KASKUS

Permainan Rakyat - Gambar

Contoh Post :

kaskus ID : verditch

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya : congklak

sumber : http://bandunginsite.com/life-style/congklak/

keterangan : ini adalah gambar permainan congklak dari jawa

Spoiler for congklak:


kaskus ID : budi ngaskus (upside down)

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya : Gatrik

sumber : http://asiaaudiovisualexc09rahayuris.../04/30/gatrik/

keterangan :Permainan ini menggunakan alat dari dua potongan bambu yang satu menyerupai tongkat berukuran kira kira 30 cm dan lainnya berukuran lebih kecil. Pertama potongan bambu yang kecil ditaruh diantara dua batu lalu dipukul oleh tongkat bambu, diteruskan dengan memukul bambu kecil tersebut sejauh mungkin, pemukul akan terus memukul hingga beberapa kali sampai suatu kali pukulannya tidak mengena/luput/meleset dari bambu kecil tersebut. Setelah gagal maka orang berikutnya dari kelompok tersebut akan meneruskan. Sampai giliran orang terakhir. Setelah selesai maka kelompok lawan akan memberi hadiah berupa gendongan engan patokan jarak dari bambu kecil yang terakhir hingga ke batu awal permainan dimulai tadi. Makin jauh, maka makin enak digendong dan kelompok lawan akan makin lelah menggendong.
gatrik bisa disebut juga tak kadal



[spolier=gatrik][/spoiler]


klo berkenan
Kaskus ID : romedaldz
Kategori : Permainan Rakyat
Bentuk karya : Egrang
Sumber : http://map-bms.wikipedia.org/wiki/Egrang
Keterangan : Ini adalah artikel tentang permainan Egrang Indonesia


Quote:
Spoiler for Deskripsi Egrang":


Permainan Gasing

kaskus ID : winzz
kategori : Permainan Rakyat - Gambar
bentuk karya : Permainan Gasing
sumber :
keterangan : Permainan Gasing


enis permainan ini telah dikenal hampir di seluruh masyarakat di Indonesia, berabad-abad yang lalu, gasing sudah menjadi ciri khas karena setiap daerah memliki tipe serta bentuk dan bahan yang berbeda. Di Kalimantan Barat permainan gasing menyebar diberbagai daerah seperti Sambas, Pontianak dan daerah lainya.
Adapun jenis gasing yang dikenal dan dimainkan ada tiga (3) macam, yaitu :
1. Gasing Jantung Pisang
2. Gasing Berembang
3. Gasing Uri / Piring
Gasing Jantung Pisang dan Berembang sering dimainkan oleh masyarakat untuk diadukan tingkat kekuatannya, sedangkan Gasing Uri dimainkan berdasarkan lama waktu putar gasing tersebut. Gasing Uri itu sendiri hanya bisa temukan di Kalimantan Barat.

Sebelum ditemukannya perubahan gaya dalam bermain gasing, permainan gasing itu sendiri dibagi menjadi tiga gaya, yaitu :
1. Gaya Kucil : dimana gasing diputar menggunakan kedua tangan.(foto)
2. Gaya Surung : permainan menggunakan tali, kemudian gasing dililitkan ke seutas benang khusus dan dilemparkan ke area permainan.
3. Gaya Pangka’ : permainan dimana gasing dilemparkan ke arah gasing lain buat di adu (pangka’).

Seiring berjalanya waktu, permainan gasing telah menjadikan gasing menjadi sebuah cabang pertandingan yang diadakan pemerintah. Dalam beberapa tahun terakhir berbagai pertandingan telah dilaksanakan baik itu pertandingan nasional maupun internasional. Ketua Gasing Kalbar yang akrab dengan sapaan Pak Mo’, menjelaskan bahwa “tim gasing Kalbar adalah salah satu tim terbaik yang dimiliki Indonesia, bahkan menjadi tim terbaik pada Sukan Borneo II tahun 2007 yang diadakan di Sarawak, Malaysia”. Ia sendiri telah mengenal permainan gasing pada usia 7 tahun, “sangat sulit untuk meninggalkan permainan ini, karena telah menemani hampir separuh hidup saya”, ujarnya.
kaskus ID : jelonk16

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya : Petak Umpet

sumber : http://rendyramadhan.blogspot.com

keterangan : permainan ini sering kita mainkan waktu masih kecil

Spoiler for cekidot:
Kaskus ID : NVnite
Kategori : Permainan Rakyat
Bentuk karya : Maen klereng
Sumber : http://kotapalembang.blogspot.com/20...-kelereng.html



ini permainan indonesia kan??karena saya dari kecil sering main ini...

