KASKUS

Quote:Original Posted By concize77
kalo menurut settingan sebenernya seharusnya tiang lurus
trus brake bearing jg harus rata sama tinggi
bagian belakang jg musti rata
tp gw jg sering depan belakang gak rata masuk jg
yang rata malah klontang

maen mobil sloop smua sama, gak ada yang jago
biarpun pemaen senior/pemaen lama jg gak bisa di bilang jago
menurut gw 80% hoki sangat menentukan

settingan sloop begitu kompleks....
mobil bagus belum tentu menang jg
mobil dah bagus, track jg menentukan
lari mobil jg cocok2an ama mesin jg


pas bikin mbl, lurus...chasis, ekor, lubang2 stik dll
nah pas main, trek ga rata?blum tentu dan bisanya ga mungkin tetep lurus
kalo hoki, saya minta 50% aja deh,sisanya mobil+mesin(poinnya gede, bukan masalah kencengnya,tp bisa bikin mobil enak)+tukang seting....
tp gw sangat percaya akan hoki itu, wong kalo lomba, misalnya menang di tempat itu saya inget betul2, duduk di posisi mana, pake baju apa, naik apa kesananya...saya yakin itu berhub dengan hoki...
lomba berikutnya, sebisa mungkin gw bikin sama seperti kmaren deh...hahahaha

memang ga ada istilah jago kalo main tamiya, yg ada cumen duluan dan blkngan, yg duluan main dan tetep main, pasti lebih dulu tau setingan dr pada yg baru main... yoi ga...
beda kalo duluan main, tp berenti..
rajin nanya dan dapet mentor yg baik aja sih intinya...

Quote:Original Posted By hyaki
halo halo.. aku hyaki dari bandung... salam kenal semua!!
aku masi super nubi ikut nongkrong boleh yaa
TS nya menarik.. liat-liat trek nya manstab!!



sukses selalu gan agan!!

thanks


Quote:Original Posted By hyaki
bandung di margahayu raya gan...
terus terang baru-baru ini belajar tamiya tapi STO..
mohon bimbingannya para suhu SLOOP disini

mo tanya-tanya boleh yah?
1. inponya dong gan dibandung tempat blanja and balapan STO ato SLOOP dimana aja yah?
2. di liat dari foto foto nya sloop modifikasinya extreme yah. kalo boleh tau nih rules yang biasa di terapkan pada lomba gimana? ada gak ketentuan/batasan khusus modifikasi?
3. Apakah track yang digunakan untuk SLOOP dan STO berbeda? mungkin dari ukuran lebar ato sebagainya?

segitu dulu.. terimakasih sebelumnya...


thanks



sama bro, saya juga baru belajar, apalagi saya diBali, perkembangannya blum seperti di P Jawa...

tp saya bantu jawab ya, siapa tau bener....

1. mungkin temen2 yg dr bandung tau...
2. gimana ya, yg pasti itu mbil sloop standar nasional bro...
peraturannya gimana ya?alat2 sih bebas ya, cumen lebar mobil, kalo g salah mesti 10,5cm..break depannya boleh bearing, spatu, stik dan baut (dulu baut dan stik ga boleh, sekarang boleh katanya), yg lain2nya saya ga tau bro...
3.kalo jenis trek, kayanya sih mirip ya, kalo lebar mbl yg saya ga tau bro...

Quote:Original Posted By mr_b4li
pas bikin mbl, lurus...chasis, ekor, lubang2 stik dll
nah pas main, trek ga rata?blum tentu dan bisanya ga mungkin tetep lurus
kalo hoki, saya minta 50% aja deh,sisanya mobil+mesin(poinnya gede, bukan masalah kencengnya,tp bisa bikin mobil enak)+tukang seting....
tp gw sangat percaya akan hoki itu, wong kalo lomba, misalnya menang di tempat itu saya inget betul2, duduk di posisi mana, pake baju apa, naik apa kesananya...saya yakin itu berhub dengan hoki...
lomba berikutnya, sebisa mungkin gw bikin sama seperti kmaren deh...hahahaha

memang ga ada istilah jago kalo main tamiya, yg ada cumen duluan dan blkngan, yg duluan main dan tetep main, pasti lebih dulu tau setingan dr pada yg baru main... yoi ga...
beda kalo duluan main, tp berenti..
rajin nanya dan dapet mentor yg baik aja sih intinya...






sama bro, saya juga baru belajar, apalagi saya diBali, perkembangannya blum seperti di P Jawa...

tp saya bantu jawab ya, siapa tau bener....

