KASKUS

Teori musik dasar: Tangga Nada

Mau sharing sedikit nih teman2... berhubung gw belajar musik secara otodidak, jadi kalo ada yg salah dengan tulisan di bawah ini, mohon pencerahannya. n mudah2an ga

Kita mulai aja...

Jadi tangga nada ditulis dengan abjad "A" sampai "G", selain abjad itu ga tau deh tangga yang mana. Ada yang disebut dengan "Tangga nada dasar" dan ada yang disebut dengan "tangga nada # (baca: kruis/kres) atau b (baca: mol). Mol ini kayak huruf 'b' rada-rada miring dikit. Nantinya baik tangga nada kres atau mol mulai dari 1 kres/mol sampai 7 kres/mol.

Kita mulai dari tangga nada dasar.

Tangga nada dasar adalah tangga nada dengan nada dasar 1 (baca: do) = C. Kenapa tangga nada ini disebut dasar, karena pada tangga nada ini tidak ada kres/mol. Dan dari tangga nada inilah semua perhitungan kres/mol dimulai.

Tangga nada 1=C bila ditulis menjadi : C-D-E-F-G-A-B-ke C lagi (kayak lagunya Kuburan). Dengan menulis tangga nada yg ditulis "do sama dengan" bisa diartikan sebagai tangga nada mayor. Kalau tangga nada minor ditulis bukan dengan "do sama dengan", melainkan umumnya "la sama dengan".

Di setiap tangga nada mayor berlaku sebuh hukum yang namanya hukum jarak yaitu : tu-tu-nga-tu-tu-tu-nga (ini kata guru gw waktu smp) artinya: satu-satu-setengah-satu-satu-satu-setengah. Dari mana jarak satu atau setengah ini. Bila dijabarkan yang tutungatututunga tadi menjadi : jarak C ke D = 1, D ke E = 1, E ke F = 1/2, F ke G = 1, G ke A = 1, A ke B = 1, dan B ke C lagi = 1/2. jadi yang berjarak setengah di tangga nada ini adalah dari E ke F dan B ke C.

Kalau tangga nada mayor rumusnya tu-tu-nga-tu-tu-tu-nga, kalau yang minor rumusnya: tu-nga-tu-tu-nga-tu-tu. Sehingga di tangga nada dasar minornya adalah : A-B-C-D-E-F-G-A

Gimana penerapan soal jarak di alat musik? Kalau di gitar jarak dari satu fret ke fret berikutnya adalah setengah. Jadi kalau mau naikin satu nada tinggal digeser aja 2 fret. Kalau di orgen, keyboard, atau piano jarak setengah adalah jarak dari tuts putih ke tuts hitam sesudah/sebelumnya, namun bila di antara 2 tuts putih tidak ada tuts hitam (B ke C dan E ke F) maka dihitung sebagai satu jarak.

Sekarang tangga nada kres/mol
Kres digunakan untuk menaikkan nada setengah, kalau mol digunakan untuk menurunkan nada setengah. Contoh C# adalah C naik setengah. Nada C# ini sama dengan Db, karena Db adalah nada D turun setengah. Karena jarak C ke D adalah satu, maka C#=Db.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tangga nada kres ada 7 mulai dari tangga nada 1# sampai 7#. Rumusnya adalah: untuk menentukan nada dasar tangga nada 1# diambil dari nada kelima tangga nada dasar. UNtuk menentukan nada dasar tangga nada 2# diambil dari nada kelima tangga nada 1#, dst. Sehingga bila diurutkan menjadi :

Tangga nada dasar : C-D-E-F-G-A-B-C
Tangga nada 1# : G-A-B-C-D-E-F#-G
Untuk menentukan nada-nadanya pake rumus tutungatututunga di atas.
Uraiannya : G ke A =1, A ke B = 1, B ke C = 1/2, C ke D = 1, D ke E = 1, E ke F# = 1, dan F# ke G = 1/2.