kaskus id : otong onyon

kategori : permainan rakyat

bentuk karya : petak jongkok

sumber : http://kanih.multiply.com/journal/it...onal_Pada_Anak

keterangan : Petak jongkok merupakan salah satu permainan paling populer untuk anak-anak yang sering dimainkan dimana saja. Permainan kejar-kejaran ini paling sedikit dilakukan tiga anak. Serunya permainan ini menantang anak untuk menangkap temannya atau sebaliknya berlari agar tidak tertangkap oleh satu dari temannya yang menjadi penjaga.

Spoiler for petak jongkok:
Kaskus ID : capt_alfons
Kategori : Permainan Rakyat
Bentuk karya : Tarik Tambang
Sumber : http://freddysetiawan.files.wordpres...8/08/game2.jpg
http://arifanda.com/wp-content/uploa...ik-tambang.jpg

Keterangan: Lomba Tarik Tambang biasanya ramai dipertandingkan untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI. Pertandingan melibatkan dua regu, dengan 5 atau lebih peserta. Dua regu bertanding dari dua sisi berlawanan dan semua peserta memegang erat sebuah tali tambang. Di tengah-tengah terdapat pembatas berupa garis. Masing-masing regu berupaya menarik tali tambang sekuat mungkin agar regu yang berlawanan melewati garis pembatas. Regu yang tertarik melewati garis pembatas dinyatakan kalah