1. mungkin temen2 yg dr bandung tau...
2. gimana ya, yg pasti itu mbil sloop standar nasional bro...
peraturannya gimana ya?alat2 sih bebas ya, cumen lebar mobil, kalo g salah mesti 10,5cm..break depannya boleh bearing, spatu, stik dan baut (dulu baut dan stik ga boleh, sekarang boleh katanya), yg lain2nya saya ga tau bro...
3.kalo jenis trek, kayanya sih mirip ya, kalo lebar mbl yg saya ga tau bro...



kalo gw liat dr flyer yang ada di event nasional standar nasional si lebar mobil max 10.4cm
tidak boleh ada stik dan baut di bagian bemper depan (lebih jahat ke track tuh)
Quote:Original Posted By hyaki
bandung di margahayu raya gan...
terus terang baru-baru ini belajar tamiya tapi STO..
mohon bimbingannya para suhu SLOOP disini

mo tanya-tanya boleh yah?
1. inponya dong gan dibandung tempat blanja and balapan STO ato SLOOP dimana aja yah?
2. di liat dari foto foto nya sloop modifikasinya extreme yah. kalo boleh tau nih rules yang biasa di terapkan pada lomba gimana? ada gak ketentuan/batasan khusus modifikasi?
3. Apakah track yang digunakan untuk SLOOP dan STO berbeda? mungkin dari ukuran lebar ato sebagainya?

segitu dulu.. terimakasih sebelumnya...


thanks



di bandung bisa di bilang tempat produksi barang2 lokal spt roller, velg dll...tp bandung sendiri susah nyari barang skrg, mungkin kalo mau nyari apaan bisa di bantuin nyariin.. pm aja
track yang digunakansama, cuma settingan track sloop ama sto beda, kalo settingan track sloop masih bisa buat maen sto, tp kalo settingan track sto gak bisa buat maen sloop
setuju dengan jawaban concize77
tp sekedar tips juga, terkadang kita nemu trek, dimana posisi tiang ga sama lurus tp jumping bisa dapet enak, yg pasti bengkoknya ga parah2 bgt sih...nah disana kita harus bisa nahan posisi tiang jg bro...
makannya saya buat papan seting yg bisa untuk neker antena dan stik depan blkng...
soalnya dibali sering bgt nemu trek yg begini... [/QUOTE]

Brarti lebih baik diganti aja yg baru ato di biarkan saja...soalnya tiangnya agak sedikit bengkok bagian tengahnya...kemaren coba diluruskan pake tang jadi agak mendingan sich...hehe. Tapi mobil masih klontang juga tiap pindah jalur ato belokan...hehehe

thanks ya bro infonya:maho
Quote:Original Posted By lore
setuju dengan jawaban concize77
tp sekedar tips juga, terkadang kita nemu trek, dimana posisi tiang ga sama lurus tp jumping bisa dapet enak, yg pasti bengkoknya ga parah2 bgt sih...nah disana kita harus bisa nahan posisi tiang jg bro...
makannya saya buat papan seting yg bisa untuk neker antena dan stik depan blkng...
soalnya dibali sering bgt nemu trek yg begini...


Brarti lebih baik diganti aja yg baru ato di biarkan saja...soalnya tiangnya agak sedikit bengkok bagian tengahnya...kemaren coba diluruskan pake tang jadi agak mendingan sich...hehe. Tapi mobil masih klontang juga tiap pindah jalur ato belokan...hehehe

thanks ya bro infonya:maho[/QUOTE]


kalo gw si kalo tiang bengkok gitu mendingan di ganti lagi aja yang baru...
kalo lurusin pake tang, sebaiknya pake tang yang rata gak ada gigi nya
banyak yang jual
kalo ada gigi nya, tiang jadi rusak, musti di amplas lagi karena roller kurang mulus naek turunnya

