KASKUS

Poll: Bensin apakah yang agan pakai untuk motor kesayangan ?

Shell - Super 19% (102 votes)
Shell - Super Extra 14% (75 votes)
Pertamina - Premium 19% (104 votes)
Pertamina - Pertamax 26% (138 votes)
Pertamina - Pertamax Plus 13% (71 votes)
Total - Performance 92 1% (7 votes)
Total - Performance 95 5% (29 votes)
Petronas 92 1% (3 votes)
Petronas 95 1% (5 votes)

Thumbs up [SHARE & POLLING] Bahan bakar apa yang cocok untuk kendaraan kita ???

Mobil atau Motor kita baiknya diisi bensin apa ya? Ada pilihan bensin yaitu Premium, Pertamax dan Pertamax Plus yang merupakan produk Pertamina, dan ada juga bensin jenis lain dari perusahaan asing seperti Shell dan Petronas. Semakin banyak lagi pilihan kita.

Mesin mobil maupun motor memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan desain mesin itu sendiri agar dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kinerja yang optimal. Jenis bensin tersebut biasanya diwakili dengan angka / nilai oktan (RON), misalnya Premium ber-oktan 88, Pertamax ber-oktan 92 dan seterusnya.

Semakin tinggi angka oktan, maka harga per liternya pun umumnya lebih tinggi. Namun belum tentu bahwa jika mengisi bensin ber-oktan tinggi pada mesin mobil/motor kita, kemudian akan menghasilkan tenaga yang lebih tinggi juga. Wah jadi bagaimana dong?

Jika kita cermati spesifikasi kendaraan kita (mobil atau motor) pada brosur yang baik akan menampilkan informasi rasio kompresi (Compression Ratio / CR). CR ini adalah hasil perhitungan perbandingan tekanan yang berkaitan dengan volume ruang bakar terhadap jarak langkah piston dari titik bawah ke titik paling atas saat mesin bekerja.

Spesifikasi Teknis Kawasaki Ninja RR Standar pada sebelah kanan menampilkan kompresi mesin yaitu 6.8:1
Dari informasi spesifikasi tersebut, kita bisa menentukan bahwa mesin motor Ninja tersebut memerlukan jenis bensin yang bernilai oktan 88, yaitu bensin Premium.
Bagaimana jika diisi bensin dengan oktan lebih rendah?

Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik” (pinging/knocking). Bagaimana menggambarkan ‘kejam’nya ngelitik yang dirasakan piston? Ibarat telapak tangan kita ditusuk2 dengan paku… kira-kira begitu. Perlahan namun pasti.. membuat piston seperti permukaan bulan… dan bahkan bisa bolong!.. hiiii….



Saat terjadi ‘ngelitik’, bensin tidak menjadi tenaga yang terpakai. Kerja mesin tidak optimal. Kembali diulang, mesin yang CR nya tinggi, memerlukan bensin yang lambat terbakar. Semakin tinggi nilai CR, bensin harus semakin lambat terbakarnya (oktan tinggi).

Nah, jadi untuk teman-teman, cermati nilai CR mesin mobil/motor kita, isilah bensin yang sesuai untuk mesin tersebut.
Bagaimana kalau diisi bensin dengan oktan lebih tinggi?

Bensin dengan oktan lebih tinggi (pertamax, pertamax plus, dsb), umumnya dilengkapi dengan aditif pembersih, dan sebagainya. Namun tidak banyak memberi penambahan tenaga, jadi angka oktan tinggi bukan artinya lebih ‘bertenaga’.
Karena benefitnya kurang sebanding jika dibanding harganya yang tinggi, maka ujung-ujungnya hanyalah merupakan pemborosan uang saja.

Kesimpulan:

- Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi. (kecuali ada modifikasi lain).
- Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi).
- Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah)
- Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.
Solusi Alternatif

Banyak cara untuk menyiasati agar bisa menggunakan bensin Premium pada mesin yang ber-CR tinggi, namun mesin tidak mengalami ‘ngelitik’, antara lain:
- Menambahkan Octane Booster pada bensin (dimasukkan ke tangki bensin)
- Menggunakan katalis untuk menaikkan nilai oktan (biasanya mengandung timbal, tidak ramah lingkungan).
- Merubah derajat waktu pengapian (ignition timing) ke posisi yang lebih lambat (Retard).
- Menggunakan aplikasi water-injection (agak repot untuk perawatannya).
- dan lain-lain.
Fakta…

Pada kenyataannya.. banyak kita lihat, khususnya di SPBU, motor-motor baru yang berkompresi tinggi mengantri panjang di pompa bensin jenis Premium. Faktor ekonomi lebih mendesak ketimbang dampak rusak ke depan pada mesin motornya.. atau memang kurangnya informasi mengenai pemilihan bensin ini.

Berikut rinciannya :

Premium/RON 88
Dapat digunakan untuk kompresi lebih kurang atau sama dengan 9.0

Pertamax/Shell Super/RON 92
Dapat digunakan untuk kompresi 9.1 sampai 10.0

Pertamax+/Shell Super Extra/RON 95
Dapat digunakan untuk kompresi diatas 10.1

nah, motor bro masuk ke kategori mana? tinggal pilih aja..