Spoiler for Tarik Tambang:
kaskus ID : mercy19

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya : Sunda Manda

sumber : http://permata-nusantara.blogspot.co...nda-manda.html

keterangan : Sekelompok anak secara bergantian melemparkan gacuk pada gambar kotak-kotak di atas tanah, kemudian melompat-lompat dengan satu kaki mengelilingi kotak-kotak yang ada, dan berupaya secara sungguh-sungguh untuk memiliki kotak sebanyak-banyaknya. Barang siapa memiliki kotak paling banyak, maka dialah yang akan memenangkan permainan. Permainan ini disebut dengan sunda manda, selain itu di nusantara mempunyai beraneka ragam nama diantaranya teklek. ingkling, sundamanda/sundah-mandah, jlong jling, engklek, lempeng, dampu, dan beberapa sebutan lainnya.
Sunda manda merupakan salah satu permainan anak yang cukup populer di kalangan masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan. Permainan ini dapat ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Walaupun cukup populer di kalangan masyarakat pedesaaan, namun perlu di ketahui ada yang mengungkapkan bahwa nama permainan ini sebenarnya adalah zondag-maandag yang berasal dari negeri kincir angin belanda, tapi itu baru pendapat sementara.
Dolanan ini bersifat kompetitif, biasanya dimainkan oleh dua orang anak atau lebih. Area permainannya berbentuk kotak-kotak yang menyerupai tanda tambah atau pohon yang dibagi menjadi beberapa petak yang disebut ’sawah’. Biasanya anak-anak melakukan permainan ini di atas tanah matang yang rata atau lantai semen. Masing-masing pemain memegang ‘gacuk’. gacuk, yaitu berupa benda pipih dengan ukuran kecil sekitar 4-5cm. Gacuk biasanya dibuat dari pecahan genteng atau tegel. Penggunaan gacuk dengan spesifikasi pipih, karena benda pipih akan lebih mudah dikontrol ketika dilemparkan ke dalam kotak yang telah dibuat.
Untuk menentukan siapa yang bermain lebih dulu, maka dilakukan ‘pingsut’ atau suit, apabila permainan hanya diikuti oleh dua orang. Namun jika pesertanya tiga orang atau lebih, dilakukanlah hompimpah sampai terpilih urut-urutan pemain pertama, kedua, dan seterusnya.
Permainan di mulaie...............
Pemain pertama mengawali permainan dengan melemparkan gacuknya pada kotak pertama. Jika gacuk yang dilemparkan ke luar dari kotak yang menjadi target, atau berada di atas garis antar kotak, maka pemain tersebut dinyatakan gugur dan kesempatan diberikan kepada pemain selanjutnya. Jika lemparan gacuknya berada di dalam kotak, maka si pemain dapat melanjutkan permainan. Ia harus melompati kotak yang ada gacuk miliknya, dan melompat-lompat dengan satu kaki mengitari kotak-kotak yang lain sampai akhirnya kembali pada kotak yang ada gacuknya. Sebelum masuk pada kotak yang ada gacuknya, si pemain harus berhenti sejenak untuk mengambil gacuknya. Barulah kemudian ia dapat melanjutkan perjalannya. Pada saat melompat-lompat mengitari kotak-kotak, si pemain juga harus berhati-hati karena jika menginjak gacuk pemain lain, menyentuh garis-garis tepi kotak atau berada di luar area, ia dinyatakan gagal dan kesempatan diberikan kepada pemain urutan selanjutnya. Namun perlu di ketahui kaki tidak boleh menginjak petak di mana gacuk jatuh waktu dilemparkan artinya tidak boleh menginjak lokasi dimana lokasi gacuk berada. Seandainya pada putaran tersebut ia sukses, si pemain dapat melemparkan gacuknya pada kotak berikutnya. Selanjutnya sesuai dengan tata cara yang awal, yaitu berjalan melompat-lompat, dan tidak boleh menginjak lokasi gacuknya dia. Demikian seterusnya sampai gacuknya melewati semua kotak yang ada pada arena ingkling.
Bagi yang berhasil melewati semua kotak, maka dia bepeluang untuk memiliki secara eksklusif sebuah kotak atau biasa disebut dengan sawah, yaitu pemain lain tidak boleh menginjakkan kaki pada kotak yang telah ada pemiliknya tetapi bagi pemain yang memilikinya boleh menginjaknya dengan kedua kaki atau untuk istirahat sebentar. Namun sebelum memiliki kotak secara eksklusif, peserta harus memutari kotak-kotak ingkling dengan melompat-lompat menggunakan satu kaki, dan meletakkan gacuknya pada bagian punggung tangannya dan gacuk tidak boleh jatuh dari tangan jika jatuh harus mengulagi lagi. Setelah itu, ia dapat menentukan kotak miliknya dengan melemparkan gacuknya ke kotak dengan membelakangi arena permaianan. Kotak tempat jatuhnya gacuk itulah yang berhak menjadi kotaknya jika jatuhnya berada di luar maka diulangi dilempar pada giliran berikutnya. Untuk menandai kepemilikannya, biasanya kotak yang menjadi miliknya diberi tanda khusus, seperti gambar bintang.
Pemain yang diyatakan menag yaitu pemain yang telah menjadkan semua kotak sebagai sawah.
Eits......... ada yang lupa nie.. dalam permainan ini juga ada tolerir yaitu jika salah satu pemain memiliki banyak kotak, dan pemain lain kesulitan untuk melompati kotak-kotak yang telah ada pemiliknya tersebut, maka pemain yang lain dapat meminta bagian dari kotak yang telah ada pemiliknya tersebut. Biasanya hanya boleh meminta sesuai dengan lebar kakai kita Dipenuhi atau tidaknya permintaan untuk membagi kotak, tergatung dari si pemilik kotak. Eh... bukan tergantung tapi terserah, kalo tergantung mati donx....

maap gambar lum nemu
kaskus ID : mercy19

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya : Bekelan

sumber : http://permata-nusantara.blogspot.co...ekelan_03.html

keterangan :

Halo.. para wanita sebangsa dan setanah air, pengumuman... pengumuman... edisi posting kali ini kita akan membahas tentang.. permainan favorit kaum wanita yang telah ditunggu-tunggu adalah..... bekelan. siap sahabat!!! ini dia.......

Nama bekelan atau bekel berasal dari nama bola yang dipakai yaitu bola yang terbuat dari karet yang disebut dengan bola bekel. Bekelan adalah permainan anak yang kebanyakan dimainkan oleh anak perempuan. Yang dibutuhkan dalam permainan ini yaitu Bola karet sebesar bola pingpong kemudian timbel yang berupa misalnya kacang, batu kecil, kelereng atau yang lain yang penting ukuranya pas di tangan dengan jumlah 5 (lima).

Pemain pertama harus mulai dengan semua biji dalam satu tangan dan bijinya akan dijatuhkan waktu bola dilempar masih ada di udara. Setiap kali bola dilempar, bolanya hanya bisa menyinggung lantai satu kali, sebelum pemain menangkapnya.Habis itu, setiap kali bolanya dilempar, pemain akan mengambil satu biji dan menangkap bolanya dengan tangan yang sama, sampai semua biji di lantai sudah habis.

