KASKUS

Bagi yang mau jadi sub agent.. Sebenarnya diluar sana banyak banget Travel Agent yang buka peluang Sub Agent. Tanpa registrasi, deposit jg ga banyak, komisi bervariasi antara 30-70, NTA +5000, NTA +2000 sampai NTA FULL. Bahkan ada jg yg kasih sign in issued (biasanya ada persyaratan khusus).
Bagaimanapun sebuah system tiketing, kl opini ane system sign in direct ke maskapai yang paling baik.

Quote:Original Posted By plannerholiday
ada yg info rekomendasi Travel Agent Wholesaler tuk Voucher Hotel / Paket Tour (Bali/Lombok/Jawa Area)

Travel Agent baru susah minta direct harga ke hotel,kalopun dapat harganya tinggi bahkan lebih tinggi dari web booking online jadinya mayan repot jualnya

pm wae ya

Tks


Travel agent baru bisa aja sebenarnya gan.. Hotel biasanya kasih prepaid payment system alias bayar dimuka..
Kalo ane di Lombok secara basic harga Kontrak rate kita mash di bawah Agoda. Contoh harga yang ada di agoda kebanyakan tanpa Tax dan Service charge 21% loh.. Malah ama hargadi Itungan Agoda +21% tax masih murah harga jual voucher hotel ane.. hehehe
Quote:Original Posted By WongSeni
Bagi yang mau jadi sub agent.. Sebenarnya diluar sana banyak banget Travel Agent yang buka peluang Sub Agent. Tanpa registrasi, deposit jg ga banyak, komisi bervariasi antara 30-70, NTA +5000, NTA +2000 sampai NTA FULL. Bahkan ada jg yg kasih sign in issued (biasanya ada persyaratan khusus).
Bagaimanapun sebuah system tiketing, kl opini ane system sign in direct ke maskapai yang paling baik.



Travel agent baru bisa aja sebenarnya gan.. Hotel biasanya kasih prepaid payment system alias bayar dimuka..
Kalo ane di Lombok secara basic harga Kontrak rate kita mash di bawah Agoda. Contoh harga yang ada di agoda kebanyakan tanpa Tax dan Service charge 21% loh.. Malah ama hargadi Itungan Agoda +21% tax masih murah harga jual voucher hotel ane.. hehehe


tks infonya.

ane sdh dapat beberapa harga dari hotel/villa.
tapi ya itu tadi kondisinya rata' hanya kasih less 20-25% dr publish rate hotel *agent baru
setelah cek ricek sana sini untuk harga jualnya agar bisa dapat profit tetep aja kondisinya masih kalah harga dgn web online walaupun sdh ane hitung tax service 21%

maksdnya prepaid gmn ya?...apakah kita harus bayar hotel sebelum kita jual ke customer?...

yang ane tau sih agent baru ke hotel emang tidak ada fasilitas kredit,adanya prepayment berdasarkan cut of date bookingan
Quote:Original Posted By plannerholiday


tks infonya.

ane sdh dapat beberapa harga dari hotel/villa.
tapi ya itu tadi kondisinya rata' hanya kasih less 20-25% dr publish rate hotel *agent baru
setelah cek ricek sana sini untuk harga jualnya agar bisa dapat profit tetep aja kondisinya masih kalah harga dgn web online walaupun sdh ane hitung tax service 21%

maksdnya prepaid gmn ya?...apakah kita harus bayar hotel sebelum kita jual ke customer?...

yang ane tau sih agent baru ke hotel emang tidak ada fasilitas kredit,adanya prepayment berdasarkan cut of date bookingan


Pre Payment yaitu saat bookingan kita sudah konfirm, mereka akan kirim invoice untuk pembayarannya. Batas waktu pembayaran tergantung dari Hotelnya. ada yg saat bookingan confirmed, 30 hari, 7 hari bahkan ada yg pada saat tamu check in.
Quote:Original Posted By WongSeni


Pre Payment yaitu saat bookingan kita sudah konfirm, mereka akan kirim invoice untuk pembayarannya. Batas waktu pembayaran tergantung dari Hotelnya. ada yg saat bookingan confirmed, 30 hari, 7 hari bahkan ada yg pada saat tamu check in.


ic,brarti kondisinya seperti yg saya tulis tadi prepayment/fullpayment sesuai cut of date/time limit booking dari hotelnya.

Thanks Gans n Salam sukses

Quote:Original Posted By WongSeni

Bagaimanapun sebuah system tiketing, kl opini ane system sign in direct ke maskapai yang paling baik.


