KASKUS

Thumbs up Manfaat sayuran/buah Pare!!! rugi lo gan gak baca....

gan,..suka buah Pare atau Paria atau apa namanya?...ini memang pait
tapi ternyata banyak manfaatnya.....



Manfaat Buah Pare

Pare yang memiliki nama latin Momordica Charantia adalah suku labu-labuan (Cucurbitaceae) sejenis tanaman menjalar dengan buahnya panjang bergerigi dan runcing ujungnya.

Pare memiliki nama yang beragam disetiap daerah diantaranya Prien (Gayo), Foria (Nias),Peria (Melayu), Kambeh (Minangkabau), Papare (Jakarta, Halmahera), Paria (Sunda, Makasar, Bugis, Batak, Bima), Pare (Jawa Tengah), Pepareh (Madura), Paya Truwok (Sasak), Pania (Timor), Popari (Menado), Beleng gede (Gorontalo), Papariane (Seram), Papari Buru), Kepare (Ternate).
Pare terkenal dengan rasanya yang pahit. Walaupun memiliki cita rasa pahit, buah ini menyimpan berjuta manfaat dari berbagai nutrisi yang dikandungkan.Sayang rasanya jika pare terlewatkan dalam daftar menu makanan kita.

Lalu apa saja manfaatnya?

Mencegah sel kanker Pare mengandung Lesichin yang bermanfaat mengaktifkan kerja kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker. Selain itu juga mengandung betakaroten yang dapat membasmi sel kanker, menghambat serangan jantung dan mengatasi infeksi karena virus.

Menurunkan kadar gula
Zat protein yang terkandung berperan dalam penurunan kadar gula dalam darah. Kadar kalsium pare juga tergolong tinggi, sehingga mampu menaikkan produksi sel-sel beta dalam pankreas untuk menghasilkan insulin. Bila insulin dalam tubuh mencukupi maka kemungkinan kadar glukosa membanjir dapat dicegah, sehingga kadar gula darah menjadi normal atau terkontrol.

Mengatasi sembelit
Kandungan serat, vitamin C, karotin, kalium bekerja untuk mengatur kondisi di dalam usus dan berfungsi untuk mengatasi sembelit.

Menjaga kesehatan mata
Karotin yang terkandung bekerja untuk menjaga kesehatan mata, dapat meningkatkan aktivitas mata. Dengan kandungan ini, maka pare dapat untuk mengatasi ataupun mengurangi keluhan rabun senja.

Menjaga kecantikan kulit, sebagai anti oksidan
Pare mengandung Vitamin C 120 ml per 100 gramnya. Vitamin C ini berfungsi untuk menjaga kecantikan kulit dengan membantu mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultra violet. Itu berarti pare dapat mencegah munculnya noda hitam dan kerutan pada wajah.

Sebagai anti oksidan
Pare juga berperan sebagai anti oksidan karena kandungan vitamin, mineral dan fitokimianya. Anti oksidan berfungsi menetralisir radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Radikal bebas memicu pembentukan sel kanker, mempercepat penuaan, penyumbatan arteri, stroke, penyakit jantung dll.

Anti AIDS-HIV
Pare mengandung zat yang bermanfaat sebagai Anti HIV-AIDS, yang disebut ‘bitter melon’. Zat ini dinamai alpha-momorchorin, beta-momorchorin dan MAP30 (momordica antiviral protein 30). Kapsul berisi bubuk biji pare konon biasa dipakai di AS, dan senyawa tersebut diakui menahan laju perkembangan virus HIV-AIDS. Dengan terapi pare, para pengidap HIV-AIDS di Thailand dan AS secara klinis tampak lebih sehat dan berat badanya meningkat.

Khasiat dan manfaat lainnya
Pare masih memiliki khasiat yang lain seperti mengobati cacingan pada anak, batuk rejan, ambient, menambah ASI, bisul, dan disentri. Biji pare bermanfaat juga untuk menyembuhkan impoten.Selain itu pare juga dapat merangsang nafsu makan, membantu penyembuhan penyakit kuning, dapat digunakan sebagai obat malaria.

Selain buahnya, daun pare juga memiliki banyak manfaat, seperti membantu penyembuhan mencret pada bayi, membersihkan darah bagi wanita yang baru melahirkan,dapat menurunkan panas.

ini sumbernya : http://www.coretan-berly*Forbidden*/...buah-pare.html


ini gambarnya :





ini yang udah di jadiin makanan :




Maap kalo jangan di
Kalo berkenan kasih

Alhamdulilah juga kalo dibantu RATE

Terima kasih ya gan.......

Spoiler for mampir dong gan:

Thumbs up 

Quote:Original Posted By putrachan


gak suka pare gan, pahit


wakakakak sama sih gan,.tapi banyak manfaatnya,..
ga suka gan
numpang mejeng di page 1
tetep gak suka sama pare
Gak dapet PERTAMAX biarinn

Yang penting

Page ONE GAN...!!!!

nice share bro !!
baru tau sebagian besarnya gan..brarti kalo makan siomay kudu pake pare nih..
BTW normalnya brapa uh gan makan pare seminggu?biar sehat kaya di atas?
gw suka pare gan...
Quote:Original Posted By si bi'car
baru tau sebagian besarnya gan..brarti kalo makan siomay kudu pake pare nih..
BTW normalnya brapa uh gan makan pare seminggu?biar sehat kaya di atas?


mgkn 2kg seminggu gan....

Quote:Original Posted By si bi'car
baru tau sebagian besarnya gan..brarti kalo makan siomay kudu pake pare nih..
BTW normalnya brapa uh gan makan pare seminggu?biar sehat kaya di atas?


wah kalo makannya harus berapa gue gak tau persis,tapi sayuran pait biasanya emang ampuh banget gan,....

kalo gue sih 2 minggu sekali,.. di kasih udang rebon dikit, nasinya anget2,...ajib gula gan,..
izin nyimak gan..
paiit gaan
gak enak gan .

Smile 

pait gan, gw ngak mau yg pait2..abis idup ini udah "pait" sih....
Quote:Original Posted By segokucing007
pait gan, gw ngak mau yg pait2..abis idup ini udah "pait" sih....


wakakakakakakak,... kayaknya kenal nih ama ID juragan,..



Spoiler for mampir dong gan:
yah,,,, ane ga suka buah pare gan..


pait rasanya...
tapi kalau dilihat dari manfaatnya boleh juga tuh dicoba,,

nice info gan..
wah..manfaat pare yg gw tau cm menambah nafsu makan gan...
sisa nya baru tau gw..
thanx gan infonya
mw banyak manfaatnya juga, gw ga demen ma pare gan
nais info tetep