Pemainnya bisa terus bermain dengan menaikkan jumlah biji yang diambil setiap bagian, sampai dia bisa mengambil semua bijinya dalam satu kali. Lalu, permainannya akan dibuat lebih sulit dengan menambah satu aturan yang lain pada aturan yang ada:

Mula-mula pemain harus mengganti semua biji di atas dulu, baru dia bisa mengambil satu biji setiap kali sampai semua bijinya habis. Habis itu, pemain harus melempar biji di lantai lagi. Kemudian, dia harus memutar biji seperti dulu. Lalu, dia akan mengambil dua biji setiap kali sampai semua bijinya habis. Ini meneruskan sampai semua bijinya bisa diambil dalam satu kali. Kalau kebetulan biji jatuh dari tangannya waktu sedang bermain, pemainnya juga harus berhenti, jadi lawan bisa mulai.Pemain yang bisa bermain lebih banyak macam yang berbeda adalah pemenangnya.

Spoiler for gambarnya:

Kasti

kaskus ID : acidaacaducud
kategori : Permainan Rakyat - Gambar Edit Post
bentuk karya : Kasti
sumber :
keterangan : Kasti

[IMG]http://upmin*Forbidden*/uploads/26454716c15ccef66d7efbf72bbced6b.jpg[/IMG]

Quote:Kasti atau Gebokan merupakan sejenis olahraga bola. Permainan yang dilakukan 2 kelompok ini menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu untuk disusun. Siapapun yang berhasil menumpuk batu tersebut dengan cepat tanpa terkena pukulan bola adalah kelompok yang memenangkan permainan. Pada awal permainan, ditentukan dahulu kelompok mana yang akan menjadi penjaga awal dan kelompok yang dikejar dengan suit. Kelompok yang menjadi penjaga harus segera menangkap bola secepatnya setelah tumpukan batu rubuh oleh kelompok yang dikejar. Apabila bola berhasil menyentuh lawan, maka kelompok yang anggotanya tersentuh bola menjadi penjaga tumpukan batu. Kerjasama antaranggota kelompok sangat dibutuhkan seperti halnya olahraga softball atau baseball.
Kaskus ID :bidhutiadatara
Nama Permainan : Gobak Sodor
Sumber : http://www.adicita.com/detail.php?L3...MMlo4bw%3D%3D=




Quote:Galah Asin atau di daerah lain disebut Galasin atau Gobak Sodor adalah sejenis permainan daerah dari Indonesia. Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.

Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan acuan garis-garis yang ada atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segiempat dengan ukuran 9 x 4 m yang dibagi menjadi 6 bagian. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur. Anggota grup yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal (umumnya hanya satu orang), maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan. Permainan ini sangat mengasyikkan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan.
kaskus ID : TanpaKoma

kategori : permainan rakyat

bentuk karya : foto panjat pinang

sumber : http://www.hinamagazine.com/index.ph...kaan-ri-ke-62/
http://id.wikipedia.org

keterangan : semua orang di negeri kita juga tau permainan ini aseli, khas, dan hanya ada di negeri kita

Sebuah pohon pinang yang tinggi dan batangnya dilumuri oleh pelumas disiapkan oleh panitia perlombaan. Di bagian atas pohon tersebut, disiapkan berbagai hadiah menarik. Para peserta berlomba untuk mendapatkan hadiah-hadiah tersebut dengan cara memanjat batang pohon.

Oleh karena batang pohon tersebut licin (karena telah diberi pelumas), para pemanjat batang pohon sering kali jatuh. Akal dan kerja sama para peserta untuk memanjat batang pohon inilah yang biasanya berhasil mengatasi licinnya batang pohon, dan menjadi atraksi menarik bagi para penonton.

nambahin gan!!!

kaskus ID : wanxp
kategori : permainan rakyat
bentuk karya : kalau di tempat ane ni namanya Engkrang
sumber : sini gan

ne fotonya gan

kalu ane dari kecil seneng nya maen "BENTENG". cuma belum bisa kasih gambar nih

kutipan dari om wiki
Quote:Benteng (permainan)
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Benteng, adalah permainan yang dimainkan oleh dua grup, masing - masing terdiri dari 4 sampai dengan 8 orang. Masing - masing grup memilih suatu tempat sebagai markas, biasanya sebuah tiang, batu atau pilar sebagai 'benteng'.