Sebagai agen resmi airline
tentu hal ini emang betul gan
tapi jujur aja, ane sebagai agent, ribetnya minta ampun ngatur deposit
belum lagi kalo depositnya ngilang karena airline tutup

Quote:Original Posted By WongSeni

Bahkan ada jg yg kasih sign in issued (biasanya ada persyaratan khusus).


cara ini sebenarnya tidak baik
setau ane, ngasihin user B2B kepada pihak lain, itu gak diperbolehkan airline, CMIIW

soalnya repot pertanggungjawabannya
Quote:Original Posted By T.Net


Sebagai agen resmi airline
tentu hal ini emang betul gan
tapi jujur aja, ane sebagai agent, ribetnya minta ampun ngatur deposit
belum lagi kalo depositnya ngilang karena airline tutup


Sesuai dengan judul thread ini, gmn cara kita buka usaha dari awal, dan asumsi saya sampai kita mandiri kerjasama langsung dengan airline.

Jadi sub agent itu hanya jembatan awal gan bagi kita sebelum jadi Master Agent.
Master Agent didalamnya terdapat insentive selain komisi tersebut. Dan insentive itu sangat lumayan untuk kelangsungan usaha kita. 10rb/pax/segment, lumayan kan. Aggap aja kita jual 100 tiket/bln msing2 1 pax direct. udah 1jt sendiri, blm kl 1 tiket ada diantaranya 2 pax lebih atau transit..

Knp saya rekomendasikan Sub Agent yg pake sign langsung maskapai? agar dari awal bisa mengenal system masing2 maskapai. Jadi nanti saat menjadi master agent tinggal penyesuaian.
Disamping jg, jika pake kemitraan dgn website pihak ke 3. Jika web itu down, gagal akses utk semua maskapai.

Dan kita harus sama2 tau bahwa setiap usaha ada risk yg harus di tempuh.
Misal yg seperti agan bilang ribet ngatur deposit, ribet atau enggak itu tergantung kitanya gan.
Airline tutup jg bagian dari resiko bisnis travel agent. Sama dengan usaha lain yg punya resiko2 jg.

Quote:Original Posted By T.Net

cara ini sebenarnya tidak baik
setau ane, ngasihin user B2B kepada pihak lain, itu gak diperbolehkan airline, CMIIW

soalnya repot pertanggungjawabannya


Bukankah ane sudah kasih tanda kurung kl ada persyaratan khusus. Pihak lain tersebut mempunyai perjanjian dengan travel agent. Dan semua airline pasti tau jg sign mereka dipakai sub agent travel tersebut. Knp? krn beberapa dari mereka jg minta surat rekomendasi dr travel sebelumnya saat jadi sub agent untuk pengajuan Master Agent.

Utk pertanggung jawaban, kan ada surat perjanjian. Disitu sudah tertulis semua, termasuk deal2 secara bisnisnya gan.

Ga ada yg ga baik gan. semua itu tergantung bagaimana kita aja.

setuju banget sama postingan agan WongSeni

pencerahannya mantabs
Quote:Original Posted By T.Net
just info aja yg mau daftar ke GOS

mungkin sekarang-sekarang akan lama gan
karena Garuda sedang mau ganti sisitem reservasi/CRS nya
rencana bulan juni mereka ganti pake AMADEUS ALTEA

agen-agen yang udah akreditas IATA udah di training buat persiapan ganti sistem ini
kemungkinan besar GOS juga bakal berimbas
dan ati-ati loh gan kalo ke GOS
bookingan agan bisa di ambil member GOS yang lain
karena GOS tidak memiliki partisi antar member
semua tumplek jadi 1


Pengalaman buruk utk pengguna GOS..

Waktu penumpang mau check in, tiba tiket tidak berlaku, krn udah ada yg refund.. naaaah loch... padahal, dr agent ga pernah ngerefund tu tiket...

Gmn ya gan, proses penyelesaiannya?? gawat niiy...
Quote:Original Posted By T.Net

kemungkinan besar GOS juga bakal berimbas
dan ati-ati loh gan kalo ke GOS
bookingan agan bisa di ambil member GOS yang lain
karena GOS tidak memiliki partisi antar member
semua tumplek jadi 1


Maksudnya gimana? Yang tumplek jadi satu itu dengan member lain atau antara member dan bookernya.

Quote:Original Posted By DodieFantom


Pengalaman buruk utk pengguna GOS..