kalo lomba sih biasanya tiang&roller sebelum start gw celupin wash bensin trus di lap2 dikit, supaya kotoran hilang dan roller bebas naek turun
weeew... sloop... keren2 gan.. ikutan gabung yah..
gw dari bdg.. dulu maen sih.. sekarang lagi cari2 kesempatan lagi buat maen.. hehehe.. sementara.. mantau tret ini dulu deh..
partnya sih masih gw simpen dengan rapi semua di box plano.. tinggal sesuaikan ma model mobil2nya masa kini.. niru agan2 disini.. hihihihi...
Quote:Original Posted By concize77
Brarti lebih baik diganti aja yg baru ato di biarkan saja...soalnya tiangnya agak sedikit bengkok bagian tengahnya...kemaren coba diluruskan pake tang jadi agak mendingan sich...hehe. Tapi mobil masih klontang juga tiap pindah jalur ato belokan...hehehe

thanks ya bro infonya:maho



kalo gw si kalo tiang bengkok gitu mendingan di ganti lagi aja yang baru...
kalo lurusin pake tang, sebaiknya pake tang yang rata gak ada gigi nya
banyak yang jual
kalo ada gigi nya, tiang jadi rusak, musti di amplas lagi karena roller kurang mulus naek turunnya

kalo lomba sih biasanya tiang&roller sebelum start gw celupin wash bensin trus di lap2 dikit, supaya kotoran hilang dan roller bebas naek turun[/QUOTE]

kemaren nyabut tiangnya susah setengah mati...
klo mo ganti stik jadi musti ganti bagian blakang semua..hehedari akar sampe ke tiang...
Klo didorong pake tiang yg baru, apa tiang yg baru bakalan bengkok juga gak ya..hehe masih berusaha mencabut nih...
Quote:Original Posted By mr_b4li
pas bikin mbl, lurus...chasis, ekor, lubang2 stik dll
nah pas main, trek ga rata?blum tentu dan bisanya ga mungkin tetep lurus
kalo hoki, saya minta 50% aja deh,sisanya mobil+mesin(poinnya gede, bukan masalah kencengnya,tp bisa bikin mobil enak)+tukang seting....
tp gw sangat percaya akan hoki itu, wong kalo lomba, misalnya menang di tempat itu saya inget betul2, duduk di posisi mana, pake baju apa, naik apa kesananya...saya yakin itu berhub dengan hoki...
lomba berikutnya, sebisa mungkin gw bikin sama seperti kmaren deh...hahahaha

memang ga ada istilah jago kalo main tamiya, yg ada cumen duluan dan blkngan, yg duluan main dan tetep main, pasti lebih dulu tau setingan dr pada yg baru main... yoi ga...
beda kalo duluan main, tp berenti..
rajin nanya dan dapet mentor yg baik aja sih intinya...






sama bro, saya juga baru belajar, apalagi saya diBali, perkembangannya blum seperti di P Jawa...

tp saya bantu jawab ya, siapa tau bener....

1. mungkin temen2 yg dr bandung tau...
2. gimana ya, yg pasti itu mbil sloop standar nasional bro...
peraturannya gimana ya?alat2 sih bebas ya, cumen lebar mobil, kalo g salah mesti 10,5cm..break depannya boleh bearing, spatu, stik dan baut (dulu baut dan stik ga boleh, sekarang boleh katanya), yg lain2nya saya ga tau bro...
3.kalo jenis trek, kayanya sih mirip ya, kalo lebar mbl yg saya ga tau bro...





Quote:Original Posted By concize77
di bandung bisa di bilang tempat produksi barang2 lokal spt roller, velg dll...tp bandung sendiri susah nyari barang skrg, mungkin kalo mau nyari apaan bisa di bantuin nyariin.. pm aja
track yang digunakansama, cuma settingan track sloop ama sto beda, kalo settingan track sloop masih bisa buat maen sto, tp kalo settingan track sto gak bisa buat maen sloop


waw.. thanks banget inponya..
tanya lagi nih boleh yaa?
Kecepatan tamiya Sloop uda pasti di atas rata-rata STO kan? pertimbangan ku yaa karna SLOOP mungkin pake dinamo lilitan. Nah ada gak kelas khusus dalam balapan? ato bebas aja yang pokoknya mesin melaju secepat-cepatnya dan tetep nempel di track?
kelas khusus yg aku tanyain ini maskud nya: ada gak kelas SLOOP berdasarkan mesin, ato jenis chassis, ato mungkin kelas senior junior atau sebagainya?