Permainan
Tujuan utama permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih 'benteng' lawan dengan menyentuh tiang atau pilar yang telah dipilih oleh lawan dan meneriakkan kata benteng. Kemenangan juga bisa diraih dengan 'menawan' seluruh anggota lawan dengan menyentuh tubuh mereka. Untuk menentukan siapa yang berhak menjadi 'penawan' dan yang 'tertawan' ditentukan dari waktu terakhir saat si 'penawan' atau 'tertawan' menyentuh 'benteng' mereka masing - masing.

Tawanan
Orang yang paling dekat waktunya ketika menyentuh benteng berhak menjadi 'penawan' dan bisa mengejar dan menyentuh anggota lawan untuk menjadikannya tawanan. Tawanan biasanya ditempatkan di sekitar benteng musuh. Tawanan juga bisa dibebaskan bila rekannya dapat menyentuh dirinya.


Taktik
Dalam permainan ini, biasanya masing - masing anggota mempunyai tugas seperti 'penyerang', 'mata - mata, 'pengganggu', dan penjaga 'benteng'. Permainan ini sangat membutuhkan kecepatan berlari dan juga kemampuan strategi yang handal.
kaskus ID : gueKaskuser

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya : Permainan Bentengan

sumber : http://www.mail-archive.com/sma1bks@.../msg08964.html

Keterangan :

Permainan memperebutkan benteng. Tapi yang duluan keluar dia lemah dan
bisa ditangkap oleh lawan. Makanya ketika lawan sudah mengejar dia
segera berbalik untuk kembali ke benteng, dan kawannya akan bergantian
untuk mengejar musuhnya. Siapa yang tertangkap akan disandera, berderet.
Yang menangkap harus menjaga tawanan ini agar tidak dibebaskan oleh
lawan. Tantangannya semakin banyak yang tertangkap, semakin panjang
tawanan, semakin susah menjaga sebab makin mudah dibebaskan lawan.

Jika tinggal satu orang, maka orang terakhir ini akan mempertahankan
dikeroyok oleh semua lawannya. Jika dia bisa menangkap musuhnya, berarti
lawan berkurang. Tapi kalau benteng disentuh musuh, grupnya akan kalah.

Spoiler for gambarnya:
kaskus ID : gueKaskuser

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya : Permainan Loncatan


sumber : http://www.mail-archive.com/sma1bks@.../msg08964.html

Keterangan :

Permainan menggunakan tali karet. Dimana peloncat tidak boleh kena karet. Cara meloncat bisa menggunakan gaya ‘wedo’an’ atau ‘lanangan’. Buat yang belum bisa loncat, biasanya anak kecil , dijadikan ‘pupuk bawang’. Dia boleh loncat mengenai karet. Atau ada istilah ‘ranjuk’ , buat mereka yang tidak bisa loncat . Tahapannya, pertama tali digoyang-goyang di atas mengenai tanah, lalu tali dinaikkan setinggi lutut / dengkul, lalu setinggi pinggang atau ‘ugil-ugil’, lalu setinggi dada, setinggi telinga/ kuping, setinggi kepala , diteruskan setinggi tangan yang dikepalkan ke atas / merdeka, terakhir istilahnya ‘ merdeka tim’ yaitu seperti merdeka ditambah ujung telunjuk mengarah ke atas.

Spoiler for gambarnya:
kaskus ID : zack_killer and the zack_familly

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya : Engklek

sumber : http://asiaaudiovisualexc09rahayuris.../04/30/gatrik/

keterangan :Permainan Engkek mungkin tidak asing lagi di telingga kita jenis permainan tradisional ini dilakukan di pelataran dengan mengambar kotak-kotak kemudian melompat-lompat dari kotak satu ke kotak selanjutnya. Engklek ada beberapa istilah lain untuk permainan ini, ada yang menyebut permainan ini dengan Teklek ada juga yang menyebutkan dengan ciplek gunung. Istilah untuk penyebutan nama permainan ini memang beragam tapi permainan yang dilakukan sama.

Kenapa dinamakan engkek mungkin karena permainan ini dilakukan dengan cara bertahap dan dengan cara melompat-lompat dari kotak satu ke kotak yang lain dengan menggunakan satu kaki.

Spoiler for gambar1:


Spoiler for gambar1:


kaskus ID : gueKaskuser

kategori : Permainan Rakyat

bentuk karya : Permainan Ular Naga

sumber : http://id.wikibooks.org/wiki/Permain...mpok/Ular_Naga

Keterangan :

Spoiler for keterangan:


Spoiler for gambarnya: