KASKUS

Quote:Original Posted By spongebob_sqpnt
Classy kaki depannya justru agak lebih ringkih rasanya, model balljoint, tierod, dll.. itu yang bilang anak charade/winner... mungkin karena mobilnya kenceng buat di perkotaan. Tapi harga part kakinya murah banget..

Iya, mesin sama dgn espass, malah kalo mau keren-kerenan bisa nyemplungin mesin Feroza 1,6 sekalian, ga pake rubah-rubah dudukan mesin..

Grand LX bagus tuh, daripada maestro kalo mau coba honda ini aja dulu, lebih ringan dan irit... tapi harga kaki-kaki sama aja lha...



Mobil-mobil kecil begini sih standar aja rata-rata mesti cek kaki-kaki, sama AC jangan lupa, umumnya AC daihatsu dan suzuki lama kurang bagus, padahal bumi makin panas jadi kesiksa banget kalo lagi macet tengah hari hehehe,

Kalo classy khususnya yg ane tau sih cek tulang/chasisnya, khususnya yg belakang konon agak rentan.

Kalo esteem denger-denger mesti lebih dicek distributornya, suka ada kasus yang bocor (ga tau maksudnya bocor gimana) sama power steering.... (kalo dipikir-pikir ini juga penyakit classy sih, jadi koq kayaknya sama aja ya...)

Alternatif laen:
Mitsubishi Lancer Dangan (1989-1992) gimana bos? Masuk budget tuh.

Ada yang GLi 1600 CC dan 1800 cc DOHC, tarikan mantep banget, cuman nyari yang bener-bener mulus agak repot.

Yang lebih simple perawatannya dan lebih irit sih Dangan GLX (SOHC 1500 cc) aja, masih karburator, kenceng juga tarikannya, dan yang pasti kaki-kaki jauh lebih kuat dari classy/esteem, cuman kalo ganti ya lebih mahal aja, sesuai lifetime.

Part mesin juga sama, lebih mahal dari classy/esteem, tapi kan lebih tahan banting juga.. Bentuk juga masih manis banget dan aerodinamis (Dan-gan = Bullet / Peluru). Ketersediaan part banyak koq.


hmmm...
klo dan gan yg perlu di perhatikan pas milih apa nih?
Quote:Original Posted By ~DarkBlood
hmmm...
klo dan gan yg perlu di perhatikan pas milih apa nih?


Dangan ga ada yang khusus, apalagi yang karburator, sama aja sama mobil laen..

Buat yang DOHC/injeksi paling cek langsam mesin mesti bagus, servo/idle up kadang lemah, ngeceknya: dalam kondisi mesin nyala, semua elektrikal (lampu, ac, radio) dimatiin/jangan ada yg nyala, terus belokin setir kiri/kanan, dengerin puteran mesin menurun dikit.

Normalnya waktu setir dilepas/udah gak muter, puteran mesin naek lagi. Kalo gak begitu (puteran mesin tetep turun atau telat banget naeknya) itu servo lemah.
ijin gabung gan....
ane juga pake esteem 91 dash board kotak, mesin 1.3 SOHC 8 valve. waktu baru beli sih yang pertama diurusin jelas kaki2, u/ depan tie rod sama long lie rodnya udah ganti, trus ada bagian yg namanya pa gitu (kata mekaniknya sih namanya peler bebek) itu udah ganti juga, belakang ganti per punya innova, setelah ganti pantat ga geal geol lagi pas nikung kenceng, bantingan esteem sih oke (tapi jangan dibandingin ama mobil baru), mesin semenjak beli (udah 1,5 taun) belum diapa2in paling cuma ganti oli sama tune up, masalah AC emang kayanya udah penyakit suzuki yang ac nya kurang bagus, tapi seengganya ga sampe berembun kalo ujan!sekarang mobil udah ganti kelir yg aslinya ijo tai kebo, sekarang jadi ijonya new karimun estillo. Masalah yg paling sering tuh switch kipas radiator yang sering error, suhu mesin udah sampe 3/4 tapi kipas belom idup, cuman sekarang udah beres setelah bikin switch manual (yg otomatis tetep dipake, yg manual dipake kalo yg otomatis error aja),,,apalagi yee? pokonya top markotop dah, daripada duit segitu dibeliin motor,,,, masih tetep keujanan!!!hehehe...
nih ada potonya dikit.....
[IMG][/IMG]
hmm daihatsu classy no idea gan..
tapi kalau suzuki esteem dulu pernah sempet punya..
menurut gw kelebihanny designny timeless yah.. gw pribadi ga bosen ngeliat mobilnya..