Sorry klo repost.. Just want to share

Quote:







Quote:













Ni ada sedikit info2 tambahan

Pertamina sudah tidak menggunakan TEL (Tetra ethyl lead) a.k.a timbal lagi ke bensin premium

Pemerintah Bakal Hapus Bensin Premium

Naikan BBM saja tidak berani, apalagi hapus premium

Bensin untuk Ninja RR harus RON 88, 92 atau 95 ??

Jangan lupa dan gan hehe

Quote:Trit ane yang laen gan :

[SHARE] Danau dua rasa di Kalimantan

[share info] Mengilangkan baret halus di kaca helem, winshield dan body motor anda

[Share Info] Kawasaki Ninja 250R with Turbocharger

[Share Info] Suzuki GW-250

Ayoo Share Kecepatan Internet Provider Agan Disini.....
kalo ane sih pertamax gan
biarpun gagal pertamax ane tetep suka pake pertamax
numpang page 1
apapun bensin nya, yg penting sol jum dulu om... dah 11.30 nih
kl gw sich bwt vixy ane...
ngisinya plg banter yg ron 92, tp slama ron 95 harganya ga ajubile...
gw isi yg 95...
lbh yahud n mang ud semestina diisi pake yg ituh...

sorry aj degh..gw ga mo ngrusak injection parts gw dgn ngisi premium yg rawan dioplos
yap pake bensin oktan 92 / 95 selama kompresi diatas 9.3

pakai premium klo kompresi 9.0...

jupiter z aja harusnya uda pertamax tu
Yoi bro.. Motor2 keluaran baru sekarang udah pada gede kompresinya.. Makanya harus memakai pertamax..

Tapi, biasanya untuk motor 2 tak memiliki kompresi yang lebih rendah..ex Ninj*, Satri*,Kin*
Untuk itu mereka cocoknya memakai RON 88.. Tapi sayanganya di indo ROM 88 alias premium kurang begitu bagus kualitas N performanya..
Apalagi untuk motor 2tak paling anyar sekelas Ninj*, masa makai premium??

Bingung juga ma regulasi di indonesia.. Katanya mo ngurangin polusi, tapi masalah timbal di BBm aja belum teratasi.. Mau mesin euro-2 atau euro-3 kalau BBM tidak mendukung juga percuma.. Yang ada mesin yang cepet rusak..

Talking 

QUOTE=c3m0ng;132563130]yap pake bensin oktan 92 / 95 selama kompresi diatas 9.3

pakai premium klo kompresi 9.0...

jupiter z aja harusnya uda pertamax tu [/QUOTE]



Berikut data pemakaian jenis bensin berdasarkan kompresinya.. mudah2an berguna

Premium/RON 88 : Dapat digunakan untuk kompresi lebih kurang atau sama dengan 9.0

Pertamax/RON 92 : Dapat digunakan untuk kompresi 9.1 sampai 10.0

Pertamax+/RON 95 : Dapat digunakan untuk kompresi diatas 10.1
Quote:Original Posted By c3m0ng
yap pake bensin oktan 92 / 95 selama kompresi diatas 9.3

pakai premium klo kompresi 9.0...

jupiter z aja harusnya uda pertamax tu


Yoi bro, mank sekarang kan ceritanya indonesia ngikutin standar dunia tentang gas buang/emisi gas buang (euro-2 & euro-3)
Makanya mesin dibuat kompresi tinggi, sehingga pembakaran dapat lebih optimal. Selain lebih bertenaga, di klaim juga lebih friendly ma lingkungan...

Tetapi bensin yang menjadi salah satu source-nya masi standatr2 aja, gak ada perubahan.. Di berita2 malah ada beberapa SPBU nakal yang mencampur bensin.. wew..

Gmna mau menekan polusi kalau begini.. hehehee
bohay gue cukup premium gan
Shell super extra aja lbh mantep
klo dr pengalaman gw!bensin paling enak bwt motor itu yah shell super extra
Quote:Original Posted By akbar234
klo dr pengalaman gw!bensin paling enak bwt motor itu yah shell super extra


sama2 pemakai shell super extra neh
Quote:Original Posted By rodek
sama2 pemakai shell super extra neh

super extra apa nga terlalu tinggi gan oktannya?
pke shell juga gan sama
gan boleh bagi ga
untuk Suzuki Tornado tercinta .
hanya pakai PREMIUM .
sesuai dengan kompresi motor dan katong pengendara
Quote:Original Posted By maxrio
super extra apa nga terlalu tinggi gan oktannya?
pke shell juga gan sama


ga kok gan malah mesin ny jd tambah bersih
Quote:Original Posted By rodek
ga kok gan malah mesin ny jd tambah bersih


Masalah oktan kan tergantung standar motor kite gan.. Shell emang bersih koq.. coba pertamina bisa bgtu.. pasti g milih pertamina dah..

sayang ni di indo premiun masi bertimbal... huhuhuhu

padahal motor2 di indo masi banyak yg butuk oktan 88 tanpa timbal juga..

Talking 

Quote:Original Posted By yonkiz
untuk Suzuki Tornado tercinta .
hanya pakai PREMIUM .
sesuai dengan kompresi motor dan katong pengendara


yup.. itu sesuai gann
Quote:Original Posted By rodek


sama2 pemakai shell super extra neh


Setelah naek kompresi, bensin terbaik buat motor gw adalah Shell Super Extra..
go go