KASKUS

Warna Baret Korps Militer Kita

Baret pada militer awalnya memiliki sejarah. seperti pada kopasus, konon yang pertama melatih kopasus adalah tentara baret merah belanda. dan warna ungu marinir konon berhubungan dengan legenda ratu laut selatan.

Seiring majunya waktu, warna baret berubah sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Untuk lebih mengenal kesatuan-kesatuan dalam ketentaraan kita. silahkan dilihat, Bagi yang mau nambahin silahkan lebih bagus lagi kalo ada yang dalam kondisi siap tempur. dan mohon juga cendolnya

Spoiler for Angkatan darat:


Spoiler for Angkatan Laut:


Spoiler for Angkatan Udara:


Spoiler for Kepolisian:



paling top nih:
Nambahin gan...baret ijo bukan kostrad tapi menunjukkan korps infantri, soalnya di kostrad ada juga kavaleri, Artilleri, zeni dlsb yg baretnya mengikuti korpsnya masing-masing.

Korps Infantri yang non kostrad juga pake baret ijo.
nice pict
Quote:Original Posted By dharmaputra
Nambahin gan...baret ijo bukan kostrad tapi menunjukkan korps infantri, soalnya di kostrad ada juga kavaleri, Artilleri, zeni dlsb yg baretnya mengikuti korpsnya masing-masing.

Korps Infantri yang non kostrad juga pake baret ijo.


Sma juga yg Kopaska TNI-AL.
Kayaknya baret biru milik Armada (CMIIW).
Quote:Original Posted By dharmaputra
Nambahin gan...baret ijo bukan kostrad tapi menunjukkan korps infantri, soalnya di kostrad ada juga kavaleri, Artilleri, zeni dlsb yg baretnya mengikuti korpsnya masing-masing.

Korps Infantri yang non kostrad juga pake baret ijo.


Sori gan...
kalo baret hijau itu kostrad dan kodam...
jadi bkn infanteri aja yg pake baret hijau, cz di kostrad juga ada yg dr korp non combatan seperti CKM, CKU, bintal dll yg juga pake baret hijau kostrad...
sedangkan satbanpur seperti KAV, armed, arhanud, zeni.. mrk ada di divisi yg di bawahi kostrad...
ehmmm

klo pasukan garuda biru muda ya gan ?
Quote:Original Posted By kudaperang2
Untuk lebih mengenal kesatuan-kesatuan dalam ketentaraan kita. Maaf baru sebagian gan.. trit ini masih berkelanjutan, berhubung seharian googling cuma dapet segini . Bagi yang mau nambahin silahkan lebih bagus lagi kalo ada yang dalam kondisi siap tempur.

Angkatan Darat

Spoiler for Komando Pasukan Khusus atau Kopasus, pasukan paling elite di Angkatan Darat:


Spoiler for Kostrad: Komando Strategis Angkatan Darat:


Spoiler for Artileri:Pasukan yang berhubungan dengan persenjataan berat:


Spoiler for Kavaleri: Pasukan yang berhubungan dengan kendaraan perang:


Spoiler for Zeni, dalam ejaan lama, artinya divisi yang berhubungan dengan seni konstruksi dan bertempur :


Spoiler for Pomad, atau Polisi Militer Angkatan Darat:


Spoiler for Penerbad, bagian penerbangan Angkatan Darat, gambar dibawah adalah komandan yang sedang melantik anak buahnya, bedanya dengan Kopasus, baret Penerbad warnanya merah tua:


Angkatan Laut

Spoiler for Marinir: Kesatuan Khusus Angkatan Laut, udah gak asing lagi..:


Spoiler for Komando Pasukan Katak atau Kopaska:



Angkatan Udara

Spoiler for Komando Pasukan Khas atau Kopaskhas, divisi khusus dari Angkatan Udara:


Paspampres mana nih dgn baret biru mudanya???
Quote:Original Posted By Blengush
Sori gan...
kalo baret hijau itu kostrad dan kodam...
jadi bkn infanteri aja yg pake baret hijau, cz di kostrad juga ada yg dr korp non combatan seperti CKM, CKU, bintal dll yg juga pake baret hijau kostrad...
sedangkan satbanpur seperti KAV, armed, arhanud, zeni.. mrk ada di divisi yg di bawahi kostrad...


bagaimana dengan anggota YON KAV 7 dan YON KAV 9 yang dibawah Kodam Jaya ? bagaimana juga dengan anggota YONARMED maupun YONARHANUD yg dibawah kodam?, mereka nggak pake baret ijo tapi tetep baret item (KAV) maupun coklat(armed dan arhanud), memang kostrad identik dengan baret ijo jadi kalo ada yg dari korp CKM, Bintal dlsb pake baret ijo karena mereka masuk dalam jajaran kostrad atau batalion Infantri teritorial kalau diluar itu mereka tidak pake baret ijo. CMIIW
Baret hijau memang bukan menunjukkan Kostrad atau yg lain, soalnya yg membedakan adalah emblem di sisi baret nya


Infanteri organik Kodam juga mengenakan baret hijau yg berbeda adalah emblem di sisi baretnya


Yon-Raiders juga pake baret Hijau


Sementara kesatuan Non-Organik Kodam (Dodik,Benglap, Denpal dll) tidak menggunakan baret tetapi topi PDL atau peci (PDH)

ksimpulan gw sih baret menunjukkan kesatuan Organik atau non-Organik...
yang ini serem tuh......




Quote:Original Posted By ashif
yang ini serem tuh......

kalo sama yg di bawah ini ....
Quote:Original Posted By chaplain


Yon-Raiders juga pake baret Hijau



ane selalu berdecak kagum kalo liat foto itu
ekspresi nya dapet banget

perfect shoot
Ada satu hal yang membuat penasaran selama ini..........

Ada yang bisa jelasi? Kenapa baret yang digunakan oleh semua satuan2 TNI (kecuali POM) semuanya selalu menghadap ke kiri????? Sedangkan baret yang digunakan oleh Polri dan POM semuanya selalu menghadap ke kanan????? apakah ada artinya????
Quote:Original Posted By Pathfinder99
Ada satu hal yang membuat penasaran selama ini..........

Ada yang bisa jelasi? Kenapa baret yang digunakan oleh semua satuan2 TNI (kecuali POM) semuanya selalu menghadap ke kiri????? Sedangkan baret yang digunakan oleh Polri dan POM semuanya selalu menghadap ke kanan????? apakah ada artinya????


Baret POM dan polri menghadap ke kanan itu menandakan apabila mereka adalah penegak hukum, jadi apabila selain penegak hukum maka baretnya menghadap ke kiri...
kopaska sekarang warna merah ampir sama ama kopassus..

Yon-Raiders juga pake baret Hijau


Sementara kesatuan Non-Organik Kodam (Dodik,Benglap, Denpal dll) tidak menggunakan baret tetapi topi PDL atau peci (PDH)

ksimpulan gw sih baret menunjukkan kesatuan Organik atau non-Organik...[/QUOTE]

camonya keren tuh Raider , digital path ? kah ?
^^

iya tuh..sama ama kopaska..mirip2 rusky..


Wow!
Ada yang punya gambar ini ukuran gede ngga ?
Mau dong.. *ngarep mode On*
Biar agak jelas warna dan emblem baret.....



Perbedaan warna dan emblem Baret POM, Paspampres dan Propam POLRI


Baret Paspampres


Baret POM


Baret Propam POLRI

Baret di Instansi sipil


Baret Satpol PP


Baret Menwa
Sedikit koreksi dr tulisan TS diatas

1. Kopaska dah berganti nama menjadi Satpaska (Satuan Pasukan Katak).
2. Korphaskas bukan divisi khusus tetapi salah satu Korps (kecabangan) di Angkatan Udara