thanks sebelumnya
Quote:Original Posted By lore
kalo gw si kalo tiang bengkok gitu mendingan di ganti lagi aja yang baru...
kalo lurusin pake tang, sebaiknya pake tang yang rata gak ada gigi nya
banyak yang jual
kalo ada gigi nya, tiang jadi rusak, musti di amplas lagi karena roller kurang mulus naek turunnya

kalo lomba sih biasanya tiang&roller sebelum start gw celupin wash bensin trus di lap2 dikit, supaya kotoran hilang dan roller bebas naek turun


kemaren nyabut tiangnya susah setengah mati...
klo mo ganti stik jadi musti ganti bagian blakang semua..hehedari akar sampe ke tiang...
Klo didorong pake tiang yg baru, apa tiang yg baru bakalan bengkok juga gak ya..hehe masih berusaha mencabut nih...[/QUOTE]


biasanya si gw dorong pake tiang baru...
trus masang tiang tanem biar gak bengkok jg ada alatnya

coba aja dorong pake tiang bekas angkur, nanti kalo udah lepas pasang tiang tanem baru
Quote:Original Posted By lore
kalo gw si kalo tiang bengkok gitu mendingan di ganti lagi aja yang baru...
kalo lurusin pake tang, sebaiknya pake tang yang rata gak ada gigi nya
banyak yang jual
kalo ada gigi nya, tiang jadi rusak, musti di amplas lagi karena roller kurang mulus naek turunnya

kalo lomba sih biasanya tiang&roller sebelum start gw celupin wash bensin trus di lap2 dikit, supaya kotoran hilang dan roller bebas naek turun


kemaren nyabut tiangnya susah setengah mati...
klo mo ganti stik jadi musti ganti bagian blakang semua..hehedari akar sampe ke tiang...
Klo didorong pake tiang yg baru, apa tiang yg baru bakalan bengkok juga gak ya..hehe masih berusaha mencabut nih...[/QUOTE]

ikutan ahh.. hehehe..
kalo tiang yah.. gw suka bikin sendiri.. tinggal beli aja tapped buat bikin drat halus ukuran 2mm..
bahannya dari jari2 becak.. cari deh yg stainless.. dijamin mantap daripada beli... soalnya kalo yg beli itu dari baja biasa.. bukan stainless..
tinggi nya juga bisa disesuaikan.. kalo kita mau pake mobil kenceng... boleh pake tiang yg agak rendahan.. maksudnya supaya mobil lompat.. dia gak akan terlalu jauh lompat nya.. CMIIW.
ok dech sip bro....
Thanks banget info na...
nanti malam dicoba lagi ah....
Quote:Original Posted By hyaki
waw.. thanks banget inponya..
tanya lagi nih boleh yaa?
Kecepatan tamiya Sloop uda pasti di atas rata-rata STO kan? pertimbangan ku yaa karna SLOOP mungkin pake dinamo lilitan. Nah ada gak kelas khusus dalam balapan? ato bebas aja yang pokoknya mesin melaju secepat-cepatnya dan tetep nempel di track?
kelas khusus yg aku tanyain ini maskud nya: ada gak kelas SLOOP berdasarkan mesin, ato jenis chassis, ato mungkin kelas senior junior atau sebagainya?

thanks sebelumnya



kecepatan rata2 sloop pasti di atas rata2 STO
kalo kelas khusus untuk sloop gak ada..
kalo sloop bebas
dan gak ada kelas berdasarkan mesin, jenis sasis, senior junior
kalo lomba mah gak ada senior junior, yang ada track A B ato C
yang senior jg belum tentu menang
yang junior jangan menyerah nyetting mobilnya, bisa dengan minta bantuan yang senior2
Quote:Original Posted By Mommo
kemaren nyabut tiangnya susah setengah mati...
klo mo ganti stik jadi musti ganti bagian blakang semua..hehedari akar sampe ke tiang...
Klo didorong pake tiang yg baru, apa tiang yg baru bakalan bengkok juga gak ya..hehe masih berusaha mencabut nih...