opini" di atas uda byk yg blg esteem mesinnny lbih bandel jg.. tinggal hunting mobilnya nih bos.. smoga membantu
ngomong2 ada trid khusus buat para pengguna esteem, amenity or forsa ga sih??? ane udah muter2 ga ketemu, minta tolong dibantu dong gan kalo ada yg tau.....
Sama pas ane ngethread gan
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=2496678

Buat forumnya
mendingan ambil corona absolute
Quote:Original Posted By botak89
ngomong2 ada trid khusus buat para pengguna esteem, amenity or forsa ga sih??? ane udah muter2 ga ketemu, minta tolong dibantu dong gan kalo ada yg tau.....


http://www.kaskus.co.id/showthread.p...#post133853474

coba maen ke sini, bro..
Quote:Original Posted By Hot2K
kl gw prefer nyari starlet aja mas.
dari spek mesin, esteem kalah dari classy. kalo gak salah esteem masih 8 valve, classy dah 12 valve. starlet udah 12 valve. ketiga2nya sama2 msh SOHC n menggunakan karburator.
resale value esteem n classy gak beda jauh, tp kayaknya msh di bawah starlet.
perawatan lebih gampang starlet. spare partnya lebih gampang dicari ketimbang suzuki or daihatsu.


esteem yang varian GT udah 16 valve dengan kapasitas mesin 1.600 cc, bro..

Quote:Original Posted By botak89
ijin gabung gan....
ane juga pake esteem 91 dash board kotak, mesin 1.3 SOHC 8 valve. waktu baru beli sih yang pertama diurusin jelas kaki2, u/ depan tie rod sama long lie rodnya udah ganti, trus ada bagian yg namanya pa gitu (kata mekaniknya sih namanya peler bebek) itu udah ganti juga, belakang ganti per punya innova, setelah ganti pantat ga geal geol lagi pas nikung kenceng, bantingan esteem sih oke (tapi jangan dibandingin ama mobil baru), mesin semenjak beli (udah 1,5 taun) belum diapa2in paling cuma ganti oli sama tune up, masalah AC emang kayanya udah penyakit suzuki yang ac nya kurang bagus, tapi seengganya ga sampe berembun kalo ujan!sekarang mobil udah ganti kelir yg aslinya ijo tai kebo, sekarang jadi ijonya new karimun estillo. Masalah yg paling sering tuh switch kipas radiator yang sering error, suhu mesin udah sampe 3/4 tapi kipas belom idup, cuman sekarang udah beres setelah bikin switch manual (yg otomatis tetep dipake, yg manual dipake kalo yg otomatis error aja),,,apalagi yee? pokonya top markotop dah, daripada duit segitu dibeliin motor,,,, masih tetep keujanan!!!hehehe...
nih ada potonya dikit.....
[IMG][/IMG]



Wagh mangsteb gan Esteem first gen nya
heheh Ijo royo-royo bukan tai KEBO
Ogh iya;sampeyan ganti per belakang pakek punya inova yg depan ato blakangnya bos?
option laen pakek SBM 7000 plug And play
Ogh iya
kalo masalah electric fan radiator tuh bisa di cek sambungannya ajah gan
iseng2x longok di kap mesin tuh urut cable fannya;ktemu socket sambungan yg silinder; urut lagih(biasanya ada sambungan nih); sambungan itu ente bongkar trus ganti pakek kpala kuningan kayak buat socket cable bosz;
Nah masalah fan telat muter di saya slesai tuh;(cuman modal iseng doang sama solasi sama socket 500 perak)
Sbelomnya sih suka bunyi cret2x gituh (loncatan listrik) tapi gak muter fan nya;

maap bung TS jadi OOT;

