalah-masalah terkait dengan pemanfaatan sumber daya air di tingkat komunitas sejak sumber mata air Kubang dikuasai oleh Aqua. Salah satu masalahnya adalah kurangnya ketersediaan air bersih untuk konsumsi rumah tangga sehari-hari termasuk air untuk minum, memasak, mencuci, mandi dan lain-lain. Masalah ini dapat dilihat dari keadaan-keadaan sumur-sumur milik warga yang menjadi sumber pemenuhan akan kebutuhan air bersih sehari-hari. Sekarang, tinggi muka air sumur milik kebanyakan warga maksimal hanya tinggal sejengkal saja atau sekitar 15 cm. Bahkan beberapa sumur sudah menjadi kering samasekali. Padahal sebelum Aqua menguasai air di sana, tinggi muka air sumur biasanya mencapai 1-2 meter. Dulu, hanya dengan menggali sumur sedalam 8-10 meter saja, kebutuhan air bersih untuk sehari-hari sudah sangat terpenuhi. Sekarang, warga perlu menggali sampai lebih dari 15-17 meter untuk mendapatkan air bersih. Dulu, warga tidak memerlukan mesin pompa untuk menyedot air untuk keluar dari tanah, sekarang dalam sekali sedot menggunakan mesin pompa, air hanya mampu mencukupi 1 bak air saja dan setelah itu sumurnya langsung kering. Bahkan pada beberapa kampung, apabila dalam sebulan saja hujan tidak turun, sumur menjadi kering sama sekali. Padahal dulu, saat musim kemarau memasuki bulan ke-6 pun tidak membuat air sumur menjadi kering.

Masalah lainnya lagi adalah, kurangnya ketersediaan air untuk kebutuhan irigasi pertanian. Masalah ini dialami oleh para petani dari hampir semua kampung di kawasan desa Babakan pari. Saat ini para petani di beberapa kampung tersebut saling berebut air karena ketersediaan air yang sangat kurang. Bahkan beberapa sawah tidak kebagian air dan mengandalkan air dari air hujan saja. Akibatnya, banyak sawah kekeringan pada musim kemarau dan tentu saja hal ini menimbulkan masalah perekonomian yang cukup serius bagi para petani.

Hal serupa juga terjadi di Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Aqua mengeksploitasi air secara besar-besaran dari tengah sumber mata air di Kabupaten Klaten sejak 2002. Sama dengan apa yang terjadi di desa Babakan Pari, mayoritas penduduk di daerah tersebut juga menopang kehidupannya dari pertanian. Karena debit air menurun sangat drastis sejak Aqua beroperasi di sana, sekarang para petani terpaksa harus menyewa pompa untuk memenuhi kebutuhan irigasi sawahnya. Untuk kebutuhan sehari-hari, penduduk harus membeli air dari tangki air dengan harga mahal karena sumur-sumur mereka sudah mulai kering akibat “pompanisasi” besar-besaran yang dilakukan oleh Aqua. Hal ini sangat ironis mengingat Kabupaten Klaten merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya air. Di satu Kabupaten ini saja sudah terdapat 150-an mata air.

Aqua memiliki izin untuk mengambil air sebanyak 18 liter per detik melalui sumur bor di dekat mata air Sigedang, yang juga merupakan air sumber irigasi untuk lahan pertanian di lima kecamatan. Ironisnya, saat kurangnya air irigasi ini memicu konflik di antara petani itu sendiri dalam soal perebutan sumber air yang semakin mengering demi sawah-sawah mereka, Aqua malah mengajukan permintaan menaikkan debit dari 18 liter menjadi 60 liter per detik. Salah satu hal yang juga menjelaskan mengapa ide swasembada pangan semakin menjadi angan-angan belaka.

Hingga saat ini Grup Aqua memiliki 10 sumber mata air di: (1) Berastagi, Sumut, (2) Lampung (Jabung dan Umbul Cancau), (3) Mekarsari, Sukabumi (Kubang), (4) Subang (Cipondoh), (5) Wonosobo (Mangli), (6) Klaten (Sigedang), (7) Pandaan, Jatim, (8) Kebon Candi, Jatim, (9) Mambal, Bali dan (10) Menado (Airmadidi)(OHH TIDAKKK! MANADOKU! ).