ikutan ahh.. hehehe..
kalo tiang yah.. gw suka bikin sendiri.. tinggal beli aja tapped buat bikin drat halus ukuran 2mm..
bahannya dari jari2 becak.. cari deh yg stainless.. dijamin mantap daripada beli... soalnya kalo yg beli itu dari baja biasa.. bukan stainless..
tinggi nya juga bisa disesuaikan.. kalo kita mau pake mobil kenceng... boleh pake tiang yg agak rendahan.. maksudnya supaya mobil lompat.. dia gak akan terlalu jauh lompat nya.. CMIIW. [/QUOTE]

kalo mobil sloop skrg pada pake tiang tanem...
oh iya, ada perbedaan disini ama di bandung,
kalo di bandung sloop yang di maksud tu mobil handycap yang pake rem itu
kalo di bandung mobil sloop namanya klotokan / standart nasional
Quote:Original Posted By concize77
kecepatan rata2 sloop pasti di atas rata2 STO
kalo kelas khusus untuk sloop gak ada..
kalo sloop bebas
dan gak ada kelas berdasarkan mesin, jenis sasis, senior junior
kalo lomba mah gak ada senior junior, yang ada track A B ato C
yang senior jg belum tentu menang
yang junior jangan menyerah nyetting mobilnya, bisa dengan minta bantuan yang senior2


mantaps gan inponya!!
wah.. gw suka nih.. gak ada batasan modifikasi..
tar deh kalo pundi-pundi dah ngumpul!! gw coba SLOOP...
senangnya ada bro concize77 yang siap membimbing saya yah di bandung.. wekekekek
Quote:Original Posted By concize77
ikutan ahh.. hehehe..
kalo tiang yah.. gw suka bikin sendiri.. tinggal beli aja tapped buat bikin drat halus ukuran 2mm..
bahannya dari jari2 becak.. cari deh yg stainless.. dijamin mantap daripada beli... soalnya kalo yg beli itu dari baja biasa.. bukan stainless..
tinggi nya juga bisa disesuaikan.. kalo kita mau pake mobil kenceng... boleh pake tiang yg agak rendahan.. maksudnya supaya mobil lompat.. dia gak akan terlalu jauh lompat nya.. CMIIW.


kalo mobil sloop skrg pada pake tiang tanem...
oh iya, ada perbedaan disini ama di bandung,
kalo di bandung sloop yang di maksud tu mobil handycap yang pake rem itu
kalo di bandung mobil sloop namanya klotokan / standart nasional[/QUOTE]

oooo.. baliik lagi kek jaman mobil speed dulu yah pake tiang tanem >??
tiang pasak kalo kita sih nyebutnya... ckckckck... rada susah nyenter da kalo kata gw mah.. cuma emang enak buat ngatur kemiringan depan yah...
hihihihi.... menyimak gan..
Quote:Original Posted By hyaki
mantaps gan inponya!!
wah.. gw suka nih.. gak ada batasan modifikasi..
tar deh kalo pundi-pundi dah ngumpul!! gw coba SLOOP...
senangnya ada bro concize77 yang siap membimbing saya yah di bandung.. wekekekek


bukan membimbing.. sama2 belajar nyetting maen tamiya sloop
haha... sama2 masih belajar kok

Quote:Original Posted By Mommo
kalo mobil sloop skrg pada pake tiang tanem...
oh iya, ada perbedaan disini ama di bandung,
kalo di bandung sloop yang di maksud tu mobil handycap yang pake rem itu
kalo di bandung mobil sloop namanya klotokan / standart nasional


oooo.. baliik lagi kek jaman mobil speed dulu yah pake tiang tanem >??
tiang pasak kalo kita sih nyebutnya... ckckckck... rada susah nyenter da kalo kata gw mah.. cuma emang enak buat ngatur kemiringan depan yah...
hihihihi.... menyimak gan.. [/QUOTE]

pake tiang tanem kayaknya lebih enak di pake karena gak perlu kenceng2in drat lagi, kalo tiang drat khan biasanya mur nya suka kendor, musti di kencengin tuh
Permisi para juragan sloop disini...
Saya pendatang baru yang mau berguru ilmu2 sloop nih..
Kayanya udah menemukan tempatnya skr dah... hehe...
Mohon petunjuknya ya...
nubi ikutan ngasih masukan boleh.....
tadi ada yg kesulitan dgn nyabut tiang tanem ya...
disebelah sih gw dah pernah posting juga.... pasti lebih enak pake gambarkan...

nah cara ini yg biasa gw lakukan....

Spoiler for tiang tanem:


wow....thanks banget bro...
pake dikasih gambar, nah...sekarang lebih cerah dec...hehe gak mendung lagi...hihi
gan , tu d fanbo y ?
fanbo tu d snur ato nusa dua sh ?
ane mo ksana msh bngung ma tmpatnya ....