Sehingga bila diteruskan menjadi :
Tangga nada 2# : D-E-F#-G-A-B-C#-D
Tangga nada 3# : A-B-C#-D-E-F#-G#-A
Tangga nada 4# : E-F#-G#-A-B-C#-D#-E
Tangga nada 5# : B-C#-D#-E-F#-G#-A#-B
Tangga nada 6# : F#-G#-A#-B-C#-D#-E#-F#
Tangga nada 7# : C#-D#-E#-F#-G#-A#-B#-C#
Terhenti sampai 7# gan, karena semua nadanya udah jadi #, sebenernya masih bisa dilanjutin, cuma nanti ada nada yang ## (dobel kres).

Sedangkan untuk tangga nada mol rumusnya nada dasar diambil dari nada keempat tangga nada sebelumnya, dan rumus urutannya seperti di atas juga (tutungatututunga). Sehingga urutannya begini:
Tangga nada dasar : C-D-E-F-G-A-B-C
Tangga nada 1b : F-G-A-Bb-C-D-E-F
Tangga nada 2b : Bb-C-D-Eb-F-G-A-Bb
Tangga nada 3b : Eb-F-G-Ab-Bb-C-D-Eb
Tangga nada 4b : Ab-Bb-C-Db-Eb-F-G-Ab
Tangga nada 5b : Db-Eb-F-Gb-Ab-Bb-C-Db
Tangga nada 6b : Gb-Ab-Bb-Cb-Db-Eb-F-Gb
Tangga nada 7b : Cb-Db-Eb-Fb-Gb-Ab-Bb-Cb

sama seperti di atas juga, masih bisa dilanjutkan tapi jadi ribet nanti.

Untuk tangga nada minor baik kres maupun mol berlaku rumus yang sama untuk penentuan nada dasarnya, hanya yang berbeda rumus jaraknya memakai formula tungatutungatutu.

Sekian dulu gan, capek ngetiknya. Kalau di antara juragan sekalian ada yang lebih lengkap jelasinnya, mohon pencerahannya.

Nanti gw buatin thread soal chord yang ada hubungannya dengan tangga nada ini.

Ga nolak gan kalo dikasih

UPDATE 21 JULI 2009

jadi setelah dijelaskan di atas, kalo gw belajar musik secara otodidak, jadi kalau ada yg salah mohon pencerahannya.

Sekarang kita coba menelaah tentang chord/kord/akor/akord.

Chord bisa dibilang tiga nada atau lebih yang dibunyikan secara bersamaan. Jadi kalau 4 atau 5 nada dibunyikan bersamaan bisa juga dibilang chord. Menurut ilmunya yg pernah gw baca, ada yang namanya chord tonika, sub tonika, median, dominan, subdominan, sub median, dan satu lagi yg gw lupa namanya. Hehehe. Introduktor kalo ga salah. Tapi kayaknya ribet kalo kita persoalkan nama2 resminya. Mending kita langsung praktisnya aja.

Jadi ada yang namanya chord I sampe VII

Chord I terdiri dari nada pertama, ketiga, dan kelima dari suatu tangga nada.
Misalnya: kalau tangga nada C, chord I-nya terdiri dari nada C,E, dan G. Jadi jangan disebut do, mi, sol, tapi C,E,G.
Chord II terdiri dari nada ke-2, ke-4, dan ke-6
Chord III terdiri dari nada ke-3, ke-5, dan ke-7
Chord IV terdiri dari nada ke-4, ke-6, dan ke-1 (mestinya sih nada ke-8, tapi karena setelah nada ke-7 balik lagi ke-1 jadi kita sebut aja nada ke-1)
Chord V terdiri dari nada ke-5, ke-7, dan ke-2
Chord VI terdiri dari nada ke-6, ke-1, dan ke-3
Chord VII terdiri dari nada ke-7, ke-2, dan ke-4

Pada setiap chord I-VII ini juga berlaku rumus jarak (lihat di trit pertama)
Chord I rumus jaraknya 2 - 1,5
Chord II rumus jaraknya 1,5 - 2
Chord III rumus jaraknya 1,5 - 2
Chord IV rumus jaraknya 2 - 1,5
Chord V rumus jaraknya 2 - 1,5
Chord VI rumus jaraknya 1,5 - 2
Chord VII rumus jaraknya 1,5 - 1,5

Jadi jika kita gunakan tangga nada C (do=C) aturan ini menjadi :
Chord I terdiri dari C,E,G (jarak dari C ke E = 2, dan dari E ke G = 1,5)
Chord II terdiri dari D,F,A
Chord III terdiri dari E,G,B
Chord IV tediri dari F,A,C
Chord V terdiri dari G,B,D
Chord VI terdiri dari A,C,E
Chord VII terdiri dari B,D,F

Nah misalnya kita pake tangga nada D (do=D) jadinya :
Chord I : D,F#,A
Chord II : E,G,B
Chord III : F#,A,C#
Chord IV : G,B,D
Chord V : A, C#, E
Chord VI : B, D, F#
Chord VII : C#, E, G

LANJUT....