(BERSAMBUNG DI POST KE 6 DI BAWAH)
KALO KEPANJANGAN, LIAT YANG DI SPOILER DI BAWAH AJA. ITU YG PLG MENCENGANGKAN
Quote:[SPOILER="ngaku KASKUSER? buka dulu!!!"]Silahkan ke tkp gan [/SPOILER]


Apakah PERTAMAX udah d amankan by Penyergap PERTAMAX?!!!!,,yg gagal jangan mewek


[SPOILER="Penyergap PERTAMAX community Base Camp"]Base Baru GAn[/SPOILER]

ane tetp percaya AQUA bersih gan
*blump*




hoo begitu toh


ane suka masak sendiri, trus diminum deh,.

Smile 

gila gannnnn
(sambungan dari yg ada di atas atasnya atas post ini punya atas 4 post diatas ane cepet amit.)


Quote:Hari ini, selain Aqua, terdapat 246 perusahaan AMDK yang beroperasi di Indonesia. Produksi AMDK amat boros air. Menurut catatan ASPADIN (Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan Indonesia), perusahaan AMDK di seluruh Indonesia setiap tahun membutuhkan sekitar 11,5 miliar liter air bersih, namun yang pada akhirnya menjadi produk AMDK hanya sebanyak 7,5 miliar liter per tahun. Sisanya, 4 miliar liter air bersih, terbuang percuma untuk proses pencucian dan pemurnian air.

Kejahatan yang Terlupakan di Balik Legalitas
Seperti sayur-sayuran, air yang merupakan sebuah produk alam, keluar dari muka bumi secara gratis dan tentu saja bukanlah “milik” siapapun. Sama seperti oksigen, seharusnya siapapun dapat mengakses air bersih. Apa yang terjadi di desa Babakan Pari dan Kabupaten Klaten tadi adalah contoh kecil bagaimana korporasi menguasai apa yang sudah seharusnya dapat diakses oleh semua orang, dan lalu menjualnya kembali kepada semua orang. Air bersih yang keluar dari muka bumi diklaim sebagai “milik” sebagian individu saja melalui jalur legal, disedot, disuling, dan dikemas oleh korporasi lalu ditenteng, dijajakan, diperiklankan, dan dijualbelikan kepada semua orang—karena semua orang membutuhkan air bersih.

Menurut penelitian, ketersediaan air tawar saat ini kurang dari 1,5% dari seluruh air di muka bumi. Saban dua dasawarsa, kebutuhan umat manusia akan air tawar meningkat dua kali lipat. Angka itu dua kali lebih besar daripada tingkat pertumbuhan penduduk. Apabila kecenderungan ini berlangsung terus, pada tahun 2025 permintaan akan air tawar diduga meningkat sebesar 56% melebihi yang tersedia saat ini. Kita dapat bayangkan sendiri apa yang akan terjadi apabila masa tersebut tiba sementara air bersih dikuasai oleh beberapa individu saja melalui korporasi-korporasinya.

Bagi sebagian orang, apa yang dilakukan oleh produsen AMDK seperti Aqua adalah sebuah bentuk “kejahatan legal”. Legal, karena hukum dan masyarakat mengakui bahwa Aqua “berhak” atas air yang keluar dari muka bumi secara gratis untuk menjadi “milik” mereka, karena mereka lalu memproduksinya secara “legal” serta menperjualbelikannya, dan semua itu dilakukan di bawah lindungan hukum. Artinya tidak melanggar hukum. Tentu saja.

Namun, legalitas dan hukum adalah sesuatu yang diciptakan oleh manusia, dan selalu ada kepentingan tertentu di balik apapun yang diciptakan manusia. Hukum memang diciptakan untuk melindungi kepentingan mereka yang mampu menciptakannya.

Dalam kebijakan neo-liberalisme, pengambilalihan sumber daya air ini adalah hasil diterapkannya praktek privatisasi. Gagasan privatisasi terhadap sumber daya air ini diajukan terutama oleh Bank Dunia dan IMF, tentu saja dengan dukungan korporasi-korporasi multinasional di baliknya. Privatisasi sumber daya air di banyak negara dilakukan untuk memenuhi persyaratan IMF dan Bank Dunia ketika memberikan pinjaman kepada negara tersebut (lihat artikel mengenai IMF di jurnal ini).