Waktu penumpang mau check in, tiba tiket tidak berlaku, krn udah ada yg refund.. naaaah loch... padahal, dr agent ga pernah ngerefund tu tiket...
Gmn ya gan, proses penyelesaiannya?? gawat niiy...


Masa sih......😳
Apa benar ada kejadian seperti itu. Janganlah menakut - nakuti sub agent/ agent yang baru😱
Quote:Original Posted By dewikunthi


Maksudnya gimana? Yang tumplek jadi satu itu dengan member lain atau antara member dan bookernya.



Masa sih......😳
Apa benar ada kejadian seperti itu. Janganlah menakut - nakuti sub agent/ agent yang baru😱


Iya gan... ane jg agent baru...
Kmrn br clear masalah nya, ktnya ada kslahan dlm proses bankingnya, tiket terissued, tp d system gagal melakukan pembayaran..
Akhirnya duit d kembaliin penuuh sm pihak garudanya...
Huufff...
Quote:Original Posted By DodieFantom


Iya gan... ane jg agent baru...
Kmrn br clear masalah nya, ktnya ada kslahan dlm proses bankingnya, tiket terissued, tp d system gagal melakukan pembayaran..
Akhirnya duit d kembaliin penuuh sm pihak garudanya...
Huufff...


Kl ga salah biasanya yg gini status di GOS "Tiket OK diluar GOS".
Sdh 3x ngalamin seperti ini. Hrs hub call center beberapa kali.
Quote:Original Posted By WongSeni


Kl ga salah biasanya yg gini status di GOS "Tiket OK diluar GOS".
Sdh 3x ngalamin seperti ini. Hrs hub call center beberapa kali.


Ooh gt ya gan.. klo Tiket OK d luar GOS, pasti ada kslahan dlm system bankingnya... skrg2 msh ngalmin ky gtu ga gan?
Quote:Original Posted By DodieFantom


Ooh gt ya gan.. klo Tiket OK d luar GOS, pasti ada kslahan dlm system bankingnya... skrg2 msh ngalmin ky gtu ga gan?


Kayaknya enggak gan.. Krn pihak bank confirm dana sudah masuk dan sukses terdebet. Dan tlp ke call center tiket lgsg tercancel meskipun time limit msh sekitar 2 jam..
Blm lagi Promo Garuda di agent news GOS.. sering ga sinkron dgn kenyataannya.
Quote:Original Posted By DodieFantom


Iya gan... ane jg agent baru...
Kmrn br clear masalah nya, ktnya ada kslahan dlm proses bankingnya, tiket terissued, tp d system gagal melakukan pembayaran..
Akhirnya duit d kembaliin penuuh sm pihak garudanya...
Huufff...


wah baru tau ane sob.. ada kejadian kayak gini..
ane beberapa hari terakhir ini banyak issued GOS juga.buat tiket mudik lebaran ...

walah ane khawatir juga jangan-jangan tiketnya sdh terisued tapi malah penumpangnya gak bisa berangkat...
mampuzz ane...

ntar nanti ane call garuda dulu dah buat memastikannya..




Hati-hati pake GOS

begini

kita dengan logika ya

kalo sistem keagenan resmi garuda (yg IATA) itu masing2 1 kamar
agen A = kamar A
agen B = kamar B

nah kalo GOS
itu 1 kamar
sebut saja kamar GOS

kalo antara kamar A dan kamar B gak akan bisa saling intip
kecuali kalo yg punya kamar melakukan relocate
dari kamarnya dia ke kamar yang lain
biasanya cara begini ada beberapa alasan dan perjanjian antara keduanya

kalo GOS
dia 1 kamar bareng2
misal di dalam kamar itu ada buku A , buku B dan buku C
karena dalam kamar yang sama
si A bisa saja mengintip buku si B atau si C
bukan hanya sekedar ngintip
tapi juga menghapus (cancel), meng-copas (ngambil bookingannya lalu di issued sendiri) dan sejenisnya

ini fakta ya gan
silahkan coba agan cari agen yang pake GOS
dan buktikan sendiri

selain itu, timelimit yang diberikan GOS hanya 2 jam
emang banyak yang tergiur dengan harga-harga promo yang hanya ada di GOS
tapi harga ini tidak selamanya ada
hanya tersedia untuk penerbangan lebih dari 14 hari

sebenarnya di agen IATA/agen resmi GA juga ada harga ini
dengan menggunakan diskon yang namanya APEX 14 atau APEX 7
namun agen kurang suka, karena komisinya juga dikit

dan kebanyakan yang nyari tiket garuda tidak selamanya nyari yang murah
kayak pegawai atau karyawan/perusahaan biasanya lebih memilih kelas flexible kayak kelas Y yang bebas biaya kalo mau rubah jadwal..hehehe

nanya donk gan...

