panduan modif yang bener, harus memperhatikan poin - poin sebagai berikut :
1.
SAFETY, jangan mengabaikan unsur safety. ini poin paling penting dalam sebuah modifikasi.
contoh modifikasi yang SALAH dan MENGABAIKAN unsur safety :
- setir ber-airbag diganti sama yang non airbag.
- GTwing/spoiler super gede, beresiko mencelakai pengendara motor, di sisi lain juga berbahaya bagi pengemudi mobilnya sendiri, karena menghalangi visibilitas belakang mobil itu sendiri. inget, GTwing yang dimaksud adalah GTwing abal-abal & kualitasnya nggak jelas. ini juga secara langsung merusak penampilan mobil(point no.2).
yang BENAR :
- jika ingin mengganti setir, gantilah dengan yang sama-sama ber airbag, setir aftermarket banyak juga kok yang ber-airbag
- jangan pake GTwing abal-abal & aneh-aneh. mendingan pake GTwing berlabel tuner inhouse mobil itu sendiri. (misal : honda pake mugen/modulo/dll, toyota pake TRD/tom's, mitsu pake ralliart, mercy pake AMG/Brabus, dll)
2.
DESIGN, umumnya modifikasi yang salah itu justru dilakukan di bagian design. padahal seharusnya, modifikasi yang benar itu masih mempertahankan nilai keindahan dari desain mobil itu sendiri.
contoh modifikasi yang SALAH perihal design :
- bodykit custom lebay & alay, kualitasnya nggak jelas, apalagi bentuknya. udah gitu, kadang justru malah ngga cocok sama mobilnya.
- GTwing/spoiler (udah dibahas di no.1)
- chrome bling2 berlebihan di sekujur tubuh mobil. terkesan norak.
yang BENAR :
- kalo masih bingung milih bodykit & GTwing/spoiler belakang, mendingan pilih bodykit yang labelan tuner inhouse. lebih aman & lebih presisi, ditambah justru tampilan mobil jadi makin cakep. karena emang itu bodykit/spoiler didesain untuk mobil yang bersangkutan. kalo mau bikin custom, konsultasi & minta pendapat dari beberapa suhu modifikator aja.
- jangan gunakan ornamen chrome yang berlebihan. cukup di beberapa bagian biar ga terkesan norak.
3.
RULES, modifikasi yang benar itu TIDAK MENGABAIKAN peraturan yang berlaku.
contoh modifikasi yang MELANGGAR aturan :
- warna lampu diganti - ganti sesuka hati. baik lampu sein, stoplamp, reverse lamp.
yang BENAR :
- patuhi peraturan, jangan diganti-ganti. lampu sein : kuning, reverse lamp : putih, stoplamp : merah.
4.
CAR IDENTITY, modifikasi yang benar HARUS tetap mempertahankan identitas mobil tersebut.
contoh modifikasi yang SALAH perihal identitas mobil :
- dikasih emblem macem2, yang ngga cocok juga. misal avanza dikasih emblem lexus, kijang pake emblem VTEC, dll.
- muffler berlebihan, mobil standarnya cuma 1 muffler ditambah-tambahin jadi 2,3,4 bahkan ada sampe 8
.
yang BENAR :
- jika ingin mengganti emblem, usahakan jangan sampe menghilangkan identitas asli mobil tersebut.
- pertahankan jumlah muffler asli di mobil itu. 1 ya 1, 2 ya 2. jangan ditambah-tambahin. kalo mau ganti muffler yang freeflow sekalian.
5.
STYLE, style dari sebuah modifikasi itu penting BANGET. Jiwa dari sebuah modifikasi itu terlihat dari style modifikasi yang terarah. elegant ya elegant, racing ya racing, retro ya retro.
contoh modifikasi yang SALAH style nya :
- tampilan ala racing tapi peleknya elegant atau sebaliknya
- tampilan ALTO tapi interiornya justru elegant
yang BENAR :
- arahnya harus jelas, kalo mau elegant, dibikin elegant semua, kalo racing, dibikin racing semua. aliran gado-gado justru malah bikin mobil terkesan aneh. pengennya kreatif tapi malah keliatan lucu.
6.
FUNCTION, modifikasi yang baik itu tidak mengganggu dari sisi fungsi mobil itu sendiri.
contoh modifikasi yang mengabaikan FUNGSI :
- bagasi mobil dikasih kosmetik audio yang berlebihan sampe ngga ada tempat buat naroh barang. apalagi MPV, kadang malah baris ketiga ditiadakan buat kosmetik audio doang
yang BENAR :
- kalo mau kasih kosmetik audio, perhitungin juga dari sisi fungsinya. jangan sampe bagasi yang awalnya lega banget jadi nggak bisa naroh apa apa gara2 isinya speaker semua.
6 poin ini kalo dipatuhi, dijamin 100% NGGAK RICE.
gw bukan bermaksud mendikte ya, cuma ngasih masukan aja, atas permintaan dari boss di atas ini.
tambahan : 6 poin ini harus dipatuhi kalo mobil itu bener-bener dipake di jalanan(buat harian). kalo kontes sih monggo.