KASKUS

Quote:Original Posted By Azrie
Nice Info Gan... punya Ane LG awet juga yang penting perawatan ya Gan.. sering diservice rutin..


ac haier yg ane pk gak ada nih..
pdhl lumayan bagus, sejuk, bandel loh..
udh pake sejak mei 2007
Mo share aja gan dari pengalaman yg ane pake di rumah :
- sharp plasma : tidak terlalu dingin (kurang nyess), dah pake 4 thn blm pernah rusak..
- samsung : dingin bgt, dah pake sekitar 3.5thn barusan error, lampu indikator kedip terus, harus direset biaya 175rb.. Pdhal barusan dpuji karena lbh dingin n lbh murah dibanding sharp, eh lgsung error.. Haha
- LG, dipake dirumah kakak, dingin jg, belum tau awet gak secara blm ada 1 thn..
ane bingung kenapa merek ini ga disebutin gan


tapi menurut ane AC merek SANYO is the best lah


tapi ane sekarang jarang liat di toko2 jual itu

buktinya gan:
AC ane nilep dari bekas kantor bokap ane, tu dah dipake tiap hari berjam2 di kantor, trus setelah ane tilep, ane pake terus tiap hari berjam jam juga.
waktu itu ane masih TK gan.
Dan sekarang ane dah kuliah AC nya masih kenceng gan.
kamar ane gede tapi ane tetep berasa di eropa, pake 25 derajat aja udah berdiri semua bulu ane
:maho

nah, selain itu, di tempat les basa inggris ane dulu jaman smp, ruangan kelasnya kan gede tuh, tapi AC nya cuman satu dan ane tetep menggigil kedinginan. ada apa gerangan?
ac nya sanyo gan!
Quote:Original Posted By linicia
Smuanye sami mawonn Gan.... spart skrg dari China smue.....


Emang rata2 sekarang udah buatan China, cuman buatan China juga masih ada yang bagus, cuman tetep aja semua tergantung harganya.

Ada beberapa merk AC Jepang yang sekarang harganya murah banget, itu sebenernya quality nya udah sama kaya AC China, cuman karena merk Jepang aja. Semua itu karena persaingan bisnis di Indonesia yang menuntut harga murah.

Ada juga AC merk Jepang yang ngga mau ngikutin buat AC murah, ane pernah nanya ternyata principal AC tersebut yang ngga mau buat AC dengan qualitas rendah, bahkan menurut dia, AC merk tersebut untuk pasar di Indonesia itu udah paling rendah di banding dengan AC merk yang sama di negara lain, jadi dia bilang, kalo harus buat AC dengan quality lebih rendah lagi, dia ngga mau.

Tapi emang kalo AC, harga biasanya ngga bohong.
Ane kemaren bingung jg pilihan antara panasonic atau daikin...akhirnya ambil daikin...mudah2an bagus deh...
gan minta pendapat donk kira bagusan ambil merk apa dan jenis apa kebutuhan ac 1/2 pk dipake untuk kamar tidur,pengalaman ane udah pake merk panasonic 2 kali(c7dkh ini ane lupa namanya apa,dan sekarang pake envio)2 seri tersebut ga terlalu dingin,klo udah kotor dikit aja dinginnya berkurang banget , merk lg yg jenis hercules (kk ane yg pake) ga dingin juga.klo bisa yg bandel ya gan jgn sering" servis,tq gan
panasonic jelas gan
Daikin paling dinginnNNN dari 2 pknya aja keliatan pipanya paling gede di kelasnya
gan mau tanya klo merk Samsung yg Virus Doctor atau Samsung yg Low Watt mendingan mana ya? Dibanding sama Panasonic yg Envio atau Alowa gimana Samsung ini?