kapan lagi ya ada cashback 100%nya t.net??
nunggu.com
gan,,, numpang tanya gan sebagai newbie.. ane uda dapat beberapa kali teman dari Rusia yang mau datang ke Bali....sebelum dia beli tiketnya dari travel agent disana ane suruh dia tanya dulu harganya..... trus ane bandingkan deh sama harga yang ane dapat dari sini... kalah terus harganya gan... tapi, ane tanya ama teman ane yang bisnis travel di jakarta... jadi, intinya ane ngak bisa ngecek langsung harganya....
gan/sas kira2 kalau kita bisnis ticket pesawat internasional tapi bukan orang indo beli untuk keluar negeri... tapi orang luar beli untuk ke indo.. bisa ngak tu bersaing sama harga disana ya gan?? kebetulan kalau enggak ada halangan ada sih 2 yang mau datang bulan september... ya biar dikit.. hitung2 belajar deh... haha
thanks
ayo ayo mana nih hahha
Quote:Original Posted By 00love
kapan lagi ya ada cashback 100%nya t.net??
nunggu.com
gan,,, numpang tanya gan sebagai newbie.. ane uda dapat beberapa kali teman dari Rusia yang mau datang ke Bali....sebelum dia beli tiketnya dari travel agent disana ane suruh dia tanya dulu harganya..... trus ane bandingkan deh sama harga yang ane dapat dari sini... kalah terus harganya gan... tapi, ane tanya ama teman ane yang bisnis travel di jakarta... jadi, intinya ane ngak bisa ngecek langsung harganya....
gan/sas kira2 kalau kita bisnis ticket pesawat internasional tapi bukan orang indo beli untuk keluar negeri... tapi orang luar beli untuk ke indo.. bisa ngak tu bersaing sama harga disana ya gan?? kebetulan kalau enggak ada halangan ada sih 2 yang mau datang bulan september... ya biar dikit.. hitung2 belajar deh... haha
thanks


untuk flight internasional itu ada aturannya gan
istilahnya SOTO (Sales Outside Ticketed Outside)

maksudnya begini
untuk rute dari negara A ke negara B

nah contoh kasusnya :
travel agent dari negara B, akan mendapat harga lebih mahal daripada travel agent dari negara A untuk rute A ke B

begitu juga sebaliknya, travel dari negara A akan lebih mahal dari pada travel dari negara B untuk rute B ke A

CMIIW

tnet sudah pake sistem baru garuda indonesia

sistem reservasi garuda yang baru lemot apa belum stabil ya

kencengan si travsys

ini tim kita malah jadi 'bantuin' tim migrasi garuda dalam nge tes
soalnya di sistem TNET sudah live garuda dengan sistem baru nya sejak kemaren lusa

malah katanya bakal ada aturan mirip dengan aturan internasional soal rute konekting, padahal gak disampaikan waktu trainning

parah neh altea....
Quote:Original Posted By T.Net


untuk flight internasional itu ada aturannya gan
istilahnya SOTO (Sales Outside Ticketed Outside)

maksudnya begini
untuk rute dari negara A ke negara B

nah contoh kasusnya :
travel agent dari negara B, akan mendapat harga lebih mahal daripada travel agent dari negara A untuk rute A ke B

begitu juga sebaliknya, travel dari negara A akan lebih mahal dari pada travel dari negara B untuk rute B ke A

CMIIW


ooo gitu toh gan.. jadi tiket ngak bisa menang ya.. thanks gan infonya..
okay... sekarang masalah hotel gan... kemarin juga ada teman rusiaku datang ke Bali.. dia booking hotel di hotel niko nusa dua.. tepatnya tanggal 6 april sampai 1 mei.... sekitar 21 hari ya... dia booking dari travel agency di rusia... dia bisa dapat harga 4000USD ... saya tanya harga ke teman saya buka travel di jakarta.... bah. harganya sama gan (jadi ngak bisa jual deh) ... kok bisa dia dapat murah gitu gan?? apa travel agencynya ada kontrak kali ya sama hotel niko....
thanks gan infonya... gan...kapan ada lagi promo cashbacknya gan?? haha.. atau sekarang harganya berapa gan??
thanks
×