KASKUS

Smile [Share Info]Serba-Serbi Motor Vespa racing

agan2 share info dan gambar ttg motor vespa agan yang udah dimodifikasi

mesinnya supaya kenceng AKA udah dikorek..

emang udah ada nh thread yg ngmngin vespa,,

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=868602



tapi kok jarang yang ngebahas vespa korekan jadi ane berinisiatif untuk

membuat thread yang baru.

ok gan? gabung ya..
ane d yang ngepost pertama nh mtr ane




spesifikasi (yang ane tau) hehehe

Piston Rx king
tabung knalpot Sito racing
silencer 3V3 rx king AKA knalpot kolong rx king hehehe

larinya yah lumayan lah,, 100/jam mah gampang,, hehehe
kok sepi yah??
numpang nanya agan agan sekalian ,gw punya vespa super tahun 75, kalo seher diganti punya rx king gitu bisa ngerusak ga?
Quote:Original Posted By ledac
numpang nanya agan agan sekalian ,gw punya vespa super tahun 75, kalo seher diganti punya rx king gitu bisa ngerusak ga?


hmm,, ane kurang begitu paham gan,, tapi setau ane sih gpp d,, btw super itu brp cc ya?? hehehe

gmana nh suhu2 sekalian,, ada yang nanya nh,, ditunggu balesannya ya,, thanks
Quote:Original Posted By scorpio6609
hmm,, ane kurang begitu paham gan,, tapi setau ane sih gpp d,, btw super itu brp cc ya?? hehehe

gmana nh suhu2 sekalian,, ada yang nanya nh,, ditunggu balesannya ya,, thanks


super ya 150 cc
Quote:Original Posted By mas_mumunt
super ya 150 cc


hmm,, ada bedanya gak tuh bro ama mesin px ama mesin super? teruatama di bagian cylinder bloknya
Quote:Original Posted By scorpio6609
hmm,, ada bedanya gak tuh bro ama mesin px ama mesin super? teruatama di bagian cylinder bloknya


Baru ngikut nimbrung nih gan...

Klo ga salah super lubang nya ada 2

tapi klo spartan udah 3 gan..katanya mesinnya kencengan spartan& lebih enak untuk di oprek2...
Jadi pengen ngencengin vespa nih..
Knalpot sito racing brp duit gan belinya??..
gw sih vespa super 79 standar aja
kenceng2 udah capek

knalpot standar
seher RXking oversize 50
papas lubang buangan
papas magnet

standar abis deh
pake ini bisa kenceng mungkin ya


pinasco 177cc kit

Quote:Original Posted By hastyo
Baru ngikut nimbrung nih gan...

Klo ga salah super lubang nya ada 2

tapi klo spartan udah 3 gan..katanya mesinnya kencengan spartan& lebih enak untuk di oprek2...
Jadi pengen ngencengin vespa nih..
Knalpot sito racing brp duit gan belinya??..



waktu itu g blinya di kebun jeruk bro,, harganya sekitar 180 ribuan gt d,,
Quote:Original Posted By hastyo
Baru ngikut nimbrung nih gan...

Klo ga salah super lubang nya ada 2

tapi klo spartan udah 3 gan..katanya mesinnya kencengan spartan& lebih enak untuk di oprek2...
Jadi pengen ngencengin vespa nih..
Knalpot sito racing brp duit gan belinya??..



waktu itu g blinya di kebun jeruk bro,, harganya sekitar 180 ribuan gt d,,
Quote:Original Posted By cuex bebex
gw sih vespa super 79 standar aja
kenceng2 udah capek

knalpot standar
seher RXking oversize 50
papas lubang buangan
papas magnet

standar abis deh


buseyt dah bro,, yang kaya gt dibilang standart c? huehuehue
[/QUOTE]

aneh bro,, kok yang di videonya gk keliatan bertenaga ya mesinnya?
pengennya sih bisa kaya yang ini nh bro.. ekekeke

,,

Quote:Original Posted By scorpio6609
pengennya sih bisa kaya yang ini nh bro.. ekekeke



mantepbos..hahahaha
Quote:Original Posted By scorpio6609
pengennya sih bisa kaya yang ini nh bro.. ekekeke

ah,gampang itu dapetnya
maen vespa udah lama bro?
mo ngeramein aja jgn ditimpuk ya
Quote:4-Tak 2 Silinder V
2008-12-19 15:37:53

614vespa-twin-andika-1.jpgSebelumnya, kenalan dulu sama Muhammad Yusup Adib Mustofa. Doi punggawa bengkel Semangat Putra di Purwokerto tentunya. Saking semangatnya, pernah menelurkan Vespa 2-tak jadi 4-tak 1 silinder. Juga Yamaha Twin lawas 2-tak yang diubah jadi 4 langkah. Sekarang kembali mengubah Vespa Super jadi 4 ketuk dengan dua silinder konfigurasi V.

Dobel silinder alias twin pada garapanya kali ini memang ada maksud. “Saya punya obsesi bikin chopper 615vespa-twin-andika-2.jpgyang benar-benar chopper. Mesin V 2 silinder namun basis mesin dari Vespa,” buka pria yang buka gerai di Jl. Sultan Agung, Karang Klesem, Puerto Rico, eh, Purwokerto maksudnya.

Namun modifikasi chopper pada sasis dan bodi dianggap paling gampang. Justru yang paling susah adalah modif mesin 1 silider 2-tak jadi 2 silinder V sistem kerja 4-tak. Konfigurasinya 90 derajat pula. Seperti dapur pacu Ducati, ya?