Saat ini “hanya” air, tanah, api, dan udara yang bersih, suatu ketika mungkin akan sampai satu masa di mana bahkan sinar mataharipun menjadi barang dagangan dan tak tersisa sedikitpun hasil dari bumi ini yang bisa kita rasakan manfaatnya tanpa mengeluarkan uang. Masalahnya, tidak semua orang memiliki uang yang cukup, bahkan untuk sekedar memenuhi kebutuhan bertahan hidup. Dan ini semua tampak tidak seperti sebuah kejahatan, karena hukum melindungi dan melegalisir semua hal tersebut.

Sumber: [url]www.apokalips.org[/url]


BERSIHKAH AQUA DAN AMDK LAINNYA?
Spoiler for you have to see this!:

Bagi yang anda punya gambar ttg uji kebersihan air, tolong bagi" d tret ini.

Quote:setelah melihat thread ini, kesimpulan yang dapat diambil:
1. Mungkin sudah saatnya bagi kita untuk memperhatikan masalah ini. Kita perlu menyaring atau memproses sendiri air yang akan kita konsumsi agar benar-benar aman bagi kesehatan.
2. Gunakan air sebaik mungkin. Jangan buang-buang air bersih! Seperti meminum habis air mineral di botol,gelas,gelon, dll. Jangan langsung dibuang.
3. Ingat daerah dan masyarakat sekitar kita yang kekurangan air. Untuk mendapatkan air, mereka harus berkorban, berjalan jauh, bahkan membeli air yang harganya malah sangat mahal. Biarlah kita selalu membantu sesama. Menghemat penggunaan air bersih pun secara tak langsung membantu mereka.
yah payah nih masa uda lama ane minum ternyata ada aneh anehnya juga ah payah ah uda terpercaya juga
Quote:Original Posted By yaeyalah
(sambungan dari yg ada di atas atasnya atas post ini punya atas 4 post diatas ane cepet amit.)




BERSIHKAH AQUA DAN AMDK LAINNYA?
Spoiler for you have to see this!:

Bagi yang anda punya gambar ttg uji kebersihan air, tolong bagi" d tret ini.


ane pake pam bintaro loh
sangat impresif gan....

nais inpo....
SEPERTI APA STANDAR AIR BERSIH ITU?

Air jernih yang kita lihat sehari-hari, yang biasa kita minum, apakah sudah bener-benar sehat dan juga layak untuk kita konsumsi? Mengutip Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1405/menkes/sk/xi/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan industri terdapat pengertian mengenai Air Bersih yaitu air yang dipergunakan untuk keperluan sehari-hari dan kualitasnya memenuhi persyaratan kesehatan air bersih sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dapat diminum apabila dimasak.

Air bersih disini kita kategorikan hanya untuk yang layak dikonsumsi, bukan layak untuk digunakan sebagai penunjang aktifitas seperti untuk MCK. Karena standar air yang digunakan untuk konsumsi jelas lebih tinggi dari pada untuk keperluan selain dikonsumsi. Ada beberapa persyaratan yang perlu diketahui mengenai kualitas air tersebut baik secara fisik, kimia dan juga mikrobiologi.

1. Syarat fisik, antara lain:
a. Air harus bersih dan tidak keruh
b. Tidak berwarna apapun
c. Tidak berasa apapun
d. Tidak berbau apaun
e. Suhu antara 10-25 C (sejuk)
f. Tidak meninggalkan endapan

2. Syarat kimiawi, antara lain:
a. Tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun
b. Tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berlebihan
c. Cukup yodium
d. pH air antara 6,5 – 9,2

3. Syarat mikrobiologi, antara lain:
Tidak mengandung kuman-kuman penyakit seperti disentri, tipus, kolera, dan bakteri patogen penyebab penyakit.