Nah sekarang secara garis besar chord terdiri dari 4 macam dan ada rumus jaraknya :
Chord Mayor (biasanya dilambangkan huruf romawi besar) rumus jaraknya 2 – 1,5
Chord Minor (lambangnya huruf kecil) rumus jaraknya 1,5 – 2
Chord Augmented (lambangnya +, atau suka disingkat aug) rumus jaraknya 2 – 2
Chord Diminished (lambang nya huruf o kecil kayak lambang derajat atau suka disingkat dim) rumus jaraknya 1,5 – 1,5

Jadi bila kita kembali ke bahasan di atas soal chord I-VII tadi bisa disimpulkan kalo chord I,IV, dan V adalah chord mayor. Chord II,III, dan VI adalah chord minor. Dan chord VII adalah chord diminished.

Pengembangan selanjutnya macam2 chord di atas ini jadi buanyak banget, semisal chord 7, mayor 7, minor 7, sus 4 , chord 9, chord 11, dll. Coba kita bahas satu persatu, biar praktis n gampang kita pake aja chord C....

Chord C dasar : C,E,G (jarak 2 – 1,5)
C7 : C,E,G, dan Bb (B mol), rumus jaraknya 2 – 1,5 – 1,5. chord 7 ini sering dipake di lagu2 country.
C maj7(ada yang nyebut juga seventh chord) : C,E,G,B, rumus jaraknya 2 – 1,5 – 2. chord maj7 ini biasanya banyak digunakan di lagu2 jazz. CMIIW
Cmin (kadang2 ditulis “c”, chord minor suka dilambangkan dengan huruf kecil) : C,Eb,G rumusnya 1,5 – 2.
C min7 : C,Eb,G,Bb, rumusnya 1,5 – 2 – 1,5.
Caug : C,E,G#, rumusnya 2 – 2
Cdim : C,Eb,F# (kadang ditambahin A), rumusnya 1,5 – 1,5 – 1,5
Csus4 (sus=suspended) : C,F,G rumusnya 2,5 – 1. Biasanya setelah chord sus disambung dengan chord dasarnya, misal setelah Csus4 dilanjutkan dengan chord C. Kalo berdiri sendiri tidak ditulis dengan Csus4 melainkan “C11” (Ce sebelas). Kenapa sebelas? Karena nada F kalau diurut merupakan nada ke-11.
Begitu juga dengan Csus2 biasanya disambung dengan C. Kalo berdiri sendiri ditulis C9.
Juga ada C5 yang terdiri dari nada C,G, dan C.
Adalagi C6 dimana chord C dasar ditambah nada A (nada ke-6 diitung dari C)

Cape..... segitu dulu d.... kalo ada yg salah mohon koreksinya.....

Tengkyu.

ga nolak gan.... hehhe
Panjang yach... Kalo cara baca not balok gimana gan....
aduh sepi bgt masa giliran thread ber edukasi gini, gw kasih lo cendol gan tenang aja sama rate thread 5..

tetap semangat sharing
bagus sekali nih ... ayo lanjut lg
sampe ke not balok ya ...
numpang nyimak gan
Nice bro..
jadi inget pelajaran seni musik waktu smp,,
dulu ga pernah ngerti apa yang diajarin karena blm pernah pegang instrumen

cb diupdate dan ditambahin lagi
wah, thread yg bagus :
mau nanya nih... kalo ngapalin tangga nada gt gimana ya?
soalnya kyknya gwa susah bgt hapalinnya, baru nyampe E major udah males

sisanya main ngapalin bentuk scalenya doang
nah thread macem gini ni yg bikin saya demen ama FM, itung2 nambah teori,, drpd thread2 ga mutu yg isinya bocah2 ngejunk ama ngehina2 doang maap ga bisa ngasi apa2 selain ngerate threadnya..