SETANG PISTON

616vespa-twin-andika-3.jpgKarena dua silinder, setang piston harus dua juga. “Setang pakai asli Vespa. Langsung pasang di pen kruk as. Satu bandul dua setang,” mantap ayah dari Nada Fitria Ramadhani ini.

Namun pen kruk as harus dibikin sangat kuat. Apalagi pin bertambah panjang 20 mm untuk pasang setang dobel itu.

“Big end alias pen kruk as dari baja terbaik, selain kuat, juga nggak gampang melintir. Tebal pin kanan-kiri 22 mm,” papar alumnus STM Bina Teknologi, Purwokerto ini.

Bandul kruk as semakin lebar dan as melar memaksa dudukan kruk as sebelah kiri harus digeser sekitar 6 cm. “Biar ada tempat buat laher baru dan kruk as lebih kuat. Untuk bearing ambil dari Karisma,” ungkapnya.

Di kruk as juga dipasang gir untuk rantai keteng. Putarannya nanti disalurkan menuju kem. Perbandingan gir keteng atas dan bawah sama dengan punya Suzuki Smash. Maklum kem dan silinder berikut head ambil dari bebek 110 buatan Suzuki itu.

CRANKCASE DIBEDAH617vespa-twin-andika-4.jpg

Juga memaksa crankcase harus dibuat ulang. Namun tidak harus bikin baru. Memanfaatkan dari Vespa itu. Untuk bikin dua lubang di crankcase terpaksa harus dibedah. Cukup memanfaatkan las aluminium babet sistem cor. Dibuat konfigurasi silinder V. Jarak antar silinder membentuk sudut 90 derajat.

SISTEM KERJA TWIN

Bikin 4-tak caranya dipasangi dua silinder Suzuki Smash plus head lengkap sampai jeroan. Enggak diutak-atik, cuma ganti piston GL-Max diameter 57,25 mm. Dipadukan dengan stroke atau langkah piston standar Vespa 57 mm.

Dari perpaduan itu, “Volume total didapat 146,6 cc per silinder. Jika dikali dua dihasilkan 293 cc,” ucap mekanik yang belajar mesin dari buku dan otodidak ini.

BIKIN GIGI PEMBALIK DAYA

Tengok silindernya, jika dicermati posisi pemasangan tidak semua menghadap ke depan, namun satu terbalik. Sebab prinsip kerjanya juga sudah berubah. Inilah yang bikin Yusuf pusing tujuh keliling!

Karena sistem kerja terbalik, Yusup putar otak untuk bikin gigi transfer untuk membalik putaran poros kem. Yusup bikin mekanisme gigi pembalik daya pada sebelah kiri kruk as.

PENGAPIAN 90 DERAJAT

618vespa-twin-andika-5.jpgSistem kerja mesin bakar yang memiliki sudut 90 derajat dilayani pengapian Smash. Cuma perlu sedikit ubahan pada sistem kerjanya. Sebab satu pengapian meledakan dua silinder.

“Pulser pakai Smash tapi magnet tetap Vespa. Api busi meletik perbedaan antar silinder rentangnya 90 derajat. Langkah kompresi juga dibikin beda. Silinder depan diseting meledak duluan dan belakang setelah 90 derajat kemudian,” ungkap Yusuf.

Dari satu pulser lantas ditransfer menuju dua koil dan dua busi pada masing-masing silinder. Timing diatur CDI Smash juga.

JALUR POMPA OLI BARU
619vespa-twin-andika-6.jpg
Jalur oli baru harus dibuat. Di mesin 4-tak perlu pelumasan menuju kepala silinder. Di crankcase dibikin jalur oli baru. “Mekanisme pada blok Smash enggak diutak-atik, cuma bikin jalur baru pada blok mesin,” yakin mekanik yang pindah ke Purwokerto pada 1995 ini.

Guna memompa pelumas dipasangi pompa oli baru. Alirannya diteruskan menuju silinder dan head.

TRANSFER TENAGA

620vespa-twin-andika-7.jpgKarakter transmsisi puyeng untuk disimak. Rasio Vespa masih dipakai penuh, cuma transfer tenaga ke roda belakang lewat girboks Suzuki GT Twin. Dalam kondisi normal, punya Vespa dipakai pada gigi III, lantas pada output mesin ketemu gir 40. Masuk girboks GT Twin inputnya ketemu 13, sedang sproket dari girboks GT Twin ke roda dipatok 15/31,” cerita Yusuf.

Mesin GT Twin dipatok pada gigi 5. Misalnya ketemu tanjakan otomatis perlu tenaga bawah rada badak. Gigi lima GT Twin tetap, “Cuma tinggal turunin gigi Vespa aja lebih rendah.”

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Swallow 275-18
Ban belakang : Cielo 115/70-15
Pelek depan : Honda Tiger
Pelek belakang : Honda Cielo
Cakram depan : Ninja
Cakram belakang : Variasi
Jok : Kulit Gajah
Karbu : Koso 28
Pilot/main-jet : 30/100
Semangat Jaya : 0858-6934-5635

Penulis/Foto : Andika

bonus
Quote:Original Posted By ddtyrnd
ah,gampang itu dapetnya
maen vespa udah lama bro?


g maen di vespa uda 7 taun bro, cuma maen racing2an baru beberapa bulan ini nh,, hehehe

Btw,, apa c bro rahasiannya pada bisa kenceng2 gt kaya yang di video?
kasih tau dong bro
Quote:Original Posted By jangjengjong
mo ngeramein aja jgn ditimpuk ya

bonus


One Word.. GILA
go go