Seperti kita ketahui jika standar mutu air sudah diatas standar atau sesuai dengan standar tersebut maka yang terjadi adalah akan menentukan besar kecilnya investasi dalam pengadaan air bersih tersebut, baik instalasi penjernihan air dan biaya operasi serta pemeliharaannya. Sehingga semakin jelek kualitas air semakin berat beban masyarakat untuk membayar harga jual air bersih. Dalam penyediaan air bersih yang layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat banyak mengutip Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 173/Men.Kes/Per/VII/1977, penyediaan air harus memenuhi kuantitas dan kualitas, yaitu:

a. Aman dan higienis.
b. Baik dan layak minum.
c. Tersedia dalam jumlah yang cukup.
d. Harganya relatif murah atau terjangkau oleh sebagian besar masyarakat

Parameter yang ada digunakan untuk metode dalam proses perlakuan, operasi dan biaya. Parameter air yang penting ialah parameter fisik, kimia, biologis dan radiologis yaitu sebagai berikut:

Parameter Air Bersih secara Fisika
1. Kekeruhan
2. Warna
3. Rasa & bau
4. Endapan
5. Temperatur

Parameter Air Bersih secara Kimia
1. Organik, antara lain: karbohidrat, minyak/ lemak/gemuk, pestisida, fenol, protein, deterjen, dll.
2. Anorganik, antara lain: kesadahan, klorida, logam berat, nitrogen, pH, fosfor,belerang, bahan-bahan beracun.
3. Gas-gas, antara lain: hidrogen sulfida, metan, oksigen.

Parameter Air Bersih secara Biologi
1. Bakteri
2. Binatang
3. Tumbuh-tumbuhan
4. Protista
5. Virus

Parameter Air Bersih secara Radiologi
1. Konduktivitas atau daya hantar
2. Pesistivitas
3. PTT atau TDS (Kemampuan air bersih untuk menghantarkan arus listrik)

Dgn standar tersebut maka air konsumsi yang kita gunakan akan aman bagi kesehatan kita, karena itu jadilah manusia yang selektif demi kesehatan dan juga keberlangsungan kita. Smg bermanfaat.

Sumber:
- http://www.presidenri.go.id (Peraturan Pemerintah RI No 16 Thn 2005 Ttg Pengembangan sistem penyediaan Air minum)
- http://one.indoskripsi.com/judul-skr...nya/air-bersih


UPDATE
Quote:Quote:Original Posted By Luckyboy888
Ternyata sangat berdampak pada lingkungan sekitar mata air dan sumur bor yang dikelola oleh perusahaan air minum dalam kemasan ya Gan, repot juga ya klo sudah ratusan gitu perusahaan dan sumur bornya. Kok gak ada penertipan dari pihak Pemdanya nich?


udah pernah digugat ama pemda gan. tapi ga digubris.
Spoiler for gugatan:


Quote:Original Posted By PunxBYS
beneran nih?
apa lu cuman mau menjatuhkan

Quote:Original Posted By rad2_kuss
ini black campaign kompetitor lain A*qua atau beneran....coba TS bahas merek lain selain a*qua..kaya Ad*es,V*it atau merek C*lub.... coba TSnya melakukan penelitian langsung...bukan repost blog...jujur gw ga ada kapabilitasnya buat riset biologi macam itu...jadi cuma jadi pengamat aja..
kalo bener adanya..nice gan info nya...tp kalo ga bener kelaut aja...
harus klarifikasi lebih lanjut lagi....

Quote:Original Posted By tongkimoron
tapi pada conclusion, TS kok malah nyaranin air reverse osmosis ya? apa ga ambigu juga tuh? atau jangan2 TS punya usaha RO ya?
gw bilang gini soalnya gw pernah lama di daerah yg bener2 susah aer....untuk kebutuhan MCK, kita masih bisa pake air muara (yg berdekatan dengan laut dan biasa dipake nyuci sapi kebo bla bla bla).
untuk kebutuhan air minum...dengan sangat terpaksa kudu beli air mineral (ga selalu merk AQUA). gw juga pernah beberapa hari cuman minum susu dan coca cola atau beberapa teman minum beer gara2 ga ada stok aqua sama sekali.
SO....JANGAN TERLALU DINI NYALAHIN ORANG DAN KASIH SOLUSI YG JELAS!

d tret ini kan gu gak sarankan merk amdk yg shrsnya d minum. semua psti tau teh sosro itu kotor, n coca cola itu ga bgs contohnya. apakah itu menjatuhkan mreka? toh sampe skg kan ttp dikonsumsi laku lagi. jd ga menjatuhkan siapapun yg gu bahas itu yg emang nyata. lagian aqua kan s4 mau ditutup ama pemerintah. itu tandanya ada yg tak beres. gu gak ada usaha RO ato isi ulang lainnya lah. jd gu gak memihak. klo minum aja gue aqua. kan poin yg gue sampaikan di akhir itu spy memperhatikan kbrsihan amdk yg qt minum, bantu org, n bersihin lingkungan.