Ukuran kamar ane 5x3m mendingan pake 3/4pk (530watt) atau 1/2pk(320watt)

listrik dirumah dayanya 1300w, jadi mending mana yg cocok?
ane gak punya AC gan tp yang sering banyak dipake toshiba ya?
jarang ad ac yg bisa awet bngt gan....
rata" kurang lebih sama aj...
ac split jaman sekarang rata" dah bagus c gan....
teknologi ny dah makin maju gk kek jaman jadul...
Gw pikir AC sekarang rata2 sudah bagus, yang paling penting pemasangannya. Kompressor jangan terlalu jauh ataupun dekat, dan posisi kompressor di usahakan di bawah indoor AC nya.
tapi kalo nanya spare parts, gw pikir panasonic (dulu national) masi paling gampang & lebih murah.. CMIIW
wawkawk ane di rumah pake merk nasional gan,
awet punya tuh selama ini ga ada masalah, udah pake kira2 yah 9 tahunan
Ijin nyimak juragan..
Sekalian absen..
Yang penting instalasinya bos... Merk apapun klo instalasinya kurang bagus mah ngga bakalan awet.. Usahakan jarak outdoor sama indoornya ngga ngelebihin jarak maksimumnya & sebaiknya posisi outdoornya lebih rendah dari indoornya..
Tp klo merk gw lebih suka panasonic, bukan karena awet atau fiturnya.. Tp karena spareparts nya banyak dipasaran.. Coba deh.. AC merk apapun, klo dah di service biasanya pake spare parts panasonic, terutama di kompressor..
Nambahin aja, AC nyokap ane di Banda Aceh dr tahun 1993 ampe skrg msh awet, yg ajaib nya tuh AC outdoor ama indoornya pernah kelelep Tsunami di taon 2004, yg rusak cuma Indoornya aja Gan, Outdoornya masih dingin bgt.

AC nya Merk Toshiba Gan...
Nambahin dikit, gue pake AC merk TCL (merk China) udah hampir 7 th, belum pernah rusak, paling cuci doang, kemaren sempet error (ternyata karena debu) sehingga remotenya gak berfungsi.
Quote:Original Posted By mekov
Yang penting instalasinya bos... Merk apapun klo instalasinya kurang bagus mah ngga bakalan awet.. Usahakan jarak outdoor sama indoornya ngga ngelebihin jarak maksimumnya & sebaiknya posisi outdoornya lebih rendah dari indoornya..
Tp klo merk gw lebih suka panasonic, bukan karena awet atau fiturnya.. Tp karena spareparts nya banyak dipasaran.. Coba deh.. AC merk apapun, klo dah di service biasanya pake spare parts panasonic, terutama di kompressor..



Instalasi emang penting banget Gan, terutama seperti yang agan sebutin di atas, dan juga posisi indoor unit jangan terlalu dekat dengan plafon, karena return air nya ada di bagian atas, dan juga harus di perhatiin pipa instalasi yang sekarang banyak udah rendah qualitynya, jadi banyak yg bocor.

Menurut ane, AC sekarang udah ga sebagus dulu, mungkin akibat dari persaingan AC, di mana harga makin lama makin murah, salah 1 cara untuk bisa bertahan, yaitu nurunin quality-nya.

Secara pribadi, ane ngga gitu suka sama Panasonic Gan, soalnya ini merek tiap tahun pasti ganti type, jadi kadang banyak masalah yang timbul, belum sempet di analisa (masalah hanya di 1 unit saja atau masalah karena design produk), tiba tiba udah ganti model dengan masalah yang baru lagi.

AC York

AC York Split 1 PK dari sisi kebandelan dan keawetan kuat atau enggak? mohon info temans. Tipenya bukan inverter tapinya.
kalo menurut ane sih DAIKIN recommend bgt gan...

inverternya bagus tuh buat hemat listrik..

sekedar kasih tips aja, kalo mau awet harus rutin servis/maintenis minimal 3bulan sekali, jangan lupa tanya ke tukang servis apakah ada kebocoran pipa refrigerant ny.

sory kalau sotoy
×