Kalo ente ambil classy jangan lupa cek di chassis pas bagian kaki2x depan ; itu rawan karat (udah liat beberapa kasus) nah kalo Esteem yg sering kena karat tuh besi yg buat dongkrak buaya di bawah bumper depan (kayaknya kena aer dari radiator ato kondensor AC);

IMO
Classy
1. kabin semfit
2. tarikan maut (16V getoh)
3. stabil kenceng asal gak zigzag
4. momok bawaan daihatsu yg terkenal mesinnya gampang bengkok(karena
puanas)
5. kalo mau ambil classy mending siapin dana buat edit radiator bos (bikin yg
multi ply)

Esteem
1. kabin lega nigh daripada starlet/classy
2. bisa bawa pelan bisa juga kenceng (settingan carbu mendntukan)
3. kalo ktemu lobang adem2x ajah cuman harga perkakian nya lemayan jugag
4. mesinnya buandel bangetd dagh gituh gear_rationya asik (kalo jalan jauh
brasa banget nigh)
5. Kalo mau dingin bangetd2x mending sediain dana buat beli kondensor yg
lebih lebar dan tebel; kondensornya kecil ajah kayak radiatornya juga
Starlet ajah om TS...
biar tambah bingung TS-nya
Quote:Original Posted By adit_445
Starlet ajah om TS...
biar tambah bingung TS-nya


Starlet, udah miskin fitur, lebih mahal pula. Jangan pilih starlet dibanding classy maupun esteem, kecuali pengen gaya. Kalo tampang, memang starlet kapsul unggul jauh..
Quote:Original Posted By botak89

[IMG][/IMG]


naksir euy...cakep..

kalo tampang lbh suka amenity, esteem lbh jadul..tapi kalo di repaint gin cakep euy. kalo gw mentingin interior yg cozy & bersih, kalo msh keadaan std berasa di angkot, di lapis kulit dashboard&stir deh minimal+ganti HU dobel din+semikulit yg ngejreng+ganti karpet dasar baru :
peugeot 406 aja gan, muangsteb dan harga gak beda jauh sama esteem
biar tambah bingung....honda LX juga OK tuh gan.....diantara semuana rata2 sedan umur 88 - 91 grand civic/Lx yg paling ganteng gan...modal velg doank udah ganteng banget..........ane belon pernah pake segh gan...tapi ini juga lagi hunting sama kakak ane........belon dapet2 juga segh....kakak ane pelit banget n ngirit......
kalau menurut ane sih lebih bagusan STM gan daripada classy, soale STM ane pernah punya coba punya temen rasanya g terlalu parah buat mobil berumur
mantan pengguna esteem GT 1.6 94 gan...jgn ragu sama nh mobil kenceng, mesin bandel gak rewel, iritt, sparepart murah, klo di jual cpt pagi pasang siang udh byk yg antre...

saran ane jgn beli esteem yg 1.3 krn performance ga max & ac sering bermasalah & dingin..

klo classy sm esteem >>> suzuki VS daihatsu tau sndr penyakit daihatsu dari dolo kelistrikan sm sistem pendingin, rewel pula :maho
idem gan, ane juga dilema....dana terbatas soalnya.
sama bingungnya gan..
bukannya esteem lebih mahal dibanding classy..
Sedikit sharing gan...ane pemakai classy'94 nih boil dulu punya tetangga pake dari baru...kesimpulannya aja ya : mesin bandel, irit, spare part byk dan terjangkau, ac dingin, electrical normal2 aja dah 16tahun, kaki2 standarlah kuat(tergantung cara bawa+kondisi jalan)...jadi sebenarnya semua tergantung pemakaian dan karakter yg punya...semua barang bisa awet kalo dirawat secara benar begitu juga sebaliknya...jadi menurut saya keduanya sama asal perawatan dan perlakuan juga sama...tinggal liat isi kantong agan sanggup yg mana????
×