ditunggu teori berikutnya ya, mungkin scale2 beserta contohnya di sebuah lagu *ngelunjak* heheheh keep the good work!
sering2 bro bikin thread edukasi kyk gini jd kaskuser smua jg bs blajr....mantabb gan...
bagus gan, itung2 me refresh2 teori dasar..
keren threadnya, mudah2an bs makin lengkap postingan scale-nya

Quote:Original Posted By higher999
Panjang yach... Kalo cara baca not balok gimana gan....


kalo not balok agak susah gan ngajarinnya kalo di sini, saran ane coba beli buku "Menjadi Organis I" terbitan Pusat Musik Liturgi Yogyakarta, kalo di jakarta yg jual di toko buku Obor di Gunung Sahari. Udah yang paling lengkap n simpel buat belajar not balok.

Quote:Original Posted By silentroar
aduh sepi bgt masa giliran thread ber edukasi gini, gw kasih lo cendol gan tenang aja sama rate thread 5..

tetap semangat sharing


Tengkyu gan cendolnya... akhirnya ijo juga... hehehe....

Quote:Original Posted By iamrocketman
Nice bro..
jadi inget pelajaran seni musik waktu smp,,
dulu ga pernah ngerti apa yang diajarin karena blm pernah pegang instrumen

cb diupdate dan ditambahin lagi


updatenya lagi disiapin gan.... apa dulu nih enaknya??? chord kali ya.... biar bisa langsung praktek...

Quote:Original Posted By TricksterXIII
wah, thread yg bagus :
mau nanya nih... kalo ngapalin tangga nada gt gimana ya?
soalnya kyknya gwa susah bgt hapalinnya, baru nyampe E major udah males

sisanya main ngapalin bentuk scalenya doang


kalo diapalin kayaknya susah gan, ane juga ga apal semua. asal tau rumusnya yg tutungatututunga aja bisa kok semuanya... saran ane, biar bisa lancar, coba aja maen lagu sederhana misalnya lagu ibu kita kartini maen di nada dasar C dulu, trus maen di G, trus di D, di A, dst.
Quote:Original Posted By kotjokotjo
kalo not balok agak susah gan ngajarinnya kalo di sini, saran ane coba beli buku "Menjadi Organis I" terbitan Pusat Musik Liturgi Yogyakarta, kalo di jakarta yg jual di toko buku Obor di Gunung Sahari. Udah yang paling lengkap n simpel buat belajar not balok.



Tengkyu gan cendolnya... akhirnya ijo juga... hehehe....



updatenya lagi disiapin gan.... apa dulu nih enaknya??? chord kali ya.... biar bisa langsung praktek...



kalo diapalin kayaknya susah gan, ane juga ga apal semua. asal tau rumusnya yg tutungatututunga aja bisa kok semuanya... saran ane, biar bisa lancar, coba aja maen lagu sederhana misalnya lagu ibu kita kartini maen di nada dasar C dulu, trus maen di G, trus di D, di A, dst.


oh, latian pake partitur gt ya?
hm hm.. makasih tipsnya bro

update terus ya threadnya, menarik nih
ijin bukmark ya gan
ane mah hapalnya mayor, minor, pentatonik (blues), sama dorian aja gan..

yang penting masuk ke lagu..
AH BINGUNG MENDING KURSUS AJA BRO HEHEH

GITAR LESSON




video sulap 10.5 gb cuma 30 rb gan

kamera harga miring

Thumbs up 

:
keren nih tritnya

Quote:Original Posted By ekagitar
keren threadnya, mudah2an bs makin lengkap postingan scale-nya



tambahin juga dari om eka donk biar rame
Quote:Original Posted By badutz
keren nih tritnya



tambahin juga dari om eka donk biar rame


iya om eka tambahin dong.....
Belajar Tangga Nada itu Pentiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing Banget lho & harus praktekin langsung dgn Alat musik kesukaan anda
Jadi, si pemain musik itu gak sekedar mainin lagu dengan filingnya, tapi jadi tau aturannya.
Thank u buat yg posting, alirin terus bro.. ilmunya, bertahap ya dari tangga nada, trus ke accord