Quote:Original Posted By xshade
ya iyalah bakalan kotor
namanya juga AIR MINERAL
klo pengen minum air murni
minum AQUADES aja sono tapi ga bakal sehat

Quote:Original Posted By JuraganAyam
Itu uji elektrolisa tidak membuktikan air kotor atau bersih, tapi membuktikan airnya mengandung MINERAL atau tidak !
Air yang mengandung mineral pasti jadi item setelah di beri arus listrik, BUKAN karena airnya kotor tapi karena logam dari kabel listriknya lepas !
Air yang TIDAK mengandung mineral seperti air suling tidak akan jadi item karena tidak mengalirkan listrik sehingga ion logam dari kabel tidak lepas.
Nyatanya AIR MINERAL adalah air terbaik untuk diminum, bukan air suling.
Tanpa mineral, air sulit diserap tubuh.
Teknik Elektrolisa itu biasa dipakai para penipu untuk menjelek2an air mineral dan menakut nakuti konsumen yang kurang berpendidikan, biasanya para penipu ini mau jualan air suling, yang biasanya namanya Air Oksigen.

gan perhatiin. menurut World Health Organization (WHO) air laik minum tdsnya tidak lebih dari 50 ppm. Departemen Kesehatan Pemerintah Kanada membatasi tdsnya hingga 40 ppm. Jika berpedoman sesuai standar yang dikeluarkan NSF (National Sanitation Foundation), air yang bersih dan murni memiliki TDS kurang dari 40 ppm. yang ada di gbr di spoiler atas tdsnya brapa gan? BISA LIAT SENDIRI KAN!


Quote:
Quote:Original Posted By deniwardani
bener banget tuh..
dulu ane pernah meneliti aqua ma temen2 ane..
hasilnya yah seperti itu,,
bahkan kalah bersih dari air isi ulang..!!!
paraaaaah..

Quote:Original Posted By Den_Niz
Wagh ternyata bner kata teman ane,
bahwa sekarang da tdk seperti doloe,
Pantes aj ane wkt periksa kdokter eh ma dokter dbikg ane kena batu ginjal,
ane da minum itu da mulai SMP klas 1 mpe skrg kuliah smster akhir.

Quote:Original Posted By biem2
Wah ini gak sesuai dengan pasal 30 UUD gan.. yaitu: Bumi, Air, dan kekayaan alam beserta isinya merupakan milik negara demi kepentingan hajat hidup orang banyak gan....

Quote:Original Posted By van_gogh
wah gan,,,kalo denger cerita darti temen ane yang di sukabumi,parah banget,
ampe pribumi di sana mesti beli aer ke Aquanya buat dapetin aer bersih,
yang gw heran,,,pemerintah daerahnya kok goblok amat ya???
gak mikir apa susah maju manusia kalo ga ada aer???
aduh musti banyak istighfar gan,

Quote:Original Posted By bendratz
di tempat asal nyokap ane juga gitu gan..dulu sumber air melimpah,bahkan musim kemarau juga gak pernah kering..tapi pas awal tahun 2000an di eksploitasi sama A*ua,sekarang sumber air dah kagak ada lagi. Padahal dulu tu sumber air jadi tempat pemandian favorit ane gan..
nice gan

ane rate 5 yak, biar pada tau
Setelah ngeliat post ke-6 terutama yang gambarnya itu.
Gw jadi ngeri gan

Tapi itu air oksigen berbahaya ga gan?
gw mengendus bau HT nih..tapi gw no komeng deh untuk thread ini
izin nyimak dolo gan....pjg bgt
Ternyata sangat berdampak pada lingkungan sekitar mata air dan sumur bor yang dikelola oleh perusahaan air minum dalam kemasan ya Gan, repot juga ya klo sudah ratusan gitu perusahaan dan sumur bornya. Kok gak ada penertipan dari pihak Pemdanya nich?
kalo dirumah ane pake air yang udah difilter
mantap infonya gan
[QUOTE=DadaSemog;138165472] Apakah PERTAMAX udah d amankan by Penyergap PERTAMAX?!!!!,,yg gagal jangan mewek


gw sumpahin ht btw serem banget itu aslinya? tapi apa bener gan?
manteb bangget gan :
×